Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris Lanjut
Kode Mata Kuliah : IKB6210
Tim Dosen :
  1. 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
Kelas : 01
Dosen : 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 44 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Inggris Lanjut
KODE MATA KULIAH : IKB6210
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INGGRIS LANJUT
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKB6210
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 CPMK 4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap takwa-tekun-terampil dalam menyelesaikan tugas dan presentasi.
KK.4 KK4.CPMK-2 CPMK 3 Mahasiswa mampu memahami percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat, serta berbagai ungkapan dalam bahasa Inggris.
KK.4 KK4.CPMK-3 CPMK 2 Mahasiswa mampu menguasai kaidah struktur kalimat dalam bahasa Inggris serta penggunaannya dalam bidang informatika/sistem informasi.
KK.4 KK4.CPMK-4 CPMK 1 Mahasiswa mampu menguasai teknik membaca cepat dan teknik skimming dan scanning untuk memperoleh informasi umum dan spesifik dari suatu bacaan.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi
S1.CPMK-1.2 KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya.
S1.CPMK-1.3 KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
KK.4 KK4.CPMK-2
KK4.CPMK-2.1 KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat.
KK4.CPMK-2.2 KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat
KK4.CPMK-2.3 KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang
KK.4 KK4.CPMK-3
KK4.CPMK-3.1 KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
KK4.CPMK-3.2 KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
KK.4 KK4.CPMK-4
KK4.CPMK-4.1 KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
KK4.CPMK-4.2 KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
KK4.CPMK-4.3 KAD 3 Mahasiswa mampu mengaktivasi background knowledge dan memanfaatkan petunjuk dalam teks untuk memperoleh makna kosakata baru.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6210

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKB6210     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Lanjut Dosen :
  1. 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
Reading Skills - Speed reading - Skimming - Scanning
100.00 Reading some passages and answering questions.
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
2
  1. KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
Reading passages to practice: - Finding stated and unstated detail information - Making inferences
100.00 Improving accuracy in finding specific information
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
3
  1. KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
Reading Skills: - Pronoun referents - Activating background knowledge and employing contextual and structural clues to get meaning
100.00 Enhancing vocabulary mastery
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
4
  1. KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
Structure and Written Expression: - Sentences with one or more clauses (simple sentences and compound sentences)
100.00 Enhancing understanding and usage of English sentence structure.
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
5
  1. KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
Structure and Written Expression: - Sentences with one or more clauses (complex sentences; reduced clause) Writing: - Write sentences using various structures
100.00 Enhancing understanding and usage of English sentence structure.
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 1.00 %
6
  1. KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
Structure and Written Expression: (parallel structure; word choice; redundancy)
100.00 Identifying mistakes and errors in sentences.
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
7
  1. KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
Structure and Written Expression: (problem with verbs and auxiliary, parallel structure, redundancy, word choice)
100.00 Identifying mistakes and error in various sentence structures
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
8
  1. KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat.
Listening Skill (understanding synonyms, causatives, double negatives, negative with adjectives, expressions of agreement)
100.00 Listen to short conversations and answer the questions based on the conversation.
  • Ujian Akhir Semester - 8.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
9
  1. KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat
Listening Skill (understanding assumptions, contrary meanings, collocations, idioms)
100.00 Vocabulary enhancement Listen to short conversations and answer questions based on the conversation
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Partisipasi - 2.00 %
10
  1. KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang
Listening Skill (identifying topic or purpose of the talk/longer conversation; drawing conclusion; making prediction)
100.00 Vocabulary enhancement Focus training Listen to longer conversations and short talks and identify general and explicit and implicit specific information from the conversations/talks.
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
11
  1. KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi
Reading and Writing Skills: - Paraphrasing and summarizing theories to support argument
100.00 Improving writing skill and Enhancing awareness of plagiarism
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Tugas - 2.00 %
12
  1. KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya.
Writing and Speaking Skills - Structure of Argumentative and Comparative Essay - Structure of Oral Presentation
100.00 Brainstorming Making Essay and Presentation Outline Developing the Outline
  • Tugas - 2.00 %
13
  1. KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
Presentation Skills - Content and Delivery - Presentation Structure: Opening, Body, Closing - Signpost Languages - Enthusiasm/ Audience Awareness
100.00 Collaborative Work Academic Presentation
  • Tugas - 6.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
14
  1. KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
Listening and Speaking Skills: -Effective Group Presentation (well-structured and good delivery/ engaging)
100.00 Collaborative Work Respecting others Academic Presentation
  • Tugas - 6.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Inggris Lanjut 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. ; Wednesday 10:10:00-12:30:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-11 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (6.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (6.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1 Minggu ke-8 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.2 Minggu ke-9 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3 Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Partisipasi (0.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2 Minggu ke-6 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 Minggu ke-1 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 Minggu ke-2 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 3.00%
2.00%
5%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2 3.00%
3.00%
6%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 2.00%
2.00%
4%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 5.00%
5%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 2.00%
2.00%
4%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1 8.00%
8%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.2 4.00%
4%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3 2.00%
2%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 0%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 0%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 0%
TOTAL 18%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 2.00%
2%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 2.00%
2%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 6.00%
6.00%
12%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1 2.00%
2%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3 2.00%
2%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 2.00%
1.00%
3%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2 2.00%
2%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 2.00%
1.00%
3%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 2.00%
2%
TOTAL 30%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M11 M12 M13 M14 M8 M9 M10 M4 M5 M6 M7 M1 M3 M2
Komponen Partisipasi TG TG UAS TG UAS TG Partisipasi TG UAS Partisipasi UAS TG UAS Partisipasi TG UTS Partisipasi TG UAS UTS Partisipasi TG UTS Partisipasi UTS Partisipasi UAS TG UTS Partisipasi UAS TG UTS Partisipasi UAS TG UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 2.00%2.00% 4%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 2.00% 2%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 2.00%6.00%2.00%6.00% 16%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1 2.00%2.00%8.00% 12%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.2 2.00%4.00% 6%
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3 2.00%2.00% 4%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 2.00%2.00%3.00%2.00%1.00%2.00%2.00% 14%
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2 2.00%2.00%3.00%2.00%3.00% 12%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 2.00%2.00%2.00%2.00%2.00%3.00%1.00%2.00% 16%
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 2.00%5.00%2.00%5.00% 14%
TOTAL 2 2 2 2 6 2 6 2 2 8 2 4 2 2 2 2 3 2 1 2 2 2 2 3 2 3 2 2 2 2 2 3 1 2 2 5 2 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Partisipasi TG
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 TG
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 UAS TG UAS TG
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1 Partisipasi TG UAS
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.2 Partisipasi UAS
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3 TG UAS
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1 Partisipasi Partisipasi TG UTS Partisipasi TG UAS UTS
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2 Partisipasi TG UTS Partisipasi UTS
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1 Partisipasi UAS TG UTS Partisipasi UAS TG UTS
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2 Partisipasi UAS TG UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh.
Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.2KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh.
Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan menganalisis kesalahan/galat dalam kalimat
Performance Indicator: Accuracy to analyze mistakes/errors in sentences
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.1KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.2KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat.
Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-2 KK4.CPMK-2.3KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat.
Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang.
Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-3 KK4.CPMK-3.1KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat.
Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang.
Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh.
Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.1KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat.
Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang.
Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh.
Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-4 KK4.CPMK-4.2KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok
Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks
Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta.
Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat
Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat.
Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang.
Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh.
Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi
0 0 0 44 0.00
S1.CPMK-1.2
KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya.
0 0 0 44 0.00
S1.CPMK-1.3
KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
0 0 0 44 0.00
KK4.CPMK-2.1
KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat.
0 0 0 44 0.00
KK4.CPMK-2.2
KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat
0 0 0 44 0.00
KK4.CPMK-2.3
KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang
0 0 0 44 0.00
KK4.CPMK-3.1
KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
4 6 30 4 90.91
KK4.CPMK-3.2
KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
4 6 30 4 90.91
KK4.CPMK-4.1
KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
4 6 30 4 90.91
KK4.CPMK-4.2
KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
4 6 30 4 90.91
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi
KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya.
KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi.
KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat.
KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat
KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang
KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks.
UTS4
(9.30 %)
6
(13.95 %)
30
(69.77 %)
3
(6.98 %)
93.02
(216.33 %)
KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat.
UTS4
(9.30 %)
6
(13.95 %)
30
(69.77 %)
3
(6.98 %)
93.02
(216.33 %)
KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks.
UTS4
(9.30 %)
6
(13.95 %)
30
(69.77 %)
3
(6.98 %)
93.02
(216.33 %)
KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks.
UTS4
(9.30 %)
6
(13.95 %)
30
(69.77 %)
3
(6.98 %)
93.02
(216.33 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
1 065002200029 NAZRI HASBY 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
2 065002200022 AULIA RAHMA TRI ASTUTI 0.000.000.000.000.000.0063.0063.0063.0063.00
3 065002200003 NAYAKA WIRYATAMA 0.000.000.000.000.000.0083.0083.0083.0083.00
4 065002100041 MUHAMMAD IBNU AL HANIF 0.000.000.000.000.000.0064.0064.0064.0064.00
5 065002200010 RIZKY RAMADHAN 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
6 065002200034 ALFARIZQI WIRA ANADYAR 0.000.000.000.000.000.0078.0078.0078.0078.00
7 065002200013 FATHUR RAHMAN 0.000.000.000.000.000.0061.0061.0061.0061.00
8 065002200001 BINTANG KOMARUDIN 0.000.000.000.000.000.0054.0054.0054.0054.00
9 065002200011 ERY FEBRIAN 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
10 065002200025 ISMAIL BAIHAQI 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
11 065002200024 DIO ARIANDRA 0.000.000.000.000.000.0056.0056.0056.0056.00
12 065002200039 USWATUN KHASANAH 0.000.000.000.000.000.0058.0058.0058.0058.00
13 065002200038 ELITA WAHYU FIRDASARI 0.000.000.000.000.000.0065.0065.0065.0065.00
14 065002200031 VANYA FEBRIANI 0.000.000.000.000.000.0064.0064.0064.0064.00
15 065002200044 KARAN SHANKAR 0.000.000.000.000.000.0068.0068.0068.0068.00
16 065002200016 JANNATHAN GERALD MAHENDRA 0.000.000.000.000.000.0071.0071.0071.0071.00
17 065002100021 ALDIS TAMARA PUTRI ISKANDAR 0.000.000.000.000.000.0057.0057.0057.0057.00
18 065002100007 EXCHELL SABATINO GERALDI OINTU 0.000.000.000.000.000.0077.0077.0077.0077.00
19 065002100005 NIA SUHERNAWATI 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
20 065002100038 AQILHA MAHARSY MAKKAWANG 0.000.000.000.000.000.0062.0062.0062.0062.00
21 065002200033 DIAH AYU ARIFAH 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
22 065002100028 DZIKRA MUHAMAD SHAFI 0.000.000.000.000.000.0065.0065.0065.0065.00
23 065002100022 MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH 0.000.000.000.000.000.0058.0058.0058.0058.00
24 065002100001 EKA ALIDYA 0.000.000.000.000.000.0054.0054.0054.0054.00
25 065002100011 DWI PRASETYO 0.000.000.000.000.000.0061.0061.0061.0061.00
26 065002200027 MARIA ULPA 0.000.000.000.000.000.0056.0056.0056.0056.00
27 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 0.000.000.000.000.000.0056.0056.0056.0056.00
28 065002200032 SHILFIYYA AMALIA ASDI 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
29 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 0.000.000.000.000.000.0065.0065.0065.0065.00
30 065002100030 NOVAN KRISNA 0.000.000.000.000.000.0052.0052.0052.0052.00
31 065002100019 JOFI TAUFIQUL HAKIM 0.000.000.000.000.000.0066.0066.0066.0066.00
32 065002100018 ARHANIF ADRIAN RIYADI 0.000.000.000.000.000.0057.0057.0057.0057.00
33 065002100015 SURGERY ADHI NUGROHO 0.000.000.000.000.000.0056.0056.0056.0056.00
34 065002100014 NYETO LEO T 0.000.000.000.000.000.0070.0070.0070.0070.00
35 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
36 065002100032 MUHAMMAD DANIL HIDAYAT 0.000.000.000.000.000.0056.0056.0056.0056.00
37 065002100024 AFIF MAULANA 0.000.000.000.000.000.0062.0062.0062.0062.00
38 065002100016 FARIZ UBAIDILLAH 0.000.000.000.000.000.0059.0059.0059.0059.00
39 065002200026 JANATHAN AUDI 0.000.000.000.000.000.0086.0086.0086.0086.00
40 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 0.000.000.000.000.000.0090.0090.0090.0090.00
41 065002200030 RIDWAN BAKKARA 0.000.000.000.000.000.0086.0086.0086.0086.00
42 065001900018 MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS 0.000.000.000.000.000.0075.0075.0075.0075.00
43 065002100033 SARAH SAKINAH 0.000.000.000.000.000.0060.0060.0060.0060.00
44 065002100039 ARMYTA MECKY 0.000.000.000.000.000.0057.0057.0057.0057.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.)