PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Probabilitas dan Statistika |
Kode Mata Kuliah | : | III6307 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 23 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Probabilitas dan Statistika |
KODE MATA KULIAH | : III6307 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PROBABILITAS DAN STATISTIKA Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: III6307 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | CPMK 1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Takwa, Tekun, Trampil |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mampu melakukan uji statistika non parametrik |
P.2 | P2.CPMK-3 | Mampu melakukan analisis ragam |
P.2 | P2.CPMK-4 | CPMK 5 Mampu melakukan analisis regresi dan korelasi |
P.2 | P2.CPMK-5 | CPMK 4 Mampu menghitung pendugaan interval serta pengujian hipotesis dari parameter populasi |
P.2 | P2.CPMK-6 | CPMK 3 Mampu memahami perhitungan probabilitas kejadian dan probabilitas peubah acak |
P.2 | P2.CPMK-7 | CPMK 2 Memahami konsep dasar statistika dan mampu meringkas dan menyajikan data (statistika deskriptif) melalui penggunaan python atau R |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 |
|
||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/III6307 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : III6307 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Probabilitas dan Statistika | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengertian statistika, pembagian ilmu statistika, peran statistika dalam sains data, pengenalan python dan R |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen, berdiskusi dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
2 |
|
Pengantar probabilitas, statistika deskriptif, statistika inferensi |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
3 |
|
Penyajian data dan interpretasi data menggunakan ukuran-ukuran grafik statistik |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
4 |
|
Konsep ruang sampel, kejadian dan menghitung titik sampel |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan |
|
|
5 |
|
Aturan-aturan probabilitas, probabilitas suatu kejadian, probabilitas bersyarat dan kaidah bayes |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan |
|
|
6 |
|
Probabilitas peubah acak binom dan poisson |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
7 |
|
Probabilitas peubah acak normal dan eksponensial, aplikasi sebaran normal dan eksponensial |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
8 |
|
Pendugaan interval rata-rata dan proporsi populasi |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
9 |
|
Pengujian hipotesis untuk satu rata-rata dan satu proporsi populasi |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
10 |
|
Pengujian kesesuaian distribusi (Goodness of Fit) dan uji kebebasan (independence test) |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan |
|
|
11 |
|
Konsep regresi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
12 |
|
Korelasi linier, scatter plot, koefisien determinasi |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan |
|
|
13 |
|
Analisis ragam satu arah |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
14 |
|
Statistika non parametrik |
|
150.00 | Mendengarkan paparan dosen dan mengerjakan soal latihan, praktek menggunakan python/R |
|
|
![]() |
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Probabilitas dan Statistika | 1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. | ; Tuesday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
1923 Drs. Joko Riyono, M.Si. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-1 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Minggu ke-13 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.3 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | Minggu ke-7 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-7 Assessment: Praktikum (3.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (10.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (3.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (3.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 10.00% | 10% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | 10.00% | 10% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 5.00% | 5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.3 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||
M1 | M14 | M13 | M11 | M12 | M8 | M9 | M10 | M4 | M5 | M6 | M7 | M2 | M3 | ||||||||||||
Komponen | PRK | TG | UAS | PRK | PRK | UAS | PRK | UAS | TG | PRK | PRK | UAS | UAS | TG | UTS | PRK | UTS | TG | PRK | UTS | PRK | PRK | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | 5.00% | 3.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | 3.00% | 5.00% | 8% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.3 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | 3.00% | 10.00% | 13% | ||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | 5.00% | 3.00% | 10.00% | 18% | |||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | 3.00% | 3% | |||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | 3.00% | 3% | |||||||||||||||||||||
TOTAL | 3 | 5 | 5 | 3 | 3 | 5 | 3 | 5 | 5 | 3 | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 10 | 5 | 3 | 10 | 3 | 3 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.1 | PRK TG |
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | UAS PRK |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | PRK UAS |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | PRK UAS |
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.2 | TG |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.1 | PRK |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | PRK UAS |
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.3 | UAS |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.1 | TG |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | PRK UTS |
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | TG PRK UTS |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.1 | PRK |
P.2 | P2.CPMK-7 | P2.CPMK-7.2 | PRK |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.2 | KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.3 | KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-6 | P2.CPMK-6.4 | KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 | P2.CPMK-2.1 | KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-4 | P2.CPMK-4.1 | KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.2 | KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-5 | P2.CPMK-5.3 | KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan) | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan dalam menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering exam questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 1 | 4.35 |
B | 1 | 4.35 |
B- | 4 | 17.39 |
C+ | 1 | 4.35 |
C | 5 | 21.74 |
D | 2 | 8.70 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.1 KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu |
10 | 3 | 6 | 4 | 82.61 |
P2.CPMK-2.1 KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R |
0 | 0 | 5 | 18 | 21.74 |
P2.CPMK-3.1 KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R |
0 | 0 | 7 | 16 | 30.43 |
P2.CPMK-4.1 KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R |
2 | 1 | 6 | 14 | 39.13 |
P2.CPMK-4.2 KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R |
13 | 0 | 0 | 10 | 56.52 |
P2.CPMK-5.1 KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R |
6 | 2 | 1 | 14 | 39.13 |
P2.CPMK-5.2 KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R |
5 | 3 | 1 | 14 | 39.13 |
P2.CPMK-5.3 KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan) |
1 | 0 | 7 | 15 | 34.78 |
P2.CPMK-6.1 KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel |
17 | 0 | 0 | 6 | 73.91 |
P2.CPMK-6.2 KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes |
0 | 3 | 3 | 17 | 26.09 |
P2.CPMK-6.3 KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson |
0 | 1 | 4 | 18 | 21.74 |
P2.CPMK-6.4 KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial |
0 | 3 | 5 | 15 | 34.78 |
P2.CPMK-7.1 KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi) |
10 | 0 | 0 | 13 | 43.48 |
P2.CPMK-7.2 KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik |
7 | 2 | 2 | 12 | 47.83 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KAD 1 Mahasiswa mampu menunjukkan aktif dalam belajar di kelas, hadir dan mengumpulkan tugas tepat waktu | |||||
PRK | 9 (39.13 %) | 0 | 1 (4.35 %) | 13 (56.52 %) | 43.48 (189.04 %) |
TG | 19 (82.61 %) | 0 | 0 | 4 (17.39 %) | 82.61 (359.17 %) |
KAD 14 Mampu melakukan dan interpretasi hasil pengujian statistika non parametrik Mann-Whitney U, Wilcoxon Signed-Rank, Kruskal-Wallis, Spearman Correlation menggunakan python atau R | |||||
PRK | 12 (52.17 %) | 0 | 0 | 11 (47.83 %) | 52.17 (226.83 %) |
UAS | 1 (4.35 %) | 0 | 0 | 22 (95.65 %) | 4.35 (18.91 %) |
KAD 13 Mampu memahami konsep analisis ragam dan rancangan eksoerimen serta melakukan dan interpretasi analisis ragam satu arah menggunakan python atau R | |||||
PRK | 12 (52.17 %) | 0 | 0 | 11 (47.83 %) | 52.17 (226.83 %) |
UAS | 0 | 0 | 0 | 23 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
KAD 11 Mampu membuat, menguji dan menginterpretasi persamaan regresi linier sederhana dan berganda menggunakan python atau R | |||||
PRK | 15 (65.22 %) | 0 | 0 | 8 (34.78 %) | 65.22 (283.57 %) |
UAS | 2 (8.70 %) | 0 | 1 (4.35 %) | 20 (86.96 %) | 13.04 (56.70 %) |
KAD 12 Mampu menampilkan, menguji dan menginterpretasi korelasi linier antar variabel menggunakan python atau R | |||||
TG | 13 (56.52 %) | 0 | 0 | 10 (43.48 %) | 56.52 (245.74 %) |
KAD 8 Mampu menghitung pendugaan interval untuk satu rata-rata populasi, selisih dua rata-rata populasi, satu proporsi populasi dan selisih dua proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R | |||||
PRK | 6 (26.09 %) | 2 (8.70 %) | 1 (4.35 %) | 14 (60.87 %) | 39.13 (170.13 %) |
KAD 9 Mampu melakukan pengujian hipotesis untuk satu rata-rata populasi dan satu proporsi populasi secara manual dan menggunakan python atau R | |||||
PRK | 13 (56.52 %) | 0 | 0 | 10 (43.48 %) | 56.52 (245.74 %) |
UAS | 5 (21.74 %) | 0 | 3 (13.04 %) | 15 (65.22 %) | 34.78 (151.22 %) |
KAD 10 Mampu melakukan pengujian kesesuaian dengan distribusi normal serta pengujian hubungan antar dua peubah kategorik (uji kebebasan) | |||||
UAS | 1 (4.35 %) | 0 | 7 (30.43 %) | 15 (65.22 %) | 34.78 (151.22 %) |
KAD 4 Mampu memahami konsep ruang sampel dan kejadian serta menghitung titik sampel | |||||
TG | 17 (73.91 %) | 0 | 0 | 6 (26.09 %) | 73.91 (321.35 %) |
KAD 5 Mampu memahami aturan-aturan probabilitas, menghitung probabilitas kejadian, probabilitas bersyarat serta probabilitas kejadian dengan menggunakan kaidah bayes | |||||
UTS | 0 | 3 (13.04 %) | 3 (13.04 %) | 17 (73.91 %) | 26.09 (113.43 %) |
KAD 6 Mampu menghitung peluang peubah acak binom dan poisson | |||||
PRK | 8 (34.78 %) | 3 (13.04 %) | 0 | 12 (52.17 %) | 47.83 (207.96 %) |
UTS | 0 | 1 (4.35 %) | 1 (4.35 %) | 21 (91.30 %) | 8.7 (37.83 %) |
KAD 7 Mampu menghitung peluang peubah acak normal dan eksponensial | |||||
PRK | 7 (30.43 %) | 0 | 1 (4.35 %) | 15 (65.22 %) | 34.78 (151.22 %) |
TG | 13 (56.52 %) | 0 | 0 | 10 (43.48 %) | 56.52 (245.74 %) |
UTS | 0 | 1 (4.35 %) | 1 (4.35 %) | 21 (91.30 %) | 8.7 (37.83 %) |
KAD 2 Mampu memahami konsep probabilitas dan kaitannya dengan statistika (deskriptif dan inferensi) | |||||
PRK | 10 (43.48 %) | 0 | 0 | 13 (56.52 %) | 43.48 (189.04 %) |
KAD 3 Mampu memahami perhitungan berbagai ukuran-ukuran statistika (lokasi, keragaman, bentuk) serta menyajikan data dengan metode grafik | |||||
PRK | 7 (30.43 %) | 2 (8.70 %) | 2 (8.70 %) | 12 (52.17 %) | 47.83 (207.96 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||||||
S1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.3 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-6.4 Std Mark: 0.00 |
P2.CPMK-7.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-7.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064002000009 | KASYAH ARYA SYAHPUTRA | 86.72 | 58.75 | 59.69 | 57.81 | 90.00 | 80.00 | 55.00 | 1.00 | 90.00 | 60.00 | 57.50 | 43.33 | 81.25 | 82.50 |
2 | 064002100005 | REZA NUGRAHA SANTOSO | 56.63 | 12.88 | 12.88 | 12.88 | 5.00 | 1.00 | 12.88 | 20.00 | 5.00 | 48.00 | 29.46 | 22.67 | 1.00 | 1.00 |
3 | 064002200040 | ZOELFAN AKBAR HIDAYAT | 56.63 | 12.88 | 12.88 | 12.88 | 5.00 | 1.00 | 12.88 | 20.00 | 90.00 | 45.00 | 27.15 | 21.00 | 1.00 | 1.00 |
4 | 064002300008 | CALISTA AZZAHRA | 93.75 | 42.81 | 61.56 | 61.56 | 90.00 | 87.50 | 70.31 | 40.00 | 90.00 | 45.00 | 49.42 | 60.69 | 100.00 | 100.00 |
5 | 064002300015 | YUSTIANAS ROMBON | 89.53 | 49.06 | 45.31 | 57.81 | 90.00 | 70.00 | 57.81 | 40.00 | 90.00 | 45.00 | 45.38 | 57.78 | 96.25 | 93.76 |
6 | 064002300016 | FERNANDO JUNIOR AUPARAY | 3.50 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 30.00 | 15.62 | 12.67 | 23.75 | 1.00 |
7 | 064002300017 | MARA SUTAN ARRAFI SIREGAR | 74.53 | 36.25 | 37.19 | 74.06 | 90.00 | 47.50 | 7.19 | 60.00 | 90.00 | 52.00 | 32.54 | 55.83 | 23.75 | 47.50 |
8 | 064002300018 | FAIRUZ MAULIDYA | 75.00 | 61.56 | 61.56 | 59.69 | 90.00 | 97.50 | 55.31 | 60.00 | 90.00 | 52.00 | 55.38 | 65.00 | 100.00 | 98.75 |
9 | 064002300020 | MICHAEL | 3.50 | 25.38 | 25.38 | 25.38 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 45.00 | 27.15 | 21.00 | 1.00 | 1.00 |
10 | 064002300021 | ARIK DIAS PUTRA | 71.25 | 12.88 | 12.88 | 12.88 | 5.00 | 1.00 | 12.88 | 20.00 | 5.00 | 45.00 | 27.15 | 21.00 | 1.00 | 1.00 |
11 | 064002300023 | FARHAN IQBAL MAULANA | 3.50 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 2.11 | 1.00 | 1.00 |
12 | 064002300028 | MIFTAH RAMADHAN | 67.50 | 25.38 | 12.88 | 47.19 | 90.00 | 30.00 | 97.19 | 40.00 | 90.00 | 75.00 | 71.73 | 68.89 | 30.00 | 77.50 |
13 | 064002300030 | HAFIDZ RAMADHAN | 89.53 | 62.50 | 56.25 | 58.75 | 90.00 | 62.50 | 74.06 | 60.00 | 90.00 | 45.00 | 47.12 | 55.28 | 98.75 | 75.00 |
14 | 064002300032 | MUHAMAD FADLY FEBRIAN | 80.16 | 50.38 | 12.88 | 98.13 | 90.00 | 30.00 | 92.50 | 80.00 | 90.00 | 68.00 | 67.12 | 63.89 | 22.50 | 67.50 |
15 | 064002300033 | BIDZI MAWFA FERDIANSYAH | 3.50 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 2.11 | 1.00 | 1.00 |
16 | 064002300034 | MUHAMMAD ALI AKBAR HIDAYATULLAH | 67.50 | 36.25 | 60.63 | 55.00 | 5.00 | 30.00 | 55.00 | 1.00 | 90.00 | 52.00 | 42.69 | 53.33 | 40.00 | 45.00 |
17 | 064002300036 | Rafael Gala Herlambang | 93.28 | 49.06 | 61.56 | 99.06 | 90.00 | 95.00 | 99.06 | 60.00 | 90.00 | 60.00 | 61.54 | 69.03 | 93.75 | 100.00 |
18 | 064002300038 | ZAHWA NUR AZKIA PUTRI | 93.28 | 61.56 | 61.56 | 55.31 | 90.00 | 97.50 | 49.06 | 60.00 | 90.00 | 60.00 | 61.54 | 69.03 | 96.25 | 100.00 |
19 | 064002300039 | DAVE RYANO FIRDAUS MAGENTHA | 93.75 | 62.50 | 50.00 | 62.50 | 90.00 | 97.50 | 50.00 | 40.00 | 90.00 | 45.00 | 50.00 | 61.11 | 98.75 | 100.00 |
20 | 064002300043 | FAIZ ABYAN HERYANTO | 67.50 | 48.13 | 48.13 | 42.50 | 5.00 | 30.00 | 81.25 | 20.00 | 90.00 | 45.00 | 37.31 | 25.83 | 30.00 | 45.00 |
21 | 064002300044 | FRANCISCO | 87.19 | 48.13 | 48.13 | 42.50 | 90.00 | 30.00 | 80.00 | 60.00 | 90.00 | 45.00 | 37.31 | 46.94 | 95.00 | 45.00 |
22 | 064002300045 | NALENDRA ZAIDAN AQILA ZULKIFLI | 56.63 | 40.94 | 16.56 | 25.38 | 5.00 | 1.00 | 1.00 | 1.00 | 90.00 | 69.00 | 38.69 | 29.33 | 1.00 | 1.00 |
23 | 064002300047 | GWEN ALAINA MARELA | 89.06 | 43.75 | 31.25 | 49.06 | 90.00 | 70.00 | 68.44 | 60.00 | 90.00 | 52.00 | 50.19 | 52.08 | 97.50 | 67.50 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(1923 Drs. Joko Riyono, M.Si.)