PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Computational Thinking |
Kode Mata Kuliah | : | IUC6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 36 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Computational Thinking |
KODE MATA KULIAH | : IUC6201 |
KELAS | : FTI01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH COMPUTATIONAL THINKING Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IUC6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa terampil memahami algoritma, serta representasi data. |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah. |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana. |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUC6201 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUC6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Computational Thinking | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengenalan Computational Thinking |
|
100.00 | Diskusi dan Tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Komponen-komponen Computational Thinking |
|
100.00 | Diskusi dan Tanya jawab. |
|
|
3 |
|
Algorithmic Thinking, Flowchart, Pseudocode. |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus. |
|
|
4 |
|
Abstraksi dan representasi data. |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus. |
|
|
5 |
|
Algoritma pencarian dan pengurutan. |
|
100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
|
6 |
|
Algoritma penyandian. |
|
100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
|
7 |
|
Inferensi Logika dan Pattern Recognition. |
|
100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
|
8 |
|
Knapsack Problem. |
|
100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
|
9 |
|
Shortest Path Problem. |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
|
10 |
|
Activity Selection (Penjadwalan Berselang). |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
|
11 |
|
Non-conflict Scheduling (Graph Coloring). |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
|
12 |
|
Finite State Machine. |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
|
13 |
|
Huffman Encoding |
|
100.00 | Diskusi dan Hands-on |
|
|
14 |
|
Regresi Linier Sederhana |
|
100.00 | Diskusi dan Studi kasus |
|
![]() |
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Computational Thinking | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Friday 07:30:00-09:10:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 2.00% | 4.00% | 6% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 21% | |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||
M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | M1 | M2 | M3 | ||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | UTS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 14% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 2.00% | 1.00% | 4.00% | 4.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 45% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 12% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS TIND UTS TIND |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | UTS TIND UTS TIND |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | UTS TIND UTS TIND |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | UTS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Students can design algorithms to solve problems using flowcharts and pseudocode. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 1 | 2.78 |
B+ | 4 | 11.11 |
B | 11 | 30.56 |
B- | 7 | 19.44 |
C+ | 4 | 11.11 |
C | 3 | 8.33 |
D | 2 | 5.56 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. |
24 | 7 | 1 | 4 | 88.89 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah. | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional. | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data. | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana. | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode. | |||||
TIND | 24 (66.67 %) | 7 (19.44 %) | 1 (2.78 %) | 4 (11.11 %) | 88.89 (246.92 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300016 | FERNANDO JUNIOR AUPARAY | 22.00 | 22.00 | 22.00 | 22.00 | 22.00 | 22.00 | 22.00 |
2 | 064002000020 | IRLOV MUHAMMAD SJAHRIR | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
3 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
4 | 064102400001 | JORDANE FEBBY CHYRELLE ADRIAN SYARIEF | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
5 | 064102400002 | AHMAD ARDIANSYAH | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
6 | 064102400003 | ADITYA MAULANA MUKARDI | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 |
7 | 064102400004 | TEUKU RAZIQA | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 |
8 | 064102400005 | DIDI ANDRIANSYAH | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 |
9 | 064102400006 | GARDA YUDHA WICAKSANA | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 |
10 | 064102400007 | HANA ZALFA AZIZAH | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 |
11 | 064102400008 | MUHAMMAD ELVIANSYAH | 89.00 | 89.00 | 89.00 | 89.00 | 89.00 | 89.00 | 89.00 |
12 | 064102400009 | SATRIA PUTRA PRIYATAMA | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 |
13 | 064102400010 | MUHAMMAD FADHIL RAMADHAN | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
14 | 064102400011 | ARIF SUPRIYANTO | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
15 | 064102400012 | CHAISYA NAILA KIRANI | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
16 | 064102400013 | JONATHAN BOB DYLAN MONGISIDI | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 |
17 | 064102400014 | AGNAR RAKA BASKARA | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
18 | 064102400015 | KAHFI ALAM FERRY | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 |
19 | 064102400016 | MUHAMMAD FAIQ HAMZAH | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 |
20 | 064102400017 | MUHAMMAD ZUFAR RASYAD | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 |
21 | 064102400018 | STEVEN RAJA PARDAMEAN MANULLANG | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 |
22 | 064102400019 | AHMAD IBNU BATUTAH | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 | 84.00 |
23 | 064102400020 | MUHAMMAD RIZKI | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
24 | 064102400021 | PUTRA FERDIANSYAH RACHMAN | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
25 | 064102400022 | DANIEL JEFFERSON | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 |
26 | 064102400023 | MUHAMMAD DAFFA ALVIANSYAH | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 |
27 | 064102400024 | AINI RIHHADATUL AISY | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 |
28 | 064102400025 | NINO SEBASTIANO EMERLINE NAPITUPULU | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
29 | 064102400026 | ZULFAQIH ASHAR HASAN | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 |
30 | 064102400027 | ACHMAD KURNIAWAN | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
31 | 064102400028 | ROBIN FELIX HAMA | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 | 87.00 |
32 | 064102400029 | RIO SAPUTRO UTOMO | 27.00 | 27.00 | 27.00 | 27.00 | 27.00 | 27.00 | 27.00 |
33 | 064102400030 | DWI ARBI NUGROHO | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 | 88.00 |
34 | 064102400031 | RIZAL GUSTI WIRAWAN | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 |
35 | 064102400032 | DIMAS ALIP PRIYONO | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 | 81.00 |
36 | 064102400044 | JUAN CARLOS | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)