PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Sistem Cerdas |
Kode Mata Kuliah | : | IKA6302 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
Semester | : | Gasal 2024/2025 (R) |
Tahun Akademik | : | 2024/2025 |
Jumlah Mahasiswa | : | 22 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2025
NAMA MATA KULIAH | : Sistem Cerdas |
KODE MATA KULIAH | : IKA6302 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Gasal 2024/2025 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH SISTEM CERDAS Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKA6302 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | mahasiswa mampu memahami cara membangun sistem cerdas untuk memecahkan masalah pada industri |
P.1 | P1.CPMK-2 | mahasiswa mampu memahami sistem cerdas |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | mahasiswa mampu mengkomunikasikan rancangan sistem cerdas |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu memformulasikan attribute model sistem cerdas dari kasus yang diberikan |
KK.4 | KK4.CPMK-5 | Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan sistem cerdas dari studi kasus yang diberikan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKA6302 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKA6302 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Sistem Cerdas | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Concept of System. Concept of System Thinking. Concept of Intelligence System |
|
240.00 | Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kecukupan sistem dari kasus yang diberikan |
|
|
2 |
|
Siklus hidup rekayasa sistem cerdas. Problem framming studi kasus prediksi numerik |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi harga rumah |
|
|
3 |
|
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis sistem linier dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas |
|
240.00 | mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya |
|
|
4 |
|
Problem framming studi kasus prediksi numerik klasifikasi biner |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi klas biner |
|
|
5 |
|
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas klasifikasi biner dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas |
|
240.00 | mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya |
|
|
6 |
|
Problem framming studi kasus probability prediction |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus probability prediction |
|
|
7 |
|
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas probabiliy prediction dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas |
|
240.00 | mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya |
|
|
8 |
|
Konsep Sistem Deteksi Obyek |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek |
|
|
9 |
|
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas deteksi wajah dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek |
|
|
10 |
|
Sistem cerdas berbasis NLP |
|
240.00 | mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya |
|
|
11 |
|
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas |
|
240.00 | mahasiswa secara berkelompok dapat mengindetifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk sistem cerdas berbasis NLP |
|
|
12 |
|
Problem framing studi kasus data time series |
|
240.00 | Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk menganalisis data time series |
|
|
13 |
|
Proyek perancangan sistem cerdas |
|
240.00 | Kelompok mahasiswa mengerjakan proyek perancangan sistem cerdas yang memenuhi 5 elemen |
|
|
14 |
|
Evaluasi hasil perancangan sistem cerdas |
|
240.00 | Kelompok mahasiswa memaparkan hasil rancangannya |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Sistem Cerdas | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ; Monday 13:30:00-17:00:00; Friday 13:30:00-17:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Minggu ke-12 Assessment: Diskusi 4 (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 6 (7.00%) Minggu ke-2 Assessment: Presentasi 1 (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Presentasi 2 (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Presentasi 3 (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Presentasi 4 (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Presentasi 5 (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-3 Assessment: Presentasi 1 (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Presentasi 2 (3.00%) Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 3 (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Presentasi 4 (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Presentasi 5 (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-3 Assessment: Diskusi 1 (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Minggu ke-5 Assessment: Diskusi 2 (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.4 | Minggu ke-9 Assessment: Diskusi 4 (4.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.5 | Minggu ke-11 Assessment: Diskusi 5 (2.00%) |
LOW | KK.4 | KK4.CPMK-5 | KK4.CPMK-5.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (15.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 2.00% | 5% | |||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 13% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.4 | KK4.CPMK-5 | KK4.CPMK-5.1 | 6.00% | 6% | ||||||
TOTAL | 9% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M12 | M14 | M13 | M4 | M6 | M8 | M10 | M3 | M5 | M7 | M9 | M11 | |||||||||||
Komponen | UTS | UTS | PR1 | Disc4 | prj | PR6 | UAS | PR2 | PR3 | PR4 | PR5 | PR1 | Disc1 | PR2 | Disc2 | PR3 | Disc3 | PR4 | Disc4 | PR5 | Disc5 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 2.00% | 5% | |||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | 1.00% | 1% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 4.00% | 7.00% | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 3.00% | 25% | |||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 15% | ||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.4 | 4.00% | 4% | ||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.5 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-5 | KK4.CPMK-5.1 | 15.00% | 6.00% | 21% | |||||||||||||||||||
TOTAL | 10 | 3 | 4 | 3 | 20 | 7 | 9 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 3 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.3 | Disc4 |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.4 | prj |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | PR6 PR1 PR2 PR3 PR4 PR5 |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | PR1 PR2 PR3 PR4 PR5 |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Disc1 |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Disc2 |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.3 | Disc3 |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.4 | Disc4 |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.5 | Disc5 |
KK.4 | KK4.CPMK-5 | KK4.CPMK-5.1 | UAS prj |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: ukuran dan cara mengukur tujuan sistem cerdas dapat dilakukan Performance Indicator: measure and measurement technique of meaningful objectives can be conducted |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Cause Loop Diagram dapat dibuat Performance Indicator: Cause Loop Diagram can be built |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.5 | Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: management of intelligence system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.4 | KK4.CPMK-5 | KK4.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: management of intelligence system can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: sistem cerdas pilihannya dapat dirancang memenuhi 5 element sistem cerdas Performance Indicator: proposed intelligence system can be designed completely |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU2.CPMK-3.1 mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal |
0 | 22 | 0 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-3.2 mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen |
0 | 16 | 4 | 2 | 90.91 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU2.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KK4.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas | |||||
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas | |||||
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal | |||||
PR2 | 0 | 22 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (454.55 %) |
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen | |||||
PR1 | 0 | 4 (18.18 %) | 18 (81.82 %) | 0 | 100 (454.55 %) |
PR2 | 3 (13.64 %) | 15 (68.18 %) | 3 (13.64 %) | 1 (4.55 %) | 95.45 (433.86 %) |
PR3 | 7 (31.82 %) | 12 (54.55 %) | 2 (9.09 %) | 1 (4.55 %) | 95.45 (433.86 %) |
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan | |||||
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan | |||||
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan | |||||
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan | |||||
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan | |||||
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-4.5 Std Mark: 56.00 |
KK4.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002300001 | NOVAL SUSANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 68.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 064002300021 | ARIK DIAS PUTRA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 46.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
3 | 064002300005 | FAIZ FIRDAUS PRIYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 72.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
4 | 064002300031 | SYAHRUL ARIFIN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 65.33 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
5 | 064002300026 | RANGGA ADITYA PRADANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
6 | 064002300025 | ZULFADLI DANISWARA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
7 | 064002300015 | YUSTIANAS ROMBON | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
8 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
9 | 064002300012 | YEZA SABILLAH ABBAS | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300010 | RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
11 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 65.33 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
12 | 064002300013 | ARIEL FEBRIO HADI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
13 | 064002300004 | MICHAEL BRIANT | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 68.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
14 | 064002300024 | DAUD MARTHINUS PAUL JITMAU | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 63.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
15 | 064002300041 | HASANUL BASHORI | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 72.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
16 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 45.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
17 | 064002300044 | FRANCISCO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
18 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
19 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 72.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 064002300020 | MICHAEL | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 68.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
21 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 71.67 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
22 | 064002000026 | RIFQI RASYADAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 70.00 | 66.33 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,
(1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.)