PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6323 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 21 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak |
KODE MATA KULIAH | : IKS6323 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ANALISIS DAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6323 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar software, software engineering, process models, dan SDLC |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu berpikir logis dan sistematis untuk menganalisis kebutuhan dalam proses Rekayasa Perangkat Lunak |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | Mahasiswa mampu mendesain model perangkat lunak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan industri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6323 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6323 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Metodologi Perangkat Lunak, Memahami kebutuhan user, Mental Model Sistem |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Mahasiswa menyusun user requirement |
|
|
2 |
|
Struktur dan Perilaku Pemodelan dengan tools Unified Modelling Language (UML), Usecase dan Activity Diagram |
|
150.00 | Mahasiswa memanfaatkan berbagai sumber belajar, menerima dan memberikan umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Membuat Usecase dan activity diagram dari halaman informasi sederhana |
|
|
3 |
|
Konsep pemodelan UML yang terdiri dari Usecase, Activity, Sequence dan Class Diagram |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Menyelesaikan studi kasus mingguan per kelompok. Mempresentasikan pemodelan sistem |
|
|
4 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul data entry sederhana |
|
150.00 | Memanfaatkan sumber berlajar. Memodelkan solusi menggunakan pemodelan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
5 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Parent-child |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Parent-Child. Mempresentasikan pemodelan yang dibuat. |
|
|
6 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Pencarian Sederhana dan Detail. Usecase menerapkan konsep Extend |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Pencarian Sederhana dan Detail dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
7 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Upload File. Usecase menerapkan konsep Include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Upload File dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
8 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Unggah File Evidence atau Foto. Usecase menerapkan konsep generalisasi |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Unggah File evidence atau Foto dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
9 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Sekuensial. Usecase menerapkan konsep Include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Sekuensial dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
10 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Menampilkan Grafik. Usecase menerapkan konsep include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Menampilkan Grafik dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
11 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Mencetak Dokumen. Usecase menerapkan konsep Include dan extend. |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Mencetak Dokumen dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
12 |
|
Integrasi Modul 1 |
|
150.00 | Mahasiswa mengintegrasikan semua modul yang dikerjakan dalam proyek kelompok |
|
|
13 |
|
Integrasi Modul 2 |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan integrasi modul antar Proyek kelompok. |
|
|
14 |
|
Struktur Dokumen Aplikasi (Help Dokumentation) |
|
150.00 | Mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk membuat Manual Documentation/Help Documentation. |
|
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ; Tuesday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Proyek (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | Minggu ke-7 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-13 Assessment: Proyek (3.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 4.00% | 6% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 15% | |||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M9 | M10 | M3 | M14 | M7 | M4 | M5 | M6 | M8 | M11 | M12 | M13 | ||||||||||||||||
Komponen | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | UAS | prj | UTS | prj | UAS | prj | prj | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | UAS | prj | prj | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 4.00% | 5.00% | 5.00% | 16% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 4.00% | 3.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 3.00% | 44% | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 5.00% | 25% | ||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 3 | 4 | 3 | 5 | 4 | 5 | 4 | 4 | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 5 | 4 | 5 | 3 | 3 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | UTS UTS UAS UAS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | prj prj |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | UTS UTS UTS UTS UAS UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami simbol CASE tools untuk membuat model Perangkat Lunak Performance Indicator: Students understand CASE tools symbols to create software models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 15 | 71.43 |
A- | 2 | 9.52 |
B+ | 1 | 4.76 |
B | 1 | 4.76 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 1 | 4.76 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling |
19 | 0 | 1 | 1 | 95.24 |
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat |
12 | 5 | 3 | 1 | 95.24 |
P2.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak |
19 | 0 | 0 | 2 | 90.48 |
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus |
14 | 5 | 0 | 2 | 90.48 |
KU2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif |
14 | 5 | 0 | 2 | 90.48 |
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE |
16 | 2 | 1 | 2 | 90.48 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | |||||
UAS | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
UTS | 12 (60.00 %) | 5 (25.00 %) | 3 (15.00 %) | 0 | 100 (500.00 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat | |||||
UTS | 12 (57.14 %) | 5 (23.81 %) | 3 (14.29 %) | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak | |||||
UAS | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus | |||||
prj | 14 (66.67 %) | 5 (23.81 %) | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif | |||||
prj | 14 (66.67 %) | 5 (23.81 %) | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | |||||
UAS | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
UTS | 12 (57.14 %) | 5 (23.81 %) | 3 (14.29 %) | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200001 | RAFIF FERNANDA WIBOWO | 56.75 | 68.00 | 50.00 | 90.00 | 90.00 | 60.80 |
2 | 064002200003 | AUDI AULIA | 95.13 | 87.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 92.20 |
3 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 94.38 | 85.00 | 100.00 | 87.00 | 87.00 | 91.00 |
4 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 89.50 | 72.00 | 100.00 | 80.00 | 80.00 | 83.20 |
5 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 93.63 | 83.00 | 100.00 | 75.00 | 75.00 | 89.80 |
6 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 85.00 | 60.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 76.00 |
7 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 98.13 | 95.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 97.00 |
8 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 95.13 | 87.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 92.20 |
9 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 90.63 | 75.00 | 100.00 | 50.00 | 50.00 | 85.00 |
10 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 93.63 | 83.00 | 100.00 | 87.00 | 87.00 | 89.80 |
11 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 98.13 | 95.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 97.00 |
12 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 92.50 | 80.00 | 100.00 | 80.00 | 80.00 | 88.00 |
13 | 064002200021 | ANKA FAYIZ RASYAD | 95.13 | 87.00 | 100.00 | 87.00 | 87.00 | 92.20 |
14 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 92.50 | 80.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 88.00 |
15 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 98.13 | 95.00 | 100.00 | 87.00 | 87.00 | 97.00 |
16 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 98.13 | 95.00 | 100.00 | 90.00 | 90.00 | 97.00 |
17 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 85.00 | 60.00 | 100.00 | 75.00 | 75.00 | 76.00 |
18 | 064002200035 | M. FAUZAN WIJAYA | 88.75 | 70.00 | 100.00 | 75.00 | 75.00 | 82.00 |
19 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 88.00 | 68.00 | 100.00 | 75.00 | 75.00 | 80.80 |
20 | 064002200038 | GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM | 24.38 | 65.00 | 0.00 | 50.00 | 50.00 | 39.00 |
21 | 064002200041 | DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR | 100.00 | 5.00 | 100.00 | 75.00 | 75.00 | 43.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.)