Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Manajemen Proyek Teknologi Informasi
Kode Mata Kuliah : ISM301
Tim Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Kelas : 01
Dosen : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 1 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Manajemen Proyek Teknologi Informasi
KODE MATA KULIAH : ISM301
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISM301
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Dapat menunjukkan etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil. (S.a)
S.2 Dapat menunjukkan etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh. (S.b)
S.3 Dapat menunjukkan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (S.c)
P.1 Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dasar, matematika dan statistik, dasar komputasi, perancangan, manajemen, untuk menunjang keputusan berdasarkan analisis data. (P.a)
P.2 Memahami komponen-komponen teknologi pembentuk STI (Sistem dan Teknologi Informasi), fungsinya, batasan kinerjanya, serta pemahaman konsepnya secara mendasar, sehingga tetap dapat mengikuti perubahan teknologi dengan mudah. (P.b)
KU.1 Kemampuan berkomunikasi dalam berbagai konteks profesional. (KU.a)
KU.2 Memahami tanggung jawab profesional dan dapat melakukan penilaian informasi dalam praktek komputasi berdasar pada prinsip-prinsip legal dan etika. (KU.b)
KU.3 Mampu melakukan fungsi anggota atau pemimpin tim secara efektif dalam kegiatan proyek sistem informasi. (KU.c)
KU.4 Kemampuan untuk mendukung penyampaian, penggunaan, dan pengelolaan sistem informasi dalam lingkungan organisasi. (KU.d)
KU.5 Menguasai teori kewirausahaan dan profesionalisme di bidang teknologi informasi. (KU.e)
KK.1 Kemampuan menganalisis persoalan bisnis yang kompleks serta menerapkan prinsip-prinsip sistem informasi dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi, dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu trans-disiplin dari sistem informasi. (KK.a)
KK.2 Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan sistem informasi. (KK.b)
KK.3 Memiliki kemampuan untuk melakukan pemodelan dan menggunakan model untuk merepresentasikan analisis, perancangan dan kinerja proses bisnis. (KK.c)
KK.4 Menerapkan teori pemrograman komputer dan dasar pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan solusi berbasis komputasi. (KK.d)
KK.5 Memiliki kemampuan melakukan Analisis Data untuk ditransformasi menjadi Pengetahuan (KK.e)
KK.6 Memiliki kemampuan melakukan perancangan tata kelola dan mengaudit sistem informasi (KK.f)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dasar, matematika dan statistik, dasar komputasi, perancangan, manajemen, untuk menunjang keputusan berdasarkan analisis data. (P.a)
KU.2 Memahami tanggung jawab profesional dan dapat melakukan penilaian informasi dalam praktek komputasi berdasar pada prinsip-prinsip legal dan etika. (KU.b)
KU.3 Mampu melakukan fungsi anggota atau pemimpin tim secara efektif dalam kegiatan proyek sistem informasi. (KU.c)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 CPMK 1 : Mahasiswa mampu memahami konsep dasar manajemen proyek dan manajemen proyek TI berdasarkan standar internasional dan best practise.
P.1 P1.CPMK-2 CPMK 2 : Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI.
KU.2 KU2.CPMK-3 CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis.
KU.3 KU3.CPMK-4 CPMK 4 : Mahasiswa mampu mengaplikasikan pembagian tugas (job desc) dalam tim, serta melaporkan pencapaian dan kesimpulannya.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Sub CPMK 1.1 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI.
P1.CPMK-1.2 Sub CPMK 1.2 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal.
P1.CPMK-1.3 Sub CPMK 1.3 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep tata kelola proyek.
P1.CPMK-1.4 Sub CPMK 1.4 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep perumusan project charter.
P1.CPMK-1.5 Sub CPMK 1.5 : Mahasiswa mampu menerangkan scope management dalam proyek TI.
P1.CPMK-1.6 Sub CPMK 1.6 : Mahasiswa mampu menerangkan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS).
P1.CPMK-1.7 Sub CPMK 1.7 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project schedule management.
P1.CPMK-1.8 Sub CPMK 1.8 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project cost management.
P1.CPMK-1.9 Sub CPMK 1.9 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen risiko proyek TI.
P1.CPMK-1.10 Sub CPMK 1.10 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI.
P1.CPMK-1.11 Sub CPMK 1.11 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen kualitas proyek TI.
P1.CPMK-1.12 Sub CPMK 1.12 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI.
P1.CPMK-1.13 Sub CPMK 1.13 : Mahasiswa mampu menerangkan perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek.
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 Sub CPMK 3.1 : Mahasiswa mampu menerapkan dan mempresentasikan perkembangan dan hasil akhir proyek / tugas.
KU.3 KU3.CPMK-4
KU3.CPMK-4.1 Sub CPMK 4.1 : Mahasiswa mampu menjalankan dan mempresentasikan pembagian tugas (job desc) dalam tim, serta melaporkan pencapaian dan kesimpulannya dalam tugas.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISM301

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISM301     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Manajemen Proyek Teknologi Informasi Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Sub CPMK 1.1 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI.
Pengantar Manajemen Proyek TI
- Pendahuluan
- Project and Project Management
- Faktor Yang Mempengaruhi
- PMBOK
- Project Methodologies and Processes
- Generic Project Life Cycle
- Project Management Body of Knowledges
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 1-23, 24-58)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 1-40, 47-77, 85-144)
  • PMI(2021) (Halaman : 3-6, 33, 134)
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
2
  1. Sub CPMK 1.2 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal.
Measurable Organizational Value (MOV) and Business Case
- Information Technology Project Methodology (ITPM)
- IT Project Management Foundation
- The Business Case
- IT Value Chain and MOV
- Project Goal
- Developing Business Cases
- Project Selection and Approval
- Balanced Scorecard Approach dan Tata Kelola TI
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 59-90)
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
  1. Sub CPMK 1.3 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep tata kelola proyek.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
Project Governance
- Pendahuluan
- Project Management Processes and ITPM Phases
- Project Integration Processes
- Project Charter
- Project Planning Framework
- Kick-off Meeting

Praktikum : Modul 1
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 91-119)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 151-192)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Sub CPMK 1.4 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep perumusan project charter.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
The Project Team and Leadership
- The Formal Organization
- The Project Organization
- Stakeholders
- The Project Team and Workgroups
- Teams and Learning Cycle
- The Project Environment
- Project Leadership
- Ethics and Leadership
- Teams and Leadership
- Multicultural Projects

Praktikum : Modul 2
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 260-280)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 403-411)
  • PMI(2021) (Halaman : 16-31)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Sub CPMK 1.5 : Mahasiswa mampu menerangkan scope management dalam proyek TI.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
The Scope Management Plan
- Scope Management Processes
- Project Scope

Praktikum : Modul 3
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 122-129)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 201-212)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. Sub CPMK 1.6 : Mahasiswa mampu menerangkan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS).
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
The Work Breakdown Structure (WBS)
- Work Breakdown Structure (WBS)
- Cost Estimation Techniques

Praktikum : Modul 4
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 130-138)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 213-233)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Sub CPMK 1.7 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project schedule management.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
Project Schedule Management
- Pentingnya Jadwal Proyek
- Planning Schedule Management
- Defining Activities
- Sequencing Activities
- Estimating Activity Durations
- Developing The Schedule
- Controlling The Schedule

Praktikum : Modul 5
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 149-164)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 241-276)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
8
  1. Sub CPMK 1.8 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project cost management.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
Project Cost Management
- The Importance of Project Cost Management
- Basic Principles of Cost Management
- Planning Cost Management
- Estimating Costs
- Determining The Budget
- Controlling Costs

Praktikum : Modul 6
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 149-169)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 285-317)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
9
  1. Sub CPMK 1.9 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen risiko proyek TI.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
IT Project Risk Management
- Risiko dan Manajemen Risiko Proyek
- Proses Dalam Manajemen Risiko Proyek
- Planning Risk Management and Identifying Risks
- Common Sorurces of Risk On IT Projects
- Performing Qualitative Risk Analysis
- Performing Quantitative Risk Analysis
- Planning Risk Responses / Strategies
- Implementing Risk Responses
- Monitoring Risks

Praktikum : Modul 7
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 173-203)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 463-496)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
10
  1. Sub CPMK 1.10 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
The Project Communication Plan
- Pentingnya Project Communication Plan
- Manajemen Komunikasi Proyek Berdasarkan PMBOK
- Planning Communications Management
- Managing and Monitoring Communications
- Suggestions For Improving Project Communications
- Project Metrics
- Cost Metrics
- Schedule Metrics
- Pelaporan Kinerja dan Kemajuan

Praktikum : Modul 8
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 205-232)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 425-456)
  • PMI(2021) (Halaman : 73)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
11
  1. Sub CPMK 1.11 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen kualitas proyek TI.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
The IT Project Quality Management
- Kualitas dan IT Project Quality Management
- Quality Tools and Philosophies
- The IT Project Quality Plan
- Quality Planning, Improvement, and Control
- Change, Control, and Configuration Management
- Quality Systems

Praktikum : Modul 9
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 234-258)
  • Kathy Schwalbe(2019) (Halaman : 327-365)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 6.00 %
12
  1. Sub CPMK 1.12 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI.
  2. Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
Managing Change, Resistance, and Conflicts
- Reaksi Terhadap Perubahan
- Manajemen Perubahan
- Dampak Perubahan
- Resistance and Conflicts
- Conflicts Mangement

Praktikum : Modul 10
  • Kolaborative
  • Diskusi
210.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 282-304)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
  1. Sub CPMK 1.13 : Mahasiswa mampu menerangkan perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek.
Pelaksanaan, Pengecekan, Kontrol, Penutupan, dan Evaluasi Proyek
- Implementasi Proyek
- Pengecekan Proyek
- Kontrol Proyek
- Penutupan Proyek
- Evaluasi Proyek
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Jack T. Marchewka(2015) (Halaman : 306-323)
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
14
  1. Sub CPMK 3.1 : Mahasiswa mampu menerapkan dan mempresentasikan perkembangan dan hasil akhir proyek / tugas.
  2. Sub CPMK 4.1 : Mahasiswa mampu menjalankan dan mempresentasikan pembagian tugas (job desc) dalam tim, serta melaporkan pencapaian dan kesimpulannya dalam tugas.
Pengumpulan dan Presentasi Tugas
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Proyek
150.00 - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS.
- Mempresentasikan tugas.
  • Tugas - 35.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Manajemen Proyek Teknologi Informasi 3088 Agus Salim, S.T., M.T. ; Thursday 08:00:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
3088 Agus Salim, S.T., M.T. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.11 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.12 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.13 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.50%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (28.00%)
HEIGHT KU.3 KU3.CPMK-4 KU3.CPMK-4.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (7.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 3.00%
3%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.11 6.00%
6%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.12 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.13 3.00%
3%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 28.00%
28%
KU.3 KU3.CPMK-4 KU3.CPMK-4.1 7.00%
7%
TOTAL 35%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14
Komponen UTS UTS UTS PRK UTS PRK UTS PRK UTS PRK UTS PRK UAS PRK UAS PRK UAS PRK UAS PRK UAS PRK UAS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.11 6.00% 6%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.12 4.00% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.13 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.50%1.50%1.50%1.50%1.50%1.50%1.50%1.50%1.50%1.50% 15%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 28.00% 28%
KU.3 KU3.CPMK-4 KU3.CPMK-4.1 7.00% 7%
TOTAL 4 4 3 1.5 4 1.5 4 1.5 3 1.5 3 1.5 4 1.5 4 1.5 4 1.5 6 1.5 4 1.5 3 35 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.11 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.12 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.13 UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 PRK PRK PRK PRK PRK PRK PRK PRK PRK PRK
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 TG
KU.3 KU3.CPMK-4 KU3.CPMK-4.1 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Sub CPMK 1.1 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Sub CPMK 1.2 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3Sub CPMK 1.3 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep tata kelola proyek.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep tata kelola proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project government and project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4Sub CPMK 1.4 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep perumusan project charter.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep tata kelola proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project government and project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep perumusan project charter dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5Sub CPMK 1.5 : Mahasiswa mampu menerangkan scope management dalam proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep tata kelola proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project government and project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep perumusan project charter dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Scope management dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The scope management in IT projects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6Sub CPMK 1.6 : Mahasiswa mampu menerangkan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS).
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep tata kelola proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project government and project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep perumusan project charter dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Scope management dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The scope management in IT projects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pembuatan Work Breakdown Structure (WBS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The development of Work Breakdown Structure (WBS) can be explained.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7Sub CPMK 1.7 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project schedule management.
Indikator Kinerja: Konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project management IT project management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, and project goal can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep tata kelola proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project government and project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep perumusan project charter dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project charter development can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Scope management dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The scope management in IT projects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pembuatan Work Breakdown Structure (WBS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The development of Work Breakdown Structure (WBS) can be explained.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep project schedule management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project schedule management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8Sub CPMK 1.8 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project cost management.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9Sub CPMK 1.9 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen risiko proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen risiko proyek TI dapat dijelaskan dengan tepaT.
Performance Indicator: The concepts of IT project risks management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10Sub CPMK 1.10 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen risiko proyek TI dapat dijelaskan dengan tepaT.
Performance Indicator: The concepts of IT project risks management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of of IT project communication management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.11Sub CPMK 1.11 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen kualitas proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen risiko proyek TI dapat dijelaskan dengan tepaT.
Performance Indicator: The concepts of IT project risks management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of of IT project communication management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen kualitas proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of IT project quality management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.12Sub CPMK 1.12 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen risiko proyek TI dapat dijelaskan dengan tepaT.
Performance Indicator: The concepts of IT project risks management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of of IT project communication management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen kualitas proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of IT project quality management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of managing changes, resistances, and conflicts in IT projects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.13Sub CPMK 1.13 : Mahasiswa mampu menerangkan perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek.
Indikator Kinerja: Konsep project cost management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of project cost management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen risiko proyek TI dapat dijelaskan dengan tepaT.
Performance Indicator: The concepts of IT project risks management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of of IT project communication management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep manajemen kualitas proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of IT project quality management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of managing changes, resistances, and conflicts in IT projects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The development of project implementation plan and closure can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 1 100.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Sub CPMK 1.1 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.2
Sub CPMK 1.2 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.3
Sub CPMK 1.3 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep tata kelola proyek.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.4
Sub CPMK 1.4 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep perumusan project charter.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.5
Sub CPMK 1.5 : Mahasiswa mampu menerangkan scope management dalam proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.6
Sub CPMK 1.6 : Mahasiswa mampu menerangkan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS).
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.7
Sub CPMK 1.7 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project schedule management.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.8
Sub CPMK 1.8 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project cost management.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.9
Sub CPMK 1.9 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen risiko proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.10
Sub CPMK 1.10 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.11
Sub CPMK 1.11 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen kualitas proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.12
Sub CPMK 1.12 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-1.13
Sub CPMK 1.13 : Mahasiswa mampu menerangkan perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek.
1 0 0 0 100.00
P1.CPMK-2.1
Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
1 0 0 0 100.00
KU2.CPMK-3.1
Sub CPMK 3.1 : Mahasiswa mampu menerapkan dan mempresentasikan perkembangan dan hasil akhir proyek / tugas.
1 0 0 0 100.00
KU3.CPMK-4.1
Sub CPMK 4.1 : Mahasiswa mampu menjalankan dan mempresentasikan pembagian tugas (job desc) dalam tim, serta melaporkan pencapaian dan kesimpulannya dalam tugas.
1 0 0 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Sub CPMK 1.1 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen proyek dan manajemen proyek TI.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.2 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep Measurable Organizational Value (MOV), business case, IT value chain, dan project goal.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.3 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep tata kelola proyek.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.4 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep perumusan project charter.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.5 : Mahasiswa mampu menerangkan scope management dalam proyek TI.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.6 : Mahasiswa mampu menerangkan pembuatan Work Breakdown Structure (WBS).
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.7 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project schedule management.
UTS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.8 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep project cost management.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.9 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen risiko proyek TI.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.10 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen komunikasi dalam proyek TI.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.11 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep manajemen kualitas proyek TI.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.12 : Mahasiswa mampu menerangkan konsep pengelolaan perubahan, resistensi, dan konflik dalam proyek TI.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 1.13 : Mahasiswa mampu menerangkan perumusan rencana implementasi dan penutupan proyek.
UAS1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 2.1 : Mahasiswa mampu melakukan praktikum sesuai dengan konsep dasar manajemen proyek TI dalam rangka mengimplementasikan solusi TI yang tercantum dalam modul praktikum.
PRK1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 3.1 : Mahasiswa mampu menerapkan dan mempresentasikan perkembangan dan hasil akhir proyek / tugas.
TG1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)
Sub CPMK 4.1 : Mahasiswa mampu menjalankan dan mempresentasikan pembagian tugas (job desc) dalam tim, serta melaporkan pencapaian dan kesimpulannya dalam tugas.
TG1
(100.00 %)
000100
(10,000.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.7 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.8 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.9 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.9 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.10 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.10 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.11 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.11 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.12 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.12 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.13 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.13 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 19. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.7
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.8
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.9
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.10
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.11
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.12
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.13
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
1 065002000020 PUTRI MARESTI 87.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.6087.60

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)