PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Teknologi Bahan |
Kode Mata Kuliah | : | PSS6202 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | A |
Dosen | : | R03571 Liana Herlina |
Semester | : | Genap 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 38 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK SIPIL
Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Teknologi Bahan |
KODE MATA KULIAH | : PSS6202 |
KELAS | : A |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : R03571 Liana Herlina |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : R03571 Liana Herlina |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH TEKNOLOGI BAHAN Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK SIPIL Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN |
||
Kode: PSS6202 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | R03571 Liana Herlina | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 3704 Dr. Fahmy Hermawan, S.T., M.T. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dengan berpegang pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa |
S.2 | Mampu menerapkan norma pada penyelesaian permasalahan bidang rekayasa teknik sipil secara etis |
P.1 | Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains alam, dasar-dasar teknik dan spesialisasi teknik sipil untuk memecahkan masalah teknik yang kompleks |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu Teknik. |
KU.2 | Mampu melakukan investigasi dengan menggunakan metodologi penelitian yang relevan termasuk tinjauan literatur, desain eksperimen, analisis dan interpretasi hasil untuk mendapatkan kesimpulan yang masuk akal secara ilmiah. |
KU.3 | Mampu memahami, mengidentifikasi, merencanakan dan mengevaluasi secara keberlanjutan permasalahan bidang teknik sipil dengan mempertimbangkan sosial budaya dan lingkungan seacara berkelanjutan. |
KU.4 | Mampu berkomunikasi dengan benar melalui diskusi, laporan, dan presentasi. |
KU.5 | Memiliki kemampuan leadership sebagai individu, pemimpin dan anggota dalam tim lintas budaya dan lingkungan multi-disiplin. |
KU.6 | Mampu mengenali kebutuhan untuk melakukan pembelajaran seumur hidup, perkembangan pengetahuan terkait isu-isu terkini bidang teknik sipil dan memiliki kapasitas untuk melakukannya secara mandiri. |
KK.1 | Memiliki kemampuan merancang solusi untuk sistem, komponen atau proses teknik sipil yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan dengan mempertimbangkan keselamatan, kesehatan, ekonomi, sumber daya lokal dan Lingkungan. |
KK.2 | Mampu memilih dan menerapkan sumber daya dan teknik yang modern serta perangkat IT yang sesuai dengan pendekatan sistematis untuk mensimulasikan, dan memecahkan masalah bidang Teknik Sipil. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 | Memahami pekerjaan pembuatan beton dan cara pengujian beton keras di lapangan |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mengidentifikasi teknologi pembuatan beton dan bahan material material penyusunnya |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | Menghitung rancang campur beton berdasarkan SNI dan menganalisis perhitungan kekuatan tekan dan lentur beton, serta tarik baja tulangan |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 |
|
||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/PSS6202 |
Program Studi : TEKNIK SIPIL | Semester : Genap 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : PSS6202 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Teknologi Bahan | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengertian teknologi, bahan pembentuk bangunan dan teknologi yang terkait, peraturan-peraturan yang terkait dengan bahan pembentuk beton | 100.00 | Mahasiswa memahami teknologi, bahan pembentuk bangunan dan teknologi yang terkait, peraturan-peraturan yang terkait dengan bahan pembentuk beton |
|
||
2 |
|
Metode teknologi bahan yang terbaru dan bahan campuran beton ramah lingkungan | 100.00 | Mahasiswa mengetahui metode teknologi bahan yang terbaru dan bahan campuran beton ramah lingkungan |
|
||
3 |
|
Pengertian, fungsi semen, proses pembuatan semen, tipe penggolongan semen | 100.00 | Mahasiswa memahami pengertian, fungsi semen, proses pembuatan semen, tipe penggolongan semen |
|
||
4 |
|
Pengertian, fungsi dan persyaratan agregat halus sebagai campuran beton | 100.00 | Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan persyaratan agregat halus sebagai campuran beton |
|
||
5 |
|
Pengertian, fungsi dan persyaratan agregat kasar sebagai campuran beton | 100.00 | Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan persyaratan agregat kasar sebagai campuran beton |
|
||
6 |
|
Menghitung dan menganalisis sieve analisis agregat halus dan kasar | 100.00 | Mahasiswa dapat menghitung dan menganalisis sieve analisis agregat halus dan kasar |
|
||
7 |
|
Pengertian, fungsi dan persyaratan dari air dalam campuran beton, pengertian, fungsi dan persyaratan admixture dan klasifikasi admixture berdasarkan ASTM, Pengertian dan penggunaan limbah industri (fly ash/nikel slag) dalam beton | 100.00 | Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan persyaratan dari air dalam campuran beton, pengertian, fungsi dan persyaratan admixture dan klasifikasi admixture berdasarkan ASTM, Pengertian dan penggunaan limbah industri (fly ash/nikel slag) dalam beton |
|
||
8 |
|
Perhitungan membuat mix desain berdasarkan SNI | 100.00 | Mahasiswa dapat menghitungan membuat mix desain berdasarkan SNI |
|
||
9 |
|
Tahapan pengerjaan beton mulai dari persiapan, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan beton segar, perawatan beton maupun benda uji | 100.00 | Mahasiswa memahami tahapan pengerjaan beton mulai dari persiapan, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan beton segar, perawatan beton maupun benda uji |
|
||
10 |
|
Menghitung dan menganalisis kuat tekan karakteristik secara analitis | 100.00 | Mahasiswa menghitung dan menganalisis kuat tekan karakteristik secara analitis |
|
||
11 |
|
Menghitung dan menganalisis kuat tekan karakteristik dengan histrogram dan lengkung distribusi, dan kuat lentur beton | 100.00 | Mahasiswa menghitung dan menganalisis kuat tekan karakteristik dengan histrogram dan lengkung distribusi, dan kuat lentur beton |
|
||
12 |
|
Pengujian beton keras di lapangan dengan metode non destruktif dengan hammer test, UPV dan dengan metode destruktif dengan core drills | 100.00 | Mahasiswa memahami pengujian beton keras di lapangan dengan metode non destruktif dengan hammer test, UPV dan dengan metode destruktif dengan core drills |
|
||
13 |
|
Proses pengujian baja, menghitung dan menganalisis kekuatan tarik baja dan menggammbar grafik tegangan dan regangan | 100.00 | Mahasiswa memahami proses pengujian baja, menghitung dan menganalisis kekuatan tarik baja dan menggammbar grafik tegangan dan regangan |
|
||
14 |
|
Menganalisis perhitungan kekuatan tekan dan lentur beton, serta tarik baja tulangan dan menjelaskan pekerjaan pembuatan beton dan cara pengujian beton dilapangan | 100.00 | Mahasiswa dapat menganalisis perhitungan kekuatan tekan dan lentur beton, serta tarik baja tulangan dan menjelaskan pekerjaan pembuatan beton dan cara pengujian beton dilapangan |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Teknologi Bahan | R03571 Liana Herlina | ; Tuesday 10:00:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
3704 Dr. Fahmy Hermawan, S.T., M.T. Ketua |
R03571 Liana Herlina | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas 1 (3.50%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas 1 (3.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas 2 (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (8.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas 3 (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (11.00%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas 3 (3.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 10.00% | 10% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | 4.00% | 4.00% | 8.00% | 16% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.4 | 10.00% | 10% | ||||||
TOTAL | 40% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 8.00% | 8% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 6.00% | 6% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 7.00% | 11.00% | 18% | |||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 40% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||
TOTAL | 16% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||
M9 | M14 | M12 | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M10 | M11 | M13 | ||||||||
Komponen | UAS | Q | UAS | TG1 | TG1 | UTS | UTS | UTS | UTS | TG2 | UTS | UTS | UAS | UAS | TG3 | UAS | TG3 | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | Bobot |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 8.00% | 1.00% | 9% | ||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 1.00% | 6.00% | 7% | ||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 3.50% | 3.50% | 10.00% | 17% | |||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 8.00% | 19% | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.4 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 1.00% | 7.00% | 3.00% | 11.00% | 3.00% | 25% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 1.00% | 4.00% | 5% | ||||||||||||||||
TOTAL | 8 | 4 | 6 | 3.5 | 3.5 | 10 | 4 | 4 | 4 | 3 | 8 | 10 | 4 | 7 | 3 | 11 | 3 | 4 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | UAS Q |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | UAS Q |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | TG1 TG1 UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | UTS UTS TG2 UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.4 | UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | UAS TG3 UAS TG3 Q |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | UAS Q |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Memahami pengertian teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan Performance Indicator: Accuracy in explaining technology, building materials, and related regulations and technological methods for the latest materials and environmentally friendly concrete mixtures |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan Performance Indicator: Accuracy in explaining technology, building materials, and related regulations and technological methods for the latest materials and environmentally friendly concrete mixtures |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen Performance Indicator: Accuracy of identifying cement manufacture and cement classification types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.3 | Memahami pengertian, fungsi, persyaratan agregat untuk campuran beton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan Performance Indicator: Accuracy in explaining technology, building materials, and related regulations and technological methods for the latest materials and environmentally friendly concrete mixtures |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen Performance Indicator: Accuracy of identifying cement manufacture and cement classification types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan memahami pengertian, fungsi, persyaratan agregat untuk campuran beton Performance Indicator: Accurate understanding of the meaning, function, and requirements for aggregate for concrete mixes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.4 | Memahami pengertian, fungsi, persyaratan air, admixture dan adiktif dalam campuran beton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan Performance Indicator: Accuracy in explaining technology, building materials, and related regulations and technological methods for the latest materials and environmentally friendly concrete mixtures |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen Performance Indicator: Accuracy of identifying cement manufacture and cement classification types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan memahami pengertian, fungsi, persyaratan agregat untuk campuran beton Performance Indicator: Accurate understanding of the meaning, function, and requirements for aggregate for concrete mixes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memahami pengertian, fungsi, persyaratan air, admixture dan fly ash dalam campuran beton Performance Indicator: Accuracy in understanding the meaning, function, requirements of water, admixture and fly ash in concrete mixtures |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Memahami proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton segar Performance Indicator: Accuracy explains the process of casting preparation, mixing, transportation, workability testing, compaction and maintenance of fresh concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton segar Performance Indicator: Accuracy explains the process of casting preparation, mixing, transportation, workability testing, compaction and maintenance of fresh concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif Performance Indicator: Accuracy in understanding how to test in the field on hard concrete using non-destructive and destructive testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Menghitung rancang campuran beton berdasarkan SNI menggunakan data pengujian material pembentuk beton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton segar Performance Indicator: Accuracy explains the process of casting preparation, mixing, transportation, workability testing, compaction and maintenance of fresh concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif Performance Indicator: Accuracy in understanding how to test in the field on hard concrete using non-destructive and destructive testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan perhitungan Mix desain beton berdasarkan SNI Performance Indicator: Accuracy of concrete mix design calculations based on SNI |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | Menghitung dan menganalisis kuat karateristik beton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton segar Performance Indicator: Accuracy explains the process of casting preparation, mixing, transportation, workability testing, compaction and maintenance of fresh concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif Performance Indicator: Accuracy in understanding how to test in the field on hard concrete using non-destructive and destructive testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan perhitungan Mix desain beton berdasarkan SNI Performance Indicator: Accuracy of concrete mix design calculations based on SNI |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menghitung dan dapat menganalisis kekuatan tekan dan lentur beton Performance Indicator: Accuracy in calculating and being able to analyze the compressive and flexural strength of concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Menghitung dan menganalisis sifat dari baja terhadap tegangan dan regangan tarik baja tulangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjelaskan proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton segar Performance Indicator: Accuracy explains the process of casting preparation, mixing, transportation, workability testing, compaction and maintenance of fresh concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif Performance Indicator: Accuracy in understanding how to test in the field on hard concrete using non-destructive and destructive testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan perhitungan Mix desain beton berdasarkan SNI Performance Indicator: Accuracy of concrete mix design calculations based on SNI |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menghitung dan dapat menganalisis kekuatan tekan dan lentur beton Performance Indicator: Accuracy in calculating and being able to analyze the compressive and flexural strength of concrete |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menghitung dan menganalisis dan mengambar grafik tegangan dan regangan kekuatan tarik baja tulangan Performance Indicator: The accuracy of calculating and analyzing and drawing stress and strain graphs of the tensile strength of reinforcing steel |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 3 | 7.89 |
B | 2 | 5.26 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 1 | 2.63 |
C | 15 | 39.47 |
D | 8 | 21.05 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU1.CPMK-1.1 Memahami proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton |
6 | 28 | 1 | 3 | 92.11 |
KU1.CPMK-1.2 Memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif |
6 | 28 | 1 | 3 | 92.11 |
KU1.CPMK-2.1 Memahami pengertian teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan |
2 | 10 | 15 | 11 | 71.05 |
KU1.CPMK-2.2 Mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen |
2 | 6 | 7 | 23 | 39.47 |
KU1.CPMK-2.3 Memahami pengertian, fungsi, persyaratan agregat untuk campuran beton |
2 | 7 | 7 | 22 | 42.11 |
KU1.CPMK-2.4 Memahami pengertian, fungsi, persyaratan air, admixture dan adiktif dalam campuran beton |
2 | 6 | 7 | 23 | 39.47 |
KU1.CPMK-3.1 Menghitung rancang campuran beton berdasarkan SNI menggunakan data pengujian material pembentuk beton |
1 | 1 | 3 | 33 | 13.16 |
KU1.CPMK-3.2 Menghitung dan menganalisis kuat karateristik beton |
6 | 28 | 1 | 3 | 92.11 |
KU1.CPMK-3.3 Menghitung dan menganalisis sifat dari baja terhadap tegangan dan regangan tarik baja tulangan |
6 | 28 | 1 | 3 | 92.11 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Memahami proses persiapan pengecoran, pengadukan, transportasi, pengujian workability, pemadatan dan perawatan beton | |||||
Q | 6 (16.67 %) | 28 (77.78 %) | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 97.22 (270.06 %) |
Memahami cara pengujian di lapangan pada beton keras dengan pengujian secara non destruktif dan destruktif | |||||
Q | 6 (16.67 %) | 28 (77.78 %) | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 97.22 (270.06 %) |
Memahami pengertian teknologi, bahan pembentuk bangunan, dan peraturan-peraturan yang terkait dan metode teknologi bahan yang terbaru dan campuran beton ramah lingkungan | |||||
TG1 | 36 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (277.78 %) |
UTS | 2 (5.56 %) | 6 (16.67 %) | 7 (19.44 %) | 21 (58.33 %) | 41.67 (115.75 %) |
Mengidentifikasi pembuatan semen dan tipe penggolongan semen | |||||
UTS | 2 (5.56 %) | 6 (16.67 %) | 7 (19.44 %) | 21 (58.33 %) | 41.67 (115.75 %) |
Memahami pengertian, fungsi, persyaratan agregat untuk campuran beton | |||||
TG2 | 36 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (277.78 %) |
UTS | 2 (5.56 %) | 6 (16.67 %) | 7 (19.44 %) | 21 (58.33 %) | 41.67 (115.75 %) |
Memahami pengertian, fungsi, persyaratan air, admixture dan adiktif dalam campuran beton | |||||
UTS | 2 (5.56 %) | 6 (16.67 %) | 7 (19.44 %) | 21 (58.33 %) | 41.67 (115.75 %) |
Menghitung rancang campuran beton berdasarkan SNI menggunakan data pengujian material pembentuk beton | |||||
UAS | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 3 (8.33 %) | 31 (86.11 %) | 13.89 (38.58 %) |
Menghitung dan menganalisis kuat karateristik beton | |||||
Q | 6 (16.67 %) | 28 (77.78 %) | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 97.22 (270.06 %) |
TG3 | 6 (16.67 %) | 28 (77.78 %) | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 97.22 (270.06 %) |
Menghitung dan menganalisis sifat dari baja terhadap tegangan dan regangan tarik baja tulangan | |||||
Q | 6 (16.67 %) | 28 (77.78 %) | 1 (2.78 %) | 1 (2.78 %) | 97.22 (270.06 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||
KU1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 051002100009 | AMRIZAL LUBIS | 68.00 | 68.00 | 59.41 | 45.00 | 50.53 | 45.00 | 32.31 | 68.00 | 68.00 |
2 | 051002300045 | MAULANA ARDAN FAHREZI | 78.00 | 78.00 | 58.24 | 43.00 | 48.84 | 43.00 | 53.85 | 78.00 | 78.00 |
3 | 051002300022 | MUHAMMAD AL HAKIM SENO AJI PRANA | 65.00 | 65.00 | 55.29 | 38.00 | 44.63 | 38.00 | 15.38 | 65.00 | 65.00 |
4 | 051002300031 | ZAHRAN AULIA BUSRA | 73.00 | 73.00 | 44.71 | 20.00 | 29.47 | 20.00 | 32.31 | 73.00 | 73.00 |
5 | 051002300011 | FERLIN PRICILYA RENYAAN | 78.00 | 78.00 | 72.35 | 67.00 | 69.05 | 67.00 | 30.77 | 78.00 | 78.00 |
6 | 051002000090 | IKKE SELVIANE | 79.00 | 79.00 | 71.18 | 65.00 | 67.37 | 65.00 | 38.46 | 79.00 | 79.00 |
7 | 051002300033 | ATMAJA MULIA WICAKSANA | 78.00 | 78.00 | 46.47 | 23.00 | 32.00 | 23.00 | 21.54 | 78.00 | 78.00 |
8 | 051002300055 | AHMAD BAEHAQI PRATAMA | 79.00 | 79.00 | 81.18 | 82.00 | 81.68 | 82.00 | 63.08 | 79.00 | 79.00 |
9 | 051002300043 | GHANI FARIDZAL AJI | 78.00 | 78.00 | 71.18 | 65.00 | 67.37 | 65.00 | 70.77 | 78.00 | 78.00 |
10 | 051002300026 | REGINA DWI JALYANTI | 80.00 | 80.00 | 72.94 | 68.00 | 69.89 | 68.00 | 33.85 | 80.00 | 80.00 |
11 | 051002300030 | ULUNG ADITYA WICAKSONO | 80.00 | 80.00 | 49.41 | 28.00 | 36.21 | 28.00 | 36.92 | 80.00 | 80.00 |
12 | 051002300048 | RANGGA FATHONY PRASETYA | 80.00 | 80.00 | 82.94 | 85.00 | 84.21 | 85.00 | 52.31 | 80.00 | 80.00 |
13 | 051002300017 | MUHAMAD RAFLI PRATAMA NASUTION | 80.00 | 80.00 | 75.88 | 73.00 | 74.11 | 73.00 | 27.69 | 80.00 | 80.00 |
14 | 051002000080 | Nouvalian Ramadhan Hermansyah | 80.00 | 80.00 | 74.12 | 70.00 | 71.58 | 70.00 | 81.54 | 80.00 | 80.00 |
15 | 051002300050 | SYELLA SHAKHORO QOLBI | 75.00 | 75.00 | 62.35 | 50.00 | 54.74 | 50.00 | 58.46 | 75.00 | 75.00 |
16 | 051002300013 | JANE RIMANG PUTRI | 80.00 | 80.00 | 66.47 | 57.00 | 60.63 | 57.00 | 32.31 | 80.00 | 80.00 |
17 | 051002300038 | NADYA NAILIL IZZA | 77.00 | 77.00 | 61.18 | 48.00 | 53.05 | 48.00 | 47.69 | 77.00 | 77.00 |
18 | 051002300039 | NOVA AYU PUTRI ROSALFA | 78.00 | 78.00 | 50.00 | 29.00 | 37.05 | 29.00 | 43.08 | 78.00 | 78.00 |
19 | 051002300007 | DAVA RAFLI RAMADHAN | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
20 | 051002300042 | BERNARD FRANSISKUS SOADUON PASARIBU | 78.00 | 78.00 | 56.47 | 40.00 | 46.32 | 40.00 | 55.38 | 78.00 | 78.00 |
21 | 051002300046 | MUCHAMMAD FAKHRI HAFIDH | 79.00 | 79.00 | 75.88 | 73.00 | 74.11 | 73.00 | 67.69 | 79.00 | 79.00 |
22 | 051002300020 | MUHAMMAD NOUFAL HANSELO | 78.00 | 78.00 | 44.71 | 20.00 | 29.47 | 20.00 | 33.85 | 78.00 | 78.00 |
23 | 051002100030 | LUTFAN KHUMAINI | 72.00 | 72.00 | 62.35 | 50.00 | 54.74 | 50.00 | 24.62 | 72.00 | 72.00 |
24 | 051002000075 | BAGAS UTAMA RIZKY | 79.00 | 79.00 | 50.59 | 30.00 | 37.89 | 30.00 | 38.46 | 79.00 | 79.00 |
25 | 051002000021 | MUHAMMAD RISKI ILHAMI | 78.00 | 78.00 | 62.35 | 50.00 | 54.74 | 50.00 | 43.08 | 78.00 | 78.00 |
26 | 051002100063 | VALDA AURELIA GUNAWAN | 77.00 | 77.00 | 59.41 | 45.00 | 50.53 | 45.00 | 43.08 | 77.00 | 77.00 |
27 | 051002300032 | AAFIYAH KHOIRUNNISA | 77.00 | 77.00 | 38.82 | 10.00 | 21.05 | 10.00 | 33.85 | 77.00 | 77.00 |
28 | 051002000012 | GOLDA ZHERENA VENUS PULANDA | 77.00 | 77.00 | 61.18 | 48.00 | 53.05 | 48.00 | 24.62 | 77.00 | 77.00 |
29 | 051002000073 | ROANDO FAHROZI | 78.00 | 78.00 | 70.59 | 64.00 | 66.53 | 64.00 | 26.15 | 78.00 | 78.00 |
30 | 051001800094 | Riel Toding | 78.00 | 78.00 | 77.06 | 75.00 | 75.79 | 75.00 | 15.38 | 78.00 | 78.00 |
31 | 051002000030 | ARHAB FAUZAN MANURUNG | 78.00 | 78.00 | 62.35 | 50.00 | 54.74 | 50.00 | 46.15 | 78.00 | 78.00 |
32 | 051002000008 | DZUTA PRAMANDA SYAMSANI DUHA | 78.00 | 78.00 | 38.82 | 10.00 | 21.05 | 10.00 | 18.46 | 78.00 | 78.00 |
33 | 051002000010 | FADILAH RAAFI SANDYAYOGA | 78.00 | 78.00 | 66.47 | 57.00 | 60.63 | 57.00 | 10.78 | 78.00 | 78.00 |
34 | 051002100050 | SITIFANNIA AZARIA AFIFAH | 68.00 | 68.00 | 77.65 | 76.00 | 76.63 | 76.00 | 24.62 | 68.00 | 68.00 |
35 | 051002000017 | M HAFIZH DEVANS | 78.00 | 78.00 | 60.00 | 46.00 | 51.37 | 46.00 | 52.31 | 78.00 | 78.00 |
36 | 051002300060 | NAUFAL ESA ISKANDAR | 78.00 | 78.00 | 64.71 | 54.00 | 58.11 | 54.00 | 40.00 | 78.00 | 78.00 |
37 | 051002300021 | MUHAMMAD RULLY ARYAPUTRA ARITONANG | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
38 | 051002300041 | SARAH SUKAINAH A. LATIF | 0.00 | 0.00 | 67.06 | 58.00 | 61.47 | 58.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 17-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(R03571 Liana Herlina)