PORTOFOLIO MATA KULIAH
ANALISIS DAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.2
P2.CPMK-1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar software, software engineering, process models, dan SDLC
KU.2
KU2.CPMK-2
Mahasiswa mampu berpikir logis dan sistematis untuk menganalisis kebutuhan dalam proses Rekayasa Perangkat Lunak
KK.3
KK3.CPMK-3
Mahasiswa mampu mendesain model perangkat lunak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan industri
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
P2.CPMK-1.3
Mahasiswa memahami konsep dasar Rekayasa Perangkat Lunak
P2.CPMK-1.4
Mahasiswa memahami penjaminan mutu untuk Perangkat Lunak menggunakan perangkat yang sesuai
P2.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep UI/UX
P2.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
KU.2
KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
KU2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
KU2.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu menganalisis hasil pengujian Perangkat Lunak
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu membuat Use Case dan Activity Diagram untuk pemodelan Perangkat Lunak
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu memodelkan perangkat lunak dengan Class Diagram
KK3.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu memodelkan Perangkat Lunak dengan Sequence Diagram
KK3.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu merancang UI/UX Proyek Kelompok
KK3.CPMK-3.6
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan Proyek Kelompok menggunakan Class Diagram dan Sequence Diagram
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6323
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6323 SKS : 3.00
Mata Kuliah : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak
Dosen :
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
IKS6404 Pemrograman Berorientasi Objek
IKD6312 Manajemen Data dan Informasi
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
Metodologi Perangkat Lunak, Memahami kebutuhan user, Mental Model Sistem
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Mahasiswa menyusun user requirement
Roger S. Pressman, (2005) (Software Engineering)
Ian Sommerville(2011) (Software Engineering)
M. Rafiansyah P, Ratna Shofiati, Agung Sediyono(2023) (USAKTI On App)
Proyek - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Struktur dan Perilaku Pemodelan dengan tools Unified Modelling Language (UML), Usecase dan Activity Diagram
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Mahasiswa memanfaatkan berbagai sumber belajar, menerima dan memberikan umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Membuat Usecase dan activity diagram dari halaman informasi sederhana
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
Konsep pemodelan UML yang terdiri dari Usecase, Activity, Sequence dan Class Diagram
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Menyelesaikan studi kasus mingguan per kelompok. Mempresentasikan pemodelan sistem
Roger S. Pressman, (2005)
M. Khatami Akib, Ratna Shofiati, Ahmad Zuhdi(2022) (E-Learning)
Proyek - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
4
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul data entry sederhana
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan sumber berlajar. Memodelkan solusi menggunakan pemodelan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Parent-child
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Parent-Child. Mempresentasikan pemodelan yang dibuat.
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Pencarian Sederhana dan Detail. Usecase menerapkan konsep Extend
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Pencarian Sederhana dan Detail dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Upload File. Usecase menerapkan konsep Include
Presentasi
Tutorial
Diskusi
150.00
Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Upload File dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
8
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Unggah File Evidence atau Foto. Usecase menerapkan konsep generalisasi
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Unggah File evidence atau Foto dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Sekuensial. Usecase menerapkan konsep Include
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Sekuensial dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Menampilkan Grafik. Usecase menerapkan konsep include
Presentasi
Tutorial
Diskusi
150.00
Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Menampilkan Grafik dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Mencetak Dokumen. Usecase menerapkan konsep Include dan extend.
Tutorial
Diskusi
Presentasi
150.00
Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Mencetak Dokumen dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Integrasi Modul 1
Proyek
150.00
Mahasiswa mengintegrasikan semua modul yang dikerjakan dalam proyek kelompok
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 3.00 %
13
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Integrasi Modul 2
Proyek
150.00
Mahasiswa melakukan integrasi modul antar Proyek kelompok.
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 3.00 %
14
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
Struktur Dokumen Aplikasi (Help Dokumentation)
Presentasi
Tutorial
150.00
Mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk membuat Manual Documentation/Help Documentation.
Roger S. Pressman, (2005)
Proyek - 5.00 %
Ujian Akhir Semester - 5.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
; Tuesday 07:30:00-12:00:00
Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.2
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.6
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami simbol CASE tools untuk membuat model Perangkat Lunak Performance Indicator: Students understand CASE tools symbols to create software models
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
15
71.43
A-
2
9.52
B+
1
4.76
B
1
4.76
B-
0
0.00
C+
1
4.76
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
19
0
1
1
95.24
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
12
5
3
1
95.24
P2.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
19
0
0
2
90.48
KU2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
14
5
0
2
90.48
KU2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
14
5
0
2
90.48
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
16
2
1
2
90.48
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling
UAS
19 (90.48 %)
0
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
UTS
12 (60.00 %)
5 (25.00 %)
3 (15.00 %)
0
100 (500.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat
UTS
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
3 (14.29 %)
1 (4.76 %)
95.24 (453.52 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak
UAS
19 (90.48 %)
0
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus
prj
14 (66.67 %)
5 (23.81 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif
prj
14 (66.67 %)
5 (23.81 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE
UAS
19 (90.48 %)
0
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
UTS
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
3 (14.29 %)
1 (4.76 %)
95.24 (453.52 %)
Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
1
064002200001
RAFIF FERNANDA WIBOWO
56.75
68.00
50.00
90.00
90.00
60.80
2
064002200003
AUDI AULIA
95.13
87.00
100.00
90.00
90.00
92.20
3
064002200004
RHENA TABELLA
94.38
85.00
100.00
87.00
87.00
91.00
4
064002200006
ISKY DWI APRILIANTO
89.50
72.00
100.00
80.00
80.00
83.20
5
064002200007
SONYA RIDESIA HASTARI
93.63
83.00
100.00
75.00
75.00
89.80
6
064002200008
CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA
85.00
60.00
100.00
90.00
90.00
76.00
7
064002200009
ADRIAN ALFAJRI
98.13
95.00
100.00
90.00
90.00
97.00
8
064002200010
ANDRI MARTIN
95.13
87.00
100.00
90.00
90.00
92.20
9
064002200011
BINTANG RAKHA DANISWARA
90.63
75.00
100.00
50.00
50.00
85.00
10
064002200012
CANDY SOEKA WIYONO
93.63
83.00
100.00
87.00
87.00
89.80
11
064002200015
PUTRI SYABILLAH
98.13
95.00
100.00
90.00
90.00
97.00
12
064002200020
AISYAH NUR FADHLIA
92.50
80.00
100.00
80.00
80.00
88.00
13
064002200021
ANKA FAYIZ RASYAD
95.13
87.00
100.00
87.00
87.00
92.20
14
064002200024
KHARISMA MAULIDA SAARA
92.50
80.00
100.00
90.00
90.00
88.00
15
064002200027
TARUM WIDYASTI PERTIWI
98.13
95.00
100.00
87.00
87.00
97.00
16
064002200030
VANIA RAHMA DEWI
98.13
95.00
100.00
90.00
90.00
97.00
17
064002200033
JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG
85.00
60.00
100.00
75.00
75.00
76.00
18
064002200035
M. FAUZAN WIJAYA
88.75
70.00
100.00
75.00
75.00
82.00
19
064002200036
MUHAMMAD FAHMI
88.00
68.00
100.00
75.00
75.00
80.80
20
064002200038
GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM
24.38
65.00
0.00
50.00
50.00
39.00
21
064002200041
DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR
100.00
5.00
100.00
75.00
75.00
43.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)