Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Probabilitas dan Statistika
Kode Mata Kuliah : III6307
Tim Dosen :
  1. 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
Kelas : 02
Dosen : 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 23 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Probabilitas dan Statistika
KODE MATA KULIAH : III6307
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
PROBABILITAS DAN STATISTIKA
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
III6307
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 CPMK 1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Takwa, Tekun, Trampil
P.2 P2.CPMK-2 Mampu melakukan uji statistika non parametrik
P.2 P2.CPMK-3 Mampu melakukan analisis ragam
P.2 P2.CPMK-4 CPMK 5 Mampu melakukan analisis regresi dan korelasi
P.2 P2.CPMK-5 CPMK 4 Mampu menghitung pendugaan interval serta pengujian hipotesis dari parameter populasi
P.2 P2.CPMK-6 CPMK 3 Mampu memahami perhitungan probabilitas kejadian dan probabilitas peubah acak
P.2 P2.CPMK-7 CPMK 2 Memahami konsep dasar statistika dan mampu meringkas dan menyajikan data (statistika deskriptif) melalui penggunaan python atau R
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu
P.2 P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1 KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R
P.2 P2.CPMK-3
P2.CPMK-3.1 KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R
P.2 P2.CPMK-4
P2.CPMK-4.1 KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R
P2.CPMK-4.2 KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R
P.2 P2.CPMK-5
P2.CPMK-5.1 KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
P2.CPMK-5.2 KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
P2.CPMK-5.3 KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan)
P.2 P2.CPMK-6
P2.CPMK-6.1 KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel
P2.CPMK-6.2 KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes
P2.CPMK-6.3 KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson
P2.CPMK-6.4 KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial
P.2 P2.CPMK-7
P2.CPMK-7.1 KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi)
P2.CPMK-7.2 KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/III6307

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : III6307     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Probabilitas dan Statistika Dosen :
  1. 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu
Pengertian statistika, pembagian ilmu statistika, peran statistika dalam sains data, pengenalan python dan R
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mendengarkan paparan dosen, berdiskusi dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Thomas Haslwanter(2016)
  • Idriwal M, Elfira F, D Sugiarto, Ratna Mira Y(2023)
  • Dedy Sugiarto, Dimmas Mulya, Syandra Sari, Anung B Ariwibowo, Is Mardianto, Muhammad Azka Aulia, Fit(2023)
  • Amir D. Aczel, Jayavel Sounderpandian(2009)
  • Praktikum - 3.00 %
  • Tugas - 5.00 %
2
  1. KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi)
Pengantar probabilitas, statistika deskriptif, statistika inferensi
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
3
  1. KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik
Penyajian data dan interpretasi data menggunakan ukuran-ukuran grafik statistik
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
4
  1. KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel
Konsep ruang sampel, kejadian dan menghitung titik sampel
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Tugas - 5.00 %
5
  1. KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes
Aturan-aturan probabilitas, probabilitas suatu kejadian, probabilitas bersyarat dan kaidah bayes
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson
Probabilitas peubah acak binom dan poisson
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Ujian Tengah Semester - 10.00 %
  • Praktikum - 3.00 %
7
  1. KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial
Probabilitas peubah acak normal dan eksponensial, aplikasi sebaran normal dan eksponensial
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 10.00 %
  • Tugas - 5.00 %
8
  1. KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
Pendugaan interval rata-rata dan proporsi populasi
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
9
  1. KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
Pengujian hipotesis untuk satu rata-rata dan satu proporsi populasi
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 3.00 %
10
  1. KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan)
Pengujian kesesuaian distribusi (Goodness of Fit) dan uji kebebasan (independence test)
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R
Konsep regresi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R
Korelasi linier, scatter plot, koefisien determinasi
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Tugas - 5.00 %
13
  1. KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R
Analisis ragam satu arah
  • Tutorial
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Praktikum - 3.00 %
14
  1. KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R
Statistika non parametrik
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R
  • Walpole RE, Myers RH, Myers SL, Ye K(2016)
  • Praktikum - 3.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Probabilitas dan Statistika 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (3.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.3 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4 Minggu ke-7 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (3.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (3.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 10.00%
10%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4 10.00%
10%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.3 5.00%
5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4 5.00%
5%
TOTAL 20%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M14 M13 M11 M12 M8 M9 M10 M4 M5 M6 M7 M2 M3
Komponen PRK TG UAS PRK PRK UAS PRK UAS TG PRK PRK UAS UAS TG UTS PRK UTS TG PRK UTS PRK PRK
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 3.00%5.00% 8%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 5.00%3.00% 8%
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 3.00%5.00% 8%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 3.00%5.00% 8%
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 5.00% 5%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 3.00% 3%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 3.00%5.00% 8%
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.3 5.00% 5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 5.00% 5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 5.00% 5%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 3.00%10.00% 13%
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4 5.00%3.00%10.00% 18%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 3.00% 3%
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 3.00% 3%
TOTAL 3 5 5 3 3 5 3 5 5 3 3 5 5 5 5 3 10 5 3 10 3 3 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 PRK TG
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 UAS PRK
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1 PRK UAS
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1 PRK UAS
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.2 TG
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.1 PRK
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2 PRK UAS
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.3 UAS
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.1 TG
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2 UTS
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3 PRK UTS
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4 TG PRK UTS
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.1 PRK
P.2 P2.CPMK-7 P2.CPMK-7.2 PRK
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.2KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.3KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-6 P2.CPMK-6.4KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-3 P2.CPMK-3.1KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-4 P2.CPMK-4.1KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.2KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-5 P2.CPMK-5.3KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan)
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian
Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 1 4.35
B 1 4.35
B- 4 17.39
C+ 1 4.35
C 5 21.74
D 2 8.70
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu
10 3 6 4 82.61
P2.CPMK-2.1
KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R
0 0 5 18 21.74
P2.CPMK-3.1
KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R
0 0 7 16 30.43
P2.CPMK-4.1
KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R
2 1 6 14 39.13
P2.CPMK-4.2
KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R
13 0 0 10 56.52
P2.CPMK-5.1
KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
6 2 1 14 39.13
P2.CPMK-5.2
KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
5 3 1 14 39.13
P2.CPMK-5.3
KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan)
1 0 7 15 34.78
P2.CPMK-6.1
KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel
17 0 0 6 73.91
P2.CPMK-6.2
KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes
0 3 3 17 26.09
P2.CPMK-6.3
KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson
0 1 4 18 21.74
P2.CPMK-6.4
KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial
0 3 5 15 34.78
P2.CPMK-7.1
KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi)
10 0 0 13 43.48
P2.CPMK-7.2
KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik
7 2 2 12 47.83
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu
PRK9
(39.13 %)
01
(4.35 %)
13
(56.52 %)
43.48
(189.04 %)
TG19
(82.61 %)
004
(17.39 %)
82.61
(359.17 %)
KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R
PRK12
(52.17 %)
0011
(47.83 %)
52.17
(226.83 %)
UAS1
(4.35 %)
0022
(95.65 %)
4.35
(18.91 %)
KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R
PRK12
(52.17 %)
0011
(47.83 %)
52.17
(226.83 %)
UAS00023
(100.00 %)
0
(0.00 %)
KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R
PRK15
(65.22 %)
008
(34.78 %)
65.22
(283.57 %)
UAS2
(8.70 %)
01
(4.35 %)
20
(86.96 %)
13.04
(56.70 %)
KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R
TG13
(56.52 %)
0010
(43.48 %)
56.52
(245.74 %)
KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
PRK6
(26.09 %)
2
(8.70 %)
1
(4.35 %)
14
(60.87 %)
39.13
(170.13 %)
KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R
PRK13
(56.52 %)
0010
(43.48 %)
56.52
(245.74 %)
UAS5
(21.74 %)
03
(13.04 %)
15
(65.22 %)
34.78
(151.22 %)
KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan)
UAS1
(4.35 %)
07
(30.43 %)
15
(65.22 %)
34.78
(151.22 %)
KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel
TG17
(73.91 %)
006
(26.09 %)
73.91
(321.35 %)
KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes
UTS03
(13.04 %)
3
(13.04 %)
17
(73.91 %)
26.09
(113.43 %)
KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson
PRK8
(34.78 %)
3
(13.04 %)
012
(52.17 %)
47.83
(207.96 %)
UTS01
(4.35 %)
1
(4.35 %)
21
(91.30 %)
8.7
(37.83 %)
KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial
PRK7
(30.43 %)
01
(4.35 %)
15
(65.22 %)
34.78
(151.22 %)
TG13
(56.52 %)
0010
(43.48 %)
56.52
(245.74 %)
UTS01
(4.35 %)
1
(4.35 %)
21
(91.30 %)
8.7
(37.83 %)
KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi)
PRK10
(43.48 %)
0013
(56.52 %)
43.48
(189.04 %)
KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik
PRK7
(30.43 %)
2
(8.70 %)
2
(8.70 %)
12
(52.17 %)
47.83
(207.96 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.1 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.2 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.3 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-6.4 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-6.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-7.1 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-7.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-7.2 Perpenilaian
Gambar 17. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-7.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-5.3
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.3
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-6.4
Std Mark: 0.00
P2.CPMK-7.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-7.2
Std Mark: 56.00
1 064002000009 KASYAH ARYA SYAHPUTRA 86.7258.7559.6957.8190.0080.0055.001.0090.0060.0057.5043.3381.2582.50
2 064002100005 REZA NUGRAHA SANTOSO 56.6312.8812.8812.885.001.0012.8820.005.0048.0029.4622.671.001.00
3 064002200040 ZOELFAN AKBAR HIDAYAT 56.6312.8812.8812.885.001.0012.8820.0090.0045.0027.1521.001.001.00
4 064002300008 CALISTA AZZAHRA 93.7542.8161.5661.5690.0087.5070.3140.0090.0045.0049.4260.69100.00100.00
5 064002300015 YUSTIANAS ROMBON 89.5349.0645.3157.8190.0070.0057.8140.0090.0045.0045.3857.7896.2593.76
6 064002300016 FERNANDO JUNIOR AUPARAY 3.501.001.001.005.001.001.001.005.0030.0015.6212.6723.751.00
7 064002300017 MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR 74.5336.2537.1974.0690.0047.507.1960.0090.0052.0032.5455.8323.7547.50
8 064002300018 FAIRUZ MAULIDYA 75.0061.5661.5659.6990.0097.5055.3160.0090.0052.0055.3865.00100.0098.75
9 064002300020 MICHAEL 3.5025.3825.3825.385.001.001.001.005.0045.0027.1521.001.001.00
10 064002300021 ARIK DIAS PUTRA 71.2512.8812.8812.885.001.0012.8820.005.0045.0027.1521.001.001.00
11 064002300023 FARHAN IQBAL MAULANA 3.501.001.001.005.001.001.001.005.001.001.002.111.001.00
12 064002300028 MIFTAH RAMADHAN 67.5025.3812.8847.1990.0030.0097.1940.0090.0075.0071.7368.8930.0077.50
13 064002300030 HAFIDZ RAMADHAN 89.5362.5056.2558.7590.0062.5074.0660.0090.0045.0047.1255.2898.7575.00
14 064002300032 MUHAMAD FADLY FEBRIAN 80.1650.3812.8898.1390.0030.0092.5080.0090.0068.0067.1263.8922.5067.50
15 064002300033 BIDZI MAWFA FERDIANSYAH 3.501.001.001.005.001.001.001.005.001.001.002.111.001.00
16 064002300034 MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH 67.5036.2560.6355.005.0030.0055.001.0090.0052.0042.6953.3340.0045.00
17 064002300036 Rafael Gala Herlambang 93.2849.0661.5699.0690.0095.0099.0660.0090.0060.0061.5469.0393.75100.00
18 064002300038 ZAHWA NUR AZKIA PUTRI 93.2861.5661.5655.3190.0097.5049.0660.0090.0060.0061.5469.0396.25100.00
19 064002300039 DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA 93.7562.5050.0062.5090.0097.5050.0040.0090.0045.0050.0061.1198.75100.00
20 064002300043 FAIZ ABYAN HERYANTO 67.5048.1348.1342.505.0030.0081.2520.0090.0045.0037.3125.8330.0045.00
21 064002300044 FRANCISCO 87.1948.1348.1342.5090.0030.0080.0060.0090.0045.0037.3146.9495.0045.00
22 064002300045 NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI 56.6340.9416.5625.385.001.001.001.0090.0069.0038.6929.331.001.00
23 064002300047 GWEN ALAINA MARELA 89.0643.7531.2549.0690.0070.0068.4460.0090.0052.0050.1952.0897.5067.50

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS , UAS , kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah , tengah , tertinggi )


Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.)