Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Web
Kode Mata Kuliah : IKG6405
Tim Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Kelas : 02
Dosen : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 21 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Web
KODE MATA KULIAH : IKG6405
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN WEB
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKG6405
Bobot (sks):
4.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep dasar pemrograman berbasis web
KK.2 KK2.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan memperbaiki tampilan web
KK.3 KK3.CPMK-3 Mahasiswa mampu membuat, mendemontrasikan dan mengevaluasi web dinamis
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
P1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
P1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
P1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django Session
P1.CPMK-1.5 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep REST API
KK.2 KK2.CPMK-2
KK2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
KK2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengimplementasikan javascript pada aplikasi berbasis web
KK2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu mengimplementasikan template Django untuk menampilkan informasi secara dinamis
KK.3 KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
KK3.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
KK3.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
KK3.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu mendeploy aplikasi di lingkungan server
KK3.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKG6405

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKG6405     SKS : 4.00
Mata Kuliah : Pemrograman Web Dosen :
  1. 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
Prinsip, konsep dan prosedur:
  • Kerangka kerja aplikasi Web
  • HTML tag, cs style dan java script di laman web 3
  • IDE untuk pengembangan aplikasi web
  • Membuat applikasi Hello Word
  • Tutorial (70)
  • Diskusi (30)
240.00 Memahami arsitektur aplikasi berbasis web, teknologi pendukung dan komunikasi antar modul menggunakan API
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan javascript pada aplikasi berbasis web
  2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
Menampilkan informasi sederhana:
  • Struktur layout UI
  • Rancangan tampilan informasi
  • Verifikasi dan memvalidasi hasil implementasi
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (20)
  • Diksusi Online (10)
240.00 Menerapkan layout html dan melakukan verifikasi hasil rancangan layout
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
Menampilkan informasi dengan berbagai struktur, theme, dan style:
  • Struktur Layout UI, Theme, dan Animasi
  • Implementasi Rancangan Tampilan Informasi dengan Theme dan Animasi
  • Verifikasi dan validasi implementasi berdasarkan rancangan
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (20)
  • Diksusi Online (10)
240.00 Mengimplementasikan rancangan UI yang memuat theme dan animasi
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
Laman Entry Data Tunggal:
  • Django Model untuk Penyimpanan Data
  • Django Form
  • Menangani entry data di Django View
  • Django Template untuk menampilkan informasi pada browser
  • Javascript untuk menampilkan hasil validasi
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (40)
240.00 Mengimplementasi aplikasi entry data tunggal dengan Django
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
  3. Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
Laman Entry Data Parent Child:
  • Bootstrap untuk format tampilan
  • Implementasi Relasi ONE TO ONE dan ONE TO MANY
  • Tutorial (60)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (20)
240.00 Menerapkan rancangan entry data parent child dengan bootstrap dan django ORM
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 0.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
  • Tugas Kelompok - 15.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
Pencarian data ke database:
  • Django Query Set
  • Implementasi JQuery pada Django untuk pencarian data
240.00 Mengimplementasi pencarian data dengan menggabungkan Django dan JQuery
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 1 - 0.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
Implementasi Upload File:
  • Django request.FILES
  • Django media settings
  • HTML form enctype="multipart/form-data"
240.00 Mengimplementasikan upload file
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Tugas Kelompok - 5.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
Studi Kasus CRUD data Produk
240.00 Mengimplementasikan CRUD pada data produk
  • Praktikum - 3.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django Session
  3. Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
Data Entry Sequensial:
  • Navigasi
  • UI Tabulasi
  • Django Session
240.00 Mengimplementasikan data entry sequensial
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
  4. Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
Menampilkan grafik: Visualisasi data di platform web
240.00 Memvisualisasikan data tabular kedalam grafik
  • Praktikum - 2.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu mendeploy aplikasi di lingkungan server
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
  3. Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
Mencetak Dokumen: Mencetak Dokumen di Platform Web
240.00 Mencetak dokumen di platform web
  • Ujian Akhir Semester - 1.00 %
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Praktikum - 1.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep REST API
  3. Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
Integrasi Modul: REST API dan REST FRAMEWORK Django, Implementasi penyedia API
240.00 Integrasi Modul: Implementasi layanan API
  • Quiz 2 - 0.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 4.00 %
  • Praktikum - 1.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
  2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
Integrasi Modul 2: REST API di platform Web
240.00 mendesain dan mengimplementasikan konsumsi API
  • Tugas Kelompok - 15.00 %
  • Praktikum - 1.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
  2. Mahasiswa mampu mendeploy aplikasi di lingkungan server
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
Deploy Aplikasi dan Membuat User Manual
240.00 Mempraktekan komunikasi antar modul melalui API, modul satu sebagai penyedia dan modul lainnya jadi konsumen API
  • Rosyda Permatasari, Binti Solihah(2023)
  • Binti Solihah, Ahmad Zuhdi, Hilda Dwi Utari(2023)
  • Tugas Kelompok - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Web 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ; Thursday 07:30:00-12:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (0.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 Minggu ke-7 Assessment: Tugas Kelompok (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-2 KK2.CPMK-2.1 Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (5.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas Kelompok (15.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (0.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (0.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (0.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (0.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (0.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (1.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas Kelompok (15.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%
3%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 3.00%
3.00%
6%
KK.2 KK2.CPMK-2 KK2.CPMK-2.1 3.00%
3.00%
6%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 3.00%
3%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3 0.00%
0.00%
0%
TOTAL 20%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.00%
2.00%
4%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 5.00%
5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00%
4%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 0%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3 0.00%
0%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5 3.00%
3%
TOTAL 17%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 5.00%
5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 15.00%
15%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5 15.00%
15%
TOTAL 40%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M14 M10 M7 M11 M4 M5 M9 M12 M3 M2 M6 M8 M13
Komponen UTS Q1 UAS TGKEL UAS Q2 PRK TGKEL UTS PRK UAS UTS UTS TGKEL PRK UAS PRK UAS PRK UTS PRK UTS PRK UTS UAS PRK UAS Q2 PRK PRK TGKEL
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 3.00%0.00%2.00%2.00% 7%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 5.00%2.00%1.00%1.00% 9%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 3.00%3.00% 6%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 5.00% 5%
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 4.00% 4%
KK.2 KK2.CPMK-2 KK2.CPMK-2.1 3.00%2.00%3.00%2.00% 10%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 5.00% 5%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 15.00%2.00%3.00%3.00%2.00% 25%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3 0.00%0.00%2.00%0.00%0.00%2.00%2.00% 6%
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5 0.00%1.00%3.00%0.00%3.00%1.00%15.00% 23%
TOTAL 3 2 5 2 2 5 2 1 1 3 3 15 4 5 2 4 1 3 2 3 2 3 3 2 3 3 1 15 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS Q1 UAS UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2 TGKEL UTS PRK UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3 UTS UTS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4 UAS
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5 UAS
KK.2 KK2.CPMK-2 KK2.CPMK-2.1 UTS PRK UTS PRK
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.1 TGKEL
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2 UTS UAS PRK TGKEL PRK
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3 UTS UTS PRK Q2 PRK UAS PRK
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5 UAS Q2 PRK PRK PRK TGKEL PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.3Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan MVT untuk menginput, menyimpan dan menampilkan informasi sederhana pada halaman web
Performance Indicator: Student are able to implement MVT to entry, save and display simple information in web browser
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-2 KK2.CPMK-2.1Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan tag HTML dan skrip CSS dengan benar
Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing HTML tag and CSS scripts correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar
Students are not able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar
Students are able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep CSS, dan mengimplementasikan internal eksternal CSS
Students are able to identify CSS concepts, and implement internal and external CSS
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.4Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django Session
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep session dapat dijelaskan
Performance Indicator: session concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.5Mahasiswa mampu menjelaskan konsep REST API
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep session dapat dijelaskan
Performance Indicator: session concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep REST API dapat dijelaskan
Performance Indicator: REST API concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.2Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep session dapat dijelaskan
Performance Indicator: session concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep REST API dapat dijelaskan
Performance Indicator: REST API concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.3Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep session dapat dijelaskan
Performance Indicator: session concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep REST API dapat dijelaskan
Performance Indicator: REST API concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi sebelumnya
Performance Indicator: Student are able to implement session to keep information from previous session
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks
Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks
Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan
Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
KK.3 KK3.CPMK-3 KK3.CPMK-3.5Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
Indikator Kinerja: Kardinalitas antar entitas dapat diimplementasikan dengan benar
Performance Indicator: cardinality between entities can be implemented correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar
Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript
Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya
Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar
Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar
Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep terkait unggah file di framework django
Performance Indicator: Students are able to explain the upload file process in django framework
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: konsep session dapat dijelaskan
Performance Indicator: session concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Konsep REST API dapat dijelaskan
Performance Indicator: REST API concept can be explained
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi sebelumnya
Performance Indicator: Student are able to implement session to keep information from previous session
Rubrik Penilaian
55.00/Fail 56.00/Pass 70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks
Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks
Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan
Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Implementasi konsumsi API bisa diperagakan
Performance Indicator: consume data from API can be demonstrated
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 11 52.38
A- 2 9.52
B+ 1 4.76
B 4 19.05
B- 1 4.76
C+ 0 0.00
C 1 4.76
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
19 0 0 2 90.48
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
0 0 0 21 0.00
P1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
0 0 0 21 0.00
P1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django Session
0 0 0 21 0.00
P1.CPMK-1.5
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep REST API
0 0 0 21 0.00
KK2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
18 2 1 0 100.00
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
21 0 0 0 100.00
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
11 5 4 1 95.24
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
10 6 4 1 95.24
KK3.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
10 4 6 1 95.24
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web: Teknologi Frontend (HTML, CSS, Javascript) dan back end
UTS15
(71.43 %)
6
(28.57 %)
00100
(476.19 %)
Q119
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MVT pada framework Django
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django ORM
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Django Session
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep REST API
Mahasiswa mampu mengimplementasikan tag html dan css untuk menampilkan informasi
UTS15
(71.43 %)
6
(28.57 %)
00100
(476.19 %)
Q119
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
PRK20
(95.24 %)
01
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
Mahasiswa mampu menerapkan konsep MVT pada aplikasi berbasis web
TGKEL21
(100.00 %)
000100
(476.19 %)
Mahasiswa mampu menerapkan konsep django ORM untuk membuat dan memanipulasi database
UTS15
(71.43 %)
6
(28.57 %)
00100
(476.19 %)
Q119
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Q219
(90.48 %)
1
(4.76 %)
1
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
UAS8
(40.00 %)
2
(10.00 %)
3
(15.00 %)
7
(35.00 %)
65
(325.00 %)
PRK20
(95.24 %)
01
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
Mahasiswa mampu menerapkan konsep session untuk mempertahankan informasi pada aplikasi berbasis web
UTS15
(71.43 %)
6
(28.57 %)
00100
(476.19 %)
Q119
(90.48 %)
002
(9.52 %)
90.48
(430.86 %)
Q219
(90.48 %)
1
(4.76 %)
1
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
UAS8
(40.00 %)
2
(10.00 %)
3
(15.00 %)
7
(35.00 %)
65
(325.00 %)
PRK20
(95.24 %)
01
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyediaan API dan konsumsi API berbasis REST API
Q219
(90.48 %)
1
(4.76 %)
1
(4.76 %)
0100
(476.19 %)
UAS8
(40.00 %)
2
(10.00 %)
3
(15.00 %)
7
(35.00 %)
65
(325.00 %)
PRK20
(95.24 %)
01
(4.76 %)
0100
(476.19 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.5 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-1.5
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.5
Std Mark: 56.00
1 064002200001 RAFIF FERNANDA WIBOWO 81.200.000.000.000.0083.5780.0070.6969.2267.81
2 064002200003 AUDI AULIA 83.400.000.000.000.0081.5080.0063.1760.5657.64
3 064002200004 RHENA TABELLA 85.300.000.000.000.0084.1180.0092.3091.6896.03
4 064002200006 ISKY DWI APRILIANTO 83.900.000.000.000.0082.8280.0065.6063.5460.71
5 064002200007 SONYA RIDESIA HASTARI 86.200.000.000.000.0084.7980.0072.5570.5169.03
6 064002200008 CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA 84.800.000.000.000.0083.1480.0093.1091.8097.73
7 064002200009 ADRIAN ALFAJRI 87.600.000.000.000.0086.4380.0094.3493.3598.09
8 064002200010 ANDRI MARTIN 87.600.000.000.000.0086.4380.0070.4168.3965.43
9 064002200011 BINTANG RAKHA DANISWARA 84.800.000.000.000.0083.1480.0079.7177.9079.50
10 064002200012 CANDY SOEKA WIYONO 86.900.000.000.000.0085.6180.0091.4090.2094.39
11 064002200015 PUTRI SYABILLAH 84.100.000.000.000.0082.3280.0066.0963.6161.24
12 064002200020 AISYAH NUR FADHLIA 84.280.000.000.000.0084.1080.0084.6383.5486.25
13 064002200021 ANKA FAYIZ RASYAD 81.300.000.000.000.0079.0480.0080.5978.6182.47
14 064002200024 KHARISMA MAULIDA SAARA 86.410.000.000.000.0086.0880.0090.1989.7192.17
15 064002200027 TARUM WIDYASTI PERTIWI 84.800.000.000.000.0084.5080.0081.6680.6981.47
16 064002200030 VANIA RAHMA DEWI 81.000.000.000.000.0080.6480.0078.0576.4678.73
17 064002200033 JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG 83.600.000.000.000.0082.7180.0092.1791.2597.03
18 064002200035 M. FAUZAN WIJAYA 84.700.000.000.000.0087.6880.0092.7993.0196.61
19 064002200036 MUHAMMAD FAHMI 88.000.000.000.000.0088.8680.0081.4180.4579.86
20 064002200038 GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM 52.000.000.000.000.0062.8680.0058.4860.7158.13
21 064002200041 DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR 54.800.000.000.000.0070.7180.0054.4053.2953.39

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)