PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Computational Thinking |
Kode Mata Kuliah | : | IUC6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 36 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Computational Thinking |
KODE MATA KULIAH | : IUC6201 |
KELAS | : FTI01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH COMPUTATIONAL THINKING Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IUC6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa terampil memahami algoritma, serta representasi data. |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana. |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUC6201 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUC6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Computational Thinking | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengenalan Computational Thinking | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab. |
|
||
2 |
|
Komponen-komponen Computational Thinking | 100.00 | Diskusi dan Tanya jawab. |
|
||
3 |
|
Algorithmic Thinking, Flowchart, Pseudocode. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus. |
|
||
4 |
|
Abstraksi dan representasi data. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus. |
|
||
5 |
|
Algoritma pencarian dan pengurutan. | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
6 |
|
Algoritma penyandian. | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
7 |
|
Inferensi Logika dan Pattern Recognition. | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
8 |
|
Knapsack Problem. | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
9 |
|
Shortest Path Problem. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
10 |
|
Activity Selection (Penjadwalan Berselang). | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
11 |
|
Non-conflict Scheduling (Graph Coloring). | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
12 |
|
Finite State Machine. | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
||
13 |
|
Huffman Encoding | 100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
||
14 |
|
Regresi Linier Sederhana | 100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Computational Thinking | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Friday 07:30:00-09:10:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 2.00% | 4.00% | 6% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 21% | |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||
M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | M1 | M2 | M3 | ||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 14% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 2.00% | 1.00% | 4.00% | 4.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 45% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 12% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | UTS TIND UTS TIND |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | UTS TIND UTS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | UTS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Students can design algorithms to solve problems using flowcharts and pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
0 | 0 | 0 | 36 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah | |||||
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. | |||||
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300016 | FERNANDO JUNIOR AUPARAY | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 064002000020 | IRLOV MUHAMMAD SJAHRIR | 1.68 | 1.68 | 1.68 | 0.00 | 0.00 | 1.68 | 1.68 |
3 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 2.98 | 2.98 | 2.98 | 0.00 | 0.00 | 2.98 | 2.98 |
4 | 064102400001 | JORDANE FEBBY CHYRELLE ADRIAN SYARIEF | 5.25 | 5.25 | 5.25 | 0.00 | 0.00 | 5.25 | 5.25 |
5 | 064102400002 | AHMAD ARDIANSYAH | 2.61 | 2.61 | 2.61 | 0.00 | 0.00 | 2.61 | 2.61 |
6 | 064102400003 | ADITYA MAULANA MUKARDI | 4.92 | 4.92 | 4.92 | 0.00 | 0.00 | 4.92 | 4.92 |
7 | 064102400004 | TEUKU RAZIQA | 2.46 | 2.46 | 2.46 | 0.00 | 0.00 | 2.46 | 2.46 |
8 | 064102400005 | DIDI ANDRIANSYAH | 4.65 | 4.65 | 4.65 | 0.00 | 0.00 | 4.65 | 4.65 |
9 | 064102400006 | GARDA YUDHA WICAKSANA | 4.44 | 4.44 | 4.44 | 0.00 | 0.00 | 4.44 | 4.44 |
10 | 064102400007 | HANA ZALFA AZIZAH | 2.14 | 2.14 | 2.14 | 0.00 | 0.00 | 2.14 | 2.14 |
11 | 064102400008 | MUHAMMAD ELVIANSYAH | 5.06 | 5.06 | 5.06 | 0.00 | 0.00 | 5.06 | 5.06 |
12 | 064102400009 | SATRIA PUTRA PRIYATAMA | 3.99 | 3.99 | 3.99 | 0.00 | 0.00 | 3.99 | 3.99 |
13 | 064102400010 | MUHAMMAD FADHIL RAMADHAN | 4.32 | 4.32 | 4.32 | 0.00 | 0.00 | 4.32 | 4.32 |
14 | 064102400011 | ARIF SUPRIYANTO | 4.77 | 4.77 | 4.77 | 0.00 | 0.00 | 4.77 | 4.77 |
15 | 064102400012 | CHAISYA NAILA KIRANI | 5.06 | 5.06 | 5.06 | 0.00 | 0.00 | 5.06 | 5.06 |
16 | 064102400013 | JONATHAN BOB DYLAN MONGISIDI | 4.77 | 4.77 | 4.77 | 0.00 | 0.00 | 4.77 | 4.77 |
17 | 064102400014 | AGNAR RAKA BASKARA | 5.15 | 5.15 | 5.15 | 0.00 | 0.00 | 5.15 | 5.15 |
18 | 064102400015 | KAHFI ALAM FERRY | 4.58 | 4.58 | 4.58 | 0.00 | 0.00 | 4.58 | 4.58 |
19 | 064102400016 | MUHAMMAD FAIQ HAMZAH | 2.96 | 2.96 | 2.96 | 0.00 | 0.00 | 2.96 | 2.96 |
20 | 064102400017 | MUHAMMAD ZUFAR RASYAD | 4.77 | 4.77 | 4.77 | 0.00 | 0.00 | 4.77 | 4.77 |
21 | 064102400018 | STEVEN RAJA PARDAMEAN MANULLANG | 4.41 | 4.41 | 4.41 | 0.00 | 0.00 | 4.41 | 4.41 |
22 | 064102400019 | AHMAD IBNU BATUTAH | 4.08 | 4.08 | 4.08 | 0.00 | 0.00 | 4.08 | 4.08 |
23 | 064102400020 | MUHAMMAD RIZKI | 5.06 | 5.06 | 5.06 | 0.00 | 0.00 | 5.06 | 5.06 |
24 | 064102400021 | PUTRA FERDIANSYAH RACHMAN | 4.33 | 4.33 | 4.33 | 0.00 | 0.00 | 4.33 | 4.33 |
25 | 064102400022 | DANIEL JEFFERSON | 3.21 | 3.21 | 3.21 | 0.00 | 0.00 | 3.21 | 3.21 |
26 | 064102400023 | MUHAMMAD DAFFA ALVIANSYAH | 4.68 | 4.68 | 4.68 | 0.00 | 0.00 | 4.68 | 4.68 |
27 | 064102400024 | AINI RIHHADATUL AISY | 5.20 | 5.20 | 5.20 | 0.00 | 0.00 | 5.20 | 5.20 |
28 | 064102400025 | NINO SEBASTIANO EMERLINE NAPITUPULU | 2.92 | 2.92 | 2.92 | 0.00 | 0.00 | 2.92 | 2.92 |
29 | 064102400026 | ZULFAQIH ASHAR HASAN | 4.32 | 4.32 | 4.32 | 0.00 | 0.00 | 4.32 | 4.32 |
30 | 064102400027 | ACHMAD KURNIAWAN | 5.20 | 5.20 | 5.20 | 0.00 | 0.00 | 5.20 | 5.20 |
31 | 064102400028 | ROBIN FELIX HAMA | 4.61 | 4.61 | 4.61 | 0.00 | 0.00 | 4.61 | 4.61 |
32 | 064102400029 | RIO SAPUTRO UTOMO | 3.94 | 3.94 | 3.94 | 0.00 | 0.00 | 3.94 | 3.94 |
33 | 064102400030 | DWI ARBI NUGROHO | 4.96 | 4.96 | 4.96 | 0.00 | 0.00 | 4.96 | 4.96 |
34 | 064102400031 | RIZAL GUSTI WIRAWAN | 4.87 | 4.87 | 4.87 | 0.00 | 0.00 | 4.87 | 4.87 |
35 | 064102400032 | DIMAS ALIP PRIYONO | 4.92 | 4.92 | 4.92 | 0.00 | 0.00 | 4.92 | 4.92 |
36 | 064102400044 | JUAN CARLOS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)