Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak
Kode Mata Kuliah : IKS6323
Tim Dosen :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Kelas : 02
Dosen : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 21 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak
KODE MATA KULIAH : IKS6323
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
ANALISIS DAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKS6323
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.2 P2.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar software, software engineering, process models, dan SDLC
KU.2 KU2.CPMK-2 Mahasiswa mampu berpikir logis dan sistematis untuk menganalisis kebutuhan dalam proses Rekayasa Perangkat Lunak
KK.3 KK3.CPMK-3 Mahasiswa mampu mendesain model perangkat lunak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan industri
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.2 P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
P2.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami konsep dasar Rekayasa Perangkat Lunak
P2.CPMK-1.4 Mahasiswa memahami penjaminan mutu untuk Perangkat Lunak menggunakan perangkat yang sesuai
P2.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep UI/UX
P2.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
KU.2 KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
KU2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
KU2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menganalisis hasil pengujian Perangkat Lunak
KK.3 KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
KK3.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu membuat Use Case dan Activity Diagram untuk pemodelan Perangkat Lunak
KK3.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu memodelkan perangkat lunak dengan Class Diagram
KK3.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu memodelkan Perangkat Lunak dengan Sequence Diagram
KK3.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu merancang UI/UX Proyek Kelompok
KK3.CPMK-3.6 Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan Proyek Kelompok menggunakan Class Diagram dan Sequence Diagram

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6323

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKS6323     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak Dosen :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
  1. IKS6404 Pemrograman Berorientasi Objek
  2. IKD6312 Manajemen Data dan Informasi
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
Metodologi Perangkat Lunak, Memahami kebutuhan user, Mental Model Sistem
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Mahasiswa menyusun user requirement
  • Roger S. Pressman, (2005) (Software Engineering)
  • Ian Sommerville(2011) (Software Engineering)
  • M. Rafiansyah P, Ratna Shofiati, Agung Sediyono(2023) (USAKTI On App)
  • Proyek - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
  2. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Struktur dan Perilaku Pemodelan dengan tools Unified Modelling Language (UML), Usecase dan Activity Diagram
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Mahasiswa memanfaatkan berbagai sumber belajar, menerima dan memberikan umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Membuat Usecase dan activity diagram dari halaman informasi sederhana
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
Konsep pemodelan UML yang terdiri dari Usecase, Activity, Sequence dan Class Diagram
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Menyelesaikan studi kasus mingguan per kelompok. Mempresentasikan pemodelan sistem
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • M. Khatami Akib, Ratna Shofiati, Ahmad Zuhdi(2022) (E-Learning)
  • Proyek - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
4
  1. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
  2. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul data entry sederhana
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan sumber berlajar. Memodelkan solusi menggunakan pemodelan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Parent-child
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Parent-Child. Mempresentasikan pemodelan yang dibuat.
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Pencarian Sederhana dan Detail. Usecase menerapkan konsep Extend
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Pencarian Sederhana dan Detail dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Upload File. Usecase menerapkan konsep Include
  • Presentasi
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Upload File dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Unggah File Evidence atau Foto. Usecase menerapkan konsep generalisasi
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Unggah File evidence atau Foto dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
  2. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Sekuensial. Usecase menerapkan konsep Include
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Sekuensial dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
  2. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Menampilkan Grafik. Usecase menerapkan konsep include
  • Presentasi
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Menampilkan Grafik dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Mencetak Dokumen. Usecase menerapkan konsep Include dan extend.
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Mencetak Dokumen dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Integrasi Modul 1
  • Proyek
150.00 Mahasiswa mengintegrasikan semua modul yang dikerjakan dalam proyek kelompok
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 3.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Integrasi Modul 2
  • Proyek
150.00 Mahasiswa melakukan integrasi modul antar Proyek kelompok.
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 3.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
Struktur Dokumen Aplikasi (Help Dokumentation)
  • Presentasi
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk membuat Manual Documentation/Help Documentation.
  • Roger S. Pressman, (2005)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. ; Tuesday 07:30:00-12:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.6 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Proyek (3.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Proyek (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.2 Minggu ke-7 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Proyek (3.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Proyek (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Proyek (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Proyek (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Proyek (3.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Proyek (3.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 2.00%
4.00%
6%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 4.00%
4%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 4.00%
4.00%
4.00%
3.00%
15%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 5.00%
5.00%
10%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.6 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 5.00%
5.00%
10%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M9 M10 M3 M14 M7 M4 M5 M6 M8 M11 M12 M13
Komponen UTS prj UTS prj UAS prj UAS prj UTS prj UAS prj prj UTS prj UTS prj UTS prj UTS prj UAS prj UAS prj prj
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26 Bobot
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 2.00%4.00%5.00%5.00% 16%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 4.00% 4%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.6 5.00% 5%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 3.00%3.00% 6%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.2 3.00%4.00%4.00%5.00%4.00%3.00%3.00%4.00%4.00%4.00%3.00%3.00% 44%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 3.00%4.00%4.00%4.00%5.00%5.00% 25%
TOTAL 2 3 4 3 5 4 5 4 4 3 5 5 4 3 3 4 3 4 4 4 4 5 4 5 3 3 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 UTS UTS UAS UAS
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 UTS
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.6 UAS
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 prj prj
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.2 prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 UTS UTS UTS UTS UAS UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek
Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek
Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami simbol CASE tools untuk membuat model Perangkat Lunak
Performance Indicator: Students understand CASE tools symbols to create software models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools
Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools
Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek
Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.6Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools
Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek
Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak
Performance Indicator: Students are able to carry out software testing
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools
Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek
Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak
Performance Indicator: Students are able to carry out software testing
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 15 71.43
A- 2 9.52
B+ 1 4.76
B 1 4.76
B- 0 0.00
C+ 1 4.76
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
19 0 1 1 95.24
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
12 5 3 1 95.24
P2.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
19 0 0 2 90.48
KU2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
14 5 0 2 90.48
KU2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
14 5 0 2 90.48
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
16 2 1 2 90.48
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
UAS19
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
UTS12
(60.00 %)
5
(25.00 %)
3
(15.00 %)
0100
(500.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
UTS12
(57.14 %)
5
(23.81 %)
3
(14.29 %)
1
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
UAS19
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
prj14
(66.67 %)
5
(23.81 %)
02
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
prj14
(66.67 %)
5
(23.81 %)
02
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
UAS19
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
UTS12
(57.14 %)
5
(23.81 %)
3
(14.29 %)
1
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)

Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P2.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
1 064002200001 RAFIF FERNANDA WIBOWO 56.7568.0050.0090.0090.0060.80
2 064002200003 AUDI AULIA 95.1387.00100.0090.0090.0092.20
3 064002200004 RHENA TABELLA 94.3885.00100.0087.0087.0091.00
4 064002200006 ISKY DWI APRILIANTO 89.5072.00100.0080.0080.0083.20
5 064002200007 SONYA RIDESIA HASTARI 93.6383.00100.0075.0075.0089.80
6 064002200008 CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA 85.0060.00100.0090.0090.0076.00
7 064002200009 ADRIAN ALFAJRI 98.1395.00100.0090.0090.0097.00
8 064002200010 ANDRI MARTIN 95.1387.00100.0090.0090.0092.20
9 064002200011 BINTANG RAKHA DANISWARA 90.6375.00100.0050.0050.0085.00
10 064002200012 CANDY SOEKA WIYONO 93.6383.00100.0087.0087.0089.80
11 064002200015 PUTRI SYABILLAH 98.1395.00100.0090.0090.0097.00
12 064002200020 AISYAH NUR FADHLIA 92.5080.00100.0080.0080.0088.00
13 064002200021 ANKA FAYIZ RASYAD 95.1387.00100.0087.0087.0092.20
14 064002200024 KHARISMA MAULIDA SAARA 92.5080.00100.0090.0090.0088.00
15 064002200027 TARUM WIDYASTI PERTIWI 98.1395.00100.0087.0087.0097.00
16 064002200030 VANIA RAHMA DEWI 98.1395.00100.0090.0090.0097.00
17 064002200033 JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG 85.0060.00100.0075.0075.0076.00
18 064002200035 M. FAUZAN WIJAYA 88.7570.00100.0075.0075.0082.00
19 064002200036 MUHAMMAD FAHMI 88.0068.00100.0075.0075.0080.80
20 064002200038 GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM 24.3865.000.0050.0050.0039.00
21 064002200041 DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR 100.005.00100.0075.0075.0043.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.)