Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Kode Mata Kuliah : IKS6316
Tim Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Kelas : 01
Dosen : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 2 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Berorientasi Objek
KODE MATA KULIAH : IKS6316
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKS6316
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 CPMK 15 : Mampu mengaplikasikan Class String.
P.1 P1.CPMK-2 CPMK 11 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
P.1 P1.CPMK-3 CPMK 14 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK.
P.1 P1.CPMK-4 CPMK 13 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak.
P.1 P1.CPMK-5 CPMK 12 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya.
P.1 P1.CPMK-6 CPMK 10 : Mampu mengaplikasikan exception handling.
P.1 P1.CPMK-7 CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object.
P.1 P1.CPMK-8 CPMK 8 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas.
P.1 P1.CPMK-9 CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan polymorphism.
P.1 P1.CPMK-10 CPMK 6 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface).
P.1 P1.CPMK-11 CPMK 5 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
P.1 P1.CPMK-12 CPMK 4 : Mampu merancang encapsulation.
P.1 P1.CPMK-13 CPMK 3 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging.
P.1 P1.CPMK-14 CPMK 2 : Mampu menggunakan instantiation modalities.
P.1 P1.CPMK-15 CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method).
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String.
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK.
P.1 P1.CPMK-4
P1.CPMK-4.1 Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana.
P.1 P1.CPMK-5
P1.CPMK-5.1 Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya.
P.1 P1.CPMK-6
P1.CPMK-6.1 Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
P1.CPMK-6.2 Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling.
P.1 P1.CPMK-7
P1.CPMK-7.1 Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
P1.CPMK-7.2 Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object.
P.1 P1.CPMK-8
P1.CPMK-8.1 Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
P1.CPMK-8.2 Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas.
P.1 P1.CPMK-9
P1.CPMK-9.1 Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
P1.CPMK-9.2 Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism.
P.1 P1.CPMK-10
P1.CPMK-10.1 Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
P1.CPMK-10.2 Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface).
P.1 P1.CPMK-11
P1.CPMK-11.1 Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
P1.CPMK-11.2 Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
P.1 P1.CPMK-12
P1.CPMK-12.1 Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
P1.CPMK-12.2 Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation.
P.1 P1.CPMK-13
P1.CPMK-13.1 Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
P1.CPMK-13.2 Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging.
P.1 P1.CPMK-14
P1.CPMK-14.1 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
P1.CPMK-14.2 Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities.
P.1 P1.CPMK-15
P1.CPMK-15.1 Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
P1.CPMK-15.2 Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
P1.CPMK-15.3 Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
P1.CPMK-15.4 Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6316

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKS6316     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 1)
- Dekomposisi problem menggunakan pendekatan terstruktur dan berorientasi objek
- Empat prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism
- Kelebihan OOP
- Perintah Input/Output dalam bahasa JAVA
- Why JAVA ?
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 1-16, 17-34)
  • Eko Hariyanto dan Indri Sulistianingsih(2019) (Halaman : 1-8)
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 2)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 1)
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
  1. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 2)
- Class, Object, Variable
- Tipe Data
- Operator
- Control Flow
- Diskusi
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 85-105, 125-141)
  • Eko Hariyanto dan Indri Sulistianingsih(2019) (Halaman : 25-35, 41-48, 59-68)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : 1-6, 230-273, 283-320)
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 2, Chapter 3, Chapter 4, Chapter 5, Chapter 6)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 2)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
3
  1. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
  2. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  3. Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK.
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 3)
- Constructor
- Method
- Access Level : private, public, protected
- Encapsulation
- UML : Class Diagram
- Membuat Object dan Menjalankan Method
- UML : Object Diagram

Praktikum : Modul 1
  • Kolaborative
  • Percobaan
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 170-180)
  • Eko Hariyanto dan Indri Sulistianingsih(2019) (Halaman : 94-100)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : 7-8, 170-229)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 3, Chapter 6)
  • Vascaran Sarcar(2016) (Chapter 2)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
4
  1. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
  2. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
  3. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  4. Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
Quiz 1 dan Pembahasan
- Quiz 1
- Pembahasan

Praktikum : Modul 2
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Pemecahan Masalah
150.00 - Mengerjakan Quiz melalui LMS.
- Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Praktikum - 1.50 %
  • Quiz - 3.00 %
5
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  2. Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
  3. Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
Pengantar OOP dan JAVA (Bagian 4)
- Method Overloading
- Pemakaian keyword "this" (akses atribut, memanggil constructor)
- Instance Member dan Class Member (Static Modifier)
- "import" Statements
- Inner Class and Outer Class

Praktikum : Modul 3
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 141-169)
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 267-276)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : JAVA)
  • Vascaran Sarcar(2016) (Chapter 2, Chapter 4)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 8.00 %
6
  1. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
  2. Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
  3. Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities.
  4. Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging.
  5. Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation.
Array dan Array of Objects
- Struktur Array Bertipe Data Primitive
- Operasi Mengakses Sel-sel Array
- Array 2 Dimensi
- Struktur Array Bertipe Data Object
- Passing Array

Praktikum : Modul 4
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 109-124)
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 393-422)
  • Eko Hariyanto dan Indri Sulistianingsih(2019) (Halaman : 69-83)
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 3)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : 369-405)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
7
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  2. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
  3. Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String.
  4. Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
Quiz 2 dan Pembahasan
- Quiz 2
- Pembahasan

Praktikum : Modul 5
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengerjakan Quiz melalui LMS.
- Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Praktikum - 1.50 %
  • Quiz - 3.00 %
8
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  2. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
  3. Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class.
ArrayList and Encapsulation
- Definsi Linked List dan ArrayList
- Method Dalam Linked List dan ArrayList
- Contoh Program Menggunakan Linked List dan ArrayList
- Encapsulation (Lanjutan)

Praktikum : Modul 6
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Cay S. Horstmann(2021) (Halaman : 497-530)
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 423-436, 437-447)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : 446-448)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 5)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
  2. Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
  3. Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling.
Inheritance
- Konsep Dasar Inheritance (relasi is-a)
- Implementasi Inheritance Dalam Program
- Keterkaitan Konstruktor Super Class dan Subclass
- Diagram UML Dari Relasi Inheritance

Praktikum : Modul 7
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 277-296)
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 8)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : 467-502)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 3)
  • Vascaran Sarcar(2016) (Chapter 3)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  2. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
  3. Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object.
  4. Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
Overriding Method, Polymorphism, dan Class Object
- Overriding Method
- Konsep Polymorphism dan Implementasinya
- Class Object

Praktikum : Modul 8
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 315-338)
  • Joyce Farrel(2019) (Halaman : JAVA)
  • Vascaran Sarcar(2016) (Chapter 5)
  • Vascaran Sarcar(2016) (Chapter 6, Chapter 7, Chapter 8)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 6.00 %
11
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
  2. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
  3. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
  4. Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface).
  5. Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism.
  6. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
Quiz 3 dan Pembahasan
- Quiz 3
- Pembahasan

Praktikum : Modul 9
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengerjakan Quiz melalui LMS.
- Mendapatkan pembahasan quiz dari dosen.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Praktikum - 1.50 %
  • Quiz - 4.00 %
12
  1. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
  2. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
  3. Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya.
Abstract Class, Abstract Method, Interface, dan Package
- Konsep Abstraction
- Abstract Class
- Abstract Method
- Interface
- Package

Praktikum : Modul 10
  • Kolaborative
  • Percobaan
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Doug Lowe(2017) (Halaman : 299-314)
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 9)
  • Praktikum - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
  1. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
  2. Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
  3. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
Konsep Dependency-Association-Aggregation-Composition, Konsep Penanganan Exception, dan Generic Programming
- Konsep Dependency-Association-Aggregation-Composition
- Exception Handling
- Pentingnya Generic Programming
- List
- Collection Methods
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Herbert Schildt(2019) (Chapter 14)
  • Sufyan bin Uzayr(2022) (Chapter 3)
  • Ujian Akhir Semester - 7.00 %
14
  1. Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana.
  2. Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas.
  3. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
  4. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
  5. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
  6. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
  7. Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
Quiz 4 dan Pembahasan & Presentasi Tugas
- Quiz 4
- Pembahasan
- Pengumpulan dan Presentasi Tugas
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengerjakan Quiz melalui LMS.
- Mendapatkan pembahasan Quiz dari dosen.
- Mengumpulkan Tugas melalui LMS dan mempresentasikannya.
  • Quiz - 5.00 %
  • Tugas - 20.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Berorientasi Objek 3088 Agus Salim, S.T., M.T. ; Friday 13:30:00-15:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
3088 Agus Salim, S.T., M.T. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (17.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.1 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.2 Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.75%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.2 Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.2 Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.2 Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.25%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.2 Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.25%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.3 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.4 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1 2.50%
4.00%
6.5%
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.1 2.00%
5.00%
7%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.3 4.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.1 3.00%
2.00%
5%
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1 2.00%
2.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 17.50%
17.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 2.50%
2.5%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M7 M13 M14 M3 M12 M9 M6 M10 M11 M8 M4 M5 M1 M2
Komponen PRK Q UAS Q TG PRK UTS PRK UAS PRK UAS UTS PRK PRK UAS Q PRK UAS PRK Q PRK UTS PRK UTS UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.50% 1.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.00%1.00% 3%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 1.50% 1.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 17.50% 17.5%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 1.50% 1.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 3.00%1.00% 4%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 1.00%5.00% 6%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 1.00%2.00% 3%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 4.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 1.00%2.00% 3%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.1 2.00%1.00%3.00%1.00% 7%
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.2 0.75%0.75% 1.5%
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.1 1.00%3.00% 4%
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.2 0.50% 0.5%
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1 1.00%2.50%2.00%1.00%2.00%1.00%4.00% 13.5%
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.2 0.50% 0.5%
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.1 2.50%1.00% 3.5%
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.2 0.25% 0.25%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.1 1.00%2.00%5.00% 8%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.2 0.25%1.50%1.50% 3.25%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.3 1.00%4.00% 5%
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.4 1.50% 1.5%
TOTAL 1.5 3 7 5 20 1.5 5 1.5 4 1.5 3 5 1.5 1.5 6 4 1.5 5 1.5 3 1.5 8 1.5 2 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 PRK
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 PRK
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 TG
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 PRK
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 PRK
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 UTS Q
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 PRK
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 TG
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 PRK
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 PRK
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.1 UAS Q UAS Q
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.2 PRK PRK
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.1 UAS Q
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.2 PRK
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1 UTS Q UTS Q UAS UAS Q
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.2 PRK
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.1 UTS Q
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.2 PRK
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.1 UTS UTS Q
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.2 PRK PRK PRK
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.3 UTS Q
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.4 PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
Indikator Kinerja: Konsep array dan array of object dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of array and array of objects can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
Indikator Kinerja: Konsep intra-entity communication and messaging dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of intra-entity communication and messaging can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-14 P1.CPMK-14.1Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
Indikator Kinerja: Konsep instantiation modalities dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of instantiation modalities can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.1Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-15 P1.CPMK-15.3Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-11 P1.CPMK-11.1Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-12 P1.CPMK-12.1Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep encapsulation dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of encapsulation can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-13 P1.CPMK-13.1Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
Indikator Kinerja: Berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Fundamental elements of objects and classes (including : variables, constructors, methods), including : characteristics of object and class; and relation between classes can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep Inner Class dan Outer Class dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of Inner Class and Outer Class can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penggunaan Generics Programming dapat diidentifikasi dengan tepat.
Performance Indicator: The use of Generics Programming can be identified correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep exception handling dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of exception handling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep object dan class untuk pemodelan entitas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of objects and classes for entity modeling can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep polymorphism dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of polymorphism can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep abstraction (abstract class dan interface) capat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of abstraction (abstract class and interface) can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep inheritance dan dependency management dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of inheritance and dependency management can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep encapsulation dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of encapsulation can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep intra-entity communication and messaging dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of intra-entity communication and messaging can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-2.1
Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-3.1
Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-4.1
Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-5.1
Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-6.1
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-6.2
Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-7.1
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
1 0 0 1 50.00
P1.CPMK-7.2
Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-8.1
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-8.2
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-9.1
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-9.2
Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-10.1
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-10.2
Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface).
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-11.1
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-11.2
Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-12.1
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-12.2
Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-13.1
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
1 0 1 0 100.00
P1.CPMK-13.2
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-14.1
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
1 0 0 1 50.00
P1.CPMK-14.2
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-15.1
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
1 0 1 0 100.00
P1.CPMK-15.2
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-15.3
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
0 0 0 2 0.00
P1.CPMK-15.4
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class.
0 0 0 2 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Sub-CPMK 15.1 : Mampu mengaplikasikan Class String.
Sub-CPMK 11.1 : Mampu mengidentifikasi penggunaan Generics Programming.
Sub-CPMK 14.1 : Mampu melakukan instalasi dan konfigurasi JSDK.
Sub-CPMK 13.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak secara sederhana.
Sub-CPMK 12.1 : Mampu menerapkan penggunaan konsep OOP pada bahasa pemrograman lainnya.
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menjelaskan konsep exception handling.
Sub-CPMK 10.2 : Mampu mengaplikasikan exception handling.
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep array dan array of object.
UTS1
(50.00 %)
001
(50.00 %)
50
(2,500.00 %)
Sub-CPMK 9.2 : Mampu mengaplikasikan array dan array of object.
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep object dan class untuk pemodelan entitas.
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menggunakan object dan class untuk pemodelan entitas.
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep polymorphism.
Sub-CPMK 7.2 : Mampu mengaplikasikan polymorphism.
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menjelaskan konsep abstraction (abstract class dan interface).
Sub-CPMK 6.2 : Mampu merancang abstraction (abstract class dan interface).
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep inheritance dan dependency management.
Sub-CPMK 5.2 : Mampu merancang inheritance dan dependency management.
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan konsep encapsulation.
Sub-CPMK 4.2 : Mampu merancang encapsulation.
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep intra-entity communication and messaging.
UTS1
(50.00 %)
01
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menggunakan intra-entity communication and messaging.
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep instantiation modalities.
UTS1
(50.00 %)
001
(50.00 %)
50
(2,500.00 %)
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan instantiation modalities.
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class; dan hubungan antar class.
UTS1
(50.00 %)
01
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method), termasuk : karakteristik object dan class.
Sub-CPMK 1.3 : Mampu menjelaskan konsep Inner Class dan Outer Class.
UTS0002
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Sub-CPMK 1.4 : Mampu menggunakan konsep Inner Class dan Outer Class.

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-7.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-7.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.1 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.2 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-10.1 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-10.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-10.2 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-10.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-11.1 Perpenilaian
Gambar 19. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-11.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-11.2 Perpenilaian
Gambar 20. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-11.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-12.1 Perpenilaian
Gambar 21. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-12.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-12.2 Perpenilaian
Gambar 22. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-12.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-13.1 Perpenilaian
Gambar 23. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-13.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-13.2 Perpenilaian
Gambar 24. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-13.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-14.1 Perpenilaian
Gambar 25. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-14.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-14.2 Perpenilaian
Gambar 26. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-14.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-15.1 Perpenilaian
Gambar 27. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-15.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-15.2 Perpenilaian
Gambar 28. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-15.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-15.3 Perpenilaian
Gambar 29. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-15.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-15.4 Perpenilaian
Gambar 30. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-15.4 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-6.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-7.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-7.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-8.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-9.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-9.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-10.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-10.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-11.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-11.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-12.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-12.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-13.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-13.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-14.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-14.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-15.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-15.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-15.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-15.4
Std Mark: 56.00
1 065002000004 RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN 0.000.000.000.000.000.000.0025.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00100.000.0050.000.0064.290.0050.000.00
2 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.000.000.000.00100.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.0061.540.00100.000.00100.000.0050.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)