PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Studi Ekskursi |
Kode Mata Kuliah | : | UKT6102 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 37 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Studi Ekskursi |
KODE MATA KULIAH | : UKT6102 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH STUDI EKSKURSI Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: UKT6102 |
Bobot (sks): 1.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning) |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | Ketrampilan Berkomunikasi: Mampu mengkomunikasikan pengalaman kunjungan, pemahaman tentang industri digital, dan hasil penelitian dalam bentuk presentasi dan laporan tertulis. |
KK.6 | KK6.CPMK-3 | Ketrampilan Penelitian: Mampu mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis informasi terkait perusahaan digital dan tren industri. |
KK.6 | KK6.CPMK-4 | Ketrampilan Pemecahan Masalah: Mampu menganalisis tantangan yang mungkin muncul selama kunjungan dan merancang solusi yang kreatif. |
KK.6 | KK6.CPMK-5 | Ketrampilan Berpikir Kritis: Mampu mengevaluasi keuntungan dan dampak teknologi dalam bisnis serta menganalisis implikasi tren industri terhadap perkembangan bisnis di masa depan. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 |
|
||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | |||
KK.6 | KK6.CPMK-3 | |||
KK.6 | KK6.CPMK-4 | |||
KK.6 | KK6.CPMK-5 |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UKT6102 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UKT6102 SKS : 1.00 | ||||||
Mata Kuliah : Studi Ekskursi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengantar Studi Ekskursi. Proses perencanaan kunjungan ke perusahaan digital. |
|
50.00 | Pemahaman tentang teknologi dan industri digital |
|
|
2 |
|
Persiapan dan perencanaan perjalanan: Pembentukan kepanitiaan untuk mengorganisasi rencana kunjungan. Pengetahuan tentang perusahaan yang akan dikunjung |
|
50.00 | Merangsang Empati dan Berpikir Kritis: Mendorong mahasiswa untuk melihat perusahaan digital dari berbagai sudut pandang dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dampak teknologi dalam bisnis. |
|
|
3 |
|
-Mendiskusikan tren dan inovasi di industri digital. -Pemahaman tentang peran teknologi dalam bisnis |
|
50.00 | Merangsang Empati dan Berpikir Kritis: Mendorong mahasiswa untuk melihat perusahaan digital dari berbagai sudut pandang dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dampak teknologi dalam bisnis. |
|
|
4 |
|
Kunjungan ke Perusahaan dijital |
|
360.00 | Memberikan pengalaman langsung dalam mengunjungi perusahaan digital untuk menerapkan dan mengamati konsep yang diajarkan dalam konteks nyata. |
|
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Studi Ekskursi | 1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ; Saturday 10:10:00-11:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (10.00%) Minggu ke-2 Assessment: Diskusi dan Partisipasi 1 (10.00%) Minggu ke-3 Assessment: Analisis Kasus dan Presentasi 1 (10.00%) Minggu ke-4 Assessment: Laporan (70.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
TOTAL | 0% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||
M1 | M2 | M3 | M4 | ||||
Komponen | DP1 | DP1 | AKP1 | LP | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | Bobot |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 10.00% | 10.00% | 10.00% | 70.00% | 100% |
TOTAL | 10 | 10 | 10 | 70 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | DP1 DP1 AKP1 LP |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 11 | 29.73 |
B+ | 18 | 48.65 |
B | 5 | 13.51 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 1 | 2.70 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU1.CPMK-1.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning |
0 | 2 | 1 | 34 | 8.11 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning | |||||
AKP1 | 0 | 2 (66.67 %) | 1 (33.33 %) | 0 | 100 (3,333.33 %) |
DP1 | 0 | 2 (66.67 %) | 1 (33.33 %) | 0 | 100 (3,333.33 %) |
LP | 0 | 2 (66.67 %) | 1 (33.33 %) | 0 | 100 (3,333.33 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian |
KU1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 0.00 |
2 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 0.00 |
3 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 0.00 |
4 | 065002200023 | CHAERUDIN SAPUTRA | 0.00 |
5 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 0.00 |
6 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 0.00 |
7 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 0.00 |
8 | 065002200002 | AYESHA NADRA SAABIRAH | 0.00 |
9 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 0.00 |
10 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 60.00 |
11 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 0.00 |
12 | 065002200035 | BELVA LUTHFIAH ANDINI | 0.00 |
13 | 065002200004 | NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI | 0.00 |
14 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 0.00 |
15 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 0.00 |
16 | 065002200009 | RYANDRA RAFA ADITYA | 0.00 |
17 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 0.00 |
18 | 065002100027 | DEBI ARISANDI | 0.00 |
19 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 0.00 |
20 | 065002200027 | MARIA ULPA | 0.00 |
21 | 065002200015 | HAWA APRILIA UTAMI | 0.00 |
22 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 0.00 |
23 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 0.00 |
24 | 065002200043 | MUHAMMAD RAFI | 0.00 |
25 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 0.00 |
26 | 065002100019 | JOFI TAUFIQUL HAKIM | 0.00 |
27 | 065002100016 | FARIZ UBAIDILLAH | 0.00 |
28 | 065002100030 | NOVAN KRISNA | 0.00 |
29 | 065002200007 | MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR | 0.00 |
30 | 065002000023 | MUHAMMAD ILYAS IFADHAH | 0.00 |
31 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 0.00 |
32 | 065002100020 | KEVIN PUTRA TJAHJONO | 0.00 |
33 | 065002200030 | RIDWAN BAKKARA | 74.00 |
34 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 0.00 |
35 | 065002200018 | RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM | 0.00 |
36 | 065002200037 | PUTRA MARIO SANTOSO | 77.00 |
37 | 065002200020 | AHMAD DANI SAPUTRA | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1643 Drs. Muhammad Najih, M.Sc.)