PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah |
Kode Mata Kuliah | : | IKB6303 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 4 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah |
KODE MATA KULIAH | : IKB6303 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN & PENULISAN ILMIAH Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKB6303 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 | Analisis Sistem |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | Proses Business |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | Prediktif dan Visualisasi Data |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | Perencanaan Strategi Sistem Informasi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 |
|
||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 |
|
||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 |
|
||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKB6303 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKB6303 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Disiplin sistem informasi dan komputer; Praktek penelitian berbasiskan bukti; Internet dan penelitian; Apakah penelitian?; argument; Mengevaluasi penelitian; Pengembangan sistem berbasiskan komputer; Aspek dalam penelitian dan karya tulis ilmiah; persyaratan karya ilmiah; |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
2 |
|
Alasan melakukan penelitian Hasil/produk; Menemukan dan memilih topik penelitian; Mengevaluasi tujuan dan produk penelitian: Abstrak, Kajian Teori, Metodologi Karya Ilmiah |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
3 |
|
Ringkasan dari Proses penelitian: Sebuah model proses penelitian; Model alternative proses penelitian; Mengevaluasi proses penelitian |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
4 |
|
Partisipan dan Etika penelitian: Hukum dan penelitian; Hak-hak orang yang dilibatkan; Tanggung jawab dari peneliti secara etika; Proyek rancangan dan ciptaan dan etik; Penelitian internet dan etik; Mengevaluasi etika penelitian |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
5 |
|
Mereview Literatur: Tujuan review literature; Sumber-sumber literature; Internet dan review literature; Pelaksanaan review literature; Mengevaluasi review literature |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
6 |
|
Survey : Mendefinisikan survey; Merencanakan dan merancang survey; Teori dasar dan survey; Internet dan survey; Contoh survey dalam melaksanakan penelitian melalui intenet, penelitian sistem informasi dan komputer; Mengevalusi penelitian berbasis survey |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
7 |
|
Design dan Creation : Rancangan dan ciptaan; Mendefinisikan rancangan dan ciptaan; Merencanakan dan melaksanakan penelitian rancangan dan ciptaan; Creative computing dan digital art; Internet dan penelitian rancangan dan ciptaan; Contoh dari penelitian rnacangan dan ciptaan dalam sistem informasi dan komputer ; Mengevaluasi penelitian rancangan dan ciptaan |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
8 |
|
Experiment: Mendefinisikan eksperimen; Merencanakan dan melaksanakan eksperimen; Internet dan eksprerimen; Contoh penelitian eksperimen dalam Sistem Informasi; Evaluasi penelitian Berbasis eksperimen |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
9 |
|
Penelitian Studi Kasus: Mendefinisikan studi kasus; Merencanakan dan melaksanakan studi kasus; Internet dan studi kasus; Contoh penelitian studi kasus dalam sistem informasi; Evaluasi penelitian Berbasis studi kasus |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
10 |
|
Penelitian Tindakan: Mendefinisikan penelitian Tindakan; Merencanakan dan melaksanakan penelitian Tindakan;- Pengembangan dalam penelitian Tindakan; Internet dan penelitian Tindakan; Contoh penelitian Tindakan dalam sistem informasi; Mengevaluasi penelitian tindakan |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
11 |
|
Penelitian Ethnography: Mendefinisikan ethnography; Merencanakan dan melaksanakan ethnography; Intenet dan ethnography; Contoh ethnography dalam sistem informasi; Evaluasi penelitian Berbasis ethnography |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
12 |
|
Interview dan Observasi : Mendefinisikan interview; Merencanakan dan melaksanakan interview; Group interview; Internet berbasiskan interview; Contoh interview dalam sistem informasi; Mendefinisikan observasi; Merencanakan dan melaksanakan observasi sistematis; Merencanakan dan melaksanakan observasi partisipan; Contoh observasi dalam sistem informasi |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
13 |
|
Questioner dan Dokumen : Mendefisikan questioner; Merencanakan dan merancang questioner; Internet dan questioner; Contoh questioner dalam sistem informasi; Mendefinisikan document; Merencanakan dan melaksanakan penelitian berbasis dokumen; Contoh dokumen dalam sistem informasi |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
|
14 |
|
Analisis data Kuantitatif dan Qualitatif; Mendefinisikan analisis data quantitative; Type data quantitatif Data coding; Bantuan visual untuk analisis data quantitative; Menggunakan statistik untuk data analisis; Interpretasi data; Analisis data textual; Analisis non tektual data qualitative; Teori dasar; Analisis data quantitatif berbantuan komputer. Presentasi Tugas |
|
170.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Metodologi Penelitian & Penulisan Ilmiah | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ; Friday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.3 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.4 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (50.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.3 | 3.00% | 3% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 30% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.4 | 50.00% | 50% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||
M3 | M4 | M10 | M13 | M5 | M9 | M12 | M7 | M8 | M11 | M1 | M2 | M6 | M14 | ||||
Komponen | UTS | UTS | UAS | UAS | UTS | UAS | UAS | UTS | UAS | UAS | UTS | UTS | UTS | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | Bobot |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.2 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.3 | 3.00% | 3% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.4 | 50.00% | 50% | |||||||||||||
TOTAL | 3 | 3 | 5 | 5 | 3 | 5 | 5 | 3 | 5 | 5 | 2 | 3 | 3 | 50 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | UTS |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | UAS |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | UAS |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | UTS |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | UAS |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | UAS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | UTS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | UAS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | UAS |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.1 | UTS |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.2 | UTS |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.3 | UTS |
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.4 | TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses, komponen dan model penelitian dapat dianalisis Performance Indicator: Processes, components and research models can be analyzed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses, komponen dan model penelitian dapat dianalisis Performance Indicator: Processes, components and research models can be analyzed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Etika penelitian dapat diterapkan Performance Indicator: Research ethics can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Survey Literature Review dapat diterapkan Performance Indicator: Literature Review Survey can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Desain dan Kreasi dapat diterapkan Performance Indicator: Design and Creation processes can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.1 | Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.2 | Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-4 | KK9.CPMK-4.3 | Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan Performance Indicator: Case Study Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan Performance Indicator: Case Study Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan Performance Indicator: Case Study Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Eksperimen dapat dijalankan Performance Indicator: The Experiment process can be run |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pengertian penelitian, tahapan, evaluasi dan aspek penelitian serta pengertian dan persyaratan karya tulis ilmiah dapat dijelaskan Performance Indicator: The meaning of research, stages, evaluation and aspects of research as well as the meaning and requirements of scientific writing can be explained |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Produk atau keluaran penelitian dapat dibedakan dan ide penelitian dapat ditelusuri Performance Indicator: Research products or outputs can be differentiated and research ideas can be explored |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Survey dapat dijalankan Performance Indicator: The Survey process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Tindakan dapat diterapkan Performance Indicator: Action Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Questioner dan dokumen dapay disiapkan Performance Indicator: Questionnaires and documents can be prepared |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Studi Kasus dapat diterapkan Performance Indicator: Case Study Research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Interview dan Observasi dapat dijalankan Performance Indicator: The Interview and Observation process can be carried out |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Proses Eksperimen dapat dijalankan Performance Indicator: The Experiment process can be run |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penelitian Ethnography dapat diterapkan Performance Indicator: Ethnography research can be applied |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 1 | 25.00 |
B- | 2 | 50.00 |
C+ | 1 | 25.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK1.CPMK-1.1 Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-1.2 Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-1.3 Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-1.4 Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK6.CPMK-2.1 Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK6.CPMK-2.2 Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK6.CPMK-2.3 Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.1 Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.2 Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.3 Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography |
0 | 3 | 1 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-4.1 Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-4.2 Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-4.3 Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet |
0 | 4 | 0 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-4.4 Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data |
0 | 1 | 3 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mampu memahami proses, komponen dan model penelitian | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu memahami hak-hak partisipan penelitian; Tanggung jawab peneliti pada orang yang terlibat dalam penelitian; Etika penelitian internet; kesulitan menjadi seorang peneliti etik | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu memahami pengertian penelitian tindakan; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan perancangan penelitian tindakan; Menjelaskan pengembangan penelitian tindakan; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan dilaksanakan melalui internet; Menjelaskan bagaimana penelitian tindakan telah dilakukan dalam sistem informasi dan komputer; Menjelaskan keuntungan dan kerugian penelitian tindakan | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis questioner dan dokumen sebagai metoda pengambilan data; merencanakan dan melakukan questioner dan dokumen; menganalis internet dapat digunakan untuk questioner dan dokumen; Menganalisis questioner dan dokumen telah digunakan dalam penelitian sistem informasi ; Menganalisis keuntungan dan kerugian questioner dan dokumen sebagai pengambil data | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu memahami tujuan review literature; Cakupan sumber literature yang tersedia; internet digunakan selama review literature | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis strategi penelitian studi kasus; isu-isu untuk menyelesaikan perencanaan dan pelaksanaan penelitian studi kasus; penelitian studi kasus dapat diterapkan pada Internet; penelitian studi kasus yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian studi kasus | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis interview dan observasi sebagai metoda pengambilan data ; merencanakan dan melakukan interview pada grup dan individu dan observasi; pemanfaatan internet dapat digunakan untuk interview dan observasi; menganalisis hasil interview dan observasi telah digunakan dalam penelitian sistem informasi; keuntungan dan kerugian interview dan observasi sebagai pengambil data | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis strategi penelitian design dan creation; isu-isu dalam penelitian design dan creation; penelitian design dan creation dan internet; penelitian design dan creation telah digunakan dalam sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian design dan creation | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis strategi penelitian eksperimen; isu-isu dalam perencanaan dan melaksanakan penelitian ekperimen; penelitian berbasis eksperimen diterapkan di internet; eksperimen dilakukan pada sistem informasi dan komputer; keuntungan dan kerugian penelitian berbasis eksperimen | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis penelitian ethnography; isu-isu penelitian ethnography; penelitian ethnography dapat diterapkan pada Internet ; penelitian ethnography yang telah digunakan pada sistem informasi; keuntungan dan kerugian penelitian ethnography | |||||
UAS | 0 | 3 (75.00 %) | 1 (25.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis penelitian, tahapan penelitian, evaluasi dan aspek penelitian | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menerapkan beberapa produk atau keluaran penelitian dan cara menemukan ide penelitian | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis strategi penelitian survey; isu perencanaan dan rancangan penelitian survey; cara penelitian melalui internet | |||||
UTS | 0 | 4 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Mampu menganalisis bentuk data kuantitatif dan kualitatif mempersiapkan analisis data kuantitatif dan kualitatif; penggunaan alat bantu untuk untuk analisis data quantitative dan kualitatif; penggunaan statistik untuk analisis data | |||||
TG | 0 | 1 (25.00 %) | 3 (75.00 %) | 0 | 100 (2,500.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||
KK1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002100014 | NYETO LEO T | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 61.50 |
2 | 065002100024 | AFIF MAULANA | 70.00 | 70.00 | 72.00 | 72.00 | 70.00 | 72.00 | 72.00 | 70.00 | 72.00 | 72.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 73.00 |
3 | 065002100015 | SURGERY ADHI NUGROHO | 73.00 | 73.00 | 65.00 | 65.00 | 73.00 | 65.00 | 65.00 | 73.00 | 65.00 | 65.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 60.50 |
4 | 065002100039 | ARMYTA MECKY | 72.00 | 72.00 | 74.00 | 74.00 | 72.00 | 74.00 | 74.00 | 72.00 | 74.00 | 74.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 60.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.)