PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
Kode Mata Kuliah | : | MFU6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 03 |
Dosen | : | 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 18 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK GEOLOGI
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) |
KODE MATA KULIAH | : MFU6201 |
KELAS | : TG-C |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE) Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi TEKNIK GEOLOGI Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
||
Kode: MFU6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2959 Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki komitmen terhadap tanggung jawab profesi, etika profesi bagi kepentingan masyarakat bangsa dan negara yang bertrikrama Trisakti |
S.2 | Mampu bersikap mandiri dan bekerjasama dalam tim, lintas didsiplin dan budaya serta memiliki jiwa kewirausahaan |
P.1 | Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa |
P.2 | Menguasai pengetahuan tentang teknologi Informasi dan perkembangan IPTEKS terkini di bidang kebumian |
P.3 | Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya yang relevan |
KU.1 | Mampu mendokumentasikan, mengkomunikasikan ide dan pemikiran logis secara tertulis maupun lisan secara efektif dengan menghindari plagiarisme |
KU.2 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran diri sepanjang hayat |
KU.3 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menyelesaikan permasalahan keteknikan dan melakukan evaluasi kinerja |
KK.1 | Mampu menerapkan pengetahuan dasar Matematika, IPA dan Kebumian serta Teknologi Informasi dalam memahami prinsip keteknikan serta menyelesaikan permasalahan Geologi |
KK.2 | Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis data secara terintegrasi berdasarkan pendekatan eksperimental dan/atau lapangan untuk memberikan rekomendasi terhadap penyelesaian masalah rekayasa geologi |
KK.3 | Mampu merencanakan, mendesain komponen, menyelesaikan, mengevaluasi, serta memberikan saran atau solusi terhadap permasalahan rekayasa geologi sesuai dengan batasan yang ada |
KK.4 | Mampu menerapkan metode dan perangkat geologi yang tepat dalam menganalisis dan menyelesaikan permasalahan geologi, terkait sumber daya, bencana geologi, dan geologi perkotaan |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa |
P.3 | Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya yang relevan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa) |
P.3 | P3.CPMK-2 | Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6201 |
Program Studi : TEKNIK GEOLOGI | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MFU6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
1. Pendahuluan (Penjelasan tentang: Visi Misi Usakti, FTKE, dan Prodi) 2. Penjelasan tentang: Rencana Pembelajaran Per-minggu RPP); Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Tata tertib perkuliahan dan peraturan di USAKTI, dan sistem penilaian, pustaka/ referensi yang digunakan) 3. Menunjuk salah seorang mahasiswa peserta mata kuliah tersebut sebagai ketua kelas. 4. Materi Kuliah tentang Pengantar PTKE |
|
100.00 | Mendengar materi awal dan diskusi | ||
2 |
|
Pendahuluan (Kebumian Alam sekitar, Geologi untuk Perubahan, Energi untuk Pembangunan) |
|
100.00 | Menyimak kuliah, Diskusi. Tugas.1: Tentang konsep sumber daya energi | ||
3 |
|
Pengantar tentang teknik perminyakan (PTP), Teknologi Energi Migas saat ini dan dan masa mendatang |
|
100.00 | Cermah dan diskusi. Membahas Tugas-1 |
|
|
4 |
|
Teknologi dan Industri Energi Air |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. | ||
5 |
|
Pengantar dan sejarah kegiatan pertambangan |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. Membahas Tugas 2 |
|
|
6 |
|
Teknologi Perkembangan Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. Tugas 3: Sumber daya energi baru dan terbarukan |
|
|
7 |
|
Teknologi Industri Energi Panasbumi (Geothermal). |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi |
|
|
8 |
|
Ujian Tengah Semester (bahan ujian, pertemuan 1 – 7) |
|
90.00 | Mengerjakan soal UTS | ||
9 |
|
Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. Tugas 4: Energi non konvensional fosil |
|
|
10 |
|
Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi, Bencana dan Pengelolaan Lingkungan |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi |
|
|
11 |
|
Karakteristik kegiatan pertambangan |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. | ||
12 |
|
Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI) |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. | ||
13 |
|
Tantangan Global dan Energi masa mendatang |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi. Tugas 5: Tantangan global dan energi masa depan |
|
|
14 |
|
Kuliah Umum Tentang PTKE dari Industri/Pemerintah. Serba serbi Dunia Kerja dan Dunia Industri |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi Membahas Tugas 6 |
|
|
15 |
|
Energi alternatif (Rare earth element, Lithium) |
|
100.00 | Ceramah dan diskusi | ||
16 |
|
Ujian Akhir Semester (Bahan ujian pertemuan 9 – 15) |
|
90.00 | Mengerjakan soal UAS |
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) | 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. | ; Thursday 10:00:00-11:50:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2959 Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T. Ketua |
3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas 1 (7.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (10.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (7.50%) |
HEIGHT | P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%) |
HEIGHT | P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas 5 (7.50%) |
HEIGHT | P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (10.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas 6 (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 7.50% | 7.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 10.00% | 10% | ||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | 7.50% | 7.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 7.50% | 7.5% | ||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | 7.50% | 7.5% | ||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | 10.00% | 10% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||
M3 | M6 | M9 | M5 | M13 | M14 | ||||||||||
Komponen | TUTS | TG1 | TUTS | TG3 | TUAS | TG4 | TUTS | TG2 | TUAS | TG5 | TUAS | TG6 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 7.50% | 7.50% | 15% | ||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 10.00% | 10.00% | 20% | ||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | 7.50% | 7.50% | 15% | ||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | 7.50% | 7.50% | 15% | ||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | 7.50% | 7.50% | 15% | ||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | 10.00% | 10.00% | 20% | ||||||||||
TOTAL | 7.5 | 7.5 | 10 | 10 | 7.5 | 7.5 | 7.5 | 7.5 | 7.5 | 7.5 | 10 | 10 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | TUTS TG1 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | TUTS TG3 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | TUAS TG4 |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | TUTS TG2 |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | TUAS TG5 |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | TUAS TG6 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Diskusi (tanya jawab)
Performance Indicator: Discussion (question and answer |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Diskusi (tanya jawab)
Performance Indicator: Discussion (question and answer |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering question |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.3 | Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 56.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.6 | Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 56.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.7 | Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 56.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.8 | Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 56.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | 2.00/Pass | 3.00/Pass | 4.00/Pass | ||||||||||||||
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation |
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate |
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 1 | 5.56 |
A- | 3 | 16.67 |
B+ | 5 | 27.78 |
B | 9 | 50.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini |
18 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.5 Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya |
6 | 12 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-1.6 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil |
18 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P3.CPMK-2.3 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan |
7 | 11 | 0 | 0 | 100.00 |
P3.CPMK-2.7 Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang |
18 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P3.CPMK-2.8 Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri |
7 | 11 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini | |||||
TG1 | 18 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya | |||||
TG3 | 6 (33.33 %) | 12 (66.67 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil | |||||
TG4 | 18 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan | |||||
TG2 | 7 (38.89 %) | 11 (61.11 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang | |||||
TG5 | 18 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri | |||||
TG6 | 7 (38.89 %) | 11 (61.11 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
P3.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P3.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00 |
P3.CPMK-2.8 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 072002400038 | PRAMUDYA AYU TRISIANA | 85.00 | 78.00 | 85.00 | 79.00 | 85.00 | 81.00 |
2 | 072002400039 | SITA SALSABILA | 85.00 | 80.00 | 83.00 | 81.00 | 85.00 | 81.00 |
3 | 072002400040 | AZZAHRA RIEZKA PERMATA SYAFIRA | 85.00 | 77.00 | 83.00 | 76.00 | 85.00 | 77.00 |
4 | 072002400041 | EGIE PRIMANDA SEMBIRING | 88.00 | 75.00 | 83.00 | 76.00 | 86.00 | 79.00 |
5 | 072002400042 | FATHAN NAJAH BILADUNA | 85.00 | 79.00 | 88.00 | 81.00 | 85.00 | 80.00 |
6 | 072002400043 | FAVIAN BRANU RAHADYAN | 88.00 | 74.00 | 85.00 | 78.00 | 86.00 | 80.00 |
7 | 072002400044 | JONATHAN HARI GABRIEL TAMBUNAN | 85.00 | 77.00 | 85.00 | 78.00 | 85.00 | 77.00 |
8 | 072002400045 | MUHAMMAD ALVIN SENTOSA | 85.00 | 76.00 | 83.00 | 81.00 | 85.00 | 77.00 |
9 | 072002400046 | MUHAMMAD SHALHAN ATHALLAH | 85.00 | 80.00 | 85.00 | 79.00 | 86.00 | 81.00 |
10 | 072002400047 | RAYHAAN ADI SAPUTRA | 85.00 | 83.00 | 85.00 | 79.00 | 85.00 | 79.00 |
11 | 072002400048 | BRILLIAN BINTANG AJI | 85.00 | 73.00 | 87.00 | 75.00 | 88.00 | 77.00 |
12 | 072002400049 | ARIEF PRATAMA KURNIAWAN | 85.00 | 75.00 | 83.00 | 79.00 | 85.00 | 77.00 |
13 | 072002400050 | JEANNETTE ELIZABEETH ARCHIENYA ASSO | 88.00 | 80.00 | 85.00 | 81.00 | 83.00 | 77.00 |
14 | 072002400051 | JONATHAN STEVANUS REPI | 85.00 | 74.00 | 84.00 | 81.00 | 85.00 | 76.00 |
15 | 072002400052 | MUHAMMAD RAKA FERDINAND SETIAWAN | 88.00 | 76.00 | 85.00 | 79.00 | 86.00 | 81.00 |
16 | 072002400053 | RAIHAN AFFAN RAIS | 85.00 | 80.00 | 85.00 | 81.00 | 85.00 | 81.00 |
17 | 072002400054 | BOY SAHAT MANAEK SAGALA | 85.00 | 85.00 | 87.00 | 78.00 | 85.00 | 79.00 |
18 | 072002400055 | MAHESA MASERATI MICHAEL RANTI | 85.00 | 73.00 | 88.00 | 81.00 | 80.00 | 78.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si.)