Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
Kode Mata Kuliah : MFU6201
Tim Dosen :
  1. 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
  2. 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si.
Kelas : 01
Dosen : 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 19 mahasiswa

Program Studi TEKNIK GEOLOGI

Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
KODE MATA KULIAH : MFU6201
KELAS : TG-A
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
  2. 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PENGANTAR TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE)
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi TEKNIK GEOLOGI
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Kode:
MFU6201
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2959 Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki komitmen terhadap tanggung jawab profesi, etika profesi bagi kepentingan masyarakat bangsa dan negara yang bertrikrama Trisakti
S.2 Mampu bersikap mandiri dan bekerjasama dalam tim, lintas didsiplin dan budaya serta memiliki jiwa kewirausahaan
P.1 Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa
P.2 Menguasai pengetahuan tentang teknologi Informasi dan perkembangan IPTEKS terkini di bidang kebumian
P.3 Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya yang relevan
KU.1 Mampu mendokumentasikan, mengkomunikasikan ide dan pemikiran logis secara tertulis maupun lisan secara efektif dengan menghindari plagiarisme
KU.2 Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran diri sepanjang hayat
KU.3 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menyelesaikan permasalahan keteknikan dan melakukan evaluasi kinerja
KK.1 Mampu menerapkan pengetahuan dasar Matematika, IPA dan Kebumian serta Teknologi Informasi dalam memahami prinsip keteknikan serta menyelesaikan permasalahan Geologi
KK.2 Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis data secara terintegrasi berdasarkan pendekatan eksperimental dan/atau lapangan untuk memberikan rekomendasi terhadap penyelesaian masalah rekayasa geologi
KK.3 Mampu merencanakan, mendesain komponen, menyelesaikan, mengevaluasi, serta memberikan saran atau solusi terhadap permasalahan rekayasa geologi sesuai dengan batasan yang ada
KK.4 Mampu menerapkan metode dan perangkat geologi yang tepat dalam menganalisis dan menyelesaikan permasalahan geologi, terkait sumber daya, bencana geologi, dan geologi perkotaan
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa
P.3 Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya yang relevan
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa)
P.3 P3.CPMK-2 Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah ini Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
P1.CPMK-1.2 Ujian Tengah Semester (UTS), CPMK 1, CPMK 2
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
P1.CPMK-1.5 Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
P1.CPMK-1.6 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
P1.CPMK-1.7 Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan
P1.CPMK-1.8 Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
P1.CPMK-1.9 Ujian Akhir Semester (UAS)
P1.CPMK-1.10 Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi
P.3 P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.1 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi.
P3.CPMK-2.2 Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air
P3.CPMK-2.3 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
P3.CPMK-2.4 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar didalam pengembangan lapangan. Teknologi Industri Energi Panasbumi/Geothermal
P3.CPMK-2.5 Ujian Tengah Semester (UTS)
P3.CPMK-2.6 Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan
P3.CPMK-2.7 Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
P3.CPMK-2.8 Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
P3.CPMK-2.9 Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
P3.CPMK-2.10 Ujian Akhir Semester (UAS)

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6201

Program Studi : TEKNIK GEOLOGI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : MFU6201     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) Dosen :
  1. 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
  2. 3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah ini Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
  2. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi
1. Pendahuluan (Penjelasan tentang: Visi Misi Usakti, FTKE, dan Prodi) 2. Penjelasan tentang: Rencana Pembelajaran Per-minggu RPP); Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Tata tertib perkuliahan dan peraturan di USAKTI, dan sistem penilaian, pustaka/ referensi yang digunakan) 3. Menunjuk salah seorang mahasiswa peserta mata kuliah tersebut sebagai ketua kelas. 4. Materi Kuliah tentang Pengantar PTKE
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Mendengar materi awal dan diskusi
2
  1. Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi
  2. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi.
Pendahuluan (Kebumian Alam sekitar, Geologi untuk Perubahan, Energi untuk Pembangunan)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Menyimak kuliah, Diskusi. Tugas.1: Tentang konsep sumber daya energi
3
  1. Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
Pengantar tentang teknik perminyakan (PTP), Teknologi Energi Migas saat ini dan dan masa mendatang
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Cermah dan diskusi. Membahas Tugas-1
  • Tugas 1 (7.5%) - 7.50 %
  • Tugas Ujian Tengah Semester (7.5%) - 7.50 %
4
  1. Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air
Teknologi dan Industri Energi Air
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi.
5
  1. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
Pengantar dan sejarah kegiatan pertambangan
  • Cooperation
100.00 Ceramah dan diskusi. Membahas Tugas 2
  • Tugas 2 (7.5%) - 7.50 %
  • Tugas Ujian Tengah Semester (7.5%) - 7.50 %
6
  1. Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
Teknologi Perkembangan Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi. Tugas 3: Sumber daya energi baru dan terbarukan
  • Tugas 3 (10%) - 10.00 %
  • Tugas Ujian Tengah Semester (10%) - 10.00 %
7
  1. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar didalam pengembangan lapangan. Teknologi Industri Energi Panasbumi/Geothermal
Teknologi Industri Energi Panasbumi (Geothermal).
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi
  • Browne, P.R.L. (1997) (geothertmal)
  • Goff, F., dan Janik, C.J(2000) (Geothm2)
  • Sumotarto, U(2015) (Geothm-2)
8
  1. Ujian Tengah Semester (UTS), CPMK 1, CPMK 2
Ujian Tengah Semester (bahan ujian, pertemuan 1 – 7)
  • Pemecahan Masalah
90.00 Mengerjakan soal UTS
9
  1. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi. Tugas 4: Energi non konvensional fosil
  • Tugas 4 (7.5%) - 7.50 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester (7.5%) - 7.50 %
10
  1. Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan
Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi, Bencana dan Pengelolaan Lingkungan
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi
  • Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral Direktot Jendral Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Ene(Dese)
11
  1. Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan
Karakteristik kegiatan pertambangan
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi.
12
  1. Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi.
13
  1. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
Tantangan Global dan Energi masa mendatang
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi. Tugas 5: Tantangan global dan energi masa depan
  • Sustaining Partnership (2017)
  • BPPT (2019)
  • Tugas 5 (7.5%) - 7.50 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester (7.5%) - 7.50 %
14
  1. Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
Kuliah Umum Tentang PTKE dari Industri/Pemerintah. Serba serbi Dunia Kerja dan Dunia Industri
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi Membahas Tugas 6
  • Tugas 6 (10%) - 10.00 %
  • Tugas Ujian Akhir Semester (10%) - 10.00 %
15
  1. Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Ceramah dan diskusi
16
  1. Ujian Akhir Semester (UAS)
Ujian Akhir Semester (Bahan ujian pertemuan 9 – 15)
  • Pemecahan Masalah
90.00 Mengerjakan soal UAS

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE) 2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT ; Monday 13:00:00-14:50:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2959 Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T.

Ketua
2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 Minggu ke-3 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas 1 (7.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 Minggu ke-6 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (10.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 Minggu ke-9 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (7.50%)
HEIGHT P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3 Minggu ke-5 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%)
HEIGHT P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7 Minggu ke-13 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas 5 (7.50%)
HEIGHT P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8 Minggu ke-14 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (10.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas 6 (10.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 7.50%
7.5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 10.00%
10%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3 7.50%
7.5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 7.50%
7.5%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7 7.50%
7.5%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8 10.00%
10%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 7.50%
7.5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 10.00%
10%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 7.50%
7.5%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3 7.50%
7.5%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7 7.50%
7.5%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8 10.00%
10%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M3 M6 M9 M5 M13 M14
Komponen TUTS TG1 TUTS TG3 TUAS TG4 TUTS TG2 TUAS TG5 TUAS TG6
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 7.50%7.50% 15%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 10.00%10.00% 20%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 7.50%7.50% 15%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3 7.50%7.50% 15%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7 7.50%7.50% 15%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8 10.00%10.00% 20%
TOTAL 7.5 7.5 10 10 7.5 7.5 7.5 7.5 7.5 7.5 10 10 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 TUTS TG1
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 TUTS TG3
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 TUAS TG4
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3 TUTS TG2
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7 TUAS TG5
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8 TUAS TG6
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
Indikator Kinerja: Diskusi (tanya jawab)
Performance Indicator: Discussion (question and answer
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
Indikator Kinerja: Diskusi (tanya jawab)
Performance Indicator: Discussion (question and answer
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering question
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.3Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 56.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 56.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.7Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 56.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.8Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 56.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and righ
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab pertanyaan
Performance Indicator: Accuracy of answering questions
Rubrik Penilaian
1.00/Pass 2.00/Pass 3.00/Pass 4.00/Pass
Penjelasan tidak sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 10.53
A- 4 21.05
B+ 9 47.37
B 2 10.53
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
18 0 0 1 94.74
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
4 13 0 2 89.47
P1.CPMK-1.6
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
17 0 0 2 89.47
P3.CPMK-2.3
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
12 6 0 1 94.74
P3.CPMK-2.7
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
17 0 0 2 89.47
P3.CPMK-2.8
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
9 8 0 2 89.47
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
TG118
(100.00 %)
000100
(555.56 %)
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
TG34
(23.53 %)
13
(76.47 %)
00100
(588.24 %)
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
TG417
(100.00 %)
000100
(588.24 %)
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
TG212
(66.67 %)
6
(33.33 %)
00100
(555.56 %)
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
TG517
(100.00 %)
000100
(588.24 %)
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
TG69
(52.94 %)
8
(47.06 %)
00100
(588.24 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.7 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.8 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.8 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.7
Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.8
Std Mark: 56.00
1 072002400001 FAREAL TAFFARES 85.0074.0085.0080.0086.0077.00
2 072002400002 FIRZA YAHYA 88.0072.0085.0074.0086.0080.00
3 072002400003 AISHA NURFAHNA PUTRI 85.0078.0085.0076.0085.0080.00
4 072002400004 AL HAFID MUHAMMAD 85.0075.0085.0081.0085.0078.00
5 072002400005 FEBI ERIKA 85.0078.0085.0081.0087.0080.00
6 072002400006 FEVIOLA BUSTAMI 85.0079.0085.0080.0086.0083.00
7 072002400007 HANIFAH SYAKIRA NEZARI 88.0078.0085.0079.0086.0082.00
8 072002400008 MUHAMMAD SYAHRIL 85.0079.0088.0081.0086.0078.00
9 072002400009 RADEN LUTHFI CAHYA KUSUMA 85.000.000.0081.000.000.00
10 072002400010 SAUMA MAULIKA 88.0078.0085.0080.0085.0079.00
11 072002400011 SYAHRANI RAHMAWITRI 85.0078.0085.0079.0086.0076.00
12 072002400012 WAHYU CHRISTIANTO DAFID 85.0079.0085.0078.0085.0079.00
13 072002400014 ABHIRAMA AHMAD RAJENDRA 88.0076.0087.0083.0086.0080.00
14 072002400015 AGUNG ADRIAN SIMANJUNTAK 87.0078.0085.0086.0086.0083.00
15 072002400016 FARREL MUHAMMAD GAHYAKA 85.0081.0085.0083.0086.0083.00
16 072002400017 GABRIELA TESALONICA 86.0082.0085.0078.0087.0078.00
17 072002400018 MUHAMMAD AURI RAFFI PAMBUDI 85.0082.0085.0084.0088.0078.00
18 072002400019 NAJIHA SALMA AMALIA 85.0082.0083.0080.0087.0083.00
19 072002400013 ZORDHY GIBRAN FADHLURRAHMAN 0.000.000.000.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT)