Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Proyek Rekayasa Sistem Informasi
Kode Mata Kuliah : ISM6306
Tim Dosen :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Kelas : 01
Dosen : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 32 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Proyek Rekayasa Sistem Informasi
KODE MATA KULIAH : ISM6306
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PROYEK REKAYASA SISTEM INFORMASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISM6306
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
KK.3 KK3.CPMK-2 Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
KK.5 KK5.CPMK-3 Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
KK.5 KK5.CPMK-4 Mampu Berkomunikasi dengan praktisi secara efektif dan profesional
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
KK.3 KK3.CPMK-2
KK3.CPMK-2.1 Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
KK.5 KK5.CPMK-3
KK5.CPMK-3.1 Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
KK.5 KK5.CPMK-4
KK5.CPMK-4.1 Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISM6306

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISM6306     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Proyek Rekayasa Sistem Informasi Dosen :
  1. 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
Information System Project Description
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Intro, motivation work, problem statement, objective, organization of project
  • James Cadle(2014)
  • Artikel Review - 2.00 %
2
  1. Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
Project Planning and Design
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 understand Project Plan Management and Project Plan Inception
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • Proposal - 10.00 %
3
  1. Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
Project investigation
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Proyek
150.00 Introduction, core area of the project, existing approaches
  • Timothy J. Kloppenbor, (2018)
  • Analisis Kasus dan Presentasi 1 - 5.00 %
4
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Project development rationalization
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Pros and cons of existing system, issues/observations from investigation
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • Artikel Review - 3.00 %
5
  1. Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
Requirement Artifact
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Introduction, SoftWare & HardWare specification
  • James Cadle(2014)
  • Tugas - 5.00 %
6
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Specific Project Requirements
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 specific requirements, determine project requirements, quality of project requirements specification
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • Ujian Tengah Semester - 15.00 %
7
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
Presentation of Project Proposal
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Proyek
150.00 Writing project proposal, defend ideas and argumentation, critical thinking to evaluate other proposal
  • capstonedesigncommunity(2014)
  • David Olson , (2015)
  • Proposal (Project Proposal) - 10.00 %
8
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Design Methodology
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 understand: developing stakeholder expectations, technical requirements, logical decompositions, and design solutions.
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • Artikel Review - 3.00 %
9
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Software and UI/UX Design
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Understand how to design program. database and UI/UX of the application software project development
  • James Cadle(2014)
  • Artikel Review - 7.00 %
10
  1. Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
Technical Implementation and Analysis
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Studi Lapangan
150.00 understanding technical implementation, implementation analysis and implementation technology
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • David Olson , (2015)
  • Ujian Akhir Semester - 10.00 %
11
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Testing and Validation
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 understand and able to perform test and validation, both internal and external of the developer team
  • N. Heink,. Ed. Boston(2018)
  • James Cadle(2014)
  • Laporan (Progress Report) - 10.00 %
12
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
Project Outcome and Applicability
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Proyek
150.00 Well understand the differences of project benefit project outcome, project output (deliverables), and project objectives
  • James Cadle(2014)
  • David Olson , (2015)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Limitation and Constraints of the System
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Understand the limitations or restrictions that affect the design, development, or operation of an information system.
  • Timothy J. Kloppenbor, (2018)
  • James Cadle(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
Project Applicability on Real World application
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Proyek
150.00 understanding the real life applications of Information System Project to the organization, especially in industries and business
  • capstonedesigncommunity(2014)
  • James Cadle(2014)
  • Laporan (Laporan Akhir Tugas Proyek) - 10.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Proyek Rekayasa Sistem Informasi 1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. ; Thursday 10:10:00-12:40:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-7 Assessment: Proposal (10.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Laporan (10.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Analisis Kasus dan Presentasi 1 (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Artikel Review (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (15.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Artikel Review (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Artikel Review (7.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Laporan (10.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-4 KK5.CPMK-4.1 Minggu ke-1 Assessment: Artikel Review (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Proposal (10.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 15.00%
15%
TOTAL 15%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 5.00%
5%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 5.00%
5%
KK.5 KK5.CPMK-4 KK5.CPMK-4.1 10.00%
10%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00%
5%
TOTAL 5%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M7 M12 M14 M3 M5 M4 M6 M8 M9 M11 M13 M1 M2 M10
Komponen Proposal UAS LP AKP1 TG AR UTS AR AR LP UAS AR Proposal UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 10.00%5.00%10.00% 25%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00%5.00% 10%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 3.00%15.00%3.00%7.00%10.00%5.00% 43%
KK.5 KK5.CPMK-4 KK5.CPMK-4.1 2.00%10.00%10.00% 22%
TOTAL 10 5 10 5 5 3 15 3 7 10 5 2 10 10 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Proposal UAS LP
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 AKP1 TG
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 AR UTS AR AR LP UAS
KK.5 KK5.CPMK-4 KK5.CPMK-4.1 AR Proposal UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat
Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif
Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif
Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat
Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.5 KK5.CPMK-4 KK5.CPMK-4.1Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif
Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat
Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek dapat diintegrasikan dengan tepat
Performance Indicator: The project IS professional practice, ethical conduct, and sustainability considerations can be integrated correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 12 37.50
A- 9 28.13
B+ 9 28.13
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
20 10 0 2 93.75
KK3.CPMK-2.1
Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
25 5 0 2 93.75
KK5.CPMK-3.1
Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
2 9 13 8 75.00
KK5.CPMK-4.1
Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
18 12 0 2 93.75
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar
UAS11
(36.67 %)
18
(60.00 %)
01
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
LP25
(83.33 %)
5
(16.67 %)
00100
(333.33 %)
Proposal20
(66.67 %)
10
(33.33 %)
00100
(333.33 %)
Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata
AKP125
(83.33 %)
5
(16.67 %)
00100
(333.33 %)
TG25
(83.33 %)
5
(16.67 %)
00100
(333.33 %)
Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif
UTS2
(6.67 %)
9
(30.00 %)
13
(43.33 %)
6
(20.00 %)
80
(266.67 %)
Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek
UAS11
(36.67 %)
18
(60.00 %)
01
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
Proposal20
(66.67 %)
10
(33.33 %)
00100
(333.33 %)
AR30
(100.00 %)
000100
(333.33 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-4.1
Std Mark: 3.30
1 065002200013 FATHUR RAHMAN 85.6090.0057.0081.82
2 065002200040 VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA 81.8080.0061.0081.82
3 065002200034 ALFARIZQI WIRA ANADYAR 85.8090.0058.0082.27
4 065002200039 USWATUN KHASANAH 78.0080.0052.0077.73
5 065002200042 STEVANIO 81.2080.0061.0080.45
6 065002200015 HAWA APRILIA UTAMI 77.8080.0078.0077.27
7 065002200029 NAZRI HASBY 89.6095.0069.0084.09
8 065002200041 CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. 89.6095.0053.0084.09
9 065002200044 KARAN SHANKAR 81.6080.0076.0081.36
10 065002200016 JANNATHAN GERALD MAHENDRA 86.6090.0061.0084.09
11 065002200038 ELITA WAHYU FIRDASARI 77.4080.0064.0076.36
12 065002200032 SHILFIYYA AMALIA ASDI 77.2080.0065.0075.91
13 065002200027 MARIA ULPA 77.2080.0075.0075.91
14 065002200005 MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ 81.0090.0044.0071.36
15 065001900018 MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS 81.0085.0075.0080.00
16 065002100022 MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH 79.6085.0065.0076.82
17 065002100031 MUHAMMAD UMAR ARIF PAAGO 79.6085.0055.0076.82
18 065002100013 NURAFNI REVITA WIBOWO 90.6095.0088.0086.36
19 065002100002 NABILAH PUTRI 89.2095.0073.0083.18
20 065002100014 NYETO LEO T 80.4085.0060.0078.64
21 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 81.2075.0062.0085.00
22 065002100017 STEVANI TASYA BAWANO 78.6075.0055.0079.09
23 065002100024 AFIF MAULANA 83.4085.0070.0080.91
24 065002100032 MUHAMMAD DANIL HIDAYAT 84.0085.0057.0082.27
25 065002100006 BANON DJINAWI SRI MUTIARI 77.8075.0058.0077.27
26 065002200023 CHAERUDIN SAPUTRA 90.0095.0087.0085.00
27 065002000004 RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN 0.000.000.000.00
28 065002100039 ARMYTA MECKY 84.0085.0069.0082.27
29 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.00
30 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 78.8085.0055.0075.00
31 065002200026 JANATHAN AUDI 80.0075.0060.0082.27
32 065002200030 RIDWAN BAKKARA 80.4075.0070.0083.18

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1762 Drs. Syaifudin -, M.Si., Ph.D.)