PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Inggris Lanjut |
Kode Mata Kuliah | : | IKB6210 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 44 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Inggris Lanjut |
KODE MATA KULIAH | : IKB6210 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKB6210 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | CPMK 4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap takwa-tekun-terampil dalam menyelesaikan tugas dan presentasi. |
KK.4 | KK4.CPMK-2 | CPMK 3 Mahasiswa mampu memahami percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat, serta berbagai ungkapan dalam bahasa Inggris. |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | CPMK 2 Mahasiswa mampu menguasai kaidah struktur kalimat dalam bahasa Inggris serta penggunaannya dalam bidang informatika/sistem informasi. |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | CPMK 1 Mahasiswa mampu menguasai teknik membaca cepat dan teknik skimming dan scanning untuk memperoleh informasi umum dan spesifik dari suatu bacaan. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 |
|
||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 |
|
||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6210 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKB6210 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Lanjut | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Reading Skills - Speed reading - Skimming - Scanning | 100.00 | Reading some passages and answering questions. |
|
||
2 |
|
Reading passages to practice: - Finding stated and unstated detail information - Making inferences | 100.00 | Improving accuracy in finding specific information |
|
||
3 |
|
Reading Skills: - Pronoun referents - Activating background knowledge and employing contextual and structural clues to get meaning | 100.00 | Enhancing vocabulary mastery |
|
||
4 |
|
Structure and Written Expression: - Sentences with one or more clauses (simple sentences and compound sentences) | 100.00 | Enhancing understanding and usage of English sentence structure. |
|
||
5 |
|
Structure and Written Expression: - Sentences with one or more clauses (complex sentences; reduced clause) Writing: - Write sentences using various structures | 100.00 | Enhancing understanding and usage of English sentence structure. |
|
||
6 |
|
Structure and Written Expression: (parallel structure; word choice; redundancy) | 100.00 | Identifying mistakes and errors in sentences. |
|
||
7 |
|
Structure and Written Expression: (problem with verbs and auxiliary, parallel structure, redundancy, word choice) | 100.00 | Identifying mistakes and error in various sentence structures |
|
||
8 |
|
Listening Skill (understanding synonyms, causatives, double negatives, negative with adjectives, expressions of agreement) | 100.00 | Listen to short conversations and answer the questions based on the conversation. |
|
||
9 |
|
Listening Skill (understanding assumptions, contrary meanings, collocations, idioms) | 100.00 | Vocabulary enhancement Listen to short conversations and answer questions based on the conversation |
|
||
10 |
|
Listening Skill (identifying topic or purpose of the talk/longer conversation; drawing conclusion; making prediction) | 100.00 | Vocabulary enhancement Focus training Listen to longer conversations and short talks and identify general and explicit and implicit specific information from the conversations/talks. |
|
||
11 |
|
Reading and Writing Skills: - Paraphrasing and summarizing theories to support argument | 100.00 | Improving writing skill and Enhancing awareness of plagiarism |
|
||
12 |
|
Writing and Speaking Skills - Structure of Argumentative and Comparative Essay - Structure of Oral Presentation | 100.00 | Brainstorming Making Essay and Presentation Outline Developing the Outline |
|
||
13 |
|
Presentation Skills - Content and Delivery - Presentation Structure: Opening, Body, Closing - Signpost Languages - Enthusiasm/ Audience Awareness | 100.00 | Collaborative Work Academic Presentation |
|
||
14 |
|
Listening and Speaking Skills: -Effective Group Presentation (well-structured and good delivery/ engaging) | 100.00 | Collaborative Work Respecting others Academic Presentation |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Inggris Lanjut | 06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. | ; Wednesday 10:10:00-12:30:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-11 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (6.00%) Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (6.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | Minggu ke-8 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.2 | Minggu ke-9 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Partisipasi (0.00%) Minggu ke-4 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | Minggu ke-6 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-7 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | Minggu ke-2 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 3.00% | 2.00% | 5% | |||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | 8.00% | 8% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 0% | |||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 0% | |||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 0% | |||||||
TOTAL | 18% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 6.00% | 6.00% | 12% | ||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 2.00% | 1.00% | 3% | ||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
TOTAL | 30% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M11 | M12 | M13 | M14 | M8 | M9 | M10 | M4 | M5 | M6 | M7 | M1 | M3 | M2 | ||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | Partisipasi | TG | TG | UAS | TG | UAS | TG | Partisipasi | TG | UAS | Partisipasi | UAS | TG | UAS | Partisipasi | TG | UTS | Partisipasi | TG | UAS | UTS | Partisipasi | TG | UTS | Partisipasi | UTS | Partisipasi | UAS | TG | UTS | Partisipasi | UAS | TG | UTS | Partisipasi | UAS | TG | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 2.00% | 6.00% | 2.00% | 6.00% | 16% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | 2.00% | 2.00% | 8.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.2 | 2.00% | 4.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 14% | |||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 3.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 1.00% | 2.00% | 16% | ||||||||||||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 2.00% | 5.00% | 2.00% | 5.00% | 14% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 2 | 2 | 2 | 6 | 2 | 6 | 2 | 2 | 8 | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 2 | 3 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 1 | 2 | 2 | 5 | 2 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Partisipasi TG |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | TG |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | UAS TG UAS TG |
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | Partisipasi TG UAS |
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.2 | Partisipasi UAS |
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | TG UAS |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | Partisipasi Partisipasi TG UTS Partisipasi TG UAS UTS |
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | Partisipasi TG UTS Partisipasi UTS |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | Partisipasi UAS TG UTS Partisipasi UAS TG UTS |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | Partisipasi UAS TG UTS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh. Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.2 | KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh. Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menganalisis kesalahan/galat dalam kalimat Performance Indicator: Accuracy to analyze mistakes/errors in sentences |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.1 | KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.2 | KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat. Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-2 | KK4.CPMK-2.3 | KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat. Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang. Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-3 | KK4.CPMK-3.1 | KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat. Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang. Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh. Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat. Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang. Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh. Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi topik dan pikiran pokok Performance Indicator: Accuracy in identifying topic and main idea |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dari suatu teks Performance Indicator: Accuracy in identifying explicit and implicit information from a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan presentasi secara terstruktur, penguasaan materi dan penonton/peserta. Performance Indicator: Delivering well structured oral presentation, content mastery and audience awareness |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memperoleh informasi eksplisit dalam percakapan singkat Performance Indicator: Getting explicit information in short conversations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membuat kesimpulan dari percakapan singkat, percakapan panjang, dan pidato singkat. Performance Indicator: The ability to making inferences from short conversation, longer conversation, and short talks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memperoleh informasi umum dan spesifik dari percakapan panjang. Performance Indicator: Accuracy in obtaining general and specific information from longer conversations. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kemampuan membedakan kalimat utuh dan kalimat tidak utuh. Performance Indicator: The ability to distinguished complete sentence and fragment |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
S1.CPMK-1.2 KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya. |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
S1.CPMK-1.3 KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi. |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
KK4.CPMK-2.1 KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat. |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
KK4.CPMK-2.2 KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
KK4.CPMK-2.3 KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang |
0 | 0 | 0 | 44 | 0.00 |
KK4.CPMK-3.1 KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks. |
4 | 6 | 30 | 4 | 90.91 |
KK4.CPMK-3.2 KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat. |
4 | 6 | 30 | 4 | 90.91 |
KK4.CPMK-4.1 KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks. |
4 | 6 | 30 | 4 | 90.91 |
KK4.CPMK-4.2 KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks. |
4 | 6 | 30 | 4 | 90.91 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KAD 9 Mahasiswa mampu mengungkapkan kembali isi bacaan dengan Teknik paraphrasing dan summarizing untuk mencegah plagiasi | |||||
KAD 10 Mahasiswa mampu membuat konsep kerangka presentasi dalam bidang informatika/ sistem informasi sesuai dengan struktur presentasi lisan dan mengembangkannya. | |||||
KAD 11 Mahasiswa mampu memaparkan pendapat dan argumentasinya dalam presentasi lisan dalam konteks informatika/ sistem informasi. | |||||
KAD 6 Mahasiswa mampu memperoleh informasi eksplisit dari percakapan singkat. | |||||
KAD 7 Mahasiswa mampu memperoleh informasi implisit dari percakapan singkat | |||||
KAD 8 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik, memperoleh informasi eksplisit, dan menarik kesimpulan dari percakapan panjang | |||||
KAD 4 Mahasiwa mampu memahami struktur kalimat sederhana dan kompleks. | |||||
UTS | 4 (9.30 %) | 6 (13.95 %) | 30 (69.77 %) | 3 (6.98 %) | 93.02 (216.33 %) |
KAD 5 Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan dalam kalimat. | |||||
UTS | 4 (9.30 %) | 6 (13.95 %) | 30 (69.77 %) | 3 (6.98 %) | 93.02 (216.33 %) |
KAD 1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi topik dan pikiran utama teks, tone, dan tujuan penulis, serta informasi eksplisit dari teks. | |||||
UTS | 4 (9.30 %) | 6 (13.95 %) | 30 (69.77 %) | 3 (6.98 %) | 93.02 (216.33 %) |
KAD 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi informasi eksplisit dan implisit dalam teks. | |||||
UTS | 4 (9.30 %) | 6 (13.95 %) | 30 (69.77 %) | 3 (6.98 %) | 93.02 (216.33 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
2 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 63.00 | 63.00 | 63.00 | 63.00 |
3 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 | 83.00 |
4 | 065002100041 | MUHAMMAD IBNU AL HANIF | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 |
5 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
6 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 | 78.00 |
7 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 61.00 | 61.00 | 61.00 | 61.00 |
8 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 |
9 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
10 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
11 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
12 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 |
13 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
14 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 | 64.00 |
15 | 065002200044 | KARAN SHANKAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
16 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
17 | 065002100021 | ALDIS TAMARA PUTRI ISKANDAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 |
18 | 065002100007 | EXCHELL SABATINO GERALDI OINTU | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 |
19 | 065002100005 | NIA SUHERNAWATI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
20 | 065002100038 | AQILHA MAHARSY MAKKAWANG | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 |
21 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
22 | 065002100028 | DZIKRA MUHAMAD SHAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
23 | 065002100022 | MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 | 58.00 |
24 | 065002100001 | EKA ALIDYA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 54.00 |
25 | 065002100011 | DWI PRASETYO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 61.00 | 61.00 | 61.00 | 61.00 |
26 | 065002200027 | MARIA ULPA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
27 | 065002100023 | TRI BINTANG PAMUNGKAS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
28 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
29 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
30 | 065002100030 | NOVAN KRISNA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 52.00 | 52.00 | 52.00 | 52.00 |
31 | 065002100019 | JOFI TAUFIQUL HAKIM | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 |
32 | 065002100018 | ARHANIF ADRIAN RIYADI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 |
33 | 065002100015 | SURGERY ADHI NUGROHO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
34 | 065002100014 | NYETO LEO T | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
35 | 065002000021 | FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
36 | 065002100032 | MUHAMMAD DANIL HIDAYAT | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 | 56.00 |
37 | 065002100024 | AFIF MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 62.00 |
38 | 065002100016 | FARIZ UBAIDILLAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 59.00 | 59.00 | 59.00 | 59.00 |
39 | 065002200026 | JANATHAN AUDI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 |
40 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 | 90.00 |
41 | 065002200030 | RIDWAN BAKKARA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 | 86.00 |
42 | 065001900018 | MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
43 | 065002100033 | SARAH SAKINAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
44 | 065002100039 | ARMYTA MECKY | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 | 57.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(06907 Dra. Mutmainatul Mardiah, M.Pd.)