Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Implementasi Sistem
Kode Mata Kuliah : ISM6305
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Kelas : 02
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 28 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Implementasi Sistem
KODE MATA KULIAH : ISM6305
KELAS : SI-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
IMPLEMENTASI SISTEM
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISM6305
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Metodologi
KK.3 KK3.CPMK-2 Infrastruktur TI
KK.5 KK5.CPMK-3 Metodologi manajemen proyek sistem informasi
KK.8 KK8.CPMK-4 Manajemen pengujian perangkat lunak
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mampu menerapkan Dokumentasi
P1.CPMK-1.2 Mampu memahami Dukungan, Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem
KK.3 KK3.CPMK-2
KK3.CPMK-2.1 Mampu menerapkan Sistem Instalasi
KK3.CPMK-2.2 Mampu menerapkan aplikasi Help Desk
KK3.CPMK-2.3 Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
KK.5 KK5.CPMK-3
KK5.CPMK-3.1 Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
KK5.CPMK-3.2 Mampu menganalisis Metodologi Sistem Implementasi
KK5.CPMK-3.3 Mampu menerapkan Tugas Presentasi Tim
KK5.CPMK-3.4 Mampu mengoperasikan Training
KK.8 KK8.CPMK-4
KK8.CPMK-4.1 Mampu mengoperasikan Testing
KK8.CPMK-4.2 Mampu menganalisis Penjaminan Kualitas (QA)

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISM6305

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISM6305     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Implementasi Sistem Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu menganalisis Metodologi Sistem Implementasi
4 type implementasi sistem: Direct Cut Over, Paralel, Phased dan Pilot Project
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D(2015) (Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D.(2015) (Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D. 201)
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
Pendekatan Pengembangan Sistem; Perencanaan Proyek dan Manajemen Proyek
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
Teknik Manajemen Proyek
  • Tutorial
  • Diskusi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mampu menganalisis Penjaminan Kualitas (QA)
Quality Assurance, Quality Control, Studi Kasus
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mampu mengoperasikan Testing
Unit testing, integration testing, functional testing, acceptance testing, Technology Acceptance Model Studi Kasus
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
  1. Mampu menerapkan Dokumentasi
Dokumentasi Sistem Studi Kasus
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mampu menerapkan Dokumentasi
Petunjuk Teknis Pengoperasian; Studi Kasus
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
8
  1. Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
Storage Migration; Database Migration; Application Migration; Business Process Migration
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
Middleware
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mampu menerapkan Sistem Instalasi
Package Diagram; Cloud Computing
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mampu mengoperasikan Training
Perencanaan Training Pengguna; Dokumentasi Training
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mampu menerapkan aplikasi Help Desk
Aplikasi Help Desk
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mampu memahami Dukungan, Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem
Monitoring System; Maintenance Documentation
  • Kolaborative
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu menerapkan Tugas Presentasi Tim
Tugas Presentasi
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Proyek - 50.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Implementasi Sistem 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Monday 13:10:00-15:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.2 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.3 Minggu ke-14 Assessment: Proyek (50.00%)
HEIGHT KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.4 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
2.00%
5%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 3.00%
3.00%
6%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.2 3.00%
3%
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.1 3.00%
3%
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.2 3.00%
3%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 5.00%
5.00%
10%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.4 5.00%
5%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M6 M7 M13 M10 M12 M8 M9 M2 M3 M1 M14 M11 M5 M4
Komponen UTS UTS UAS UAS UAS UAS UAS UTS UTS UTS prj UAS UTS UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%2.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 5.00%5.00% 10%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 3.00%3.00% 6%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.2 3.00% 3%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.3 50.00% 50%
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.4 5.00% 5%
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.1 3.00% 3%
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.2 3.00% 3%
TOTAL 3 2 5 5 5 5 5 3 3 3 50 5 3 3 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 UAS
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3 UAS UAS
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1 UTS UTS
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.2 UTS
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.3 prj
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.4 UAS
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.1 UTS
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.2 UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mampu menerapkan Dokumentasi
Indikator Kinerja: Sistematika dokumentasi telah diselesaikan
Performance Indicator: Documentation systematics have been completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.1Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
Indikator Kinerja: Pengembangan sistem, perencanaan dan manajemen proyek dapat diuraikan
Performance Indicator: System development, planning and project management can be outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.2Mampu menganalisis Metodologi Sistem Implementasi
Indikator Kinerja: Pengembangan sistem, perencanaan dan manajemen proyek dapat diuraikan
Performance Indicator: System development, planning and project management can be outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Type implementasi sistem terbaik dapat dijelaskan
Performance Indicator: The best type of system implementation can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.1Mampu mengoperasikan Testing
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.8 KK8.CPMK-4 KK8.CPMK-4.2Mampu menganalisis Penjaminan Kualitas (QA)
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mampu memahami Dukungan, Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem dapat dilaksanakan
Performance Indicator: System Maintenance and Upgrades can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1Mampu menerapkan Sistem Instalasi
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem dapat dilaksanakan
Performance Indicator: System Maintenance and Upgrades can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Rancangan infrastruktur TI dapat dilengkapi
Performance Indicator: The IT infrastructure design can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.2Mampu menerapkan aplikasi Help Desk
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem dapat dilaksanakan
Performance Indicator: System Maintenance and Upgrades can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Rancangan infrastruktur TI dapat dilengkapi
Performance Indicator: The IT infrastructure design can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Aplikasi Help Desk dapat diujikan
Performance Indicator: The Help Desk application can be tested
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.3Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem dapat dilaksanakan
Performance Indicator: System Maintenance and Upgrades can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Rancangan infrastruktur TI dapat dilengkapi
Performance Indicator: The IT infrastructure design can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Aplikasi Help Desk dapat diujikan
Performance Indicator: The Help Desk application can be tested
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Skema Migrasi Data dapat dirancang
Performance Indicator: Data Migration Schemes can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.5 KK5.CPMK-3 KK5.CPMK-3.4Mampu mengoperasikan Training
Indikator Kinerja: Aspek QA/testing telah diuraikan
Performance Indicator: The QA/testing aspects have been outlined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Quality Assurance dan Quality Control dapat di analis dan di evaluasi
Performance Indicator: Quality Assurance and Quality Control can be analyzed and evaluated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem dapat dilaksanakan
Performance Indicator: System Maintenance and Upgrades can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Rancangan infrastruktur TI dapat dilengkapi
Performance Indicator: The IT infrastructure design can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Aplikasi Help Desk dapat diujikan
Performance Indicator: The Help Desk application can be tested
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Skema Migrasi Data dapat dirancang
Performance Indicator: Data Migration Schemes can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Materi kelengkapan training dapat diselesaikan
Performance Indicator: Training materials can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 3 10.71
B+ 5 17.86
B 14 50.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 1 3.57
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mampu menerapkan Dokumentasi
0 0 1 27 3.57
P1.CPMK-1.2
Mampu memahami Dukungan, Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem
24 4 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.1
Mampu menerapkan Sistem Instalasi
24 4 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.2
Mampu menerapkan aplikasi Help Desk
24 4 0 0 100.00
KK3.CPMK-2.3
Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
24 4 0 0 100.00
KK5.CPMK-3.1
Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
0 0 1 27 3.57
KK5.CPMK-3.2
Mampu menganalisis Metodologi Sistem Implementasi
0 0 1 27 3.57
KK5.CPMK-3.3
Mampu menerapkan Tugas Presentasi Tim
8 14 0 6 78.57
KK5.CPMK-3.4
Mampu mengoperasikan Training
24 4 0 0 100.00
KK8.CPMK-4.1
Mampu mengoperasikan Testing
0 0 1 27 3.57
KK8.CPMK-4.2
Mampu menganalisis Penjaminan Kualitas (QA)
0 0 1 27 3.57
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu menerapkan Dokumentasi
UTS001
(3.57 %)
27
(96.43 %)
3.57
(12.75 %)
Mampu memahami Dukungan, Pemeliharaan dan Peningkatan Sistem
UAS24
(85.71 %)
4
(14.29 %)
00100
(357.14 %)
Mampu menerapkan Sistem Instalasi
UAS24
(85.71 %)
4
(14.29 %)
00100
(357.14 %)
Mampu menerapkan aplikasi Help Desk
UAS24
(85.71 %)
4
(14.29 %)
00100
(357.14 %)
Mampu menerapkan Perpindahan/Migrasi Data
UAS24
(85.71 %)
4
(14.29 %)
00100
(357.14 %)
Mampu menganalisis Pengembangan Sistem dan Manajemen Proyek
UTS001
(3.57 %)
27
(96.43 %)
3.57
(12.75 %)
Mampu menganalisis Metodologi Sistem Implementasi
UTS001
(3.57 %)
27
(96.43 %)
3.57
(12.75 %)
Mampu menerapkan Tugas Presentasi Tim
TG8
(28.57 %)
14
(50.00 %)
06
(21.43 %)
78.57
(280.61 %)
Mampu mengoperasikan Training
UAS24
(85.71 %)
4
(14.29 %)
00100
(357.14 %)
Mampu mengoperasikan Testing
UTS001
(3.57 %)
27
(96.43 %)
3.57
(12.75 %)
Mampu menganalisis Penjaminan Kualitas (QA)
UTS001
(3.57 %)
27
(96.43 %)
3.57
(12.75 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK5.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK5.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK8.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK8.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK8.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK8.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK5.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KK8.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK8.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
1 065002200011 ERY FEBRIAN 27.5090.0090.0090.0090.0027.5027.5072.0090.0027.5027.50
2 065002200003 NAYAKA WIRYATAMA 55.0083.3383.3383.3383.3355.0055.0078.6083.3355.0055.00
3 065002200010 RIZKY RAMADHAN 25.0086.6786.6786.6786.6725.0025.0077.1086.6725.0025.00
4 065002200002 AYESHA NADRA SAABIRAH 40.0090.0090.0090.0090.0040.0040.0085.5090.0040.0040.00
5 065002200024 DIO ARIANDRA 27.5088.3388.3388.3388.3327.5027.5019.5088.3327.5027.50
6 065002200022 AULIA RAHMA TRI ASTUTI 47.5081.6781.6781.6781.6747.5047.5087.0081.6747.5047.50
7 065002200025 ISMAIL BAIHAQI 27.5085.0085.0085.0085.0027.5027.5076.5085.0027.5027.50
8 065002200035 BELVA LUTHFIAH ANDINI 47.5080.0080.0080.0080.0047.5047.5081.0080.0047.5047.50
9 065002200004 NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI 32.5085.0085.0085.0085.0032.5032.5078.5085.0032.5032.50
10 065002200001 BINTANG KOMARUDIN 27.5083.3383.3383.3383.3327.5027.5075.6083.3327.5027.50
11 065002200009 RYANDRA RAFA ADITYA 42.5085.0085.0085.0085.0042.5042.5077.0085.0042.5042.50
12 065002200031 VANYA FEBRIANI 37.5075.0075.0075.0075.0037.5037.5077.0075.0037.5037.50
13 065002200043 MUHAMMAD RAFI 22.5091.6791.6791.6791.6722.5022.5085.5091.6722.5022.50
14 065002200033 DIAH AYU ARIFAH 40.0085.0085.0085.0085.0040.0040.0076.5085.0040.0040.00
15 065002100005 NIA SUHERNAWATI 57.5085.0085.0085.0085.0057.5057.5083.5085.0057.5057.50
16 065002100001 EKA ALIDYA 45.0083.3383.3383.3383.3345.0045.0080.0083.3345.0045.00
17 065002100026 SITI AISAH 42.5093.3393.3393.3393.3342.5042.5080.0093.3342.5042.50
18 065002100014 NYETO LEO T 27.5090.0090.0090.0090.0027.5027.5052.5090.0027.5027.50
19 065002100019 JOFI TAUFIQUL HAKIM 35.0081.6781.6781.6781.6735.0035.0080.0081.6735.0035.00
20 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 40.0090.0090.0090.0090.0040.0040.0070.5090.0040.0040.00
21 065002100030 NOVAN KRISNA 45.0080.0080.0080.0080.0045.0045.0075.0080.0045.0045.00
22 065002200020 AHMAD DANI SAPUTRA 25.0070.0070.0070.0070.0025.0025.000.1070.0025.0025.00
23 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 22.5086.6786.6786.6786.6722.5022.5075.0086.6722.5022.50
24 065002200018 RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM 25.0081.6781.6781.6781.6725.0025.000.1081.6725.0025.00
25 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 22.5070.0070.0070.0070.0022.5022.500.1070.0022.5022.50
26 065002100039 ARMYTA MECKY 32.5081.6781.6781.6781.6732.5032.5076.5081.6732.5032.50
27 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 37.5081.6781.6781.6781.6737.5037.5073.5081.6737.5037.50
28 065001900018 MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS 37.5078.3378.3378.3378.3337.5037.5019.5078.3337.5037.50

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)