Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Analisa Sistem Informasi
Kode Mata Kuliah : ISO6302
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Kelas : 01
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 35 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Analisa Sistem Informasi
KODE MATA KULIAH : ISO6302
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
ANALISA SISTEM INFORMASI
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISO6302
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mampu menganalisis Analisa dan Desain Sistem
KK.1 KK1.CPMK-2 Mampu menganalisis Model dan Modelling System
KK.6 KK6.CPMK-3 Mampu menganalis Model dan Metode Sistem
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mampu membedakan Pendekatan Tradisional dan Berorientasi Objek
P1.CPMK-1.2 Mampu mengukur peranan Seorang System Analyst
KK.1 KK1.CPMK-2
KK1.CPMK-2.1 Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Pra System
KK1.CPMK-2.2 Mampu memproses Dokumentasi
KK1.CPMK-2.3 Mampu memproses Studi Kasus
KK1.CPMK-2.4 Mampu menerapkan Presentasi
KK1.CPMK-2.5 Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Post System
KK1.CPMK-2.6 Mampu menerapkan UML-Domain Model Class Diagram
KK1.CPMK-2.7 Mampu menerapkan UML-Use Case
KK1.CPMK-2.8 Mampu menerapkan UML-System Sequence Diagram
KK1.CPMK-2.9 Mampu menerapkan UML-State Machine Diagram
KK1.CPMK-2.10 Mampu menerapkan Testing-Integrating Requirements
KK.6 KK6.CPMK-3
KK6.CPMK-3.1 Mampu menerapkan Metodologi
KK6.CPMK-3.2 Mampu mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna dan Sistem

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISO6302

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISO6302     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Analisa Sistem Informasi Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu membedakan Pendekatan Tradisional dan Berorientasi Objek
Pendekatan Pengembangan Sistem; Mengidentifikasi Input dan Output; Diagram Hubungan Entitas; Diagram Aliran Data; Dokumentasi Komponen DFD
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D.(2015) (Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S.D. 2015. System Analysis and Design in A Changing World. )
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mampu mengukur peranan Seorang System Analyst
Analis sebagai Pemecah Masalah Bisnis; Sistem yang Memecahkan Masalah Bisnis; Keterampilan yang diperlukan dari Analis Sistem; Karir Terkait Analisis
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mampu menerapkan Metodologi
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC) Pengembangan Berulang Metodologi, Model, Alat, dan Teknik Pengembangan Tangkas Proses Terpadu, Pemrograman Ekstrim, dan Scrum
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mampu mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna dan Sistem
Pendekatan Tradisional terhadap Persyaratan Sistem; Menyelidiki Persyaratan Sistem berjalan; Apa Persyaratannya? Teknik Pengumpulan Informasi
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Pra System
Mendokumentasikan Alur Kerja dengan Diagram Aktivitas; Diagram Aktivitas Pra Sistem
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
  1. Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Post System
Activity Diagrams Post System
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mampu menerapkan UML-Domain Model Class Diagram
The Domain Model Class Diagram
  • Kolaborative
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
8
  1. Mampu menerapkan UML-Use Case
Mengidentifikasi Kisah Pengguna dan Kasus Penggunaan Kasus Penggunaan dan Teknik Sasaran Pengguna Kasus Penggunaan dan Dekomposisi Peristiwa Deskripsi Kasus Penggunaan
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mampu menerapkan UML-System Sequence Diagram
Use Cases dan CRUD The System Sequence Diagram
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mampu menerapkan UML-State Machine Diagram
Diagram Mesin Status—Mengidentifikasi Perilaku Objek
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mampu menerapkan Testing-Integrating Requirements
Mengintegrasikan Model Persyaratan
  • Kolaborative
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mampu memproses Dokumentasi
Kebutuhan, Diagram Aktivitas Sistem Pra & Post, Use Case, Diagram Urutan Sistem, Diagram Kelas Domain
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mampu memproses Studi Kasus
Kebutuhan, Diagram Aktivitas Sistem Pra & Post, Use Case, Diagram Urutan Sistem, Diagram Kelas Domain (2)
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu menerapkan Presentasi
Kebutuhan, Diagram Aktivitas Sistem Pra & Post, Use Case, Diagram Urutan Sistem, Diagram Kelas Domain (3)
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Tugas - 50.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Analisa Sistem Informasi 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Tuesday 13:10:00-15:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.3 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.4 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (50.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.5 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.6 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.7 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.8 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.9 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.10 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
LOW KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
LOW KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.5 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.6 2.00%
2%
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.1 3.00%
3%
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.2 3.00%
3%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.3 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.7 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.8 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.9 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.10 5.00%
5%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.4 50.00%
50%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M5 M12 M13 M14 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M3 M4
Komponen UTS UTS UTS UAS UAS TG UTS UTS UAS UAS UAS UAS UTS UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.3 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.4 50.00% 50%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.5 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.6 2.00% 2%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.7 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.8 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.9 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.10 5.00% 5%
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.1 3.00% 3%
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.2 3.00% 3%
TOTAL 3 3 3 5 5 50 3 2 5 5 5 5 3 3 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UTS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 UTS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.3 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.4 TG
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.5 UTS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.6 UTS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.7 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.8 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.9 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.10 UAS
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.1 UTS
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.2 UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mampu membedakan Pendekatan Tradisional dan Berorientasi Objek
Indikator Kinerja: Pengertian Sistem Analis dan Desain terpahami
Performance Indicator: Understand the meaning of System Analysis and Design
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mampu mengukur peranan Seorang System Analyst
Indikator Kinerja: Pengertian Sistem Analis dan Desain terpahami
Performance Indicator: Understand the meaning of System Analysis and Design
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Peran Sistem Analis dapat diuraikan
Performance Indicator: The role of the Systems Analyst can be described
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Pra System
Indikator Kinerja: Activity Diagram Pra Sistem dapat digambarkan
Performance Indicator: Pre-System Activity Diagrams can be depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.5Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Post System
Indikator Kinerja: Activity Diagram Pra Sistem dapat digambarkan
Performance Indicator: Pre-System Activity Diagrams can be depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Diagram Post System dapat digambarkan
Performance Indicator: Post System diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.6Mampu menerapkan UML-Domain Model Class Diagram
Indikator Kinerja: Activity Diagram Pra Sistem dapat digambarkan
Performance Indicator: Pre-System Activity Diagrams can be depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Diagram Post System dapat digambarkan
Performance Indicator: Post System diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Domain Model Class Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: Domain Model Class Diagram can be depicted
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.1Mampu menerapkan Metodologi
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.6 KK6.CPMK-3 KK6.CPMK-3.2Mampu mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna dan Sistem
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2Mampu memproses Dokumentasi
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.3Mampu memproses Studi Kasus
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Studi kasus dapat diselesaikan
Performance Indicator: Case studies can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.7Mampu menerapkan UML-Use Case
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Studi kasus dapat diselesaikan
Performance Indicator: Case studies can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Use Case diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: Use Case diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.8Mampu menerapkan UML-System Sequence Diagram
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Studi kasus dapat diselesaikan
Performance Indicator: Case studies can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Use Case diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: Use Case diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: System Sequence Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: System Sequence Diagram can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.9Mampu menerapkan UML-State Machine Diagram
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Studi kasus dapat diselesaikan
Performance Indicator: Case studies can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Use Case diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: Use Case diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: System Sequence Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: System Sequence Diagram can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: State Machine Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: State Machine Diagram can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.10Mampu menerapkan Testing-Integrating Requirements
Indikator Kinerja: Berbagai Metodologi dapat dijelaskan
Performance Indicator: Various Methodologies can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kebutuhan pengguna dan sistem dapat diidentifikasikan
Performance Indicator: User and system needs can be identified
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Dokumentasi Analisis dapat dilengkapi
Performance Indicator: Analysis Documentation can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Studi kasus dapat diselesaikan
Performance Indicator: Case studies can be completed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Use Case diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: Use Case diagrams can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: System Sequence Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: System Sequence Diagram can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: State Machine Diagram dapat digambarkan
Performance Indicator: State Machine Diagram can be drawn
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Integrating Requirements dapat terpenuhi
Performance Indicator: Integrating Requirements can be met
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 9 25.71
A- 3 8.57
B+ 4 11.43
B 5 14.29
B- 2 5.71
C+ 3 8.57
C 2 5.71
D 6 17.14
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mampu membedakan Pendekatan Tradisional dan Berorientasi Objek
12 7 16 0 100.00
P1.CPMK-1.2
Mampu mengukur peranan Seorang System Analyst
12 7 16 0 100.00
KK1.CPMK-2.1
Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Pra System
12 7 16 0 100.00
KK1.CPMK-2.2
Mampu memproses Dokumentasi
21 6 7 1 97.14
KK1.CPMK-2.3
Mampu memproses Studi Kasus
21 6 7 1 97.14
KK1.CPMK-2.4
Mampu menerapkan Presentasi
8 12 2 13 62.86
KK1.CPMK-2.5
Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Post System
12 7 16 0 100.00
KK1.CPMK-2.6
Mampu menerapkan UML-Domain Model Class Diagram
12 7 16 0 100.00
KK1.CPMK-2.7
Mampu menerapkan UML-Use Case
21 6 7 1 97.14
KK1.CPMK-2.8
Mampu menerapkan UML-System Sequence Diagram
21 6 7 1 97.14
KK1.CPMK-2.9
Mampu menerapkan UML-State Machine Diagram
21 6 7 1 97.14
KK1.CPMK-2.10
Mampu menerapkan Testing-Integrating Requirements
21 6 7 1 97.14
KK6.CPMK-3.1
Mampu menerapkan Metodologi
12 7 16 0 100.00
KK6.CPMK-3.2
Mampu mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna dan Sistem
12 7 16 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu membedakan Pendekatan Tradisional dan Berorientasi Objek
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu mengukur peranan Seorang System Analyst
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Pra System
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu memproses Dokumentasi
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu memproses Studi Kasus
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu menerapkan Presentasi
TG8
(22.86 %)
12
(34.29 %)
2
(5.71 %)
13
(37.14 %)
62.86
(179.60 %)
Mampu menerapkan UML-Activity Diagram Post System
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu menerapkan UML-Domain Model Class Diagram
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu menerapkan UML-Use Case
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu menerapkan UML-System Sequence Diagram
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu menerapkan UML-State Machine Diagram
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu menerapkan Testing-Integrating Requirements
UAS21
(61.76 %)
6
(17.65 %)
7
(20.59 %)
0100
(294.12 %)
Mampu menerapkan Metodologi
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)
Mampu mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna dan Sistem
UTS12
(34.29 %)
7
(20.00 %)
16
(45.71 %)
0100
(285.71 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.5 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.6 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.6 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.7 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.7 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.8 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.8 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.9 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.9 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.10 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.10 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK6.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub KK6.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.5
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.6
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.7
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.8
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.9
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.10
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK6.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
1 065001800021 RICO RENALDY 90.0090.0090.0085.0085.0085.0090.0090.0085.0085.0085.0085.0090.0090.00
2 065002300010 SYIFA KURNIA SARI 90.0090.0090.0085.0085.0079.0090.0090.0085.0085.0085.0085.0090.0090.00
3 065002300018 MUHAMMAD DHIMAS DARMAWAN 65.0065.0065.0060.0060.0043.0365.0065.0060.0060.0060.0060.0065.0065.00
4 065002300016 ALMAKIUS FELIX BARIQ HEKOPUNG 90.0090.0090.0080.0080.0083.5090.0090.0080.0080.0080.0080.0090.0090.00
5 065002300015 ADITYA FAJRIAN ARYADEVA 65.0065.0065.0070.0070.0077.9065.0065.0070.0070.0070.0070.0065.0065.00
6 065002300012 VIRA ADITYA KURNIAWAN 65.0065.0065.0070.0070.0084.0065.0065.0070.0070.0070.0070.0065.0065.00
7 065002300002 DEWANTO MAULANA SUKARNO PUTRA 90.0090.0090.0085.0085.0079.8090.0090.0085.0085.0085.0085.0090.0090.00
8 065002300024 MUHAMMAD RAYYAN NAUFAL 65.0065.0065.0080.0080.0084.5065.0065.0080.0080.0080.0080.0065.0065.00
9 065002300006 BAMBANG AJI WICAKSONO 80.0080.0080.0080.0080.0084.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
10 065002300028 RAFIQ AL DARIS UTOMO 75.0075.0075.0080.0080.0073.5075.0075.0080.0080.0080.0080.0075.0075.00
11 065001900018 MUHAMMAD ARYA OCTAVIANUS 80.0080.0080.0080.0080.0070.5080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
12 065002300005 APRIL LESA FARSILIS 75.0075.0075.0075.0075.0053.0375.0075.0075.0075.0075.0075.0075.0075.00
13 065002300031 ZULFA SATRIA RANGGI 60.0060.0060.0060.0060.0034.0360.0060.0060.0060.0060.0060.0060.0060.00
14 065002300013 DYAH KARTIKA PUTRI SAMUDERA YANUAR 75.0075.0075.0080.0080.0054.6375.0075.0080.0080.0080.0080.0075.0075.00
15 065002300020 RAYHAN DONI PRAMANA 70.0070.0070.0085.0085.0083.5070.0070.0085.0085.0085.0085.0070.0070.00
16 065002300019 NICHOLAS SAPUTRA 80.0080.0080.0080.0080.0085.6080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
17 065002300030 MONICA SICILIA SIMANJUNTAK 90.0090.0090.0080.0080.0086.0090.0090.0080.0080.0080.0080.0090.0090.00
18 065002300021 NADHIRA ANINDITA RALENA 80.0080.0080.0080.0080.0061.0380.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
19 065002300036 NASWA AULIA PUTRI ALY 80.0080.0080.0080.0080.0078.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
20 065002300014 NALENDRA MUNARKO PUTRA 70.0070.0070.0085.0085.0077.5070.0070.0085.0085.0085.0085.0070.0070.00
21 065002300034 MUHAMMAD DONY FATAHILLAH ASSYA'BANI 65.0065.0065.0080.0080.0039.0365.0065.0080.0080.0080.0080.0065.0065.00
22 065002300004 TANAYA PUTRI KARNADIPURA 65.0065.0065.0075.0075.0071.5065.0065.0075.0075.0075.0075.0065.0065.00
23 065002300011 ANDREW HENDRIAN NATHANAEL 65.0065.0065.0065.0065.0077.5065.0065.0065.0065.0065.0065.0065.0065.00
24 065002300023 AUREL REGINA HARDYE 65.0065.0065.0075.0075.0053.0365.0065.0075.0075.0075.0075.0065.0065.00
25 065002300003 JET ADITYA PRATOMO 80.0080.0080.0085.0085.0079.5080.0080.0085.0085.0085.0085.0080.0080.00
26 065002300007 DAFASYAH ADINATA 60.0060.0060.0060.0060.0045.0360.0060.0060.0060.0060.0060.0060.0060.00
27 065002300029 HANNAN FATHUR HENDRAWAN 60.0060.0060.0060.0060.0046.0360.0060.0060.0060.0060.0060.0060.0060.00
28 065002300026 KEVIN RIZKY PRADANA 70.0070.0070.0070.0070.0053.5370.0070.0070.0070.0070.0070.0070.0070.00
29 065002300017 PARTAHI DANIEL TUA LIMBONG 60.0060.0060.0080.0080.0074.5060.0060.0080.0080.0080.0080.0060.0060.00
30 065002300033 ZAVIER ZAHEDI 60.0060.0060.0060.0060.0034.0360.0060.0060.0060.0060.0060.0060.0060.00
31 065002300032 FADHIL IBRAHIM WIRA DHARMA 65.0065.0065.0080.0080.0060.0365.0065.0080.0080.0080.0080.0065.0065.00
32 065002300001 MOAMMAR DEMAS KENZIE 65.0065.0065.0060.0060.0045.0365.0065.0060.0060.0060.0060.0065.0065.00
33 065002300008 NUR IMAM 80.0080.0080.0080.0080.0069.5080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.0080.00
34 065002300027 BAYU PRAMONO 70.0070.0070.0085.0085.0048.0370.0070.0085.0085.0085.0085.0070.0070.00
35 065002300022 ERSA ASHARI 65.0065.0065.000.000.0021.0365.0065.000.000.000.000.0065.0065.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)