Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Mobile
Kode Mata Kuliah : IKP6403
Tim Dosen :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Kelas : 02
Dosen : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 25 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Pemrograman Mobile
KODE MATA KULIAH : IKP6403
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PEMROGRAMAN MOBILE
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKP6403
Bobot (sks):
4.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.1 P1.CPMK-1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan dan mendiskusikan konsep serta elemen-elemen mobile programming
P.1 P1.CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan mengembangkan skrip pemrograman berbasis mobile
KK.2 KK2.CPMK-3 Mahasiswa mampu membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi penerapan aplikasi mobile
KK.3 KK3.CPMK-4 Mahasiswa mampu merancang, mengidentifikasi dan memperbaiki tampilan aplikasi mobile
KK.3 KK3.CPMK-5 Mahasiswa mampu menciptakan, menunjukkan dan mempresentasikan aplikasi mobile
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.1 P1.CPMK-1
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
P.1 P1.CPMK-2
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
P1.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
P1.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
KK.2 KK2.CPMK-3
KK2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
KK2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
KK2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video
KK.3 KK3.CPMK-4
KK3.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
KK.3 KK3.CPMK-5
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKP6403

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKP6403     SKS : 4.00
Mata Kuliah : Pemrograman Mobile Dosen :
  1. 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.
MK Prasyarat :
  1. IKL6309 Algoritma dan Pemrograman
  2. IKS6404 Pemrograman Berorientasi Objek
  3. IKS6323 Analisis dan Pemodelan Perangkat Lunak
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
Konsep dasar & Pengenalan Mobile Programming ; Pengertian mobile programming, sejarah mobile, generasi mobile, arsitektur komunikasi mobile phone, klasifikasi service mobile phone, arsitektur umum mobile phone, bahasa pemrograman mobile (Phyton, C, J2ME, Java Android, Kotlin). Android Studio Environment: AVD, AVD Manager, Konfigurasi Hardware AVD, Konfigurasi API Level AVD, Running AVD, IDE Android Studio, Publishing Apps.
  • Tutorial (80)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memberi dan menerima umpan balik, Mengetahui contoh contoh skrip pemrograman berbasis mobile
  • B’Far, R.(2005)
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester (2) - 2.00 %
  • Praktikum 1 - 1.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Perancangan UI/UX: themes, components, and UI patterns. Activity, Activity Life Cycle, Activity Event, Default Activity, Default Layout, Unit of Measure, Android Manifest, Pengenalan Fragment, Method Fragment, Pengenalan Intents, Explicit Intents, Implicit Intents, contoh Activity Fragment dan Intent.
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
  • Diksusi Online (20)
150.00 Mahasiswa mengenali dan mempraktekan pembuatan UI di platform mobile
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Praktikum 2 - 2.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Android Storage ; Pengenalan Storage pada Android, SharedPreference, Internal Storage, External Storage, Traditional File System
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip internal storage Android
  • Jakob Iversen & Michael Eierman(2014)
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Praktikum 3 - 2.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Perancangan UI/UX dinamik: Pengenalan user interface Android, Design & Text View, Linier Layout, Relative Layout, Table Layout, Warna, ViewGroups, Basic View
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (30)
150.00 Mahasiswa mempraktekan perancangan UI/UX dengan Compose
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 4.00 %
  • Praktikum 4 - 2.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Perancangan UI/UX dinamik: List View, Dropdown View, datetime picker View, Card View, Table View, View Model
  • Tutorial (50)
  • Percobaan (30)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, membuat skrip dinamik UI dengan Compose
  • Quiz 1 (1) - 1.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Praktikum 5 - 2.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Database Android; Pengenalan SQLite database, SQLiteOpenHelper, SQLite Access, DB Browser untuk SQLite, perintah SQL, Tabel SQLite, CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada SQLite.
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip external storage Android ROOM
  • Praktikum 6 - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.00 %
  • Quiz 1 - 1.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
Hasil proyek perancangan UI/UX platform Mobile dan Penyimpanan Data
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman
  • Presentasi 1 - 5.00 %
  • Produk - 15.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video
Camera Android: Preview, Capturing, Analisis
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android. Memperagakan pengambilan foto dan video di platform mobile
  • Quiz 2 - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
  • Praktikum 7 - 3.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
Konsep Location-Based Service(LBS), prosedur LBS, Maps API Key, Zoom control, GoogleMap Class, Geocoding, reverse Geocoding, Location sensor
  • Tutorial (80)
  • Percobaan (10)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep peta pada Android
  • Quiz 2 - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 2.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Maps dan Fragments: Setting up for Maps, Passing data, GPS Sensor, Network Sensor, XML MAP Toolbar
  • Tutorial (70)
  • Percobaan (20)
  • Diskusi (10)
150.00 Membuat mekanisme peta navigasi pada Android Studio
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Praktikum 8 - 3.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
Pengenalan sensor dan manager, monitoring battery, akses kompas, akses panggilan telepon, akses kamera, kode-kode Java pengaksesan hardware mobile
  • Tutorial (80)
  • Diskusi (20)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip pengaksesan kamera pada Android
  • Quiz 2 (2) - 2.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
Konsep dan Tahapan publikasi via Playstore, Android Enterprise Distribution, Testing dan Fragmentation
  • Tutorial (60)
  • Percobaan (30)
  • Diskusi (10)
150.00 Mengumpulkan informasi konsep Android, Mempraktekkan langkah-langkah publikasi aplikasi Android
  • Quiz 2 (1) - 1.00 %
  • Ujian Akhir Semester (4) - 4.00 %
  • Praktikum 9 - 2.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
Peningkatan Kualitas Proyek Aplikasi Mobile
  • Pemecahan Masalah (100)
150.00 Mengumpulkan informasi dan menerapkan perbaikan kualitas aplikasi mobile
  • Praktikum 11 - 2.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
Tugas Kelompok: Pembuatan dan Presentasi Aplikasi Mobile
  • Diskusi (10)
  • Presentasi (20)
  • Proyek (70)
150.00 Mempresentasikan hasil proyek berkelompok
  • Produk - 15.00 %
  • Presentasi 2 - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Pemrograman Mobile 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. ; Friday 13:10:00-17:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Praktikum 1 (1.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum 3 (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Praktikum 6 (3.00%)
HEIGHT P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Praktikum 2 (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 Minggu ke-10 Assessment: Praktikum 8 (3.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum 7 (3.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 Minggu ke-4 Assessment: Praktikum 4 (2.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Praktikum 5 (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 Minggu ke-12 Assessment: Praktikum 9 (2.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (1.00%)
HEIGHT KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 2 (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Produk (15.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Produk (15.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 1 (5.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Praktikum 11 (2.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.00%
1%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 2.00%
2%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 4.00%
2.00%
6%
TOTAL 14%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 2.00%
2%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 4.00%
4%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 2.00%
2%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 4.00%
4%
TOTAL 12%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M9 M3 M6 M11 M2 M10 M8 M4 M5 M12 M14 M7 M13
Komponen UTS Q1 PRK1 UAS Q2 PRK3 UTS Q2 Q1 UTS PRK6 UAS Q2 UTS PRK2 Q1 PRK8 Q2 PRK7 UAS Q2 PRK4 UTS Q2 PRK5 UTS Q1 PRK9 UAS Q2 PR2 Produk Produk PR1 PRK11
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26A27A28A29A30A31A32A33A34A35 Bobot
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 1.00%1.00%2.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 1.00%1.00% 2%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 2.00%2.00%1.00% 5%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 1.00%2.00%3.00% 6%
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 4.00%2.00% 6%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 2.00%2.00%1.00% 5%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 3.00%1.00% 4%
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 3.00%2.00%1.00% 6%
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 2.00%4.00%1.00%2.00%2.00%1.00% 12%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 2.00%4.00%1.00% 7%
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 5.00%15.00%15.00%5.00%2.00% 42%
TOTAL 2 1 1 2 1 2 2 1 1 2 3 4 2 2 2 1 3 1 3 2 1 2 4 1 2 2 1 2 4 1 5 15 15 5 2 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1 UTS Q1 UAS Q2
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1 PRK1 UTS
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2 PRK3 UTS Q2
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3 Q1 UTS PRK6
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4 UAS Q2
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1 UTS PRK2 Q1
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.2 PRK8 Q2
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3 PRK7 UAS Q2
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1 PRK4 UTS Q2 PRK5 UTS Q1
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1 PRK9 UAS Q2
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.2 PR2 Produk Produk PR1 PRK11
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.3Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio
Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage
Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.1Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-4 KK3.CPMK-4.1Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.1 P1.CPMK-1 P1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.1 P1.CPMK-2 P1.CPMK-2.4Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-3 KK2.CPMK-3.3Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Akurasi penerapan fungsi camera dan keaktifan berdiskusi
Performance Indicator: Accurate application of camerafunctions as well as activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.3 KK3.CPMK-5 KK3.CPMK-5.1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas
Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Akurasi penerapan fungsi camera dan keaktifan berdiskusi
Performance Indicator: Accurate application of camerafunctions as well as activeness in discussions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Kesesuaian langkah-langkah mempublikasi aplikasi Android dan keaktifan dalam berdiskusi
Performance Indicator: Compatibility of steps to publish an Android application and Active in discussion
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 6 24.00
A- 2 8.00
B+ 6 24.00
B 3 12.00
B- 1 4.00
C+ 5 20.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
5 2 8 10 60.00
P1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
25 0 0 0 100.00
P1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
24 0 1 0 100.00
P1.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
6 17 2 0 100.00
P1.CPMK-2.4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
5 1 3 16 36.00
KK2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
6 18 1 0 100.00
KK2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
24 1 0 0 100.00
KK2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video
2 5 8 10 60.00
KK3.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
6 18 1 0 100.00
KK3.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
5 3 7 10 60.00
KK3.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
14 10 1 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya
UAS5
(20.83 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
17
(70.83 %)
29.17
(121.54 %)
Q124
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio
PRK125
(100.00 %)
000100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK324
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite
Q124
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK66
(24.00 %)
11
(44.00 %)
8
(32.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android
UAS5
(20.83 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
17
(70.83 %)
29.17
(121.54 %)
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile
Q124
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK26
(24.00 %)
18
(72.00 %)
1
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK825
(100.00 %)
000100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video
UAS5
(20.83 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
17
(70.83 %)
29.17
(121.54 %)
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK73
(12.00 %)
3
(12.00 %)
19
(76.00 %)
0100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio
Q124
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK46
(24.00 %)
19
(76.00 %)
00100
(400.00 %)
PRK56
(24.00 %)
19
(76.00 %)
00100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android
UAS5
(20.83 %)
1
(4.17 %)
1
(4.17 %)
17
(70.83 %)
29.17
(121.54 %)
Q224
(96.00 %)
01
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK925
(100.00 %)
000100
(400.00 %)
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok
Produk14
(56.00 %)
10
(40.00 %)
1
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PR114
(56.00 %)
10
(40.00 %)
1
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PR214
(56.00 %)
10
(40.00 %)
1
(4.00 %)
0100
(400.00 %)
PRK1114
(56.00 %)
10
(40.00 %)
1
(4.00 %)
0100
(400.00 %)

Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P1.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P1.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK3.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK3.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P1.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK3.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
1 064002100012 MUHAMMAD ERVANZHA 55.0080.0080.0068.7546.6773.3380.0053.3373.3351.4370.00
2 064002100016 MAULANA IKHLASUL AHNAF 50.0080.0080.0068.7540.0073.3380.0050.0073.3345.7192.38
3 064002100018 ADILLA PRAMUDYA RAJASA 60.0080.0080.0068.7553.3373.3380.0056.6773.3357.1470.00
4 064002100022 DIMAS HUMAM ARIF 65.0080.0080.0065.0060.0070.0080.0060.0073.3362.8687.62
5 064002100032 FADJAR ARIESTIANTO SULEMAN 60.0080.0060.0063.7560.0066.6775.0060.0066.6773.3360.00
6 064002200001 RAFIF FERNANDA WIBOWO 60.0080.0080.0072.5053.3373.3380.0064.1780.0057.1492.38
7 064002200003 AUDI AULIA 55.0080.0080.0080.0046.6780.0080.0053.3373.3351.4387.62
8 064002200004 RHENA TABELLA 85.0080.0080.0072.5086.6776.6780.0073.3373.3385.7192.38
9 064002200006 ISKY DWI APRILIANTO 70.0080.0080.0072.5066.6773.3380.0068.3380.0068.5773.57
10 064002200007 SONYA RIDESIA HASTARI 60.0080.0080.0072.5053.3373.3380.0056.6773.3357.1470.00
11 064002200008 CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA 85.0080.0080.0072.5086.6773.3380.0073.3373.3385.7192.38
12 064002200009 ADRIAN ALFAJRI 75.0080.0080.0083.7573.3383.3380.0076.6783.3374.2992.38
13 064002200010 ANDRI MARTIN 50.0090.0083.3382.5036.6783.3382.5053.3386.6741.4391.19
14 064002200011 BINTANG RAKHA DANISWARA 50.0080.0080.0068.7540.0073.3380.0050.0073.3345.7170.00
15 064002200012 CANDY SOEKA WIYONO 55.0080.0080.0076.2546.6776.6780.0053.3373.3351.4392.38
16 064002200015 PUTRI SYABILLAH 60.0080.0080.0076.2553.3376.6780.0056.6773.3357.1487.62
17 064002200020 AISYAH NUR FADHLIA 60.0080.0080.0072.5053.3373.3380.0056.6773.3357.1470.00
18 064002200021 ANKA FAYIZ RASYAD 90.0080.0080.0087.5093.3383.3380.0091.6783.3391.4392.38
19 064002200024 KHARISMA MAULIDA SAARA 45.0080.0080.0072.5033.3373.3380.0046.6773.3340.0092.38
20 064002200027 TARUM WIDYASTI PERTIWI 50.0080.0080.0072.5040.0073.3380.0050.0073.3345.7192.38
21 064002200030 VANIA RAHMA DEWI 55.0080.0080.0080.0046.6780.0080.0053.3373.3351.4387.62
22 064002200033 JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG 85.0080.0080.0072.5086.6773.3380.0073.3373.3385.7170.00
23 064002200035 M. FAUZAN WIJAYA 95.0080.0083.3386.2596.6786.6782.5090.8383.3392.8670.00
24 064002200036 MUHAMMAD FAHMI 60.0080.0080.0068.7553.3373.3380.0056.6773.3357.1470.00
25 064002200041 DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR 55.0080.0080.0068.7546.6773.3380.0053.3373.3351.4370.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.)