PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrosesan Data |
Kode Mata Kuliah | : | IKD6314 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 21 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Pemrosesan Data |
KODE MATA KULIAH | : IKD6314 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROSESAN DATA Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKD6314 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan berbagai prosedur pengolahan data yang dibutuhkan industri dan masyarakat |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang dan mensimulasikan model pengolahan data pada berbagai platform |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan dan menguji berbagai metode pengolahan data |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menetapkan metode pengolahan data yang sesuai dengan kebutuhan perancangan sistem cerdas |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 |
|
||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6314 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKD6314 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrosesan Data | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Konsep & Ruang Lingkup Data Processing |
|
150.00 | Menerima, Mengetahui Konsep serta ruang lingkup data processing |
|
|
2 |
|
Jenis-jenis Data Processing, metode dari tahapan data processing yang dapat digunakan, dan contoh pengaplikasiannya |
|
150.00 | Memahami, mengidentifikasi, Memberikan umpan balik terkait pengaplikasian data processing |
|
|
3 |
|
Data Collection ; model pengumpulan data, kecukupan jumlah data, tools yang dipergunakan |
|
150.00 | Memahami, mengidentifikasi dan menerapkan metode pengumpulan data |
|
|
4 |
|
Data Pre-Processing (I) ; Aggregation, Editing, extraction, Selection, Cleansing, Filtering |
|
150.00 | Mengetahui, membedakan, menguji, memberi umpan balik terhadap berbagai metode pre-processing |
|
|
5 |
|
Data Pre-processing (II); compression, segmentation, extraction |
|
150.00 | Memahami, membedakan, menguji, memberi umpan balik terhadap metode pre-processing |
|
|
6 |
|
Data Analysis (I) : descriptive, exploratory, diagnostic |
|
150.00 | Mengetahui, mengidentifikasi, menerapkan berbagai metode analisis data dalam memecahkan masalah |
|
|
7 |
|
Summary pertemuan 1-6 dan Quiz I |
|
150.00 | Menjawab soal-soal dan memberikan umpan balik |
|
|
8 |
|
Data Analysis (II); predictive, prescriptive, statistical |
|
150.00 | Mengetahui, mengidentifikasi, menerapkan berbagai metode analisis data dalam memecahkan masalah |
|
|
9 |
|
Forecasting (I); Qualitative (market survey, Delphi method, expert system (opinion judgment), panel consensus) |
|
150.00 | Mengidentifikasi, menerapkan, menerima umpan balik terkait metode forecasting |
|
|
10 |
|
Forecasting (II); Quantitative, numerical prediction, exponential smoothing, interpolation, extrapolation |
|
150.00 | Mengidentifikasi, menerapkan, menerima umpan balik terkait metode forecasting |
|
|
11 |
|
Forecasting Accuracy; akurasi, presisi, recall, MSE, SSE, RMSE, cross validation |
|
150.00 | Mengidentifikasi, menguji, mengevaluasi perhitungan keakuratan forecasting |
|
|
12 |
|
Data Visualization |
|
150.00 | menganalisis, merancang, menguji model visualisasi data |
|
|
13 |
|
Quiz II |
|
150.00 | Menjawab soal-soal dan memberikan umpan balik |
|
|
14 |
|
Presentasi Proyek |
|
150.00 | Menunjukkan, menjelaskan, bekerja sama secara tim untuk menyelesaikan proyek data processing |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrosesan Data | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ; Tuesday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz 1 (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (3.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (10.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (3.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 3.00% | 5.00% | 3.00% | 11% | ||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 7.00% | 7% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 7.00% | 7.00% | 7.00% | 21% | ||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 30% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 3.00% 3.00% | 6% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 5.00% 3.00% | 8% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
TOTAL | 30% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||
M1 | M14 | M2 | M12 | M3 | M4 | M5 | M9 | M10 | M11 | M6 | M8 | |||||||||||||||
Komponen | UTS | Q1 | TGKEL | UTS | Q1 | UAS | Q2 | UTS | Q1 | UTS | Q1 | UTS | Q1 | UAS | Q2 | UAS | Q2 | UAS | Q2 | UTS | Q1 | UAS | Q2 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 1.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 2.00% | 7.00% | 2.00% | 17% | ||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | 3.00% | 3.00% | 2.00% | 5.00% | 2.00% | 3.00% | 1.00% | 19% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | 10.00% | 7.00% | 2.00% | 7.00% | 2.00% | 7.00% | 2.00% | 37% | ||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | 3.00% | 4.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 13% | ||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 1 | 22 | 3 | 2 | 7 | 2 | 3 | 2 | 5 | 2 | 3 | 1 | 7 | 2 | 7 | 2 | 7 | 2 | 4 | 2 | 2 | 2 | 92 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | UTS Q1 TGKEL |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | UTS Q1 UAS Q2 TGKEL TGKEL |
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | UTS Q1 UTS Q1 UTS Q1 TGKEL TGKEL |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | UAS Q2 UAS Q2 UAS Q2 TGKEL |
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | UTS Q1 UAS Q2 TGKEL |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, kegunaan, dan ruang lingkup data processing Performance Indicator: Students are able to explain the meaning, use, and scope of data processing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
56.00/Pass | 70.00/Pass | 55.00/Fail | |||||||||||||||
Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar pengertian data processing Students are able to know and explain correctly the meaning of data processing |
Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar ruang lingkup data processing Students are able to know and explain correctly the scope of data processing |
Mahasiswa tidak mampu mengetahui dan menjelaskan dengan benar pengertian data processing Students are not able to know and explain correctly the meaning of data processing |
|||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dan menganalisis metode beserta contoh penerapannya Performance Indicator: Students are able to identify the types of data processing and analyze methods along with examples of their application |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dengan benar Students are not able to identify the types of data processing correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dengan benar Students are able to correctly identify the types of data processing |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis data processing dan metode dalam ruang lingkup data processing dengan benar Students are able to correctly identify the types of data processing and methods within the scope of data processing |
|||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-3 | KK1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan menguji metode pengumpulan data Performance Indicator: Students are able to identify, apply and test data collection methods |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengetahui model pengumpulan data dan kecukupan data yang diperoleh Students are not able to know the data collection model and the adequacy of the data obtained |
Mahasiswa mampu mengetahui model pengumpulan data dan kecukupan data yang diperoleh Students are able to know the model of data collection and the adequacy of the data obtained |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode pengumpulan data dengan benar beserta kecukupan jumlah datanya Students are able to correctly identify and apply data collection methods along with the adequacy of the amount of data |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing Performance Indicator: Students are able to identify and test various data pre-processing methods |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan mengevaluasi berbagai metode forecasting untuk memecahkan persoalan Performance Indicator: Students are able to identify, apply and evaluate various forecasting methods to solve problems |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are not able to identify forecasting methods to solve problems correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify and practice forecasting methods to solve problems correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi metode-metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify, practice and evaluate forecasting methods to solve problems correctly |
|||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-4 | KK4.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan, menguji, dan mengevaluasi metode-metode analisis data terhadap masalah yang diberikan Performance Indicator: Students are able to apply, test, and evaluate data analysis methods for a given problem |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are not able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan metode analisis dengan benar Students are able to identify and apply analytical methods correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menguji dan mengevaluasi berbagai metode analisis data dengan benar Students are able to correctly identify, test and evaluate various methods of data analysis |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, menerapkan model visualisasi sesuai jenis data yang diberikan Performance Indicator: Students are able to analyze, design, apply visualization models according to the type of data provided |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan dan mengevaluasi berbagai metode forecasting untuk memecahkan persoalan Performance Indicator: Students are able to identify, apply and evaluate various forecasting methods to solve problems |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are not able to identify forecasting methods to solve problems correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify and practice forecasting methods to solve problems correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi metode-metode forecasting untuk memecahkan masalah dengan benar Students are able to identify, practice and evaluate forecasting methods to solve problems correctly |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing |
0 | 2 | 11 | 8 | 61.90 |
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah |
0 | 2 | 11 | 8 | 61.90 |
KK1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing |
0 | 2 | 11 | 8 | 61.90 |
KK4.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah |
0 | 0 | 0 | 21 | 0.00 |
KK4.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah |
0 | 2 | 11 | 8 | 61.90 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan konsep dasar data processing | |||||
UTS | 0 | 2 (9.52 %) | 11 (52.38 %) | 8 (38.10 %) | 61.9 (294.76 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang model visualisasi sesuai jenis data yang diolah | |||||
UTS | 0 | 2 (9.52 %) | 11 (52.38 %) | 8 (38.10 %) | 61.9 (294.76 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menguji berbagai metode data pre-processing | |||||
UTS | 0 | 2 (9.52 %) | 11 (52.38 %) | 8 (38.10 %) | 61.9 (294.76 %) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode forecasting untuk memecahkan masalah | |||||
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode analisis data untuk memecahkan masalah | |||||
UTS | 0 | 2 (9.52 %) | 11 (52.38 %) | 8 (38.10 %) | 61.9 (294.76 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300001 | NOVAL SUSANTO | 71.50 | 71.50 | 71.50 | 0.00 | 71.50 |
2 | 064002300021 | ARIK DIAS PUTRA | 59.50 | 59.50 | 59.50 | 0.00 | 59.50 |
3 | 064002300005 | FAIZ FIRDAUS PRIYANTO | 63.50 | 63.50 | 63.50 | 0.00 | 63.50 |
4 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 0.00 | 50.00 |
5 | 064002300026 | RANGGA ADITYA PRADANA | 61.50 | 61.50 | 61.50 | 0.00 | 61.50 |
6 | 064002300025 | ZULFADLI DANISWARA | 52.50 | 52.50 | 52.50 | 0.00 | 52.50 |
7 | 064002300015 | YUSTIANAS ROMBON | 59.00 | 59.00 | 59.00 | 0.00 | 59.00 |
8 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 54.00 | 54.00 | 54.00 | 0.00 | 54.00 |
9 | 064002300012 | YEZA SABILLAH ABBAS | 50.50 | 50.50 | 50.50 | 0.00 | 50.50 |
10 | 064002300010 | RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO | 62.00 | 62.00 | 62.00 | 0.00 | 62.00 |
11 | 064002300013 | ARIEL FEBRIO HADI | 56.50 | 56.50 | 56.50 | 0.00 | 56.50 |
12 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 0.00 | 55.00 |
13 | 064002300004 | MICHAEL BRIANT | 56.50 | 56.50 | 56.50 | 0.00 | 56.50 |
14 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 63.00 | 63.00 | 63.00 | 0.00 | 63.00 |
15 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 61.50 | 61.50 | 61.50 | 0.00 | 61.50 |
16 | 064002300044 | FRANCISCO | 48.50 | 48.50 | 48.50 | 0.00 | 48.50 |
17 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 57.00 | 57.00 | 57.00 | 0.00 | 57.00 |
18 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 56.50 | 56.50 | 56.50 | 0.00 | 56.50 |
19 | 064002300020 | MICHAEL | 41.00 | 41.00 | 41.00 | 0.00 | 41.00 |
20 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 50.50 | 50.50 | 50.50 | 0.00 | 50.50 |
21 | 064002000016 | BORIS LUHUNG SWARA | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 0.00 | 68.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)