Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah : UBA6202
Tim Dosen :
  1. 3835 Sarah - Aphirta, S.T., M.T.
  2. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Kelas : 01 TL
Dosen : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 14 mahasiswa

Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN

Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Bahasa Inggris
KODE MATA KULIAH : UBA6202
KELAS : Reguler TL
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3835 Sarah - Aphirta, S.T., M.T.
  2. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
BAHASA INGGRIS
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK LINGKUNGAN
Fakultas ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
Kode:
UBA6202
Bobot (sks):
2.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik lingkungan
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
P.1 Mampu menerapkan matematika, ilmu pengetahuan alam, ekologi, teknologi informasi dan ilmu teknik untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
P.2 Mampu menerapkan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa untuk analisis permasalahan lingkungan dan perancangan sistem pengelolaan lingkungan
P.3 Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan
KU.1 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang mutakhir untuk merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Teknik lingkungan
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
KK.1 Mampu melaksanakan dan mendesain penelitian laboratorium dan lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknis
KK.2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.2 Mampu menunjukkan tanggung jawab agama, sosial budaya serta terhadap negara dan bangsa
P.3 Mampu untuk melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan
KU.2 Mampu berkomunikasi baik melalui lisan, tulisan, maupun gambar teknik secara efektif serta berinteraksi dan berkolaborasi dalam tim multidisiplin dan lintas budaya
KK.2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses di bidang Teknik Lingkungan sesuai dengan standar teknis, penerapan, keandalan, dan keberlanjutannya untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, dengan mempertimbangkan aspek-aspek ekonomi, sosial, kesehatan dan keselamatan publik, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.2 S2.CPMK-1 Mahasiswa memahami etika menulis untuk menghindari plagiasi.
P.3 P3.CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis teks dalam bidang teknik lingkungan secara kritis.
KU.2 KU2.CPMK-3 Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat, gagasan, dan argumennya secara lisan dan tulis.
KK.2 KK2.CPMK-4 Mahasiswa mampu mengawali percakapan dengan topik yang sesuai atau pantas dalam berbagai situasi.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.2 S2.CPMK-1
S2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
P.3 P3.CPMK-2
P3.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
P3.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan.
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
KK.2 KK2.CPMK-4
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/UBA6202

Program Studi : TEKNIK LINGKUNGAN Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : UBA6202     SKS : 2.00
Mata Kuliah : Bahasa Inggris Dosen :
  1. 3835 Sarah - Aphirta, S.T., M.T.
  2. 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
Small talks, agreeing, and disagreeing
  • Diskusi
  • Memainkan Peran
100.00 Making small talks using appropriate topic and language expressions. Giving and responding to opinions.
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Reading Comprehension: Identifying topic, topic sentence, supporting details, and unstated main idea
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Analyzing reading texts in environmental context
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Reading Comprehension: Finding stated and unstated detail information, and pronoun referent Grammar: passive voice
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Analyzing reading text in environmental context Writing passive sentences in environmental context
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 8.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan.
Reading Comprehension: Understanding trends in a Bar Chart Writing: Describing a bar chart
  • Tutorial
  • Diskusi
100.00 Using diverse verbs to describe trends (go up/go down/stay the same) in a bar chart.
  • Tugas - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
Reading Supplement in environmental context; Writing: Giving opinion and suggesting feasible solution to the environmental problems arise around where the students live.
  • Diskusi
  • Pemecahan Masalah
100.00 Giving their opinion in writing and practicing to develop a thesis statement (topic sentence) into a paragraph.
  • Tugas - 6.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Extensive reading: Journal Article
  • Diskusi
100.00 Students select any scientific article based on their area of interests in environmental engineering to get general and specific information.
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Reading Comprehension: Finding meaning of vocabulary and making inferences
  • Diskusi
100.00 Activating background knowledge, using contextual and structural clues to get meaning of vocabulary; Drawing conclusion based on relevant context in the text
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
Extensive reading: Scientific Journal Article; Writing: Quoting, paraphrasing, and summarizing to avoid plagiarism
  • Diskusi
100.00 Making direct quotation, paraphrasing, and summarizing information from the article they read
  • Partisipasi - 2.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
Extensive reading: Scientific Journal Article; Writing: Quoting, paraphrasing, and summarizing to avoid plagiarism
  • Tutorial
  • Kolaborative
  • Diskusi
100.00 making direct quotations, paraphrasing, and summarizing information they read from the article
  • Ujian Akhir Semester - 7.00 %
  • Tugas - 2.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
Grammar and writing supplement: sentence with one clause and sentence with multiple clauses
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Permainan
100.00 Analyzing sentence structure and writing grammatically and meaningful sentences
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
Grammar and writing supplement
100.00 Analyzing sentence structure and write grammatically correct sentences
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
Listening supplement: TOEFL Listening Comprehension
  • Tutorial
  • Memainkan Peran
100.00 Listening practice to Understand short conversations, longer conversations, and short talks
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
Presentation Structure: Opening, Body, Closing
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Brainstorming and making presentation outline
  • Partisipasi - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
Speaking: Individual Presentation
  • Diskusi
  • Presentasi
100.00 Giving presentation based on their chosen topic
  • Tugas - 10.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS ARSITEKTUR LANSKAP DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Bahasa Inggris 100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. ; Friday 08:00:00-09:50:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
3848 Astari Minarti, S.T., M.Sc.

Ketua
100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 Minggu ke-8 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (7.00%)
HEIGHT P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (8.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Partisipasi (2.00%)
HEIGHT P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Partisipasi (2.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (6.00%)
HEIGHT KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Partisipasi (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1 3.00%
8.00%
5.00%
4.00%
20%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2 4.00%
4%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00%
2%
TOTAL 30%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 7.00%
7%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1 0%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 3.00%
5.00%
8%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 0%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 3.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00%
2%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 2.00%
2%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2 2.00%
2%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 6.00%
6%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 10.00%
10%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M8 M9 M2 M3 M6 M7 M4 M10 M11 M5 M13 M14 M1 M12
Komponen Partisipasi TG UAS UAS UTS Partisipasi UAS UTS Partisipasi UTS Partisipasi UTS Partisipasi UTS TG UAS Partisipasi UAS Partisipasi UTS UAS TG UAS Partisipasi TG UTS Partisipasi UAS Partisipasi
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29 Bobot
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 2.00%2.00%7.00% 11%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1 2.00%3.00%2.00%4.00%8.00%2.00%5.00%2.00%4.00%2.00% 34%
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2 4.00%2.00% 6%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 3.00%2.00%5.00%2.00% 12%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 4.00%4.00%6.00% 14%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 3.00%2.00%10.00% 15%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00%2.00%2.00%2.00% 8%
TOTAL 2 2 7 2 3 2 4 8 2 5 2 4 2 4 2 3 2 5 2 4 4 6 3 2 10 2 2 2 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1 Partisipasi TG UAS
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1 UAS UTS Partisipasi UAS UTS Partisipasi UTS Partisipasi UTS Partisipasi
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2 UTS TG
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 UAS Partisipasi UAS Partisipasi
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 UTS UAS TG
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 UAS Partisipasi TG
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 UTS Partisipasi UAS Partisipasi
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.2Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan.
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menulis kalimat untuk mendeskripsikan tren (naik/turun/tetap) dalam diagram batang.
Performance Indicator: Writing sentences to describe trends (go up/go down/stay the same) in a bar chart
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan.
Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.2 S2.CPMK-1 S2.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.3 P3.CPMK-2 P3.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks.
Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks.
Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan.
Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks.
Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan.
Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menyusun presentasi lisan menjadi pembukaan, isi, dan penutup Menggunakan signpost language Menunjukkan bahasa tubuh yang tepat
Performance Indicator: Organizing oral presentation into opening, body, and closing Using signpost language Showing proper body language
Rubrik Penilaian
56.00/Pass
- Penguasaan materi presentasi - Pengguanaa signpost language sebagai penanda antar segmen/bagian presentasi - sikap dan bahasa tubuh - penggunaan materi penunjang seperti media audio visual.
- mastery of content - the use of signpost language to indicate each section of the presentation - body posture and language - the use of audio visual aids
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
Indikator Kinerja: Memilih topik dan menggunakan ungkapan yang tepat dalam melalukan percakapan
Performance Indicator: Choosing appropriate topic and using appropriate language expressions in conversation.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: membedakan kutipan langsung, parafrase dan ringkasan mengutip teori dengang teknik kutipan langsung, parafrase, dan meringkas
Performance Indicator: Distinguishing quoting, paraphrasing, and summarizing Citing theories using quoting, paraphrasing, and summarizing technique.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mengidentifikasi struktur teks, menemukan topik, kalimat topik, pikiran utama, informasi detail dan tersirat, makna kosakata baru, dan pronoun referent dari teks.
Performance Indicator: Identifying text structure, topic, topic sentence, main idea, stated detail and implied information, meaning of new vocabulary, and pronoun referent of a text.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menganalisa kesalahan dalam kalimat dan membuat kalimat sederhana hingga kompleks.
Performance Indicator: Analyzing errors in sentences and writing simple to complex sentences.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mampu membuat paragraph yang terdiri dari kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat kesimpulan.
Performance Indicator: Writing a paragraph consists of a topic sentence, supporting sentences, and a concluding sentence.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menyusun presentasi lisan menjadi pembukaan, isi, dan penutup Menggunakan signpost language Menunjukkan bahasa tubuh yang tepat
Performance Indicator: Organizing oral presentation into opening, body, and closing Using signpost language Showing proper body language
Rubrik Penilaian
56.00/Pass
- Penguasaan materi presentasi - Pengguanaa signpost language sebagai penanda antar segmen/bagian presentasi - sikap dan bahasa tubuh - penggunaan materi penunjang seperti media audio visual.
- mastery of content - the use of signpost language to indicate each section of the presentation - body posture and language - the use of audio visual aids
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 1 7.14
A- 2 14.29
B+ 1 7.14
B 5 35.71
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 2 14.29
D 2 14.29
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
4 3 3 4 71.43
P3.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
2 4 4 4 71.43
P3.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan.
2 5 4 3 78.57
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
4 3 3 4 71.43
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
3 5 4 2 85.71
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
4 6 4 0 100.00
KK2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
3 6 3 2 85.71
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menerapkan teknik quoting, paraphrasing, dan summarizing untuk menghindari plagiasi.
Partisipasi8
(57.14 %)
5
(35.71 %)
1
(7.14 %)
0100
(714.29 %)
TG4
(28.57 %)
10
(71.43 %)
00100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
Mahasiswa mampu menemukan topik, pikiran utama, informasi tersurat dan tersirat, dan makna kosakata baru dari teks tentang teknik lingkungan.
Partisipasi8
(57.14 %)
5
(35.71 %)
1
(7.14 %)
0100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
UTS1
(7.69 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
69.23
(532.54 %)
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tren dalam diagram batang dan dalam tulisan.
TG4
(28.57 %)
10
(71.43 %)
00100
(714.29 %)
UTS1
(7.69 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
69.23
(532.54 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membuat kalimat efektif dalam bahasa Inggris dalam konteks tenkik lingkungan.
Partisipasi8
(57.14 %)
5
(35.71 %)
1
(7.14 %)
0100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat dan argumen dalam paragraf descriptif atau argumentatif dalam konteks teknik lingkungan.
TG4
(28.57 %)
10
(71.43 %)
00100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
UTS1
(7.69 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
69.23
(532.54 %)
Mahasiswa mampu mengemukakan gagasan sesuai topik yang dipilihnya dan mempresentasikannya secara lisan di depan kelas.
Partisipasi8
(57.14 %)
5
(35.71 %)
1
(7.14 %)
0100
(714.29 %)
TG4
(28.57 %)
10
(71.43 %)
00100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
Mahasiswa mampu menginisiasi percakapan dengan memilih topik yang sesuai dan pantas dalam berbagai situasi serta memahami percakapan singkat dan panjang.
Partisipasi8
(57.14 %)
5
(35.71 %)
1
(7.14 %)
0100
(714.29 %)
UAS3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
3
(21.43 %)
5
(35.71 %)
64.29
(459.21 %)
UTS1
(7.69 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
4
(30.77 %)
69.23
(532.54 %)

Capaian Sub-CPMK S2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P3.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P3.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S2.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P3.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
1 082002100019 SATYA RAFI IVANDA 82.0368.8267.2281.6775.5779.4574.13
2 082002100007 DESLITA SAFITRI 62.0053.1452.5662.7859.0073.5666.67
3 082002100006 DEA KIRANA 75.8574.5374.8976.0076.0080.7878.50
4 082002100009 FEBRIANO DILLA SAPUTRA 52.0059.0572.6751.1159.6066.2262.22
5 082002100014 LUCKY MAULINA SABRINA 67.4567.7569.4467.2269.5775.7871.96
6 082002100004 ANAK AGUNG ISTRI ANINDYA NANDA YANA 84.0876.7976.2284.0081.0085.8881.88
7 082002100018 SALSABILA AZZAHRA ANJANI INDRADINI 82.3681.7183.0082.0083.5787.6084.38
8 082002100020 SHERLY APRIZAYANTI 71.4764.4462.4472.3367.2873.2571.38
9 082002100013 KHUSNUL RAMADHAN EKA PUTRI 66.7369.0871.8965.7870.4373.2969.54
10 082002100005 DANIA FEBRY DEWANTARI 92.8586.3984.6793.2288.8691.0289.84
11 082002000008 DEA PUSPANING SARI 68.2465.0666.1168.0068.4375.2970.50
12 082002100017 MUTIARA SAVITRI OKVITASARI 51.2147.4550.0050.5652.8664.2255.84
13 082002100021 WIANDA TAMBORA 51.3955.8860.8950.0058.2965.7858.75
14 082002100012 KENDRICK KEVIN KABE 49.8245.4950.2247.7853.1463.5651.67

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(100084 Retno Indriyani, S.Pd.,M.Pd.)