Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Web
Kode Mata Kuliah : IKG6305
Tim Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Kelas : 01
Dosen : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 28 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Web
KODE MATA KULIAH : IKG6305
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN WEB
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKG6305
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep dasar pemrograman berbasis web
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan memperbaiki tampilan web
P.1 P1.CPMK-3 Mahasiswa mampu membuat, mendemontrasikan dan mengevaluasi web dinamis
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
P1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
P1.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
P1.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
P1.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKG6305

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKG6305     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemrograman Web Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
Sejarah dan Konsep Pemrograman Internet; Sejarah & definisi internet, pemrograman internet, kelebihan & kekurangan client-server, protokol komunikasi, aplikasi berbasis web, arsitektur & siklus aplikasi web, kelebihan & kekurangan aplikasi berbasis web, web client (web browser), web server, URL, Web Statis dan Dinamis, Client Server, Pengenalan Client dan Server Side Script
  • Tutorial (80)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, dan menerima umpan balik, mengetahui contoh-contoh skrip
  • Max Bramer.(2015)
  • Quiz 1 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester (1) - 1.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
Pengertian HTML, Cara kerja HTML, Bagaimana Web Browser mengolah File HTML, Kegunaan HTML, Penyimpanan HTML, Struktur HTML, Perbedaan HTML dengan HTML 5, Template dasar HTML 5, Doctype, Image, Element-element HTML5, Element input text, select, radio button, button/submit, form, perbedaan dan contoh method GET & POST
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi & fungsi skrip HTML, Merancang template HTML, Mencontohkan skrip HTML.
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
Pengenalan CSS, Kegunaan CSS, Jenis CSS, Perbedaan CSS dengan CSS3, Selector, Pseudoclass, Atribut, Descriptor, ID dan Class, Pop-up CSS, Menu Pop-up, sliding door menu, clipped sliding menu, transformasi & translasi CSS3.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi & fungsi skrip CSS, Memperbaiki desain, dan mencontohkan skrip CSS
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Tengah Semester (5) - 5.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Pengertian Javascript, Model penulisan javascript, variabel dan array, operator, pernyataan seleksi (IF) dan pengulangan (WHILE-DO, FOR), Pembuatan form, submit form, validasi text field, validasi radio button, Pengenalan fungsi pada javascript, fungsi dengan parameter, pembuatan frame, relasi parent/child pada Javascript
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi, Membuat fungsi JavaScript, menunjukkan hasil JavaScript
  • Jeremy Keith and Jeffrey Sambells(2010)
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 1 (1.5) - 1.50 %
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (3) - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester (4) - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Konsep Document Object Model (DOM) ; pengenalan DOM, Nodes, Element, Text, Atribut (Class dan ID), getElementById, getElementByTagName, getElementByClassName, getAttribut, minimisasi DOM.
  • Tutorial (60)
  • Percobaan (30)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi, menerapkan fungsi DOM
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (3) - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester (3) - 3.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Pengenalan JQuery, event handling, fungsi ready(), penambahan event ke element, pengecekan field, submit form dengan jquery, pembuatan fungsi select/unselect pada checkbox, mouse event.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, mengidentifikasi dan menerapkan fungsi JQuery
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 1 (1.5) - 1.50 %
  • Quiz 2 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester (3) - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester (3) - 3.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
Summary pertemuan 1-6: HTML, CSS, JavaScript, DOM, JQuery dan Quiz I
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman
8
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
PHP I: Pengenalan PHP, struktur PHP, comment, komponen dasar PHP, tipe variabel, array, fungsi matematika PHP, tipe-tipe pernyataan (IF, ELSE, PRINT, SWITCH, FOR, WHILE, ekspresi aritmatika, ekspresi logika (TRUE-FALSE), GET & POST Method, Fungsi-fungsi penting pada PHP, manipulasi substring, konversi string ke array dan sebaliknya, fungsi max min, fungsi random, fungsi die, echo dan printf, pengalokasian file, direktori, penyimpanan data file teks, fungsi file, pencarian direktori & konten, passing array, passing by reference, passing by value
  • Tutorial (60)
  • Percobaan (30)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memanfaatkan skrip PHP
  • Praktikum (2) - 2.00 %
  • Quiz 2 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester (4.5) - 4.50 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
PHP II: Pengenalan PHP Berorientasi Objek, Class, Object, Fungsi dengan parameter dan tanpa parameter, scope variable, Inheritance, Encapsulation, Overloading Overriding, Penerapan OO PHP pada Input user (Text, Button, Form, Radio Button, Select), contoh login dengan OO PHP.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi, Merancang kelas-kelas PHP
  • Praktikum (2) - 2.00 %
  • Quiz 2 (2) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4.5) - 4.50 %
10
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
JSON: Pengenalan JSON, Struktur JSON, pembuatan JSON di PHP, parsing error, akses data dari JSON didalam JQuery
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, Menyusun skrip JSON
  • Praktikum (0.5) - 0.50 %
  • Quiz 2 (1.5) - 1.50 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
XML & AJAX: Extensible Markup Language (XML) dan Penerapannya ; konsep dasar XML, hirarki XML, fungsi penerapan XML, Tree XML, attribut dan elemen XML, validator XML dan cara kerjanya, CSS dan XML, dan contoh-contoh XML, Pengenalan konsep Ajax, contoh penerapan ajax dengan PHP, penggunaan XMLHttpRequest object, Teknik server side dengan PHP & MySQL, passing, validasi AJAX form, upload file dengan AJAX.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, memanfaatkan skrip AJAX
  • Cristian D, Bogdan B, Filip C.T, Mihai B.(2006)
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (2) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Database & Query: Pengertian database, keunggulan penerapan database, model dasar database (hirarki, jaringan, relasional), field, record, tabel, file, pengenalan key, relasi antar tabel. Pengenalan MySQL, pembuatan database, tabel, penamaan database, tabel dan field, primary key, konsep DDL (CREATE, ALTER, DROP), contoh DDL, jenis-jenis query (query sederhana),DML (SELECT, DELETE, UPDATE, INSERT), Query gabungan dam query bertingkat, DML (JOIN, ORDER BY, GROUP BY, DISTINCT, HAVING, BETWEEN, LIKE), view, stored procedure, MySQL dalam PHP
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan & mendiskusikan point-point (100 menit), Mempraktekkan kueri DDL DML (50 menit), Mengumpulkan informasi Membuat database, Memanfaatkan kueri DML
  • Praktikum (1) - 1.00 %
  • Quiz 2 (2.5) - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
Summary pertemuan 8-12: Jquery, PHP, DDL, DML dan Quiz II
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi, Menyelesaikan soal-soal pemrograman
14
  1. Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
Proyek pemrograman web
  • Diskusi (10)
  • Presentasi (90)
150.00 Mempresentasikan hasil proyek berkelompok
  • Tugas Kelompok (20) - 20.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Web 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ; Wednesday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz 1 (1.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (20.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz 2 (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3 Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (1.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (0.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.4 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.5 Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (1.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3 4.00%
3.00%
7%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.4 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.5 4.50%
4.50%
9%
TOTAL 21%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 20.00%
20%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M3 M2 M14 M6 M12 M4 M5 M10 M11 M8 M9
Komponen UTS Q1 UTS Q1 PRK UTS Q1 PRK-a TGKEL UAS UTS Q2 Q1 PRK-a PRK-a UAS Q2 Q2 UAS UTS Q1 PRK-a PRK-a UTS UAS Q1 UAS Q2 PRK-a UAS Q2 PRK-a Q2 UAS PRK-a UAS Q2 PRK-a
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%1.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 5.00%1.50%0.50% 7%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 4.00%1.00%0.50% 5.5%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 20.00% 20%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 3.00%3.00%1.50%1.50%1.00%1.00%4.00%2.50% 17.5%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3 1.00%3.00%4.00%1.50%1.00%0.50%3.00%3.00%1.00%4.00%1.50%0.50% 24%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.4 4.00%2.00%1.00% 7%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.5 1.50%4.50%2.00%4.50%2.00%2.00% 16.5%
TOTAL 1 1.5 5 1.5 0.5 4 1 0.5 20 3 3 1.5 1.5 1 1 4 2.5 1 3 4 1.5 1 0.5 3 3 1 4 1.5 0.5 4 2 1 1.5 4.5 2 4.5 2 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS Q1
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS Q1 PRK
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 UTS Q1 PRK-a
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 TGKEL
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 UAS UTS Q2 Q1 PRK-a PRK-a UAS Q2
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3 Q2 UAS UTS Q1 PRK-a PRK-a UTS UAS Q1 UAS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.4 UAS Q2 PRK-a
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.5 Q2 UAS PRK-a UAS Q2 PRK-a
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar
Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar
Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan mahasiswa dalam memiliih dan menerapkan tag dasar HTML
Performance Indicator: Accuracy of students in choosing and applying basic HTML tags
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web
Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web
Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.3Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web
Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.4Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web
Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi
Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.5Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web
Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web
Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi
Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip PHP dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Suitability of PHP script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
1 9 13 5 82.14
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
1 9 13 5 82.14
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
1 9 13 5 82.14
P1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
1 9 13 5 82.14
P1.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
1 9 13 5 82.14
P1.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
0 0 0 28 0.00
P1.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
0 0 0 28 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
UTS1
(3.57 %)
9
(32.14 %)
13
(46.43 %)
5
(17.86 %)
82.14
(293.36 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
UTS1
(3.57 %)
9
(32.14 %)
13
(46.43 %)
5
(17.86 %)
82.14
(293.36 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
UTS1
(3.57 %)
9
(32.14 %)
13
(46.43 %)
5
(17.86 %)
82.14
(293.36 %)
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
UTS1
(3.57 %)
9
(32.14 %)
13
(46.43 %)
5
(17.86 %)
82.14
(293.36 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
UTS1
(3.57 %)
9
(32.14 %)
13
(46.43 %)
5
(17.86 %)
82.14
(293.36 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
1 065002200029 NAZRI HASBY 50.0050.0050.000.0050.0050.000.000.00
2 065002200013 FATHUR RAHMAN 57.0057.0057.000.0057.0057.000.000.00
3 065002200034 ALFARIZQI WIRA ANADYAR 66.0066.0066.000.0066.0066.000.000.00
4 065002200022 AULIA RAHMA TRI ASTUTI 82.0082.0082.000.0082.0082.000.000.00
5 065002200010 RIZKY RAMADHAN 52.0052.0052.000.0052.0052.000.000.00
6 065002200001 BINTANG KOMARUDIN 58.0058.0058.000.0058.0058.000.000.00
7 065002200011 ERY FEBRIAN 73.0073.0073.000.0073.0073.000.000.00
8 065002200041 CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. 52.0052.0052.000.0052.0052.000.000.00
9 065002200037 PUTRA MARIO SANTOSO 63.0063.0063.000.0063.0063.000.000.00
10 065002200025 ISMAIL BAIHAQI 60.0060.0060.000.0060.0060.000.000.00
11 065002200024 DIO ARIANDRA 56.0056.0056.000.0056.0056.000.000.00
12 065002200033 DIAH AYU ARIFAH 66.0066.0066.000.0066.0066.000.000.00
13 065002200017 M. SATRIA PRATAMA 61.0061.0061.000.0061.0061.000.000.00
14 065002200031 VANYA FEBRIANI 76.0076.0076.000.0076.0076.000.000.00
15 065002200016 JANNATHAN GERALD MAHENDRA 57.0057.0057.000.0057.0057.000.000.00
16 065002200043 MUHAMMAD RAFI 67.0067.0067.000.0067.0067.000.000.00
17 065002200039 USWATUN KHASANAH 76.0076.0076.000.0076.0076.000.000.00
18 065002200032 SHILFIYYA AMALIA ASDI 58.0058.0058.000.0058.0058.000.000.00
19 065002200003 NAYAKA WIRYATAMA 79.0079.0079.000.0079.0079.000.000.00
20 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 69.0069.0069.000.0069.0069.000.000.00
21 065002200038 ELITA WAHYU FIRDASARI 45.0045.0045.000.0045.0045.000.000.00
22 065002200027 MARIA ULPA 76.0076.0076.000.0076.0076.000.000.00
23 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 67.0067.0067.000.0067.0067.000.000.00
24 065002200020 AHMAD DANI SAPUTRA 70.0070.0070.000.0070.0070.000.000.00
25 065002200026 JANATHAN AUDI 67.0067.0067.000.0067.0067.000.000.00
26 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 76.0076.0076.000.0076.0076.000.000.00
27 065002200018 RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM 45.0045.0045.000.0045.0045.000.000.00
28 065002200030 RIDWAN BAKKARA 70.0070.0070.000.0070.0070.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)