Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Datawarehouse
Kode Mata Kuliah : ISD6301
Tim Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
Kelas : 01
Dosen : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 42 mahasiswa

Program Studi SISTEM INFORMASI

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Datawarehouse
KODE MATA KULIAH : ISD6301
KELAS : SI-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
DATAWAREHOUSE
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
ISD6301
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KU.1 Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a))
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
KK.3 Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c))
KK.4 Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d))
KK.5 Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e))
KK.6 Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
KK.8 Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h))
KK.9 Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i))
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.1 Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a))
KK.2 Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b))
P.1 Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a))
KK.7 Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g))
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mengevaluasi metodologi pengembangan sistem
KK.1 KK1.CPMK-2 Memproyeksikan Analisis dan Visualisasi Data
KK.2 KK2.CPMK-3 Rancangan Database
KK.7 KK7.CPMK-4 Mampu menerapkan Data Mining
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mampu membandingkan OLTP vs OLAP
P1.CPMK-1.2 Mampu menilai Quality Data
P1.CPMK-1.3 Mampu menilai Data Analytics
KK.1 KK1.CPMK-2
KK1.CPMK-2.1 Mampu menganalisis Dimensional Modelling
KK1.CPMK-2.2 Mampu menganalisis Schema Modelling
KK.2 KK2.CPMK-3
KK2.CPMK-3.1 Mampu menganalisis Lingkungan Basis Data & Proses Pengembangan dan memodelkan Data dalam Organisasi
KK2.CPMK-3.2 Mampu menganalisis Desain Basis Data Logis dan Model Relasional
KK2.CPMK-3.3 Mampu menganalisis Desain dan Kinerja Basis Data Fisik
KK2.CPMK-3.4 Mampu menganalisis Data Warehousing
KK.7 KK7.CPMK-4
KK7.CPMK-4.1 Mampu memodifikasi Advanced SQL
KK7.CPMK-4.2 Mampu memodifikasi ETL
KK7.CPMK-4.3 Mampu memodifikasi Visualization
KK7.CPMK-4.4 Mampu memecahkan Studi Kasus

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISD6301

Program Studi : SISTEM INFORMASI Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : ISD6301     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Datawarehouse Dosen :
  1. 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.
  2. 0630007CD Shabrina - Teruri, S.Kom., M.T.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mampu menganalisis Lingkungan Basis Data & Proses Pengembangan dan memodelkan Data dalam Organisasi
keterbatasan pemrosesan file konvensional; Daftar komponen lingkungan database; Identifikasi kategori aplikasi database; siklus hidup pengembangan sistem basis data; pembuatan prototipe dan pendekatan pengembangan yang tangkas; arsitektur tiga skema untuk database; pentingnya pemodelan data; Memodelkan berbagai jenis atribut, entitas, hubungan, dan kardinalitas; Diagram ER untuk situasi bisnis umum
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ralph Kimball and Margy Ross(2016)
  • Vaisman, Alejandro & Zimanyi, Esteban. (2022) (Vaisman, Alejandro & Zimanyi, Esteban. (2014, 2022). Data Warehouse Systems: Design and Implementati)
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
2
  1. Mampu menganalisis Desain Basis Data Logis dan Model Relasional
penggunaan teknik spesialisasi dan generalisasi; fitur khusus proyek pemodelan data; menggunakan model data paket; lima sifat relasi; normalisasi untuk mengubah tabel anomali menjadi relasi yang terstruktur dengan baik;
  • Diskusi
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mampu menganalisis Desain dan Kinerja Basis Data Fisik
proses desain basis data fisik; Terjemahkan model database ke dalam struktur yang efisien, dan ketahui kapan/bagaimana melakukan denormalisasi; kueri SQL tunggal
  • Tutorial
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mampu memodifikasi Advanced SQL
kueri SQL tabel tunggal dan ganda; tiga jenis gabungan; subkueri yang tidak berkorelasi dan berkorelasi; SQL dalam bahasa prosedural (misalnya PHP, PL/SQL); pemicu dan prosedur tersimpan
  • Tutorial
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mampu menganalisis Data Warehousing
alasan kesenjangan informasi antara kebutuhan dan ketersediaan informasi; alasan perlunya data warehousing; tiga tingkat data; arsitektur gudang; dua komponen skema bintang; Perkirakan ukuran tabel fakta; Merancang pasar data; persyaratan untuk data mart
  • Tutorial
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
  1. Mampu membandingkan OLTP vs OLAP
Transaction processing vs. data analysis; Course logistics; Data integration
  • Tutorial
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mampu menganalisis Dimensional Modelling
Proses pemodelan dimensi 4 langkah : Proses bisnis untuk memodelkan; butir untuk tabel fakta; dimensi ukuran numerik untuk fakta
  • Tutorial
  • Presentasi
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
8
  1. Mampu menganalisis Schema Modelling
Star Schema; Snowflake Schema; Galaxy Schema
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mampu memodifikasi ETL
Extract, Transform, Loading (1)
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mampu memodifikasi ETL
Extract, Transform, Loading (2)
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mampu menilai Quality Data
Descriptive; Predictive; Prescriptive
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mampu memodifikasi Visualization
Tools Visual : Power BI, Tableau
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
13
  1. Mampu menilai Data Analytics
Business Analytics; Business Intelligence
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
14
  1. Mampu memecahkan Studi Kasus
Presentation Task
  • Proyek
170.00 Memanfaatkan berbagai sumber belajar. memberi dan menerima umpan balik melalui diskusi dan tanya jawab
  • Tugas - 50.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Datawarehouse 2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ; Monday 10:10:00-12:40:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

Ketua
2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
LOW P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.4 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.2 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.3 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.4 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (50.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 3.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 3.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 3.00%
3%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.4 3.00%
3%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.1 3.00%
3%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 5.00%
5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 5.00%
5%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.2 5.00%
5.00%
10%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.3 5.00%
5%
TOTAL 30%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.4 50.00%
50%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M6 M11 M13 M7 M8 M1 M2 M3 M5 M4 M9 M10 M12 M14
Komponen UTS UAS UAS UTS UAS UTS UTS UTS UTS UTS UAS UAS UAS TG
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00% 3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 5.00% 5%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 3.00% 3%
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 5.00% 5%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 2.00% 2%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 3.00% 3%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 3.00% 3%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.4 3.00% 3%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.1 3.00% 3%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.2 5.00%5.00% 10%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.3 5.00% 5%
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.4 50.00% 50%
TOTAL 3 5 5 3 5 2 3 3 3 3 5 5 5 50 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 UAS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1 UTS
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2 UAS
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 UTS
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 UTS
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 UTS
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.4 UTS
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.1 UTS
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.2 UAS UAS
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.3 UAS
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.4 TG
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mampu membandingkan OLTP vs OLAP
Indikator Kinerja: Perbedaan OLTP dan OLAP dapat dipahami
Performance Indicator: The difference between OLTP and OLAP is understandable
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.1Mampu menganalisis Dimensional Modelling
Indikator Kinerja: 4 langkah dimesional model dapat dirancang
Performance Indicator: 4-step dimensional model can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1Mampu menganalisis Lingkungan Basis Data & Proses Pengembangan dan memodelkan Data dalam Organisasi
Indikator Kinerja: Model database dalam organisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: The database model in the organization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2Mampu menganalisis Desain Basis Data Logis dan Model Relasional
Indikator Kinerja: Model database dalam organisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: The database model in the organization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Teknik spesialisasi dan generalisasidalam rancangan database dapat ditentukan
Performance Indicator: Specialization and generalization techniques in database design can be determined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3Mampu menganalisis Desain dan Kinerja Basis Data Fisik
Indikator Kinerja: Model database dalam organisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: The database model in the organization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Teknik spesialisasi dan generalisasidalam rancangan database dapat ditentukan
Performance Indicator: Specialization and generalization techniques in database design can be determined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Desain dan Kinerja Basis Data Fisik dapat dirancang
Performance Indicator: Physical Database Design and Performance can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.4Mampu menganalisis Data Warehousing
Indikator Kinerja: Model database dalam organisasi dapat dijelaskan
Performance Indicator: The database model in the organization can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Teknik spesialisasi dan generalisasidalam rancangan database dapat ditentukan
Performance Indicator: Specialization and generalization techniques in database design can be determined
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Desain dan Kinerja Basis Data Fisik dapat dirancang
Performance Indicator: Physical Database Design and Performance can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Data Warehouse dapat dirancang
Performance Indicator: Data Warehouse can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.1Mampu memodifikasi Advanced SQL
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mampu menilai Quality Data
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tingkatan kualitas data dapat dibedakan
Performance Indicator: Levels of data quality can be differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3Mampu menilai Data Analytics
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tingkatan kualitas data dapat dibedakan
Performance Indicator: Levels of data quality can be differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Business Analytics dan Business Intelligence dapat dibedakan
Performance Indicator: Business Analytics and Business Intelligence can be distinguished
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.1 KK1.CPMK-2 KK1.CPMK-2.2Mampu menganalisis Schema Modelling
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tingkatan kualitas data dapat dibedakan
Performance Indicator: Levels of data quality can be differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Business Analytics dan Business Intelligence dapat dibedakan
Performance Indicator: Business Analytics and Business Intelligence can be distinguished
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Perbedaan Star Schema, Snowflake Schema dan Galaxy Schema dapat dirancang
Performance Indicator: The differences between Star Schema, Snowflake Schema and Galaxy Schema can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.2Mampu memodifikasi ETL
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tingkatan kualitas data dapat dibedakan
Performance Indicator: Levels of data quality can be differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Business Analytics dan Business Intelligence dapat dibedakan
Performance Indicator: Business Analytics and Business Intelligence can be distinguished
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Perbedaan Star Schema, Snowflake Schema dan Galaxy Schema dapat dirancang
Performance Indicator: The differences between Star Schema, Snowflake Schema and Galaxy Schema can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Teknik ETL dapat dibuat
Performance Indicator: ETL techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.7 KK7.CPMK-4 KK7.CPMK-4.3Mampu memodifikasi Visualization
Indikator Kinerja: Teknik Query Lanjut dapat dibuat
Performance Indicator: Advanced Query Techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tingkatan kualitas data dapat dibedakan
Performance Indicator: Levels of data quality can be differentiated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Business Analytics dan Business Intelligence dapat dibedakan
Performance Indicator: Business Analytics and Business Intelligence can be distinguished
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Perbedaan Star Schema, Snowflake Schema dan Galaxy Schema dapat dirancang
Performance Indicator: The differences between Star Schema, Snowflake Schema and Galaxy Schema can be designed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Teknik ETL dapat dibuat
Performance Indicator: ETL techniques can be created
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Tools visual dapat digunakan
Performance Indicator: Visual tools can be used
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 1 2.38
B 22 52.38
B- 1 2.38
C+ 5 11.90
C 11 26.19
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mampu membandingkan OLTP vs OLAP
1 23 15 3 92.86
P1.CPMK-1.2
Mampu menilai Quality Data
0 0 1 41 2.38
P1.CPMK-1.3
Mampu menilai Data Analytics
0 0 1 41 2.38
KK1.CPMK-2.1
Mampu menganalisis Dimensional Modelling
1 23 15 3 92.86
KK1.CPMK-2.2
Mampu menganalisis Schema Modelling
0 0 1 41 2.38
KK2.CPMK-3.1
Mampu menganalisis Lingkungan Basis Data & Proses Pengembangan dan memodelkan Data dalam Organisasi
1 23 15 3 92.86
KK2.CPMK-3.2
Mampu menganalisis Desain Basis Data Logis dan Model Relasional
1 23 15 3 92.86
KK2.CPMK-3.3
Mampu menganalisis Desain dan Kinerja Basis Data Fisik
1 23 15 3 92.86
KK2.CPMK-3.4
Mampu menganalisis Data Warehousing
1 23 15 3 92.86
KK7.CPMK-4.1
Mampu memodifikasi Advanced SQL
1 23 15 3 92.86
KK7.CPMK-4.2
Mampu memodifikasi ETL
0 0 1 41 2.38
KK7.CPMK-4.3
Mampu memodifikasi Visualization
0 0 1 41 2.38
KK7.CPMK-4.4
Mampu memecahkan Studi Kasus
23 7 9 3 92.86
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mampu membandingkan OLTP vs OLAP
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu menilai Quality Data
UAS001
(2.38 %)
41
(97.62 %)
2.38
(5.67 %)
Mampu menilai Data Analytics
UAS001
(2.38 %)
41
(97.62 %)
2.38
(5.67 %)
Mampu menganalisis Dimensional Modelling
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu menganalisis Schema Modelling
UAS001
(2.38 %)
41
(97.62 %)
2.38
(5.67 %)
Mampu menganalisis Lingkungan Basis Data & Proses Pengembangan dan memodelkan Data dalam Organisasi
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu menganalisis Desain Basis Data Logis dan Model Relasional
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu menganalisis Desain dan Kinerja Basis Data Fisik
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu menganalisis Data Warehousing
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu memodifikasi Advanced SQL
UTS1
(2.38 %)
23
(54.76 %)
15
(35.71 %)
3
(7.14 %)
92.86
(221.10 %)
Mampu memodifikasi ETL
UAS001
(2.38 %)
41
(97.62 %)
2.38
(5.67 %)
Mampu memodifikasi Visualization
UAS001
(2.38 %)
41
(97.62 %)
2.38
(5.67 %)
Mampu memecahkan Studi Kasus
TG23
(56.10 %)
7
(17.07 %)
9
(21.95 %)
2
(4.88 %)
95.12
(232.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK7.CPMK-4.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK7.CPMK-4.4 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
KK7.CPMK-4.4
Std Mark: 56.00
1 065002200003 NAYAKA WIRYATAMA 70.0040.0040.0070.0040.0070.0070.0070.0070.0070.0040.0040.0087.95
2 065002200039 USWATUN KHASANAH 80.0042.0042.0080.0042.0080.0080.0080.0080.0080.0042.0042.0081.78
3 065002200015 HAWA APRILIA UTAMI 60.0050.0050.0060.0050.0060.0060.0060.0060.0060.0050.0050.0082.05
4 065002200011 ERY FEBRIAN 65.0042.0042.0065.0042.0065.0065.0065.0065.0065.0042.0042.0067.05
5 065002200034 ALFARIZQI WIRA ANADYAR 65.0042.0042.0065.0042.0065.0065.0065.0065.0065.0042.0042.0074.35
6 065002200040 VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA 70.0036.0036.0070.0036.0070.0070.0070.0070.0070.0036.0036.0086.65
7 065002200013 FATHUR RAHMAN 65.0052.0052.0065.0052.0065.0065.0065.0065.0065.0052.0052.0079.73
8 065002200042 STEVANIO 70.0036.0036.0070.0036.0070.0070.0070.0070.0070.0036.0036.0087.50
9 065002200041 CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. 60.0036.0036.0060.0036.0060.0060.0060.0060.0060.0036.0036.0066.60
10 065002200038 ELITA WAHYU FIRDASARI 65.0042.0042.0065.0042.0065.0065.0065.0065.0065.0042.0042.0085.21
11 065002200044 KARAN SHANKAR 70.0044.0044.0070.0044.0070.0070.0070.0070.0070.0044.0044.0087.00
12 065002200016 JANNATHAN GERALD MAHENDRA 70.0046.0046.0070.0046.0070.0070.0070.0070.0070.0046.0046.0087.98
13 065002200010 RIZKY RAMADHAN 60.0026.0026.0060.0026.0060.0060.0060.0060.0060.0026.0026.0085.30
14 065002200002 AYESHA NADRA SAABIRAH 70.0046.0046.0070.0046.0070.0070.0070.0070.0070.0046.0046.0086.67
15 065002200024 DIO ARIANDRA 65.0046.0046.0065.0046.0065.0065.0065.0065.0065.0046.0046.0058.90
16 065002200025 ISMAIL BAIHAQI 70.0044.0044.0070.0044.0070.0070.0070.0070.0070.0044.0044.0068.10
17 065002200022 AULIA RAHMA TRI ASTUTI 65.0030.0030.0065.0030.0065.0065.0065.0065.0065.0030.0030.0092.20
18 065002200035 BELVA LUTHFIAH ANDINI 75.0044.0044.0075.0044.0075.0075.0075.0075.0075.0044.0044.0088.39
19 065002200004 NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI 70.0058.0058.0070.0058.0070.0070.0070.0070.0070.0058.0058.0081.36
20 065002200001 BINTANG KOMARUDIN 75.0046.0046.0075.0046.0075.0075.0075.0075.0075.0046.0046.0079.32
21 065002200032 SHILFIYYA AMALIA ASDI 60.0038.0038.0060.0038.0060.0060.0060.0060.0060.0038.0038.0089.60
22 065002200027 MARIA ULPA 65.0036.0036.0065.0036.0065.0065.0065.0065.0065.0036.0036.0088.98
23 065002200009 RYANDRA RAFA ADITYA 70.0048.0048.0070.0048.0070.0070.0070.0070.0070.0048.0048.0085.05
24 065001800021 RICO RENALDY 65.0036.0036.0065.0036.0065.0065.0065.0065.0065.0036.0036.0088.76
25 065002200031 VANYA FEBRIANI 60.0040.0040.0060.0040.0060.0060.0060.0060.0060.0040.0040.0064.10
26 065002200043 MUHAMMAD RAFI 75.0036.0036.0075.0036.0075.0075.0075.0075.0075.0036.0036.0086.80
27 065002200033 DIAH AYU ARIFAH 60.0026.0026.0060.0026.0060.0060.0060.0060.0060.0026.0026.0084.68
28 065002200017 M. SATRIA PRATAMA 70.0024.0024.0070.0024.0070.0070.0070.0070.0070.0024.0024.0088.66
29 065002200037 PUTRA MARIO SANTOSO 75.0042.0042.0075.0042.0075.0075.0075.0075.0075.0042.0042.0080.85
30 065002200012 ATHAR DHIYA'AN KOMAR 70.0052.0052.0070.0052.0070.0070.0070.0070.0070.0052.0052.0079.53
31 065002200019 SANDI PERMANA YUDA 70.0046.0046.0070.0046.0070.0070.0070.0070.0070.0046.0046.0069.50
32 065002200020 AHMAD DANI SAPUTRA 60.0048.0048.0060.0048.0060.0060.0060.0060.0060.0048.0048.0064.80
33 065002200007 MUHAMMAD RIZKY NURUL JULHAR 70.0044.0044.0070.0044.0070.0070.0070.0070.0070.0044.0044.0060.80
34 065002200018 RANGGA RAMADHANI PUTRA HAKIM 70.0048.0048.0070.0048.0070.0070.0070.0070.0070.0048.0048.0055.78
35 065002000023 MUHAMMAD ILYAS IFADHAH 50.0048.0048.0050.0048.0050.0050.0050.0050.0050.0048.0048.0076.75
36 065002200005 MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ 70.0030.0030.0070.0030.0070.0070.0070.0070.0070.0030.0030.0066.08
37 065002200023 CHAERUDIN SAPUTRA 75.0046.0046.0075.0046.0075.0075.0075.0075.0075.0046.0046.0091.88
38 065002200029 NAZRI HASBY 70.0048.0048.0070.0048.0070.0070.0070.0070.0070.0048.0048.0087.20
39 065002000004 RADEN MUHAMAD ALIF RAVANSYAH GATHAN 45.0044.0044.0045.0044.0045.0045.0045.0045.0045.0044.0044.000.00
40 065002000021 FERDINAN AENUR YAHYA MAULANA 1.001.001.001.001.001.001.001.001.001.001.001.001.00
41 065002200026 JANATHAN AUDI 70.0046.0046.0070.0046.0070.0070.0070.0070.0070.0046.0046.0056.90
42 065002200030 RIDWAN BAKKARA 70.0048.0048.0070.0048.0070.0070.0070.0070.0070.0048.0048.0066.60

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2612 Dr. Ir. Teddy Siswanto, M.Si.)