Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut
Kode Mata Kuliah : IKS6337
Tim Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Kelas : 01
Dosen : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 21 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut
KODE MATA KULIAH : IKS6337
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3088 Agus Salim, S.T., M.T.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK LANJUT
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKS6337
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 CPMK 10 : Dapat menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak.
P.1 P1.CPMK-2 CPMK 9 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking.
P.1 P1.CPMK-3 CPMK 8 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA.
P.1 P1.CPMK-4 CPMK 7 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
P.1 P1.CPMK-5 CPMK 6 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak.
P.1 P1.CPMK-6 CPMK 5 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas, XML, extreme programming, dan refactoring.
P.1 P1.CPMK-7 CPMK 4 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
P.1 P1.CPMK-8 CPMK 3 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
P.1 P1.CPMK-9 CPMK 2 : Mampu menggunakan design pattern.
P.1 P1.CPMK-10 CPMK 1 : Mampu mengaplikasikan berbagai elemen mendasar dari object dan class (termasuk : variable, constructor, method).
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus.
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking.
P1.CPMK-2.2 Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking.
P.1 P1.CPMK-3
P1.CPMK-3.1 Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA.
P1.CPMK-3.2 Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA.
P.1 P1.CPMK-4
P1.CPMK-4.1 Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
P1.CPMK-4.2 Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
P.1 P1.CPMK-5
P1.CPMK-5.1 Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas.
P1.CPMK-5.2 Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak.
P.1 P1.CPMK-6
P1.CPMK-6.1 Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas.
P1.CPMK-6.2 Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas.
P1.CPMK-6.3 Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML.
P1.CPMK-6.4 Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML.
P1.CPMK-6.5 Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring.
P.1 P1.CPMK-7
P1.CPMK-7.1 Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
P1.CPMK-7.2 Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
P.1 P1.CPMK-8
P1.CPMK-8.1 Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
P1.CPMK-8.2 Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
P.1 P1.CPMK-9
P1.CPMK-9.1 Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern.
P1.CPMK-9.2 Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah.
P1.CPMK-9.3 Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern.
P.1 P1.CPMK-10
P1.CPMK-10.1 Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
P1.CPMK-10.2 Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6337

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKS6337     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut Dosen :
  1. 3088 Agus Salim, S.T., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
  2. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Java AWT dan Java Swing (Bagian 1)
- Java AWT
- Java Swing
- Event Handling dan Listener
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Kishori Sharan(2014)
  • Kishori Sharan(2018)
  • Paul Deitel dan Harvey Deitel(2012)
  • Quentin Charatan dan Aaron Kans(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 7.50 %
2
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Java AWT dan Java Swing (Bagian 2)
- Layout Manager
- FlowLayout
- BorderLayout
- GridLayout
- GridbagLayout
- BoxLayout
- CardLayout
- SpringLayout
- GroupLayout
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Kishori Sharan(2018)
  • Kishori Sharan(2015)
  • Paul Deitel dan Harvey Deitel(2012)
  • Quentin Charatan dan Aaron Kans(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
3
  1. Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
  2. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
  3. Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Java AWT dan Java Swing (Bagian 3)
- Komponen Swing
- Event & Listener (Lanjutan)

Contoh Kasus : Biodata mahasiswa

Praktikum : Modul 1
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Kishori Sharan(2018)
  • Kishori Sharan(2015)
  • Paul Deitel dan Harvey Deitel(2012)
  • Quentin Charatan dan Aaron Kans(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Praktikum - 1.50 %
4
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
  2. Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Java AWT dan Java Swing (Bagian 4)
- List, List Selection Mode, List Events, Retrieving Selected Item
- Adding Scrollbar To List
- Combo Box and Combo Box Events, Retrieving Selected Item
- Displaying Image In Labels and Buttons
- Mnemonics
- Tool Tips
- File Chooser
- Color Chooser
- Menus
- Fonts
- Sliders
- Look and Feel

Contoh Kasus : Data barang

Praktikum : Modul 2
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Kishori Sharan(2018)
  • Kishori Sharan(2015)
  • Paul Deitel dan Harvey Deitel(2012)
  • Quentin Charatan dan Aaron Kans(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Praktikum - 1.50 %
5
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
  2. Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Domain Modeling (Bagian 1)
- Class Diagram
- Sequence Diagram
- Model-View-Controller (MVC)

Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana

Praktikum : Modul 3
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Bhuvan Unhelkar(2018)
  • Hans van Vliet(2002)
  • Kishori Sharan(2015)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
6
  1. Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
  2. Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Domain Modeling (Bagian 2)
- Hubungan View-Controller
- Hubungan Controller-Model

Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana

Praktikum : Modul 4
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Bhuvan Unhelkar(2018)
  • Hans van Vliet(2002)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Praktikum - 1.50 %
7
  1. Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas.
  2. Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak.
Pengumpulan dan Presentasi Tugas 1
- Pengumpulan Tugas 1
- Presentasi Tugas 1

Praktikum : Modul 5
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS.
- Mempresentasikan Tugas.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Tugas - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
8
  1. Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
  2. Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
Mengakses Basis Data Dengan JDBC
- Pengenalan XAMPP
- eClipse, Netbeans, IntelliJ
- Menjalankan MySQL
- Java Database Connectivity (JDBC)
- Jenis-jenis JDBC Driver
- Membuat Database Table
- Connecting To A Database
- Executing SQL Statements
- Processing Result Sets

Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana

Praktikum : Modul 6
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Hans van Vliet(2002)
  • Kishori Sharan(2014)
  • Kishori Sharan(2018)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
9
  1. Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
  2. Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas.
  3. Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking.
File Processing dan Java Networking
- File Processing
- Java Networking

Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana

Praktikum : Modul 7
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Paul Deitel dan Harvey Deitel(2012)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
10
  1. Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern.
  2. Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas.
  3. Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML.
Design Pattern
- Pengenalan Design Pattern
- Adapter Design Pattern
- Composite Design Pattern
- Bridge Design Pattern
- Singleton Design Pattern
- Factory Design Pattern
- Design Pattern Lainnya : Model-View-Controller
- Design Pattern Lainnya : Hibernate-Spring

Praktikum : Modul 8
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Rohit Joshi(2015)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
11
  1. Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern.
  2. Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring.
  3. Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
Extreme Programming and Refactoring
- Extreme Programming
- Refactoring
- Principles of Code Generation

Praktikum : Modul 9
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Bernhard Rumpe(2012)
  • Edward Sciore(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
  • Praktikum - 1.50 %
12
  1. Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML.
  2. Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
  3. Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA.
  4. Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking.
XML and Multimedia With Java
- XML and Java
- DOM Parser
- SAX Parser
- Playing Audio With Java

Contoh Kasus : Aplikasi inventori sederhana

Praktikum : Modul 10
  • Cooperation
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
- Melakukan praktikum berdasarkan modul praktikum.
  • Agus Kurniawan(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 1.50 %
13
  1. Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA.
Cryptography With Java
- Java Cryptography Architecture (JCA)
- JCA Classes and Algorithms
- Data Encryption
- Hash Functions
- Signatures
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Diksusi Online
150.00 - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS.
- Memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab.
  • Agus Kurniawan(2014)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
14
  1. Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah.
  2. Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus.
Pengumpulan dan Presentasi Tugas 2
- Pengumpulan Tugas 2
- Presentasi Tugas 2
  • Kolaborative
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
  • Diksusi Online
150.00 - Mengumpulkan tugas secara daring melalui LMS.
- Mempresentasikan Tugas.
  • Tugas - 30.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut 3088 Agus Salim, S.T., M.T. ; Wednesday 07:30:00-10:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
3088 Agus Salim, S.T., M.T. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (20.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 Minggu ke-7 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.3 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.4 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.5 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.75%)
Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (1.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (10.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.3 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (0.75%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.75%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 5.00%
5.00%
2.50%
2.50%
5.00%
2.50%
22.5%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 2.50%
2.5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.3 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.5 2.50%
2.5%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 5.00%
5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 20.00%
20%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 10.00%
10%
TOTAL 35%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M14 M9 M12 M13 M11 M7 M10 M8 M1 M2 M3 M4 M5 M6
Komponen TG UAS PRK PRK UAS UAS PRK UAS TG PRK PRK UAS UAS PRK UTS UTS UTS PRK UTS PRK UTS PRK UTS PRK
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 20.00% 20%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 1.50% 1.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.3 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.4 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.5 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 1.50%1.50% 3%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 5.00%5.00%2.50%2.50%5.00%2.50% 22.5%
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 0.75%1.50%1.50%1.50% 5.25%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 10.00% 10%
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.3 0.75% 0.75%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 2.50% 2.5%
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 0.75% 0.75%
TOTAL 30 5 1.5 1.5 5 2.5 1.5 2.5 5 1.5 1.5 5 5 1.5 7.5 5 2.5 1.5 2.5 1.5 5 1.5 2.5 1.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 TG
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 UAS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 PRK
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1 UAS
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.2 PRK
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1 UAS
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.2 PRK
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.1 TG
P.1 P1.CPMK-5 P1.CPMK-5.2 PRK
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1 UAS
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.2 PRK
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.3 UAS
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.4 PRK
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.5 UAS
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1 UAS
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.2 PRK PRK
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1 UTS UTS UTS UTS UTS UTS
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.2 PRK PRK PRK PRK
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1 UAS
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.2 TG
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.3 PRK
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1 UTS
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.2 PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-8 P1.CPMK-8.1Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
Indikator Kinerja: Konsep domain modelling dan event-driven programming dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of domain modelling and event-driven programming can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-10 P1.CPMK-10.1Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-3 P1.CPMK-3.1Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-4 P1.CPMK-4.1Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.1Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.3Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-6 P1.CPMK-6.5Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-7 P1.CPMK-7.1Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Hubungan antara aplikasi dengan basis data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The connection between applications with database can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-9 P1.CPMK-9.1Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern.
Indikator Kinerja: Berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: Further about the use of class and method can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep JAVA Networking dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of JAVA Networking can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep kriptografi dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of crypthography with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of multimedia processing with JAVA can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan berkas dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of file processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep pemrosesan XML dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of XML processing can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep extreme programming dan refactoring dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of extreme programming and refactoring can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Hubungan antara aplikasi dengan basis data dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The connection between applications with database can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep design pattern dapat dijelaskan dengan tepat.
Performance Indicator: The concepts of design patterns can be explained correctly.
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 19 90.48
A- 1 4.76
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus.
0 5 5 11 47.62
P1.CPMK-2.1
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-2.2
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-3.1
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-3.2
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-4.1
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-4.2
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-5.1
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas.
3 14 0 4 80.95
P1.CPMK-5.2
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-6.1
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas.
19 0 0 2 90.48
P1.CPMK-6.2
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-6.3
Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-6.4
Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-6.5
Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring.
0 0 0 21 0.00
P1.CPMK-7.1
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
19 1 0 1 95.24
P1.CPMK-7.2
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-8.1
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
18 3 0 0 100.00
P1.CPMK-8.2
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-9.1
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-9.2
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah.
3 14 0 4 80.95
P1.CPMK-9.3
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern.
20 0 0 1 95.24
P1.CPMK-10.1
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
21 0 0 0 100.00
P1.CPMK-10.2
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
19 0 0 2 90.48
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Sub-CPMK 10.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak sesuai studi kasus.
TG05
(23.81 %)
5
(23.81 %)
11
(52.38 %)
47.62
(226.76 %)
Sub-CPMK 9.1 : Mampu menjelaskan konsep JAVA Networking.
UAS20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 9.2 : Mampu menerapkan konsep JAVA Networking.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 8.1 : Mampu menjelaskan konsep kriptografi dengan JAVA.
UAS20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 8.2 : Mampu menerapkan konsep kriptografi dengan JAVA.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 7.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
UAS20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 7.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan multimedia dengan JAVA.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 6.1 : Mampu menerapkan berbagai prinsip Object-Oriented dalam perancangan dan implementasi sistem/perangkat lunak dalam tugas.
TG3
(14.29 %)
14
(66.67 %)
04
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Sub-CPMK 6.2 : Mampu menggunakan IDE untuk mengimplementasikan pengembangan perangkat lunak.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 5.1 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan berkas.
UAS19
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Sub-CPMK 5.2 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan berkas.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 5.3 : Mampu menjelaskan konsep pemrosesan XML.
UAS20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 5.4 : Mampu menerapkan konsep pemrosesan XML.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 5.5 : Mampu menjelaskan konsep extreme programming dan refactoring.
UAS00021
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Sub-CPMK 4.1 : Mampu menjelaskan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
UAS19
(90.48 %)
1
(4.76 %)
01
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 4.2 : Mampu menerapkan hubungan antara aplikasi dengan basis data.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 3.1 : Mampu menjelaskan konsep domain modelling dan event-driven programming.
UTS18
(85.71 %)
3
(14.29 %)
00100
(476.19 %)
Sub-CPMK 3.2 : Mampu menerapkan konsep domain modelling dan event-driven programming.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 2.1 : Mampu menjelaskan konsep design pattern.
UAS20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 2.2 : Mampu menggunakan konsep M-V-C (Model-View-Controller) untuk memecahkan masalah.
TG3
(14.29 %)
14
(66.67 %)
04
(19.05 %)
80.95
(385.48 %)
Sub-CPMK 2.3 : Mampu menerapkan konsep design pattern.
PRK20
(95.24 %)
001
(4.76 %)
95.24
(453.52 %)
Sub-CPMK 1.1 : Mampu menjelaskan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
UTS21
(100.00 %)
000100
(476.19 %)
Sub-CPMK 1.2 : Mampu mempraktekkan berbagai penggunaan class dan method lebih lanjut.
PRK19
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-6.5 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-6.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 18. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-7.2 Perpenilaian
Gambar 19. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-7.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.1 Perpenilaian
Gambar 20. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-8.2 Perpenilaian
Gambar 21. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-8.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.1 Perpenilaian
Gambar 22. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.2 Perpenilaian
Gambar 23. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-9.3 Perpenilaian
Gambar 24. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-9.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-10.1 Perpenilaian
Gambar 25. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-10.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-10.2 Perpenilaian
Gambar 26. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-10.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-3.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-3.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-4.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-4.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-5.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-5.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-6.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-6.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-6.3
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-6.4
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-6.5
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-7.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-7.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-8.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-8.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-9.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-9.2
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-9.3
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-10.1
Std Mark: 1.00
P1.CPMK-10.2
Std Mark: 1.00
1 065002100031 MUHAMMAD UMAR ARIF PAAGO 70.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00
2 065002100013 NURAFNI REVITA WIBOWO 65.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00100.00100.0025.20100.00100.0075.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00
3 065002100022 MUHAMMAD TEGAR HIDAYATULLAH 70.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00
4 065002100026 SITI AISAH 50.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00
5 065002100001 EKA ALIDYA 55.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00
6 065002100005 NIA SUHERNAWATI 55.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0075.00100.00100.00100.00
7 065002100019 JOFI TAUFIQUL HAKIM 52.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00
8 065002100030 NOVAN KRISNA 52.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00
9 065002100016 FARIZ UBAIDILLAH 52.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.0075.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00
10 065002100017 STEVANI TASYA BAWANO 62.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0072.0085.71100.00100.00100.00100.0025.20100.00100.00100.00100.00100.0072.00100.00100.000.00
11 065002100018 ARHANIF ADRIAN RIYADI 70.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00
12 065002100032 MUHAMMAD DANIL HIDAYAT 55.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00
13 065002100024 AFIF MAULANA 65.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0070.00100.00100.00100.00
14 065001800021 RICO RENALDY 70.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00
15 065002100015 SURGERY ADHI NUGROHO 55.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00
16 065002100006 BANON DJINAWI SRI MUTIARI 62.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0072.00100.0025.00100.00100.00100.000.0075.00100.00100.00100.00100.0072.00100.00100.00100.00
17 065002100002 NABILAH PUTRI 70.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.0075.00100.00100.0085.00100.00100.00100.00
18 065002100039 ARMYTA MECKY 55.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0055.00100.00100.00100.00
19 065002100023 TRI BINTANG PAMUNGKAS 62.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0072.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0072.00100.00100.00100.00
20 065002100020 KEVIN PUTRA TJAHJONO 52.00100.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00100.00100.000.00100.00100.00100.00100.00100.0077.00100.00100.00100.00
21 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00100.000.000.000.000.00100.000.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)