PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Proyek Rekayasa Sistem Informasi |
Kode Mata Kuliah | : | ISM6306 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 29 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Proyek Rekayasa Sistem Informasi |
KODE MATA KULIAH | : ISM6306 |
KELAS | : SI-02 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PROYEK REKAYASA SISTEM INFORMASI Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: ISM6306 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata |
KK.5 | KK5.CPMK-3 | Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif |
KK.5 | KK5.CPMK-4 | Mampu Berkomunikasi dengan praktisi secara efektif dan profesional |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||
---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||
KK.3 | KK3.CPMK-2 |
|
||
KK.5 | KK5.CPMK-3 |
|
||
KK.5 | KK5.CPMK-4 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISM6306 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : ISM6306 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Proyek Rekayasa Sistem Informasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Information System Project Description |
|
150.00 | Intro, motivation work, problem statement, objective, organization of project |
|
|
2 |
|
Project Planning and Design |
|
150.00 | understand Project Plan Management and Project Plan Inception |
|
|
3 |
|
Project investigation |
|
150.00 | Introduction, core area of the project, existing approaches |
|
|
4 |
|
Project development rationalization |
|
150.00 | Pros and cons of existing system, issues/observations from investigation |
|
|
5 |
|
Requirement Artifact |
|
150.00 | Introduction, SoftWare & HardWare specification |
|
|
6 |
|
Specific Project Requirements |
|
150.00 | specific requirements, determine project requirements, quality of project requirements specification |
|
|
7 |
|
Presentation of Project Proposal |
|
150.00 | Writing project proposal, defend ideas and argumentation, critical thinking to evaluate other proposal |
|
|
8 |
|
Design Methodology |
|
150.00 | understand: developing stakeholder expectations, technical requirements, logical decompositions, and design solutions. |
|
|
9 |
|
Software and UI/UX Design |
|
150.00 | Understand how to design program. database and UI/UX of the application software project development |
|
|
10 |
|
Technical Implementation and Analysis |
|
150.00 | understanding technical implementation, implementation analysis and implementation technology |
|
|
11 |
|
Testing and Validation |
|
150.00 | understand and able to perform test and validation, both internal and external of the developer team |
|
|
12 |
|
Project Outcome and Applicability |
|
150.00 | Well understand the differences of project benefit project outcome, project output (deliverables), and project objectives |
|
|
13 |
|
Limitation and Constraints of the System |
|
150.00 | Understand the limitations or restrictions that affect the design, development, or operation of an information system. |
|
|
14 |
|
Project Applicability on Real World application |
|
150.00 | understanding the real life applications of Information System Project to the organization, especially in industries and business |
|
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Proyek Rekayasa Sistem Informasi | 2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ; Thursday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-7 Assessment: Proposal (10.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Laporan (10.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Analisis Kasus dan Presentasi 1 (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Artikel Review (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (15.00%) Minggu ke-8 Assessment: Artikel Review (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Artikel Review (7.00%) Minggu ke-11 Assessment: Laporan (10.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.5 | KK5.CPMK-4 | KK5.CPMK-4.1 | Minggu ke-1 Assessment: Artikel Review (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Proposal (10.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (10.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | 15.00% | 15% | ||||||
TOTAL | 15% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.5 | KK5.CPMK-4 | KK5.CPMK-4.1 | 10.00% | 10% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 5% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||
M7 | M12 | M14 | M3 | M5 | M4 | M6 | M8 | M9 | M11 | M13 | M1 | M2 | M10 | ||||
Komponen | Proposal | UAS | LP | AKP1 | TG | AR | UTS | AR | AR | LP | UAS | AR | Proposal | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 10.00% | 5.00% | 10.00% | 25% | |||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.1 | 5.00% | 5.00% | 10% | ||||||||||||
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | 3.00% | 15.00% | 3.00% | 7.00% | 10.00% | 5.00% | 43% | ||||||||
KK.5 | KK5.CPMK-4 | KK5.CPMK-4.1 | 2.00% | 10.00% | 10.00% | 22% | |||||||||||
TOTAL | 10 | 5 | 10 | 5 | 5 | 3 | 15 | 3 | 7 | 10 | 5 | 2 | 10 | 10 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Proposal UAS LP |
KK.3 | KK3.CPMK-2 | KK3.CPMK-2.1 | AKP1 TG |
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | AR UTS AR AR LP UAS |
KK.5 | KK5.CPMK-4 | KK5.CPMK-4.1 | AR Proposal UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.5 | KK5.CPMK-3 | KK5.CPMK-3.1 | Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.5 | KK5.CPMK-4 | KK5.CPMK-4.1 | Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar dapat dilakukan secara efektif Performance Indicator: communication with all stakeholders and the community at larger scope can be done effectively |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif dapat diterapkan dengan tepat Performance Indicator: critical thinking and analytical skills in investigating a real-world problem and identifying an effective solution can to applied correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek dapat diintegrasikan dengan tepat Performance Indicator: The project IS professional practice, ethical conduct, and sustainability considerations can be integrated correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 1 | 3.45 |
A- | 2 | 6.90 |
B+ | 9 | 31.03 |
B | 15 | 51.72 |
B- | 2 | 6.90 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar |
0 | 20 | 9 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-2.1 Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata |
6 | 23 | 0 | 0 | 100.00 |
KK5.CPMK-3.1 Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif |
1 | 15 | 13 | 0 | 100.00 |
KK5.CPMK-4.1 Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek |
0 | 20 | 9 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mampu berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas yang lebih besar | |||||
UAS | 0 | 20 (68.97 %) | 9 (31.03 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
Mampu mengintegrasikan teori, kerangka kerja, dan manajemen Sistem Informasi untuk mengatasi permasalahan dunia nyata | |||||
AKP1 | 6 (20.69 %) | 23 (79.31 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
TG | 6 (20.69 %) | 23 (79.31 %) | 0 | 0 | 100 (344.83 %) |
Mampu menerapkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis dalam menyelidiki masalah dunia nyata dan mengidentifikasi solusi yang efektif | |||||
UAS | 0 | 20 (68.97 %) | 9 (31.03 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
UTS | 1 (3.45 %) | 15 (51.72 %) | 13 (44.83 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
Mampu mengintegrasikan praktik profesional IS, perilaku etis, dan pertimbangan keberlanjutan ke dalam proyek | |||||
UAS | 0 | 20 (68.97 %) | 9 (31.03 %) | 0 | 100 (344.83 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK5.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK5.CPMK-4.1 Std Mark: 3.30 |
|||
1 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 75.00 | 75.00 | 71.25 | 75.00 |
2 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 64.00 | 73.00 | 61.00 | 64.00 |
3 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 70.00 | 80.00 | 67.75 | 70.00 |
4 | 065002200002 | AYESHA NADRA SAABIRAH | 68.00 | 75.00 | 67.25 | 68.00 |
5 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 78.00 | 84.00 | 71.25 | 78.00 |
6 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 73.00 | 80.00 | 67.00 | 73.00 |
7 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 65.00 | 72.00 | 62.75 | 65.00 |
8 | 065002200035 | BELVA LUTHFIAH ANDINI | 60.00 | 84.00 | 73.50 | 60.00 |
9 | 065002200004 | NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI | 75.00 | 73.00 | 72.00 | 75.00 |
10 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 70.00 | 73.00 | 62.50 | 70.00 |
11 | 065002200009 | RYANDRA RAFA ADITYA | 76.00 | 75.00 | 77.50 | 76.00 |
12 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 70.00 | 72.00 | 68.50 | 70.00 |
13 | 065002200043 | MUHAMMAD RAFI | 78.00 | 84.00 | 77.25 | 78.00 |
14 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 70.00 | 72.00 | 74.50 | 70.00 |
15 | 065002200012 | ATHAR DHIYA'AN KOMAR | 72.00 | 80.00 | 68.25 | 72.00 |
16 | 065002100001 | EKA ALIDYA | 73.00 | 76.00 | 67.00 | 73.00 |
17 | 065002100026 | SITI AISAH | 77.00 | 76.00 | 71.75 | 77.00 |
18 | 065002100005 | NIA SUHERNAWATI | 76.00 | 76.00 | 77.50 | 76.00 |
19 | 065002100019 | JOFI TAUFIQUL HAKIM | 74.00 | 75.00 | 72.50 | 74.00 |
20 | 065002100030 | NOVAN KRISNA | 67.00 | 75.00 | 63.25 | 67.00 |
21 | 065002200019 | SANDI PERMANA YUDA | 65.00 | 70.00 | 68.00 | 65.00 |
22 | 065002200020 | AHMAD DANI SAPUTRA | 65.00 | 70.00 | 62.75 | 65.00 |
23 | 065002200018 | RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM | 68.00 | 70.00 | 71.00 | 68.00 |
24 | 065002100016 | FARIZ UBAIDILLAH | 74.00 | 73.00 | 65.75 | 74.00 |
25 | 065002100018 | ARHANIF ADRIAN RIYADI | 63.00 | 70.00 | 66.75 | 63.00 |
26 | 065002100015 | SURGERY ADHI NUGROHO | 62.00 | 70.00 | 68.00 | 62.00 |
27 | 065002200017 | M. SATRIA PRATAMA | 64.00 | 71.00 | 64.75 | 64.00 |
28 | 065002200037 | PUTRA MARIO SANTOSO | 77.00 | 71.00 | 80.75 | 77.00 |
29 | 065002100020 | KEVIN PUTRA TJAHJONO | 71.00 | 73.00 | 65.75 | 71.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2461 Dr. Ahmad Zuhdi, S.Si.)