Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer
Kode Mata Kuliah : IKH6352
Tim Dosen :
  1. 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
Kelas : 01
Dosen : 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
Semester : Gasal 2024/2025 (R)
Tahun Akademik : 2024/2025
Jumlah Mahasiswa : 24 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2025

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Arsitektur dan Organisasi Komputer
KODE MATA KULIAH : IKH6352
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Gasal 2024/2025 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
Tahun Akademik: Gasal 2024/2025 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKH6352
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 mahasiswa mampu memahami konsep organanisasi serta arsitektur komputer
KU.2 KU2.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengikuti perkembangan teknology organisasi dan arsitektur komputer
KU.2 KU2.CPMK-3 mahasiswa mampu menentukan sistem sitem bilangan yang digunakan suatu sistem komputer
KK.1 KK1.CPMK-4 mahasiswa mampu menentukan kebutuhan spesifikasi komputer untuk sebuah aplikasi
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
P1.CPMK-1.2 mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak
P1.CPMK-1.5 mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
P1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin
P1.CPMK-1.7 mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer
P1.CPMK-1.8 mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
P1.CPMK-1.9 Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya
P1.CPMK-1.10 Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis
KU.2 KU2.CPMK-2
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
KK.1 KK1.CPMK-4
KK1.CPMK-4.1 mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
KK1.CPMK-4.2 mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer
KK1.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKH6352

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Gasal 2024/2025 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKH6352     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer Dosen :
  1. 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer
Pendahuluan
  • Organisasi dan Arsitektur
  • Evolusi Komputer
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 Pengetahuan tentang organisasi dan arsitektur komputer
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
2
  1. mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer
  2. Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer
Kinerja KOmputer
  • Aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja komputer
  • Cara mengukur kinerja komputer
  • Peningkatkan kinerja dari sisi organisasi/hardware
  • Peningkatan kinerja dari sisi arsitektur
  • Tutorial
  • Kolaborative
150.00 Melakukan assessmen kinerja komputer
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
  2. mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
Sistem Interkoneksi
  • Struktur Interkoneksi
  • Interkoneksi Bus
  • Interkoneksi Point-to-Point
  • PCI
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa memahami sistem interkoneksi
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
4
  1. mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory
  2. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
  3. Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya
Cache dan Memori Internal
  • Hirarki Memori
  • Cache: prinsip kerja,elemen desain mapping,
  • memori internal: memori semikonduktor,prinsip kerja, organisasi memori
  • Tutorial
  • Kolaborative
150.00 Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang memori internal dan cache memori
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Praktikum (SMPcache) - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis
Memori eksternal dan I/O
  • Disk, Flash,SSD, RAID
  • Perangkat eksternal, prinsip kerja, I/O terprogram, I/O interrupt driven, DMA
  • Tutorial
  • Kolaborative
150.00 Mahasiswa memahami prinsip kerja memori eksternal dan modul I/O
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
  2. Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin
Sistem Bilangan dan Aritmatika Komputer
  • Sistem bilangan, konversi bilangan, operasi bilangan
  • Representasi Bilangan dan operasi aritmatika Integer
  • Representasi Bilangan dan operasi aritmatika Float
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Percobaan
150.00 Memahami bagaimana bilangan direpresentasikan pada sistem komputer dan operasi aritmatika pada bilangan dilakukan
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok
Pengayaan Materi dan latihan soal
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Review materi 1 sd 6
  • William Stallings()
  • Tugas (paper) - 8.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
  2. mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
Set Instruksi
  • instruksi mesin
  • tipe operand
  • tipe operasi
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa memahami karakteristik instruksi, tipe operand dan mengetahu perbedaan antara big endian, little endian, bi-endian
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum (simulator CPU) - 2.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
  2. mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
  3. mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
Struktur dan Fungsi Processor
  • Organisasi Prosessor dan Register
  • Siklus Instruksi
  • Pipelining
  • Simulasi CPU menggunakan CPU simulator
  • Tutorial
150.00 Memahami organissi prosesor, dan register, siklus instruksi dan pipelining
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
10
  1. mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
  2. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
RISC
  • Konsep Dasar RISC dan Aristektur RISC
  • Pipelining RISC
  • Format instruksi SPARC
  • Tutorial
  • Kolaborative
150.00 Mengenal arsitektur RISC dan pipelining RISC
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum (instruksi mikro) - 2.00 %
11
  1. mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
  2. mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
Superscalar dan Paralelisme level Instruksi
  • superscalar vs superpipelined
  • isu desain
  • Studi kasus
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja processor superscalar
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
12
  1. mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
  2. mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
Parallel Processing
  • Multiple Processor Organizations
  • Symmetric Multiprocessors
  • cache coherence
  • MESI protocol
  • Implicit and explicit multithreading
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Parallel Processing
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak
  2. mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
Multicore
  • Isu kinerja
  • Organisasi Multicore
  • Studi kasus
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa memahami isu kinerja hardware dan software terkait multicore
  • William Stallings()
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
Presentasi Tugas Kelompok
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • William Stallings()
  • Tugas (Assembley Language) - 10.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Arsitektur dan Organisasi Komputer 3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I. ; Monday 07:30:00-10:00:00; Thursday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 Minggu ke-9 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 Minggu ke-7 Assessment: Tugas (8.00%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.00%)
LOW KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.1 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.2 Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (2.00%)
LOW KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.3 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 4.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 2.00%
2%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 4.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00%
4.00%
8%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 5.00%
4.00%
9%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 4.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 8.00%
8%
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.3 10.00%
10%
TOTAL 18%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M3 M4 M2 M13 M12 M11 M6 M1 M9 M8 M5 M7 M10 M14
Komponen UTS Q PRK-a UTS Q PRK UTS Q PRK UAS Q PRK-a UAS Q PRK-a UAS Q PRK-a PRK UTS Q UTS Q Q UAS PRK-a Q UAS PRK-a Q UTS TG UAS Q PRK-a TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 4.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 2.00% 2%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 4.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 4.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00%1.00%4.00%1.00% 10%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 2.00%3.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 4.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 1.00%4.00%1.00%5.00% 11%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 2.00%1.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 1.00%4.00% 5%
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 8.00% 8%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 2.00%1.00%4.00%1.00% 8%
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.1 2.00%2.00%2.00% 6%
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.2 2.00% 2%
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.3 2.00%2.00%2.00%2.00%2.00%10.00% 20%
TOTAL 4 1 2 4 1 2 4 1 2 4 1 2 4 1 2 4 1 2 2 5 1 4 1 1 4 2 1 5 2 1 4 8 4 1 2 10 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 UTS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 UAS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 UAS Q UAS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6 PRK UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7 UTS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8 Q UAS Q UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9 UTS Q
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10 Q UTS
KU.2 KU2.CPMK-2 KU2.CPMK-2.1 TG
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 UAS Q UTS Q
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.1 PRK-a PRK-a PRK-a
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.2 PRK
KK.1 KK1.CPMK-4 KK1.CPMK-4.3 PRK-a PRK-a PRK-a PRK-a PRK TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi
Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.6Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi
Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami
Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.7mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi
Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami
Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan
Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.9Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi
Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami
Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan
Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan
Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.10Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis
Indikator Kinerja: aliran proses eksekusi instruksi dapat dijelaskan
Performance Indicator: flow of execution of instruction can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: tipe cache dan memori serta cara kerjanya dapat dijelaskan
Performance Indicator: various type of cache and memory can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: faktor yang menentukan kinerja komputer dapat diidentifikasi
Performance Indicator: key performance issue of computer can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: berbagai representasi dan operasi bilangan integer dan float pada komputer dapat dipahami
Performance Indicator: various representation and operation on integer and float number in computer can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer dapat dijelaskan
Performance Indicator: function and operation of a computer system can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pengalamatan cache dan memory dapat dijelaskan
Performance Indicator: addressing in cache and memory can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Modul I/O dan interaksinya dengan perangkat eksternal dapat dijelaskan
Performance Indicator: modul I/O and its interaction with external device can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.8mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan
Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
Indikator Kinerja: Konsep multicore dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: multicore concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep pemrosesan paralel dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: parallel processor can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor dapat dijelaskan
Performance Indicator: instruction set, evolution and design of processor can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep dapt dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: concept can be explained correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.2
mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak
0 0 0 24 0.00
P1.CPMK-1.5
mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
0 0 0 24 0.00
P1.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.7
mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.8
mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
0 0 0 24 0.00
P1.CPMK-1.9
Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya
0 0 1 23 4.17
P1.CPMK-1.10
Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis
0 0 1 23 4.17
KU2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok
0 0 0 24 0.00
KU2.CPMK-3.1
mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
0 0 1 23 4.17
KK1.CPMK-4.1
mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
0 0 0 24 0.00
KK1.CPMK-4.2
mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer
0 0 0 24 0.00
KK1.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory
0 0 0 24 0.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
mahasiswa mampu memhami aliran proses eksekusi sebuah perintah/program dalam komputer
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
mahasiswa mampu memahami konsep pengalamatan memory
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
Mahasiswa memahami faktor-faktor yang menentukan kinerja komputer
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar multicore, dasar pengembangan, dan isu kinerja perangkat lunak
mahasiswa mampu memahami konsep pemrosesan paralel
Mahasiswa mampu memahami representasi dan operasi bilangan integer dan floating poin
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja sebuah sistem komputer
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
mahasiswwa mampu memahami tentang berbagai set instruksi, evolusi dan perancangan prosesor
Mahasiswa memahami berbagai tipe cache dan memori dan cara kerjanya
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
Mahasiswa memahami modul I/O dan bagaimana modul berinteraksi dengan perangkat eksternal untuk operasi baca dan tulis
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perkembangan teknologi arsitektur dan organisasi komputer, menuliskan sebagai artikel ilmiah dan mempresentsikan secara berkelompok
mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan konversi berbagai sistem bilangan
UTS001
(4.76 %)
20
(95.24 %)
4.76
(22.67 %)
mahasiswa mampu mmemperagakan berbagai jenis teknik Pipeline dan teknik Superscalar menggunakan simulator
mahasiswa mampu menghitung unjuk kerja suatu arsitektur sistim komputer
Mahasiswa mampu memperagakan cara kerja prosesor dan memory

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.7 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.8 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.9 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.9 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.10 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.10 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.7
Std Mark: 0.00
P1.CPMK-1.8
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.9
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.10
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
1 064002100005 REZA NUGRAHA SANTOSO 55.0055.0055.000.000.0055.0055.000.0055.0055.000.0055.000.000.000.00
2 064102400001 JORDANE FEBBY CHYRELLE ADRIAN SYARIEF 46.5046.5046.500.000.0046.5046.500.0046.5046.500.0046.500.000.000.00
3 064102400002 AHMAD ARDIANSYAH 36.0036.0036.000.000.0036.0036.000.0036.0036.000.0036.000.000.000.00
4 064102400003 ADITYA MAULANA MUKARDI 46.0046.0046.000.000.0046.0046.000.0046.0046.000.0046.000.000.000.00
5 064102400004 TEUKU RAZIQA 33.5033.5033.500.000.0033.5033.500.0033.5033.500.0033.500.000.000.00
6 064102400005 DIDI ANDRIANSYAH 26.5026.5026.500.000.0026.5026.500.0026.5026.500.0026.500.000.000.00
7 064102400006 GARDA YUDHA WICAKSANA 17.5017.5017.500.000.0017.5017.500.0017.5017.500.0017.500.000.000.00
8 064102400007 HANA ZALFA AZIZAH 12.5012.5012.500.000.0012.5012.500.0012.5012.500.0012.500.000.000.00
9 064102400008 MUHAMMAD ELVIANSYAH 20.0020.0020.000.000.0020.0020.000.0020.0020.000.0020.000.000.000.00
10 064102400009 SATRIA PUTRA PRIYATAMA 25.0025.0025.000.000.0025.0025.000.0025.0025.000.0025.000.000.000.00
11 064102400010 MUHAMMAD FADHIL RAMADHAN 56.5056.5056.500.000.0056.5056.500.0056.5056.500.0056.500.000.000.00
12 064102400011 ARIF SUPRIYANTO 33.5033.5033.500.000.0033.5033.500.0033.5033.500.0033.500.000.000.00
13 064102400012 CHAISYA NAILA KIRANI 39.5039.5039.500.000.0039.5039.500.0039.5039.500.0039.500.000.000.00
14 064102400013 JONATHAN BOB DYLAN MONGISIDI 40.0040.0040.000.000.0040.0040.000.0040.0040.000.0040.000.000.000.00
15 064102400014 AGNAR RAKA BASKARA 24.0024.0024.000.000.0024.0024.000.0024.0024.000.0024.000.000.000.00
16 064102400015 KAHFI ALAM FERRY 23.5023.5023.500.000.0023.5023.500.0023.5023.500.0023.500.000.000.00
17 064102400016 MUHAMMAD FAIQ HAMZAH 54.0054.0054.000.000.0054.0054.000.0054.0054.000.0054.000.000.000.00
18 064102400017 MUHAMMAD ZUFAR RASYAD 36.5036.5036.500.000.0036.5036.500.0036.5036.500.0036.500.000.000.00
19 064002200041 DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR 42.0042.0042.000.000.0042.0042.000.0042.0042.000.0042.000.000.000.00
20 064102400037 RATU RAHMA ALYA DARAJATI 37.5037.5037.500.000.0037.5037.500.0037.5037.500.0037.500.000.000.00
21 064102400038 GEORGE FEBRIANO VARDAMEAN 2.502.502.500.000.002.502.500.002.502.500.002.500.000.000.00
22 064102400039 ARI JONATHAN SIBARANI 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
23 064102400042 ABDUL AZIZ KHALID AHMAD BADAHDAH 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
24 064102400044 JUAN CARLOS 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 31-08-2025
Dosen Mata Kuliah,




(3716 Ir. Adrian Sjamsul Qamar, M.T.I.)