EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.1
P1.CPMK-1
mahasiswa mampu memahami cara membangun sistem cerdas untuk memecahkan masalah pada industri
P.1
P1.CPMK-2
mahasiswa mampu memahami sistem cerdas
KU.2
KU2.CPMK-3
mahasiswa mampu mengkomunikasikan rancangan sistem cerdas
KU.2
KU2.CPMK-4
Mahasiswa mampu memformulasikan attribute model sistem cerdas dari kasus yang diberikan
KK.4
KK4.CPMK-5
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan sistem cerdas dari studi kasus yang diberikan
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
P.1
P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
KU.2
KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
KU2.CPMK-3.2
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
KU.2
KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KU2.CPMK-4.5
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
KK.4
KK4.CPMK-5
KK4.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKA6302
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKA6302 SKS : 3.00
Mata Kuliah : Sistem Cerdas
Dosen :
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
MK Prasyarat :
IKL6309 Algoritma dan Pemrograman
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
Concept of System. Concept of System Thinking. Concept of Intelligence System
Tutorial
Diskusi
240.00
Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kecukupan sistem dari kasus yang diberikan
Ujian Tengah Semester - 10.00 %
2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
Siklus hidup rekayasa sistem cerdas. Problem framming studi kasus prediksi numerik
Tutorial
Presentasi
Diskusi
240.00
mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi harga rumah
Presentasi 1 - 4.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis sistem linier dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
Tutorial
Diskusi
Presentasi
240.00
mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
Diskusi 1 - 3.00 %
Presentasi 1 - 3.00 %
4
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Problem framming studi kasus prediksi numerik klasifikasi biner (binary classification)
Kolaborative
Diskusi
Presentasi
Memainkan Peran
Pemecahan Masalah
240.00
mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus prediksi klas biner
Presentasi 2 - 4.00 %
5
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas klasifikasi biner dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
Diskusi
Presentasi
Memainkan Peran
Pemecahan Masalah
240.00
mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
Diskusi 2 - 3.00 %
Presentasi 2 - 3.00 %
6
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Problem framming studi kasus prediksi probabilitas (probability prediction)
Tutorial
Kolaborative
Diskusi
Pemecahan Masalah
Presentasi
240.00
mahasiswa secara berkelompok memformulasikan 5 elemen sistem cerdas dari kasus probability prediction
Presentasi 3 - 4.00 %
7
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas probabiliy prediction dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
Tutorial
Diskusi
Presentasi
Pemecahan Masalah
240.00
mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangannya dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
Diskusi 3 - 3.00 %
Presentasi 3 - 3.00 %
8
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Konsep Sistem Deteksi Obyek (Object Detection)
Tutorial
Kolaborative
Pemecahan Masalah
240.00
mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek
Presentasi 4 - 3.00 %
9
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas deteksi wajah dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
Tutorial
Diskusi
Presentasi
240.00
mahasiswa secara berkelompok dapat mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk mendeteksi obyek
Presentasi 4 - 3.00 %
Diskusi 4 - 4.00 %
10
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Sistem cerdas berbasis NLP
Diskusi
Presentasi
240.00
mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan melakukan analisis risiko serta mitigasinya
Presentasi 5 - 3.00 %
11
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
Evaluasi kinerja rancangan sistem cerdas berbasis NLP dan analisis risiko perolehan akurasi kinerja sistem cerdas
Diskusi
Presentasi
240.00
mahasiswa secara berkelompok dapat mengindetifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk sistem cerdas berbasis NLP
Presentasi 5 - 3.00 %
Diskusi 5 - 2.00 %
12
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
Problem framing studi kasus data time series
Diskusi
Presentasi
240.00
Mahasiswa berkelompok mengidentifikasi kebutuhan sistem cerdas untuk menganalisis data time series
Diskusi 4 - 3.00 %
13
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
Proyek perancangan sistem cerdas
Presentasi
Proyek
240.00
Kelompok mahasiswa mengerjakan proyek perancangan sistem cerdas yang memenuhi 5 elemen
Ujian Akhir Semester - 9.00 %
14
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
Evaluasi hasil perancangan sistem cerdas
Presentasi
Proyek
240.00
Kelompok mahasiswa memaparkan hasil rancangannya
Proyek - 20.00 %
Presentasi 6 - 7.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level
CPL
CMPK
Sub CPMK
Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.3
Minggu ke-12 Assessment: Diskusi 4 (3.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.4
Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT
P.1
P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.2
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
Indikator Kinerja: konsep rekayasa sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: Concept of intelligence system engineering can be explined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: ukuran dan cara mengukur tujuan sistem cerdas dapat dilakukan Performance Indicator: measure and measurement technique of meaningful objectives can be conducted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1
P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
Indikator Kinerja: mahasiswa dapat menjelaskan konsep sistem cerdas Performance Indicator: student able to explain the concept of intelligence system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Cause Loop Diagram dapat dibuat Performance Indicator: Cause Loop Diagram can be built
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: management of intelligence system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.4
KK4.CPMK-5
KK4.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
Indikator Kinerja: Pengelolaan sistem cerdas dapat dijelaskan Performance Indicator: management of intelligence system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: sistem cerdas pilihannya dapat dirancang memenuhi 5 element sistem cerdas Performance Indicator: proposed intelligence system can be designed completely
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
2
9.09
A-
3
13.64
B+
3
13.64
B
8
36.36
B-
2
9.09
C+
0
0.00
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
12
2
2
6
72.73
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
12
2
2
6
72.73
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
11
10
0
1
95.45
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
13
8
0
1
95.45
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
7
5
5
5
77.27
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
12
2
2
6
72.73
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
12
2
2
6
72.73
KU2.CPMK-3.1
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
8
10
3
1
95.45
KU2.CPMK-3.2
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
8
10
3
1
95.45
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0
0
15
7
68.18
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
0
20
0
2
90.91
KU2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
11
10
0
1
95.45
KU2.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
11
10
0
1
95.45
KU2.CPMK-4.5
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
11
10
0
1
95.45
KK4.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
10
5
5
2
90.91
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rekayasa sistem cerdas
UTS
12 (60.00 %)
2 (10.00 %)
2 (10.00 %)
4 (20.00 %)
80 (400.00 %)
Mahasiswa mampu memahami cara mengukur tujuan/sasaran sistem cerdas
UTS
12 (60.00 %)
2 (10.00 %)
2 (10.00 %)
4 (20.00 %)
80 (400.00 %)
Mahasiswa mampu memahami cara verifikasi sistem cerdas
Disc4
11 (52.38 %)
10 (47.62 %)
0
0
100 (476.19 %)
Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen implementasi sistem cerdas
prj
13 (61.90 %)
8 (38.10 %)
0
0
100 (476.19 %)
Mahasiswa mampu memahami pengelolaan sistem cerdas
UAS
7 (38.89 %)
5 (27.78 %)
5 (27.78 %)
1 (5.56 %)
94.44 (524.67 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sistem cerdas
UTS
12 (60.00 %)
2 (10.00 %)
2 (10.00 %)
4 (20.00 %)
80 (400.00 %)
Mahasiswa mampu menggambarkan sistem permasalahan yang dibahas
UTS
12 (60.00 %)
2 (10.00 %)
2 (10.00 %)
4 (20.00 %)
80 (400.00 %)
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum teknikal
PR5
8 (38.10 %)
10 (47.62 %)
3 (14.29 %)
0
100 (476.19 %)
PR6
8 (38.10 %)
10 (47.62 %)
3 (14.29 %)
0
100 (476.19 %)
PR1
0
0
1 (100.00 %)
0
100 (10,000.00 %)
PR2
0
0
0
1 (100.00 %)
0 (0.00 %)
mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan sistem cerdas di forum manajemen
PR5
8 (38.10 %)
10 (47.62 %)
3 (14.29 %)
0
100 (476.19 %)
PR3
0
0
0
1 (100.00 %)
0 (0.00 %)
PR2
0
0
0
1 (100.00 %)
0 (0.00 %)
Mahasiswa mampu menetapkan tujuan/sasaran perancangan sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Disc1
0
0
15 (68.18 %)
7 (31.82 %)
68.18 (309.91 %)
Mahasiswa mampu menetapkan pengalaman sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Disc2
0
20 (90.91 %)
0
2 (9.09 %)
90.91 (413.23 %)
Mahasiswa mampu menetapkan rancangan implementasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Disc3
11 (52.38 %)
10 (47.62 %)
0
0
100 (476.19 %)
Mahasiswa mampu merancang modul sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Disc4
11 (52.38 %)
10 (47.62 %)
0
0
100 (476.19 %)
Mahasiswa mampu merancang orkestrasi sistem cerdas penyelesaian kasus industri yang diberikan
Disc5
11 (52.38 %)
10 (47.62 %)
0
0
100 (476.19 %)
Mahasiswa mampu merancang sistem cerdas pilihannya
prj
3 (75.00 %)
0
0
1 (25.00 %)
75 (1,875.00 %)
UAS
7 (38.89 %)
5 (27.78 %)
5 (27.78 %)
1 (5.56 %)
94.44 (524.67 %)
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.5 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.5 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK4.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK4.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-4.5 Std Mark: 56.00
KK4.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00
1
064002300032
MUHAMAD FADLY FEBRIAN
90.00
90.00
80.00
90.00
0.00
90.00
90.00
80.00
80.00
0.00
70.00
80.00
80.00
80.00
90.00
2
064002300035
Muhammad Reza Sugiarto
85.00
85.00
70.00
70.00
80.00
85.00
85.00
65.00
65.00
60.00
70.00
70.00
70.00
70.00
80.00
3
064002300028
MIFTAH RAMADHAN
95.00
95.00
85.00
85.00
80.00
95.00
95.00
80.00
80.00
60.00
70.00
85.00
85.00
85.00
80.00
4
064002300022
NUZURUL HAQI FADILLAH
85.00
85.00
80.00
90.00
60.00
85.00
85.00
80.00
80.00
60.00
70.00
80.00
80.00
80.00
60.00
5
064002300007
RASYID RIDHO MUHAMMAD NOOR RAFI
90.00
90.00
85.00
85.00
65.00
90.00
90.00
80.00
80.00
60.00
70.00
85.00
85.00
85.00
65.00
6
064002300018
FAIRUZ MAULIDYA
65.00
65.00
80.00
90.00
70.00
65.00
65.00
80.00
80.00
60.00
70.00
80.00
80.00
80.00
70.00
7
064002300034
MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH
50.00
50.00
70.00
85.00
80.00
50.00
50.00
75.00
75.00
60.00
70.00
70.00
70.00
70.00
80.00
8
064002300038
ZAHWA NUR AZKIA PUTRI
55.00
55.00
70.00
78.00
80.00
55.00
55.00
75.00
75.00
60.00
70.00
70.00
70.00
70.00
80.00
9
064002300008
CALISTA AZZAHRA
50.00
50.00
70.00
78.00
70.00
50.00
50.00
75.00
75.00
0.00
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
10
064002300029
MUTIARA NOVIANTI RAMBE
80.00
80.00
80.00
85.00
80.00
80.00
80.00
75.00
75.00
60.00
70.00
80.00
80.00
80.00
80.00
11
064002300002
REYHAN ARNAS
74.00
74.00
70.00
70.00
70.00
74.00
74.00
65.00
65.00
60.00
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
12
064002300011
MASLUBI DWI WIDODO
85.00
85.00
75.00
85.00
65.00
85.00
85.00
75.00
75.00
60.00
70.00
75.00
75.00
75.00
65.00
13
064002300019
LISNA HIDAYANTI
80.00
80.00
70.00
70.00
50.00
80.00
80.00
70.00
70.00
60.00
70.00
70.00
70.00
70.00
50.00
14
064002300027
MUHAMMAD HAKIM
60.00
60.00
80.00
78.00
65.00
60.00
60.00
75.00
75.00
0.00
70.00
80.00
80.00
80.00
65.00
15
064002300023
FARHAN IQBAL MAULANA
0.00
0.00
75.00
85.00
0.00
0.00
0.00
75.00
75.00
0.00
70.00
75.00
75.00
75.00
85.00
16
064002100018
ADILLA PRAMUDYA RAJASA
95.00
95.00
80.00
70.00
70.00
95.00
95.00
65.00
65.00
60.00
70.00
80.00
80.00
80.00
70.00
17
064002100016
MAULANA IKHLASUL AHNAF
45.00
45.00
75.00
85.00
0.00
45.00
45.00
75.00
75.00
0.00
70.00
75.00
75.00
75.00
85.00
18
064002100014
FAVIAN QINTARA DAFFA
70.00
70.00
80.00
90.00
65.00
70.00
70.00
80.00
80.00
60.00
0.00
80.00
80.00
80.00
65.00
19
064002300047
GWEN ALAINA MARELA
80.00
80.00
85.00
85.00
80.00
80.00
80.00
80.00
80.00
60.00
70.00
85.00
85.00
85.00
80.00
20
064002300003
JUNIARTO PRABOWO
80.00
80.00
70.00
78.00
70.00
80.00
80.00
75.00
75.00
0.00
70.00
70.00
70.00
70.00
70.00
21
064002300036
Rafael Gala Herlambang
80.00
80.00
85.00
85.00
85.00
95.00
80.00
80.00
80.00
60.00
70.00
85.00
85.00
85.00
85.00
22
064002000016
BORIS LUHUNG SWARA
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
28.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
0.00
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)