Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Sistem Cerdas
Kode Mata Kuliah : IKA6302
Tim Dosen :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Kelas : 01
Dosen : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 22 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Sistem Cerdas
KODE MATA KULIAH : IKA6302
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
SISTEM CERDAS
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKA6302
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 mahasiswa mampu memahami cara membangun sistem cerdas untuk memecahkan masalah pada industri
P.1 P1.CPMK-2 mahasiswa mampu memahami sistem cerdas
KU.2 KU2.CPMK-3 mahasiswa mampu mengkomunikasikan rancangan sistem cerdas
KU.2 KU2.CPMK-4 Mahasiswa mampu memformulasikan attribute model sistem cerdas dari kasus yang diberikan
KK.4 KK4.CPMK-5 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan sistem cerdas dari studi kasus yang diberikan
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
P1.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
KU2.CPMK-3.2 mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
KU.2 KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KK.4 KK4.CPMK-5
KK4.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKA6302

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKA6302     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Sistem Cerdas Dosen :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
MK Prasyarat :
  1. IKL6309 Algoritma dan Pemrograman
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
  3. Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
Concept of System. Concept of System Thinking. Concept of Intelligence System
  • Tutorial
  • Diskusi
240.00 Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kecukupan sistem dari kasus yang diberikan
  • Ujian Tengah Semester - 10.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
  3. Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
Siklus hidup rekayasa sistem cerdas. Problem framming studi kasus prediksi numerik
  • Tutorial
  • Presentasi
  • Diskusi
240.00 mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi harga rumah
  • Presentasi 1 - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis sistem linier dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
240.00 mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
  • Diskusi 1 - 3.00 %
  • Presentasi 1 - 3.00 %
4
  1. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Problem framming studi kasus prediksi numerik klasifikasi biner
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
240.00 mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi klas biner
  • Presentasi 2 - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas klasifikasi biner dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Memainkan Peran
  • Pemecahan Masalah
240.00 mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
  • Diskusi 2 - 3.00 %
  • Presentasi 2 - 3.00 %
6
  1. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Problem framming studi kasus probability prediction
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
  • Presentasi
240.00 mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus probability prediction
  • Presentasi 3 - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas probabiliy prediction dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
240.00 mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
  • Diskusi 3 - 3.00 %
  • Presentasi 3 - 3.00 %
8
  1. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Konsep Sistem Deteksi Obyek
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
240.00 mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek
  • Presentasi 4 - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas deteksi wajah dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
240.00 mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek
  • Presentasi 4 - 3.00 %
  • Diskusi 4 - 4.00 %
10
  1. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Sistem cerdas berbasis NLP
  • Diskusi
  • Presentasi
240.00 mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
  • Presentasi 5 - 3.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
  • Diskusi
  • Presentasi
240.00 mahasiswa secara berkelompok dapat mengindetifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk sistem cerdas berbasis NLP
  • Presentasi 5 - 3.00 %
  • Diskusi 5 - 2.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
Problem framing studi kasus data time series
  • Diskusi
  • Presentasi
240.00 Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk menganalisis data time series
  • Diskusi 4 - 3.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
  2. Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
Proyek perancangan sistem cerdas
  • Presentasi
  • Proyek
240.00 Kelompok mahasiswa mengerjakan proyek perancangan sistem cerdas yang memenuhi 5 elemen
  • Ujian Akhir Semester - 9.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
  2. mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
  3. Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
Evaluasi hasil perancangan sistem cerdas
  • Presentasi
  • Proyek
240.00 Kelompok mahasiswa memaparkan hasil rancangannya
  • Proyek - 20.00 %
  • Presentasi 6 - 7.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Sistem Cerdas 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. ; Monday 13:30:00-17:00:00; Friday 13:30:00-17:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-12 Assessment: Diskusi 4 (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 6 (7.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Presentasi 1 (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Presentasi 2 (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Presentasi 3 (4.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Presentasi 4 (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Presentasi 5 (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 Minggu ke-3 Assessment: Presentasi 1 (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Presentasi 2 (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 3 (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Presentasi 4 (3.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Presentasi 5 (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 Minggu ke-3 Assessment: Diskusi 1 (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 Minggu ke-5 Assessment: Diskusi 2 (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 Minggu ke-7 Assessment: Diskusi 3 (3.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.4 Minggu ke-9 Assessment: Diskusi 4 (4.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.5 Minggu ke-11 Assessment: Diskusi 5 (2.00%)
LOW KK.4 KK4.CPMK-5 KK4.CPMK-5.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Proyek (15.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
2.00%
5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 4.00%
4%
TOTAL 13%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 3.00%
3%
KK.4 KK4.CPMK-5 KK4.CPMK-5.1 6.00%
6%
TOTAL 9%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M12 M14 M13 M4 M6 M8 M10 M3 M5 M7 M9 M11
Komponen UTS UTS PR1 Disc4 prj PR6 UAS PR2 PR3 PR4 PR5 PR1 Disc1 PR2 Disc2 PR3 Disc3 PR4 Disc4 PR5 Disc5
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%2.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 1.00% 1%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 4.00% 4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 4.00%7.00%4.00%4.00%3.00%3.00% 25%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 3.00%3.00%3.00%3.00%3.00% 15%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 3.00% 3%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 3.00% 3%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 3.00% 3%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.4 4.00% 4%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.5 2.00% 2%
KK.4 KK4.CPMK-5 KK4.CPMK-5.1 15.00%6.00% 21%
TOTAL 10 3 4 3 20 7 9 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Disc4
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 prj
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 UTS
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 PR6 PR1 PR2 PR3 PR4 PR5
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 PR1 PR2 PR3 PR4 PR5
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 Disc1
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 Disc2
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.3 Disc3
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.4 Disc4
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.5 Disc5
KK.4 KK4.CPMK-5 KK4.CPMK-5.1 UAS prj
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan
Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan
Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: ukuran dan cara mengukur tujuan sistem cerdas dapat dilakukan
Performance Indicator: measure and measurement technique of meaningful objectives can be conducted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas
Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas
Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Cause Loop Diagram dapat dibuat
Performance Indicator: Cause Loop Diagram can be built
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan
Performance Indicator: management of intelligence system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4 KK4.CPMK-5 KK4.CPMK-5.1Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan
Performance Indicator: management of intelligence system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: sistem cerdas pilihannya dapat dirancang memenuhi 5 element sistem cerdas
Performance Indicator: proposed intelligence system can be designed completely
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
0 0 0 22 0.00
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
0 0 0 22 0.00
KU2.CPMK-3.1
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
0 22 0 0 100.00
KU2.CPMK-3.2
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
0 16 4 2 90.91
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0 0 0 22 0.00
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0 0 0 22 0.00
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0 0 0 22 0.00
KU2.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0 0 0 22 0.00
KU2.CPMK-4.5
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0 0 0 22 0.00
KK4.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
0 0 0 22 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
PR2022
(100.00 %)
00100
(454.55 %)
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
PR104
(18.18 %)
18
(81.82 %)
0100
(454.55 %)
PR23
(13.64 %)
15
(68.18 %)
3
(13.64 %)
1
(4.55 %)
95.45
(433.86 %)
PR37
(31.82 %)
12
(54.55 %)
2
(9.09 %)
1
(4.55 %)
95.45
(433.86 %)
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.5 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.5
Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
1 064002300001 NOVAL SUSANTO 0.000.000.000.000.000.000.0070.0068.000.000.000.000.000.000.00
2 064002300021 ARIK DIAS PUTRA 0.000.000.000.000.000.000.0070.0046.000.000.000.000.000.000.00
3 064002300005 FAIZ FIRDAUS PRIYANTO 0.000.000.000.000.000.000.0070.0072.670.000.000.000.000.000.00
4 064002300031 SYAHRUL ARIFIN 0.000.000.000.000.000.000.0070.0065.330.000.000.000.000.000.00
5 064002300026 RANGGA ADITYA PRADANA 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
6 064002300025 ZULFADLI DANISWARA 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
7 064002300015 YUSTIANAS ROMBON 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
8 064002300045 NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
9 064002300012 YEZA SABILLAH ABBAS 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
10 064002300010 RACHEL AZZAHRA PUTRI LUKITO 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
11 064002300039 DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA 0.000.000.000.000.000.000.0070.0065.330.000.000.000.000.000.00
12 064002300013 ARIEL FEBRIO HADI 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
13 064002300004 MICHAEL BRIANT 0.000.000.000.000.000.000.0070.0068.000.000.000.000.000.000.00
14 064002300024 DAUD MARTHINUS PAUL JITMAU 0.000.000.000.000.000.000.0070.0063.670.000.000.000.000.000.00
15 064002300041 HASANUL BASHORI 0.000.000.000.000.000.000.0070.0072.670.000.000.000.000.000.00
16 064002300046 MUHAMMAD AKMAL YAZID 0.000.000.000.000.000.000.0070.0045.000.000.000.000.000.000.00
17 064002300044 FRANCISCO 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
18 064002300017 MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
19 064002300043 FAIZ ABYAN HERYANTO 0.000.000.000.000.000.000.0070.0072.670.000.000.000.000.000.00
20 064002300020 MICHAEL 0.000.000.000.000.000.000.0070.0068.000.000.000.000.000.000.00
21 064002300030 HAFIDZ RAMADHAN 0.000.000.000.000.000.000.0070.0071.670.000.000.000.000.000.00
22 064002000026 RIFQI RASYADAN 0.000.000.000.000.000.000.0070.0066.330.000.000.000.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.)