PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Berorientasi Objek |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6404 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 22 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Berorientasi Objek |
KODE MATA KULIAH | : IKS6404 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2435 Abdul Rochman, M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6404 |
Bobot (sks): 4.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep class dan objek |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dekomposisi problem dalam pemrograman berorientasi objek |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pemrograman beroirientasi objek kedalam kode program |
KU.1 | KU1.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menerapkan notasi UML untuk merancang class dan hubungan class |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | Mahasiswa mampu mengembangkan aplikasi berbasis GUI |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 |
|
||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 |
|
||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6404 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6404 SKS : 4.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Dekomposisi Problem: - Terstruktur - Berorientasi objek Prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism Contoh program terstruktur dan program berorientasi objek Informasi Perkuliahan: referensi, sistem penilaian dan tata tertib |
|
200.00 | Mahasiswa dapat membedakan kode program yang dibangun menggunakan pendekatan terstruktur dan berorientasi objek |
|
|
2 |
|
Class dan objek
- Instans variabel (attribut) - Method initializer __init__ - Membuat objek - Menjalankan method(sending message) - Akses level: private, public, protected UML: diagram Class dan Objek |
|
200.00 | Mahasiswa mampu mentracing jalannya sebuah kode program dan memvisualisasikannya menggunakan diagram objek. |
|
|
3 |
|
Class dan objek
- Class variabel - Class method(fungsi) - Overloading method |
|
200.00 | Mahasiswa mampu men-tracing jalannya sebuah kode program yang menerapkan overloading dan memvisualisasikannya menggunakan diagram objek |
|
|
4 |
|
Static Method Dekorator properties |
|
200.00 | Mahasiswa mampu menerapkan Dekorator dalam sebuah program |
|
|
5 |
|
Kumpulan Objek
Menggunakan List |
|
200.00 | Mahasiswa mampu menerapakan struktur list untuk menyimpan sekumpulan objek, dalam sebuah kode program |
|
|
6 |
|
Kumpulan Objek
Menggunakan Dictionary |
|
200.00 | Mahasiswa mampu menerapakan struktur dictionary untuk menyimpan sekumpulan objek, dalam sebuah kode program |
|
|
7 |
|
Penanganan exception: try...except...else..finally Membangkitkan exception: raise |
|
200.00 | Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam sebuah program |
|
|
8 |
|
Pewarisan (inheritance): - relasi inheritance (is-a) - superclass dan subclass - akses leves Diagram UML: inheritance |
|
200.00 | Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam sebuah program |
|
|
9 |
|
Overriding |
|
200.00 | Mahasiwa menerapkan overriding dalam sebuah program |
|
|
10 |
|
Polymorphism |
|
200.00 | Mahasiwa menerapkan polymorphism dalam sebuah program |
|
|
11 |
|
class object |
|
200.00 | Mahasiwa menerapkan overriding method dalam class object |
|
|
12 |
|
Abstract class dan abstract Method |
|
200.00 | Mahasiwa menerapkan abstract class dan abstract method dalam sebuah program |
|
|
13 |
|
Pemgrograman GUI: - QApplication, QWidget - QMainWindow - Signal dan slot |
|
200.00 | Mahasiswa memebuat aplikasi berbasis gui |
|
|
14 |
|
Pemgrograman GUI: - Signal dan slot - Layout |
|
200.00 | Mahasiswa memebuat aplikasi berbasis gui menerapkan layout |
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Berorientasi Objek | 2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ; Thursday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2435 Abdul Rochman, M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (2.50%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.2 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 1.00% | 1% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 2.00% | 4.00% | 4.00% | 10% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.1 | 1.00% | 1% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | 4.00% | 4% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | 5.00% | 5% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.2 | 1.00% | 1% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 5.00% | 5.00% | 2.50% | 12.5% | |||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | 2.50% | 2.5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 50% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||
M2 | M1 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M11 | M10 | M12 | M13 | M14 | ||||||||||||||
Komponen | UTS | TG | UTS | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | TG | UAS | TG | UAS | UAS | TG | UAS | TG | TG | TG | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | 2.00% | 5.00% | 4.00% | 5.00% | 4.00% | 2.50% | 22.5% | ||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | 4.00% | 5.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | 4.00% | 5.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | 4.00% | 2.50% | 6.5% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | 4.00% | 5.00% | 9% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 15% | |||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.1 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.2 | 1.00% | 1% | |||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 4 | 5 | 1 | 4 | 5 | 4 | 2.5 | 4 | 5 | 4 | 5 | 4 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 5 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | UTS TG UTS TG UTS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | UTS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | UTS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | UTS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | UAS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | UAS TG UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | UAS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | UAS TG |
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.1 | UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.2 | UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.1 | TG |
KK.3 | KK3.CPMK-5 | KK3.CPMK-5.2 | TG |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class dapat diidentifikasi dengan tepat Performance Indicator: The attributes, constructors and methods of a class can be identified precisely |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism. | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Empalt prinsip dalam pemrograman berorientasi objek dapat dijelaskan dengan tepat Performance Indicator: Four principles in object-oriented programming can be explained precisely |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.3 | Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: A collection of objects using a dictionary structure can be implemented precisely in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.4 | Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Class dan objek dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Classes and objects can be implemented properly in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur list dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: A collection of objects using a list structure can be implemented correctly in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: A collection of objects using a dictionary structure can be implemented precisely in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Penanganan exception dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Exception handling can be implemented properly in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Notasi UML untuk diagram class dapat dimodelkan dengan tepat Performance Indicator: UML notation for class diagrams can be modeled precisely |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.5 | Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.6 | Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.7 | Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-3 | KU1.CPMK-3.8 | Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Abstract class dan abstract method dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Abstract classes and abstract methods can be implemented correctly in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-4 | KU1.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Pewarisan dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Inheritance can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Overriding dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Overriding can be implemented appropriately in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Polymorphism dapat diterapkan demgan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Polymorphism can be implemented precisely in the python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Abstract class dan abstract method dapat diterapkan dengan tepat dalam bahasa python Performance Indicator: Abstract classes and abstract methods can be implemented correctly in the Python language |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Diagram hubungan class dapat dimodelkan dengan tepat menggunakan notasi UML Performance Indicator: Class relationship diagrams can be modeled precisely using UML notation |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 2 | 9.09 |
B- | 2 | 9.09 |
C+ | 3 | 13.64 |
C | 12 | 54.55 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism. |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton |
0 | 3 | 14 | 5 | 77.27 |
KU1.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton |
0 | 3 | 14 | 5 | 77.27 |
KU1.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton |
0 | 3 | 14 | 5 | 77.27 |
KU1.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python |
0 | 0 | 10 | 12 | 45.45 |
KU1.CPMK-3.5 Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python |
0 | 2 | 16 | 4 | 81.82 |
KU1.CPMK-3.6 Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python |
0 | 0 | 4 | 18 | 18.18 |
KU1.CPMK-3.7 Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python |
0 | 0 | 4 | 18 | 18.18 |
KU1.CPMK-3.8 Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python |
0 | 0 | 4 | 18 | 18.18 |
KU1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KU1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML |
0 | 0 | 0 | 22 | 0.00 |
KK3.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout |
13 | 6 | 0 | 3 | 86.36 |
KK3.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout |
13 | 6 | 0 | 3 | 86.36 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi attribut, konsutruktor dan method dari sebuah class/objek | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan 4 prinsip dalam pemrograman berorientasi objek: enkapsulasi, pewarisan, abstraksi dan polymorphism. | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan class dan objek ke dalam bahasa pyhton | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur list dalam bahasa pyhton | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan kumpulan objek menggunakan struktur dictionary dalam bahasa pyhton | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan penanganan exception dalam bahasa python | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu menerapkan pewarisan dalam dalam bahasa python | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 0 | 20 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiwa mampu menerapkan overriding dalam bahasa python | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 0 | 20 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiwa mampu menerapkan polymorphism dalam bahasa python | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 0 | 20 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiwa mampu menerapkan abstract class dan abstract method dalam bahasa python | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 0 | 20 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang diagram class menggunakan notasi UML | |||||
UTS | 0 | 0 | 0 | 21 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang diagram hubungan class menggunakan notasi UML | |||||
UAS | 0 | 0 | 0 | 20 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan satu layout | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat aplikasi berbasis GUI yang menerapkan lebih dari satu layout | |||||
TG | 13 (65.00 %) | 6 (30.00 %) | 0 | 1 (5.00 %) | 95 (475.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.4 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.6 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.7 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-3.8 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002200040 | ZOELFAN AKBAR HIDAYAT | 40.00 | 40.00 | 62.22 | 62.22 | 62.22 | 55.38 | 62.22 | 53.33 | 53.33 | 53.33 | 40.00 | 40.00 | 80.00 | 80.00 |
2 | 064002300001 | NOVAL SUSANTO | 50.00 | 50.00 | 66.67 | 66.67 | 66.67 | 61.54 | 60.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 35.00 | 80.00 | 80.00 |
3 | 064002300002 | REYHAN ARNAS | 30.00 | 30.00 | 57.78 | 57.78 | 57.78 | 49.23 | 60.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 30.00 | 35.00 | 80.00 | 80.00 |
4 | 064002300003 | JUNIARTO PRABOWO | 35.00 | 35.00 | 57.22 | 57.22 | 57.22 | 50.38 | 59.44 | 51.67 | 51.67 | 51.67 | 35.00 | 40.00 | 75.00 | 75.00 |
5 | 064002300004 | MICHAEL BRIANT | 40.00 | 40.00 | 67.78 | 67.78 | 67.78 | 59.23 | 67.78 | 56.67 | 56.67 | 56.67 | 40.00 | 40.00 | 90.00 | 90.00 |
6 | 064002300007 | RASYID RIDHO MUHAMMAD NOOR RAFI | 55.00 | 55.00 | 71.67 | 71.67 | 71.67 | 66.54 | 69.44 | 61.67 | 61.67 | 61.67 | 55.00 | 50.00 | 85.00 | 85.00 |
7 | 064002300011 | MASLUBI DWI WIDODO | 35.00 | 35.00 | 57.22 | 57.22 | 57.22 | 50.38 | 59.44 | 51.67 | 51.67 | 51.67 | 35.00 | 40.00 | 75.00 | 75.00 |
8 | 064002300013 | ARIEL FEBRIO HADI | 50.00 | 50.00 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 67.31 | 72.78 | 61.67 | 61.67 | 61.67 | 50.00 | 45.00 | 95.00 | 95.00 |
9 | 064002300016 | FERNANDO JUNIOR AUPARAY | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
10 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 30.00 | 30.00 | 57.78 | 57.78 | 57.78 | 49.23 | 60.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 30.00 | 35.00 | 80.00 | 80.00 |
11 | 064002300019 | LISNA HIDAYANTI | 45.00 | 45.00 | 67.22 | 67.22 | 67.22 | 60.38 | 65.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 45.00 | 40.00 | 85.00 | 85.00 |
12 | 064002300022 | NUZURUL HAQI FADILLAH | 45.00 | 45.00 | 64.44 | 64.44 | 64.44 | 58.46 | 60.00 | 50.00 | 50.00 | 50.00 | 45.00 | 35.00 | 80.00 | 80.00 |
13 | 064002300024 | DAUD MARTHINUS PAUL JITMAU | 40.00 | 40.00 | 45.56 | 45.56 | 45.56 | 43.85 | 43.33 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 40.00 | 35.00 | 50.00 | 50.00 |
14 | 064002300028 | MIFTAH RAMADHAN | 30.00 | 30.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 47.31 | 61.67 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 30.00 | 45.00 | 75.00 | 75.00 |
15 | 064002300029 | MUTIARA NOVIANTI RAMBE | 40.00 | 40.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 57.31 | 65.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 85.00 |
16 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 50.00 | 50.00 | 72.22 | 72.22 | 72.22 | 65.38 | 67.78 | 56.67 | 56.67 | 56.67 | 50.00 | 40.00 | 90.00 | 90.00 |
17 | 064002300033 | BIDZI MAWFA FERDIANSYAH | 30.00 | 30.00 | 30.00 | 30.00 | 30.00 | 30.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 30.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
18 | 064002300035 | Muhammad Reza Sugiarto | 30.00 | 30.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 47.31 | 61.67 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 30.00 | 45.00 | 75.00 | 75.00 |
19 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 40.00 | 40.00 | 62.22 | 62.22 | 62.22 | 55.38 | 62.22 | 53.33 | 53.33 | 53.33 | 40.00 | 40.00 | 80.00 | 80.00 |
20 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 45.00 | 45.00 | 61.67 | 61.67 | 61.67 | 56.54 | 55.00 | 45.00 | 45.00 | 45.00 | 45.00 | 30.00 | 75.00 | 75.00 |
21 | 064002300046 | MUHAMMAD AKMAL YAZID | 40.00 | 40.00 | 59.44 | 59.44 | 59.44 | 53.46 | 57.22 | 48.33 | 48.33 | 48.33 | 40.00 | 35.00 | 75.00 | 75.00 |
22 | 064002300047 | GWEN ALAINA MARELA | 40.00 | 40.00 | 65.00 | 65.00 | 65.00 | 57.31 | 65.00 | 55.00 | 55.00 | 55.00 | 40.00 | 40.00 | 85.00 | 85.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2435 Abdul Rochman, M.Kom.)