Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi
Kode Mata Kuliah : IKD6312
Tim Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Kelas : 01
Dosen : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Semester : Genap 2023/2024 (Rmd)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 4 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Manajemen Data dan Informasi
KODE MATA KULIAH : IKD6312
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (Rmd)
DOSEN PENGAMPU : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (Rmd)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKD6312
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan data untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa memahami prinsip-prinsip rekayasa, teknologi informasi dan logika berpikir komputasi
KK.1 KK1.CPMK-3 Mahasiswa mampu mendesain secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KK.2 KK2.CPMK-4 Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memahami bagaiman menghasilkan informasi dan pengetahuan dari pengelolaan basis data
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
KK.1 KK1.CPMK-3
KK1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
KK1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
KK1.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengimplementasikan view logikal tabel untuk memanfaatkan data menjadi informasi dan pengetahuan
KK1.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
KK1.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
KK1.CPMK-3.6 Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
KK1.CPMK-3.7 Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
KK1.CPMK-3.8 Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
KK1.CPMK-3.9 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
KK.2 KK2.CPMK-4
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu melakukan operasi pada DBMS pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.5 Mahasiswa memanfaatkan data dalam DB agar menjadi informasi yang berguna pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.6 Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
KK2.CPMK-4.7 Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6312

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKD6312     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
Aturan perkuliahan dan penilaian - Pengenalan konsep basis data dan sistem file
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai aturan perkuliahan dan penilaian. - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pengenalan konsep basis data dan sistem file
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
Konsep dan Arsitektur DBMS: Pemodelan Data, Arsitektur DBMS, Konsep independensi data
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi mengenai arsitektur DBMS
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
3
  1. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
  2. Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
Perancangan Basis Data: Pemodelan Data menggunakan Entity Relationship Model
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan ER - Mahasiswa melakukan praktikum
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
  2. Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Studi kasus : Pemodelan data dengan ER model
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 Mahasiswa membuat perancangan dengan ER model
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
Pemodelan data lanjutan (ER Lanjut) Hubungan antar relasi yang berderajat lebih dari dua, Hubungan antar Entitas sebagai kelas dan sub kelas, Hubungan antar Entitas sebagai spesialisasi-generalisasi, Hubungan antar Entitas sebagai kategorisasi
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan data lanjutan
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
  2. Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
Studi kasus : Pemodelan data lanjut
  • Tutorial
  • Percobaan
150.00 Mahasiswa membuat perancangan pemodelan data dengan ER mode
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
Relational Model: Konsep Model Relasional
  • Tutorial
150.00 - Mahasiswa mendapatkan materi Model Relasional - Mahasiswa melakukan praktikum
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
  2. Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Pemetaan Entity Relationship Model menjadi Konsep Model Relasional
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemetaan ER model ke model Relasional
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Praktikum - 3.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
Studi Kasus : pemetaan ER model ke EER model
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa melakukan pemetaan data dari ER model ke EER model
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku
  2. Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
SQL: Komponen suatu DBMS, Penggunaan DDL pada DBMS untuk membuat basis data
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 2.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
SQL: Penggunaan DML pada DBMS untuk menghasilkan informasi yang diperlukan
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL lanjutan
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
  2. Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Normalisasi : Tabel Unnormal, Normal 1, Normal 2 dan Normal 3
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang normalisasi
  • Fred R. McFadden(2011)
  • Hoffer, J.A, Ramesh V., Topi H(2011)
  • Praktikum - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
Studi Kasus : Normalisasi
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa melakukan normalisasi DBMS pada data yang diberikan
  • Fred R. McFadden(2011)
  • Hoffer, J.A, Ramesh V., Topi H(2011)
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
Review materi 8-14
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mereview materi yang sudah diberikan
  • Elmasri, Ramez dan Shamkant B. Navathe,(2017)
  • Praktikum - 2.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Manajemen Data dan Informasi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ; Monday 13:10:00-15:40:00; Tuesday 13:10:00-15:40:00; Wednesday 13:10:00-15:40:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
LOW P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4 Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.6 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7 Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.4 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.6 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.7 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.50%
2.5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7 5.00%
5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.6 4.00%
4%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8 4.00%
4.00%
8%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9 4.00%
4%
TOTAL 22%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9 5.00%
5%
TOTAL 35%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M4 M8 M5 M3 M9 M7 M10 M6 M12 M13 M11 M14
Komponen UTS UTS TG UTS PRK UAS PRK TG UTS TG UTS PRK UAS TG UAS UAS PRK TG UTS PRK UAS PRK UAS TG UAS TG PRK
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27 Bobot
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.50%5.00% 7.5%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 5.00%3.00% 8%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 5.00%5.00% 10%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4 5.00%5.00% 10%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5 3.00%5.00% 8%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.6 3.00%4.00% 7%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7 5.00%5.00% 10%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8 4.00%4.00%5.00% 13%
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9 4.00%5.00% 9%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 2.00% 2%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 2.00%2.00% 4%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.4 3.00% 3%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.6 2.00%2.00% 4%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.7 2.00% 2%
TOTAL 2.5 2.5 5 5 2 3 3 5 5 5 5 2 3 5 3 4 2 5 5 2 4 2 4 5 4 5 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 UTS TG
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1 UTS UAS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2 TG UTS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4 TG UTS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5 UAS TG
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.6 UAS UAS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7 TG UTS
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8 UAS UAS TG
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9 UAS TG
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 PRK
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 PRK PRK
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.4 PRK
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.6 PRK PRK
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.7 PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar
Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Basis Data
Performance Indicator: Students are able to explain the concept of databases
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.2Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.4Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.7Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi
Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan
Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.5Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.6Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.8Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-3 KK1.CPMK-3.9Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model
Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional
Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational model
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional
Performance Indicator: Students can design Relational model concepts
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data
Performance Indicator: Students can design and implement data normalization
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DDL dan DML
Performance Indicator: Students are able to create DDL and DML
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 1 25.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 3 75.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
0 0 0 4 0.00
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
0 0 2 2 50.00
KK1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
0 0 0 4 0.00
KK1.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
1 1 0 2 50.00
KK1.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
1 3 0 0 100.00
KK1.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
1 1 1 1 75.00
KK1.CPMK-3.6
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
2 0 1 1 75.00
KK1.CPMK-3.7
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
2 0 1 1 75.00
KK1.CPMK-3.8
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
0 0 2 2 50.00
KK1.CPMK-3.9
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
0 1 1 2 50.00
KK2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
4 0 0 0 100.00
KK2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
4 0 0 0 100.00
KK2.CPMK-4.4
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
4 0 0 0 100.00
KK2.CPMK-4.6
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
4 0 0 0 100.00
KK2.CPMK-4.7
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku
4 0 0 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data
UTS0004
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data
UTS0004
(100.00 %)
0
(0.00 %)
TG2
(50.00 %)
002
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional
UAS02
(50.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
UTS001
(25.00 %)
3
(75.00 %)
25
(625.00 %)
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS
UTS3
(75.00 %)
001
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
TG01
(25.00 %)
03
(75.00 %)
25
(625.00 %)
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down
UTS4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)
TG01
(25.00 %)
3
(75.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional
UAS2
(50.00 %)
1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
TG02
(50.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS
UAS2
(50.00 %)
01
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar
UTS3
(75.00 %)
01
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
TG1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
75
(1,875.00 %)
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3
UAS001
(25.00 %)
3
(75.00 %)
25
(625.00 %)
TG1
(25.00 %)
1
(25.00 %)
02
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange
UAS1
(25.00 %)
01
(25.00 %)
2
(50.00 %)
50
(1,250.00 %)
TG01
(25.00 %)
03
(75.00 %)
25
(625.00 %)
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur
PRK4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur
PRK4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan teruku
PRK4
(100.00 %)
000100
(2,500.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.6 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.7 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.8 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-3.9 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-3.9 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.6 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.7 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.7 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.6
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.7
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.8
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-3.9
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.6
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.7
Std Mark: 56.00
1 065002300010 SYIFA KURNIA SARI 10.0058.0051.8887.0084.5080.7580.0094.0059.0870.5698.0099.0097.0097.0096.00
2 065002300034 MUHAMMAD DONY FATAHILLAH ASSYA'BANI 50.0040.0055.0050.0078.0051.2586.0051.0043.8560.5690.0098.0098.0092.0098.00
3 065002300008 NUR IMAM 25.0065.0050.0051.5076.0057.5050.0059.0061.0050.0089.0090.0090.0094.0090.00
4 065002300026 KEVIN RIZKY PRADANA 30.0040.0054.3871.5071.5078.0063.0082.5026.6242.7895.0095.0092.0097.0095.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 17-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)