PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Inggris |
Kode Mata Kuliah | : | UBA6202 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 37 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Inggris |
KODE MATA KULIAH | : UBA6202 |
KELAS | : TP-B |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INGGRIS Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
|||
Kode: UBA6202 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional. |
S.2 | Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian. |
P.1 | Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi. |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi |
KU.2 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan. |
KK.1 | Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. |
KK.2 | Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan. |
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KK.4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan strategi dan keterampilan membaca artikel/tulisan dalam bahasa Inggris tentang minyak dan gas bumi. |
S.1 | S1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami tata bahasa (grammar) bahasa Inggris sebagai dasar penguasaan keempat keterampilan berbahasa. |
S.1 | S1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menggunakan strategi dan keterampilan berbicara bahasa Inggris yang terkait dengan bidang minyak dan gas bumi. |
S.1 | S1.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis paragraf dan esai dalam bahasa Inggris tentang minyak dan gas bumi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 |
|
||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 |
|
||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6202 |
Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UBA6202 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Inggris | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
- Vision & Mission of University and Faculty - Classroom routine, rules & regulations - Introduction to teaching-learning process, materials, assessments, and assignments - Self-introduction and needs analysis |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
2 |
|
- Reviewing tenses and parts of speech - Reading an article about ‘Introduction to oil and gas industry’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
3 |
|
- Reviewing active and passive construction within a sentence or paragraph - Reading an article about ‘Jobs in the oil and gas industry’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
4 |
|
- Reviewing gerund and infinitives in a passage - Reading an article about ‘An oil refinery in your country’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
5 |
|
- Reviewing reported speech in a passage - Reading an article on ‘In the oil company and in the oil field’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
6 |
|
- Reviewing conditional sentences (type I, II, & III) - Reading an article on ‘Upstream and downstream’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
7 |
|
- Reviewing degrees of comparison - Reading an article on ‘Improved oil recovery & Finding oil’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
8 |
|
- Reviewing Adjective, noun, and adverbial clause - Reading an article on ‘The history of petrochemicals’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
9 |
|
- Reviewing Simple, compound, and complex sentences - Reading an article on ‘Natural gas’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
10 |
|
- Reviewing Paragraph structure - Reading an article about ‘Safety first in oil and gas industry’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
11 |
|
-- Writing topic sentence, supporting sentences, and concluding sentence - Reading an article about ‘Accidents and emergencies in the oil and gas industry’ |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
12 |
|
- Writing topic sentence, supporting sentences, and concluding sentence - Reading an article on ‘Oil spill & environmental impact |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
13 |
|
- Reviewing oral presentation - Preparing for an oral presentation |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
14 |
|
- Reviewing oral preparation based on the agreed essay - Presenting an essay-based video about PE |
|
100.00 | Discussion & Assignment |
|
|
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Inggris | 070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. | ; Monday 08:00:00-09:50:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. Ketua |
070049 Drs. Suparman Winoto, M.M. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas 2 (10.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas 4 (10.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi (0.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas 1 (10.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.3 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.2 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.3 | Minggu ke-10 Assessment: Tugas 5 (10.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.4 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.5 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | 10.00% | 10% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.4 | 3.00% | 3% | ||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.5 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 30% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 10.00% | 10.00% | 10.00% | 30% | |||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||
M4 | M5 | M6 | M7 | M1 | M2 | M3 | M14 | M13 | M12 | M11 | M10 | M9 | M8 | ||||||
Komponen | TG2 | UTS | TG3 | UTS | TG4 | Disc | TG1 | UTS | UTS | UAS | UAS | UAS | UAS | TG5 | UAS | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 10.00% | 5.00% | 10.00% | 5.00% | 10.00% | 40% | |||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | 0.00% | 10.00% | 5.00% | 15% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.4 | 3.00% | 3% | |||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.5 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||
TOTAL | 10 | 5 | 10 | 5 | 10 | 10 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 5 | 10 | 3 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | TG2 UTS TG3 UTS TG4 |
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | Disc TG1 UTS |
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.3 | UTS |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | UAS |
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | UAS |
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.1 | UAS |
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.2 | UAS |
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.3 | TG5 |
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.4 | UAS |
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.5 | UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country' | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengerti penggunaan gerund &infinitives dari artikel dan mengerti ide pokok dan informasi umum dari artikel terkait PE. Performance Indicator: Understanding the use of gerund and infinitives from the article and getting the main idea and general information from the content related passages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.1 | Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Tanya jawab tentang penggunaan tenses dan parts of speech dari article dan menjelaskan isi dari artikel. Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of tenses and parts of speech in the article and explaining the content of the article |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-2 | S1.CPMK-2.3 | - Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Tanya jawab tentang penggunaan tenses dan parts of speech dari article dan menjelaskan isi dari artikel. Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of tenses and parts of speech in the article and explaining the content of the article |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Tanya jawab terkait penggunaan kalimat aktif dan pasif yang diambil dari artikel dengan menjelaskan isi dari artikel Performance Indicator: Asking and answering questions on the use of active and passive sentences in the article and explaining the content of the article |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-3 | S1.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah. Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah. Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui. Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah. Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui. Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui. Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.4 | Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah. Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui. Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui. Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan degrees of comparison dan konten dari artikel ilmiah tentang dunia perminyakan. Performance Indicator: Analyzing the use of degrees of comparison in sentences from the article and analyzing the content related passages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-4 | S1.CPMK-4.5 | Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mempresentasikan karangan ilmiah dalam bentuk komunikasi lisan berdasarkan topik dalam bidang teknik perminyakan. Performance Indicator: Presenting the essay in the form of oral communication based on the topic in the field of petroleum engineering. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengalihkan format karangan ilmiah menjadi format presentasi ilmiah. Performance Indicator: Converting the essay into a format of an oral presentation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melanjutkan penulisan karangan ilmiah berdasarkan kerangka yang terlah disetujui. Performance Indicator: Continue writing an essay based on the agreed outline. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menuliskan karangan ilmiah berdasarkan kerangkan karangan yang telah disetujui. Performance Indicator: Writing an essay based on the agreed outline |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan degrees of comparison dan konten dari artikel ilmiah tentang dunia perminyakan. Performance Indicator: Analyzing the use of degrees of comparison in sentences from the article and analyzing the content related passages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisis penggunaan tipe-tipe klause yang berbeda dan isi dari artikel dalam bidang perminyakan. Performance Indicator: Analyzing the use of different types of clauses from the article and analyzing the content related passages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country' |
30 | 0 | 1 | 6 | 83.78 |
S1.CPMK-2.1 Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course. |
34 | 1 | 1 | 1 | 97.30 |
S1.CPMK-2.3 - Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan |
0 | 18 | 10 | 9 | 75.68 |
S1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
S1.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'. |
0 | 0 | 0 | 37 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur tata bahasa gerund & infinitives dalam membaca artikel tentang 'an oil refinery in your country' | |||||
UTS | 30 (93.75 %) | 0 | 1 (3.13 %) | 1 (3.13 %) | 96.88 (302.75 %) |
Students will able to understand rules and regulation as well as the material, assessment, and assignments related to this course. | |||||
TG1 | 34 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (294.12 %) |
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan struktur kalimat pasif and aktif dalam membaca materi tentang pekerjaan dalam dunia perminyakan | |||||
UTS | 0 | 18 (56.25 %) | 10 (31.25 %) | 4 (12.50 %) | 87.5 (273.44 %) |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi berbicara dalam mempresentasikan sebuah esai dalam bidang teknik perminyakan. | |||||
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dan strategi presentasi dalam membuat video tentang topik dalam bidang teknik perminyakan. | |||||
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis tiga jenis klausa dengan membaca artikel dengan topik 'the history of petrochemicals'. | |||||
Mahasiswa mampu menganalisis strategi dan keterampilan menulis terkait tiga jenis kalimat melalui bacaan dengan topik 'natural gas'. | |||||
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan strategi dan keterampilan menulis paragraph tentang 'safety first in oil and gas industry'. | |||||
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan menulis dalam membuat kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penyimpul dalam sebuah paragraf terkait topik 'accidents and emergencies in the oil and gas industry'. | |||||
Mahasiswa mampu menganalisis penggunaan keterampilan dan strategi menulis dalam mengevaluasi artikel dengan topik 'oil spill and environmental impact'. |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-4.5 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 071002400032 | MUHAMAD DAVYN NOVRILIANSYAH | 100.00 | 95.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 071002400033 | NAJWA SALSA NABILA | 100.00 | 95.00 | 50.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
3 | 071002400034 | ANDRI RESTU SETIAWAN | 80.00 | 95.00 | 68.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
4 | 071002400035 | DEWI AMALIA NURMALA | 100.00 | 99.00 | 59.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
5 | 071002400036 | EVA AULIYAH HARADIN | 100.00 | 99.00 | 74.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
6 | 071002400037 | INTANIA APRILDILLA AFIS | 100.00 | 99.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
7 | 071002400038 | NAFLA AZZAHRA | 100.00 | 99.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
8 | 071002400039 | ALI ARRIDO ALHADY | 100.00 | 98.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
9 | 071002400040 | ARIFINA NUR INAYAH | 100.00 | 99.00 | 60.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 071002400041 | MUHAMMAD FARSYA NAFIS | 100.00 | 99.00 | 60.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 071002400042 | RIFQI RAKHADIANSYAH | 100.00 | 99.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
12 | 071002400043 | DAFFA LUTHFIAN SURYA PUTRA | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
13 | 071002400044 | FARSYA FATIHATUL NIZMA TATUHEY | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
14 | 071002400045 | HAYKAL AZRILIAN HAMMAS | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
15 | 071002400046 | JENNY ADILA SELA | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
16 | 071002400047 | JIBRAN MUTAWALLI DIPAMUNGKAS | 0.00 | 99.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
17 | 071002400048 | JUAN FARREL PINTO | 100.00 | 100.00 | 50.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
18 | 071002400049 | KEVIN SIMPLY | 100.00 | 100.00 | 57.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
19 | 071002400050 | LOLA LETA PANGGABEAN | 100.00 | 100.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 071002400051 | MUAMMAR KHADAFI SUBHAN | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
21 | 071002400052 | MUHAMMAD FIKRY JULIANA | 80.00 | 99.00 | 50.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
22 | 071002400053 | NAUFAL PENTURY | 100.00 | 99.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
23 | 071002400054 | RACHEL NABILAH CISHANDY PUTRI | 90.00 | 99.00 | 56.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
24 | 071002400055 | RIZKY CHAIRUDDIN | 100.00 | 99.00 | 58.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
25 | 071002400056 | NABILA DESVA AURELIA | 100.00 | 99.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
26 | 071002400057 | RAKHIL KALISHA NAJLA SUBROTO | 60.00 | 99.00 | 64.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
27 | 071002400058 | RENATA FEBRIANTI TUPAN | 100.00 | 99.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
28 | 071002400059 | ABDUL RIZQI RAHMAN | 100.00 | 99.00 | 55.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
29 | 071002400060 | TYO PAKSI BASKORO | 100.00 | 99.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
30 | 071002400061 | WINKA WARDAH HARUM | 100.00 | 99.00 | 64.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
31 | 071002400062 | MARGARETHA ANDINE MAMANGKEY | 100.00 | 100.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
32 | 071002400063 | JOCKY PRATAMA | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
33 | 071002400064 | ZUHIRA AQILA | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
34 | 071002400065 | TEUKU RAFALEE ZAKY | 100.00 | 100.00 | 76.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
35 | 071002300054 | RAYHAN ARYA MAHENDRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
36 | 071001800086 | Prialdi Saimima | 55.00 | 58.00 | 60.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
37 | 071002400067 | JOSUA KEVIN PAULUS ABIDONDIFU | 100.00 | 70.00 | 64.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(070049 Drs. Suparman Winoto, M.M.)