PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Struktur Data dan Algoritma |
Kode Mata Kuliah | : | IKL6207 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 4 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Struktur Data dan Algoritma |
KODE MATA KULIAH | : IKL6207 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH STRUKTUR DATA DAN ALGORITMA Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (Rmd) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKL6207 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Memahami prinsip matematis yang mendasari algoritma hashing untuk penyimpanan dan temu-kembali dari memori volatil. |
P.1 | P1.CPMK-2 | Memahami elemen-elemen dasar graf. |
P.1 | P1.CPMK-3 | Memahami perlunya struktur data non-linier. |
P.1 | P1.CPMK-4 | Mahasiswa menerapkan algoritma pengurutan data dalam situasi yang beragam. |
P.1 | P1.CPMK-5 | Mahasiswa dapat menggunakan struktur data hash. |
P.1 | P1.CPMK-6 | Mahasiswa melakukan analisis kompleksitas algoritma. |
P.1 | P1.CPMK-7 | Penggunaan yang sesuai struktur data linier yang tak berurut dan dinamis. |
P.1 | P1.CPMK-8 | Struktur data linier berurut. |
KK.1 | KK1.CPMK-9 | Mahasiswa memahami peran penyimpanan data dalam hirarki memori untuk diolah menjadi informasi. |
KK.2 | KK2.CPMK-10 | Mengidentifikasi dan menggunakan pustaka struktur data linier dan non-linier. |
KK.2 | KK2.CPMK-11 | Memahami perlunya menyimpan dan mengakses data dari struktur memori lojik dan fisik. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 |
|
||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-9 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-10 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-11 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKL6207 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKL6207 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Struktur Data dan Algoritma | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Administratif perkuliahan. Capaian pembelajaran mata kuliah. Materi pengantar struktur data dan algoritma. |
|
100.00 | Paparan. Diskusi. Tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Efisiensi algoritma |
|
100.00 | Mahasiswa memahami bagaimana mendapatkan nilai efisiensi sebuah algoritma. Mahasiswa dapat mencari efisiensi dari sebuah algoritma. |
|
|
3 |
|
Struktur data Linier vs Non-linier. Operasi-operasi Insert, Search, dan Remove. Struktur data Linier: List. |
|
100.00 | Mahasiswa memahami ragam TDA List: Array, Linked-list, Stack, Queue. Mahasiswa menggunakan Stack dan Queue untuk studi kasus. |
|
|
4 |
|
Struktur data Stack. Sifat Last In First Out. Ekspresi Infix dan Postfix. Evaluasi ekspresi Postfix. | 100.00 | Mahasiswa memahami sifat-sifat struktur data Stack; Operasi-operasi pada tipe data Stack; Studi kasus ekspresi Infix dan Postfix; Evaluasi ekspresi Postfix. |
|
||
5 |
|
Mengubah ekspresi Infix menjadi Postfix menggunakan Stack. | 100.00 | Mahasiswa memahami proses pengembangan algoritma untuk mengubah ekspresi Infix ke Postfix menggunakan Stack. |
|
||
6 |
|
Struktur data Queue. Sifat First In First Out. | 100.00 | Mahasiswa menerapkan studi kasus antrian menggunakan package collections.deque. |
|
||
7 |
|
Struktur data Binary Search Tree. Menambahkan elemen ke dalam BST. Operasi pencarian dalam BST. | 100.00 | Mahasiswa memahami masalah dalam struktur data linier dan bagaimana struktur data non-linier mengatasi masalah-masalah tersebut. |
|
||
8 |
|
Penelusuran elemen-elemen pohon. Preorder, Inorder, dan Postorder traversal. Immediate successor dan Immediate predecessor. Operasi penghapusan elemen dari BST. | 100.00 | Mahasiswa melakukan penelusuran verteks-verteks pada pohon dan dapat menggunakannya untuk melakukan operasi penghapusan elemen dari dalam Binary Search Tree. |
|
||
9 |
|
Self-balanced tree. Faktor keseimbangan. Operasi-operasi rotasi. | 100.00 | Mahasiswa memahami masalah yang mungkin muncul dalam Binary Search Tree, dan bagaimana AVL Tree mengatasi masalah tersebut. |
|
||
10 |
|
Heap sebagai penerapan Priority Queue. | 100.00 | Mahasiswa memahami bagaimana struktur data non-linier Heap dapat digunakan untuk priority queue. |
|
||
11 |
|
Struktur data graf dan representasinya. | 100.00 | Mahasiswa memahami bagaimana graf dapat digunakan untuk merepresentasikan data dalam beragam bidang kehidupan. |
|
||
12 |
|
Algoritma Breadth First Search dan Depth First Search pada Graph dan Tree. | 100.00 | Mahasiswa memahami prinsip kerja algoritma BFS sebagai dasar algoritma-algoritma lain yang dapat diterapkan pada Graph. |
|
||
13 |
|
Struktur data Hash. | 100.00 | Mahasiswa menerapkan algoritma Hash untuk penyimpanan data dengan kompleksitas algoritma yang efisien. |
|
||
14 |
|
Merge Sort dan Quick Sort. | 100.00 | Mahasiswa menerapkan studi kasus algoritm Merge Sort dan Quick Sort. |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Struktur Data dan Algoritma | 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ; Wednesday 10:10:00-11:40:00; Monday 10:10:00-11:40:00; Tuesday 10:10:00-11:40:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tutorial (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas Individu (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (0.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tutorial (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas Individu (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.3 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tutorial (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.4 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tutorial (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tutorial (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas Individu (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tutorial (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-10 | KK2.CPMK-10.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tutorial (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) |
LOW | KK.2 | KK2.CPMK-11 | KK2.CPMK-11.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 0.00% | 1.00% | 12% | ||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 3.00% | 3% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-10 | KK2.CPMK-10.1 | 1.00% | 1% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-11 | KK2.CPMK-11.1 | 1.00% | 1% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% 1.00% | 1.00% 1.00% | 1.00% 1.00% 1.00% | 7% | ||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.3 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.4 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
M10 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M11 | M12 | M14 | M13 | M2 | M1 | ||||||||||||||||||||||||
Komponen | UAS | Q | TUT | UTS | TUT | TIND | UTS | TUT | Q | UTS | TUT | UTS | TIND | TUT | UTS | Q | TUT | UAS | TUT | TIND | UAS | TUT | UAS | TUT | UAS | TIND | UAS | TUT | UAS | Q | UTS | TUT | UTS | Q | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 3.00% | 1.00% | 5.00% | 4.00% | 1.00% | 3.00% | 4.00% | 1.00% | 0.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 35% | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 2.00% | 4.00% | 5.00% | 15% | ||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.3 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.4 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 3.00% | 1.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 2.00% | 2.00% | 4% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 2.00% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-10 | KK2.CPMK-10.1 | 1.00% | 1.00% | 1.00% | 3% | |||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-11 | KK2.CPMK-11.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 1 | 1 | 2 | 3 | 1 | 5 | 4 | 1 | 3 | 4 | 1 | 4 | 5 | 1 | 4 | 3 | 1 | 2 | 1 | 4 | 2 | 2 | 4 | 2 | 4 | 5 | 4 | 2 | 4 | 4 | 3 | 1 | 3 | 1 | 92 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UAS Q UAS Q TUT UAS Q UTS TUT TIND UTS TUT Q UTS TUT UTS TIND UTS Q UAS UAS TUT TIND UAS TIND TUT UAS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS TUT UAS TIND |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | UTS Q UAS |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | TIND TUT UAS |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.3 | UAS TUT |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.4 | UAS TUT |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | UAS Q |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | UTS TUT |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | TIND UTS |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | UTS TIND UTS TUT |
KK.2 | KK2.CPMK-10 | KK2.CPMK-10.1 | UTS TUT Q |
KK.2 | KK2.CPMK-11 | KK2.CPMK-11.1 | UTS Q |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Memadukan kinerja struktur data larik dan struktur data non-linier. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon Pencarian Biner. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Mengidentifikasi operasi elementer dalam sebuah algoritma. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menentukan kompleksitas algoritma. Performance Indicator: Determine complexity of algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data senarai bertaut. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri algoritma pada linked list. Performance Indicator: Trace linked list algorithms. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data larik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menggunakan struktur data larik untuk penyimpanan data homogen. Performance Indicator: Students can use array data structure for homogenous data. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-10 | KK2.CPMK-10.1 | Mahasiswa dapat memanfaatkan pustaka struktur data untuk pengolahan data menjadi informasi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menggunakan collections module dalam Python. Performance Indicator: Use module collections in Python. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-11 | KK2.CPMK-11.1 | Penyimpanan data dalam memori internal dan memori eksternal | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Memadukan kinerja struktur data larik dan struktur data non-linier. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data graf. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon Pencarian Biner. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon AVL. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Mahasiswa menerapkan algoritma selection sort. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Mahasiswa menerapkan algoritma insertion sort. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma insertion sort. Performance Indicator: Trace insertion sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.3 | Mahasiswa menerapkan algoritma merge sort. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma insertion sort. Performance Indicator: Trace insertion sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma merge sort. Performance Indicator: Trace merge sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.4 | Mahasiswa menerapkan algoritma quick sort. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma insertion sort. Performance Indicator: Trace insertion sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma merge sort. Performance Indicator: Trace merge sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma quick sort. Performance Indicator: Trace quick sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Mahasiswa menerapkan fungsi hash. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma insertion sort. Performance Indicator: Trace insertion sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma merge sort. Performance Indicator: Trace merge sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma quick sort. Performance Indicator: Trace quick sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat dan menggunakan fungsi hash. Performance Indicator: Create and use hash function. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Mahasiswa menerapkan collision resolution. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami peran struktur data dalam penyimpanan data yang sistematis. Performance Indicator: Students understand the role of data structure in systematic data storage. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menelusuri elemen-elemen pada pohon biner secara preorder, inorder, dan postorder. Performance Indicator: Students travers elements in binary tree using preorder, inorder, and postorder traversal. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan operasi rotasi pada pohon AVL. Performance Indicator: Students apply rotation operation in AVL Tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa menerapkan Min-Heap sebagai struktur data Priority Queue. Performance Indicator: Students use Min-Heap as Priority Queue data structure. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat representasi adjacency matrix dan adjacency list. Performance Indicator: Create adjacency matrix and adjacency list as a representation of a graph. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon pencarian biner. Performance Indicator: Insert elements into binary search tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyisipkan elemen ke dalam pohon AVL. Performance Indicator: Insert elements into AVL tree. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma selection sort. Performance Indicator: Trace selection sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma insertion sort. Performance Indicator: Trace insertion sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma merge sort. Performance Indicator: Trace merge sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menelusuri jalannya algoritma quick sort. Performance Indicator: Trace quick sort algorithm. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Membuat dan menggunakan fungsi hash. Performance Indicator: Create and use hash function. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerapkan collision resolution. Performance Indicator: Apply collision resolution. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 2 | 50.00 |
C | 2 | 50.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Memadukan kinerja struktur data larik dan struktur data non-linier. |
0 | 0 | 4 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa dapat menggunakan tipe data graf. |
0 | 0 | 2 | 2 | 50.00 |
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon Pencarian Biner. |
0 | 1 | 3 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-3.2 Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon AVL. |
0 | 0 | 2 | 2 | 50.00 |
P1.CPMK-4.1 Mahasiswa menerapkan algoritma selection sort. |
0 | 0 | 1 | 3 | 25.00 |
P1.CPMK-4.2 Mahasiswa menerapkan algoritma insertion sort. |
0 | 0 | 1 | 3 | 25.00 |
P1.CPMK-4.3 Mahasiswa menerapkan algoritma merge sort. |
0 | 0 | 1 | 3 | 25.00 |
P1.CPMK-4.4 Mahasiswa menerapkan algoritma quick sort. |
0 | 0 | 1 | 3 | 25.00 |
P1.CPMK-5.1 Mahasiswa menerapkan fungsi hash. |
0 | 0 | 4 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-5.2 Mahasiswa menerapkan collision resolution. |
0 | 0 | 4 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-6.1 Mengidentifikasi operasi elementer dalam sebuah algoritma. |
0 | 1 | 1 | 2 | 50.00 |
P1.CPMK-7.1 Mahasiswa dapat menggunakan tipe data senarai bertaut. |
0 | 1 | 1 | 2 | 50.00 |
P1.CPMK-8.1 Mahasiswa dapat menggunakan tipe data larik. |
0 | 0 | 2 | 2 | 50.00 |
KK2.CPMK-10.1 Mahasiswa dapat memanfaatkan pustaka struktur data untuk pengolahan data menjadi informasi. |
0 | 0 | 4 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-11.1 Penyimpanan data dalam memori internal dan memori eksternal |
0 | 1 | 3 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Memadukan kinerja struktur data larik dan struktur data non-linier. | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
TIND | 0 | 1 (25.00 %) | 0 | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Mahasiswa dapat menggunakan tipe data graf. | |||||
TIND | 0 | 1 (25.00 %) | 0 | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon Pencarian Biner. | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Mahasiswa dapat menggunakan tipe data Pohon AVL. | |||||
TIND | 0 | 1 (25.00 %) | 0 | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan algoritma selection sort. | |||||
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan algoritma insertion sort. | |||||
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan algoritma merge sort. | |||||
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan algoritma quick sort. | |||||
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan fungsi hash. | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mahasiswa menerapkan collision resolution. | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
Mengidentifikasi operasi elementer dalam sebuah algoritma. | |||||
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Mahasiswa dapat menggunakan tipe data senarai bertaut. | |||||
TIND | 0 | 1 (25.00 %) | 0 | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Mahasiswa dapat menggunakan tipe data larik. | |||||
TIND | 0 | 1 (25.00 %) | 0 | 3 (75.00 %) | 25 (625.00 %) |
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Mahasiswa dapat memanfaatkan pustaka struktur data untuk pengolahan data menjadi informasi. | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
TUT | 0 | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Penyimpanan data dalam memori internal dan memori eksternal | |||||
Q | 0 | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
UTS | 0 | 1 (25.00 %) | 1 (25.00 %) | 2 (50.00 %) | 50 (1,250.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-5.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-8.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-10.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-11.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002300026 | KEVIN RIZKY PRADANA | 56.52 | 55.50 | 56.88 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 58.25 | 58.25 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 57.33 | 58.25 |
2 | 065002300021 | NADHIRA ANINDITA RALENA | 63.77 | 61.33 | 63.13 | 64.25 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 59.25 | 59.25 | 64.13 | 70.00 | 67.07 | 61.83 | 65.00 |
3 | 065002300029 | HANNAN FATHUR HENDRAWAN | 56.90 | 55.50 | 57.38 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 59.25 | 59.25 | 55.50 | 55.50 | 55.50 | 58.00 | 59.25 |
4 | 065002300013 | DYAH KARTIKA PUTRI SAMUDERA YANUAR | 63.44 | 57.90 | 69.00 | 56.63 | 60.00 | 60.00 | 57.75 | 57.75 | 61.00 | 61.00 | 71.63 | 66.25 | 67.79 | 64.83 | 69.50 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 17-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)