PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Bahasa Inggris |
Kode Mata Kuliah | : | UBA6202 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 TL |
Dosen | : | 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 14 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Bahasa Inggris |
KODE MATA KULIAH | : UBA6202 |
KELAS | : Reguler TL |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH BAHASA INGGRIS Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN |
|||
Kode: UBA6202 |
Bobot (sks): 2.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan |
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
P.1 | Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan |
P.2 | Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan |
P.3 | Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan |
KU.1 | Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KK.1 | Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis |
KK.2 | Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.2 | Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa |
P.3 | Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan |
KU.2 | Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya |
KK.2 | Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 | Mahasiswa memahami etika menulis untuk menghindari plagiasi. |
P.3 | P3.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis teks dalam bidang teknik lingkungan secara kritis. |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat, gagasan, dan argumennya secara lisan dan tulis. |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu mengawali percakapan dengan topik yang sesuai atau pantas dalam berbagai situasi. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.2 | S2.CPMK-1 |
|
||||||
P.3 | P3.CPMK-2 |
|
||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 |
|
||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6202 |
Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : UBA6202 SKS : 2.00 | ||||||
Mata Kuliah : Bahasa Inggris | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Small talks, agreeing, and disagreeing |
|
100.00 | Making small talks using appropriate topic and language expressions. Giving and responding to opinions. |
|
|
2 |
|
Reading Comprehension: Identifying topic, topic sentence, supporting details, and unstated main idea |
|
100.00 | Analyzing reading texts in environmental context |
|
|
3 |
|
Reading Comprehension: Finding stated and unstated detail information, and pronoun referent Grammar: passive voice |
|
100.00 | Analyzing reading text in environmental context Writing passive sentences in environmental context |
|
|
4 |
|
Reading Comprehension: Understanding trends in a Bar Chart Writing: Describing a bar chart |
|
100.00 | Using diverse verbs to describe trends (go up/go down/stay the same) in a bar chart. |
|
|
5 |
|
Reading Supplement in environmental context; Writing: Giving opinion and suggesting feasible solution to the environmental problems arise around where the students live. |
|
100.00 | Giving their opinion in writing and practicing to develop a thesis statement (topic sentence) into a paragraph. |
|
|
6 |
|
Extensive reading: Journal Article |
|
100.00 | Students select any scientific article based on their area of interests in environmental engineering to get general and specific information. |
|
|
7 |
|
Reading Comprehension: Finding meaning of vocabulary and making inferences |
|
100.00 | Activating background knowledge, using contextual and structural clues to get meaning of vocabulary; Drawing conclusion based on relevant context in the text |
|
|
8 |
|
Extensive reading: Scientific Journal Article; Writing: Quoting, paraphrasing, and summarizing to avoid plagiarism |
|
100.00 | Making direct quotation, paraphrasing, and summarizing information from the article they read |
|
|
9 |
|
Extensive reading: Scientific Journal Article; Writing: Quoting, paraphrasing, and summarizing to avoid plagiarism |
|
100.00 | making direct quotations, paraphrasing, and summarizing information they read from the article |
|
|
10 |
|
Grammar and writing supplement: sentence with one clause and sentence with multiple clauses |
|
100.00 | Analyzing sentence structure and writing grammatically and meaningful sentences |
|
|
11 |
|
Grammar and writing supplement | 100.00 | Analyzing sentence structure and write grammatically correct sentences |
|
||
12 |
|
Listening supplement: TOEFL Listening Comprehension |
|
100.00 | Listening practice to Understand short conversations, longer conversations, and short talks |
|
|
13 |
|
Presentation Structure: Opening, Body, Closing |
|
100.00 | Brainstorming and making presentation outline |
|
|
14 |
|
Speaking: Individual Presentation |
|
100.00 | Giving presentation based on their chosen topic |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Bahasa Inggris | 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. | ; Friday 08:00:00-09:50:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc. Ketua |
100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Minggu ke-8 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%) |
HEIGHT | P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-2 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (8.00%) Minggu ke-3 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Partisipasi (2.00%) |
HEIGHT | P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Partisipasi (2.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (6.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-13 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Partisipasi (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Partisipasi (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | 3.00% | 8.00% | 5.00% | 4.00% | 20% | |||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 30% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 7.00% | 7% | ||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | 0% | |||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | |||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 0% | |||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 6.00% | 6% | |||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||||||
M8 | M9 | M2 | M3 | M6 | M7 | M4 | M10 | M11 | M5 | M13 | M14 | M1 | M12 | |||||||||||||||||||
Komponen | Partisipasi | TG | UAS | UAS | UTS | Partisipasi | UAS | UTS | Partisipasi | UTS | Partisipasi | UTS | Partisipasi | UTS | TG | UAS | Partisipasi | UAS | Partisipasi | UTS | UAS | TG | UAS | Partisipasi | TG | UTS | Partisipasi | UAS | Partisipasi | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | Bobot |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | 2.00% | 2.00% | 7.00% | 11% | ||||||||||||||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | 2.00% | 3.00% | 2.00% | 4.00% | 8.00% | 2.00% | 5.00% | 2.00% | 4.00% | 2.00% | 34% | |||||||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | 4.00% | 2.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | 3.00% | 2.00% | 5.00% | 2.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | 4.00% | 4.00% | 6.00% | 14% | ||||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | 3.00% | 2.00% | 10.00% | 15% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 2 | 7 | 2 | 3 | 2 | 4 | 8 | 2 | 5 | 2 | 4 | 2 | 4 | 2 | 3 | 2 | 5 | 2 | 4 | 4 | 6 | 3 | 2 | 10 | 2 | 2 | 2 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Partisipasi TG UAS |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | UAS UTS Partisipasi UAS UTS Partisipasi UTS Partisipasi UTS Partisipasi |
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | UTS TG |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | UAS Partisipasi UAS Partisipasi |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | UTS UAS TG |
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | UAS Partisipasi TG |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | UTS Partisipasi UAS Partisipasi |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menulis kalimat untuk mendeskripsikan tren (naik/turun/tetap) dalam diagram batang. Performance Indicator: Writing sentences to describe trends (go up/go down/stay the same) in a bar chart |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan. Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.2 | S2.CPMK-1 | S2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.3 | P3.CPMK-2 | P3.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks. Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks. Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan. Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-3 | KU2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks. Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan. Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyusun presentasi lisan menjadi pembukaan, isi, dan penutup
Menggunakan signpost language
Menunjukkan bahasa tubuh yang tepat Performance Indicator: Organizing oral presentation into opening, body, and closing Using signpost language Showing proper body language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
56.00/Pass | |||||||||||||||||
- Penguasaan materi presentasi
- Pengguanaa signpost language sebagai penanda antar segmen/bagian presentasi
- sikap dan bahasa tubuh
- penggunaan materi penunjang seperti media audio visual.
- mastery of content - the use of signpost language to indicate each section of the presentation - body posture and language - the use of audio visual aids |
|||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan
mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks. Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks. Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan. Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menyusun presentasi lisan menjadi pembukaan, isi, dan penutup
Menggunakan signpost language
Menunjukkan bahasa tubuh yang tepat Performance Indicator: Organizing oral presentation into opening, body, and closing Using signpost language Showing proper body language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
56.00/Pass | |||||||||||||||||
- Penguasaan materi presentasi
- Pengguanaa signpost language sebagai penanda antar segmen/bagian presentasi
- sikap dan bahasa tubuh
- penggunaan materi penunjang seperti media audio visual.
- mastery of content - the use of signpost language to indicate each section of the presentation - body posture and language - the use of audio visual aids |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 1 | 7.14 |
A- | 2 | 14.29 |
B+ | 1 | 7.14 |
B | 5 | 35.71 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 2 | 14.29 |
D | 2 | 14.29 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi. |
4 | 3 | 3 | 4 | 71.43 |
P3.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan. |
2 | 4 | 4 | 4 | 71.43 |
P3.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan. |
2 | 5 | 4 | 3 | 78.57 |
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan. |
4 | 3 | 3 | 4 | 71.43 |
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan. |
3 | 5 | 4 | 2 | 85.71 |
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas. |
4 | 6 | 4 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang. |
3 | 6 | 3 | 2 | 85.71 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi. | |||||
Partisipasi | 8 (57.14 %) | 5 (35.71 %) | 1 (7.14 %) | 0 | 100 (714.29 %) |
TG | 4 (28.57 %) | 10 (71.43 %) | 0 | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan. | |||||
Partisipasi | 8 (57.14 %) | 5 (35.71 %) | 1 (7.14 %) | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
UTS | 1 (7.69 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 69.23 (532.54 %) |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan. | |||||
TG | 4 (28.57 %) | 10 (71.43 %) | 0 | 0 | 100 (714.29 %) |
UTS | 1 (7.69 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 69.23 (532.54 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan. | |||||
Partisipasi | 8 (57.14 %) | 5 (35.71 %) | 1 (7.14 %) | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan. | |||||
TG | 4 (28.57 %) | 10 (71.43 %) | 0 | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
UTS | 1 (7.69 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 69.23 (532.54 %) |
Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas. | |||||
Partisipasi | 8 (57.14 %) | 5 (35.71 %) | 1 (7.14 %) | 0 | 100 (714.29 %) |
TG | 4 (28.57 %) | 10 (71.43 %) | 0 | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang. | |||||
Partisipasi | 8 (57.14 %) | 5 (35.71 %) | 1 (7.14 %) | 0 | 100 (714.29 %) |
UAS | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 3 (21.43 %) | 5 (35.71 %) | 64.29 (459.21 %) |
UTS | 1 (7.69 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 4 (30.77 %) | 69.23 (532.54 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||
S2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P3.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P3.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 082002100019 | SATYA RAFI IVANDA | 82.03 | 68.82 | 67.22 | 81.67 | 75.57 | 79.45 | 74.13 |
2 | 082002100007 | DESLITA SAFITRI | 62.00 | 53.14 | 52.56 | 62.78 | 59.00 | 73.56 | 66.67 |
3 | 082002100006 | DEA KIRANA | 75.85 | 74.53 | 74.89 | 76.00 | 76.00 | 80.78 | 78.50 |
4 | 082002100009 | FEBRIANO DILLA SAPUTRA | 52.00 | 59.05 | 72.67 | 51.11 | 59.60 | 66.22 | 62.22 |
5 | 082002100014 | LUCKY MAULINA SABRINA | 67.45 | 67.75 | 69.44 | 67.22 | 69.57 | 75.78 | 71.96 |
6 | 082002100004 | ANAK AGUNG ISTRI ANINDYA NANDA YANA | 84.08 | 76.79 | 76.22 | 84.00 | 81.00 | 85.88 | 81.88 |
7 | 082002100018 | SALSABILA AZZAHRA ANJANI INDRADINI | 82.36 | 81.71 | 83.00 | 82.00 | 83.57 | 87.60 | 84.38 |
8 | 082002100020 | SHERLY APRIZAYANTI | 71.47 | 64.44 | 62.44 | 72.33 | 67.28 | 73.25 | 71.38 |
9 | 082002100013 | KHUSNUL RAMADHAN EKA PUTRI | 66.73 | 69.08 | 71.89 | 65.78 | 70.43 | 73.29 | 69.54 |
10 | 082002100005 | DANIA FEBRY DEWANTARI | 92.85 | 86.39 | 84.67 | 93.22 | 88.86 | 91.02 | 89.84 |
11 | 082002000008 | DEA PUSPANING SARI | 68.24 | 65.06 | 66.11 | 68.00 | 68.43 | 75.29 | 70.50 |
12 | 082002100017 | MUTIARA SAVITRI OKVITASARI | 51.21 | 47.45 | 50.00 | 50.56 | 52.86 | 64.22 | 55.84 |
13 | 082002100021 | WIANDA TAMBORA | 51.39 | 55.88 | 60.89 | 50.00 | 58.29 | 65.78 | 58.75 |
14 | 082002100012 | KENDRICK KEVIN KABE | 49.82 | 45.49 | 50.22 | 47.78 | 53.14 | 63.56 | 51.67 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.)