Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pengantar Sistem Informasi
Kode Mata Kuliah : ISS6302
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
Kelas : 02
Dosen : 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 30 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pengantar Sistem Informasi
KODE MATA KULIAH : ISS6302
KELAS : SI-02
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PENGANTAR SISTEM INFORMASI
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISS6302
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 CPMK 9 : Mampu mengidentifikasi berbagai aktivitas terkait perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud; dan menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat.
P.1 P1.CPMK-2 CPMK 8 : Mampu mengidentifikasi berbagai teknik untuk penggunaan informasi dan pengetahuan dalam rangka pengambilan keputusan bisnis dan nilai strategis.
P.1 P1.CPMK-3 CPMK 7 : Mampu memahami berbagai solusi untuk pemecahan berbagai masalah terkait komputasional dan perancangan dasar dengan menggunakan pengembangan SI dengan metodologi, software tool yang sesuai dan berbagai metode inovatif untuk meningkatkan perubahan proses dan organisasi.
P.1 P1.CPMK-4 CPMK 6 : Mampu mengidentifikasi berbagai teknik untuk pengiriman dan pengamanan informasi dalam sebuah organisasi.
P.1 P1.CPMK-5 CPMK 5 : Mampu menjelaskan konsep dasar Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang telah ditentukan.
P.1 P1.CPMK-6 CPMK 4 : Mampu memahami sebuah kasus bisnis dan berbagai solusi SI yang sesuai untuk berbagai masalah bisnis yang umum, berdasarkan komponen, elemen, jenis, dan level yang berbeda dari sistem informasi.
P.1 P1.CPMK-7 CPMK 3 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
P.1 P1.CPMK-8 CPMK 01 : Mampu menjelaskan berbagai komponen, elemen, operasional, dan dampak dari sistem informasi.
P.1 P1.CPMK-9 CPMK 2 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer.
P1.CPMK-1.2 Sub-CPMK 9.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar cloud computing.
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi.
P1.CPMK-2.2 Sub-CPMK 8.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar basis data dan big data.
P1.CPMK-2.3 Sub-CPMK 8.3 : Mampu menjelaskan penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS).
P1.CPMK-2.4 Sub-CPMK 8.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar data analytics dan data science.
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Sub-CPMK 7.1 : Mampu memahami berbagai solusi untuk pemecahan berbagai masalah terkait komputasional dan perancangan dasar dengan menggunakan pengembangan SI dengan metodologi, software tool yang sesuai dan berbagai metode inovatif untuk meningkatkan perubahan proses dan organisasi.
P.1 P1.CPMK-4
P1.CPMK-4.1 Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer.
P1.CPMK-4.2 Sub-CPMK 6.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi.
P.1 P1.CPMK-5
P1.CPMK-5.1 Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan secara singkat tentang Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan.
P.1 P1.CPMK-6
P1.CPMK-6.1 Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana.
P1.CPMK-6.2 Sub-CPMK 4.2: Mampu menjelaskan kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi.
P.1 P1.CPMK-7
P1.CPMK-7.1 Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
P.1 P1.CPMK-8
P1.CPMK-8.1 Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi.
P1.CPMK-8.2 Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware.
P1.CPMK-8.3 Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O.
P1.CPMK-8.4 Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar software.
P1.CPMK-8.5 Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman.
P.1 P1.CPMK-9
P1.CPMK-9.1 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISS6302

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISS6302     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pengantar Sistem Informasi Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi.
Pengantar Sistem Informasi (Bagian 1)
- Infotech
- Jenis-jenis Komputer
- Memahami Komputer
- Arah Teknologi Informasi
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • C. P. Gupta dan K. K. Goyal(2020)
  • Henry C. Lukas Jr.(2000)
  • Peter Norton(2006)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Quiz - 1.50 %
2
  1. Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware.
Hardware (Bagian 1)
- Sejarah Komputer
- Kegunaan Komputer
- Microchips, Miniaturization, and Mobility
- System Unit
- Secondary Storage
- Pengantar Input/Output
- Input
- Output
- Kegunaan Driver Input/Output
- Diskusi
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • C. P. Gupta dan K. K. Goyal(2020)
  • Peter Norton(2006)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Tengah Semester - 1.50 %
  • Quiz - 1.50 %
3
  1. Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O.
Hardware : Sejarah Komputer dan CPU (Bagian 2)
- Hubungan Hardware - Sistem Informasi
- Hirarki Manajemen Organisasi & Sistem Informasi
- Arsitektur Sistem Informasi
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • C. P. Gupta dan K. K. Goyal(2020)
  • Peter Norton(2006)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Quiz - 1.50 %
4
  1. Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar software.
Software Aplikasi, Software System, Information System
- Software Aplikasi
- Jenis Lisensi
- Jenis Software Aplikasi
- Platform App
- Software System
- Sistem Operasi
- Virtualisasi
- Utility
- Sistem Informasi
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • C. P. Gupta dan K. K. Goyal(2020)
  • Peter Norton(2006)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Quiz - 1.50 %
5
  1. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.
  2. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan secara singkat tentang Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan.
  3. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi.
Pengantar Sistem Informasi (Bagian 2)
- Data dan Informasi
- Proses Menjadi Informasi
- Kegunaan Informasi
- Kualitas dan Klasifikasi Informasi
- Sistem dan Sistem Informasi
- Ragam dan Keguanaan Sistem Informasi
- Sistem Informasi Manajemen dan Enterprise System
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • C. P. Gupta dan K. K. Goyal(2020)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Mario Godinez, Eberhard Hechler, Klaus Koenig, Steve Lockwood, Martin Oberhofer, Michael Schroeck(2010)
  • Mehdi Khosrow-Pour(2011)
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
  • Quiz - 4.50 %
6
  1. Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman.
  2. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana.
Software Acquisition dan Bahasa Pemrograman
- Software Acquisition
- Pengantar Bahasa Pemrograman
- Five Generations of Programming Languages
- Programming Languages Used Today
- Object-Oriented and Visual Programming
- Markup and Scripting Languages
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • Peter Norton(2006)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Tengah Semester - 4.50 %
  • Quiz - 3.00 %
7
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
Technopreneurship, Manfaat TIK, dan Prospek SDM TIK
- Pengantar Technopreneurship
- Peranan Pemerintah dan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Semangat Techonopreneurship
- Manfaat TIK
- Contoh Manfaat TIK : Digitalisasi UMKM
- Prospek SDM TIK
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Fidya Shabrina, Anang Dwi Santoso, dan Elisabeth Winda Alfanisa(2019)
  • Heidi M. Neck, Christopher P. Neck, dan Emma L. Murray(2018)
  • Henry C. Lukas Jr.(2000)
  • KELLY(2020)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Siti Marti’ah(2017)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Tengah Semester - 1.50 %
  • Quiz - 1.50 %
8
  1. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer.
  2. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer.
Jaringan Komputer, Internet dan World Wide Web
- Dari Era Analog ke Era Digital
- Penggunaan Praktis Komunikasi
- Media Komunikasi dan Laju Transfer
- Mengirimkan Data
- Jaringan
- Masa Depan Komunikasi
- Cyberethics
- Memilih Perangkat Akses Internet & Koneksi Fisik
- Memilih Penyedia Layanan Internet (ISP)
- Cara Kerja Internet
- Mengirim & Menerima Email, VoIP, OTT
- World Wide Web
- Sumber Daya Internet
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • Henry C. Lukas Jr.(2000)
  • Peter Norton(2006)
  • R. Kelly Rainer Jr. dan Casey G. Cegielski(2011)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Quiz - 4.50 %
9
  1. Sub-CPMK 8.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar basis data dan big data.
Basis Data dan Big Data
- Pengantar Basis Data
- DBMS
- Proses Aplikasi-DB
- Definisi dan Komponen Big Data
- Big Data Analytics
- Teknologi Big Data
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer(2015)
  • Carlos Coronel dan Steven Morris(2019)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Judith Hurwitz, Alan Nugent, Dr. Fern Halper, dan Marcia Kaufman(2013)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
  • Quiz - 1.50 %
10
  1. Sub-CPMK 6.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi.
Keamanan Internet dan Keamanan Informasi
- Pengantar
- Cyber Crime
- Motivasi Serangan
- Praktek Keamanan
- Mekanisme Yang Dibutuhkan
- Ancaman Keamanan Internet
- Keamanan Fisik dan Informasi
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Peter Norton(2006)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Robert A. Szymanski, Donald P. Szymanski, dan Donna M. Pulschen.(1995)
  • Teofilo Gonzalez, Jorge Díaz-Herrera(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Quiz - 1.50 %
11
  1. Sub-CPMK 9.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar cloud computing.
Cloud Computing
- Pendahuluan
- Aspek dan Tujuan Cloud Computing
- Karakteristik
- Model Layanan Cloud
- Virtualisasi
- Tren Cloud Computing
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Nayan B. Ruparelia(2016)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Riko Herwanto, Onno W. Purbo, dan RZ. Abd. Aziz(2020)
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
  • Quiz - 1.50 %
12
  1. Sub-CPMK 4.2: Mampu menjelaskan kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi.
  2. Sub-CPMK 8.3 : Mampu menjelaskan penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS).
Knowledge Management System
- Pendahuluan
- Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge
- Kegunaan KMS
- Ragam KMS
- Contoh Implementasi KMS
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • David E. McNabb(2007)
  • Irma Becerra-Fernandez dan Rajiv Sabherwal(2015)
  • ADEL HAMDAN MOHAMMAD, NEDHAL ABDUL MAJIED AL SAIYD(2012) (Dipublikasikan pada Journal of Theoretical and Applied Information Technology 15 April 2012. Vol. 38)
  • Hsinchun Chen, Sherrilynne S . Fuller, Carol Friedman, William Hersh(2005)
  • Ujian Akhir Semester - 4.50 %
  • Quiz - 4.50 %
13
  1. Sub-CPMK 8.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar data analytics dan data science.
Data Analytics dan Data Scicence
- Business Intelligence and Analytics
- Data Mining dan Data Warehouse
- Kecerdasan Buatan dan Machine Learning
- Data Analytics and Data Science
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Mengerjakan quiz secara daring melalui LMS.
  • Benjamin Bengfort dan Jenny Kim(2016)
  • Drew Bentley(2017)
  • Fransesco Corea(2019)
  • Ralph M. Stair dan George W. Reynolds(2018)
  • Steven S. Skiena(2017)
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Quiz - 1.50 %
14
  1. Sub-CPMK 7.1 : Mampu memahami berbagai solusi untuk pemecahan berbagai masalah terkait komputasional dan perancangan dasar dengan menggunakan pengembangan SI dengan metodologi, software tool yang sesuai dan berbagai metode inovatif untuk meningkatkan perubahan proses dan organisasi.
Pengumpulan dan Presentasi Tugas
- Presentasi Tugas
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS.
- Mempresentasikan Tugas.
  • Tugas - 30.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pengantar Sistem Informasi 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T. ; Thursday 10:10:00-12:30:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-8 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 Minggu ke-12 Assessment: Quiz (3.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (30.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Minggu ke-8 Assessment: Quiz (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz (1.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 Minggu ke-2 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.3 Minggu ke-3 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.4 Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.5 Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 1.50%
1.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 1.50%
1.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.3 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.4 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.5 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 2.00%
2%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 2.00%
2%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 30.00%
30%
TOTAL 30%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M8 M11 M5 M9 M12 M13 M14 M10 M6 M7 M1 M2 M3 M4
Komponen Q UAS Q UAS Q UTS Q UAS Q UAS Q UAS TG Q UAS Q UTS Q UTS UTS Q Q UTS Q UTS Q UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.50%2.50% 4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 1.50%2.50% 4%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 3.00%2.50% 5.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 1.50%3.00% 4.5%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 30.00% 30%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 3.00%2.50% 5.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 1.50%3.00% 4.5%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 1.50%2.50% 4%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 1.50%1.50% 3%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 2.00%1.50% 3.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 1.50%1.50% 3%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.3 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.4 1.50%2.50% 4%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.5 1.50%2.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 1.50%2.00% 3.5%
TOTAL 4.5 5 1.5 2 4.5 6 1.5 2.5 4.5 4.5 1.5 3 30 1.5 3 3 4.5 1.5 1.5 2 1.5 1.5 1.5 1.5 2 1.5 2.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Q UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Q UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Q UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Q UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 Q UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 Q UAS
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 TG
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Q UAS
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 Q UAS
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Q UTS
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 Q UTS
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 UAS Q
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 Q UTS
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 UTS Q
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 Q UTS
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.3 Q UTS
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.4 Q UTS
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.5 Q UTS
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 Q UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi.
Indikator Kinerja: Konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of data-information, system, and variations in information systems can be explained.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan secara singkat tentang Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan.
Indikator Kinerja: Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The recommended Enterprise Systems for a business problem and process can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana.
Indikator Kinerja: Berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Any IS solutions for several simple study cases can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
Indikator Kinerja: Berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The roles, responsibilities, and characteristics of the IS professional can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi.
Indikator Kinerja: Prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer technology and information technology directions can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware.
Indikator Kinerja: Prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer technology and information technology directions can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The history of computer development and the direction of hardware evolution can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.3Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O.
Indikator Kinerja: Prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer technology and information technology directions can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The history of computer development and the direction of hardware evolution can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The hardware components, especially : secondary storage and I/O devices can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.4Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar software.
Indikator Kinerja: Prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer technology and information technology directions can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The history of computer development and the direction of hardware evolution can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The hardware components, especially : secondary storage and I/O devices can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
Indikator Kinerja: Konsep dasar software dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concpets of software can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.5Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman.
Indikator Kinerja: Prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer technology and information technology directions can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The history of computer development and the direction of hardware evolution can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The hardware components, especially : secondary storage and I/O devices can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
Indikator Kinerja: Konsep dasar software dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concpets of software can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
Indikator Kinerja: Konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of software acquisition and programming languages can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Sub-CPMK 9.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar cloud computing.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Sub-CPMK 8.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar basis data dan big data.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3Sub-CPMK 8.3 : Mampu menjelaskan penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS).
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Database usage in Knowledge Management System (KMS) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4Sub-CPMK 8.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar data analytics dan data science.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Database usage in Knowledge Management System (KMS) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar data analytics dan data science dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of data analytics and data science can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Database usage in Knowledge Management System (KMS) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar data analytics dan data science dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of data analytics and data science can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer network and communication can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2Sub-CPMK 6.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Database usage in Knowledge Management System (KMS) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar data analytics dan data science dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of data analytics and data science can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer network and communication can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of internet security and information security can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2Sub-CPMK 4.2: Mampu menjelaskan kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi.
Indikator Kinerja: Berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi dapat dijelaskan.
Performance Indicator: The dimensions, characteristics and value of quality information can be explained correcty.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Hardware usage in computer network planning and architecture can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar cloud computing dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of cloud computing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar basis data dan big data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of database and big data can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Database usage in Knowledge Management System (KMS) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar data analytics dan data science dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of data analytics and data science can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of computer network and communication can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The basic concepts of internet security and information security can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
Indikator Kinerja: Kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The benefit of Knowledge Management System (KMS) as an IS solution for organization can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
0.00/Fail 0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 1.00/Pass
Jawaban Quiz salah.
Incorrect answer for Quiz.
25% jawaban Quiz benar.
25% answer for Quiz is correct.
50% jawaban Quiz benar.
50% answer for Quiz is correct.
75% jawaban Quiz benar.
75% answer for Quiz is correct.
100% jawaban Quiz benar.
100% answer for Quiz is correct.
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-1.2
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar cloud computing.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-2.1
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi.
18 7 0 3 89.29
P1.CPMK-2.2
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar basis data dan big data.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-2.3
Sub-CPMK 8.3 : Mampu menjelaskan penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS).
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-2.4
Sub-CPMK 8.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar data analytics dan data science.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-3.1
Sub-CPMK 7.1 : Mampu memahami berbagai solusi untuk pemecahan berbagai masalah terkait komputasional dan perancangan dasar dengan menggunakan pengembangan SI dengan metodologi, software tool yang sesuai dan berbagai metode inovatif untuk meningkatkan perubahan proses dan organisasi.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-4.1
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-4.2
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-5.1
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan secara singkat tentang Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan.
18 7 0 3 89.29
P1.CPMK-6.1
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana.
28 0 0 0 100.00
P1.CPMK-6.2
Sub-CPMK 4.2: Mampu menjelaskan kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi.
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-7.1
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
18 0 7 3 89.29
P1.CPMK-8.1
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi.
13 13 0 2 92.86
P1.CPMK-8.2
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware.
18 0 10 0 100.00
P1.CPMK-8.3
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O.
4 18 0 6 78.57
P1.CPMK-8.4
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar software.
23 0 4 1 96.43
P1.CPMK-8.5
Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman.
14 10 0 4 85.71
P1.CPMK-9.1
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.
12 10 0 6 78.57
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan penggunaan hardware dalam perencanaan dan arsitektur jaringan komputer.
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar cloud computing.
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar data-informasi, sistem, dan ragam sistem informasi.
UTS18
(64.29 %)
7
(25.00 %)
03
(10.71 %)
89.29
(318.89 %)
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar basis data dan big data.
Sub-CPMK 8.3 : Mampu menjelaskan penggunaan basis data dalam Knowledge Management System (KMS).
Sub-CPMK 8.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar data analytics dan data science.
Sub-CPMK 7.1 : Mampu memahami berbagai solusi untuk pemecahan berbagai masalah terkait komputasional dan perancangan dasar dengan menggunakan pengembangan SI dengan metodologi, software tool yang sesuai dan berbagai metode inovatif untuk meningkatkan perubahan proses dan organisasi.
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep dasar jaringan dan komunikasi komputer.
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menjelaskan konsep dasar keamanan internet dan keamanan informasi.
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan secara singkat tentang Enterprise System untuk sebuah masalah dan proses bisnis yang direkomendasikan.
UTS18
(64.29 %)
7
(25.00 %)
03
(10.71 %)
89.29
(318.89 %)
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan berbagai solusi SI untuk beberapa studi kasus sederhana.
UTS28
(100.00 %)
000100
(357.14 %)
Sub-CPMK 4.2: Mampu menjelaskan kegunaan Knowledge Management System (KMS) sebagai suatu solusi SI bagi organisasi.
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan berbagai peran, tanggung jawab, dan karakteristik dari tenaga profesional sistem informasi.
UTS18
(64.29 %)
07
(25.00 %)
3
(10.71 %)
89.29
(318.89 %)
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi komputer dan arah teknologi informasi.
UTS13
(46.43 %)
13
(46.43 %)
02
(7.14 %)
92.86
(331.64 %)
Sub-CPMK 1.2 : Mampu menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan arah perkembangan hardware.
UTS18
(64.29 %)
010
(35.71 %)
0100
(357.14 %)
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan komponen hardware, khususnya : secondary storage dan perangkat I/O.
UTS4
(14.29 %)
18
(64.29 %)
06
(21.43 %)
78.57
(280.61 %)
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menjelaskan konsep dasar software.
UTS23
(82.14 %)
04
(14.29 %)
1
(3.57 %)
96.43
(344.39 %)
Sub-CPMK 1.5 : Mampu menjelaskan konsep dasar software acquisition dan bahasa pemrograman.
UTS14
(50.00 %)
10
(35.71 %)
04
(14.29 %)
85.71
(306.11 %)
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan berbagai dimensi, karakteristik, dan nilai manfaat dari kualitas informasi.
UTS12
(42.86 %)
10
(35.71 %)
06
(21.43 %)
78.57
(280.61 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.1 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.2 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.3 Perpenilaian
Gambar 19. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.4 Perpenilaian
Gambar 20. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.5 Perpenilaian
Gambar 21. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.1 Perpenilaian
Gambar 22. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-6.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-7.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.5
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-9.1
Std Mark: 56.00
1 065002400028 IFKI LUTFI 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.0066.67100.00100.0075.0080.00100.00100.00
2 065002400029 MARVEL CORNELIUS SUTANTO 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.00100.0080.000.00100.00100.00100.0075.0080.0075.00100.00
3 065002400030 MUHAMMAD TITO ALDIYANTO 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.00100.0075.00100.0075.0080.00100.0050.00
4 065002400031 FATHIR MUHAMMAD FAHREZI 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.00100.0075.00100.0075.00100.00100.0075.00
5 065002400032 VALENTINO ROBERTHO NAUW 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.00100.0075.00100.00100.0075.00
6 065002400034 FAIZ HILAL SATRIA 0.000.0025.000.000.000.000.000.000.0050.0080.000.0033.33100.00100.0025.0060.0050.0025.00
7 065002400035 SILVIANA AGUSTIN 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.00100.00100.00100.0075.00100.0075.0075.00
8 065002400036 ABDUL HIKAM WIJAYA 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.0066.6775.00100.0075.00100.00
9 065002400037 DAMAR AMIEN NURSYAM 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.00100.00100.00100.0075.00100.00100.0075.00
10 065002400038 HASNA CHOIRUNNISA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.0075.00100.0075.0060.00100.0075.00
11 065002400039 ADIL WUDLANID 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.0066.6775.00100.0050.0080.0075.0075.00
12 065002400040 SHALWA RIDANI ANDI THOLIB 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.0066.67100.00100.0075.00100.00100.00100.00
13 065002400041 MUHAMAD TEGAR UTOMO 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.0075.0066.6775.00100.00100.0075.00
14 065002400042 AKBAR FARRAS SYAHPUTRA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.00100.0075.0066.6725.0060.0050.0025.00
15 065002400043 ALIVIENDY MAHESWARA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.0075.0066.6775.00100.0075.00100.00
16 065002400044 MUHAMMAD RIZKI RAMDANI 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.0075.00100.0075.00100.00100.00100.00
17 065002400045 ALZIDAN RADITYA PRANATA 0.000.0050.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.0066.6775.00100.00100.0020.0075.00100.00
18 065002400046 SONIA MAULA ISMAIL 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.000.0075.0066.670.0060.0050.0025.00
19 065002400047 ANANG SAPUTRA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.0080.000.00100.0075.00100.0075.0080.00100.0075.00
20 065002400049 SARAH SHEILA MAZAYYA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0025.00100.000.0066.6725.00100.0050.0080.0075.0025.00
21 065002400050 GHANDUR HANAN ANARGYA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.0066.6775.00100.00100.00100.00
22 065002400051 CANNIA FARA HERMANSYAH 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.0075.00100.000.0066.67100.0066.6775.0080.00100.00100.00
23 065002400052 OLIVIA EGLA MANESA SIHALOHO 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.0066.67100.00100.0075.00100.00
24 065002400053 SHAFA AGUSTYA PUTRI PRACAYA 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.0066.6775.00100.0075.00100.00100.0075.00
25 065002400054 FARIS NAUFALINTO 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.0066.6775.00100.0075.00100.00
26 065002400055 M. GIBRAN EL NAZIR ADAM 0.000.0075.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.0075.00100.00100.00100.00100.0075.00
27 065002400057 ADE NAUFAL FATHUDIN 0.000.00100.000.000.000.000.000.000.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.0080.0075.00100.00
28 065002400060 FAJAR JAMAL ARIFIN 0.000.0050.000.000.000.000.000.000.0050.00100.000.0033.3350.0066.6750.00100.0050.0050.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.)