Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Kode Mata Kuliah : IKS6404
Tim Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Kelas : 02
Dosen : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Semester : Genap 2023/2024 (Rmd)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 2 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Berorientasi Objek
KODE MATA KULIAH : IKS6404
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (Rmd)
DOSEN PENGAMPU : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (Rmd)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKS6404
Bobot (sks):
4.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep class dan objek
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa mampu menjelaskan dekomposisi problem dalam pemrograman berorientasi objek
KU.1 KU1.CPMK-3 Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pemrograman beroirientasi objek kedalam kode program
KU.1 KU1.CPMK-4 Mahasiswa mampu menerapkan notasi UML untuk merancang class dan hubungan class
KK.3 KK3.CPMK-5 Mahasiswa mampu mengembangkan aplikasi berbasis GUI
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism.
KU.1 KU1.CPMK-3
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
KU1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton
KU1.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton
KU1.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python
KU1.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python
KU1.CPMK-3.6 Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
KU1.CPMK-3.7 Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python
KU1.CPMK-3.8 Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python
KU.1 KU1.CPMK-4
KU1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML
KU1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML
KK.3 KK3.CPMK-5
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6404

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKS6404     SKS : 4.00
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Dosen :
  1. 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism.
Dekomposisi Problem:
- Terstruktur
- Berorientasi objek

Prinsip dalam pemrograman berorientasi objek:
Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism

Contoh program terstruktur dan program berorientasi objek

Informasi Perkuliahan: referensi, sistem penilaian dan tata tertib
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa dapat membedakan kode program yang dibangun menggunakan pendekatan terstruktur dan berorientasi objek
  • Ujian Tengah Semester - 1.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek
  2. Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
  3. Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML
Class dan objek
- Instans variabel (attribut)
- Method initializer __init__
- Membuat objek
- Menjalankan method(sending message)
- Akses level: private, public, protected
UML: diagram Class dan Objek
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu mentracing jalannya sebuah kode program dan memvisualisasikannya menggunakan diagram objek.
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
Class dan objek
- Class variabel
- Class method(fungsi)
- Overloading method
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu men-tracing jalannya sebuah kode program yang menerapkan overloading dan memvisualisasikannya menggunakan diagram objek
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
Static Method
Dekorator properties
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu menerapkan Dekorator dalam sebuah program
  • Tugas - 2.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton
Kumpulan Objek Menggunakan List
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu menerapakan struktur list untuk menyimpan sekumpulan objek, dalam sebuah kode program
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton
Kumpulan Objek Menggunakan Dictionary
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu menerapakan struktur dictionary untuk menyimpan sekumpulan objek, dalam sebuah kode program
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python
Penanganan exception: try...except...else..finally

Membangkitkan exception: raise
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam sebuah program
  • Tugas - 2.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML
  2. Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python
Pewarisan (inheritance):
- relasi inheritance (is-a)
- superclass dan subclass
- akses leves
Diagram UML: inheritance
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam sebuah program
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
Overriding
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiwa menerapkan overriding dalam sebuah program
  • Tugas - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python
Polymorphism
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiwa menerapkan polymorphism dalam sebuah program
  • Tugas - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
class object
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiwa menerapkan overriding method dalam class object
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python
Abstract class dan abstract Method
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiwa menerapkan abstract class dan abstract method dalam sebuah program
  • Tugas - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout
Pemgrograman GUI:
- QApplication, QWidget
- QMainWindow
- Signal dan slot
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa memebuat aplikasi berbasis gui
  • Tugas - 5.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout
Pemgrograman GUI:
- Signal dan slot
- Layout
  • Tutorial
  • Diskusi
200.00 Mahasiswa memebuat aplikasi berbasis gui menerapkan layout
  • Tugas - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Berorientasi Objek 2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ; Monday 13:10:00-15:40:00; Tuesday 13:10:00-15:40:00; Wednesday 13:10:00-15:40:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.50%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.50%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.50%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.50%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%)
LOW KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.00%
1%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 2.00%
4.00%
4.00%
10%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2 4.00%
4%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3 4.00%
4%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4 4.00%
4%
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.1 1.00%
1%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5 4.00%
4%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6 5.00%
5.00%
10%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.2 1.00%
1%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 5.00%
5.00%
2.50%
12.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4 2.50%
2.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6 5.00%
5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7 2.50%
2.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8 2.50%
2.5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 5.00%
5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M2 M1 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M11 M10 M12 M13 M14
Komponen UTS TG UTS UTS TG UTS TG UTS TG UTS TG UTS TG UAS TG UAS TG UAS UAS TG UAS TG TG TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00% 1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.00% 1%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 2.00%5.00%4.00%5.00%4.00%2.50% 22.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2 4.00%5.00% 9%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3 4.00%5.00% 9%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4 4.00%2.50% 6.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5 4.00%5.00% 9%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6 5.00%5.00%5.00% 15%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7 5.00%2.50% 7.5%
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8 5.00%2.50% 7.5%
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.1 1.00% 1%
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.2 1.00% 1%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 5.00% 5%
TOTAL 4 5 1 4 5 4 2.5 4 5 4 5 4 2.5 5 5 5 5 5 5 2.5 5 2.5 5 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UTS
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1 UTS TG UTS TG UTS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2 UTS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3 UTS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4 UTS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5 UAS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6 UAS TG UAS
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7 UAS TG
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8 UAS TG
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.1 UTS
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 TG
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek
Indikator Kinerja: Attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class dapat diidentifikasi dengan tepat
Performance Indicator: The attributes, constructors and methods of a class can be identified precisely
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism.
Indikator Kinerja: Empalt prinsip dalam pemrograman berorientasi objek dapat dijelaskan dengan tepat
Performance Indicator: Four principles in object-oriented programming can be explained precisely
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.1Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.2Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.3Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: A collection of objects using a dictionary structure can be implemented precisely in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.4Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: A collection of objects using a dictionary structure can be implemented precisely in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penanganan exception dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Exception handling can be implemented properly in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.1Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML
Indikator Kinerja: Notasi UML untuk diagram class dapat dimodelkan dengan tepat
Performance Indicator: UML notation for class diagrams can be modeled precisely
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.5Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.6Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.7Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-3 KU1.CPMK-3.8Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Abstract class dan abstract method dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Abstract classes and abstract methods can be implemented correctly in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-4 KU1.CPMK-4.2Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Abstract class dan abstract method dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python
Performance Indicator: Abstract classes and abstract methods can be implemented correctly in the Python language
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Diagram hubungan class dapat dimodelkan dengan tepat menggunakan notasi UML
Performance Indicator: Class relationship diagrams can be modeled precisely using UML notation
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 2 100.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek
0 1 1 0 100.00
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism.
0 1 1 0 100.00
KU1.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.6
Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.7
Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-3.8
Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python
0 0 2 0 100.00
KU1.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML
0 1 1 0 100.00
KU1.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML
0 0 2 0 100.00
KK3.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout
0 0 2 0 100.00
KK3.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout
0 0 2 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism.
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UAS002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UAS002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UAS002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
UAS002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML
UTS01
(50.00 %)
1
(50.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML
UAS002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout
TG002
(100.00 %)
0100
(5,000.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.6 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.7 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-3.8 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-3.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.6
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.7
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-3.8
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
1 064002100005 REZA NUGRAHA SANTOSO 73.0073.0063.5663.5663.5666.4656.0056.0056.0056.0073.0056.0056.0056.00
2 064002000016 BORIS LUHUNG SWARA 57.0057.0056.4456.4456.4456.6256.0056.0056.0056.0057.0056.0056.0056.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 17-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2554 Anung Barlianto Ariwibowo, M.Kom.)