PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Indonesia |
Kode Mata Kuliah | : | UBN6200 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 22 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Indonesia |
KODE MATA KULIAH | : UBN6200 |
KELAS | : TT-A |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
||
Kode: UBN6200 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif) |
P.1 | Menguasai konsep ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan aktivitas dalam bidang pertambangan |
P.2 | Mampu menguasai prinsip dan isu lingkungan, ekonomi, sosial, teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun global. |
KU.1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan nilai-nilai humaniora dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertambangan |
KU.2 | Mampu bekerja secara mandiri, memiliki tanggung jawab profesional serta menerapkan etika profesi dalam rekayasa pertambangan |
KU.3 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat serta mengenali dan menyerap informasi-informasi terbaru di bidang pertambangan |
KU.4 | Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim dan berinteraksi dengan disiplin yang sama maupun multidisiplin |
KU.5 | Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif |
KK.1 | Mampu menerapkan ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang pertambangan |
KK.2 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah di bidang pertambangan dengan menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi |
KK.3 | Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian lapangan dan laboratorium serta melakukan interpretasi berdasarkan data- data yang ada untuk menyelesaikan masalah yang terkait rekayasa pertambangan serta melakukan pelaporan yang diperlukan |
KK.4 | Mampu merancang proses, sistem dan operasi penambangan serta menyelesaikan masalah dalam bidang pertambangan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, kinerja, keberlanjutan serta memperhatikan faktor ekonomi, K3, sosial budaya, dan kelestarian lingkungan |
KK.5 | Mampu menerapkan konsep, prinsip dan teknik pengelolaan lingkungan pasca tambang |
KK.6 | Mampu meemanfaatkan dan menggunakan perangkat berbasis teknologi informasi dan komputasi serta peralatan-peralatan terkini di bidang pertambangan. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.5 | Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif |
S.1 | Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan ragam lisan dan ragam tulisan sesuai konteks dalam karya tulis ilmiah sederhana (KU.e) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBN6200 |
Program Studi : TEKNIK PERTAMBANGAN | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UBN6200 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Mahasiswa mampu menerapkan aturan perkuliahan dan memahami materi yang akan diberikan dalam satu semester |
|
100.00 | Penugasan mandiri |
|
|
2 |
|
1)Sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia; 2)Bahasa Indonesia dalam globalisasi; 3)Bahasa Indonesia sebagai bahasa modern |
|
100.00 | Tugas 1: Bekerja mandiri Penugasan: Membuat peta konsep dan menulis opini perkembangan bahasa Indonesia |
|
|
3 |
|
1)Fungsi bahasa; 2)Ragam bahasa lisan dan tulisan; 3)Ragam bahasa baku |
|
100.00 | Tugas mandiri mengidentifikasi ragam bahasa |
|
|
4 |
|
Sejarah ejaan, Penggunaan huruf dan tanda baca, Penulisan kata, dan Singkatan dan akronim |
|
100.00 | Mahasiswa dapat menemukan kesalahan ejaan dalam teks |
|
|
5 |
|
Definisi dan fungsi diksi, Kriteria pemilihan kata, Pembentukan dan pemilihan kata, dan Definisi istilah dan jenisnya |
|
100.00 | Mahasiswa dapat menemukan kesalahan penggunaan diksi dalam teks |
|
|
6 |
|
Fungsi dan pola kalimat, Kalimat tunggal dan majemuk, Kalimat efektif, dan Kalimat dalam teks |
|
100.00 | Mahasiswa dapat menyusun kalimat menjadi teks |
|
|
7 |
|
Unsur dan fungsi paragraf, Teknik pemaparan, Syarat paragraf padu, dan Paragraf akademik |
|
100.00 | Mahasiswa mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik |
|
|
8 |
|
Definisi dan unsur penalaran, Penalaran induktif, Penalaran deduktif, dan Kelogisan dalam penalaran |
|
100.00 | Mahasiswa mampu mengembangkan teks dengan penalaran |
|
|
9 |
|
Ciri dan jenis karangan ilmiah, Definisi topik dan judul, Syarat topik yang baik, dan Teknik perumusan topik |
|
100.00 | Mahasiswa mampu merumuskan dan menentukan topik yang baik |
|
|
10 |
|
Jenis dan struktur karangan ilmiah, Bentuk karangan, Pelaksanaan penulisan, dan Tahapan penyusunan |
|
100.00 | Mahasiswa mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah |
|
|
11 |
|
Definisi dan struktur proposal, Jenis proposal, dan Tahapan penulisan proposal |
|
100.00 | Mahasiswa mampu menyusun proposal ilmiah |
|
|
12 |
|
Definisi dan struktur laporan, Jenis laporan, dan Tahapan penulisan | 100.00 | Mahasiswa mampu menyusun laporan ilmiah |
|
||
13 |
|
Teknik penulisan kutipan, Catatan badan dan catatan kaki, Teknik penulisan, dan Penyusunan daftar pustaka |
|
100.00 | Mahasiswa dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka |
|
|
14 |
|
Konvensi dan Penyuntingan Naskah |
|
100.00 | Mahasiswa mampu menerapkan konvensi dan penyuntingan pada naskah |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Indonesia | DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. | ; Thursday 13:00:00-15:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Ketua |
DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas 1 (10.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.2 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas 2 (5.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.4 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.6 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.7 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (5.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.8 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.9 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas 5 (10.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.10 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas 6 (10.00%) |
HEIGHT | KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.11 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.4 | 10.00% | 10% | ||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | 10.00% | 10% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.6 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.8 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.11 | 15.00% | 15% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.7 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.9 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.10 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||
M2 | M3 | M4 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | |||||
Komponen | TG1 | UTS | TG2 | UTS | UTS | TG3 | UAS | TG4 | UAS | TG5 | TG6 | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.4 | 10.00% | 10% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | 10.00% | 10.00% | 20% | ||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.6 | 5.00% | 5% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.7 | 5.00% | 5% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.8 | 5.00% | 5% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.9 | 10.00% | 10% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.10 | 10.00% | 10% | |||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.11 | 15.00% | 15% | |||||||||||
TOTAL | 10 | 5 | 5 | 10 | 10 | 10 | 5 | 5 | 5 | 10 | 10 | 15 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | TG1 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.1 | UTS |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.2 | TG2 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.4 | UTS |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | UTS TG3 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.6 | UAS |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.7 | TG4 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.8 | UAS |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.9 | TG5 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.10 | TG6 |
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.11 | UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.1 | Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.4 | Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.5 | Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.6 | Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.8 | Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah Performance Indicator: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.5 | KU5.CPMK-2 | KU5.CPMK-2.11 | Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah Performance Indicator: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka Performance Indicator: Dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 2 | 9.09 |
A- | 2 | 9.09 |
B+ | 3 | 13.64 |
B | 4 | 18.18 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi |
7 | 12 | 0 | 3 | 86.36 |
KU5.CPMK-2.1 Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi |
2 | 13 | 5 | 2 | 90.91 |
KU5.CPMK-2.2 Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan |
3 | 15 | 0 | 4 | 81.82 |
KU5.CPMK-2.4 Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah |
1 | 11 | 2 | 8 | 63.64 |
KU5.CPMK-2.5 Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik |
12 | 7 | 2 | 1 | 95.45 |
KU5.CPMK-2.6 Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan |
7 | 8 | 4 | 3 | 86.36 |
KU5.CPMK-2.7 Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah |
2 | 12 | 1 | 7 | 68.18 |
KU5.CPMK-2.8 Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana |
9 | 9 | 2 | 2 | 90.91 |
KU5.CPMK-2.9 Mampu menyusun proposal ilmiah |
5 | 4 | 2 | 11 | 50.00 |
KU5.CPMK-2.10 Mampu menyusun laporan ilmiah |
5 | 6 | 0 | 11 | 50.00 |
KU5.CPMK-2.11 Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka |
4 | 13 | 2 | 3 | 86.36 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi | |||||
TG1 | 7 (36.84 %) | 12 (63.16 %) | 0 | 0 | 100 (526.32 %) |
Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi | |||||
UTS | 2 (9.52 %) | 13 (61.90 %) | 5 (23.81 %) | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan | |||||
TG2 | 3 (16.67 %) | 15 (83.33 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah | |||||
UTS | 1 (4.76 %) | 11 (52.38 %) | 2 (9.52 %) | 7 (33.33 %) | 66.67 (317.48 %) |
Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik | |||||
TG3 | 10 (66.67 %) | 4 (26.67 %) | 1 (6.67 %) | 0 | 100 (666.67 %) |
UTS | 2 (33.33 %) | 3 (50.00 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 100 (1,666.67 %) |
Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan | |||||
UAS | 7 (35.00 %) | 8 (40.00 %) | 4 (20.00 %) | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah | |||||
TG4 | 2 (12.50 %) | 12 (75.00 %) | 1 (6.25 %) | 1 (6.25 %) | 93.75 (585.94 %) |
Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana | |||||
UAS | 9 (45.00 %) | 9 (45.00 %) | 2 (10.00 %) | 0 | 100 (500.00 %) |
Mampu menyusun proposal ilmiah | |||||
TG5 | 5 (45.45 %) | 4 (36.36 %) | 2 (18.18 %) | 0 | 100 (909.09 %) |
Mampu menyusun laporan ilmiah | |||||
TG6 | 5 (45.45 %) | 6 (54.55 %) | 0 | 0 | 100 (909.09 %) |
Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka | |||||
UAS | 4 (20.00 %) | 13 (65.00 %) | 2 (10.00 %) | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.5 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.6 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.8 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.9 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.10 Std Mark: 56.00 |
KU5.CPMK-2.11 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 073002200024 | NAJMA PUTRI PRAMESWARI | 80.00 | 85.00 | 75.00 | 50.00 | 80.00 | 67.00 | 0.00 | 70.00 | 0.00 | 0.00 | 57.00 |
2 | 073002200029 | VICTORIA THEREZIA SAPULETE | 80.00 | 85.00 | 77.00 | 75.00 | 77.00 | 77.00 | 75.00 | 82.00 | 82.00 | 80.00 | 87.00 |
3 | 073002200007 | EVANS ABRAHAM MATONDANG | 75.00 | 70.00 | 73.00 | 77.00 | 80.00 | 83.00 | 50.00 | 85.00 | 0.00 | 0.00 | 80.00 |
4 | 073002200001 | ANDI LASKAR BAYUS PUTRA | 86.00 | 70.00 | 77.00 | 77.00 | 85.00 | 75.00 | 75.00 | 88.00 | 80.00 | 76.00 | 78.00 |
5 | 073002200003 | CHANDRA SALMAN ALFARISI | 76.00 | 70.00 | 78.00 | 76.00 | 82.00 | 80.00 | 85.00 | 85.00 | 60.00 | 70.00 | 75.00 |
6 | 073002200022 | MUHAMMAD FARHAN MAULANA | 80.00 | 62.00 | 85.00 | 47.00 | 83.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 87.00 | 82.00 | 83.00 |
7 | 073002200009 | FAUZAN ALFAREZH KURNIAWAN | 0.00 | 75.00 | 0.00 | 70.00 | 80.00 | 87.00 | 0.00 | 77.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 |
8 | 073002100065 | JOHANES ADRYAN MARCELLINO HUTABARAT | 70.00 | 67.00 | 0.00 | 50.00 | 75.00 | 80.00 | 77.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 |
9 | 073002200021 | MUHAMMAD ILHAM HARDINATA | 80.00 | 67.00 | 76.00 | 40.00 | 82.00 | 70.00 | 75.00 | 80.00 | 77.00 | 80.00 | 77.00 |
10 | 073002200002 | ANUGRA MATHEW TIMBULENG | 83.00 | 77.00 | 80.00 | 70.00 | 85.00 | 85.00 | 77.00 | 80.00 | 87.00 | 85.00 | 88.00 |
11 | 073002200028 | SYUHAL JULIYANTHO TILAAR | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 45.00 | 77.00 | 60.00 | 73.00 | 78.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 |
12 | 073002200025 | NEVAN CHRISTIAN WAGNER SIAGIAN | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 76.00 | 70.00 | 73.00 | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 77.00 |
13 | 073002200061 | IRENE KREUTA | 77.00 | 50.00 | 75.00 | 60.00 | 80.00 | 77.00 | 75.00 | 76.00 | 77.00 | 70.00 | 0.00 |
14 | 073001900012 | CHARISMA CHRISTY BELWAWIN | 0.00 | 74.00 | 0.00 | 50.00 | 80.00 | 63.00 | 0.00 | 77.00 | 0.00 | 0.00 | 73.00 |
15 | 073002200019 | MEI POLONIA KAPISA | 75.00 | 76.00 | 77.00 | 80.00 | 80.00 | 87.00 | 73.00 | 83.00 | 77.00 | 83.00 | 70.00 |
16 | 073002200027 | RAHMANIAN BINTANG | 77.00 | 65.00 | 75.00 | 50.00 | 65.00 | 80.00 | 75.00 | 82.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 |
17 | 073002100055 | M. ARYA NUGRAHA RAMADHAN | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 65.00 | 67.00 | 20.00 | 0.00 | 57.00 | 0.00 | 0.00 | 77.00 |
18 | 073001900018 | ENGGELION DJAPA | 80.00 | 77.00 | 83.00 | 75.00 | 85.00 | 70.00 | 77.00 | 75.00 | 80.00 | 75.00 | 67.00 |
19 | 073002100041 | RIZKY BAGUS PRAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 073002100058 | ATANASIO GUALDINO JELALU | 73.00 | 77.00 | 75.00 | 70.00 | 77.00 | 65.00 | 57.00 | 60.00 | 65.00 | 75.00 | 70.00 |
21 | 073001900044 | RAFA RENALDI | 77.00 | 67.00 | 73.00 | 75.00 | 75.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
22 | 073001900019 | EUGENE MEINHARD TOCUNG | 75.00 | 75.00 | 73.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 72.00 | 76.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.)