PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6337 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 21 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut |
KODE MATA KULIAH | : IKS6337 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK LANJUT Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6337 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | CPMK 10 : Dapat menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. |
P.1 | P1.CPMK-2 | CPMK 9 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking. |
P.1 | P1.CPMK-3 | CPMK 8 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA. |
P.1 | P1.CPMK-4 | CPMK 7 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. |
P.1 | P1.CPMK-5 | CPMK 6 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak. |
P.1 | P1.CPMK-6 | CPMK 5 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas, XML, extreme programming, dan refactoring. |
P.1 | P1.CPMK-7 | CPMK 4 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data. |
P.1 | P1.CPMK-8 | CPMK 3 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming. |
P.1 | P1.CPMK-9 | CPMK 2 : Mampu menggunakan design pattern. |
P.1 | P1.CPMK-10 | CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method). |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 |
|
||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6337 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6337 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Java AWT dan Java Swing (Bagian 1) - Java AWT - Java Swing - Event Handling dan Listener |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
2 |
|
Java AWT dan Java Swing (Bagian 2) - Layout Manager - FlowLayout - BorderLayout - GridLayout - GridbagLayout - BoxLayout - CardLayout - SpringLayout - GroupLayout |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
3 |
|
Java AWT dan Java Swing (Bagian 3) - Komponen Swing - Event & Listener (Lanjutan) Contoh Kasus : Biodata mahasiswa Praktikum : Modul 1 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
4 |
|
Java AWT dan Java Swing (Bagian 4) - List, List Selection Mode, List Events, Retrieving Selected Item - Adding Scrollbar To List - Combo Box and Combo Box Events, Retrieving Selected Item - Displaying Image In Labels and Buttons - Mnemonics - Tool Tips - File Chooser - Color Chooser - Menus - Fonts - Sliders - Look and Feel Contoh Kasus : Data barang Praktikum : Modul 2 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
5 |
|
Domain Modeling (Bagian 1) - Class Diagram - Sequence Diagram - Model-View-Controller (MVC) Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana Praktikum : Modul 3 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
6 |
|
Domain Modeling (Bagian 2) - Hubungan View-Controller - Hubungan Controller-Model Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana Praktikum : Modul 4 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
7 |
|
Pengumpulan dan Presentasi Tugas 1 - Pengumpulan Tugas 1 - Presentasi Tugas 1 Praktikum : Modul 5 |
|
150.00 | - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS. - Mempresentasikan Tugas. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
8 |
|
Mengakses Basis Data Dengan JDBC - Pengenalan XAMPP - eClipse, Netbeans, IntelliJ - Menjalankan MySQL - Java Database Connectivity (JDBC) - Jenis-jenis JDBC Driver - Membuat Database Table - Connecting To A Database - Executing SQL Statements - Processing Result Sets Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana Praktikum : Modul 6 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
9 |
|
File Processing dan Java Networking - File Processing - Java Networking Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana Praktikum : Modul 7 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
10 |
|
Design Pattern - Pengenalan Design Pattern - Adapter Design Pattern - Composite Design Pattern - Bridge Design Pattern - Singleton Design Pattern - Factory Design Pattern - Design Pattern Lainnya : Model-View-Controller - Design Pattern Lainnya : Hibernate-Spring Praktikum : Modul 8 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
11 |
|
Extreme Programming and Refactoring - Extreme Programming - Refactoring - Principles of Code Generation Praktikum : Modul 9 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
12 |
|
XML and Multimedia With Java - XML and Java - DOM Parser - SAX Parser - Playing Audio With Java Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana Praktikum : Modul 10 |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. - Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum. |
|
|
13 |
|
Cryptography With Java - Java Cryptography Architecture (JCA) - JCA Classes and Algorithms - Data Encryption - Hash Functions - Signatures |
|
150.00 | - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS. - Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab. |
|
|
14 |
|
Pengumpulan dan Presentasi Tugas 2 - Pengumpulan Tugas 2 - Presentasi Tugas 2 |
|
150.00 | - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS. - Mempresentasikan Tugas. |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ; Wednesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (20.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.3 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.4 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.5 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.75%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.50%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.3 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.75%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 5.00% | 5.00% | 2.50% | 2.50% | 5.00% | 2.50% | 22.5% | |
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.5 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 20.00% | 20% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||
TOTAL | 35% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||
M14 | M9 | M12 | M13 | M11 | M7 | M10 | M8 | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | ||||||||||||||
Komponen | TG | UAS | PRK | PRK | UAS | UAS | PRK | UAS | TG | PRK | PRK | UAS | UAS | PRK | UTS | UTS | UTS | PRK | UTS | PRK | UTS | PRK | UTS | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 20.00% | 20% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 1.50% | 1.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.3 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.4 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.5 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | 1.50% | 1.50% | 3% | ||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | 5.00% | 5.00% | 2.50% | 2.50% | 5.00% | 2.50% | 22.5% | ||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | 0.75% | 1.50% | 1.50% | 1.50% | 5.25% | ||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | 10.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.3 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | 0.75% | 0.75% | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 30 | 5 | 1.5 | 1.5 | 5 | 2.5 | 1.5 | 2.5 | 5 | 1.5 | 1.5 | 5 | 5 | 1.5 | 7.5 | 5 | 2.5 | 1.5 | 2.5 | 1.5 | 5 | 1.5 | 2.5 | 1.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | TG |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | TG |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.2 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.3 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.4 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.5 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.2 | PRK PRK |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | UTS UTS UTS UTS UTS UTS |
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.2 | PRK PRK PRK PRK |
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | UAS |
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.2 | TG |
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.3 | PRK |
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.2 | PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-8 | P1.CPMK-8.1 | Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep domain modelling dan event-driven programming dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of domain modelling and event-driven programming can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-10 | P1.CPMK-10.1 | Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.1 | Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.3 | Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-6 | P1.CPMK-6.5 | Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-7 | P1.CPMK-7.1 | Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Hubungan antara aplikasi dengan basis data dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The connection between applications with database can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-9 | P1.CPMK-9.1 | Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Hubungan antara aplikasi dengan basis data dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The connection between applications with database can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Konsep design pattern dapat dijelaskan dengan tepat. Performance Indicator: The concepts of design patterns can be explained correctly. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 19 | 90.48 |
A- | 1 | 4.76 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus. |
0 | 5 | 5 | 11 | 47.62 |
P1.CPMK-2.1 Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-2.2 Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-3.1 Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-3.2 Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-4.1 Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-4.2 Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-5.1 Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas. |
3 | 14 | 0 | 4 | 80.95 |
P1.CPMK-5.2 Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-6.1 Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas. |
19 | 0 | 0 | 2 | 90.48 |
P1.CPMK-6.2 Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-6.3 Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-6.4 Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-6.5 Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring. |
0 | 0 | 0 | 21 | 0.00 |
P1.CPMK-7.1 Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data. |
19 | 1 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-7.2 Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-8.1 Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming. |
18 | 3 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-8.2 Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-9.1 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-9.2 Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah. |
3 | 14 | 0 | 4 | 80.95 |
P1.CPMK-9.3 Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern. |
20 | 0 | 0 | 1 | 95.24 |
P1.CPMK-10.1 Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. |
21 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-10.2 Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. |
19 | 0 | 0 | 2 | 90.48 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus. | |||||
TG | 0 | 5 (23.81 %) | 5 (23.81 %) | 11 (52.38 %) | 47.62 (226.76 %) |
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking. | |||||
UAS | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA. | |||||
UAS | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. | |||||
UAS | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas. | |||||
TG | 3 (14.29 %) | 14 (66.67 %) | 0 | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas. | |||||
UAS | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML. | |||||
UAS | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring. | |||||
UAS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data. | |||||
UAS | 19 (90.48 %) | 1 (4.76 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming. | |||||
UTS | 18 (85.71 %) | 3 (14.29 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern. | |||||
UAS | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah. | |||||
TG | 3 (14.29 %) | 14 (66.67 %) | 0 | 4 (19.05 %) | 80.95 (385.48 %) |
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern. | |||||
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 0 | 1 (4.76 %) | 95.24 (453.52 %) |
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. | |||||
UTS | 21 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut. | |||||
PRK | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-3.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-4.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-5.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.3 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.4 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-6.5 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-7.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-7.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-8.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-8.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-9.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-9.2 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-9.3 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-10.1 Std Mark: 1.00 |
P1.CPMK-10.2 Std Mark: 1.00 |
|||
1 | 065002100031 | MUHAMMAD UMAR ARIF PAAGO | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
2 | 065002100013 | NURAFNI REVITA WIBOWO | 65.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 25.20 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
3 | 065002100022 | MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
4 | 065002100026 | SITI AISAH | 50.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
5 | 065002100001 | EKA ALIDYA | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
6 | 065002100005 | NIA SUHERNAWATI | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
7 | 065002100019 | JOFI TAUFIQUL HAKIM | 52.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
8 | 065002100030 | NOVAN KRISNA | 52.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
9 | 065002100016 | FARIZ UBAIDILLAH | 52.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
10 | 065002100017 | STEVANI TASYA BAWANO | 62.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 85.71 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 25.20 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 |
11 | 065002100018 | ARHANIF ADRIAN RIYADI | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
12 | 065002100032 | MUHAMMAD DANIL HIDAYAT | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
13 | 065002100024 | AFIF MAULANA | 65.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
14 | 065001800021 | RICO RENALDY | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
15 | 065002100015 | SURGERY ADHI NUGROHO | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
16 | 065002100006 | BANON DJINAWI SRI MUTIARI | 62.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 100.00 | 25.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
17 | 065002100002 | NABILAH PUTRI | 70.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 75.00 | 100.00 | 100.00 | 85.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
18 | 065002100039 | ARMYTA MECKY | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 55.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
19 | 065002100023 | TRI BINTANG PAMUNGKAS | 62.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 72.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
20 | 065002100020 | KEVIN PUTRA TJAHJONO | 52.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 0.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 77.00 | 100.00 | 100.00 | 100.00 |
21 | 065002000021 | FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 100.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 100.00 | 0.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)