PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Mobile |
Kode Mata Kuliah | : | IKP6403 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 25 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Mobile |
KODE MATA KULIAH | : IKP6403 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN MOBILE Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKP6403 |
Bobot (sks): 4.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan dan mendiskusikan konsep serta elemen-elemen mobile programming |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan mengembangkan skrip pemrograman berbasis mobile |
KK.2 | KK2.CPMK-3 | Mahasiswa mampu membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi penerapan aplikasi mobile |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | Mahasiswa mampu merancang, mengidentifikasi dan memperbaiki tampilan aplikasi mobile |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | Mahasiswa mampu menciptakan, menunjukkan dan mempresentasikan aplikasi mobile |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 |
|
||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 |
|
||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKP6403 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKP6403 SKS : 4.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Mobile | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Konsep dasar & Pengenalan Mobile Programming ; Pengertian mobile programming, sejarah mobile, generasi mobile, arsitektur komunikasi mobile phone, klasifikasi service mobile phone, arsitektur umum mobile phone, bahasa pemrograman mobile (Phyton, C, J2ME, Java Android, Kotlin). Android Studio Environment: AVD, AVD Manager, Konfigurasi Hardware AVD, Konfigurasi API Level AVD, Running AVD, IDE Android Studio, Publishing Apps. |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi, Memberi dan menerima umpan balik, Mengetahui contoh contoh skrip pemrograman berbasis mobile |
|
|
2 |
|
Perancangan UI/UX: themes, components, and UI patterns. Activity, Activity Life Cycle, Activity Event, Default Activity, Default Layout, Unit of Measure, Android Manifest, Pengenalan Fragment, Method Fragment, Pengenalan Intents, Explicit Intents, Implicit Intents, contoh Activity Fragment dan Intent. |
|
150.00 | Mahasiswa mengenali dan mempraktekan pembuatan UI di platform mobile |
|
|
3 |
|
Android Storage ; Pengenalan Storage pada Android, SharedPreference, Internal Storage, External Storage, Traditional File System |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip internal storage Android |
|
|
4 |
|
Perancangan UI/UX dinamik: Pengenalan user interface Android, Design & Text View, Linier Layout, Relative Layout, Table Layout, Warna, ViewGroups, Basic View |
|
150.00 | Mahasiswa mempraktekan perancangan UI/UX dengan Compose |
|
|
5 |
|
Perancangan UI/UX dinamik: List View, Dropdown View, datetime picker View, Card View, Table View, View Model |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, membuat skrip dinamik UI dengan Compose |
|
|
6 |
|
Database Android; Pengenalan SQLite database, SQLiteOpenHelper, SQLite Access, DB Browser untuk SQLite, perintah SQL, Tabel SQLite, CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada SQLite. |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip external storage Android ROOM |
|
|
7 |
|
Hasil proyek perancangan UI/UX platform Mobile dan Penyimpanan Data |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman |
|
|
8 |
|
Camera Android: Preview, Capturing, Analisis |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android. Memperagakan pengambilan foto dan video di platform mobile |
|
|
9 |
|
Konsep Location-Based Service(LBS), prosedur LBS, Maps API Key, Zoom control, GoogleMap Class, Geocoding, reverse Geocoding, Location sensor |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep peta pada Android |
|
|
10 |
|
Maps dan Fragments: Setting up for Maps, Passing data, GPS Sensor, Network Sensor, XML MAP Toolbar |
|
150.00 | Membuat mekanisme peta navigasi pada Android Studio |
|
|
11 |
|
Pengenalan sensor dan manager, monitoring battery, akses kompas, akses panggilan telepon, akses kamera, kode-kode Java pengaksesan hardware mobile |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip pengaksesan kamera pada Android |
|
|
12 |
|
Konsep dan Tahapan publikasi via Playstore, Android Enterprise Distribution, Testing dan Fragmentation |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Mempraktekkan langkah-langkah publikasi aplikasi Android |
|
|
13 |
|
Peningkatan Kualitas Proyek Aplikasi Mobile |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi dan menerapkan perbaikan kualitas aplikasi mobile |
|
|
14 |
|
Tugas Kelompok: Pembuatan dan Presentasi Aplikasi Mobile |
|
150.00 | Mempresentasikan hasil proyek berkelompok |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Mobile | 1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ; Friday 13:10:00-17:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Praktikum 1 (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum 3 (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz 2 (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum 6 (3.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum 2 (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.2 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum 8 (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.3 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum 7 (3.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (1.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum 4 (2.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum 5 (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum 9 (2.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (1.00%) |
HEIGHT | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | Minggu ke-14 Assessment: Presentasi 2 (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Produk (15.00%) Minggu ke-7 Assessment: Produk (15.00%) Minggu ke-7 Assessment: Presentasi 1 (5.00%) Minggu ke-13 Assessment: Praktikum 11 (2.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | 4.00% | 2.00% | 6% | |||||
TOTAL | 14% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.3 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 12% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M9 | M3 | M6 | M11 | M2 | M10 | M8 | M4 | M5 | M12 | M14 | M7 | M13 | |||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | Q1 | PRK1 | UAS | Q2 | PRK3 | UTS | Q2 | Q1 | UTS | PRK6 | UAS | Q2 | UTS | PRK2 | Q1 | PRK8 | Q2 | PRK7 | UAS | Q2 | PRK4 | UTS | Q2 | PRK5 | UTS | Q1 | PRK9 | UAS | Q2 | PR2 | Produk | Produk | PR1 | PRK11 | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1.00% | 2.00% | 1.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 1.00% | 1.00% | 2% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | 1.00% | 2.00% | 3.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | 4.00% | 2.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.1 | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.2 | 3.00% | 1.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.3 | 3.00% | 2.00% | 1.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 2.00% | 2.00% | 1.00% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 7% | ||||||||||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | 5.00% | 15.00% | 15.00% | 5.00% | 2.00% | 42% | ||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 | 3 | 4 | 2 | 2 | 2 | 1 | 3 | 1 | 3 | 2 | 1 | 2 | 4 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 4 | 1 | 5 | 15 | 15 | 5 | 2 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS Q1 UAS Q2 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | PRK1 UTS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | PRK3 UTS Q2 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | Q1 UTS PRK6 |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | UAS Q2 |
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.1 | UTS PRK2 Q1 |
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.2 | PRK8 Q2 |
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.3 | PRK7 UAS Q2 |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | PRK4 UTS Q2 PRK5 UTS Q1 |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | PRK9 UAS Q2 |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | PR2 Produk Produk PR1 PRK11 |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-3 | KK2.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Akurasi penerapan fungsi camera dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Accurate application of camerafunctions as well as activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Akurasi penerapan fungsi camera dan keaktifan berdiskusi Performance Indicator: Accurate application of camerafunctions as well as activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian langkah-langkah mempublikasi aplikasi Android dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of steps to publish an Android application and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 6 | 24.00 |
A- | 2 | 8.00 |
B+ | 6 | 24.00 |
B | 3 | 12.00 |
B- | 1 | 4.00 |
C+ | 5 | 20.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya |
5 | 2 | 8 | 10 | 60.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio |
25 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android |
24 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite |
6 | 17 | 2 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android |
5 | 1 | 3 | 16 | 36.00 |
KK2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile |
6 | 18 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android |
24 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video |
2 | 5 | 8 | 10 | 60.00 |
KK3.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio |
6 | 18 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android |
5 | 3 | 7 | 10 | 60.00 |
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok |
14 | 10 | 1 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya | |||||
UAS | 5 (20.83 %) | 1 (4.17 %) | 1 (4.17 %) | 17 (70.83 %) | 29.17 (121.54 %) |
Q1 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio | |||||
PRK1 | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android | |||||
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK3 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite | |||||
Q1 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK6 | 6 (24.00 %) | 11 (44.00 %) | 8 (32.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android | |||||
UAS | 5 (20.83 %) | 1 (4.17 %) | 1 (4.17 %) | 17 (70.83 %) | 29.17 (121.54 %) |
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile | |||||
Q1 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK2 | 6 (24.00 %) | 18 (72.00 %) | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android | |||||
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK8 | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mempraktekan pengambilan foto dan video | |||||
UAS | 5 (20.83 %) | 1 (4.17 %) | 1 (4.17 %) | 17 (70.83 %) | 29.17 (121.54 %) |
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK7 | 3 (12.00 %) | 3 (12.00 %) | 19 (76.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio | |||||
Q1 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK4 | 6 (24.00 %) | 19 (76.00 %) | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK5 | 6 (24.00 %) | 19 (76.00 %) | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android | |||||
UAS | 5 (20.83 %) | 1 (4.17 %) | 1 (4.17 %) | 17 (70.83 %) | 29.17 (121.54 %) |
Q2 | 24 (96.00 %) | 0 | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK9 | 25 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (400.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok | |||||
Produk | 14 (56.00 %) | 10 (40.00 %) | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PR1 | 14 (56.00 %) | 10 (40.00 %) | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PR2 | 14 (56.00 %) | 10 (40.00 %) | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
PRK11 | 14 (56.00 %) | 10 (40.00 %) | 1 (4.00 %) | 0 | 100 (400.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002100012 | MUHAMMAD ERVANZHA | 55.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 46.67 | 73.33 | 80.00 | 53.33 | 73.33 | 51.43 | 70.00 |
2 | 064002100016 | MAULANA IKHLASUL AHNAF | 50.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 40.00 | 73.33 | 80.00 | 50.00 | 73.33 | 45.71 | 92.38 |
3 | 064002100018 | ADILLA PRAMUDYA RAJASA | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 53.33 | 73.33 | 80.00 | 56.67 | 73.33 | 57.14 | 70.00 |
4 | 064002100022 | DIMAS HUMAM ARIF | 65.00 | 80.00 | 80.00 | 65.00 | 60.00 | 70.00 | 80.00 | 60.00 | 73.33 | 62.86 | 87.62 |
5 | 064002100032 | FADJAR ARIESTIANTO SULEMAN | 60.00 | 80.00 | 60.00 | 63.75 | 60.00 | 66.67 | 75.00 | 60.00 | 66.67 | 73.33 | 60.00 |
6 | 064002200001 | RAFIF FERNANDA WIBOWO | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 53.33 | 73.33 | 80.00 | 64.17 | 80.00 | 57.14 | 92.38 |
7 | 064002200003 | AUDI AULIA | 55.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 46.67 | 80.00 | 80.00 | 53.33 | 73.33 | 51.43 | 87.62 |
8 | 064002200004 | RHENA TABELLA | 85.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 86.67 | 76.67 | 80.00 | 73.33 | 73.33 | 85.71 | 92.38 |
9 | 064002200006 | ISKY DWI APRILIANTO | 70.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 66.67 | 73.33 | 80.00 | 68.33 | 80.00 | 68.57 | 73.57 |
10 | 064002200007 | SONYA RIDESIA HASTARI | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 53.33 | 73.33 | 80.00 | 56.67 | 73.33 | 57.14 | 70.00 |
11 | 064002200008 | CHAESA NAMIDA ARUMDAPTA | 85.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 86.67 | 73.33 | 80.00 | 73.33 | 73.33 | 85.71 | 92.38 |
12 | 064002200009 | ADRIAN ALFAJRI | 75.00 | 80.00 | 80.00 | 83.75 | 73.33 | 83.33 | 80.00 | 76.67 | 83.33 | 74.29 | 92.38 |
13 | 064002200010 | ANDRI MARTIN | 50.00 | 90.00 | 83.33 | 82.50 | 36.67 | 83.33 | 82.50 | 53.33 | 86.67 | 41.43 | 91.19 |
14 | 064002200011 | BINTANG RAKHA DANISWARA | 50.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 40.00 | 73.33 | 80.00 | 50.00 | 73.33 | 45.71 | 70.00 |
15 | 064002200012 | CANDY SOEKA WIYONO | 55.00 | 80.00 | 80.00 | 76.25 | 46.67 | 76.67 | 80.00 | 53.33 | 73.33 | 51.43 | 92.38 |
16 | 064002200015 | PUTRI SYABILLAH | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 76.25 | 53.33 | 76.67 | 80.00 | 56.67 | 73.33 | 57.14 | 87.62 |
17 | 064002200020 | AISYAH NUR FADHLIA | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 53.33 | 73.33 | 80.00 | 56.67 | 73.33 | 57.14 | 70.00 |
18 | 064002200021 | ANKA FAYIZ RASYAD | 90.00 | 80.00 | 80.00 | 87.50 | 93.33 | 83.33 | 80.00 | 91.67 | 83.33 | 91.43 | 92.38 |
19 | 064002200024 | KHARISMA MAULIDA SAARA | 45.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 33.33 | 73.33 | 80.00 | 46.67 | 73.33 | 40.00 | 92.38 |
20 | 064002200027 | TARUM WIDYASTI PERTIWI | 50.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 40.00 | 73.33 | 80.00 | 50.00 | 73.33 | 45.71 | 92.38 |
21 | 064002200030 | VANIA RAHMA DEWI | 55.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 46.67 | 80.00 | 80.00 | 53.33 | 73.33 | 51.43 | 87.62 |
22 | 064002200033 | JOVITA AMANDA PUTRI SITUMORANG | 85.00 | 80.00 | 80.00 | 72.50 | 86.67 | 73.33 | 80.00 | 73.33 | 73.33 | 85.71 | 70.00 |
23 | 064002200035 | M. FAUZAN WIJAYA | 95.00 | 80.00 | 83.33 | 86.25 | 96.67 | 86.67 | 82.50 | 90.83 | 83.33 | 92.86 | 70.00 |
24 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 60.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 53.33 | 73.33 | 80.00 | 56.67 | 73.33 | 57.14 | 70.00 |
25 | 064002200041 | DIMAS DWI SAPUTRA Z. ASSOR | 55.00 | 80.00 | 80.00 | 68.75 | 46.67 | 73.33 | 80.00 | 53.33 | 73.33 | 51.43 | 70.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1683 Ir. Agung Sediyono, M.T., Ph.D.)