PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Praktikum Algoritma dan Pemrograman |
Kode Mata Kuliah | : | MPU6112 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 06 |
Dosen | : | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 1 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN
Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Praktikum Algoritma dan Pemrograman |
KODE MATA KULIAH | : MPU6112 |
KELAS | : TP-F |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK PERMINYAKAN Fakultas TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI |
|||
Kode: MPU6112 |
Bobot (sks): 1.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan pada lingkup nasional dan internasional. |
S.2 | Mampu untuk berkontribusi, beradaptasi, kerjasama, disiplin, dan bertanggungjawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan dan keekonomian. |
P.1 | Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh yang mendukung prinsip-prinsip teknik perminyakan dan atau panas bumi. |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, evaluasi dan menyelesaikan permasalahan di Industri Migas dan atau panas bumi |
KU.2 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian bidang sumber daya energi fosil, baru dan terbarukan yang relevan. |
KK.1 | Mampu merancang sistem dan/atau proses pada industri migas dan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dalam menghadapi permasalahan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. |
KK.2 | Mampu merancang dan melaksanakan hasil penelitian dan uji coba laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis data untuk memperkuat penilaian keteknikan. |
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KK.4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas/rekayasa project dan tanggung jawab. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.3 | Mampu mengaplikasikan metode, keterampilan dan piranti/perangkat lunak teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan pada industri migas dan atau panas bumi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.3 | KK3.CPMK-1 | Mampu memahami bahasa pemrograman yang digunakan di industri perminyakan |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | Mampu melakukan desain Bahasa pemrograman menggunakan aplikasi pemrograman |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | Mampu membuat model aplikasi sederhana program perminyakan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KK.3 | KK3.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/MPU6112 |
Program Studi : TEKNIK PERMINYAKAN | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : MPU6112 SKS : 1.00 | ||||||
Mata Kuliah : Praktikum Algoritma dan Pemrograman | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
150.00 | mengenal Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer Perminyakan, mengetahui tata tertib dan peraturan perkuliahan di laboratorium, serta mengetahui beberapa aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
|
2 |
|
Penjelasan Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
150.00 | Mengenal Aplikasi yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
|
|
3 |
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman |
|
150.00 | mengaplikasikan dan menerapkan program IF ke dalam Bahasa pemrograman |
|
|
4 |
|
menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
|
|
5 |
|
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
150.00 | melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
|
6 |
|
pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
150.00 | melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
|
|
7 |
|
menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
|
|
8 |
|
program subroutine pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | Menerapkan dan mengaplikasikan program subroutine pada Bahasa pemrograman |
|
|
9 |
|
Program real function pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman |
|
|
10 |
|
program combo pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman |
|
|
11 |
|
Metode numerik pada Bahasa pemrograman |
|
150.00 | menerapkan dan mengaplikasikan Metode numerik pada Bahasa pemrograman |
|
|
12 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
|
|
13 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
|
14 |
|
model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman |
|
150.00 | membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK PERMINYAKAN FAKULTAS TEKNOLOGI KEBUMIAN DAN ENERGI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ; Saturday 07:00:00-08:00:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2027 Ir. Onnie Ridaliani Prapansya, M.T. Ketua |
3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas 1 (7.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas 2 (7.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 3 (10.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas 4 (12.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas 5 (12.50%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (12.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | 20.00% | 20% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | 12.50% | 12.5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | 7.50% | 7.5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | 7.50% | 10.00% | 17.5% | ||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | 12.50% | 12.5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||
M2 | M4 | M5 | M6 | M7 | M9 | M10 | M12 | M13 | ||||
Komponen | UTS | TG1 | TG2 | TG3 | UTS | TG4 | UAS | TG5 | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | Bobot |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | 5.00% | 5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | 7.50% | 7.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | 7.50% | 10.00% | 17.5% | |||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | 20.00% | 20% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | 12.50% | 12.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | 12.50% | 12.5% | ||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 12.50% | 12.50% | 25% | |||||||
TOTAL | 5 | 7.5 | 7.5 | 10 | 20 | 12.5 | 12.5 | 12.5 | 12.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.2 | TG1 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.3 | TG2 TG3 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.6 | TG4 |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | TG5 UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-1 | KK3.CPMK-1.2 | Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman Performance Indicator: understand programming applications used in applying programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply array programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.7 | Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to implement and apply combo programs in programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman Performance Indicator: able to make simple petroleum software models using all programming languages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 1 | 100.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK3.CPMK-1.2 Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.6 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.7 Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi pemrograman yang digunakan dalam mengaplikasikan Bahasa pemrograman | |||||
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program iterasi dalam Bahasa pemrograman | |||||
TG1 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu melakukan pemrograman gabungan dalam aplikasi Bahasa pemrograman | |||||
TG2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
TG3 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program array pada Bahasa pemrograman | |||||
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program real function pada Bahasa pemrograman | |||||
TG4 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan program combo pada Bahasa pemrograman | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat model software perminyakan sederhana menggunakan seluruh Bahasa pemrograman. | |||||
TG5 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||
KK3.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.6 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 071001900105 | BABBY MARINI KIASATY | 73.60 | 73.40 | 72.93 | 73.70 | 73.00 | 73.20 | 73.50 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3565 Ghanima Yasmaniar, S.T., M.T.)