EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.1
P1.CPMK-1
Mahasiswa terampil memahami algoritma, serta representasi data.
KU.1
KU1.CPMK-2
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah.
KU.2
KU2.CPMK-3
Mahasiswa mampu menerapkan analisis data sederhana.
KU.2
KU2.CPMK-4
Mahasiswa memahami konsep dasar Computational Thinking dan mampu mengembangkan sikap berpikir terbuka untuk menerapkan berbagai teknik pemecahan masalah dalam bidang ilmu masing-masing.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah.
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
KU.1
KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana.
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUC6201
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IUC6201 SKS : 2.00
Mata Kuliah : Computational Thinking
Dosen :
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
Pengenalan Computational Thinking
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Tanya jawab.
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
Komponen-komponen Computational Thinking
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Tanya jawab.
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
Algorithmic Thinking, Flowchart, Pseudocode.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus.
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah.
Abstraksi dan representasi data.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus.
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
Algoritma pencarian dan pengurutan.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Hands-on
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
Algoritma penyandian.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Hands-on
Tugas Individu - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
Inferensi Logika dan Pattern Recognition.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Hands-on
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
8
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Knapsack Problem.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Hands-on
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Shortest Path Problem.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Activity Selection (Penjadwalan Berselang).
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Non-conflict Scheduling (Graph Coloring).
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
12
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Finite State Machine.
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Huffman Encoding
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Hands-on
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana.
Regresi Linier Sederhana
Pemecahan Masalah
100.00
Diskusi dan Studi kasus
Tugas Individu - 4.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Computational Thinking
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
; Friday 07:30:00-09:10:00
Status
Visi dan Misi
:
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (2.00%)
LOW
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (3.00%)
LOW
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (4.00%)
HEIGHT
KU.1
KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (4.00%)
HEIGHT
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (4.00%)
HEIGHT
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (3.00%)
HEIGHT
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.2
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (3.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
2.00%
2%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
4.00%
4.00%
8%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
2.00%
4.00%
6%
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
3.00%
3.00%
6%
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.2
3.00%
3%
TOTAL
25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
KU.1
KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1
3.00%
3.00%
3.00%
4.00%
4.00%
4.00%
21%
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
4.00%
4%
TOTAL
25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
TOTAL
0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
TOTAL
0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi
Minggu Ke -
TOTAL
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
M1
M2
M3
Komponen
UTS
TIND
UTS
TIND
UTS
TIND
UTS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UAS
TIND
UTS
TIND
UTS
TIND
UTS
TIND
CPL
CPMK
Sub CPMK
A1
A2
A3
A4
A5
A6
A7
A8
A9
A10
A11
A12
A13
A14
A15
A16
A17
A18
A19
A20
A21
A22
A23
A24
A25
A26
A27
A28
Bobot
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
2.00%
2.00%
4%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
4.00%
3.00%
4.00%
3.00%
14%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
2.00%
1.00%
4.00%
4.00%
11%
KU.1
KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1
3.00%
4.00%
3.00%
4.00%
3.00%
4.00%
4.00%
4.00%
4.00%
4.00%
4.00%
4.00%
45%
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
4.00%
4.00%
8%
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
3.00%
3.00%
3.00%
3.00%
12%
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.2
3.00%
3.00%
6%
TOTAL
4
3
4
3
4
3
4
4
3
4
3
4
3
4
4
4
4
4
4
4
4
4
3
3
3
3
3
3
100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat memilih representasi data yang tepat untuk memecahkan masalah. Performance Indicator: Students can choose the right data representation to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganlisis sebuah masalah komputasional dan memilih serta menerapkan algoritma yang tepat. Performance Indicator: Students can analyze a problem and select then apply appropriate algorithms.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk menyelesaikan masalah menggunakan flowchart dan pseudocode. Performance Indicator: Students can design algorithms to solve problems using flowcharts and pseudocode.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
KU.1
KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis suatu masalah menggunakan prinsip-prinsip Computational Thinking dan menyajikan solusi secara logis dan terstruktur. Performance Indicator: Students can articulate a clear and concise solution to a given problem by applying computational thinking principles, supporting their reasoning systematically and logically.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasikan algoritma dalam bentuk flowchart dan psedocode untuk menyelesaikan masalah. Performance Indicator: Students can design and implement simple algorithms using flowcharts and pseudocodes to solve problems.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menganalisis masalah optimasi sederhana, memilih algoritma yang sesuai, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Performance Indicator: Students can analyze simple optimization problems, select appropriate algorithms, and evaluate the obtained solution.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis regresi linier untuk menarik kesimpulan yang relevan. Performance Indicator: Students can interpret the results of linear regression analysis to draw relevant conclusions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
0
0.00
A-
1
2.78
B+
4
11.11
B
11
30.56
B-
7
19.44
C+
4
11.11
C
3
8.33
D
2
5.56
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah.
24
7
1
4
88.89
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
24
7
1
4
88.89
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
24
7
1
4
88.89
KU1.CPMK-2.1
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
24
7
1
4
88.89
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana.
24
7
1
4
88.89
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
24
7
1
4
88.89
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
24
7
1
4
88.89
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu memilih representasi data yang tepat untuk berbagai jenis masalah.
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa mampu menerapkan beberapa algoritma sederhana untuk menyelesaikan masalah komputasional.
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa melakukan inferensi logika, mengenali pola dalam data, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data.
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa memahami komponen-komponen dalam memecahkan masalah, meliputi abstraksi, imitasi pola, berpikir algoritmik, dan dekomposisi masalah
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa melakukan analisis data sederhana.
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa menerapkan teknik pemecahan masalah secara computational thinking terhadap masalah-masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang ilmu masing-masing
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Mahasiswa mampu merancang algoritma sederhana menggunakan flowchart dan pseudocode.
TIND
24 (66.67 %)
7 (19.44 %)
1 (2.78 %)
4 (11.11 %)
88.89 (246.92 %)
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00
1
064002300016
FERNANDO JUNIOR AUPARAY
22.00
22.00
22.00
22.00
22.00
22.00
22.00
2
064002000020
IRLOV MUHAMMAD SJAHRIR
56.00
56.00
56.00
56.00
56.00
56.00
56.00
3
064002300037
NAUFAL FAWWAZ
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
4
064102400001
JORDANE FEBBY CHYRELLE ADRIAN SYARIEF
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
5
064102400002
AHMAD ARDIANSYAH
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
6
064102400003
ADITYA MAULANA MUKARDI
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
7
064102400004
TEUKU RAZIQA
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
8
064102400005
DIDI ANDRIANSYAH
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
9
064102400006
GARDA YUDHA WICAKSANA
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
10
064102400007
HANA ZALFA AZIZAH
69.00
69.00
69.00
69.00
69.00
69.00
69.00
11
064102400008
MUHAMMAD ELVIANSYAH
89.00
89.00
89.00
89.00
89.00
89.00
89.00
12
064102400009
SATRIA PUTRA PRIYATAMA
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
13
064102400010
MUHAMMAD FADHIL RAMADHAN
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
14
064102400011
ARIF SUPRIYANTO
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
15
064102400012
CHAISYA NAILA KIRANI
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
16
064102400013
JONATHAN BOB DYLAN MONGISIDI
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
77.00
17
064102400014
AGNAR RAKA BASKARA
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
18
064102400015
KAHFI ALAM FERRY
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
83.00
19
064102400016
MUHAMMAD FAIQ HAMZAH
72.00
72.00
72.00
72.00
72.00
72.00
72.00
20
064102400017
MUHAMMAD ZUFAR RASYAD
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
21
064102400018
STEVEN RAJA PARDAMEAN MANULLANG
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
54.00
22
064102400019
AHMAD IBNU BATUTAH
84.00
84.00
84.00
84.00
84.00
84.00
84.00
23
064102400020
MUHAMMAD RIZKI
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
24
064102400021
PUTRA FERDIANSYAH RACHMAN
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
25
064102400022
DANIEL JEFFERSON
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
26
064102400023
MUHAMMAD DAFFA ALVIANSYAH
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
27
064102400024
AINI RIHHADATUL AISY
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
28
064102400025
NINO SEBASTIANO EMERLINE NAPITUPULU
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
75.00
29
064102400026
ZULFAQIH ASHAR HASAN
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
30
064102400027
ACHMAD KURNIAWAN
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
90.00
31
064102400028
ROBIN FELIX HAMA
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
87.00
32
064102400029
RIO SAPUTRO UTOMO
27.00
27.00
27.00
27.00
27.00
27.00
27.00
33
064102400030
DWI ARBI NUGROHO
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
88.00
34
064102400031
RIZAL GUSTI WIRAWAN
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
86.00
35
064102400032
DIMAS ALIP PRIYONO
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
81.00
36
064102400044
JUAN CARLOS
71.00
71.00
71.00
71.00
71.00
71.00
71.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)
Upload Evidences
Please enter your password in order to view the encrypted portofolio pdf