EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.2
P2.CPMK-1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan berbagai prosedur pengolahan data yang dibutuhkan industri dan masyarakat
P.2
P2.CPMK-2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang dan mensimulasikan model pengolahan data pada berbagai platform
KK.1
KK1.CPMK-3
Mahasiswa mampu menerapkan dan menguji berbagai metode pengolahan data
KK.4
KK4.CPMK-4
Mahasiswa mampu menetapkan metode pengolahan data yang sesuai dengan kebutuhan perancangan sistem cerdas
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.2
P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari persoalan data processing dalam bentuk essay
P.2
P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
KK.1
KK1.CPMK-3
KK1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
KK.4
KK4.CPMK-4
KK4.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah
KK4.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6314
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKD6314 SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemrosesan Data
Dosen :
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing
Konsep & Ruang Lingkup Data Processing
Tutorial (50)
Diskusi (50)
150.00
Menerima, Mengetahui Konsep serta ruang lingkup data processing
Patrick R. Nicholas(2017) (Hal. 89-129)
Quiz 1 (56) - 1.00 %
Ujian Tengah Semester (56) - 2.00 %
2
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
Jenis-jenis Data Processing, metode dari tahapan data processing yang dapat digunakan, dan contoh pengaplikasiannya
Tutorial (50)
Diskusi (30)
Diksusi Online (20)
150.00
Memahami, mengidentifikasi, Memberikan umpan balik terkait pengaplikasian data processing
Quiz 1 (56) - 2.00 %
Ujian Tengah Semester (56) - 3.00 %
3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
Data Collection ; model pengumpulan data, kecukupan jumlah data, tools yang dipergunakan
Tutorial (50)
Percobaan (10)
Diskusi (20)
Diksusi Online (20)
150.00
Memahami, mengidentifikasi dan menerapkan metode pengumpulan data
Quiz 1 - 2.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
Data Pre-Processing (I) ; Aggregation, Editing, extraction, Selection, Cleansing, Filtering
Tutorial (40)
Percobaan (20)
Diskusi (10)
Pemecahan Masalah (10)
Diksusi Online (20)
150.00
Mengetahui, membedakan, menguji, memberi umpan balik terhadap berbagai metode pre-processing
Lu, G(1999)
Quiz 1 - 2.00 %
Ujian Tengah Semester - 5.00 %
5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
Data Pre-processing (II); compression, segmentation, extraction
Tutorial (50)
Diskusi (20)
Pemecahan Masalah (10)
Diksusi Online (20)
150.00
Memahami, membedakan, menguji, memberi umpan balik terhadap metode pre-processing
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, kegunaan, dan ruang lingkup data processing Performance Indicator: Students are able to explain the meaning, use, and scope of data processing
Rubrik Penilaian
56.00/Pass
70.00/Pass
55.00/Fail
Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar pengertian data processing Students are able to know and explain correctly the meaning of data processing
Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar ruang lingkup data processing Students are able to know and explain correctly the scope of data processing
Mahasiswa tidak mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar pengertian data processing Students are not able to know and explain correctly the meaning of data processing
P.2
P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dan menganalisis metode beserta contoh penerapannya Performance Indicator: Students are able to identify the types of data processing and analyze methods along with examples of their application
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dengan benar Students are not able to identify the types of data processing correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dengan benar Students are able to correctly identify the types of data processing
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dan metode dalam ruang lingkup data processing dengan benar Students are able to correctly identify the types of data processing and methods within the scope of data processing
KK.1
KK1.CPMK-3
KK1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan menguji metode pengumpulan data Performance Indicator: Students are able to identify, apply and test data collection methods
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengetahui model pengumpulan data dan kecukupan data yang diperoleh Students are not able to know the data collection model and the adequacy of the data obtained
Mahasiswa mampu mengetahui model pengumpulan data dan kecukupan data yang diperoleh Students are able to know the model of data collection and the adequacy of the data obtained
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode pengumpulan data dengan benar beserta kecukupan jumlah datanya Students are able to correctly identify and apply data collection methods along with the adequacy of the amount of data
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing Performance Indicator: Students are able to identify and test various data pre-processing methods
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4
KK4.CPMK-4
KK4.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
P.2
P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4
KK4.CPMK-4
KK4.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan mengevaluasi berbagai metode forecasting untuk memecahkan persoalan Performance Indicator: Students are able to identify, apply and evaluate various forecasting methods to solve problems
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are not able to identify forecasting methods to solve problems correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify and practice forecasting methods to solve problems correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi metode-metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify, practice and evaluate forecasting methods to solve problems correctly
KK.4
KK4.CPMK-4
KK4.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan mengevaluasi berbagai metode forecasting untuk memecahkan persoalan Performance Indicator: Students are able to identify, apply and evaluate various forecasting methods to solve problems
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are not able to identify forecasting methods to solve problems correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify and practice forecasting methods to solve problems correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi metode-metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify, practice and evaluate forecasting methods to solve problems correctly
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
3
14.29
A-
2
9.52
B+
1
4.76
B
7
33.33
B-
2
9.52
C+
2
9.52
C
1
4.76
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing
2
14
3
2
90.48
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
3
9
7
2
90.48
KK1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
1
14
3
3
85.71
KK4.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah
5
9
4
3
85.71
KK4.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah
2
13
3
3
85.71
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing
UTS
0
4 (19.05 %)
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
76.19 (362.81 %)
Q1
7 (33.33 %)
9 (42.86 %)
2 (9.52 %)
3 (14.29 %)
85.71 (408.14 %)
TGKEL
11 (52.38 %)
8 (38.10 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah
UTS
0
4 (19.05 %)
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
76.19 (362.81 %)
UAS
3 (15.00 %)
4 (20.00 %)
5 (25.00 %)
8 (40.00 %)
60 (300.00 %)
Q2
18 (85.71 %)
2 (9.52 %)
0
1 (4.76 %)
95.24 (453.52 %)
Q1
7 (33.33 %)
9 (42.86 %)
2 (9.52 %)
3 (14.29 %)
85.71 (408.14 %)
TGKEL
11 (52.38 %)
8 (38.10 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing
UTS
0
4 (19.05 %)
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
76.19 (362.81 %)
Q1
7 (33.33 %)
9 (42.86 %)
2 (9.52 %)
3 (14.29 %)
85.71 (408.14 %)
TGKEL
11 (52.38 %)
8 (38.10 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah
UAS
3 (15.00 %)
4 (20.00 %)
5 (25.00 %)
8 (40.00 %)
60 (300.00 %)
Q2
18 (85.71 %)
2 (9.52 %)
0
1 (4.76 %)
95.24 (453.52 %)
TGKEL
11 (52.38 %)
8 (38.10 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah
UTS
0
4 (19.05 %)
12 (57.14 %)
5 (23.81 %)
76.19 (362.81 %)
UAS
3 (15.00 %)
4 (20.00 %)
5 (25.00 %)
8 (40.00 %)
60 (300.00 %)
Q2
18 (85.71 %)
2 (9.52 %)
0
1 (4.76 %)
95.24 (453.52 %)
Q1
7 (33.33 %)
9 (42.86 %)
2 (9.52 %)
3 (14.29 %)
85.71 (408.14 %)
TGKEL
11 (52.38 %)
8 (38.10 %)
0
2 (9.52 %)
90.48 (430.86 %)
Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00
1
064002300001
NOVAL SUSANTO
81.33
88.94
80.44
93.31
85.48
2
064002300021
ARIK DIAS PUTRA
74.00
59.73
70.40
53.05
66.85
3
064002300005
FAIZ FIRDAUS PRIYANTO
78.00
71.39
75.56
68.39
75.48
4
064002300031
SYAHRUL ARIFIN
71.42
73.16
68.52
74.96
72.78
5
064002300026
RANGGA ADITYA PRADANA
74.75
71.48
73.17
69.92
74.92
6
064002300025
ZULFADLI DANISWARA
74.58
82.45
72.29
87.41
78.95
7
064002300015
YUSTIANAS ROMBON
72.67
76.85
71.92
79.11
76.46
8
064002300045
NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI
72.08
70.96
69.23
71.34
71.02
9
064002300012
YEZA SABILLAH ABBAS
70.08
65.58
66.88
64.00
68.85
10
064002300010
RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO
75.42
72.15
73.73
70.68
75.38
11
064002300013
ARIEL FEBRIO HADI
75.17
79.28
73.52
81.84
78.54
12
064002300039
DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA
72.00
67.70
69.46
65.95
71.31
13
064002300004
MICHAEL BRIANT
74.67
79.28
71.48
82.92
77.15
14
064002300041
HASANUL BASHORI
80.25
83.36
78.35
85.58
82.32
15
064002300017
MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR
70.17
63.50
68.90
60.09
68.03
16
064002300044
FRANCISCO
67.83
67.57
63.48
69.12
65.75
17
064002300046
MUHAMMAD AKMAL YAZID
22.33
32.95
30.29
36.32
39.31
18
064002300043
FAIZ ABYAN HERYANTO
73.83
74.26
69.85
76.13
71.66
19
064002300020
MICHAEL
58.50
58.54
50.63
70.63
50.27
20
064002300030
HAFIDZ RAMADHAN
66.03
64.84
63.06
64.98
66.55
21
064002000016
BORIS LUHUNG SWARA
31.00
38.45
41.58
37.70
48.62
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)