EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
S.1
S1.CPMK-1
Mahasiswa memiliki gambaran tentang dunia kerja dan membantu mereka mengenal dunia kerja lebih dalam.
S.1
S1.CPMK-2
Meningkatkan pola pikir, kreativitas, dan pengalaman mahasiswa informatika dalam menyongsong masa depan
KU.3
KU3.CPMK-3
Ketrampilan Berkomunikasi: Mampu mengkomunikasikan pengalaman kunjungan, pemahaman tentang industri digital, dan hasil penelitian dalam bentuk presentasi dan laporan tertulis.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
S.1
S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
S1.CPMK-1.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
S.1
S1.CPMK-2
S1.CPMK-2.1
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
S1.CPMK-2.2
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
KU.3
KU3.CPMK-3
KU3.CPMK-3.1
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
KU3.CPMK-3.2
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UKT6102
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UKT6102 SKS : 1.00
Mata Kuliah : Studi Ekskursi
Dosen :
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
Pengantar Studi Ekskursi. Proses perencanaan kunjungan ke perusahaan digital.
Tutorial
Kolaborative
Diskusi
150.00
Pemahaman tentang teknologi dan industri digital
Dr. Bambang Sudjatmiko(2019)
Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
2
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
Persiapan dan perencanaan perjalanan: Pembentukan kepanitiaan untuk mengorganisasi rencana kunjungan. Pengetahuan tentang perusahaan yang akan dikunjung
Cooperation
Diskusi
Memainkan Peran
Pemecahan Masalah
150.00
Belajar mengorganisasi, berdiskusi, menentukan prioritas, menentukan anggaran
Dr. Adi Suryanto(2019)
Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
3
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
-Mendiskusikan tren dan inovasi di industri digital. -Pemahaman tentang peran teknologi dalam bisnis
Cooperation
Diskusi
Pemecahan Masalah
150.00
Merangsang Empati dan Berpikir Kritis: Mendorong mahasiswa untuk melihat perusahaan digital dari berbagai sudut pandang dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dampak teknologi dalam bisnis.
Dave Chaffey, Tanya Hemphill, David Edmundson-Bird(2019)
Diskusi dan Partisipasi 1 - 10.00 %
4
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
Kunjungan ke Perusahaan dijital
Kolaborative
Studi Lapangan
Pemecahan Masalah
250.00
Memberikan pengalaman langsung dalam mengunjungi perusahaan digital untuk menerapkan dan mengamati konsep yang diajarkan dalam konteks nyata.
Lindsay Herbert(2019)
Laporan - 70.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Studi Ekskursi
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
; Saturday 11:10:00-12:00:00
Status
Visi dan Misi
:
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT
S.1
S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1
Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
HEIGHT
S.1
S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.2
Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (5.00%)
HEIGHT
S.1
S1.CPMK-2
S1.CPMK-2.1
Minggu ke-3 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (3.00%)
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
0
0.00
A-
11
23.40
B+
23
48.94
B
4
8.51
B-
3
6.38
C+
1
2.13
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
0
38
4
5
89.36
S1.CPMK-1.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
0
38
4
5
89.36
S1.CPMK-2.1
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
0
38
4
5
89.36
S1.CPMK-2.2
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
0
38
4
5
89.36
KU3.CPMK-3.1
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
0
38
4
5
89.36
KU3.CPMK-3.2
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
0
38
4
5
89.36
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mengembangkan sikap kritis dan analitis dalam mengevaluasi perusahaan digital yang dikunjungi.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan studi ekskursi.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Menunjukkan sikap kerjasama dan partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok selama kunjungan ke perusahaan digital.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di industri digital.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
LP
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Ketrampilan Kolaborasi: Mampu bekerja dalam kelompok untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi studi ekskursi serta membagi tugas dengan efektif.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif.
DP1
0
38 (90.48 %)
4 (9.52 %)
0
100 (238.10 %)
Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
S1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00
1
064001900005
SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
2
064002000026
RIFQI RASYADAN
73.00
73.00
73.00
73.00
73.00
73.00
3
064002100005
REZA NUGRAHA SANTOSO
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
4
064002100029
RIDHO BAIHAQI
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
5
064002200001
RAFIF FERNANDA WIBOWO
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
6
064002200002
JOSUA WARMAN SIGALINGGING
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
7
064002200003
AUDI AULIA
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
8
064002200004
RHENA TABELLA
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
9
064002200005
GELLENT ARDIANSYAH
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
10
064002200006
ISKY DWI APRILIANTO
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
11
064002200007
SONYA RIDESIA HASTARI
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
12
064002200008
CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
13
064002200009
ADRIAN ALFAJRI
79.00
79.00
79.00
79.00
79.00
79.00
14
064002200010
ANDRI MARTIN
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
15
064002200011
BINTANG RAKHA DANISWARA
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
16
064002200012
CANDY SOEKA WIYONO
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
17
064002200013
EVANDA MANGGANI
78.00
78.00
78.00
78.00
78.00
78.00
18
064002200014
KANZUL JUDHISTIRA PANCAPUTRA ADHIATIEN
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
19
064002200015
PUTRI SYABILLAH
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
20
064002200016
RADEA AJI PRASOJO
62.00
62.00
62.00
62.00
62.00
62.00
21
064002200017
ADAM HIDAYAT
68.00
68.00
68.00
68.00
68.00
68.00
22
064002200018
AGI PRIYONO
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
23
064002200019
AHMAD RIFQI AZIS
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
24
064002200020
AISYAH NUR FADHLIA
68.00
68.00
68.00
68.00
68.00
68.00
25
064002200021
ANKA FAYIZ RASYAD
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
26
064002200023
I WAYAN TRISNA ARDIKA
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
27
064002200024
KHARISMA MAULIDA SAARA
78.00
78.00
78.00
78.00
78.00
78.00
28
064002200025
MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
29
064002200027
TARUM WIDYASTI PERTIWI
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
30
064002200028
TENGKU RABIH RAZZAN
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
31
064002200029
TOMMY ANDRIAN
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
32
064002200030
VANIA RAHMA DEWI
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
33
064002200031
ALBIHAN
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
34
064002200032
HASHEMI RALF KOIZUMI
73.00
73.00
73.00
73.00
73.00
73.00
35
064002200033
JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
36
064002200034
MAULANA HAFIZH ARIPUTRA
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
37
064002200036
MUHAMMAD FAHMI
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
38
064002200037
MENDARI PERTIWI
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
39
064002200038
GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
40
064002200039
ALDI SURYA PRANATA
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
67.00
41
064002200040
ZOELFAN AKBAR HIDAYAT
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
42
064002200041
DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
43
064002200043
ADRIAN HALIM
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
44
064002200044
DELVIANO ARIE PRABOWO
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
45
064002200045
ALFAREZA GIOVANI
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
46
064002200046
ADRIANSYAH MAULANA PUTRA
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
76.00
47
064002200049
RODRICK KIEDIES
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
74.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)