Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Keamanan Komputasi
Kode Mata Kuliah : ISC6301
Tim Dosen :
  1. 2615 Is Mardianto, M.Kom.
Kelas : 01
Dosen : 2615 Is Mardianto, M.Kom.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 11 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Keamanan Komputasi
KODE MATA KULIAH : ISC6301
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2615 Is Mardianto, M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2615 Is Mardianto, M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2615 Is Mardianto, M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
KEAMANAN KOMPUTASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISC6301
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2615 Is Mardianto, M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KK.3 KK3.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan dampak dan penerapan teknologi kriptografi
KK.3 KK3.CPMK-2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teori keamanan komputasi
KK.3 KK3.CPMK-3 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Hash
KK.3 KK3.CPMK-4 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme kunci publik
KK.3 KK3.CPMK-5 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme simetrik
KK.3 KK3.CPMK-6 Mahasiswa mampu menghitung teknik multi enkripsi, mode operasi dan stream cipher
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KK.3 KK3.CPMK-1
KK3.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi manajemen kunci publik, digital certificate dan certificate authorities
KK3.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi kriptografi pada teknologi Blockchain
KK3.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan teknik otentikasi pesan
KK.3 KK3.CPMK-2
KK3.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan jenis serangan, layanan dan mekanisme keamanan komputasi
KK.3 KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme MD5
KK.3 KK3.CPMK-4
KK3.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme RSA
KK3.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC)
KK.3 KK3.CPMK-5
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik substitusi
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik transposisi
KK3.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
KK3.CPMK-5.4 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
KK.3 KK3.CPMK-6
KK3.CPMK-6.1 Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme 3DES, RC4 dan mode operasi ECB, CBC, CFB, OFB dan CTR

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISC6301

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISC6301     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Keamanan Komputasi Dosen :
  1. 2615 Is Mardianto, M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis serangan, layanan dan mekanisme keamanan komputasi
Pendahuluan
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik substitusi
Enkripsi Klasik (Substitusi)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Tengah Semester - 7.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik transposisi
Enkripsi Klasik (Transposisi, Rotor Machine, Steganography)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Tengah Semester - 7.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
Kriptografi Simetrik DES (Pembuatan Kunci)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
Kriptografi Simetrik DES (Proses Enkripsi)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Tengah Semester - 10.50 %
6
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
Kriptografi Simetrik AES (Pembuatan Kunci)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
Kriptografi Simetrik AES (Proses Enkripsi)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Tengah Semester - 10.50 %
8
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme 3DES, RC4 dan mode operasi ECB, CBC, CFB, OFB dan CTR
Mode Operasi dan Enkripsi Simetrik lainnya
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme RSA
Kriptografi Kunci Publik (RSA)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Akhir Semester - 8.75 %
10
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi manajemen kunci publik, digital certificate dan certificate authorities
Manajemen Kunci Publik
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC)
Kriptografi Kunci Publik (ECC)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Akhir Semester - 8.75 %
12
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teknik otentikasi pesan
Otentikasi Pesan
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Tugas - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme MD5
Algoritme Hash (MD5)
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • William Stallings(2005)
  • Ujian Akhir Semester - 8.75 %
14
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi kriptografi pada teknologi Blockchain
Blockchain
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mendengarkan paparan dosen
  • Ujian Akhir Semester - 8.75 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Keamanan Komputasi 2615 Is Mardianto, M.Kom. ; Friday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2615 Is Mardianto, M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.1 Minggu ke-10 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.75%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.3 Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.75%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.75%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (8.75%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.50%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4 Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.50%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-6 KK3.CPMK-6.1 Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 7.00%
7%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 7.00%
7%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 10.50%
10.5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4 10.50%
10.5%
TOTAL 35%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 8.75%
8.75%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 8.75%
8.75%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 8.75%
8.75%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 8.75%
8.75%
TOTAL 35%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.3 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-6 KK3.CPMK-6.1 5.00%
5%
TOTAL 30%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M10 M14 M12 M1 M13 M9 M11 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8
Komponen TG UAS TG TG UAS UAS UAS UTS UTS TG UTS TG UTS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.1 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 8.75% 8.75%
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.3 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 8.75% 8.75%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 8.75% 8.75%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 8.75% 8.75%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 7.00% 7%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 7.00% 7%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 5.00%10.50% 15.5%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4 5.00%10.50% 15.5%
KK.3 KK3.CPMK-6 KK3.CPMK-6.1 5.00% 5%
TOTAL 5 8.75 5 5 8.75 8.75 8.75 7 7 5 10.5 5 10.5 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.1 TG
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.3 TG
KK.3 KK3.CPMK-2 KK3.CPMK-2.1 TG
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 UAS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 UAS
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2 UAS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 UTS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 UTS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4 TG UTS
KK.3 KK3.CPMK-6 KK3.CPMK-6.1 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik substitusi
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik substitusi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using substitution techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik transposisi
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik substitusi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using substitution techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik transposisi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography uses transposition techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.3Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik substitusi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using substitution techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik transposisi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography uses transposition techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES) dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the Data Encryption Standard (DES) algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.4Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik substitusi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using substitution techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan teknik transposisi dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography uses transposition techniques can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES) dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the Data Encryption Standard (DES) algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES) dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the Advanced Encryption Standard (AES) algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.3 KK3.CPMK-1 KK3.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi kriptografi pada teknologi Blockchain
Indikator Kinerja: Teknik blockchain dapat dijelaskan
Performance Indicator: Blockchain techniques can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme MD5
Indikator Kinerja: Teknik blockchain dapat dijelaskan
Performance Indicator: Blockchain techniques can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme MD5 dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the MD5 algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme RSA
Indikator Kinerja: Teknik blockchain dapat dijelaskan
Performance Indicator: Blockchain techniques can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme MD5 dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the MD5 algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme RSA dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the RSA algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.2Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC)
Indikator Kinerja: Teknik blockchain dapat dijelaskan
Performance Indicator: Blockchain techniques can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme MD5 dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the MD5 algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme RSA dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the RSA algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC) dapat dihitung
Performance Indicator: Cryptography using the Elliptic Curve Cryptography (ECC) algorithm can be calculated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 1 9.09
B 0 0.00
B- 1 9.09
C+ 2 18.18
C 5 45.45
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KK3.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi manajemen kunci publik, digital certificate dan certificate authorities
6 3 0 2 81.82
KK3.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi kriptografi pada teknologi Blockchain
9 0 0 2 81.82
KK3.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menjelaskan teknik otentikasi pesan
6 3 0 2 81.82
KK3.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis serangan, layanan dan mekanisme keamanan komputasi
6 3 0 2 81.82
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme MD5
0 1 0 10 9.09
KK3.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme RSA
4 5 0 2 81.82
KK3.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC)
3 5 0 3 72.73
KK3.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik substitusi
0 0 0 11 0.00
KK3.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik transposisi
0 0 0 11 0.00
KK3.CPMK-5.3
Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
6 3 0 2 81.82
KK3.CPMK-5.4
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
6 3 0 2 81.82
KK3.CPMK-6.1
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme 3DES, RC4 dan mode operasi ECB, CBC, CFB, OFB dan CTR
6 3 0 2 81.82
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi manajemen kunci publik, digital certificate dan certificate authorities
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi kriptografi pada teknologi Blockchain
UAS9
(100.00 %)
000100
(1,111.11 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan teknik otentikasi pesan
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis serangan, layanan dan mekanisme keamanan komputasi
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme MD5
UAS01
(11.11 %)
08
(88.89 %)
11.11
(123.44 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme RSA
UAS4
(44.44 %)
5
(55.56 %)
00100
(1,111.11 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Elliptic Curve Cryptography (ECC)
UAS3
(33.33 %)
5
(55.56 %)
01
(11.11 %)
88.89
(987.67 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik substitusi
UTS0009
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan teknik transposisi
UTS0009
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami block cipher dan mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Data Encryption Standard (DES)
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard (AES)
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)
Mahasiswa mampu menghitung kriptografi menggunakan algoritme 3DES, RC4 dan mode operasi ECB, CBC, CFB, OFB dan CTR
TG6
(54.55 %)
3
(27.27 %)
02
(18.18 %)
81.82
(743.82 %)

Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.4 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KK3.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.3
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.4
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
1 065002200017 M. SATRIA PRATAMA 94.7580.0094.7594.7540.0080.0088.0025.0050.0094.7594.7594.75
2 065002200037 PUTRA MARIO SANTOSO 91.65100.0091.6591.6572.0080.00100.0025.0025.0091.6591.6591.65
3 065001900018 MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS 88.8080.0088.8088.8040.0068.0080.0025.0050.0088.8088.8088.80
4 065002200020 AHMAD DANI SAPUTRA 93.60100.0093.6093.6040.0080.0040.0025.0050.0093.6093.6093.60
5 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 80.6584.0080.6580.6540.0072.0072.0025.0050.0080.6580.6580.65
6 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 77.4080.0077.4077.4040.0072.0072.0025.0050.0077.4077.4077.40
7 065002200018 RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM 74.65100.0074.6574.6540.0080.0072.0025.0050.0074.6574.6574.65
8 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
9 065002000004 RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
10 065002200026 JANATHAN AUDI 74.65100.0074.6574.6540.0072.0072.0025.0025.0074.6574.6574.65
11 065002200030 RIDWAN BAKKARA 83.45100.0083.4583.4540.0072.0072.0025.0025.0083.4583.4583.45

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2615 Is Mardianto, M.Kom.)