Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : UBN6200
Tim Dosen :
  1. DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
  2. 1437 Dra. Suliestyah ., M.Si.
Kelas : 01
Dosen : DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 22 mahasiswa

Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN

Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Indonesia
KODE MATA KULIAH : UBN6200
KELAS : TT-A
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
  2. 1437 Dra. Suliestyah ., M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INDONESIA
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi TEKNIK PERTAMBANGAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Kode:
UBN6200
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif)
P.1 Menguasai konsep ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan aktivitas dalam bidang pertambangan
P.2 Mampu menguasai prinsip dan isu lingkungan, ekonomi, sosial, teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang berhubungan dengan industri pertambangan maupun global.
KU.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan nilai-nilai humaniora dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertambangan
KU.2 Mampu bekerja secara mandiri, memiliki tanggung jawab profesional serta menerapkan etika profesi dalam rekayasa pertambangan
KU.3 Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat serta mengenali dan menyerap informasi-informasi terbaru di bidang pertambangan
KU.4 Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim dan berinteraksi dengan disiplin yang sama maupun multidisiplin
KU.5 Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif
KK.1 Mampu menerapkan ilmu alam, matematika, dan prinsip- prinsip rekayasa untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang pertambangan
KK.2 Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah di bidang pertambangan dengan menggunakan metodologi dan teknik rekayasa dengan pendekatan sistem terintegrasi
KK.3 Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian lapangan dan laboratorium serta melakukan interpretasi berdasarkan data- data yang ada untuk menyelesaikan masalah yang terkait rekayasa pertambangan serta melakukan pelaporan yang diperlukan
KK.4 Mampu merancang proses, sistem dan operasi penambangan serta menyelesaikan masalah dalam bidang pertambangan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, kinerja, keberlanjutan serta memperhatikan faktor ekonomi, K3, sosial budaya, dan kelestarian lingkungan
KK.5 Mampu menerapkan konsep, prinsip dan teknik pengelolaan lingkungan pasca tambang
KK.6 Mampu meemanfaatkan dan menggunakan perangkat berbasis teknologi informasi dan komputasi serta peralatan-peralatan terkini di bidang pertambangan.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.5 Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan efektif
S.1 Mampu bersikap dan berperilaku sesuai Trikrama Trisakti (takwa tekun terampil, asah asih asuh, setia satria sportif)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia
KU.5 KU5.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan ragam lisan dan ragam tulisan sesuai konteks dalam karya tulis ilmiah sederhana (KU.e)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menerapkan aturan perkuliahan dan memahami materi yang akan diberikan dalam satu semester
KU.5 KU5.CPMK-2
KU5.CPMK-2.1 Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi
KU5.CPMK-2.2 Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan
KU5.CPMK-2.3 Dapat memilih diksi yang tepat dan mengembangnya menjadi definisi berdasarkan topik karangan
KU5.CPMK-2.4 Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah
KU5.CPMK-2.5 Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik
KU5.CPMK-2.6 Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan
KU5.CPMK-2.7 Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah
KU5.CPMK-2.8 Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana
KU5.CPMK-2.9 Mampu menyusun proposal ilmiah
KU5.CPMK-2.10 Mampu menyusun laporan ilmiah
KU5.CPMK-2.11 Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka
KU5.CPMK-2.12 Dapat mengaplikasikan konvensi dan penyuntingan naskah dalam karya ilmiah

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBN6200

Program Studi : TEKNIK PERTAMBANGAN Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBN6200     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia Dosen :
  1. DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.
  2. 1437 Dra. Suliestyah ., M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menerapkan aturan perkuliahan dan memahami materi yang akan diberikan dalam satu semester
Mahasiswa mampu menerapkan aturan perkuliahan dan memahami materi yang akan diberikan dalam satu semester
  • Diskusi
  • Tutorial
100.00 Penugasan mandiri
  • Quiz - 0.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi
1)Sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia; 2)Bahasa Indonesia dalam globalisasi; 3)Bahasa Indonesia sebagai bahasa modern
  • Diskusi
  • Tutorial
100.00 Tugas 1: Bekerja mandiri Penugasan: Membuat peta konsep dan menulis opini perkembangan bahasa Indonesia
  • Arifin, E Zaenal; Tasai, S Amran(2023) (Sejarah bahasa Indonesia)
  • Tugas 1 - 10.00 %
3
  1. Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi
1)Fungsi bahasa; 2)Ragam bahasa lisan dan tulisan; 3)Ragam bahasa baku
  • Cooperation
  • Diskusi
100.00 Tugas mandiri mengidentifikasi ragam bahasa
  • Widjono Hs.(2012)
  • Tugas - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
4
  1. Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan
Sejarah ejaan, Penggunaan huruf dan tanda baca, Penulisan kata, dan Singkatan dan akronim
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa dapat menemukan kesalahan ejaan dalam teks
  • Arifin, E Zaenal; Tasai, S Amran(2023) (EYD)
  • Tugas 2 - 5.00 %
5
  1. Dapat memilih diksi yang tepat dan mengembangnya menjadi definisi berdasarkan topik karangan
Definisi dan fungsi diksi, Kriteria pemilihan kata, Pembentukan dan pemilihan kata, dan Definisi istilah dan jenisnya
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa dapat menemukan kesalahan penggunaan diksi dalam teks
  • KBBI(2008)
  • Widjono Hs.(2012)
  • Tugas - 0.00 %
6
  1. Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah
Fungsi dan pola kalimat, Kalimat tunggal dan majemuk, Kalimat efektif, dan Kalimat dalam teks
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Mahasiswa dapat menyusun kalimat menjadi teks
  • Arifin, E Zaenal; Tasai, S Amran(2023)
  • Ujian Tengah Semester - 10.00 %
7
  1. Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik
Unsur dan fungsi paragraf, Teknik pemaparan, Syarat paragraf padu, dan Paragraf akademik
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
  • Widjono Hs.(2012)
  • Tugas 3 - 10.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 10.00 %
8
  1. Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan
Definisi dan unsur penalaran, Penalaran induktif, Penalaran deduktif, dan Kelogisan dalam penalaran
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu mengembangkan teks dengan penalaran
  • Arifin, E Zaenal; Tasai, S Amran(2023)
  • Widjono Hs.(2012)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah
Ciri dan jenis karangan ilmiah, Definisi topik dan judul, Syarat topik yang baik, dan Teknik perumusan topik
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Mahasiswa mampu merumuskan dan menentukan topik yang baik
  • Niknik M. Kuntarto(2007)
  • Tugas 4 - 5.00 %
10
  1. Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana
Jenis dan struktur karangan ilmiah, Bentuk karangan, Pelaksanaan penulisan, dan Tahapan penyusunan
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mampu menyusun proposal ilmiah
Definisi dan struktur proposal, Jenis proposal, dan Tahapan penulisan proposal
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu menyusun proposal ilmiah
  • Tugas 5 - 10.00 %
12
  1. Mampu menyusun laporan ilmiah
Definisi dan struktur laporan, Jenis laporan, dan Tahapan penulisan
100.00 Mahasiswa mampu menyusun laporan ilmiah
  • Tugas 6 - 10.00 %
13
  1. Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka
Teknik penulisan kutipan, Catatan badan dan catatan kaki, Teknik penulisan, dan Penyusunan daftar pustaka
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka
  • Ujian Akhir Semester - 15.00 %
14
  1. Dapat mengaplikasikan konvensi dan penyuntingan naskah dalam karya ilmiah
Konvensi dan Penyuntingan Naskah
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mahasiswa mampu menerapkan konvensi dan penyuntingan pada naskah
  • Tugas - 0.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Indonesia DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. ; Thursday 13:00:00-15:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2685 Dr. Edy Jamal Tuheteru, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng.

Ketua
DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-2 Assessment: Tugas 1 (10.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.2 Minggu ke-4 Assessment: Tugas 2 (5.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.4 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas 3 (10.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.6 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.7 Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (5.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.8 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.9 Minggu ke-11 Assessment: Tugas 5 (10.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.10 Minggu ke-12 Assessment: Tugas 6 (10.00%)
HEIGHT KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.11 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (15.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.1 5.00%
5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.4 10.00%
10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5 10.00%
10%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.6 5.00%
5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.8 5.00%
5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.11 15.00%
15%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 10.00%
10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.2 5.00%
5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5 10.00%
10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.7 5.00%
5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.9 10.00%
10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.10 10.00%
10%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M2 M3 M4 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13
Komponen TG1 UTS TG2 UTS UTS TG3 UAS TG4 UAS TG5 TG6 UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 10.00% 10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.1 5.00% 5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.2 5.00% 5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.4 10.00% 10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5 10.00%10.00% 20%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.6 5.00% 5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.7 5.00% 5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.8 5.00% 5%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.9 10.00% 10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.10 10.00% 10%
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.11 15.00% 15%
TOTAL 10 5 5 10 10 10 5 5 5 10 10 15 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 TG1
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.1 UTS
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.2 TG2
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.4 UTS
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5 UTS TG3
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.6 UAS
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.7 TG4
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.8 UAS
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.9 TG5
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.10 TG6
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.11 UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.1Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.4Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.5Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.6Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.8Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah
Performance Indicator: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.5 KU5.CPMK-2 KU5.CPMK-2.11Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka
Indikator Kinerja: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Performance Indicator: Mampu mengidentifikasi ragam bahasa
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Performance Indicator: Dapat menyusun kalimat menjadi teks
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Performance Indicator: Mampu menulis paragraf akademik berdasarkan topik
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Performance Indicator: Mampu mengembangkan teks dengan penalaran
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah
Performance Indicator: Mampu menyusun kerangka karya tulis ilmiah
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka
Performance Indicator: Dapat menyusun kutipan dan daftar pustaka
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 9.09
A- 2 9.09
B+ 3 13.64
B 4 18.18
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi
7 12 0 3 86.36
KU5.CPMK-2.1
Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi
2 13 5 2 90.91
KU5.CPMK-2.2
Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan
3 15 0 4 81.82
KU5.CPMK-2.4
Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah
1 11 2 8 63.64
KU5.CPMK-2.5
Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik
12 7 2 1 95.45
KU5.CPMK-2.6
Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan
7 8 4 3 86.36
KU5.CPMK-2.7
Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah
2 12 1 7 68.18
KU5.CPMK-2.8
Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana
9 9 2 2 90.91
KU5.CPMK-2.9
Mampu menyusun proposal ilmiah
5 4 2 11 50.00
KU5.CPMK-2.10
Mampu menyusun laporan ilmiah
5 6 0 11 50.00
KU5.CPMK-2.11
Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka
4 13 2 3 86.36
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia, serta perkembangannya di era globalisasi
TG17
(36.84 %)
12
(63.16 %)
00100
(526.32 %)
Mampu membedakan penggunaan ragam bahasa lisan dan tulisan dalam komunikasi
UTS2
(9.52 %)
13
(61.90 %)
5
(23.81 %)
1
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Mampu mengkritik dan mengaudit penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan
TG23
(16.67 %)
15
(83.33 %)
00100
(555.56 %)
Dapat menyusun kalimat efektif, logis, dan sesuai kaidah
UTS1
(4.76 %)
11
(52.38 %)
2
(9.52 %)
7
(33.33 %)
66.67
(317.48 %)
Mampu menulis dan mengembangkan paragraf akademik
TG310
(66.67 %)
4
(26.67 %)
1
(6.67 %)
0100
(666.67 %)
UTS2
(33.33 %)
3
(50.00 %)
1
(16.67 %)
0100
(1,666.67 %)
Mampu mengaplikasikan penalaran dalam mengorganisasikan karangan
UAS7
(35.00 %)
8
(40.00 %)
4
(20.00 %)
1
(5.00 %)
95
(475.00 %)
Dapat menentukan topik karangan ilmiah yang baik sesuai metodologi penulisan ilmiah
TG42
(12.50 %)
12
(75.00 %)
1
(6.25 %)
1
(6.25 %)
93.75
(585.94 %)
Dapat menyusun kerangka karya ilmiah sederhana
UAS9
(45.00 %)
9
(45.00 %)
2
(10.00 %)
0100
(500.00 %)
Mampu menyusun proposal ilmiah
TG55
(45.45 %)
4
(36.36 %)
2
(18.18 %)
0100
(909.09 %)
Mampu menyusun laporan ilmiah
TG65
(45.45 %)
6
(54.55 %)
00100
(909.09 %)
Dapat menyusun pengutipan dan daftar pustaka
UAS4
(20.00 %)
13
(65.00 %)
2
(10.00 %)
1
(5.00 %)
95
(475.00 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.6 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.7 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.8 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.9 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.9 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.10 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.10 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU5.CPMK-2.11 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU5.CPMK-2.11 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.5
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.6
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.7
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.8
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.9
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.10
Std Mark: 56.00
KU5.CPMK-2.11
Std Mark: 56.00
1 073002200024 NAJMA PUTRI PRAMESWARI 80.0085.0075.0050.0080.0067.000.0070.000.000.0057.00
2 073002200029 VICTORIA THEREZIA SAPULETE 80.0085.0077.0075.0077.0077.0075.0082.0082.0080.0087.00
3 073002200007 EVANS ABRAHAM MATONDANG 75.0070.0073.0077.0080.0083.0050.0085.000.000.0080.00
4 073002200001 ANDI LASKAR BAYUS PUTRA 86.0070.0077.0077.0085.0075.0075.0088.0080.0076.0078.00
5 073002200003 CHANDRA SALMAN ALFARISI 76.0070.0078.0076.0082.0080.0085.0085.0060.0070.0075.00
6 073002200022 MUHAMMAD FARHAN MAULANA 80.0062.0085.0047.0083.0075.0080.0080.0087.0082.0083.00
7 073002200009 FAUZAN ALFAREZH KURNIAWAN 0.0075.000.0070.0080.0087.000.0077.000.000.0075.00
8 073002100065 JOHANES ADRYAN MARCELLINO HUTABARAT 70.0067.000.0050.0075.0080.0077.0075.000.000.0070.00
9 073002200021 MUHAMMAD ILHAM HARDINATA 80.0067.0076.0040.0082.0070.0075.0080.0077.0080.0077.00
10 073002200002 ANUGRA MATHEW TIMBULENG 83.0077.0080.0070.0085.0085.0077.0080.0087.0085.0088.00
11 073002200028 SYUHAL JULIYANTHO TILAAR 75.0075.0070.0045.0077.0060.0073.0078.000.000.0070.00
12 073002200025 NEVAN CHRISTIAN WAGNER SIAGIAN 75.0070.0070.0076.0070.0073.0075.0075.000.000.0077.00
13 073002200061 IRENE KREUTA 77.0050.0075.0060.0080.0077.0075.0076.0077.0070.000.00
14 073001900012 CHARISMA CHRISTY BELWAWIN 0.0074.000.0050.0080.0063.000.0077.000.000.0073.00
15 073002200019 MEI POLONIA KAPISA 75.0076.0077.0080.0080.0087.0073.0083.0077.0083.0070.00
16 073002200027 RAHMANIAN BINTANG 77.0065.0075.0050.0065.0080.0075.0082.000.000.0070.00
17 073002100055 M. ARYA NUGRAHA RAMADHAN 75.0075.0070.0065.0067.0020.000.0057.000.000.0077.00
18 073001900018 ENGGELION DJAPA 80.0077.0083.0075.0085.0070.0077.0075.0080.0075.0067.00
19 073002100041 RIZKY BAGUS PRAMADHAN 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
20 073002100058 ATANASIO GUALDINO JELALU 73.0077.0075.0070.0077.0065.0057.0060.0065.0075.0070.00
21 073001900044 RAFA RENALDI 77.0067.0073.0075.0075.000.000.000.000.000.000.00
22 073001900019 EUGENE MEINHARD TOCUNG 75.0075.0073.0070.0070.0070.0072.0076.0075.0070.0075.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(DTT22021012 Fitriyanti Wulandari, M.Hum.)