PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Web |
Kode Mata Kuliah | : | IKG6405 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 21 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Web |
KODE MATA KULIAH | : IKG6405 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN WEB Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKG6405 |
Bobot (sks): 4.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep dasar pemrograman berbasis web |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan memperbaiki tampilan web |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | Mahasiswa mampu membuat, mendemontrasikan dan mengevaluasi web dinamis |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 |
|
||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKG6405 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKG6405 SKS : 4.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Web | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Sejarah dan Konsep Pemrograman Internet; Sejarah & definisi internet, pemrograman internet, kelebihan & kekurangan client-server, protokol komunikasi, aplikasi berbasis web, arsitektur & siklus aplikasi web, kelebihan & kekurangan aplikasi berbasis web, web client (web browser), web server, URL, Web Statis dan Dinamis, Client Server, Pengenalan Client dan Server Side Script |
|
240.00 | Mengumpulkan informasi, dan menerima umpan balik, mengetahui contoh-contoh skrip |
|
|
2 |
|
Pengertian HTML, Cara kerja HTML, Bagaimana Web Browser mengolah File HTML, Kegunaan HTML, Penyimpanan HTML, Struktur HTML, Perbedaan HTML dengan HTML 5, Template dasar HTML 5, Doctype, Image, Element-element HTML5, Element input text, select, radio button, button/submit, form, perbedaan dan contoh method GET & POST |
|
240.00 | Mengumpulkan informasi & fungsi skrip HTML, Merancang template HTML, Mencontohkan skrip HTML. |
|
|
3 |
|
Pengenalan CSS, Kegunaan CSS, Jenis CSS, Perbedaan CSS dengan CSS3, Selector, Pseudoclass, Atribut, Descriptor, ID dan Class, Pop-up CSS, Menu Pop-up, sliding door menu, clipped sliding menu, transformasi & translasi CSS3. |
|
240.00 | Mengumpulkan informasi & fungsi skrip CSS, Memperbaiki desain, dan mencontohkan skrip CSS |
|
|
4 |
|
Pengertian Javascript, Model penulisan javascript, variabel dan array, operator, pernyataan seleksi (IF) dan pengulangan (WHILE-DO, FOR), Pembuatan form, submit form, validasi text field, validasi radio button, Pengenalan fungsi pada javascript, fungsi dengan parameter, pembuatan frame, relasi parent/child pada Javascript |
|
240.00 | Mengumpulkan informasi, Membuat fungsi JavaScript, menunjukkan hasil JavaScript |
|
|
5 |
|
Konsep Document Object Model (DOM) ; pengenalan DOM, Nodes, Element, Text, Atribut (Class dan ID), getElementById, getElementByTagName, getElementByClassName, getAttribut, minimisasi DOM. |
|
240.00 | Mengumpulkan informasi, menerapkan fungsi DOM |
|
|
6 |
|
Pengenalan JQuery, event handling, fungsi ready(), penambahan event ke element, pengecekan field, submit form dengan jquery, pembuatan fungsi select/unselect pada checkbox, mouse event. | 240.00 | Mengumpulkan informasi, mengidentifikasi dan menerapkan fungsi JQuery |
|
||
7 |
|
Quiz I : HTML, CSS, JavaScript, DOM, JQuery | 240.00 | Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman | |||
8 |
|
PHP I: Pengenalan PHP, struktur PHP, comment, komponen dasar PHP, tipe variabel, array, fungsi matematika PHP, tipe-tipe pernyataan (IF, ELSE, PRINT, SWITCH, FOR, WHILE, ekspresi aritmatika, ekspresi logika (TRUE-FALSE), GET & POST Method, Fungsi-fungsi penting pada PHP, manipulasi substring, konversi string ke array dan sebaliknya, fungsi max min, fungsi random, fungsi die, echo dan printf, pengalokasian file, direktori, penyimpanan data file teks, fungsi file, pencarian direktori & konten, passing array, passing by reference, passing by value | 240.00 | Mengumpulkan informasi, Memanfaatkan skrip PHP |
|
||
9 |
|
PHP II: Pengenalan PHP Berorientasi Objek, Class, Object, Fungsi dengan parameter dan tanpa parameter, scope variable, Inheritance, Encapsulation, Overloading Overriding, Penerapan OO PHP pada Input user (Text, Button, Form, Radio Button, Select), contoh login dengan OO PHP. | 240.00 | Mengumpulkan informasi Merancang kelas-kelas PHP |
|
||
10 |
|
JSON: Pengenalan JSON, Struktur JSON, pembuatan JSON di PHP, parsing error, akses data dari JSON didalam JQuery | 240.00 | Mengumpulkan informasi Menyusun skrip JSON |
|
||
11 |
|
XML & AJAX: Extensible Markup Language (XML) dan Penerapannya ; konsep dasar XML, hirarki XML, fungsi penerapan XML, Tree XML, attribut dan elemen XML, validator XML dan cara kerjanya, CSS dan XML, dan contoh-contoh XML, Pengenalan konsep Ajax, contoh penerapan ajax dengan PHP, penggunaan XMLHttpRequest object, Teknik server side dengan PHP & MySQL, passing, validasi AJAX form, upload file dengan AJAX. | 240.00 | Mengumpulkan informasi, Memanfaatkan skrip AJAX |
|
||
12 |
|
Database & Query: Pengertian database, keunggulan penerapan database, model dasar database (hirarki, jaringan, relasional), field, record, tabel, file, pengenalan key, relasi antar tabel. Pengenalan MySQL, pembuatan database, tabel, penamaan database, tabel dan field, primary key, konsep DDL (CREATE, ALTER, DROP), contoh DDL, jenis-jenis query (query sederhana),DML (SELECT, DELETE, UPDATE, INSERT), Query gabungan dam query bertingkat, DML (JOIN, ORDER BY, GROUP BY, DISTINCT, HAVING, BETWEEN, LIKE), view, stored procedure, MySQL dalam PHP | 240.00 | Mengumpulkan & mendiskusikan point-point (100 menit), Mempraktekkan kueri DDL DML (50 menit), Mengumpulkan informasi Membuat database, Memanfaatkan kueri DML |
|
||
13 |
|
Quiz II: Jquery, PHP, DDL, DML | 240.00 | Mengumpulkan informasi Menyelesaikan soal-soal pemrograman | |||
14 |
|
Proyek pemrograman web | 240.00 | Mempresentasikan hasil proyek berkelompok |
|
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Web | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ; Thursday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz 1 (1.50%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (0.50%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (20.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz 2 (1.50%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.50%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (2.50%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (1.50%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (0.00%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (0.00%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.50%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.50%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.4 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.5 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (1.50%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.50%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | 4.00% | 3.00% | 7% | |||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.5 | 4.50% | 4.50% | 9% | |||||
TOTAL | 21% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 20.00% | 20% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M3 | M2 | M14 | M6 | M12 | M4 | M5 | M10 | M11 | M8 | M9 | ||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | Q1 | UTS | Q1 | PRK | UTS | Q1 | PRK | TGKEL | UTS | UAS | Q2 | PRK | Q1 | UAS | Q2 | PRK | UTS | UAS | Q2 | Q1 | PRK | UAS | PRK | Q1 | UTS | Q2 | PRK | UAS | UAS | Q2 | PRK | UAS | Q2 | PRK | UAS | Q2 | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | 5.00% | 1.50% | 0.50% | 7% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | 4.00% | 1.00% | 0.50% | 5.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | 20.00% | 20% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | 3.00% | 3.00% | 1.50% | 1.00% | 1.50% | 4.00% | 2.50% | 1.00% | 17.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | 4.00% | 3.00% | 1.00% | 1.50% | 1.00% | 3.00% | 0.50% | 1.00% | 3.00% | 1.50% | 0.50% | 4.00% | 24% | ||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.4 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 7% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.5 | 4.50% | 1.50% | 2.00% | 4.50% | 2.00% | 2.00% | 16.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 1 | 1.5 | 5 | 1.5 | 0.5 | 4 | 1 | 0.5 | 20 | 3 | 3 | 1.5 | 1 | 1.5 | 4 | 2.5 | 1 | 4 | 3 | 1 | 1.5 | 1 | 3 | 0.5 | 1 | 3 | 1.5 | 0.5 | 4 | 4 | 2 | 1 | 4.5 | 1.5 | 2 | 4.5 | 2 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS Q1 |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | UTS Q1 PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | UTS Q1 PRK |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.1 | TGKEL |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | UTS UAS Q2 PRK Q1 UAS Q2 PRK |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | UTS UAS Q2 Q1 PRK UAS PRK PRK Q1 UTS UAS Q2 PRK UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.4 | UAS Q2 PRK |
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.5 | UAS Q2 PRK UAS Q2 PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar Students are not able to identify the definition of web programming correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar Students are able to correctly identify the definition of web programming |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly |
|||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are not able to correctly identify and apply CSS on the client side |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are able to correctly identify and apply CSS on the client side |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep CSS, dan mengimplementasikan internal eksternal CSS Students are able to identify CSS concepts, and implement internal and external CSS |
|||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are not able to correctly identify and apply CSS on the client side |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are able to correctly identify and apply CSS on the client side |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep CSS, dan mengimplementasikan internal eksternal CSS Students are able to identify CSS concepts, and implement internal and external CSS |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan mahasiswa dalam memiliih dan menerapkan tag dasar HTML Performance Indicator: Accuracy of students in choosing and applying basic HTML tags |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep, struktur HTML dan kegunaannya dengan benar Students are not able to identify concepts, HTML structures and their uses correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep, struktur HTML dan kegunaannya dengan benar Students are able to identify concepts, HTML structures and their uses correctly |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dan kegunaan HTML, membuat layout dengan tag-tag HTML, dan menerapkan method GET POST Students are able to identify the concepts and uses of HTML, create layouts with HTML tags, and apply the GET POST method |
|||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-3 | KK3.CPMK-3.5 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | |||||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly |
|||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
55.00/Fail | 56.00/Pass | 70.00/Pass | |||||||||||||||
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions |
|||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip PHP dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Suitability of PHP script creation and active discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 11 | 52.38 |
A- | 2 | 9.52 |
B+ | 1 | 4.76 |
B | 4 | 19.05 |
B- | 1 | 4.76 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 1 | 4.76 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web |
19 | 0 | 0 | 2 | 90.48 |
KK2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website |
18 | 2 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya |
18 | 2 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web |
21 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web |
11 | 5 | 4 | 1 | 95.24 |
KK3.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web |
10 | 6 | 4 | 1 | 95.24 |
KK3.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web |
10 | 3 | 6 | 2 | 90.48 |
KK3.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web |
10 | 4 | 6 | 1 | 95.24 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web | |||||
UTS | 15 (71.43 %) | 6 (28.57 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Q1 | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website | |||||
UTS | 15 (71.43 %) | 6 (28.57 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Q1 | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya | |||||
UTS | 15 (71.43 %) | 6 (28.57 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Q1 | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web | |||||
TGKEL | 21 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web | |||||
UTS | 15 (71.43 %) | 6 (28.57 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Q1 | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Q2 | 19 (90.48 %) | 1 (4.76 %) | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
UAS | 8 (40.00 %) | 2 (10.00 %) | 3 (15.00 %) | 7 (35.00 %) | 65 (325.00 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web | |||||
UTS | 15 (71.43 %) | 6 (28.57 %) | 0 | 0 | 100 (476.19 %) |
Q1 | 19 (90.48 %) | 0 | 0 | 2 (9.52 %) | 90.48 (430.86 %) |
Q2 | 19 (90.48 %) | 1 (4.76 %) | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
UAS | 8 (40.00 %) | 2 (10.00 %) | 3 (15.00 %) | 7 (35.00 %) | 65 (325.00 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web | |||||
Q2 | 19 (90.48 %) | 1 (4.76 %) | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
UAS | 8 (40.00 %) | 2 (10.00 %) | 3 (15.00 %) | 7 (35.00 %) | 65 (325.00 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web | |||||
Q2 | 19 (90.48 %) | 1 (4.76 %) | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
UAS | 8 (40.00 %) | 2 (10.00 %) | 3 (15.00 %) | 7 (35.00 %) | 65 (325.00 %) |
PRK | 20 (95.24 %) | 0 | 1 (4.76 %) | 0 | 100 (476.19 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200001 | RAFIF FERNANDA WIBOWO | 81.20 | 83.57 | 84.00 | 80.00 | 70.69 | 69.22 | 65.34 | 67.81 |
2 | 064002200003 | AUDI AULIA | 83.40 | 81.50 | 81.64 | 80.00 | 63.17 | 60.56 | 54.86 | 57.64 |
3 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 85.30 | 84.11 | 84.18 | 80.00 | 92.30 | 91.68 | 95.57 | 96.03 |
4 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 83.90 | 82.82 | 83.00 | 80.00 | 65.60 | 63.54 | 57.97 | 60.71 |
5 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 86.20 | 84.79 | 84.91 | 80.00 | 72.55 | 70.51 | 66.94 | 69.03 |
6 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 84.80 | 83.14 | 83.27 | 80.00 | 93.10 | 91.80 | 96.94 | 97.73 |
7 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 87.60 | 86.43 | 86.55 | 80.00 | 94.34 | 93.35 | 97.43 | 98.09 |
8 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 87.60 | 86.43 | 86.55 | 80.00 | 70.41 | 68.39 | 63.23 | 65.43 |
9 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 84.80 | 83.14 | 83.27 | 80.00 | 79.71 | 77.90 | 77.83 | 79.50 |
10 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 86.90 | 85.61 | 85.73 | 80.00 | 91.40 | 90.20 | 93.54 | 94.39 |
11 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 84.10 | 82.32 | 82.45 | 80.00 | 66.09 | 63.61 | 58.69 | 61.24 |
12 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 84.28 | 84.10 | 84.33 | 80.00 | 84.63 | 83.54 | 84.74 | 86.25 |
13 | 064002200021 | ANKA FAYIZ RASYAD | 81.30 | 79.04 | 79.18 | 80.00 | 80.59 | 78.61 | 80.74 | 82.47 |
14 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 86.41 | 86.08 | 86.15 | 80.00 | 90.19 | 89.71 | 91.83 | 92.17 |
15 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 84.80 | 84.50 | 84.64 | 80.00 | 81.66 | 80.69 | 80.31 | 81.47 |
16 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 81.00 | 80.64 | 80.91 | 80.00 | 78.05 | 76.46 | 76.74 | 78.73 |
17 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 83.60 | 82.71 | 82.91 | 80.00 | 92.17 | 91.25 | 96.00 | 97.03 |
18 | 064002200035 | M. FAUZAN WIJAYA | 84.70 | 87.68 | 88.09 | 80.00 | 92.79 | 93.01 | 95.43 | 96.61 |
19 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 88.00 | 88.86 | 89.09 | 80.00 | 81.41 | 80.45 | 78.26 | 79.86 |
20 | 064002200038 | GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM | 52.00 | 62.86 | 63.64 | 80.00 | 58.48 | 60.71 | 57.33 | 58.13 |
21 | 064002200041 | DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR | 54.80 | 70.71 | 72.36 | 80.00 | 54.40 | 53.29 | 49.14 | 53.39 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)