Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman
Kode Mata Kuliah : IKL6309
Tim Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
  2. x99951 Yunia Ningsih, S.T.
Kelas : 01
Dosen : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 34 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Algoritma dan Pemrograman
KODE MATA KULIAH : IKL6309
KELAS : SI-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
  2. x99951 Yunia Ningsih, S.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKL6309
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja perangkat lunak.
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa memahami konsep berorientasi objek dalam mengorganisasikan struktur program yang lebih kompleks.
KU.1 KU1.CPMK-3 Menerapkan berpikir algoritma dalam studi kasus masalah komputasional.
KK.2 KK2.CPMK-4 Mahasiswa membuat program untuk membaca dari dan menulis ke file.
KK.2 KK2.CPMK-5 Membuat modularisasi algoritma menggunakan fungsi dan subrutin.
KK.2 KK2.CPMK-6 Membuat algoritma untuk memecahkan masalah menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, dan perulangan.
KK.2 KK2.CPMK-7 Mahasiswa menerapkan dengan tepat ekspresi logika Boolean dengan relasi yang sesuai.
KK.2 KK2.CPMK-8 Mahasiswa menerapkan transformasi data menggunakan operasi-operasi aritmatika, penugasan, dan transposisi.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana program dibuat dan dijalankan oleh CPU komputer.
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
KU.1 KU1.CPMK-3
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
KK.2 KK2.CPMK-4
KK2.CPMK-4.1 Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
KK.2 KK2.CPMK-5
KK2.CPMK-5.1 Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
KK2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
KK2.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
KK2.CPMK-5.4 Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
KK.2 KK2.CPMK-6
KK2.CPMK-6.1 Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
KK.2 KK2.CPMK-7
KK2.CPMK-7.1 Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program.
KK.2 KK2.CPMK-8
KK2.CPMK-8.1 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
KK2.CPMK-8.2 Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6309

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKL6309     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
  2. x99951 Yunia Ningsih, S.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
Algortime dan Pemrograman; Bahasa pemrograman; Kompilator dan Interpreter; Lingkungan pemrograman Python; Informasi Perkuliahan: RPS, sistem penilaian dan tata tertib.
  • Diskusi
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 Mahasiswa menerima ceramah, tutorial, diskusi menjalankan IDE Spyder, install Miniconda Python.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
  3. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Menerjemahkan problem komputasi ke dalam algoritma Input-Proses-Output (IPO); Pseudocode dan Flowchart; Tipe data primitiv; Perintah I/O di Python.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa melakukan analisa IPO, merancang algoritme, coding dan evaluasi untuk problem sederhana.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
  3. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Perintah assignment; Variabel; Tipe data dan konversi antar tipe; Ekspresi Aritmetik; Import modul math.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menuliskan formula matematik ke dalam instruksi program.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan perintah assignment, variabel dan ekspresi aritmetik dalam program.
  4. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Tipe data string; Representasi string; Operasi-operasi string; Akses substring menggunakan operator indeks([]); Membandingkan string (==, !=, < , >, in); Menggabungkan string dengan operator + dan *.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menulis program untuk mengolah data string.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Menulis ekspresi logika sesuai kebutuhan dan menerapkannya dalam program.
  2. Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
  3. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Kondisi dan ekspresi boolean; Struktur percabangan; Struktur if, if-else, if-elif, dan if-elif-else.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program menggunakan struktur percabangan.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
  2. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Struktur perulangan; Struktur while dan for; Flowchart struktur perulangan.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur instruksi dalam struktur percabangan.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
  1. Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
  2. Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Struktur perulangan for-in-range, for-in-collections, for-in- string; Flowchart struktur for.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur logika perulangan for.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
8
  1. Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
Fungsi built-in; Fungsi dalam sebuah modul; Pendefinisian fungsi; Parameter dan argumen fungsi; Pemanggilan fungsi; Return-value; Lingkup variabel; Parameter default.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri secara manual alur logika program saat pemanggailan fungsi dan mengamati scope variabel.
  • Praktikum - 1.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Tugas - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
  1. Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
Metode Iteratif, Metode rekursif, Contoh fungsi rekursif, Menghitung faktorial, Konversi bilangan desimal ke biner.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menelusuri alur program rekursif.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Sifat-sifat list; Operasi-operasi pada List: Menambah, Mengakses, Menghapus; Operasi indexing dan negative indexing; Operasi slicing; konversi list ke string (atau sebaliknya); List bersarang.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa menggunakan list dan operasi-operasinya untuk suatu problem.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Sifat-sifat dictionary; Operasi-operasi pada dictionary: Menambah, Mengakses, Menghapus; Menelusuri elemen-elemen dictionary.
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Mahasiswa menggunakan dictionary dan operasi-operasinya untuk masalah yang diberikan.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
12
  1. Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
File Input/Output; Membuka File: open, Membaca File: read, readline, readlines, menulis ke File: write, writelines, Menutup file: close.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program yang melakukan operasi untuk membaca dan menuiis file.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Pendefinisian class; Pendefinisian objek; Constructor; method setter dan getter.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa membuat program sederhana menggunakan pendekatan berorientasi objek.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Dictionary of list; Membuat DataFrame; Mengakses elemen DataFrame: Indeks: index Baris/Kolom: loc, iloc, boolean indeks.
  • Tutorial
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa mendeklarasikan operasi pembuatan DataFrame untuk sebuah data tabular sederhana.
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Algoritma dan Pemrograman 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ; Monday 10:10:00-12:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.00%)
LOW KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 3.00%
3.00%
6%
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 4.00%
4.00%
4.00%
12%
KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2 4.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 3.00%
3.00%
6%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 3.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4 4.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.00%
2%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 1.00%
1.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 1.00%
2.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 1.00%
1.00%
1.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2 1.00%
1%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M13 M2 M3 M12 M8 M9 M10 M11 M14 M5 M6 M7 M4
Komponen UTS TG Q PRK UAS TG Q PRK Q UTS TG PRK UTS TG Q PRK UAS TG Q PRK UAS TG Q PRK UAS TG Q PRK UAS Q TG PRK Q UAS TG PRK UAS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38A39A40A41A42A43A44A45A46A47A48A49A50A51A52A53A54A55A56 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%1.00%0.50%1.00% 5.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 4.00%2.00%1.00%2.00% 9%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 0.50%3.00%1.00%1.00%3.00%1.00%0.50%1.00% 11%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 4.00%2.00%1.00%2.00% 9%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 3.00%1.00%0.50%1.00%3.00%2.00%1.00%2.00% 13.5%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 3.00%1.00%2.00%2.00% 8%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 1.00%4.00%2.00%2.00% 9%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4 4.00%2.00%1.00%2.00% 9%
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 4.00%1.00%0.50%1.00%4.00%1.00%0.50%1.00%4.00%1.00%0.50%1.00% 19.5%
KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2 4.00%1.00%0.50%1.00% 6.5%
TOTAL 3 1 0.5 1 4 2 1 2 0.5 3 1 1 3 1 0.5 1 4 2 1 2 3 1 0.5 1 3 2 1 2 3 1 2 2 1 4 2 2 4 2 1 2 4 1 0.5 1 4 1 0.5 1 4 1 0.5 1 4 1 0.5 1 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS TG Q PRK
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UAS TG Q PRK
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 Q UTS TG PRK UTS TG Q PRK
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 UAS TG Q PRK
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 UAS TG Q PRK UAS TG Q PRK
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 UAS Q TG PRK
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 Q UAS TG PRK
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4 UAS TG Q PRK
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1 UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK UTS TG Q PRK
KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2 UTS TG Q PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep algoritma dan mengenal pemrograman Python.
Performance Indicator: Students are able to explain algorithm concepts and become familiar with Python programming.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang algoritma untuk masalah yang melibatkan input, proses, dan output, secara benar.
Performance Indicator: Students are able to design algorithms for Input-Process-Output operations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-6 KK2.CPMK-6.1Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat menggunakan struktur percabangan berdasarkan data yang diberikan oleh user.
Performance Indicator: Students are able to use branching structure based on user input.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-8 KK2.CPMK-8.2Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary.
Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.4Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menuliskan program yang menggunakan ekspresi aritmatika dan perintah penugasan.
Performance Indicator: Studentas are able to use arithmetic expression and assignment statement in program.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat class dan variabel konstruktor.
Performance Indicator: Students are able to create classes and constructor variables.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa menulis program untuk membaca data dari file, dan menulis data ke file.
Performance Indicator: Studentas are able to create program to read from and write into file.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat fungsi.
Performance Indicator: Students are able to define functions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan operasi-opeasi list untuk masalah yang diberikan.
Performance Indicator: Students are able to use list operations for a given problem.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat program untuk melakukan operasi penambahan, pengaksesan, penghapusan, dan penelusuran dictionary.
Performance Indicator: Students are able to make programs that do addition, accessing, deletion, and traversing dictionary.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DataFrame dari sebuah data tabular sederhana.
Performance Indicator: Students are able to define DataFrame from a simple tabular data.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
0 0 0 34 0.00
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
0 0 0 34 0.00
KU1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-4.1
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-5.1
Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-5.3
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-5.4
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-6.1
Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
0 0 0 34 0.00
KK2.CPMK-8.2
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
0 0 0 34 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan menyelesaikan persoalan algoritma dengan benar.
UTS00033
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami Class dan Objek serta menerapkanya dalam program komputer.
Mahasiswa mampu merancang algoritma dalam bentuk pseudocode (atau flowchart ) untuk problem sederhana.
UTS00033
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Melakukan operasi membaca dari file dan operasi menulis ke file.
Membuat program dengan menerapkan fungsi dan subrutin.
Mahasiswa mampu memahami tipe list dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
Mahasiswa mampu memahami tipe dictionary dan operasinya serta menerapkannya dalam program.
Mahasiswa mampu memahami Data Frame dan menerapkanya dalam program.
Menulis program komputer menggunakan struktur-struktur sekuensial, percabangan, atau perulangan yang tepat.
UTS00033
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami tipe data string dan operasinya serta menerapkanya dalam program.
UTS00033
(100.00 %)
0
(0.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.4 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-8.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-8.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.3
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.4
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-8.2
Std Mark: 0.00
1 065002400001 QIRANA PUJANGGA IQLIMA 3.070.003.070.000.000.000.000.003.073.07
2 065002400002 MOHAMMAD AFIF R. LINGKEH 5.110.005.110.000.000.000.000.005.115.11
3 065002400003 FAIZ NUGROHO 4.960.004.960.000.000.000.000.004.964.96
4 065002400004 BAGAS AKBAR MAGRIBAN 5.060.005.060.000.000.000.000.005.065.06
5 065002400005 FATIHUL NIZAR TATUHEY 4.730.004.730.000.000.000.000.004.734.73
6 065002400006 HENRY OLOAN TAGOR HARAHAP 5.150.005.150.000.000.000.000.005.155.15
7 065002400007 MUHAMMAD RAIHAN SYAWAL 4.230.004.230.000.000.000.000.004.234.23
8 065002400008 NOER MOEHAMMAD FARHAN IMANSJAH 2.090.002.090.000.000.000.000.002.092.09
9 065002400009 RAFAEL MONTOYA LARONGGE 5.010.005.010.000.000.000.000.005.015.01
10 065002400010 DEWI AULIA NURJANAH 4.920.004.920.000.000.000.000.004.924.92
11 065002400011 ADE SINTIYA 4.770.004.770.000.000.000.000.004.774.77
12 065002400012 INDAH NURMA TAZKIYAH 3.800.003.800.000.000.000.000.003.803.80
13 065002400013 MUHAMMAD ABI BASRYANSYAH 4.440.004.440.000.000.000.000.004.444.44
14 065002400014 TISTA NAIYA MAHARTI 4.820.004.820.000.000.000.000.004.824.82
15 065002400015 CHARIN STEFANY 5.060.005.060.000.000.000.000.005.065.06
16 065002400016 MUHAMMAD RIDHWAN FI AMANILA 4.730.004.730.000.000.000.000.004.734.73
17 065002400017 DEDEK HANDOKO 3.850.003.850.000.000.000.000.003.853.85
18 065002400018 M. ARIL RAHMIDI 4.730.004.730.000.000.000.000.004.734.73
19 065002400019 AMALIA ZULIASRI 4.820.004.820.000.000.000.000.004.824.82
20 065002400020 ARIZA RAMBU RAYYA 3.850.003.850.000.000.000.000.003.853.85
21 065002400021 NISRINA ZAHRAN 5.150.005.150.000.000.000.000.005.155.15
22 065002400022 SHINTYA DWI ASTRIA 4.920.004.920.000.000.000.000.004.924.92
23 065002400023 ZIDAN RAMADAN 4.870.004.870.000.000.000.000.004.874.87
24 065002400024 CHARLES ANDRIANSYAH 5.200.005.200.000.000.000.000.005.205.20
25 065002400025 SANDY MUKARROM 4.060.004.060.000.000.000.000.004.064.06
26 065002400026 AISHA MABELINA 4.960.004.960.000.000.000.000.004.964.96
27 065002400027 HAIDAR ZHAFIRAL HAQQ 5.110.005.110.000.000.000.000.005.115.11
28 065002200005 MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ 3.490.003.490.000.000.000.000.003.493.49
29 065002200042 STEVANIO 3.620.003.620.000.000.000.000.003.623.62
30 065002300036 NASWA AULIA PUTRI ALY 4.030.004.030.000.000.000.000.004.034.03
31 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 5.000.005.000.000.000.000.000.005.005.00
32 065002400054 FARIS NAUFALINTO 2.780.002.780.000.000.000.000.002.782.78
33 065002400055 M. GIBRAN EL NAZIR ADAM 2.540.002.540.000.000.000.000.002.542.54
34 065002400061 ABDURROCHMAN RAIS ADANI 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)