PORTOFOLIO MATA KULIAH
PENGANTAR TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI (PTKE)
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi TEKNIK GEOLOGI
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Memiliki komitmen terhadap tanggung jawab profesi, etika profesi bagi kepentingan masyarakat bangsa dan negara yang bertrikrama Trisakti
S.2
Mampu bersikap mandiri dan bekerjasama dalam tim, lintas didsiplin dan budaya serta memiliki jiwa kewirausahaan
P.1
Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa
P.2
Menguasai pengetahuan tentang teknologi Informasi dan perkembangan IPTEKS terkini di bidang
kebumian
P.3
Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya
yang relevan
KU.1
Mampu mendokumentasikan, mengkomunikasikan ide dan pemikiran logis secara tertulis
maupun lisan secara efektif dengan menghindari plagiarisme
KU.2
Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran diri sepanjang hayat
KU.3
Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menyelesaikan permasalahan keteknikan dan
melakukan evaluasi kinerja
KK.1
Mampu menerapkan pengetahuan dasar Matematika, IPA dan Kebumian serta Teknologi
Informasi dalam memahami prinsip keteknikan serta menyelesaikan permasalahan Geologi
KK.2
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis data secara terintegrasi
berdasarkan pendekatan eksperimental dan/atau lapangan untuk memberikan rekomendasi
terhadap penyelesaian masalah rekayasa geologi
KK.3
Mampu merencanakan, mendesain komponen, menyelesaikan, mengevaluasi, serta
memberikan saran atau solusi terhadap permasalahan rekayasa geologi sesuai dengan batasan yang
ada
KK.4
Mampu menerapkan metode dan perangkat geologi yang tepat dalam menganalisis dan
menyelesaikan permasalahan geologi, terkait sumber daya, bencana geologi, dan geologi perkotaan
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
P.1
Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa
P.3
Menguasai prinsip dan isu isu terkini dalam keekonomian sumberdaya geologi dan sosial budaya
yang relevan
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.1
P1.CPMK-1
Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa)
P.3
P3.CPMK-2
Mahasiswa Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebumian, aplikasi matematika rekayasa, prinsip rekayasa, sains rekayasa dan desain rekayasa (CPL-Pa)
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah ini Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
P1.CPMK-1.2
Ujian Tengah Semester (UTS), CPMK 1, CPMK 2
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
P1.CPMK-1.6
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
P1.CPMK-1.7
Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan
P1.CPMK-1.8
Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
P1.CPMK-1.9
Ujian Akhir Semester (UAS)
P1.CPMK-1.10
Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.1
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi.
P3.CPMK-2.2
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air
P3.CPMK-2.3
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
P3.CPMK-2.4
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar didalam pengembangan lapangan. Teknologi Industri Energi Panasbumi/Geothermal
P3.CPMK-2.5
Ujian Tengah Semester (UTS)
P3.CPMK-2.6
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan
P3.CPMK-2.7
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
P3.CPMK-2.8
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
P3.CPMK-2.9
Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
P3.CPMK-2.10
Ujian Akhir Semester (UAS)
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MFU6201
Program Studi : TEKNIK GEOLOGI
Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MFU6201 SKS : 2.00
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
Dosen :
2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
3621 Dr. Ir. Yarra Sutadiwiria, M.Si.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa dapat mengerti sistem pendidikan dan pengajaran mata kuliah ini Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi
Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Visi Misi Universitas, FTKE dan Prodi Teknik Geologi
1. Pendahuluan (Penjelasan tentang: Visi Misi Usakti, FTKE, dan Prodi) 2. Penjelasan tentang: Rencana Pembelajaran Per-minggu RPP); Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Tata tertib perkuliahan dan peraturan di USAKTI, dan sistem penilaian, pustaka/ referensi yang digunakan) 3. Menunjuk salah seorang mahasiswa peserta mata kuliah tersebut sebagai ketua kelas. 4. Materi Kuliah tentang Pengantar PTKE
Tutorial
Diskusi
100.00
Mendengar materi awal dan diskusi
2
Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian dan menjelaskan serta memahami konsep-konsep Sumberdaya energi
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui Potensi Sumber Daya Geologi dan Energi Indonesia dan Tantangan Ketahanan Energi/ Kedaulatan Energi.
Pendahuluan (Kebumian Alam sekitar, Geologi untuk Perubahan, Energi untuk Pembangunan)
Tutorial
Diskusi
100.00
Menyimak kuliah, Diskusi. Tugas.1: Tentang konsep sumber daya energi
3
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
Pengantar tentang teknik perminyakan (PTP), Teknologi Energi Migas saat ini dan dan masa mendatang
Tutorial
Diskusi
100.00
Cermah dan diskusi. Membahas Tugas-1
Tugas 1 (7.5%) - 7.50 %
Tugas Ujian Tengah Semester (7.5%) - 7.50 %
4
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi dan Industri Energi yang bersumber Air
Teknologi dan Industri Energi Air
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
5
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
Pengantar dan sejarah kegiatan pertambangan
Cooperation
100.00
Ceramah dan diskusi.
Membahas Tugas 2
Tugas 2 (7.5%) - 7.50 %
Tugas Ujian Tengah Semester (7.5%) - 7.50 %
6
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
Teknologi Perkembangan Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
Tugas 3: Sumber daya energi baru dan terbarukan
Tugas 3 (10%) - 10.00 %
Tugas Ujian Tengah Semester (10%) - 10.00 %
7
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar didalam pengembangan lapangan. Teknologi Industri Energi Panasbumi/Geothermal
Teknologi Industri Energi Panasbumi (Geothermal).
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi
Browne, P.R.L. (1997) (geothertmal)
Goff, F., dan Janik, C.J(2000) (Geothm2)
Sumotarto, U(2015) (Geothm-2)
8
Ujian Tengah Semester (UTS), CPMK 1, CPMK 2
Ujian Tengah Semester (bahan ujian, pertemuan 1 – 7)
Pemecahan Masalah
90.00
Mengerjakan soal UTS
9
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
Tugas 4: Energi non konvensional fosil
Tugas 4 (7.5%) - 7.50 %
Tugas Ujian Akhir Semester (7.5%) - 7.50 %
10
Mahasiswa menguasai Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi masa mendatang, Pengelolaan Lingkungan
Pemanfaatan Energi dan Kebijakan Energi, Bencana dan Pengelolaan Lingkungan
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi
Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral Direktot Jendral Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Ene(Dese)
11
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai karakteristik dalam kegiatan pertambangan
Karakteristik kegiatan pertambangan
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
12
Mahasiswa mengetahui Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Ahli Teknik Geologi, Ahli Teknik Pertambangan, dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
Profesi Ahli Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dan Organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Organisasi Profesinya (IATMI, IAGI, PERHAPI)
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
13
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
Tantangan Global dan Energi masa mendatang
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi.
Tugas 5: Tantangan global dan energi masa depan
Sustaining Partnership (2017)
BPPT (2019)
Tugas 5 (7.5%) - 7.50 %
Tugas Ujian Akhir Semester (7.5%) - 7.50 %
14
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
Kuliah Umum Tentang PTKE dari Industri/Pemerintah.
Serba serbi Dunia Kerja dan Dunia Industri
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi
Membahas Tugas 6
Tugas 6 (10%) - 10.00 %
Tugas Ujian Akhir Semester (10%) - 10.00 %
15
Mahasiswa dapat memahami Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
Energi alternatif (Rare earth element, Lithium)
Tutorial
Diskusi
100.00
Ceramah dan diskusi
16
Ujian Akhir Semester (UAS)
Ujian Akhir Semester (Bahan ujian pertemuan 9 – 15)
Pemecahan Masalah
90.00
Mengerjakan soal UAS
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Pengantar Teknologi Kebumian dan Energi (PTKE)
2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
; Monday 13:00:00-14:50:00
Status
Visi dan Misi
:
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2959 Dr. Suherman Dwi Nuryana, S.T., M.T.
Ketua
2023 Dr. Ir. Fajar Hendrasto, Dipl. Geoth, MT
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.4
Minggu ke-3 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas 1 (7.50%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
Minggu ke-6 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (10.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.6
Minggu ke-9 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (7.50%)
HEIGHT
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.3
Minggu ke-5 Assessment: Tugas Ujian Tengah Semester (7.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%)
HEIGHT
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.7
Minggu ke-13 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (7.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas 5 (7.50%)
HEIGHT
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.8
Minggu ke-14 Assessment: Tugas Ujian Akhir Semester (10.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas 6 (10.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.4
7.50%
7.5%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
10.00%
10%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.3
7.50%
7.5%
TOTAL
25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.6
7.50%
7.5%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.7
7.50%
7.5%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.8
10.00%
10%
TOTAL
25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
TOTAL
0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi
M1
M2
M3
M4
M5
M6
M7
M8
M9
M10
M11
M12
M13
M14
TOTAL
CPL
CPMK
Sub CPMK
#A1
#A2
#A3
#A4
#A5
#A6
#A7
#A8
#A9
#A10
#A11
#A12
#A13
#A14
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.4
7.50%
7.5%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
10.00%
10%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.6
7.50%
7.5%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.3
7.50%
7.5%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.7
7.50%
7.5%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.8
10.00%
10%
TOTAL
50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi
Minggu Ke -
TOTAL
M3
M6
M9
M5
M13
M14
Komponen
TUTS
TG1
TUTS
TG3
TUAS
TG4
TUTS
TG2
TUAS
TG5
TUAS
TG6
CPL
CPMK
Sub CPMK
A1
A2
A3
A4
A5
A6
A7
A8
A9
A10
A11
A12
Bobot
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.4
7.50%
7.50%
15%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
10.00%
10.00%
20%
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.6
7.50%
7.50%
15%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.3
7.50%
7.50%
15%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.7
7.50%
7.50%
15%
P.3
P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.8
10.00%
10.00%
20%
TOTAL
7.5
7.5
10
10
7.5
7.5
7.5
7.5
7.5
7.5
10
10
100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
Penjelasan kurang sesuai
Inappropriate explanation
Penjelasan cukup sesuai
Explanation is quite appropriate
Penjelasan sesuai konsep dan tepat
Explanation according to the concept and right
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
2
10.53
A-
4
21.05
B+
9
47.37
B
2
10.53
B-
0
0.00
C+
0
0.00
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
18
0
0
1
94.74
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
4
13
0
2
89.47
P1.CPMK-1.6
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
17
0
0
2
89.47
P3.CPMK-2.3
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
12
6
0
1
94.74
P3.CPMK-2.7
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
17
0
0
2
89.47
P3.CPMK-2.8
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
9
8
0
2
89.47
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa menguasai sejarah perkembangan Teknologi Energi Migas saat ini
TG1
18 (100.00 %)
0
0
0
100 (555.56 %)
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan energi saat ini dan dapat mengetahui Teknologi Energi Laut, Angin, Surya, saat ini dan harapannya
TG3
4 (23.53 %)
13 (76.47 %)
0
0
100 (588.24 %)
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai teori dasar Teknologi Industri Energi Non konvensional fosil
TG4
17 (100.00 %)
0
0
0
100 (588.24 %)
Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan mengenai kegiatan dalam industri pertambangan
TG2
12 (66.67 %)
6 (33.33 %)
0
0
100 (555.56 %)
Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan dan memahami Tantangan Global dan Energi masa mendatang
TG5
17 (100.00 %)
0
0
0
100 (588.24 %)
Mahasiswa dapat memahami Serba serbi dunia kerja dan dunia industri
TG6
9 (52.94 %)
8 (47.06 %)
0
0
100 (588.24 %)
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.7 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.7 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.8 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.8 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.8 Std Mark: 56.00
1
072002400001
FAREAL TAFFARES
85.00
74.00
85.00
80.00
86.00
77.00
2
072002400002
FIRZA YAHYA
88.00
72.00
85.00
74.00
86.00
80.00
3
072002400003
AISHA NURFAHNA PUTRI
85.00
78.00
85.00
76.00
85.00
80.00
4
072002400004
AL HAFID MUHAMMAD
85.00
75.00
85.00
81.00
85.00
78.00
5
072002400005
FEBI ERIKA
85.00
78.00
85.00
81.00
87.00
80.00
6
072002400006
FEVIOLA BUSTAMI
85.00
79.00
85.00
80.00
86.00
83.00
7
072002400007
HANIFAH SYAKIRA NEZARI
88.00
78.00
85.00
79.00
86.00
82.00
8
072002400008
MUHAMMAD SYAHRIL
85.00
79.00
88.00
81.00
86.00
78.00
9
072002400009
RADEN LUTHFI CAHYA KUSUMA
85.00
0.00
0.00
81.00
0.00
0.00
10
072002400010
SAUMA MAULIKA
88.00
78.00
85.00
80.00
85.00
79.00
11
072002400011
SYAHRANI RAHMAWITRI
85.00
78.00
85.00
79.00
86.00
76.00
12
072002400012
WAHYU CHRISTIANTO DAFID
85.00
79.00
85.00
78.00
85.00
79.00
13
072002400014
ABHIRAMA AHMAD RAJENDRA
88.00
76.00
87.00
83.00
86.00
80.00
14
072002400015
AGUNG ADRIAN SIMANJUNTAK
87.00
78.00
85.00
86.00
86.00
83.00
15
072002400016
FARREL MUHAMMAD GAHYAKA
85.00
81.00
85.00
83.00
86.00
83.00
16
072002400017
GABRIELA TESALONICA
86.00
82.00
85.00
78.00
87.00
78.00
17
072002400018
MUHAMMAD AURI RAFFI PAMBUDI
85.00
82.00
85.00
84.00
88.00
78.00
18
072002400019
NAJIHA SALMA AMALIA
85.00
82.00
83.00
80.00
87.00
83.00
19
072002400013
ZORDHY GIBRAN FADHLURRAHMAN
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)