PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Berorientasi Objek |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6316 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 2 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Berorientasi Objek |
KODE MATA KULIAH | : IKS6316 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6316 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | CPMK 15 : Mampu mengaplikasikan Class String. |
P.1 | P1.CPMK-2 | CPMK 11 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. |
P.1 | P1.CPMK-3 | CPMK 14 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK. |
P.1 | P1.CPMK-4 | CPMK 13 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. |
P.1 | P1.CPMK-5 | CPMK 12 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya. |
P.1 | P1.CPMK-6 | CPMK 10 : Mampu mengaplikasikan exception handling. |
P.1 | P1.CPMK-7 | CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object. |
P.1 | P1.CPMK-8 | CPMK 8 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas. |
P.1 | P1.CPMK-9 | CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan polymorphism. |
P.1 | P1.CPMK-10 | CPMK 6 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface). |
P.1 | P1.CPMK-11 | CPMK 5 : Mampu merancang inheritance dan dependency management. |
P.1 | P1.CPMK-12 | CPMK 4 : Mampu merancang encapsulation. |
P.1 | P1.CPMK-13 | CPMK 3 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging. |
P.1 | P1.CPMK-14 | CPMK 2 : Mampu menggunakan instantiation modalities. |
P.1 | P1.CPMK-15 | CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method). |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-11 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-12 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-13 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-14 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6316 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6316 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 1) - Dekomposisi problem menggunakan pendekatan terstruktur dan berorientasi objek - Empat prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism - Kelebihan OOP - Perintah Input/Output dalam bahasa JAVA - Why JAVA ? |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 2) - Class, Object, Variable - Tipe Data - Operator - Control Flow - Diskusi |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
3 |
|
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 3) - Constructor - Method - Access Level : private, public, protected - Encapsulation - UML : Class Diagram - Membuat Object dan Menjalankan Method - UML : Object Diagram Praktikum : Modul 1 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
4 |
|
Quiz 1 dan Pembahasan - Quiz 1 - Pembahasan Praktikum : Modul 2 |
|
150.00 | - Mengerjakan Quiz melalui LMS. - Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
5 |
|
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 4) - Method Overloading - Pemakaian keyword "this" (akses atribut, memanggil constructor) - Instance Member dan Class Member (Static Modifier) - "import" Statements - Inner Class and Outer Class Praktikum : Modul 3 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
6 |
|
Array dan Array of Objects - Struktur Array Bertipe Data Primitive - Operasi Mengakses Sel-sel Array - Array 2 Dimensi - Struktur Array Bertipe Data Object - Passing Array Praktikum : Modul 4 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
7 |
|
Quiz 2 dan Pembahasan - Quiz 2 - Pembahasan Praktikum : Modul 5 |
|
150.00 | - Mengerjakan Quiz melalui LMS. - Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
8 |
|
ArrayList and Encapsulation - Definsi Linked List dan ArrayList - Method Dalam Linked List dan ArrayList - Contoh Program Menggunakan Linked List dan ArrayList - Encapsulation (Lanjutan) Praktikum : Modul 6 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
9 |
|
Inheritance - Konsep Dasar Inheritance (relasi is-a) - Implementasi Inheritance Dalam Program - Keterkaitan Konstruktor Super Class dan Subclass - Diagram UML Dari Relasi Inheritance Praktikum : Modul 7 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
10 |
|
Overriding Method, Polymorphism, dan Class Object - Overriding Method - Konsep Polymorphism dan Implementasinya - Class Object Praktikum : Modul 8 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
11 |
|
Quiz 3 dan Pembahasan - Quiz 3 - Pembahasan Praktikum : Modul 9 |
|
150.00 | - Mengerjakan Quiz melalui LMS. - Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
12 |
|
Abstract Class, Abstract Method, Interface, dan Package - Konsep Abstraction - Abstract Class - Abstract Method - Interface - Package Praktikum : Modul 10 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
13 |
|
Konsep Dependency-Association-Aggregation-Composition, Konsep Penanganan Exception, dan Generic Programming - Konsep Dependency-Association-Aggregation-Composition - Exception Handling - Pentingnya Generic Programming - List - Collection Methods |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
14 |
|
Quiz 4 dan Pembahasan & Presentasi Tugas - Quiz 4 - Pembahasan - Pengumpulan dan Presentasi Tugas |
|
150.00 | - Mengerjakan Quiz melalui LMS. - Mendapatkan pembahasan Quiz dari dosen. - Mengumpulkan Tugas melalui LMS dan mempresentasikannya. |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Berorientasi Objek | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ; Friday 13:30:00-15:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (17.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.2 | Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.75%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.2 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.2 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.2 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.25%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.2 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.50%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.25%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.3 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.4 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | 2.50% | 4.00% | 6.5% | |||||
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.1 | 2.00% | 5.00% | 7% | |||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.3 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.1 | 3.00% | 2.00% | 5% | |||||
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 17.50% | 17.5% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||
M7 | M13 | M14 | M3 | M12 | M9 | M6 | M10 | M11 | M8 | M4 | M5 | M1 | M2 | |||||||||||||||
Komponen | PRK | Q | UAS | Q | TG | PRK | UTS | PRK | UAS | PRK | UAS | UTS | PRK | PRK | UAS | Q | PRK | UAS | PRK | Q | PRK | UTS | PRK | UTS | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.00% | 1.00% | 3% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 17.50% | 17.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 3.00% | 1.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | 0.75% | 0.75% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 1.00% | 5.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | 0.75% | 0.75% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | 4.00% | 1.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | 0.75% | 0.75% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | 0.75% | 0.75% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.1 | 2.00% | 1.00% | 3.00% | 1.00% | 7% | |||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.2 | 0.75% | 0.75% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.1 | 1.00% | 3.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.2 | 0.50% | 0.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | 1.00% | 2.50% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 4.00% | 13.5% | ||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.2 | 0.50% | 0.5% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.1 | 2.50% | 1.00% | 3.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.2 | 0.25% | 0.25% | ||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.1 | 1.00% | 2.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.2 | 0.25% | 1.50% | 1.50% | 3.25% | ||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.3 | 1.00% | 4.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.4 | 1.50% | 1.5% | ||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 1.5 | 3 | 7 | 5 | 20 | 1.5 | 5 | 1.5 | 4 | 1.5 | 3 | 5 | 1.5 | 1.5 | 6 | 4 | 1.5 | 5 | 1.5 | 3 | 1.5 | 8 | 1.5 | 2 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | TG |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | TG |
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.1 | UAS Q UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.2 | PRK PRK |
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | UTS Q UTS Q UAS UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.1 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.1 | UTS UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.2 | PRK PRK PRK |
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.3 | UTS Q |
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.4 | PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep array dan array of object dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of array and array of objects can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep intra-entity communication and messaging dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of intra-entity communication and messaging can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-14 | P1.CPMK-14.1 | Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep instantiation modalities dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of instantiation modalities can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.1 | Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-15 | P1.CPMK-15.3 | Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface). | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-11 | P1.CPMK-11.1 | Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-12 | P1.CPMK-12.1 | Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep encapsulation dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of encapsulation can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-13 | P1.CPMK-13.1 | Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat. Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep encapsulation dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of encapsulation can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep intra-entity communication and messaging dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of intra-entity communication and messaging can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-2.1 Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-3.1 Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-4.1 Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-5.1 Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-6.1 Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-6.2 Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-7.1 Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object. |
1 | 0 | 0 | 1 | 50.00 |
P1.CPMK-7.2 Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-8.1 Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-8.2 Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-9.1 Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-9.2 Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-10.1 Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface). |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-10.2 Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface). |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-11.1 Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-11.2 Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-12.1 Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-12.2 Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-13.1 Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging. |
1 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-13.2 Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-14.1 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities. |
1 | 0 | 0 | 1 | 50.00 |
P1.CPMK-14.2 Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-15.1 Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class. |
1 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-15.2 Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-15.3 Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
P1.CPMK-15.4 Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class. |
0 | 0 | 0 | 2 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String. | |||||
Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming. | |||||
Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK. | |||||
Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana. | |||||
Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya. | |||||
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling. | |||||
Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling. | |||||
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object. | |||||
UTS | 1 (50.00 %) | 0 | 0 | 1 (50.00 %) | 50 (2,500.00 %) |
Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object. | |||||
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas. | |||||
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas. | |||||
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism. | |||||
Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism. | |||||
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface). | |||||
Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface). | |||||
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management. | |||||
Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management. | |||||
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation. | |||||
Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation. | |||||
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging. | |||||
UTS | 1 (50.00 %) | 0 | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging. | |||||
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities. | |||||
UTS | 1 (50.00 %) | 0 | 0 | 1 (50.00 %) | 50 (2,500.00 %) |
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities. | |||||
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class. | |||||
UTS | 1 (50.00 %) | 0 | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class. | |||||
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 2 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class. |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-6.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-7.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-8.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-8.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-9.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-9.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-10.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-10.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-11.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-11.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-12.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-12.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-13.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-13.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-14.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-14.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-15.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-15.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-15.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-15.4 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002000004 | RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 25.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 50.00 | 0.00 | 64.29 | 0.00 | 50.00 | 0.00 |
2 | 065002000021 | FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 61.54 | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 50.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)