EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE
DESKRIPSI CPL
S.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas
Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia
Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan
Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan
industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1
Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks
untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang
informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2
Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3
Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1
Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi
dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang
sesuai (KK.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4
Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE
DESKRIPSI CPL
KK.3
Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan
mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.1
Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan
menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk
memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KK.2
Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan
mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan
mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu
transdisiplin (KK.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI CPMK
P.1
P1.CPMK-1
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep dasar pemrograman berbasis web
KK.2
KK2.CPMK-2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan memperbaiki tampilan web
KK.3
KK3.CPMK-3
Mahasiswa mampu membuat, mendemontrasikan dan mengevaluasi web dinamis
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL
KODE CPMK
DESKRIPSI Sub CPMK
P.1
P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
P1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
KK.2
KK2.CPMK-2
KK2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
KK2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
KK3.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
KK3.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
3.1 Muatan RPS
Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKG6405
Program Studi : INFORMATIKA
Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKG6405 SKS : 4.00
Mata Kuliah : Pemrograman Web
Dosen :
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
MK Prasyarat :
Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke
KAD
Bahan Kajian
Metoda Pembelajaran
Waktu Belajar (Menit)
Pengalaman Belajar Mahasiswa
Referensi
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
Sejarah dan Konsep Pemrograman Internet; Sejarah & definisi internet, pemrograman internet, kelebihan & kekurangan client-server, protokol komunikasi, aplikasi berbasis web, arsitektur & siklus aplikasi web, kelebihan & kekurangan aplikasi berbasis web, web client (web browser), web server, URL, Web Statis dan Dinamis, Client Server, Pengenalan Client dan Server Side Script
Tutorial (70)
Diskusi (30)
240.00
Mengumpulkan informasi, dan menerima umpan balik, mengetahui contoh-contoh skrip
Quiz 1 - 1.50 %
Ujian Tengah Semester - 1.00 %
2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
Pengertian HTML, Cara kerja HTML, Bagaimana Web Browser mengolah File HTML, Kegunaan HTML, Penyimpanan HTML, Struktur HTML, Perbedaan HTML dengan HTML 5, Template dasar HTML 5, Doctype, Image, Element-element HTML5, Element input text, select, radio button, button/submit, form, perbedaan dan contoh method GET & POST
Tutorial (50)
Percobaan (20)
Diskusi (20)
Diksusi Online (10)
240.00
Mengumpulkan informasi & fungsi skrip HTML, Merancang template HTML, Mencontohkan skrip HTML.
Praktikum - 0.50 %
Quiz 1 - 1.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
Pengenalan CSS, Kegunaan CSS, Jenis CSS, Perbedaan CSS dengan CSS3, Selector, Pseudoclass, Atribut, Descriptor, ID dan Class, Pop-up CSS, Menu Pop-up, sliding door menu, clipped sliding menu, transformasi & translasi CSS3.
Tutorial (50)
Percobaan (20)
Diskusi (20)
Diksusi Online (10)
240.00
Mengumpulkan informasi & fungsi skrip CSS, Memperbaiki desain, dan mencontohkan skrip CSS
Praktikum - 0.50 %
Quiz 1 - 1.50 %
Ujian Tengah Semester - 5.00 %
4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Pengertian Javascript, Model penulisan javascript, variabel dan array, operator, pernyataan seleksi (IF) dan pengulangan (WHILE-DO, FOR), Pembuatan form, submit form, validasi text field, validasi radio button, Pengenalan fungsi pada javascript, fungsi dengan parameter, pembuatan frame, relasi parent/child pada Javascript
Tutorial (50)
Percobaan (10)
Diskusi (40)
240.00
Mengumpulkan informasi, Membuat fungsi JavaScript, menunjukkan hasil JavaScript
Praktikum - 1.00 %
Quiz 1 - 1.50 %
Quiz 2 - 1.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 4.00 %
5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Konsep Document Object Model (DOM) ; pengenalan DOM, Nodes, Element, Text, Atribut (Class dan ID), getElementById, getElementByTagName, getElementByClassName, getAttribut, minimisasi DOM.
Tutorial (60)
Percobaan (20)
Diskusi (20)
240.00
Mengumpulkan informasi, menerapkan fungsi DOM
Praktikum - 0.50 %
Quiz 1 - 1.00 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
6
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Pengenalan JQuery, event handling, fungsi ready(), penambahan event ke element, pengecekan field, submit form dengan jquery, pembuatan fungsi select/unselect pada checkbox, mouse event.
240.00
Mengumpulkan informasi, mengidentifikasi dan menerapkan fungsi JQuery
Praktikum - 1.00 %
Quiz 1 - 1.50 %
Quiz 2 - 1.50 %
Ujian Akhir Semester - 3.00 %
Ujian Tengah Semester - 3.00 %
7
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
Quiz I : HTML, CSS, JavaScript, DOM, JQuery
240.00
Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman
8
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
PHP I: Pengenalan PHP, struktur PHP, comment, komponen dasar PHP, tipe variabel, array, fungsi matematika PHP, tipe-tipe pernyataan (IF, ELSE, PRINT, SWITCH, FOR, WHILE, ekspresi aritmatika, ekspresi logika (TRUE-FALSE), GET & POST Method, Fungsi-fungsi penting pada PHP, manipulasi substring, konversi string ke array dan sebaliknya, fungsi max min, fungsi random, fungsi die, echo dan printf, pengalokasian file, direktori, penyimpanan data file teks, fungsi file, pencarian direktori & konten, passing array, passing by reference, passing by value
240.00
Mengumpulkan informasi, Memanfaatkan skrip PHP
Praktikum - 2.00 %
Quiz 2 - 1.50 %
Ujian Akhir Semester - 4.50 %
9
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
PHP II: Pengenalan PHP Berorientasi Objek, Class, Object, Fungsi dengan parameter dan tanpa parameter, scope variable, Inheritance, Encapsulation, Overloading Overriding, Penerapan OO PHP pada Input user (Text, Button, Form, Radio Button, Select), contoh login dengan OO PHP.
240.00
Mengumpulkan informasi Merancang kelas-kelas PHP
Praktikum - 2.00 %
Quiz 2 - 2.00 %
Ujian Akhir Semester - 4.50 %
10
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
JSON: Pengenalan JSON, Struktur JSON, pembuatan JSON di PHP, parsing error, akses data dari JSON didalam JQuery
240.00
Mengumpulkan informasi Menyusun skrip JSON
Praktikum - 0.50 %
Quiz 2 - 1.50 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
11
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
XML & AJAX: Extensible Markup Language (XML) dan Penerapannya ; konsep dasar XML, hirarki XML, fungsi penerapan XML, Tree XML, attribut dan elemen XML, validator XML dan cara kerjanya, CSS dan XML, dan contoh-contoh XML, Pengenalan konsep Ajax, contoh penerapan ajax dengan PHP, penggunaan XMLHttpRequest object, Teknik server side dengan PHP & MySQL, passing, validasi AJAX form, upload file dengan AJAX.
240.00
Mengumpulkan informasi, Memanfaatkan skrip AJAX
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
Quiz 2 - 2.00 %
Praktikum - 1.00 %
12
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Database & Query: Pengertian database, keunggulan penerapan database, model dasar database (hirarki, jaringan, relasional), field, record, tabel, file, pengenalan key, relasi antar tabel. Pengenalan MySQL, pembuatan database, tabel, penamaan database, tabel dan field, primary key, konsep DDL (CREATE, ALTER, DROP), contoh DDL, jenis-jenis query (query sederhana),DML (SELECT, DELETE, UPDATE, INSERT), Query gabungan dam query bertingkat, DML (JOIN, ORDER BY, GROUP BY, DISTINCT, HAVING, BETWEEN, LIKE), view, stored procedure, MySQL dalam PHP
240.00
Mengumpulkan & mendiskusikan point-point (100 menit), Mempraktekkan kueri DDL DML (50 menit), Mengumpulkan informasi Membuat database, Memanfaatkan kueri DML
Quiz 2 - 2.50 %
Ujian Akhir Semester - 4.00 %
Praktikum - 1.00 %
13
Mahasiswa mampu mengidentifikasi jawaban dari soal-soal pemrograman web dalam bentuk essay
Quiz II: Jquery, PHP, DDL, DML
240.00
Mengumpulkan informasi Menyelesaikan soal-soal pemrograman
14
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
Proyek pemrograman web
240.00
Mempresentasikan hasil proyek berkelompok
Rosyda Permatasari, Binti Solihah(2023)
Binti Solihah, Ahmad Zuhdi, Hilda Dwi Utari(2023)
Tugas Kelompok - 20.00 %
3.2 Sosialisasi RPS
Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama
Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS
Nama Dosen
Hari Tanggal
Pemrograman Web
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
; Thursday 13:10:00-17:00:00
Status
Visi dan Misi
:
Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan
menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan
Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa
Ya
CPL,CPMK,KAD
:
Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi
Ya
ASSESSMENT
:
Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan
Ya
METODE dan BAHAN AJA
:
Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi
Ya
Peraturan
:
Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian
Ya
Diketahui Program Studi
Dosen Mata Kuliah
Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
Ketua
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.
........
4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK
4.1. Rencana Penilaian CPMK
Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
Indikator Kinerja: Kesesuaian dalam menjelaskan konsep pemrograman web beserta ruang lingkupnya Performance Indicator: Appropriateness in explaining web programming concepts and their scope
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar Students are not able to identify the definition of web programming correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman web dengan benar Students are able to correctly identify the definition of web programming
Mahasiswa mampu mengidentifikasi definisi pemrograman, kelebihan kekurangan serta kebutuhan untuk mengembangkan berbagai aplikasi web dengan benar Students are able to identify programming definitions, strengths and weaknesses and the need to develop various web applications correctly
KK.2
KK2.CPMK-2
KK2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are not able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep CSS, dan mengimplementasikan internal eksternal CSS Students are able to identify CSS concepts, and implement internal and external CSS
KK.2
KK2.CPMK-2
KK2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, merancang dan menerapkan skrip CSS dengan benar Performance Indicator: The suitability of students in identifying, designing and implementing CSS scripts correctly
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are not able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan CSS pada client side dengan benar Students are able to correctly identify and apply CSS on the client side
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep CSS, dan mengimplementasikan internal eksternal CSS Students are able to identify CSS concepts, and implement internal and external CSS
Indikator Kinerja: Ketepatan mahasiswa dalam memiliih dan menerapkan tag dasar HTML Performance Indicator: Accuracy of students in choosing and applying basic HTML tags
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep, struktur HTML dan kegunaannya dengan benar Students are not able to identify concepts, HTML structures and their uses correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep, struktur HTML dan kegunaannya dengan benar Students are able to identify concepts, HTML structures and their uses correctly
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dan kegunaan HTML, membuat layout dengan tag-tag HTML, dan menerapkan method GET POST Students are able to identify the concepts and uses of HTML, create layouts with HTML tags, and apply the GET POST method
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3
KK3.CPMK-3
KK3.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam mengidentifikasi, menerapkan fungsi JQuery pada halaman web Performance Indicator: Student suitability in identifying, implementing JQuery functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep JQuery dan menerapkan fungsi pengecekan field dengan benar Students are not able to identify JQuery concepts and apply the field checking function correctly
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript dengan benar pada halaman web Performance Indicator: The suitability of students in properly designing and implementing JavaScript functions on web pages
Rubrik Penilaian
55.00/Fail
56.00/Pass
70.00/Pass
Mahasiswa tidak mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are not able to identify JavaScript concepts and their writing structures, and apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleks Students are able to identify JavaScript concepts and their writing structures, as well as apply Javascript to create select functions
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Javascript dan struktur penulisannya, serta menerapkan Javascript untuk membuat fungsi seleksi dan pengulangan Students are able to identify the concept of Javascript and its writing structure, as well as apply Javascript to create selection and repetition functions
Indikator Kinerja: Kesesuaian mahasiswa dalam menerapkan fungsi DOM Javascript Performance Indicator: Student suitability in implementing Javascript DOM functions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip AJAX dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Suitability of AJAX script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian pembuatan skrip PHP dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Suitability of PHP script creation and active discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL
CMPK
Sub CPMK
Rubrik / Rubric
5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai
Jumlah
%
A
3
12.00
A-
0
0.00
B+
3
12.00
B
12
48.00
B-
2
8.00
C+
1
4.00
C
0
0.00
D
0
0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK : Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
4
15
6
0
100.00
KK2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
0
4
12
9
64.00
KK2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
1
5
12
7
72.00
KK3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
5
8
8
4
84.00
KK3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
5
11
8
1
96.00
KK3.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
2
14
8
1
96.00
KK3.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
10
9
5
1
96.00
KK3.CPMK-3.5
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
10
13
1
1
96.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK
KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
Kode
Pertanyaan
Q-9
Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11
Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13
Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15
Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17
Dosen bersikap responsif
Q-19
Dosen bersedia berdiskusi
Q-21
Dosen memberikan umpan balik
Q-23
Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25
Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27
Dosen mengajar dengan baik
Q-29
Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31
Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33
Kenyamanan ruang kuliah
Q-35
Koneksi Internet dalam ruang kelas
5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
% Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan, menyimpulkan konsep dasar Pemrograman berbasis Web
Q1
23 (92.00 %)
1 (4.00 %)
0
1 (4.00 %)
96 (384.00 %)
UTS
0
3 (12.00 %)
6 (24.00 %)
16 (64.00 %)
36 (144.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip CSS untuk mengubah tampilan website
Q1
23 (92.00 %)
1 (4.00 %)
0
1 (4.00 %)
96 (384.00 %)
UTS
0
3 (12.00 %)
6 (24.00 %)
16 (64.00 %)
36 (144.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan skrip HTML dan elemen-elemen dasarnya
PRK
21 (87.50 %)
0
3 (12.50 %)
0
100 (416.67 %)
Q1
23 (92.00 %)
1 (4.00 %)
0
1 (4.00 %)
96 (384.00 %)
UTS
0
3 (12.00 %)
6 (24.00 %)
16 (64.00 %)
36 (144.00 %)
Mahasiswa mampu menciptakan, mempresentasikan dan mendokumentasikan proyek web
TGKEL
5 (20.00 %)
8 (32.00 %)
8 (32.00 %)
4 (16.00 %)
84 (336.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengkombinasikan dan memanfaatkan skrip Jquery dalam memperkaya interaksi web
UAS
22 (88.00 %)
0
1 (4.00 %)
2 (8.00 %)
92 (368.00 %)
Q2
10 (40.00 %)
5 (20.00 %)
1 (4.00 %)
9 (36.00 %)
64 (256.00 %)
Q1
23 (92.00 %)
1 (4.00 %)
0
1 (4.00 %)
96 (384.00 %)
UTS
0
3 (12.00 %)
6 (24.00 %)
16 (64.00 %)
36 (144.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan fungsi JavaScript pada halaman web
UAS
22 (88.00 %)
0
1 (4.00 %)
2 (8.00 %)
92 (368.00 %)
Q2
10 (40.00 %)
5 (20.00 %)
1 (4.00 %)
9 (36.00 %)
64 (256.00 %)
Q1
23 (92.00 %)
1 (4.00 %)
0
1 (4.00 %)
96 (384.00 %)
UTS
0
3 (12.00 %)
6 (24.00 %)
16 (64.00 %)
36 (144.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip XML dan AJAX pada halaman web
UAS
22 (88.00 %)
0
1 (4.00 %)
2 (8.00 %)
92 (368.00 %)
Q2
10 (40.00 %)
5 (20.00 %)
1 (4.00 %)
9 (36.00 %)
64 (256.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang dan mempraktekkan skrip PHP berorientasi objek pada halaman web
UAS
22 (88.00 %)
0
1 (4.00 %)
2 (8.00 %)
92 (368.00 %)
Q2
10 (40.00 %)
5 (20.00 %)
1 (4.00 %)
9 (36.00 %)
64 (256.00 %)
Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian
Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-3.5 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-3.5 Per Teknik Penilaian
5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No.
NIM
Nama
% Pencapaian
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00
1
064001900005
SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA
56.20
57.31
57.64
55.00
67.65
61.52
70.67
68.32
2
064002100005
REZA NUGRAHA SANTOSO
73.00
48.08
47.27
65.00
68.55
66.59
75.00
76.60
3
064002200002
JOSUA WARMAN SIGALINGGING
66.20
47.00
49.45
60.00
77.13
68.75
86.67
85.60
4
064002200005
GELLENT ARDIANSYAH
72.00
46.15
49.09
76.00
65.48
64.66
71.67
73.80
5
064002200013
EVANDA MANGGANI
77.00
67.77
69.09
60.00
74.61
73.93
76.67
77.20
6
064002200014
KANZUL JUDHISTIRA PANCAPUTRA ADHIATIEN
76.00
72.31
73.18
70.00
82.90
80.23
86.67
86.40
7
064002200016
RADEA AJI PRASOJO
76.00
53.85
56.36
70.00
63.87
65.00
66.67
68.80
8
064002200017
ADAM HIDAYAT
79.80
67.62
69.64
85.00
71.90
73.98
73.33
75.20
9
064002200018
AGI PRIYONO
81.20
63.85
65.82
70.00
64.77
69.70
65.00
68.20
10
064002200019
AHMAD RIFQI AZIS
82.80
73.38
73.73
80.00
84.00
79.77
86.67
85.60
11
064002200023
I WAYAN TRISNA ARDIKA
80.00
61.54
62.27
76.00
77.10
74.43
81.67
82.20
12
064002200025
MUHAMMAD ZIDDAN FADILLAH
70.20
54.69
56.73
65.00
72.61
69.09
78.33
78.60
13
064002200028
TENGKU RABIH RAZZAN
79.20
78.46
79.91
85.00
83.16
82.20
85.00
85.00
14
064002200029
TOMMY ANDRIAN
85.80
79.15
80.09
85.00
73.19
79.32
71.67
74.60
15
064002200031
ALBIHAN
72.00
64.62
63.64
56.00
80.97
77.05
86.67
86.40
16
064002200032
HASHEMI RALF KOIZUMI
70.00
60.77
62.73
70.00
64.52
68.64
66.67
69.60
17
064002200034
MAULANA HAFIZH ARIPUTRA
73.80
61.62
62.82
65.00
74.35
71.95
78.33
78.60
18
064002200037
MENDARI PERTIWI
67.80
63.00
64.64
50.00
67.06
61.48
66.67
64.00
19
064002200039
ALDI SURYA PRANATA
75.80
59.92
61.45
50.00
79.00
74.77
85.00
85.00
20
064002200043
ADRIAN HALIM
64.00
49.23
51.82
70.00
73.55
67.84
81.67
81.40
21
064002200044
DELVIANO ARIE PRABOWO
67.80
44.54
46.45
0.00
54.16
50.23
55.00
54.20
22
064002200045
ALFAREZA GIOVANI
69.60
60.00
61.55
70.00
75.94
73.43
81.67
82.20
23
064002200046
ADRIANSYAH MAULANA PUTRA
78.00
57.69
58.64
60.00
80.00
74.55
86.67
86.40
24
064002200049
RODRICK KIEDIES
64.20
43.15
45.36
65.00
64.55
62.05
71.67
73.00
25
064002300037
NAUFAL FAWWAZ
74.00
50.00
48.00
80.00
62.90
63.41
66.67
68.80
6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN
Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan
Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan
Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)
Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan
Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan
EVALUASI Lainya
TINDAK LANJUT Lainya
7. LAMPIRAN:
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa ( nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)