PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6323 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 24 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak |
KODE MATA KULIAH | : IKS6323 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ANALISIS DAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IKS6323 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar software, software engineering, process models, dan SDLC |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu berpikir logis dan sistematis untuk menganalisis kebutuhan dalam proses Rekayasa Perangkat Lunak |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | Mahasiswa mampu mendesain model perangkat lunak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan industri |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 |
|
||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6323 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6323 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Metodologi Perangkat Lunak, Memahami kebutuhan user, Mental Model Sistem |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Mahasiswa menyusun user requirement |
|
|
2 |
|
Struktur dan Perilaku Pemodelan dengan tools Unified Modelling Language (UML), Usecase dan Activity Diagram |
|
150.00 | Mahasiswa memanfaatkan berbagai sumber belajar, menerima dan memberikan umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. Membuat Usecase dan activity diagram dari halaman informasi sederhana |
|
|
3 |
|
Konsep pemodelan UML yang terdiri dari Usecase, Activity, Sequence dan Class Diagram |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. Menyelesaikan studi kasus mingguan per kelompok. Mempresentasikan pemodelan sistem |
|
|
4 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul data entry sederhana |
|
150.00 | Memanfaatkan sumber berlajar. Memodelkan solusi menggunakan pemodelan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
5 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Parent-child |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Parent-Child. Mempresentasikan pemodelan yang dibuat. |
|
|
6 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Pencarian Sederhana dan Detail. Usecase menerapkan konsep Extend |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Pencarian Sederhana dan Detail dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
7 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Upload File. Usecase menerapkan konsep Include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Upload File dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
8 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Unggah File Evidence atau Foto. Usecase menerapkan konsep generalisasi |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Unggah File evidence atau Foto dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
9 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Data Entry Sekuensial. Usecase menerapkan konsep Include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Data Entry Sekuensial dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
10 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Menampilkan Grafik. Usecase menerapkan konsep include |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Menampilkan Grafik dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
11 |
|
Konsep dan pemodelan diagram usecase, aktivitas, sekuen dan klas untuk modul Mencetak Dokumen. Usecase menerapkan konsep Include dan extend. |
|
150.00 | Memanfaatkan semua sumber pembelajaran. Membuat pemodelan modul Mencetak Dokumen dengan menggunakan UML. Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
|
|
12 |
|
Integrasi Modul 1 |
|
150.00 | Mahasiswa mengintegrasikan semua modul yang dikerjakan dalam proyek kelompok |
|
|
13 |
|
Integrasi Modul 2 |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan integrasi modul antar Proyek kelompok. |
|
|
14 |
|
Struktur Dokumen Aplikasi (Help Dokumentation) |
|
150.00 | Mahasiswa bekerja dalam kelompok untuk membuat Manual Documentation/Help Documentation. |
|
|
![]() |
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ; Tuesday 13:10:00-15:40:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Proyek (3.00%) |
HEIGHT | KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | Minggu ke-7 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-9 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-10 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Proyek (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Proyek (3.00%) Minggu ke-13 Assessment: Proyek (3.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 4.00% | 6% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 15% | |||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M9 | M10 | M3 | M14 | M7 | M4 | M5 | M6 | M8 | M11 | M12 | M13 | ||||||||||||||||
Komponen | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | UAS | prj | UTS | prj | UAS | prj | prj | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | UAS | prj | prj | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.00% | 4.00% | 5.00% | 5.00% | 16% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 4.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | 3.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 4.00% | 3.00% | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 3.00% | 3.00% | 44% | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 3.00% | 4.00% | 4.00% | 4.00% | 5.00% | 5.00% | 25% | ||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 3 | 4 | 3 | 5 | 4 | 5 | 4 | 4 | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 3 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 5 | 4 | 5 | 3 | 3 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | UTS UTS UAS UAS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | UAS |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.1 | prj prj |
KU.2 | KU2.CPMK-2 | KU2.CPMK-2.2 | prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj prj |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | UTS UTS UTS UTS UAS UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa memahami simbol CASE tools untuk membuat model Perangkat Lunak Performance Indicator: Students understand CASE tools symbols to create software models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.6 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat model Perangkat Lunak menggunakan CASE tools Performance Indicator: Students are able to create software models using CASE tools |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional dan non fungsional terhadap modul proyek Performance Indicator: Students are able to explain functional and non-functional requirements for project modules |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan pengujian perangkat lunak Performance Indicator: Students are able to carry out software testing |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 6 | 25.00 |
A- | 7 | 29.17 |
B+ | 3 | 12.50 |
B | 7 | 29.17 |
B- | 1 | 4.17 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling |
24 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat |
24 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak |
8 | 5 | 4 | 7 | 70.83 |
KU2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus |
24 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
KU2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif |
8 | 14 | 2 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE |
24 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menerangkan konsep requirements engineering dan requirements modeling | |||||
UTS | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perancangan menggunakan model yang tepat | |||||
UTS | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pengujian Perangkat Lunak | |||||
UAS | 8 (33.33 %) | 5 (20.83 %) | 4 (16.67 %) | 7 (29.17 %) | 70.83 (295.13 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non fungsional dari studi kasus | |||||
prj | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis, mendesain Pemodelan Perangkat Lunak dan disampaikan dengan bahasa yang efektif | |||||
prj | 8 (33.33 %) | 14 (58.33 %) | 2 (8.33 %) | 0 | 100 (416.67 %) |
Mahasiswa dapat mendesain sebuah model Perangkat Lunak menggunakan tools CASE | |||||
UTS | 24 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (416.67 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002100005 | REZA NUGRAHA SANTOSO | 81.00 | 81.00 | 60.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
2 | 064002200002 | JOSUA WARMAN SIGALINGGING | 81.00 | 81.00 | 80.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
3 | 064002200005 | GELLENT ARDIANSYAH | 81.00 | 81.00 | 70.00 | 100.00 | 77.27 | 81.00 |
4 | 064002200013 | EVANDA MANGGANI | 81.00 | 81.00 | 50.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
5 | 064002200014 | KANZUL JUDHISTIRA PANCAPUTRA ADHIATIEN | 81.00 | 81.00 | 70.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
6 | 064002200016 | RADEA AJI PRASOJO | 81.00 | 81.00 | 60.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
7 | 064002200017 | ADAM HIDAYAT | 81.00 | 81.00 | 70.00 | 100.00 | 77.27 | 81.00 |
8 | 064002200018 | AGI PRIYONO | 81.00 | 81.00 | 50.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
9 | 064002200019 | AHMAD RIFQI AZIS | 81.00 | 81.00 | 40.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
10 | 064002200023 | I WAYAN TRISNA ARDIKA | 81.00 | 81.00 | 60.00 | 100.00 | 77.27 | 81.00 |
11 | 064002200025 | MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH | 81.00 | 81.00 | 90.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
12 | 064002200028 | TENGKU RABIH RAZZAN | 81.00 | 81.00 | 60.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
13 | 064002200029 | TOMMY ANDRIAN | 81.00 | 81.00 | 50.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
14 | 064002200031 | ALBIHAN | 81.00 | 81.00 | 80.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
15 | 064002200032 | HASHEMI RALF KOIZUMI | 81.00 | 81.00 | 40.00 | 100.00 | 77.27 | 81.00 |
16 | 064002200034 | MAULANA HAFIZH ARIPUTRA | 81.00 | 81.00 | 90.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
17 | 064002200037 | MENDARI PERTIWI | 81.00 | 81.00 | 70.00 | 100.00 | 63.64 | 81.00 |
18 | 064002200039 | ALDI SURYA PRANATA | 81.00 | 81.00 | 80.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
19 | 064002200043 | ADRIAN HALIM | 81.00 | 81.00 | 90.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
20 | 064002200044 | DELVIANO ARIE PRABOWO | 81.00 | 81.00 | 80.00 | 100.00 | 63.64 | 81.00 |
21 | 064002200045 | ALFAREZA GIOVANI | 81.00 | 81.00 | 70.00 | 100.00 | 81.82 | 81.00 |
22 | 064002200046 | ADRIANSYAH MAULANA PUTRA | 81.00 | 81.00 | 90.00 | 100.00 | 77.27 | 81.00 |
23 | 064002200049 | RODRICK KIEDIES | 81.00 | 81.00 | 30.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
24 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 81.00 | 81.00 | 40.00 | 100.00 | 75.00 | 81.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)