PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Indonesia |
Kode Mata Kuliah | : | UBA6201 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 TL |
Dosen | : | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 18 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Indonesia |
KODE MATA KULIAH | : UBA6201 |
KELAS | : Reguler TL |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN |
||
Kode: UBA6201 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan |
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
P.1 | Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan |
P.2 | Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan |
P.3 | Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan |
KU.1 | Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KK.1 | Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis |
KK.2 | Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-3 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, bab-bab, pengutipan, penyusunan daftar pustaka, dan catatan kaki. |
S.2 | S2.CPMK-2 | S2.CPMK-2 Mahasiswa mampu menyusun teks eksplanasi sebagai genre mikro dengan konsep paragraf yang meliputi jenis-jenisnya dan ciri-cirinya. |
S.2 | S2.CPMK-3 | S2.CPMK-1 Mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah sebagai konsumsi jurnal dengan menerapkan kalimat efektif yang memiliki kesepadanan, kesejajaran, dan kelogisan yang baik. |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-7 Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dan proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. |
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat. |
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-5 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri dan penulisan atau ejaan yang benar. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 |
|
||||||||||
S.2 | S2.CPMK-2 |
|
||||||||||
S.2 | S2.CPMK-3 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-6 |
|
||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6201 |
Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UBA6201 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Perkembangan Bahasa Indonesia; Ragam-ragam bahasa Indonesia |
|
100.00 | (1) Membaca perkembangan bahasa Indonesia; (2) Membaca ragam bahasa Indonesia; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
|
2 |
|
(1) Ciri-ciri teks akademik; (2) Penerapan pemakaian huruf besar atau huruf kapital; (3) Penerapan pemakaian huruf miring; (4) Penerapan pemakaian tanda baca |
|
100.00 | (1) Menyusun teks akademik dengan contoh; (2) Membaca pemakaian huruf kapital, huruf miring, dan tanda baca; (3) Partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. |
|
|
3 |
|
(1) Perbedaan teks akademik dan teks non-akademik; (2) Penulisan kata; (3) Penulisan unsur serapan |
|
100.00 | (1) Menyusun teks akademik dari teksnon-akademik; (2) Membaca kasus penggunaan diksi dalam teks; (3) Studi kasus (riel) identifikasi jenis-jenis makna kata; (4) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
|
4 |
|
Pembangunan Teks Ulasan, Pemilihan kata, Pembentukan kata, Istilah lingkungan |
|
100.00 | (1) Menyusun teks ulasan buku dengan aturan yang tepat; (2) Membaca kasus penggunaan diksi dalam teks; (3) Studi kasus (riel) identifikasi jenis-jenis makna kata; (4) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab. |
|
|
5 |
|
(1) Teks Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan; (2) Mengenal kalimat tunggal dengan unsur-unsurnya |
|
100.00 | (1) Menyusun teks proposal penelitian ; (2) Menulis suatu kalimat dengan menggunakan kata-kata yang tepat sebagai pengisi kalima; (3) Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan kalimat tunggal dengan baik dan benar. |
|
|
6 |
|
(1) Teks abstrak pada artikel penelitian; (2) Struktur kalimat ; (3) Kalimat-kalimat majemuk serta unsur-unsurnya. |
|
100.00 | (1) Menyusun teks abstrak dengan unsur-unsur yang jelas; (2) Menganalisis penggunaan kalimat dalam sebuah abstrak; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab. |
|
|
7 |
|
(1) Teks artikel ilmiah sebagai konsumsi jurnal ilmiah; (2) Kalimat efektif dengan kesepadanan, kesejajaran, dan kelogisan. |
|
100.00 | (1) Menyusun artikel ilmiah; (2) Menyelesaikan wacana yang memiliki kalimat yang sah. |
|
|
8 |
|
(1) Teks eksplanasi sebagai genre mikro; (2) Jenis-jenis paragraf |
|
100.00 | (1) Menyusun teks eksplanasi; (2) Membaca paragraf dalam teks; (3) Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
(1) Teks eksplanasi sebagai genre mikro; (2) Paragraf dengan ciri-cirinya |
|
100.00 | (1) Mengubah sebuah teks yang panjang menjadi ringkasab dan abstraks; (2) Menyusun laporan secara sistematis |
|
|
10 |
|
Ragangan karya tulis ilmiah Penyusunan bab 1 (pendahuluan) |
|
100.00 | (1) Menyusun ragangan penulisan karya tuls ilmah, (2) • Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab |
|
|
11 |
|
Bab analisis Bab penutup |
|
100.00 | (1) Menulis bab analisis dan simpulan karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi dalam diskusi dan Tanya jawab |
|
|
12 |
|
Pengutipan dari pendapat para pakar |
|
100.00 | (1) Menyusun pengutipan dalam karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab |
|
|
13 |
|
(1) Daftar Pustaka dari data Pustaka, (2) Catatan Kaki |
|
100.00 | (1) Menyusun daftar Pustaka dan Catatan Kaki, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab |
|
|
14 |
|
Revisi dalam karya tulis ilmiah |
|
100.00 | (1) Membaca dan memperbaiki kesalahan diksi dan paragraf dalam karya tulis ilmiah, (2) Partisipasi aktif dalam diskusi dan Tanya jawab |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Indonesia | 100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ; Friday 13:00:00-14:50:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. Ketua |
100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.2 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (9.00%) Minggu ke-11 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz (0.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.3 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (6.00%) Minggu ke-12 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz (0.50%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.4 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (9.00%) Minggu ke-13 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-13 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.5 | Minggu ke-14 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-14 Assessment: Presentasi (10.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%) Minggu ke-5 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Minggu ke-6 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.50%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz (1.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | Minggu ke-1 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (6.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.50%) Minggu ke-4 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-10 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Presentasi (10.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz (0.50%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Sikap (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.50%) Minggu ke-7 Assessment: Sikap (1.00%) Minggu ke-7 Assessment: Quiz (1.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 1.50% | 1.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 1.50% | 1.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | 6.00% | 6% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6.1 | 4.50% | 4.5% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.2 | 3.00% | 10.50% | 13.5% | |||||
TOTAL | 30% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.2 | 9.00% | 9% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.3 | 6.00% | 6% | ||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.4 | 9.00% | 9% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | |||||
TOTAL | 30% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M11 | M12 | M13 | M14 | M5 | M6 | M1 | M4 | M10 | M2 | M8 | M9 | M3 | M7 | ||||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UAS | SKP | Q | UAS | SKP | Q | UAS | SKP | Q | SKP | Q | PPT | UTS | SKP | Q | SKP | UTS | Q | SKP | Q | UTS | UTS | SKP | Q | SKP | Q | PPT | UTS | SKP | Q | UAS | SKP | Q | UAS | SKP | Q | UTS | Q | SKP | UTS | SKP | Q | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | A39 | A40 | A41 | A42 | Bobot |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.2 | 9.00% | 0.50% | 0.50% | 10% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.3 | 6.00% | 0.50% | 0.50% | 7% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.4 | 9.00% | 1.00% | 1.00% | 11% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.5 | 1.00% | 1.00% | 10.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | 1.50% | 1.00% | 1.00% | 3.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | 1.00% | 1.50% | 1.00% | 3.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | 0.50% | 0.50% | 6.00% | 7% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6.1 | 4.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 10.00% | 17.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | 3.00% | 0.50% | 0.50% | 3.00% | 0.50% | 0.50% | 3.00% | 0.50% | 0.50% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.2 | 3.00% | 0.50% | 0.50% | 10.50% | 1.00% | 1.00% | 16.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 9 | 0.5 | 0.5 | 6 | 0.5 | 0.5 | 9 | 1 | 1 | 1 | 1 | 10 | 1.5 | 1 | 1 | 1 | 1.5 | 1 | 0.5 | 0.5 | 6 | 4.5 | 0.5 | 0.5 | 1 | 1 | 10 | 3 | 0.5 | 0.5 | 3 | 0.5 | 0.5 | 3 | 0.5 | 0.5 | 3 | 0.5 | 0.5 | 10.5 | 1 | 1 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.2 | UAS SKP Q |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.3 | UAS SKP Q |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.4 | UAS SKP Q |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.5 | SKP Q PPT |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | UTS SKP Q |
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | SKP UTS Q |
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | SKP Q UTS |
KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6.1 | UTS SKP Q SKP Q PPT |
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | UTS SKP Q UAS SKP Q UAS SKP Q |
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.2 | UTS Q SKP UTS SKP Q |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. Performance Indicator: Able to design research proposal texts with correct simplex sentences and complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-4 | KU2.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. Performance Indicator: Able to design research proposal texts with correct simplex sentences and complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. Performance Indicator: Able to design abstract text with correct simplex sentences and complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-5 | KU2.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. Performance Indicator: Able to understand and implement language development activities and Indonesian language policies with good and correct Indonesian language concepts. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-6 | KU2.CPMK-6.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat. Performance Indicator: Able to explain and apply review texts in the form of book reviews, reviews and book scales with the correct form and choice of words (diction). |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.2 | Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the correct preparation of bibliography and footnotes. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-7 | KU2.CPMK-7.1 | Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with the characteristics and use of capital letters, use of italics, and correct use of punctuation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. Performance Indicator: Able to apply academic text concepts in the macro genre with correct characteristics and writing of words and absorption elements. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the preparation of forewords and chapters well. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include citations correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. Performance Indicator: Able to compose scientific papers which include the correct preparation of bibliography and footnotes. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 2 | 11.11 |
A- | 10 | 55.56 |
B+ | 1 | 5.56 |
B | 4 | 22.22 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 1 | 5.56 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. |
10 | 5 | 3 | 0 | 100.00 |
S2.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. |
2 | 6 | 8 | 2 | 88.89 |
S2.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. |
12 | 4 | 1 | 1 | 94.44 |
S2.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki. |
17 | 0 | 0 | 1 | 94.44 |
KU2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. |
10 | 7 | 1 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. |
11 | 5 | 1 | 1 | 94.44 |
KU2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
4 | 8 | 5 | 1 | 94.44 |
KU2.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat. |
10 | 6 | 2 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-7.1 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. |
8 | 5 | 5 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-7.2 Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. |
11 | 7 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan kata pengantar dan bab-bab dengan baik. | |||||
UAS | 11 (61.11 %) | 4 (22.22 %) | 2 (11.11 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan pengutipan dengan benar. | |||||
UAS | 2 (11.11 %) | 4 (22.22 %) | 9 (50.00 %) | 3 (16.67 %) | 83.33 (462.94 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki yang benar. | |||||
UAS | 14 (77.78 %) | 2 (11.11 %) | 0 | 2 (11.11 %) | 88.89 (493.83 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu merevisi penyusunan karya tulis ilmiah yang meliputi penyusunan judul dan pengorganisasian ide, penyusunan kata pengantar, dan catatan kaki. | |||||
PPT | 17 (94.44 %) | 0 | 0 | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu mendesain teks proposal penelitian dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. | |||||
UTS | 10 (55.56 %) | 8 (44.44 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu mendesain teks abstrak dengan kalimat simpleks dan kalimat kompleks yang benar. | |||||
UTS | 12 (66.67 %) | 3 (16.67 %) | 3 (16.67 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kegiatan perkembangan bahasa dan kebijakan bahasa Indonesia dengan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar. | |||||
UTS | 5 (27.78 %) | 7 (38.89 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teks ulasan yang berupa ulasan buku, resensi, dan timbangan buku dengan bentuk dan pilihan kata (diksi) yang tepat. | |||||
UTS | 10 (55.56 %) | 6 (33.33 %) | 2 (11.11 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring, dan pemakaian tanda baca yang benar. | |||||
UTS | 8 (44.44 %) | 5 (27.78 %) | 5 (27.78 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep teks akademik dalam genre makro dengan ciri serta penulisan kata dan penulisan unsur serapan yang benar. | |||||
UTS | 13 (72.22 %) | 5 (27.78 %) | 0 | 0 | 100 (555.56 %) |
Q | 1 (5.56 %) | 11 (61.11 %) | 5 (27.78 %) | 1 (5.56 %) | 94.44 (524.67 %) |
SKP | 14 (77.78 %) | 3 (16.67 %) | 1 (5.56 %) | 0 | 100 (555.56 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
S2.CPMK-1.2 Std Mark: 68.00 |
S2.CPMK-1.3 Std Mark: 68.00 |
S2.CPMK-1.4 Std Mark: 68.00 |
S2.CPMK-1.5 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-4.1 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-4.2 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-5.1 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-6.1 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-7.1 Std Mark: 68.00 |
KU2.CPMK-7.2 Std Mark: 68.00 |
|||
1 | 082002100019 | SATYA RAFI IVANDA | 70.00 | 62.50 | 82.27 | 82.50 | 72.14 | 65.71 | 74.29 | 74.09 | 68.50 | 73.75 |
2 | 082002000037 | VIONA AURA ANANDA | 74.80 | 63.25 | 46.00 | 83.00 | 73.86 | 76.00 | 70.43 | 74.64 | 63.25 | 78.25 |
3 | 082002100012 | KENDRICK KEVIN KABE | 56.60 | 62.75 | 57.91 | 82.67 | 70.57 | 70.57 | 74.43 | 62.00 | 89.00 | 89.00 |
4 | 082002100021 | WIANDA TAMBORA | 80.00 | 65.00 | 80.00 | 84.17 | 84.29 | 86.43 | 75.71 | 88.18 | 93.50 | 93.50 |
5 | 082002100007 | DESLITA SAFITRI | 79.55 | 75.13 | 79.18 | 83.42 | 83.86 | 83.86 | 83.64 | 91.45 | 93.88 | 93.88 |
6 | 082002100006 | DEA KIRANA | 84.80 | 58.25 | 88.73 | 85.50 | 86.00 | 88.14 | 63.29 | 88.73 | 89.75 | 89.75 |
7 | 082002100014 | LUCKY MAULINA SABRINA | 85.70 | 63.50 | 79.82 | 83.17 | 85.14 | 83.00 | 79.14 | 95.27 | 93.50 | 93.50 |
8 | 082002100009 | FEBRIANO DILLA SAPUTRA | 63.80 | 55.25 | 74.27 | 82.67 | 72.71 | 74.86 | 44.43 | 74.27 | 70.25 | 70.25 |
9 | 082002100020 | SHERLY APRIZAYANTI | 80.15 | 69.13 | 84.36 | 84.42 | 85.14 | 87.29 | 75.93 | 88.45 | 91.63 | 91.63 |
10 | 082002100004 | ANAK AGUNG ISTRI ANINDYA NANDA YANA | 93.55 | 95.13 | 84.18 | 84.25 | 88.86 | 86.71 | 75.79 | 96.45 | 95.13 | 95.13 |
11 | 082002100018 | SALSABILA AZZAHRA ANJANI INDRADINI | 98.20 | 76.75 | 88.55 | 84.50 | 83.29 | 83.29 | 80.29 | 84.45 | 91.75 | 91.75 |
12 | 082002000023 | Muthia Yanuariza Lazuardini | 84.40 | 72.25 | 83.91 | 84.00 | 75.14 | 73.00 | 62.71 | 75.73 | 70.75 | 76.00 |
13 | 082002100013 | KHUSNUL RAMADHAN EKA PUTRI | 84.50 | 72.50 | 71.82 | 84.17 | 77.86 | 80.00 | 80.00 | 75.91 | 74.00 | 74.00 |
14 | 082002000039 | AHMAD FARIZ ANDREAN | 63.30 | 49.50 | 82.36 | 16.33 | 59.57 | 55.29 | 61.71 | 57.82 | 60.75 | 72.00 |
15 | 082002100005 | DANIA FEBRY DEWANTARI | 84.05 | 82.63 | 95.55 | 83.42 | 75.29 | 83.86 | 62.21 | 83.27 | 67.63 | 82.63 |
16 | 082002000011 | JORDAN NATHANIEL | 74.15 | 66.13 | 84.91 | 84.92 | 82.57 | 89.00 | 84.93 | 79.18 | 66.13 | 93.13 |
17 | 082002100017 | MUTIARA SAVITRI OKVITASARI | 72.30 | 68.25 | 88.09 | 86.33 | 93.86 | 85.29 | 66.43 | 94.64 | 77.25 | 77.25 |
18 | 082002000036 | Sil Ghinaya Virhan | 93.70 | 65.50 | 88.55 | 84.50 | 81.14 | 76.00 | 71.71 | 92.64 | 65.50 | 84.25 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(100094 Drs. S Amran Tasai, M.Hum.)