PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pendidikan Pancasila |
Kode Mata Kuliah | : | UPA5200 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 0102 |
Dosen | : | 240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 35 mahasiswa |
Program Studi PERPAJAKAN
Fakultas EKONOMI DAN BISNIS
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Pendidikan Pancasila |
KODE MATA KULIAH | : UPA5200 |
KELAS | : 0102 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi PERPAJAKAN Fakultas EKONOMI DAN BISNIS |
|||
Kode: UPA5200 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki sikap religius dalam menerapkan etika profesi dan nilai-nilai lokal (Trikrama Trisakti) (S1) |
S.2 | Memiliki jiwa Pancasilais dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara demi kemajuan peradaban (S2) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pendidikan pancasila dalam bernegara.(CPMK1) |
S.2 | S2.CPMK-2 | Mahasiswa dapat memaksimalkan perkembangan dari pendidikan pancasila.(CPMK4) |
S.2 | S2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan pancasila dan bernegara dalam mencapai tujuan bernegara.(CPMK3) |
S.2 | S2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menerapkan pendidikan pancaslla dalam tujuan bernegara.(CPMK2) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 |
|
||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 |
|
||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PROGRAM STUDI PERPAJAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UPA5200 |
Program Studi : PERPAJAKAN | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UPA5200 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
1. Penjelasan keseluruhan materi secara garis besar. |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi | ||
2 |
|
1. Landasan Yuridis, Historis, dan Filosofis 2. Tujuan dan cita – cita Nasional 3. Tujuan Pendidikan Nasional 4. Tujuan Pendidikan Pancasila |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
3 |
|
1. Pembahasan Pancasila 2. Pengertian Pancasila secara Etimologis 3. Pengertian Pancasila secara Historis 4. Pengertian Pancasila secara Terminologis |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Mendiskusikan materi yang telah lalu |
|
|
4 |
|
1. Jaman kedaulatan Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. 2. Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan masuknya pengaruh Islam di Indonesia |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
5 |
|
Jaman Penjajahan a. Perjuangan melawan penjajah b. Penjajahan Belanda - Kebangkitan Nasional - Sumpah Pemuda c. Penjajahan Jepang - Proses terbentuknya BPUPKI dan PPKI. - Proses pembahasan dan perumusan serta penetapan dasar falsafah negara oleh BPUPKI dan PPKI |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
6 |
|
Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
7 |
|
1. Pengertian Nilai Luhur 2. Asal usul Pancasila secara langsung dan tidak langsung. 3. Pancasila sebagai Ideologi Negara : a. Makna Ideologi Negara b. Perbandingan Pancasila dengan Ideologi yang lain. c. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka 4. Pancasila sebagai Dasar Negara |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
8 |
|
1. Pengertian Fislsafat secara Etimologis ditinjau dari segi pola pikir dan dari segi ilmu 2. Pengertian Pancasial sebagai sistem filsafat 3. Kesatuan sila – sila Pancasila sebagai sistem filsafat |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
1. Jenis – jenis implementasi 2. Implementasi Pancasila pada masa Orde Lama 3. Implementasi Pancasila pada masa Orde Baru 4. Gerakan Reformasi |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab | ||
10 |
|
1. Pancasila sebagai paradigrma reformasi hukum. 2. Pancasila sebagai paradigrma reformasi politik. 3. Pancasila sebagai paradigrma reformasi ekonomi. |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
11 |
|
1. Pengertian Konstitusi 2. UUD dan Konvensi 3. Kedudukan dan Fungsi UUD 1945 4. Sifat UUD 1945 dan makna setiap Alinea |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
12 |
|
1. Pembukaan UUD 1945 2. Pokok – pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 3. Hubungan Pokok Pikiran dengan Batang Tubuh UUD 1945 4. Tata Urutan Peraturan Perundangan - Tujuh sub sistem Pemerintahan |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
13 |
|
1. Hubungan antara negara dan warga negara 2. Hak Azasi Manusia berdasarkan UUD 1945 |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
|
14 |
|
1. Masa berlakunya UUD 1945 2. Konstitusi RIS 1949 3. UUDS 1950 4. Dekrit Presiden 5 Juli 1959 1. Dimungkinkannya adanya perubahan UUD 1945. 2. Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah adanya perubahan |
|
100.00 | 1. Menjawab pertanyaan 2. Membaca buku referensi 3. Diskusi dan tanya jawab |
|
PROGRAM STUDI PERPAJAKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pendidikan Pancasila | 240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. | ; Thursday 10:30:00-12:10:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2497 Dr. R ROSIYANA DEWI, Ak., M.Si., CAAT., CA., CGP Ketua |
240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (5.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.2 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.3 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas 2 (10.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz 2 (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: KONDITE SIKAP (10.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.3 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas 1 (10.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 6.00% | 6% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.4 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | 6.00% | 6% | ||||||
TOTAL | 30% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.1 | 7.50% | 7.5% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.2 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.2 | 4.50% | 4.5% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.3 | 7.50% | 7.5% | ||||||
TOTAL | 30% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||
M2 | M3 | M4 | M12 | M13 | M14 | M8 | M10 | M11 | M7 | M5 | M6 | |||||||
Komponen | UTS | UTS | Q1 | UAS | UAS | TG2 | Q2 | KS | UAS | UAS | UAS | UTS | TG1 | UTS | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.1 | 7.50% | 7.5% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.2 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.3 | 10.00% | 5.00% | 10.00% | 25% | ||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.2 | 4.50% | 4.5% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.3 | 7.50% | 7.5% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.4 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | 10.00% | 6.00% | 16% | |||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | 6.00% | 6% | ||||||||||||||
TOTAL | 6 | 6 | 5 | 7.5 | 6 | 10 | 5 | 10 | 4.5 | 4.5 | 7.5 | 6 | 10 | 6 | 6 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Q1 |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.1 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.2 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.3 | TG2 Q2 KS |
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.1 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.2 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.3 | UAS |
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.4 | UTS |
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | TG1 UTS |
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | UTS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS Performance Indicator: Problem No.1 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UTS Performance Indicator: Problem No.1 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UTS Performance Indicator: Problem No.2 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.4 | Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal NO.5 UTS Performance Indicator: Problem No.5 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.1 | Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-4 | S2.CPMK-4.2 | Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.1 | Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2.2 | Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.2 | Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS Performance Indicator: Problem No.2 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-3.3 | Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UTS Performance Indicator: Problem No.3 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UTS Performance Indicator: Problem No.4 UTS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.4 UAS Performance Indicator: Problem No.4 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.5 UAS Performance Indicator: Problem No.5 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.1 UAS Performance Indicator: Problem No.1 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.2 UAS Performance Indicator: Problem No.2 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Soal No.3 UAS Performance Indicator: Problem No.3 UAS |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1) |
2 | 20 | 5 | 8 | 77.14 |
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2) |
1 | 16 | 11 | 7 | 80.00 |
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-2.1 Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-2.2 Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-2.3 Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-3.2 Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-3.3 Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4) |
0 | 0 | 0 | 35 | 0.00 |
S2.CPMK-3.4 Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1) |
3 | 18 | 6 | 8 | 77.14 |
S2.CPMK-4.1 Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1) |
1 | 17 | 10 | 7 | 80.00 |
S2.CPMK-4.2 Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1) |
2 | 20 | 6 | 7 | 80.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila.(SubCPMK1.1) | |||||
UTS | 2 (5.71 %) | 20 (57.14 %) | 5 (14.29 %) | 8 (22.86 %) | 77.14 (220.40 %) |
Mahasiswa dapat memahami pengertian Pancasila dari berbagai sudut pandang secara ilmiah.(SubCPMK1.2) | |||||
UTS | 1 (2.86 %) | 16 (45.71 %) | 11 (31.43 %) | 7 (20.00 %) | 80 (228.57 %) |
Mahasiswa memahami asal usul Bangsa Indonesia yang pernah meraih kejayaan.(SubCPMK1.3) | |||||
Mahasiswa dapat memahami sistem pemerintahan berdasarkan UUD 1945 dan dapat menjelaskan sub – sub sistem pemerintahan negara beserta tugas dan fungsinya.(SubCPMK4.1) | |||||
Mahasiswa dapat memahami Hak – hak dan kewajiban warga negara Republik sebagai warga negara Indonesia.(SubCPMK4.2) | |||||
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dinamika UUD 1945 beserta dengan perubahannya.(SubCPMK4.3) | |||||
Mahasiswa dapat memahami Pancasila sebagai sistem filsafat.(SubCPMK3.2) | |||||
Mahasiswa diharapkan memahami nilai – nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan memahami bahwa reformasi harus memiliki dasar landasan serta sumber nilai yang jelas.(SubCPMK3.3) | |||||
Mahasiswa dapat memahami UUD 1945 secara umum tentang pengertian, sifat, isi dan hubungannya dengan Pancasila dan sistem pemerintahan berdasarkan UUD 45.(SubCPMK3.4) | |||||
Mahasiswa dapat memahami asal usul dan arti penting Pancasila bagi masyarakat Indonesia.(SubCPMK3.1) | |||||
UTS | 3 (8.57 %) | 18 (51.43 %) | 6 (17.14 %) | 8 (22.86 %) | 77.14 (220.40 %) |
Mahasiswa memahami betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan dan memahami bagaimana para pendiri negara RI merumuskan dasar, cita – cita dan tujuan negara.(SubCPMK2.1) | |||||
UTS | 1 (2.86 %) | 17 (48.57 %) | 10 (28.57 %) | 7 (20.00 %) | 80 (228.57 %) |
Mahasiswa Memahami Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara dan Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Batasan-batasan keterbukaan ideologi Pancasila (SubCPMK2.1) | |||||
UTS | 2 (5.71 %) | 20 (57.14 %) | 6 (17.14 %) | 7 (20.00 %) | 80 (228.57 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
S2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 024032401060 | VIRA ADI WINATA | 71.00 | 69.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 | 69.00 | 71.00 |
2 | 024032401061 | ANNUR ABDUL KAHFI HASYIM | 60.00 | 59.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 57.00 | 59.00 |
3 | 024032401062 | MUHAMMAD NAUFAL HAFIZH IZZUDDIN AMBUWARU | 55.00 | 57.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 51.00 | 57.00 | 53.00 |
4 | 024032401063 | FRIDHO ANGGARA MAULANA | 73.00 | 71.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 | 71.00 | 73.00 |
5 | 024032401064 | AURELIA PUTRIANA NDUHUNG | 69.00 | 67.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 67.00 | 67.00 | 69.00 |
6 | 024032401066 | ISMATUL MAULA | 77.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 79.00 | 75.00 | 76.00 |
7 | 024032401068 | DEBORA DIFFRENT DESTENY TUMENGKOL | 50.00 | 51.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 51.00 | 50.00 |
8 | 024032401069 | AISYAH SALSABILA | 73.00 | 71.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 | 71.00 | 73.00 |
9 | 024032401070 | IDRUS SALEH SUSANTO | 61.00 | 59.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 63.00 | 59.00 | 61.00 |
10 | 024032401071 | RAHMANIA NAZWA AZ ZAHRA | 60.00 | 57.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 63.00 | 59.00 | 61.00 |
11 | 024032401072 | VANIA PUTRI SABRINA | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 51.00 |
12 | 024032401073 | MOHAMAD FAHRI FAJAR ANSORI | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 51.00 |
13 | 024032401074 | RIFKY ARVIANTO | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 51.00 |
14 | 024032401075 | DESVIRA CHIKA ANANDA | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 51.00 |
15 | 024032401076 | IMELDA DYAH SEPTIANTY | 83.00 | 79.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 85.00 | 79.00 | 83.00 |
16 | 024032401078 | YOHANNA PAULINA SIRAIT | 79.00 | 77.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 83.00 | 77.00 | 81.00 |
17 | 024032401079 | LISTIA NUR APRILIA | 69.00 | 67.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 67.00 | 69.00 |
18 | 024032401080 | MARCELLA NAMORA MARPAUNG | 73.00 | 71.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 | 71.00 | 72.00 |
19 | 024032401081 | CALLISTA SALMA WANDIRA | 70.00 | 69.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 69.00 | 70.00 |
20 | 024032401082 | RANI MARWAFIRDA | 79.00 | 77.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 79.00 | 79.00 | 77.00 |
21 | 024032401083 | FACHRIZA RAYHAN PUTRANTO | 60.00 | 59.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 59.00 | 63.00 |
22 | 024032401084 | AQILA ZATA AUFA DZIKRILLAH | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 61.00 |
23 | 024032401085 | MARDIANSYAH | 71.00 | 69.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 | 69.00 | 71.00 |
24 | 024032401086 | DZAKI MAULANA | 73.00 | 71.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 | 71.00 | 73.00 |
25 | 024032401087 | MUHAMMAD BEGAWAN FIKRI | 61.00 | 59.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 63.00 | 59.00 | 61.00 |
26 | 024032401088 | SHINTA THALIA SALSABILA | 73.00 | 71.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 | 71.00 | 73.00 |
27 | 024032401089 | NAILLA NUR AMALIA | 71.00 | 69.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 | 69.00 | 71.00 |
28 | 024032401090 | ALISSA FATHIYAH | 70.00 | 67.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 69.00 | 70.00 |
29 | 024032401091 | SERLYNA KHAIRUNNISA | 71.00 | 69.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 | 69.00 | 70.00 |
30 | 024032401092 | RIDHA ANJANI WIJAYA | 77.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 79.00 | 75.00 | 77.00 |
31 | 024032401093 | MUHAMMAD RAFI SADDAM | 81.00 | 81.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 83.00 | 81.00 | 79.00 |
32 | 024032401094 | ANANDA TALITHA SANI | 77.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 79.00 | 75.00 | 77.00 |
33 | 024032401132 | SHAFA RAHMADINI MUBARAK | 50.00 | 49.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 53.00 | 49.00 | 50.00 |
34 | 024032401136 | ILA SAKILA | 69.00 | 67.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 67.00 | 69.00 |
35 | 024032404534 | MUHAMAD IQBAL JANUARTA | 69.00 | 67.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 67.00 | 69.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(240054 Drs. SOLICHIN WD, M.M.)