Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah
Kode Mata Kuliah : IKB6303
Tim Dosen :
  1. 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
Kelas : 01
Dosen : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 4 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah
KODE MATA KULIAH : IKB6303
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
METODOLOGI PENELITIAN & PENULISAN ILMIAH
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKB6303
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KK.1 KK1.CPMK-1 Analisis Sistem
KK.6 KK6.CPMK-2 Proses Business
KK.7 KK7.CPMK-3 Prediktif dan Visualisasi Data
KK.9 KK9.CPMK-4 Perencanaan Strategi Sistem Informasi
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KK.1 KK1.CPMK-1
KK1.CPMK-1.1 Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian
KK1.CPMK-1.2 Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik
KK1.CPMK-1.3 Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan
KK1.CPMK-1.4 Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data
KK.6 KK6.CPMK-2
KK6.CPMK-2.1 Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature
KK6.CPMK-2.2 Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus
KK6.CPMK-2.3 Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data
KK.7 KK7.CPMK-3
KK7.CPMK-3.1 Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation
KK7.CPMK-3.2 Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen
KK7.CPMK-3.3 Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography
KK.9 KK9.CPMK-4
KK9.CPMK-4.1 Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian
KK9.CPMK-4.2 Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian
KK9.CPMK-4.3 Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet
KK9.CPMK-4.4 Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6303

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKB6303     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah Dosen :
  1. 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian
Disiplin sistem informasi dan komputer; Praktek penelitian berbasiskan bukti; Internet dan penelitian; Apakah penelitian?; argument; Mengevaluasi penelitian; Pengembangan sistem berbasiskan komputer; Aspek dalam penelitian dan karya tulis ilmiah; persyaratan karya ilmiah;
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ilham, Ahmad & Al-Hakim, Rosyid & Indriyani, Tutuk & Aswan, Novita & Yenni, Helda & Yunus, Andi.(2022)
  • Recker, J(2021) (Recker, J. (2021): Scientific Research in Information Systems: A Beginner’s Guide. 2nd edition )
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
  1. Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian
Alasan melakukan penelitian Hasil/produk; Menemukan dan memilih topik penelitian; Mengevaluasi tujuan dan produk penelitian: Abstrak, Kajian Teori, Metodologi Karya Ilmiah
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian
Ringkasan dari Proses penelitian: Sebuah model proses penelitian; Model alternative proses penelitian; Mengevaluasi proses penelitian
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik
Partisipan dan Etika penelitian: Hukum dan penelitian; Hak-hak orang yang dilibatkan; Tanggung jawab dari peneliti secara etika; Proyek rancangan dan ciptaan dan etik; Penelitian internet dan etik; Mengevaluasi etika penelitian
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature
Mereview Literatur: Tujuan review literature; Sumber-sumber literature; Internet dan review literature; Pelaksanaan review literature; Mengevaluasi review literature
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
  1. Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet
Survey : Mendefinisikan survey; Merencanakan dan merancang survey; Teori dasar dan survey; Internet dan survey; Contoh survey dalam melaksanakan penelitian melalui intenet, penelitian sistem informasi dan komputer; Mengevalusi penelitian berbasis survey
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation
Design dan Creation : Rancangan dan ciptaan; Mendefinisikan rancangan dan ciptaan; Merencanakan dan melaksanakan penelitian rancangan dan ciptaan; Creative computing dan digital art; Internet dan penelitian rancangan dan ciptaan; Contoh dari penelitian rnacangan dan ciptaan dalam sistem informasi dan komputer ; Mengevaluasi penelitian rancangan dan ciptaan
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
8
  1. Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen
Experiment: Mendefinisikan eksperimen; Merencanakan dan melaksanakan eksperimen; Internet dan eksprerimen; Contoh penelitian eksperimen dalam Sistem Informasi; Evaluasi penelitian Berbasis eksperimen
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus
Penelitian Studi Kasus: Mendefinisikan studi kasus; Merencanakan dan melaksanakan studi kasus; Internet dan studi kasus; Contoh penelitian studi kasus dalam sistem informasi; Evaluasi penelitian Berbasis studi kasus
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan
Penelitian Tindakan: Mendefinisikan penelitian Tindakan; Merencanakan dan melaksanakan penelitian Tindakan;- Pengembangan dalam penelitian Tindakan; Internet dan penelitian Tindakan; Contoh penelitian Tindakan dalam sistem informasi; Mengevaluasi penelitian tindakan
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography
Penelitian Ethnography: Mendefinisikan ethnography; Merencanakan dan melaksanakan ethnography; Intenet dan ethnography; Contoh ethnography dalam sistem informasi; Evaluasi penelitian Berbasis ethnography
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data
Interview dan Observasi : Mendefinisikan interview; Merencanakan dan melaksanakan interview; Group interview; Internet berbasiskan interview; Contoh interview dalam sistem informasi; Mendefinisikan observasi; Merencanakan dan melaksanakan observasi sistematis; Merencanakan dan melaksanakan observasi partisipan; Contoh observasi dalam sistem informasi
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data
Questioner dan Dokumen : Mendefisikan questioner; Merencanakan dan merancang questioner; Internet dan questioner; Contoh questioner dalam sistem informasi; Mendefinisikan document; Merencanakan dan melaksanakan penelitian berbasis dokumen; Contoh dokumen dalam sistem informasi
  • Tutorial
  • Kolaborative
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data
Analisis data Kuantitatif dan Qualitatif; Mendefinisikan analisis data quantitative; Type data quantitatif Data coding; Bantuan visual untuk analisis data quantitative; Menggunakan statistik untuk data analisis; Interpretasi data; Analisis data textual; Analisis non tektual data qualitative; Teori dasar; Analisis data quantitatif berbantuan komputer. Presentasi Tugas
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Tugas - 50.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. ; Friday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.1 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.3 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.3 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.4 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (50.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 3.00%
3%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 3.00%
3%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.1 3.00%
3%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.1 2.00%
2%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.2 3.00%
3%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.3 3.00%
3%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 5.00%
5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 5.00%
5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 5.00%
5%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.2 5.00%
5%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.3 5.00%
5%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.4 50.00%
50%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M3 M4 M10 M13 M5 M9 M12 M7 M8 M11 M1 M2 M6 M14
Komponen UTS UTS UAS UAS UTS UAS UAS UTS UAS UAS UTS UTS UTS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 5.00% 5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 3.00% 3%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 5.00% 5%
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 5.00% 5%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.1 3.00% 3%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.2 5.00% 5%
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.3 5.00% 5%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.1 2.00% 2%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.2 3.00% 3%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.3 3.00% 3%
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.4 50.00% 50%
TOTAL 3 3 5 5 3 5 5 3 5 5 2 3 3 50 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1 UTS
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2 UTS
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3 UAS
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4 UAS
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1 UTS
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2 UAS
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3 UAS
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.1 UTS
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.2 UAS
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.3 UAS
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.1 UTS
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.2 UTS
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.3 UTS
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.4 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.1Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian
Indikator Kinerja: Proses, komponen dan model penelitian dapat dianalisis
Performance Indicator: Processes, components and research models can be analyzed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.2Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik
Indikator Kinerja: Proses, komponen dan model penelitian dapat dianalisis
Performance Indicator: Processes, components and research models can be analyzed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Etika penelitian dapat diterapkan
Performance Indicator: Research ethics can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.1Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature
Indikator Kinerja: Survey Literature Review dapat diterapkan
Performance Indicator: Literature Review Survey can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.1Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation
Indikator Kinerja: Proses Desain dan Kreasi dapat diterapkan
Performance Indicator: Design and Creation processes can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.1Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.2Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.9 KK9.CPMK-4 KK9.CPMK-4.3Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.3Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-1 KK1.CPMK-1.4Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan
Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.2Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan
Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan
Performance Indicator: Case Study Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-2 KK6.CPMK-2.3Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan
Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan
Performance Indicator: Case Study Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan
Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.2Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan
Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan
Performance Indicator: Case Study Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan
Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Eksperimen dapat dijalankan
Performance Indicator: The Experiment process can be run
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-3 KK7.CPMK-3.3Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan
Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri
Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan
Performance Indicator: The Survey process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan
Performance Indicator: Action Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan
Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan
Performance Indicator: Case Study Research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan
Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Proses Eksperimen dapat dijalankan
Performance Indicator: The Experiment process can be run
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Penelitian Ethnography dapat diterapkan
Performance Indicator: Ethnography research can be applied
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 1 25.00
B- 2 50.00
C+ 1 25.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KK1.CPMK-1.1
Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian
0 4 0 0 100.00
KK1.CPMK-1.2
Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik
0 4 0 0 100.00
KK1.CPMK-1.3
Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan
0 3 1 0 100.00
KK1.CPMK-1.4
Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data
0 3 1 0 100.00
KK6.CPMK-2.1
Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature
0 4 0 0 100.00
KK6.CPMK-2.2
Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus
0 3 1 0 100.00
KK6.CPMK-2.3
Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data
0 3 1 0 100.00
KK7.CPMK-3.1
Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation
0 4 0 0 100.00
KK7.CPMK-3.2
Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen
0 3 1 0 100.00
KK7.CPMK-3.3
Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography
0 3 1 0 100.00
KK9.CPMK-4.1
Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian
0 4 0 0 100.00
KK9.CPMK-4.2
Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian
0 4 0 0 100.00
KK9.CPMK-4.3
Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet
0 4 0 0 100.00
KK9.CPMK-4.4
Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data
0 1 3 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography
UAS03
(75.00 %)
1
(25.00 %)
0100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet
UTS04
(100.00 %)
00100
(2,500.00 %)
Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data
TG01
(25.00 %)
3
(75.00 %)
0100
(2,500.00 %)

Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK9.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK9.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KK1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
KK9.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
1 065002100014 NYETO LEO T 75.0075.0070.0070.0075.0070.0070.0075.0070.0070.0075.0075.0075.0061.50
2 065002100024 AFIF MAULANA 70.0070.0072.0072.0070.0072.0072.0070.0072.0072.0070.0070.0070.0073.00
3 065002100015 SURGERY ADHI NUGROHO 73.0073.0065.0065.0073.0065.0065.0073.0065.0065.0073.0073.0073.0060.50
4 065002100039 ARMYTA MECKY 72.0072.0074.0074.0072.0074.0074.0072.0074.0074.0072.0072.0072.0060.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.)