PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Computational Thinking |
Kode Mata Kuliah | : | IUC6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 07 |
Dosen | : | x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 39 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Computational Thinking |
KODE MATA KULIAH | : IUC6201 |
KELAS | : FTI07 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : x99951 Yunia Ningsih, S.T. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH COMPUTATIONAL THINKING Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IUC6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa menunjukkan sikap tekun dan sportif. |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana. |
P.1 | P1.CPMK-3 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
P.1 | P1.CPMK-4 | Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
P.1 | P1.CPMK-5 | Mahasiswa terampil memahami algoritma, serta representasi data. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUC6201 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUC6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Computational Thinking | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengenalan Computational Thinking | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab |
|
||
2 |
|
Komponen-komponen Computational Thinking. | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab |
|
||
3 |
|
Algorithmic thinking: Pseudocode dan Flowchart | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
4 |
|
Abstraksi dan Representasi Data | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
5 |
|
Algoritma Pencarian dan Pengurutan | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
6 |
|
Algoritma Penyandian | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
7 |
|
Inferensi Logika dan Pattern Recognition | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
8 |
|
Knapsack Problem | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
9 |
|
Shortest Path Problem | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
10 |
|
Activity Selection Problem. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
11 |
|
Penjadwalan Bebas Konflik / Pewarnaan Graf | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
12 |
|
Finite State Machine | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
13 |
|
Kompresi Data dan Huffman Encoding | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
14 |
|
Regresi Linier Sederhana | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Computational Thinking | x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ; Friday 07:30:00-09:10:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
x99951 Yunia Ningsih, S.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 10% |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | 1.00% | 2.00% | 3% | |||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 7% |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 11% | ||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | ||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 32% |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 2.00% | 2.00% | 25% | ||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 1 | 1 | 3 | 3 | 90 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UTS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | UTS TIND UTS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi yang logis serta terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning with logical arguments. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi yang logis serta terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning with logical arguments. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat secara kreatif merancang dan mengimplementasikan algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah. Performance Indicator: Students can creatively design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocode to solve a variety of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.3 | Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve various types of problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah komputasional dan memilih serta meneraptkan algoritma yang tepat untuk mendapatkan solusi. Performance Indicator: Students can analyze a computational problem and select then apply appropriate algorithms to get a solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Mahasiswa mampu merancang algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas mandiri secara mandiri, tepat waktu, dan jujur, serta menunjukkan sikap sportif dan tekun dalam menerima hasil penilaian. Performance Indicator: Students demonstrate the ability to work independently, completing assignments on time and with academic integrity. They exhibit a growth mindset by accepting feedback constructively and persevering in their studies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-4.1 Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
P1.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. |
0 | 0 | 0 | 16 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mengerjakan tugas dengan baik. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu melakukan analisis data sederhana menggunakan regresi linier. | |||||
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan beberapa masalah optimasi menggunakan algoritma yang tepat. | |||||
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah Berpikir Komputasional terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
TIND | 0 | 0 | 0 | 16 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002400044 | MUHAMMAD RIZKI RAMDANI | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
2 | 065002400045 | ALZIDAN RADITYA PRANATA | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
3 | 065002400046 | SONIA MAULA ISMAIL | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
4 | 065002400047 | ANANG SAPUTRA | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
5 | 065002400049 | SARAH SHEILA MAZAYYA | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
6 | 065002400050 | GHANDUR HANAN ANARGYA | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
7 | 065002400051 | CANNIA FARA HERMANSYAH | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
8 | 065002400052 | OLIVIA EGLA MANESA SIHALOHO | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
9 | 065002400053 | SHAFA AGUSTYA PUTRI PRACAYA | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
10 | 065002400054 | FARIS NAUFALINTO | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
11 | 065002400055 | M. GIBRAN EL NAZIR ADAM | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
12 | 065002400057 | ADE NAUFAL FATHUDIN | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
13 | 065002400058 | RAFLI YUSUF ALDANI | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
14 | 065002400060 | FAJAR JAMAL ARIFIN | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
15 | 065002400061 | ABDURROCHMAN RAIS ADANI | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
16 | 065002400062 | JOSUA FERNANDO B. MANALU | 30.77 | 25.00 | 25.00 | 33.57 | 32.50 | 35.00 | 32.50 | 32.50 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(x99951 Yunia Ningsih, S.T.)