Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : UBA6201
Tim Dosen :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Kelas : 01 TL
Dosen : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 18 mahasiswa

Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN

Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Indonesia
KODE MATA KULIAH : UBA6201
KELAS : Reguler TL
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INDONESIA
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Kode:
UBA6201
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
P.1 Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
P.2 Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan
P.3 Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan
KU.1 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
KK.1 Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis
KK.2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-3 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, bab-bab, pengutipan, penyusunan daftar pustaka, dan catatan kaki.
S.2 S2.CPMK-2 S2.CPMK-2 Mahasiswa mampu menyusun teks eksplanasi sebagai genre mikro dengan konsep paragraf yang meliputi jenis-jenisnya dan ciri-cirinya.
S.2 S2.CPMK-3 S2.CPMK-1 Mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah sebagai konsumsi jurnal dengan menerapkan kalimat efektif yang memiliki kesepadanan, kesejajaran, dan kelogisan yang baik.
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-7 Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dan proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-5 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri dan penulisan atau ejaan yang benar.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.2 S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide dengan baik.
S2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
S2.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
S2.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
S2.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki.
S.2 S2.CPMK-2
S2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menyusun teks eksplanasi sebagai genre mikro dengan konsep paragraf yang meliputi jenis-jenisnya.
S2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menyusun teks eksplanasi sebagai genre mikro dengan konsep paragraf yang meliputi ciri-cirinya.
S.2 S2.CPMK-3
S2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mendesain teks artikel ilmiah sebagai konsumsi jurnal dengan menerapkan kalimat efektif yang memiliki kesepadanan, kesejajaran, dan kelogisan yang baik.
KU.2 KU2.CPMK-4
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
KU.2 KU2.CPMK-5
KU2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
KU.2 KU2.CPMK-6
KU2.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
KU.2 KU2.CPMK-7
KU2.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
KU2.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6201

Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBA6201     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia Dosen :
  1. 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Perkembangan Bahasa Indonesia; Ragam-ragam bahasa Indonesia
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
100.00 (1) Membaca perkembangan bahasa Indonesia; (2) Membaca ragam bahasa Indonesia; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Akhadiah, S.(2002)
  • Alwi, Hasan.(2000)
  • Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai.(2018)
  • Arifin, E. Zaenal(2009)
  • Pusat Bahasa(2008)
  • Badan Bahasa(2015)
  • Pusat Bahasa(2015)
  • Ujian Tengah Semester - 6.00 %
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
(1) Ciri-ciri teks akademik; (2) Penerapan pemakaian huruf besar atau huruf kapital; (3) Penerapan pemakaian huruf miring; (4) Penerapan pemakaian tanda baca
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks akademik dengan contoh; (2) Membaca pemakaian huruf kapital, huruf miring, dan tanda baca; (3) Partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab.
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
(1) Perbedaan teks akademik dan teks non-akademik; (2) Penulisan kata; (3) Penulisan unsur serapan
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks akademik dari teksnon-akademik; (2) Membaca kasus penggunaan diksi dalam teks; (3) Studi kasus (riel) identifikasi jenis-jenis makna kata; (4) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
Pembangunan Teks Ulasan, Pemilihan kata, Pembentukan kata, Istilah lingkungan
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks ulasan buku dengan aturan yang tepat; (2) Membaca kasus penggunaan diksi dalam teks; (3) Studi kasus (riel) identifikasi jenis-jenis makna kata; (4) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.50 %
5
  1. Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
(1) Teks Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan; (2) Mengenal kalimat tunggal dengan unsur-unsurnya
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks proposal penelitian ; (2) Menulis suatu kalimat dengan menggunakan kata-kata yang tepat sebagai pengisi kalima; (3) Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan kalimat tunggal dengan baik dan benar.
  • Quiz - 1.00 %
  • Sikap - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 1.50 %
6
  1. Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
(1) Teks abstrak pada artikel penelitian; (2) Struktur kalimat ; (3) Kalimat-kalimat majemuk serta unsur-unsurnya.
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks abstrak dengan unsur-unsur yang jelas; (2) Menganalisis penggunaan kalimat dalam sebuah abstrak; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.
  • Quiz - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 1.50 %
  • Sikap - 1.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
(1) Teks artikel ilmiah sebagai konsumsi jurnal ilmiah; (2) Kalimat efektif dengan kesepadanan, kesejajaran, dan kelogisan.
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun artikel ilmiah; (2) Menyelesaikan wacana yang memiliki kalimat yang sah.
  • Quiz - 1.00 %
  • Sikap - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 10.50 %
8
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
(1) Teks eksplanasi sebagai genre mikro; (2) Jenis-jenis paragraf
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun teks eksplanasi; (2) Membaca paragraf dalam teks; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
(1) Teks eksplanasi sebagai genre mikro; (2) Paragraf dengan ciri-cirinya
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Mengubah sebuah teks yang panjang menjadi ringkasab dan abstraks; (2) Menyusun laporan secara sistematis
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
Ragangan karya tulis ilmiah Penyusunan bab 1 (pendahuluan)
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun ragangan penulisan karya tuls ilmah, (2) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab
  • Presentasi (Karya Tulis Ilmiah & Presentasi) - 10.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Sikap - 1.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Bab analisis Bab penutup
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menulis bab analisis dan simpulan karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi dalam diskusi dan Tanya jawab
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 9.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
Pengutipan dari pendapat para pakar
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun pengutipan dalam karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab
  • Quiz - 0.50 %
  • Sikap - 0.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 6.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
(1) Daftar Pustaka dari data Pustaka, (2) Catatan Kaki
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Menyusun daftar Pustaka dan Catatan Kaki, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab
  • Quiz - 1.00 %
  • Sikap - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 9.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki.
Revisi dalam karya tulis ilmiah
  • Tutorial (Kuliah Interaktif)
  • Studi Lapangan (Studi Kasus)
100.00 (1) Membaca dan memperbaiki kesalahan diksi dan paragraf dalam karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab
  • Presentasi (Karya Tulis Ilmiah & Presentasi) - 10.00 %
  • Quiz - 1.00 %
  • Sikap - 1.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Indonesia 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. ; Friday 13:00:00-14:50:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

Ketua
100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.2 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (9.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz (0.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.3 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz (0.50%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.4 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (9.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.5 Minggu ke-14 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (10.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 Minggu ke-6 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-5.1 Minggu ke-1 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Presentasi (10.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz (0.50%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Sikap (0.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Sikap (1.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 1.50%
1.5%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 1.50%
1.5%
KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-5.1 6.00%
6%
KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6.1 4.50%
4.5%
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1 3.00%
3%
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.2 3.00%
10.50%
13.5%
TOTAL 30%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.2 9.00%
9%
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.3 6.00%
6%
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.4 9.00%
9%
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1 3.00%
3.00%
6%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M11 M12 M13 M14 M5 M6 M1 M4 M10 M2 M8 M9 M3 M7
Komponen UAS SKP Q UAS SKP Q UAS SKP Q SKP Q PPT UTS SKP Q SKP UTS Q SKP Q UTS UTS SKP Q SKP Q PPT UTS SKP Q UAS SKP Q UAS SKP Q UTS Q SKP UTS SKP Q
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35A36A37A38A39A40A41A42 Bobot
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.2 9.00%0.50%0.50% 10%
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.3 6.00%0.50%0.50% 7%
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.4 9.00%1.00%1.00% 11%
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.5 1.00%1.00%10.00% 12%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 1.50%1.00%1.00% 3.5%
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 1.00%1.50%1.00% 3.5%
KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-5.1 0.50%0.50%6.00% 7%
KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6.1 4.50%0.50%0.50%1.00%1.00%10.00% 17.5%
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1 3.00%0.50%0.50%3.00%0.50%0.50%3.00%0.50%0.50% 12%
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.2 3.00%0.50%0.50%10.50%1.00%1.00% 16.5%
TOTAL 9 0.5 0.5 6 0.5 0.5 9 1 1 1 1 10 1.5 1 1 1 1.5 1 0.5 0.5 6 4.5 0.5 0.5 1 1 10 3 0.5 0.5 3 0.5 0.5 3 0.5 0.5 3 0.5 0.5 10.5 1 1 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.2 UAS SKP Q
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.3 UAS SKP Q
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.4 UAS SKP Q
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.5 SKP Q PPT
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1 UTS SKP Q
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2 SKP UTS Q
KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-5.1 SKP Q UTS
KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6.1 UTS SKP Q SKP Q PPT
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1 UTS SKP Q UAS SKP Q UAS SKP Q
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.2 UTS Q SKP UTS SKP Q
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
Performance Indicator: Able to design research proposal texts with correct simplex sentences and complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-4 KU2.CPMK-4.2Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
Performance Indicator: Able to design research proposal texts with correct simplex sentences and complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
Performance Indicator: Able to design abstract text with correct simplex sentences and complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-5 KU2.CPMK-5.1Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Indikator Kinerja: Mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Performance Indicator: Able to understand and implement language development activities and Indonesian language policies with good and correct Indonesian language concepts.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-6 KU2.CPMK-6.1Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
Performance Indicator: Able to explain and apply review texts in the form of book reviews, reviews and book scales with the correct form and choice of words (diction).
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.2Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.3Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.4Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the correct preparation of bibliography and footnotes.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-7 KU2.CPMK-7.1Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the correct preparation of bibliography and footnotes.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 2 11.11
A- 10 55.56
B+ 1 5.56
B 4 22.22
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 1 5.56
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
10 5 3 0 100.00
S2.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
2 6 8 2 88.89
S2.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
12 4 1 1 94.44
S2.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki.
17 0 0 1 94.44
KU2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
10 7 1 0 100.00
KU2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
11 5 1 1 94.44
KU2.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4 8 5 1 94.44
KU2.CPMK-6.1
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
10 6 2 0 100.00
KU2.CPMK-7.1
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
8 5 5 0 100.00
KU2.CPMK-7.2
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
11 7 0 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik.
UAS11
(61.11 %)
4
(22.22 %)
2
(11.11 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar.
UAS2
(11.11 %)
4
(22.22 %)
9
(50.00 %)
3
(16.67 %)
83.33
(462.94 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar.
UAS14
(77.78 %)
2
(11.11 %)
02
(11.11 %)
88.89
(493.83 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki.
PPT17
(94.44 %)
001
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
UTS10
(55.56 %)
8
(44.44 %)
00100
(555.56 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar.
UTS12
(66.67 %)
3
(16.67 %)
3
(16.67 %)
0100
(555.56 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar.
UTS5
(27.78 %)
7
(38.89 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat.
UTS10
(55.56 %)
6
(33.33 %)
2
(11.11 %)
0100
(555.56 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar.
UTS8
(44.44 %)
5
(27.78 %)
5
(27.78 %)
0100
(555.56 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar.
UTS13
(72.22 %)
5
(27.78 %)
00100
(555.56 %)
Q1
(5.56 %)
11
(61.11 %)
5
(27.78 %)
1
(5.56 %)
94.44
(524.67 %)
SKP14
(77.78 %)
3
(16.67 %)
1
(5.56 %)
0100
(555.56 %)

Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-7.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-7.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S2.CPMK-1.2
Std Mark: 68.00
S2.CPMK-1.3
Std Mark: 68.00
S2.CPMK-1.4
Std Mark: 68.00
S2.CPMK-1.5
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-4.1
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-4.2
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-5.1
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-6.1
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-7.1
Std Mark: 68.00
KU2.CPMK-7.2
Std Mark: 68.00
1 082002100019 SATYA RAFI IVANDA 70.0062.5082.2782.5072.1465.7174.2974.0968.5073.75
2 082002000037 VIONA AURA ANANDA 74.8063.2546.0083.0073.8676.0070.4374.6463.2578.25
3 082002100012 KENDRICK KEVIN KABE 56.6062.7557.9182.6770.5770.5774.4362.0089.0089.00
4 082002100021 WIANDA TAMBORA 80.0065.0080.0084.1784.2986.4375.7188.1893.5093.50
5 082002100007 DESLITA SAFITRI 79.5575.1379.1883.4283.8683.8683.6491.4593.8893.88
6 082002100006 DEA KIRANA 84.8058.2588.7385.5086.0088.1463.2988.7389.7589.75
7 082002100014 LUCKY MAULINA SABRINA 85.7063.5079.8283.1785.1483.0079.1495.2793.5093.50
8 082002100009 FEBRIANO DILLA SAPUTRA 63.8055.2574.2782.6772.7174.8644.4374.2770.2570.25
9 082002100020 SHERLY APRIZAYANTI 80.1569.1384.3684.4285.1487.2975.9388.4591.6391.63
10 082002100004 ANAK AGUNG ISTRI ANINDYA NANDA YANA 93.5595.1384.1884.2588.8686.7175.7996.4595.1395.13
11 082002100018 SALSABILA AZZAHRA ANJANI INDRADINI 98.2076.7588.5584.5083.2983.2980.2984.4591.7591.75
12 082002000023 Muthia Yanuariza Lazuardini 84.4072.2583.9184.0075.1473.0062.7175.7370.7576.00
13 082002100013 KHUSNUL RAMADHAN EKA PUTRI 84.5072.5071.8284.1777.8680.0080.0075.9174.0074.00
14 082002000039 AHMAD FARIZ ANDREAN 63.3049.5082.3616.3359.5755.2961.7157.8260.7572.00
15 082002100005 DANIA FEBRY DEWANTARI 84.0582.6395.5583.4275.2983.8662.2183.2767.6382.63
16 082002000011 JORDAN NATHANIEL 74.1566.1384.9184.9282.5789.0084.9379.1866.1393.13
17 082002100017 MUTIARA SAVITRI OKVITASARI 72.3068.2588.0986.3393.8685.2966.4394.6477.2577.25
18 082002000036 Sil Ghinaya Virhan 93.7065.5088.5584.5081.1476.0071.7192.6465.5084.25

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.)