PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Computational Thinking |
Kode Mata Kuliah | : | IUC6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 07 |
Dosen | : | x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 39 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Computational Thinking |
KODE MATA KULIAH | : IUC6201 |
KELAS | : FTI07 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH COMPUTATIONAL THINKING Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IUC6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa menunjukkan sikap tekun dan sportif. |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana. |
P.1 | P1.CPMK-3 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
P.1 | P1.CPMK-4 | Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
P.1 | P1.CPMK-5 | Mahasiswa terampil memahami algoritma, serta representasi data. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUC6201 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUC6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Computational Thinking | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengenalan Computational Thinking | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab |
|
||
2 |
|
Komponen-komponen Computational Thinking. | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab |
|
||
3 |
|
Algorithmic thinking: Pseudocode dan Flowchart | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
4 |
|
Abstraksi dan Representasi Data | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
5 |
|
Algoritma Pencarian dan Pengurutan | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
6 |
|
Algoritma Penyandian | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
7 |
|
Inferensi Logika dan Pattern Recognition | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
8 |
|
Knapsack Problem | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
9 |
|
Shortest Path Problem | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
10 |
|
Activity Selection Problem. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
11 |
|
Penjadwalan Bebas Konflik / Pewarnaan Graf | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
12 |
|
Finite State Machine | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
13 |
|
Kompresi Data dan Huffman Encoding | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
14 |
|
Regresi Linier Sederhana | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
![]() |
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Computational Thinking | x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ; Friday 07:30:00-09:10:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 10% |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | 1.00% | 2.00% | 3% | |||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 7% |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 11% | ||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | ||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 32% |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 2.00% | 2.00% | 25% | ||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 1 | 1 | 3 | 3 | 90 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | UTS TIND UTS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi yang logis serta terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning with logical arguments. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi yang logis serta terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning with logical arguments. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat secara kreatif merancang dan mengimplementasikan algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah. Performance Indicator: Students can creatively design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocode to solve a variety of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 1 | 2.56 |
B+ | 1 | 2.56 |
B | 11 | 28.21 |
B- | 2 | 5.13 |
C+ | 4 | 10.26 |
C | 13 | 33.33 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. |
0 | 5 | 5 | 6 | 62.50 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. |
0 | 4 | 5 | 7 | 56.25 |
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. |
0 | 4 | 5 | 7 | 56.25 |
P1.CPMK-4.1 Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. |
0 | 5 | 10 | 1 | 93.75 |
P1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
0 | 5 | 10 | 1 | 93.75 |
P1.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. |
0 | 5 | 10 | 1 | 93.75 |
P1.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. |
0 | 5 | 10 | 1 | 93.75 |
P1.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. |
0 | 5 | 10 | 1 | 93.75 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (6.25 %) | 15 (93.75 %) | 6.25 (39.06 %) |
Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. | |||||
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (6.25 %) | 15 (93.75 %) | 6.25 (39.06 %) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. | |||||
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (6.25 %) | 15 (93.75 %) | 6.25 (39.06 %) |
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | |||||
UTS | 0 | 0 | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 31.25 (195.31 %) |
TIND | 5 (31.25 %) | 11 (68.75 %) | 0 | 0 | 100 (625.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002400044 | MUHAMMAD RIZKI RAMDANI | 51.73 | 38.00 | 38.00 | 60.71 | 62.50 | 58.33 | 62.50 | 62.50 |
2 | 065002400045 | ALZIDAN RADITYA PRANATA | 57.15 | 54.00 | 54.00 | 58.57 | 60.00 | 56.67 | 60.00 | 60.00 |
3 | 065002400046 | SONIA MAULA ISMAIL | 73.18 | 70.50 | 70.50 | 73.71 | 76.00 | 70.67 | 76.00 | 76.00 |
4 | 065002400047 | ANANG SAPUTRA | 62.58 | 60.00 | 60.00 | 63.57 | 65.00 | 61.67 | 65.00 | 65.00 |
5 | 065002400049 | SARAH SHEILA MAZAYYA | 72.00 | 69.00 | 69.00 | 72.86 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 |
6 | 065002400050 | GHANDUR HANAN ANARGYA | 61.27 | 60.50 | 60.50 | 60.71 | 62.50 | 58.33 | 62.50 | 62.50 |
7 | 065002400051 | CANNIA FARA HERMANSYAH | 69.79 | 67.00 | 67.00 | 70.71 | 72.50 | 68.33 | 72.50 | 72.50 |
8 | 065002400052 | OLIVIA EGLA MANESA SIHALOHO | 72.03 | 70.50 | 70.50 | 71.71 | 74.00 | 68.67 | 74.00 | 74.00 |
9 | 065002400053 | SHAFA AGUSTYA PUTRI PRACAYA | 72.67 | 72.50 | 72.50 | 71.57 | 73.50 | 69.00 | 73.50 | 73.50 |
10 | 065002400054 | FARIS NAUFALINTO | 53.24 | 38.00 | 38.00 | 63.57 | 65.00 | 61.67 | 65.00 | 65.00 |
11 | 065002400055 | M. GIBRAN EL NAZIR ADAM | 51.73 | 38.00 | 38.00 | 60.71 | 62.50 | 58.33 | 62.50 | 62.50 |
12 | 065002400057 | ADE NAUFAL FATHUDIN | 51.73 | 38.00 | 38.00 | 60.71 | 62.50 | 58.33 | 62.50 | 62.50 |
13 | 065002400058 | RAFLI YUSUF ALDANI | 63.64 | 62.50 | 62.50 | 63.57 | 65.00 | 61.67 | 65.00 | 65.00 |
14 | 065002400060 | FAJAR JAMAL ARIFIN | 60.61 | 60.00 | 60.00 | 60.29 | 61.50 | 58.67 | 61.50 | 61.50 |
15 | 065002400061 | ABDURROCHMAN RAIS ADANI | 34.45 | 35.50 | 35.50 | 30.57 | 35.50 | 24.00 | 35.50 | 35.50 |
16 | 065002400062 | JOSUA FERNANDO B. MANALU | 49.30 | 35.50 | 35.50 | 58.57 | 60.00 | 56.67 | 60.00 | 60.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(x99951 Yunia Ningsih, S.T.)