Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Proses Bisnis Terintegrasi
Kode Mata Kuliah : ISL6307
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
Kelas : 02
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 30 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Proses Bisnis Terintegrasi
KODE MATA KULIAH : ISL6307
KELAS : SI-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PROSES BISNIS TERINTEGRASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISL6307
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KK.1 KK1.CPMK-1 Dapat menerapkan kemampuan Manajemen Proses Bisnis yang lengkap dalam suatu organisasi. Menjelaskan karakteristik proses dan perspektif yang berbeda dari bisnis proses  terintegrasi(CPMK 1)
KK.6 KK6.CPMK-2 Mengevaluasi teknik dan alat yang mendukung perencanaan, disain, analisis, pengoperasian dan pemantauan bisnis terintegrasi
KK.9 KK9.CPMK-3 Mampu menerapkan keselarasan kebutuhan sistem informasi yang relevan dengan proses bisnis terintegrasi pada organisasi
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KK.1 KK1.CPMK-1
KK1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi.
KK1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization
KK1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model
KK1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI
KK1.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait
KK1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi
KK.6 KK6.CPMK-2
KK6.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP
KK6.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation
KK6.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya
KK.9 KK9.CPMK-3
KK9.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal
KK9.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut.
KK9.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment
KK9.CPMK-3.4 Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya
KK9.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISL6307

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISL6307     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Proses Bisnis Terintegrasi Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi.
Jenis dan struktur Organisasi Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Struktur Organisasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Struktur Organisasi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Robbins, Stephen P & Coulter, Mary A.(2017)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization
Pengantar Business Process Definisi struktur organisasi fungsional Karakter lintas fungsional dari proses dan relasi pada organisasi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Ivica KANIŠKI, Ivan VINCEK(2018)
  • Allan S Gutterman(2019)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
3
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP
Pengantar Enterprise System Evolusi dan manfaat bisnis utama dari perusahaan enterprise Peran sistem perusahaan enterprise dalam mendukung bisnis
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • E.F.Monk and B.J. Wagner(2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
4
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model
Business Model Tujuan model bisnis Tipe bisnis model
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Osterwalder & Y. Pigneur. (2012)
  • Christian Nielsen, Morten Lund (2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
5
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation
Business Integration Horizontal & Vertical Merger Acquisition Consolidation
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Gerardus Blokdyk,(2021)
  • Elena G. Popkova(2023)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
6
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal
Integrasi Proses Bisnis Kemitraan Bisnis dan Integrasi Proses Bisnis Manajemen Rantai Pasok dan Integrasi Proses Bisnis
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Tugas - 4.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI
Kinerja dan Pengukuran Proses Bisnis Key Performance Indicators (KPI) Metode Pengukuran Kinerja Proses Bisnis Analisis Data Kinerja Proses Bisnis
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • David Parmenter(2010)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.50 %
8
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut.
Procurement Process Proses Procurement kategori dasar master data pada proses procurement
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
9
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment
Fullfillment Process Organizational Data Sales & billing Process Reporting document flow
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
10
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait
Production Proses Langkah utama dalam proses produksi dan data, dokumen, dan informasi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
11
  1. Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya
Inventory and Warehouse Pergerakan barang Inventory Manajemen Inventory dan Warehouse terintegrasi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Max Muller(2019)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
12
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus
Manajemen Resiko Bisnis Terintegrasi Identifikasi Risiko Proses Bisnis Strategi Pengelolaan Risiko Proses Bisnis Studi Kasus Manajemen Risiko Proses Bisnis
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • James Lam(2017)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
13
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya
Teknologi Proses Bisnis Terintegrasi Enterprise Resource Planning (ERP) ) Customer Relationship Management (CRM) Supply Chain Management (SCM) (ada membahas Integrasi eks dan Int)
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Simha Magal, Jeffrey Word,(2013)
  • Tugas - 3.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.50 %
14
  1. Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi
Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Langkah-langkah Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Evaluasi Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi
  • Sumner, Mary(2005)
  • Tugas - 4.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Proses Bisnis Terintegrasi 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Friday 07:30:00-10:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (3.50%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 Minggu ke-5 Assessment: Tugas (3.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (3.50%)
LOW KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (4.00%)
LOW KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Tugas (3.50%)
LOW KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (3.50%)
LOW KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (3.50%)
LOW KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (3.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 3.50%
3.5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 3.50%
3.5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1 4.00%
4%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6 4.00%
4%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5 3.50%
3.5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5 3.50%
3.5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6 4.00%
4%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 3.50%
3.5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 3.50%
3.5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1 4.00%
4%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4 3.50%
3.5%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5 3.50%
3.5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M4 M7 M10 M14 M3 M5 M13 M6 M8 M9 M11 M12
Komponen UTS TG UTS TG UTS TG UTS TG UAS TG UAS TG UTS TG TG UTS UAS TG UTS TG UAS TG UAS TG UAS TG UAS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28 Bobot
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 3.50%3.50% 7%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 3.50%3.50% 7%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 3.50%3.50% 7%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 3.50%3.50% 7%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5 3.50%3.50% 7%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6 4.00%4.00% 8%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 3.50%3.50% 7%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 3.50%3.50% 7%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 3.50%3.50% 7%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1 4.00%4.00% 8%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2 3.50%3.50% 7%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3 3.50%3.50% 7%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4 3.50%3.50% 7%
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5 3.50%3.50% 7%
TOTAL 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 4 4 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 4 4 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 3.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 UTS TG
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 UTS TG
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 UTS TG
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 UTS TG
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5 UAS TG
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6 UAS TG
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 UTS TG
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 TG UTS
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 UAS TG
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1 UTS TG
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2 UAS TG
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3 UAS TG
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4 UAS TG
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5 UAS TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi.
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi
Performance Indicator: definition of Organitation
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi
Performance Indicator: definition of Organitation
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif
Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi
Performance Indicator: definition of Organitation
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif
Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan merancang business model yang inovatif dan efektif
Performance Indicator: The ability of students to analyze and design innovative and effective business models.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi
Performance Indicator: definition of Organitation
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif
Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan merancang business model yang inovatif dan efektif
Performance Indicator: The ability of students to analyze and design innovative and effective business models.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar kinerja dan pengukuran proses bisnis.
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of performance and measurement of business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar enterprise sistem
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of the enterprise system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar enterprise sistem
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of the enterprise system
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar integrasi bisnis, vertikal, dan horizontal
Performance Indicator: students' understanding of the basic concepts of business, vertical, and horizontal integration.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.1Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.5Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.6Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.2Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut.
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process.
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.3Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process.
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment
Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.4Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process.
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment
Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi inventory dan warehouse.
Performance Indicator: the ability of students to design and implement inventory and warehouse strategies.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-3 KK9.CPMK-3.5Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi
Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi
Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat.
Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process.
Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment
Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi inventory dan warehouse.
Performance Indicator: the ability of students to design and implement inventory and warehouse strategies.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisis risiko bisnis terintegrasi.
Performance Indicator: the ability of students to analyze integrated business risks.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 10 33.33
A- 1 3.33
B+ 6 20.00
B 4 13.33
B- 4 13.33
C+ 2 6.67
C 0 0.00
D 2 6.67
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KK1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi.
6 16 6 2 93.33
KK1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization
6 16 6 2 93.33
KK1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model
6 16 6 2 93.33
KK1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI
6 16 6 2 93.33
KK1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait
13 9 5 3 90.00
KK1.CPMK-1.6
Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi
13 9 5 3 90.00
KK6.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP
6 16 6 2 93.33
KK6.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation
6 16 6 2 93.33
KK6.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya
13 9 5 3 90.00
KK9.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal
6 16 6 2 93.33
KK9.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut.
13 9 5 3 90.00
KK9.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment
13 9 5 3 90.00
KK9.CPMK-3.4
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya
13 9 5 3 90.00
KK9.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus
13 9 5 3 90.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi.
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UTS2
(6.67 %)
3
(10.00 %)
4
(13.33 %)
21
(70.00 %)
30
(100.00 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut.
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus
TG25
(83.33 %)
3
(10.00 %)
1
(3.33 %)
1
(3.33 %)
96.67
(322.23 %)
UAS8
(26.67 %)
3
(10.00 %)
6
(20.00 %)
13
(43.33 %)
56.67
(188.90 %)

Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.6 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KK1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.6
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
1 065002300018 MUHAMMAD DHIMAS DARMAWAN 67.8467.8467.8467.8442.8442.8467.8467.8442.8467.8442.8442.8442.8442.84
2 065002300016 ALMAKIUS FELIX BARIQ HEKOPUNG 91.4291.4291.4291.4292.9292.9291.4291.4292.9291.4292.9292.9292.9292.92
3 065002300015 ADITYA FAJRIAN ARYADEVA 74.3474.3474.3474.3483.3483.3474.3474.3483.3474.3483.3483.3483.3483.34
4 065002300012 VIRA ADITYA KURNIAWAN 85.9285.9285.9285.9293.9293.9285.9285.9293.9285.9293.9293.9293.9293.92
5 065002300002 DEWANTO MAULANA SUKARNO PUTRA 79.0079.0079.0079.0094.0094.0079.0079.0094.0079.0094.0094.0094.0094.00
6 065002300024 MUHAMMAD RAYYAN NAUFAL 80.0080.0080.0080.0087.5087.5080.0080.0087.5080.0087.5087.5087.5087.50
7 065002300028 RAFIQ AL DARIS UTOMO 74.0074.0074.0074.0075.0075.0074.0074.0075.0074.0075.0075.0075.0075.00
8 065002300006 BAMBANG AJI WICAKSONO 79.9279.9279.9279.9281.4281.4279.9279.9281.4279.9281.4281.4281.4281.42
9 065002300005 APRIL LESA FARSILIS 68.3468.3468.3468.3463.3463.3468.3468.3463.3468.3463.3463.3463.3463.34
10 065002300031 ZULFA SATRIA RANGGI 75.0075.0075.0075.0070.0070.0075.0075.0070.0075.0070.0070.0070.0070.00
11 065002300013 DYAH KARTIKA PUTRI SAMUDERA YANUAR 67.6767.6767.6767.6762.6762.6767.6767.6762.6767.6762.6762.6762.6762.67
12 065002300019 NICHOLAS SAPUTRA 75.0075.0075.0075.0095.0095.0075.0075.0095.0075.0095.0095.0095.0095.00
13 065002300030 MONICA SICILIA SIMANJUNTAK 75.0075.0075.0075.0093.0093.0075.0075.0093.0075.0093.0093.0093.0093.00
14 065002300021 NADHIRA ANINDITA RALENA 85.5085.5085.5085.5090.5090.5085.5085.5090.5085.5090.5090.5090.5090.50
15 065002300036 NASWA AULIA PUTRI ALY 71.4271.4271.4271.4279.4279.4271.4271.4279.4271.4279.4279.4279.4279.42
16 065002300014 NALENDRA MUNARKO PUTRA 74.5974.5974.5974.5974.0974.0974.5974.5974.0974.5974.0974.0974.0974.09
17 065002200043 MUHAMMAD RAFI 93.6793.6793.6793.6794.6794.6793.6793.6794.6793.6794.6794.6794.6794.67
18 065002300034 MUHAMMAD DONY FATAHILLAH ASSYA'BANI 59.3459.3459.3459.3467.8467.8459.3459.3467.8459.3467.8467.8467.8467.84
19 065002300004 TANAYA PUTRI KARNADIPURA 78.0078.0078.0078.0071.0071.0078.0078.0071.0078.0071.0071.0071.0071.00
20 065002300011 ANDREW HENDRIAN NATHANAEL 73.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.2573.25
21 065002300023 AUREL REGINA HARDYE 62.0062.0062.0062.0074.5074.5062.0062.0074.5062.0074.5074.5074.5074.50
22 065002300003 JET ADITYA PRATOMO 73.4273.4273.4273.4280.4280.4273.4273.4280.4273.4280.4280.4280.4280.42
23 065002300029 HANNAN FATHUR HENDRAWAN 65.6765.6765.6765.6760.6760.6765.6765.6760.6765.6760.6760.6760.6760.67
24 065002300026 KEVIN RIZKY PRADANA 64.7564.7564.7564.7568.7568.7564.7564.7568.7564.7568.7568.7568.7568.75
25 065002300017 PARTAHI DANIEL TUA LIMBONG 69.2569.2569.2569.2564.2564.2569.2569.2564.2569.2564.2564.2564.2564.25
26 065002300033 ZAVIER ZAHEDI 55.0055.0055.0055.0050.0050.0055.0055.0050.0055.0050.0050.0050.0050.00
27 065002300032 FADHIL IBRAHIM WIRA DHARMA 73.2573.2573.2573.2569.7569.7573.2573.2569.7573.2569.7569.7569.7569.75
28 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 88.5088.5088.5088.5096.5096.5088.5088.5096.5088.5096.5096.5096.5096.50
29 065002300008 NUR IMAM 72.9272.9272.9272.9280.9280.9272.9272.9280.9272.9280.9280.9280.9280.92
30 065002300022 ERSA ASHARI 40.4240.4240.4240.4215.4215.4240.4240.4215.4240.4215.4215.4215.4215.42

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)