PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Kecerdasan Buatan |
Kode Mata Kuliah | : | IKA6301 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 34 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Kecerdasan Buatan |
KODE MATA KULIAH | : IKA6301 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKA6301 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.7 | KK7.CPMK-1 | Etika dan perkembangan Kecerdasan Artifisial. |
KK.7 | KK7.CPMK-2 | Computer vision. |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | Pengolahan Bahasa Alami. |
KK.7 | KK7.CPMK-4 | Deep learning. |
KK.7 | KK7.CPMK-5 | Perseptron dan Jaringan Syaraf Tiruan. |
KK.7 | KK7.CPMK-6 | Ragam teknik-teknik Machine Learning. |
KK.7 | KK7.CPMK-7 | Sistem pakar berbasis aturan. |
KK.7 | KK7.CPMK-8 | Logika predikat. |
KK.7 | KK7.CPMK-9 | Supervised Learning. |
KK.7 | KK7.CPMK-10 | Penalaran Bayesian. |
KK.7 | KK7.CPMK-11 | Representasi pengetahuan dan inferensi. |
KK.7 | KK7.CPMK-12 | Mahasiswa menggunakan teknik pencarian untuk mensimulasikan kecerdasan. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
KK.7 | KK7.CPMK-1 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-2 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-4 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-5 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-6 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-7 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-8 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-9 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-10 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 |
|
||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKA6301 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKA6301 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Perkembangan teknologi Kecerdasan Artifisial dan metode-metode yang telah dikembangkan. |
|
150.00 | Mahasiswa menerima ceramah sejarah Kecerdasan Artifisial, berbagai teknik dan metode yang dikembangkan oleh para ahli. Mahasiswa melakukan persiapan lingkungan pemrograman menggunakan bahasa Python. |
|
|
2 |
|
Intelligent agent dan Search space problem. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi simulasi kecerdasan menggunakan teknik pencarian. |
|
|
3 |
|
Logika proposisi dan inferensi logika. |
|
150.00 | Mahasiswa menerapkan inferensi logika pada permainan Wumpus. |
|
|
4 |
|
Logika Proposisi dan Logika Predikat |
|
150.00 | Mahasiswa memahami kekurangan Logika Proposisi dalam merepresentasikan pengetahuan dan bagaimana Logika Predikat mengatasi kekurangan tersebut. |
|
|
5 |
|
Ketidakpastian dalam representasi pengetahuan. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi kelemahan teknik logika proposisi dan logika predikat untuk merepresntasikan pengetahuan yang tidak fully-observable. |
|
|
6 |
|
Inferensi Naive Bayes. |
|
150.00 | Mahasiswa menerapkan proses inferensi menggunakan data historis dan memahami perlunya teknik smoothing. |
|
|
7 |
|
Pembelajaran Mesin. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi pengembangan teknik simulasi kecerdasan. |
|
|
8 |
|
Supervised Learning. |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi menggunakan scikit-learn. |
|
|
9 |
|
Unsupervised Learning |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi menggunakan library scikit-learn. |
|
|
10 |
|
Neural Networks |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi menggunakan library scikit-learn. |
|
|
11 |
|
Deep learning |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi menggunakan library scikit-learn. |
|
|
12 |
|
Pengolahan Bahasa Alami |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi dasar-dasar pengolahan bahasa alami menggunakan library SpaCy. |
|
|
13 |
|
Computer Vision |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan eksplorasi menggunakan library TensorFlow dan OpenCV. |
|
|
14 |
|
Etika dalam penggunaan Kecerdasan Artifisial | 150.00 | Mahasiswa membuat kajian sederhana mengenai etika penggunaan teknologi Kecerdasan Artifisial dalam kehidupan. |
|
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Kecerdasan Buatan | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-1 | KK7.CPMK-1.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-2 | KK7.CPMK-2.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Kelompok (8.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Kelompok (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-5 | KK7.CPMK-5.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (1.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-7 | KK7.CPMK-7.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas Individu (1.50%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas Kelompok (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-9 | KK7.CPMK-9.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-10 | KK7.CPMK-10.1 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Kelompok (8.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas Individu (1.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas Individu (3.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.2 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas Individu (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-7 | KK7.CPMK-7.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | 1.00% | 1% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-10 | KK7.CPMK-10.1 | 2.00% | 3.00% | 5% | |||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | 1.00% | 2.00% | 3% | |||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.2 | 2.00% | 1.00% | 3% | |||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.2 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.7 | KK7.CPMK-1 | KK7.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-2 | KK7.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 4% | ||||
KK.7 | KK7.CPMK-5 | KK7.CPMK-5.1 | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 5% | ||||
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 3% | ||||
KK.7 | KK7.CPMK-9 | KK7.CPMK-9.1 | 1.00% | 1% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | 8.00% | 8% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||
M14 | M13 | M12 | M11 | M9 | M10 | M7 | M8 | M4 | M5 | M6 | M3 | M2 | M1 | ||||||||||||||||||||
Komponen | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TGKEL | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UAS | TIND | UTS | TIND | UAS | TIND | TGKEL | UTS | TIND | TIND | UTS | UTS | TIND | TIND | UTS | UTS | TIND | UTS | TIND | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | Bobot |
KK.7 | KK7.CPMK-1 | KK7.CPMK-1.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-2 | KK7.CPMK-2.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 2.00% | 8.00% | 2.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-5 | KK7.CPMK-5.1 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.50% | 1.50% | 1.00% | 1.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-7 | KK7.CPMK-7.1 | 1.50% | 1.50% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-9 | KK7.CPMK-9.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-10 | KK7.CPMK-10.1 | 2.00% | 2.00% | 3.00% | 3.00% | 10% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | 8.00% | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 14% | |||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.2 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 10 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 | 2 | 10 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 2 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.7 | KK7.CPMK-1 | KK7.CPMK-1.1 | UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-2 | KK7.CPMK-2.1 | UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | UAS TGKEL TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | UAS TIND UAS TIND TGKEL UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-5 | KK7.CPMK-5.1 | UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | UTS TIND UAS TIND UAS TIND UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-7 | KK7.CPMK-7.1 | UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | TGKEL UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-9 | KK7.CPMK-9.1 | UAS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-10 | KK7.CPMK-10.1 | TIND UTS UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | TIND UTS TGKEL UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.2 | UTS TIND UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.1 | UTS TIND |
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.2 | UTS TIND |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | Memahami perbedaan antara Supervised Learning dan Unsupervised Learning. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membedakan Supervised Learning dengan Unsupervised Learning. Performance Indicator: Differentiate between Supervised Learning and Unsupervised Learning |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-7 | KK7.CPMK-7.1 | Pohon keputusan dan aturan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerjemahkan pohon keputusan sebagai pengetahuan berbasis aturan. Performance Indicator: Translate decision tree as rule-based knowledge. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-8 | KK7.CPMK-8.1 | Kuantor eksistensial dan universal. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penerapan kuantor yang tepat untuk merepresentasikan pengetahuan. Performance Indicator: Correct application of quantifiers in representing knowledge. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-10 | KK7.CPMK-10.1 | Peluang bersyarat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menggunakan peluang bersyarat dengan benar. Performance Indicator: Apply conditional probability accurately. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.1 | Logika proposisi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Merepresentasikan pengetahuan menggunakan logika proposisi. Performance Indicator: Representing knowledge using propositional logic |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | |||||||||||||||||
Solusi akurat untuk memecahkan puzzle logika menggunakan logika proposisi dan logika predikat. Accurate solutions to logic puzzles using propositional logic and predicate logic. |
|||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-11 | KK7.CPMK-11.2 | Inferensi logika proposisi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Merepresentasikan pengetahuan menggunakan logika proposisi. Performance Indicator: Representing knowledge using propositional logic |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
1.00/Pass | |||||||||||||||||
Solusi akurat untuk memecahkan puzzle logika menggunakan logika proposisi dan logika predikat. Accurate solutions to logic puzzles using propositional logic and predicate logic. |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Melakukan inferensi logika proposisi. Performance Indicator: Make inference using propositional logic. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.1 | Memahami representasi masalah dalam ruang pencarian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-12 | KK7.CPMK-12.2 | Memahami perkembangan sejarah Kecerdasan Artifisial dan aplikasinya. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-1 | KK7.CPMK-1.1 | Memahami permasalahan etika yang muncul dari perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-2 | KK7.CPMK-2.1 | Menerapkan teknik Deep Learning untuk Computer Vision. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | Menerapkan teknik Deep Learning untuk Pengolahan Bahasa Alami. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi fungsional pengolahan teks menggunakan Python. Performance Indicator: Functional implementation of a text processing tool in Python using NLP techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-4 | KK7.CPMK-4.1 | Menerapkan teknik-teknik Deep Learning untuk tugas-tugas prediktif yang kompleks. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi fungsional pengolahan teks menggunakan Python. Performance Indicator: Functional implementation of a text processing tool in Python using NLP techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengembangan perseptron dan MLP untuk menerapkan teknik Deep Learning. Performance Indicator: Successful extension of the neural network and multi layer perceptron to incorporate deep learning techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-5 | KK7.CPMK-5.1 | Memahami dan menerapkan cara kerja jaringan syaraf tiruan untuk pemodelan prediktif. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi fungsional pengolahan teks menggunakan Python. Performance Indicator: Functional implementation of a text processing tool in Python using NLP techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengembangan perseptron dan MLP untuk menerapkan teknik Deep Learning. Performance Indicator: Successful extension of the neural network and multi layer perceptron to incorporate deep learning techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan model perseptron secara manual dan menggunakan program. Performance Indicator: Simulating perceptron model manually and programmatically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-6 | KK7.CPMK-6.1 | Memahami perbedaan antara Supervised Learning dan Unsupervised Learning. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi fungsional pengolahan teks menggunakan Python. Performance Indicator: Functional implementation of a text processing tool in Python using NLP techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengembangan perseptron dan MLP untuk menerapkan teknik Deep Learning. Performance Indicator: Successful extension of the neural network and multi layer perceptron to incorporate deep learning techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan model perseptron secara manual dan menggunakan program. Performance Indicator: Simulating perceptron model manually and programmatically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membedakan Supervised Learning dengan Unsupervised Learning. Performance Indicator: Differentiate between Supervised Learning and Unsupervised Learning |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-9 | KK7.CPMK-9.1 | Mengembangkan keahlian penerapan Supervised Learning pada masalah klasifikasi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan kecerdasan menggunakan algoritma-algoritma pencarian. Performance Indicator: Simulating intelligence using search algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Setup environment pemrograman selesai. Performance Indicator: Finished programming environment setup. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Essay reflektif yang sistematis dalam mempertimbangkan aspek etika Kecerdasan Buatan. Performance Indicator: Well-written reflective essay on ethical considerations in AI. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi pengolahan citra sederhana menggunakan Python. Performance Indicator: Correct implementation of basic image processing tasks in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Implementasi fungsional pengolahan teks menggunakan Python. Performance Indicator: Functional implementation of a text processing tool in Python using NLP techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengembangan perseptron dan MLP untuk menerapkan teknik Deep Learning. Performance Indicator: Successful extension of the neural network and multi layer perceptron to incorporate deep learning techniques. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mensimulasikan model perseptron secara manual dan menggunakan program. Performance Indicator: Simulating perceptron model manually and programmatically. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membedakan Supervised Learning dengan Unsupervised Learning. Performance Indicator: Differentiate between Supervised Learning and Unsupervised Learning |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Analisis dan interpretasi yang akurat terhadap prediksi model. Performance Indicator: Accurate analysis and interpretation of the model's predictions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK7.CPMK-1.1 Memahami permasalahan etika yang muncul dari perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-2.1 Menerapkan teknik Deep Learning untuk Computer Vision. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-3.1 Menerapkan teknik Deep Learning untuk Pengolahan Bahasa Alami. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-4.1 Menerapkan teknik-teknik Deep Learning untuk tugas-tugas prediktif yang kompleks. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-5.1 Memahami dan menerapkan cara kerja jaringan syaraf tiruan untuk pemodelan prediktif. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-6.1 Memahami perbedaan antara Supervised Learning dan Unsupervised Learning. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-7.1 Pohon keputusan dan aturan. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-8.1 Kuantor eksistensial dan universal. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-9.1 Mengembangkan keahlian penerapan Supervised Learning pada masalah klasifikasi. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-10.1 Peluang bersyarat. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-11.1 Logika proposisi. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-11.2 Inferensi logika proposisi. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-12.1 Memahami representasi masalah dalam ruang pencarian |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
KK7.CPMK-12.2 Memahami perkembangan sejarah Kecerdasan Artifisial dan aplikasinya. |
0 | 0 | 0 | 34 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Memahami permasalahan etika yang muncul dari perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan. | |||||
Menerapkan teknik Deep Learning untuk Computer Vision. | |||||
Menerapkan teknik Deep Learning untuk Pengolahan Bahasa Alami. | |||||
Menerapkan teknik-teknik Deep Learning untuk tugas-tugas prediktif yang kompleks. | |||||
Memahami dan menerapkan cara kerja jaringan syaraf tiruan untuk pemodelan prediktif. | |||||
Memahami perbedaan antara Supervised Learning dan Unsupervised Learning. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Pohon keputusan dan aturan. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Kuantor eksistensial dan universal. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mengembangkan keahlian penerapan Supervised Learning pada masalah klasifikasi. | |||||
Peluang bersyarat. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Logika proposisi. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Inferensi logika proposisi. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Memahami representasi masalah dalam ruang pencarian | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Memahami perkembangan sejarah Kecerdasan Artifisial dan aplikasinya. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 34 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||
KK7.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-8.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-9.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-10.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-11.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-11.2 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-12.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-12.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 0.00 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 5.22 |
2 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.02 | 5.02 | 5.02 | 0.00 | 5.02 | 5.02 | 5.02 | 5.02 | 5.02 |
3 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.54 | 4.54 | 4.54 | 0.00 | 4.54 | 4.54 | 4.54 | 4.54 | 4.54 |
4 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 0.00 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 5.22 | 5.22 |
5 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.37 | 4.37 | 4.37 | 0.00 | 4.37 | 4.37 | 4.37 | 4.37 | 4.37 |
6 | 065002200040 | VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.09 | 5.09 | 5.09 | 0.00 | 5.09 | 5.09 | 5.09 | 5.09 | 5.09 |
7 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.97 | 4.97 | 4.97 | 0.00 | 4.97 | 4.97 | 4.97 | 4.97 | 4.97 |
8 | 065002200005 | MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.42 | 3.42 | 3.42 | 0.00 | 3.42 | 3.42 | 3.42 | 3.42 | 3.42 |
9 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.28 | 5.28 | 5.28 | 0.00 | 5.28 | 5.28 | 5.28 | 5.28 | 5.28 |
10 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.04 | 5.04 | 5.04 | 0.00 | 5.04 | 5.04 | 5.04 | 5.04 | 5.04 |
11 | 065002200044 | KARAN SHANKAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.33 | 4.33 | 4.33 | 0.00 | 4.33 | 4.33 | 4.33 | 4.33 | 4.33 |
12 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 2.85 | 2.85 | 2.85 | 0.00 | 2.85 | 2.85 | 2.85 | 2.85 | 2.85 |
13 | 065002200042 | STEVANIO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.27 | 5.27 | 5.27 | 0.00 | 5.27 | 5.27 | 5.27 | 5.27 | 5.27 |
14 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.17 | 5.17 | 5.17 | 0.00 | 5.17 | 5.17 | 5.17 | 5.17 | 5.17 |
15 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 2.20 | 2.20 | 2.20 | 0.00 | 2.20 | 2.20 | 2.20 | 2.20 | 2.20 |
16 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.53 | 5.53 | 5.53 | 0.00 | 5.53 | 5.53 | 5.53 | 5.53 | 5.53 |
17 | 065002200041 | CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 1.95 | 1.95 | 1.95 | 0.00 | 1.95 | 1.95 | 1.95 | 1.95 | 1.95 |
18 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.08 | 3.08 | 3.08 | 0.00 | 3.08 | 3.08 | 3.08 | 3.08 | 3.08 |
19 | 065002200037 | PUTRA MARIO SANTOSO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.74 | 4.74 | 4.74 | 0.00 | 4.74 | 4.74 | 4.74 | 4.74 | 4.74 |
20 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.03 | 4.03 | 4.03 | 0.00 | 4.03 | 4.03 | 4.03 | 4.03 | 4.03 |
21 | 065002100027 | DEBI ARISANDI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.67 | 5.67 | 5.67 | 0.00 | 5.67 | 5.67 | 5.67 | 5.67 | 5.67 |
22 | 065002200017 | M. SATRIA PRATAMA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 5.23 | 5.23 | 5.23 | 0.00 | 5.23 | 5.23 | 5.23 | 5.23 | 5.23 |
23 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.57 | 3.57 | 3.57 | 0.00 | 3.57 | 3.57 | 3.57 | 3.57 | 3.57 |
24 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.39 | 4.39 | 4.39 | 0.00 | 4.39 | 4.39 | 4.39 | 4.39 | 4.39 |
25 | 065002100021 | ALDIS TAMARA PUTRI ISKANDAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.63 | 4.63 | 4.63 | 0.00 | 4.63 | 4.63 | 4.63 | 4.63 | 4.63 |
26 | 065002100007 | EXCHELL SABATINO GERALDI OINTU | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.58 | 4.58 | 4.58 | 0.00 | 4.58 | 4.58 | 4.58 | 4.58 | 4.58 |
27 | 065002200027 | MARIA ULPA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.45 | 4.45 | 4.45 | 0.00 | 4.45 | 4.45 | 4.45 | 4.45 | 4.45 |
28 | 065002200043 | MUHAMMAD RAFI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.45 | 3.45 | 3.45 | 0.00 | 3.45 | 3.45 | 3.45 | 3.45 | 3.45 |
29 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.91 | 3.91 | 3.91 | 0.00 | 3.91 | 3.91 | 3.91 | 3.91 | 3.91 |
30 | 065002000021 | FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 2.39 | 2.39 | 2.39 | 0.00 | 2.39 | 2.39 | 2.39 | 2.39 | 2.39 |
31 | 065002000004 | RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 1.64 | 1.64 | 1.64 | 0.00 | 1.64 | 1.64 | 1.64 | 1.64 | 1.64 |
32 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.58 | 3.58 | 3.58 | 0.00 | 3.58 | 3.58 | 3.58 | 3.58 | 3.58 |
33 | 065002200030 | RIDWAN BAKKARA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 3.70 | 3.70 | 3.70 | 0.00 | 3.70 | 3.70 | 3.70 | 3.70 | 3.70 |
34 | 065002000023 | MUHAMMAD ILYAS IFADHAH | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 4.82 | 4.82 | 4.82 | 0.00 | 4.82 | 4.82 | 4.82 | 4.82 | 4.82 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)