PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Proses Bisnis Terintegrasi |
Kode Mata Kuliah | : | ISL6307 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 33 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Proses Bisnis Terintegrasi |
KODE MATA KULIAH | : ISL6307 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PROSES BISNIS TERINTEGRASI Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: ISL6307 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 | Dapat menerapkan kemampuan Manajemen Proses Bisnis yang lengkap dalam suatu organisasi. Menjelaskan karakteristik proses dan perspektif yang berbeda dari bisnis proses terintegrasi(CPMK 1) |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | Mengevaluasi teknik dan alat yang mendukung perencanaan, disain, analisis, pengoperasian dan pemantauan bisnis terintegrasi |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | Mampu menerapkan keselarasan kebutuhan sistem informasi yang relevan dengan proses bisnis terintegrasi pada organisasi |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 |
|
||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 |
|
||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISL6307 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : ISL6307 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Proses Bisnis Terintegrasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Jenis dan struktur Organisasi Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Struktur Organisasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Struktur Organisasi |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
2 |
|
Pengantar Business Process Definisi struktur organisasi fungsional Karakter lintas fungsional dari proses dan relasi pada organisasi |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
3 |
|
Pengantar Enterprise System Evolusi dan manfaat bisnis utama dari perusahaan enterprise Peran sistem perusahaan enterprise dalam mendukung bisnis |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
4 |
|
Business Model Tujuan model bisnis Tipe bisnis model |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
5 |
|
Business Integration Horizontal & Vertical Merger Acquisition Consolidation |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
6 |
|
Integrasi Proses Bisnis Kemitraan Bisnis dan Integrasi Proses Bisnis Manajemen Rantai Pasok dan Integrasi Proses Bisnis |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
7 |
|
Kinerja dan Pengukuran Proses Bisnis Key Performance Indicators (KPI) Metode Pengukuran Kinerja Proses Bisnis Analisis Data Kinerja Proses Bisnis |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
8 |
|
Procurement Process Proses Procurement kategori dasar master data pada proses procurement |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
9 |
|
Fullfillment Process Organizational Data Sales & billing Process Reporting document flow |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
10 |
|
Production Proses Langkah utama dalam proses produksi dan data, dokumen, dan informasi |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
11 |
|
Inventory and Warehouse Pergerakan barang Inventory Manajemen Inventory dan Warehouse terintegrasi |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
12 |
|
Manajemen Resiko Bisnis Terintegrasi Identifikasi Risiko Proses Bisnis Strategi Pengelolaan Risiko Proses Bisnis Studi Kasus Manajemen Risiko Proses Bisnis |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
13 |
|
Teknologi Proses Bisnis Terintegrasi Enterprise Resource Planning (ERP) ) Customer Relationship Management (CRM) Supply Chain Management (SCM) (ada membahas Integrasi eks dan Int) |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
14 |
|
Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Langkah-langkah Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi Evaluasi Implementasi Proses Bisnis Terintegrasi |
|
150.00 | Memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk LMS Memberi dan menerima umpan balik dan diskusi serta tanya jawab Studi kasus perusahaan sesuai materi |
|
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Proses Bisnis Terintegrasi | 10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. | ; Monday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
10418 Rully Mardjono, S.E., M.M. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (4.00%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (3.50%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (3.50%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) |
HEIGHT | KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (3.50%) |
LOW | KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (4.00%) |
LOW | KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (3.50%) |
LOW | KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (3.50%) |
LOW | KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (3.50%) |
LOW | KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (3.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | 3.50% | 3.5% | ||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | 3.50% | 3.5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | 3.50% | 3.5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M4 | M7 | M10 | M14 | M3 | M5 | M13 | M6 | M8 | M9 | M11 | M12 | ||||||||||||||||||
Komponen | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UTS | TG | TG | UTS | UAS | TG | UTS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UAS | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | Bobot |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | 4.00% | 4.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | 3.50% | 3.50% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 4 | 4 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 4 | 4 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 3.5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | UTS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | UTS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | UTS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | UTS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | UAS TG |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | UAS TG |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | UTS TG |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | TG UTS |
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | UAS TG |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | UTS TG |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | UAS TG |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | UAS TG |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | UAS TG |
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | UAS TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi Performance Indicator: definition of Organitation |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi Performance Indicator: definition of Organitation |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi Performance Indicator: definition of Organitation |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan merancang business model yang inovatif dan efektif Performance Indicator: The ability of students to analyze and design innovative and effective business models. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.4 | Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pengertian Organisasi Performance Indicator: definition of Organitation |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mahasiswa dalam menganalisis dan mendesain business proses yang efektif Performance Indicator: ability of students to analyze and design effective business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisa dan merancang business model yang inovatif dan efektif Performance Indicator: The ability of students to analyze and design innovative and effective business models. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar kinerja dan pengukuran proses bisnis. Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of performance and measurement of business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar enterprise sistem Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of the enterprise system |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar enterprise sistem Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of the enterprise system |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar integrasi bisnis, vertikal, dan horizontal Performance Indicator: students' understanding of the basic concepts of business, vertical, and horizontal integration. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.5 | Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.6 | Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.6 | KK6.CPMK-2 | KK6.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process. Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process. Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.4 | Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process. Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi inventory dan warehouse. Performance Indicator: the ability of students to design and implement inventory and warehouse strategies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.9 | KK9.CPMK-3 | KK9.CPMK-3.5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi solusi integrasi proses bisnis eksternal. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate the integration of external business process integration solutions. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan produksi Performance Indicator: the ability of students to identify and analyze production needs |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi implementasi proses bisnis terintegrasi Performance Indicator: the ability of students to design and implement the implementation strategy of integrated business processes |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam memilih dan mengevaluasi teknologi proses bisnis terintegrasi yang tepat. Performance Indicator: the ability of students to choose and evaluate appropriate integrated business process technology. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar procurement process. Performance Indicator: student understanding of the basic concepts of procurement process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan fulfillment Performance Indicator: the ability of students to evaluate the effectiveness of Fulfillment Process. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan strategi inventory dan warehouse. Performance Indicator: the ability of students to design and implement inventory and warehouse strategies. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: kemampuan mahasiswa dalam menganalisis risiko bisnis terintegrasi. Performance Indicator: the ability of students to analyze integrated business risks. |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 4 | 12.12 |
A- | 4 | 12.12 |
B+ | 3 | 9.09 |
B | 9 | 27.27 |
B- | 4 | 12.12 |
C+ | 2 | 6.06 |
C | 7 | 21.21 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi. |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK1.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK6.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK6.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK6.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal |
3 | 13 | 12 | 5 | 84.85 |
KK9.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut. |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-3.4 Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
KK9.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus |
8 | 15 | 10 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen dalam organisasi, jenis dan struktur organisasi. Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi dan faktor-faktor pemilihan struktur organisasi. | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Business Process, fungsi organisasi, dan cross-functional organization | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dari business model dan dapat membedakan dan menjelaskan tipe-tipe bisnis model | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan metode KPI, memahami dan menjelaskan KPI, dan mampu menganalisa data KPI | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan data master yang terkait dalam proses produksi, dan mengidentifikasi langkah-langkah produksi dan data, informasi, dokumen yang terkait | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu mendefinisikan integrasi proses dan menjelaskan mengapa konsep ini penting untuk operasi bisnis saat ini, mempu menjelaskan bagaimana keterkaitan proses procurment, fullfillment, dan inventory warehouse management ketika perusahaan memenuhi pesanan untuk pelanggan. Mahasiswa mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai titik integrasi antara proses-proses terkait. Mahasiswa mampu menganalisis dampak finansial dan material dari berbagai langkah dalam proses terintegrasi | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan evolusi dari perkembangan ERP dan peran ERP pada Business Proces, mampu menjelaskan manfaat dari penerapan ERP, mengetahui aplikasi-aplikasi ERP, dan menjelaskan strategi implementasi ERP | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan Merger, Acquisition, dan Consolidation | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan ERP, CRM, dan SCM baik definisi, manfaat dan tantangannya | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis kemitraan bisnis, manajemen dan proses rantai pasok, dan integrasi proses bisnis baik internal maupun eksternal | |||||
UTS | 2 (6.06 %) | 10 (30.30 %) | 13 (39.39 %) | 8 (24.24 %) | 75.76 (229.58 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses procurment dan konsep-konsep utama yang terkait dengan proses procurement. Mahasiswa mampu mengidentifikasikan langkah-langkah utama dalam proses procurment dan data, dokumen, dan informasi yang terkait dengan langkah-langkah tersebut. | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan tingkat organisasi yang terkait dengan proses fullfillment, data yang terkait dengan proses fullfillment, mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses fullfillment, dan peran proses manajemen kredit dalam fullfillment | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan empat pergerakan barang yang terkait denngan inventory management, menjelaskan tingkat organisasi dalam inventory management, menganalisi data master yang terkait, mengidentifikasi dan menjelaskan langkah-langkah dalam proses, dan mendemonstarsikan bagaimana proses manajemen inventaris dan gudang terintegrasi dengan proses lainnya | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikaskan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu mendiskusikan dan menjelaskan strategi pengelolaan risiko proses bisnis. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan permasalahan hingga solusi dari studi kasus | |||||
UAS | 13 (39.39 %) | 11 (33.33 %) | 9 (27.27 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
TG | 10 (30.30 %) | 15 (45.45 %) | 8 (24.24 %) | 0 | 100 (303.03 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||
KK1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.5 Std Mark: 56.00 |
KK1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK6.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK9.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002200003 | NAYAKA WIRYATAMA | 62.50 | 62.50 | 62.50 | 62.50 | 65.00 | 65.00 | 62.50 | 62.50 | 65.00 | 62.50 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
2 | 065002200011 | ERY FEBRIAN | 52.50 | 52.50 | 52.50 | 52.50 | 65.00 | 65.00 | 52.50 | 52.50 | 65.00 | 52.50 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
3 | 065002200004 | NAURA FAHRIYA SHAHADA APSARI | 52.50 | 52.50 | 52.50 | 52.50 | 65.00 | 65.00 | 52.50 | 52.50 | 65.00 | 52.50 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
4 | 065002200001 | BINTANG KOMARUDIN | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 61.50 | 61.50 | 57.50 | 57.50 | 61.50 | 57.50 | 61.50 | 61.50 | 61.50 | 61.50 |
5 | 065002200013 | FATHUR RAHMAN | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
6 | 065002200034 | ALFARIZQI WIRA ANADYAR | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 |
7 | 065002200041 | CHRISTIAN SAMUEL DIMARCIO M. | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 67.50 | 67.50 | 57.50 | 57.50 | 67.50 | 57.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 |
8 | 065002200002 | AYESHA NADRA SAABIRAH | 66.50 | 66.50 | 66.50 | 66.50 | 75.00 | 75.00 | 66.50 | 66.50 | 75.00 | 66.50 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
9 | 065002200022 | AULIA RAHMA TRI ASTUTI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 70.00 | 70.00 | 75.00 | 70.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
10 | 065002200040 | VEGARD TAMARO SATRIAWAN SINAGA | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 77.50 | 77.50 | 72.50 | 72.50 | 77.50 | 72.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
11 | 065002200042 | STEVANIO | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
12 | 065002200039 | USWATUN KHASANAH | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 77.50 | 77.50 | 67.50 | 67.50 | 77.50 | 67.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
13 | 065002200044 | KARAN SHANKAR | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 82.50 | 82.50 | 77.50 | 77.50 | 82.50 | 77.50 | 82.50 | 82.50 | 82.50 | 82.50 |
14 | 065002200016 | JANNATHAN GERALD MAHENDRA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 72.50 | 72.50 | 70.00 | 70.00 | 72.50 | 70.00 | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 72.50 |
15 | 065002200010 | RIZKY RAMADHAN | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 67.50 | 67.50 | 55.00 | 55.00 | 67.50 | 55.00 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 |
16 | 065002200025 | ISMAIL BAIHAQI | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 77.50 | 77.50 | 72.50 | 72.50 | 77.50 | 72.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
17 | 065002200024 | DIO ARIANDRA | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 82.50 | 82.50 | 80.00 | 80.00 | 82.50 | 80.00 | 82.50 | 82.50 | 82.50 | 82.50 |
18 | 065002200038 | ELITA WAHYU FIRDASARI | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 77.50 | 77.50 | 70.00 | 70.00 | 77.50 | 70.00 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
19 | 065002200035 | BELVA LUTHFIAH ANDINI | 92.50 | 92.50 | 92.50 | 92.50 | 95.00 | 95.00 | 92.50 | 92.50 | 95.00 | 92.50 | 95.00 | 95.00 | 95.00 | 95.00 |
20 | 065002200032 | SHILFIYYA AMALIA ASDI | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
21 | 065002200027 | MARIA ULPA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 77.50 | 77.50 | 70.00 | 70.00 | 77.50 | 70.00 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
22 | 065002200015 | HAWA APRILIA UTAMI | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 65.00 | 65.00 | 70.00 | 65.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
23 | 065002200009 | RYANDRA RAFA ADITYA | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 77.50 | 77.50 | 75.00 | 75.00 | 77.50 | 75.00 | 77.50 | 77.50 | 77.50 | 77.50 |
24 | 065002200033 | DIAH AYU ARIFAH | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 65.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
25 | 065002200031 | VANYA FEBRIANI | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 67.50 | 75.00 | 75.00 | 67.50 | 67.50 | 75.00 | 67.50 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
26 | 065002200005 | MUHAMMAD ZAKY FAWWAZ | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 65.00 | 65.00 | 55.00 | 55.00 | 65.00 | 55.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
27 | 065002300010 | SYIFA KURNIA SARI | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
28 | 065002300020 | RAYHAN DONI PRAMANA | 79.00 | 79.00 | 79.00 | 79.00 | 80.00 | 80.00 | 79.00 | 79.00 | 80.00 | 79.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
29 | 065002200023 | CHAERUDIN SAPUTRA | 82.50 | 82.50 | 82.50 | 82.50 | 85.00 | 85.00 | 82.50 | 82.50 | 85.00 | 82.50 | 85.00 | 85.00 | 85.00 | 85.00 |
30 | 065002200029 | NAZRI HASBY | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 75.00 | 75.00 | 80.00 | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
31 | 065002300027 | BAYU PRAMONO | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 72.50 | 75.00 | 75.00 | 72.50 | 72.50 | 75.00 | 72.50 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 |
32 | 065002300001 | MOAMMAR DEMAS KENZIE | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 57.50 | 65.00 | 65.00 | 57.50 | 57.50 | 65.00 | 57.50 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 |
33 | 065002300007 | DAFASYAH ADINATA | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 61.50 | 61.50 | 55.00 | 55.00 | 61.50 | 55.00 | 61.50 | 61.50 | 61.50 | 61.50 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(10418 Rully Mardjono, S.E., M.M.)