Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Praktikum Algoritma dan Pemrograman
Kode Mata Kuliah : MPU6112
Tim Dosen :
  1. 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
Kelas : 06
Dosen : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 1 mahasiswa

Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN

Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Praktikum Algoritma dan Pemrograman
KODE MATA KULIAH : MPU6112
KELAS : TP-F
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Kode:
MPU6112
Bobot (sks):
1.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional.
S.2 Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian.
P.1 Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi.
KU.1 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi
KU.2 Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan.
KK.1 Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
KK.2 Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan.
KK.3 Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi.
KK.4 Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.3 Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi.
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KK.3 KK3.CPMK-1 Mampu memahami bahasa pemrograman yang digunakan di industri perminyakan
KK.3 KK3.CPMK-2 Mampu melakukan desain Bahasa pemrograman menggunakan aplikasi pemrograman
KK.3 KK3.CPMK-3 Mampu membuat model aplikasi sederhana program perminyakan
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KK.3 KK3.CPMK-1
KK3.CPMK-1.1 Mahasiswa mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-1.2 Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
KK.3 KK3.CPMK-2
KK3.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.5 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program subroutine pada Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.6 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.7 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
KK3.CPMK-2.8 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan Metode numerik pada Bahasa pemrograman
KK.3 KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MPU6112

Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : MPU6112     SKS : 1.00
Mata Kuliah : Praktikum Algoritma dan Pemrograman Dosen :
  1. 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
  • Tutorial
150.00 mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • M. F. SANNER(1999)
2
  1. Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
Penjelasan Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
  • Kolaborative
  • Diskusi
150.00 Mengenal Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
  • Esther Shein()
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
4
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Tugas 1 - 7.50 %
5
  1. Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Tugas 2 - 7.50 %
6
  1. Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Tugas 3 - 10.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Ujian Tengah Semester - 20.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program subroutine pada Bahasa pemrograman
program subroutine pada Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 Menerapkan dan mengaplikasikan program subroutine pada Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
9
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman
Program real function pada Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Tugas 4 - 12.50 %
10
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
program combo pada Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
  • Ujian Akhir Semester - 12.50 %
11
  1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan Metode numerik pada Bahasa pemrograman
Metode numerik pada Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 menerapkan dan mengaplikasikan Metode numerik pada Bahasa pemrograman
  • Guido van Rossum & FredL.Drake,Jr.,(2010)
12
  1. Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
  • A. H. Sarapardeh, et. al.(2020)
  • Tugas 5 - 12.50 %
13
  1. Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman
  • A. H. Sarapardeh, et. al.(2020)
  • Ujian Akhir Semester - 12.50 %
14
  1. Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman
  • Percobaan
  • Diskusi
150.00 membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
  • A. H. Sarapardeh, et. al.(2020)

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN
FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Praktikum Algoritma dan Pemrograman 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. ; Saturday 07:00:00-08:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T.

Ketua
3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 Minggu ke-4 Assessment: Tugas 1 (7.50%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.4 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.6 Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (12.50%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.7 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 Minggu ke-12 Assessment: Tugas 5 (12.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.4 20.00%
20%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.7 12.50%
12.5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 12.50%
12.5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 7.50%
7.5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 7.50%
10.00%
17.5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.6 12.50%
12.5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 12.50%
12.5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M2 M4 M5 M6 M7 M9 M10 M12 M13
Komponen UTS TG1 TG2 TG3 UTS TG4 UAS TG5 UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9 Bobot
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 7.50% 7.5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 7.50%10.00% 17.5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.4 20.00% 20%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.6 12.50% 12.5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.7 12.50% 12.5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 12.50%12.50% 25%
TOTAL 5 7.5 7.5 10 20 12.5 12.5 12.5 12.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 UTS
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 TG1
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 TG2 TG3
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.4 UTS
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.6 TG4
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.7 UAS
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 TG5 UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
Indikator Kinerja: memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
Performance Indicator: understand programming applications used in applying programming languages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.4Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
Performance Indicator: able to implement and apply array programs in programming languages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.7Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman
Performance Indicator: able to make simple petroleum software models using all programming languages
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 1 100.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KK3.CPMK-1.2
Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.4
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.6
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.7
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
0 1 0 0 100.00
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
0 1 0 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman
UTS01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman
TG101
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman
TG201
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
TG301
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman
UTS01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman
TG401
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman
UAS01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman.
TG501
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)

Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.6 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.7 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KK3.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.6
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.7
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
1 071001900105 BABBY MARINI KIASATY 73.6073.4072.9373.7073.0073.2073.50

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.)