Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : User Interface/User Experience
Kode Mata Kuliah : IKS6320
Tim Dosen :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Kelas : 01
Dosen : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 6 mahasiswa

Program Studi INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : User Interface/User Experience
KODE MATA KULIAH : IKS6320
KELAS : TIF-01
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
USER INTERFACE/USER EXPERIENCE
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IKS6320
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
P.2 P2.CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan teori tentang konsep usability, desain, dan interaksi serta prinsip-prinsip yang digunakan dalam perancangan.
KU.1 KU1.CPMK-2 mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen/entitas yang ada dalam masalah, interaksi antar komponen, mengusulkan perbaikan sistem, dan mampu menerima masukan dari pihak lain
KU.3 KU3.CPMK-3 Mahasiswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim dalam proyek IT
KK.2 KK2.CPMK-4 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi antar muka pengguna yang memperhatikan konteks penggunaan, kebutuhann pemangku kepentingan, state-of-the-art response interaction times, modalitas rancangan yang mempertimbangkan universal access, inclusiveness, assistive technologies, and culture-sensitive design.
KK.2 KK2.CPMK-5 Mahasiswa mampu merancang aplikasi interaktif menggunakan user-centered design cycle dengan teknik (mode, navigasi, dan rancangan visual) untuk mengoptimalkan kemudahan dan pengalaman pengguna dalam lingkungan industri.
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
P.2 P2.CPMK-1
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
P2.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
KU.1 KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
KU1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
KU.3 KU3.CPMK-3
KU3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
KU3.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
KK.2 KK2.CPMK-4
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi
KK2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
KK.2 KK2.CPMK-5
KK2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
KK2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
KK2.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6320

Program Studi : INFORMATIKA Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IKS6320     SKS : 3.00
Mata Kuliah : User Interface/User Experience Dosen :
  1. 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Metodologi perancangan, Prinsip, Guidelines, dan Theories dan evaluasi
  • Tutorial
  • Diskusi
150.00 Mahasiswa mendapatkan penjelasan aturan perkuliahan,RPS dan metodologi perancangan, Studi kasus
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019) (Shneiderman)
  • Jakob Nielsen(1993) (Usability Engineering)
  • Ratna Shofiati1*, Putri Shan Alodia, dkk()
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Guidelines : navigasi dan data entry, Usability menurut Usia dan gender, membuat instrumen pengukuran
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi , diskusi, dan Implementasi UI untuk Informasi sederhana
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Jakob Nielsen(1993)
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Kebutuhan fungsional, Prinsip dan Guidelines, perancangan pada User Interface untuk informasi sederhana
  • Tutorial
  • Diskusi
  • Presentasi
150.00 Mahasiswa mendapatkan materi tentang Guidelines, Principles dan Theories. Mahasiswa membuat desain tampilan informasi yang sesuai tema dan terstruktur
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Shofiati, et al(2024) (Quelita Cake)
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
4
  1. Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
  2. Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Perancangan User interface sesuai guideline untuk data entry tunggal
  • Presentasi
  • Diskusi
  • Tutorial
150.00 Mahasiswa mengimplementasikan perancangan data entry tunggal, diskusi dan pembahasan
  • M. Rafiansyah P, Ratna Shofiati, Agung Sediyono(2023) (USAKTI On APP)
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
  2. Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Konsep guidelines untuk aplikasi yang mempunyai parent child, penyusunan navigasi/struktur informasi
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mengimplementasikan struktur parent child, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
  2. Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Kebutuhan fungsional untuk Pencarian data sederhana dan detail, konsep prinsip dan guidelines, evaluasi perancangan
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa merancang pencarian data sederhana dan detail, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  3. Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
Analisis kebutuhan fungsional, Konsep guidelines untuk halaman pop-up, evaluasi rancangan
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa membuat mockup halaman pop-up, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  4. Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Kebutuhan fungsional dan guidelines untuk halaman pilihan wajib unggah foto, evaluasi perancangan
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa membuat mockup halaman unggah foto, evaluasi rancangan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  3. Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Kebutuhan fungsional untuk data entry sekuensial, Navigasi/struktur informasi dan evaluasi
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa membuat rancangan data entry sekuensial, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 2.50 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  2. Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi
Analisis kebutuhan fungsional dan interaksi pengguna untuk halaman grafik, prinsip dan guidelines, evaluasi halaman
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 mahasiswa membuat mockup yang dapat menampilkan grafik, diskusi dan pembahasan
  • Jeff Sauro, James R. Lewis(2024) (Surveying UX)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
  2. Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  4. Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi
Analisis kebutuhan fungsional dan interaksi halaman yang menampilkan grafik.
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa membuat mockup untuk halaman yang menampilkan grafik, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 5.00 %
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Integrasi Modul 1
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa melakukan integrasi modul, diskusi dan pembahasan
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 2.50 %
13
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
Integrasi Modul 2
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa melakukan integrasi antar modul project lanjutan, diskusi dan pembahasan
  • Jeff Sauro, James R. Lewis(2024)
  • Proyek - 2.50 %
14
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
  2. Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
Manual perancangan perangkat lunak
  • Diskusi
  • Presentasi
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mempresentasikan project final sesuai modul yang dikerjakan dan menyelesaikan laporan manual proyek Perangkat Lunak
  • Ben Shneiderman, Catherine Plaisant(2019)
  • Proyek - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
User Interface/User Experience 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. ; Monday 07:30:00-12:00:00 Status
Visi dan Misi : Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa Ya
CPL,CPMK,KAD : Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi Ya
ASSESSMENT : Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan Ya
METODE dan BAHAN AJA : Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi Ya
Peraturan : Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian Ya
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.3 Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
LOW KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 Minggu ke-2 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-4 Assessment: Proyek (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Proyek (5.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Proyek (5.00%)
Minggu ke-1 Assessment: Proyek (2.50%)
LOW KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 Minggu ke-7 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-9 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-10 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-14 Assessment: Proyek (2.50%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 Minggu ke-10 Assessment: Proyek (2.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Proyek (2.50%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%)
HEIGHT KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Proyek (2.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 2.50%
2.50%
5%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 2.50%
2.50%
5%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 3.00%
3.00%
3.00%
9%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 2.00%
2.00%
2.00%
6%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 2.00%
2%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.3 1.00%
1%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 2.00%
2%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 2.50%
3.00%
5.5%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00%
2%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 2.50%
2.5%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 0%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 5.00%
5%
TOTAL 20%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M2 M3 M11 M7 M8 M9 M4 M5 M6 M10 M12 M13 M14
Komponen UTS prj UTS prj UTS prj UAS prj UAS prj UAS prj UAS prj prj UTS prj UTS prj UTS prj UAS prj prj prj
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25 Bobot
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 2.50%2.50% 5%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 2.50%2.50%2.00% 7%
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.3 2.00%1.00% 3%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 2.00% 2%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 3.00%2.50% 5.5%
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 2.50%2.50%2.50%5.00%5.00%5.00% 22.5%
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 2.50%2.50%2.50%2.50%2.50%2.50%2.50%2.50% 20%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 2.00% 2%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 2.50%2.50% 5%
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 2.50% 2.5%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 3.00%3.00%3.00%3.00% 12%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 2.00%2.00%2.00% 6%
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 5.00%2.50% 7.5%
TOTAL 2.5 2.5 5 2.5 2.5 2.5 5 5 5 2.5 5 2.5 5 2.5 5 5 5 5 5 5 5 5 2.5 2.5 5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1 UTS UTS
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2 UTS UTS UAS
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.3 UAS UAS
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 UAS
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 UAS UAS
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.1 prj prj prj prj prj prj
KU.3 KU3.CPMK-3 KU3.CPMK-3.2 prj prj prj prj prj prj prj prj
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1 UAS
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.2 prj prj
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3 UAS
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1 UTS UTS UTS UAS
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2 UTS UTS UTS
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3 UAS prj
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan usability, dan prinsip perancangan yang meliputi organisasi, navigasi, dan data entry dari sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain usability and design principles which include organization, navigation and data entry of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan usability, dan prinsip perancangan yang meliputi organisasi, navigasi, dan data entry dari sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain usability and design principles which include organization, navigation and data entry of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.2Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.2Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
P.2 P2.CPMK-1 P2.CPMK-1.3Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.1Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-4 KK2.CPMK-4.3Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.1Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KK.2 KK2.CPMK-5 KK2.CPMK-5.3Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan
Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
Performance Indicator: Students are able to design usability systems using use cases and activity diagrams
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 1 16.67
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 1 16.67
B- 1 16.67
C+ 0 0.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
P2.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
0 0 2 4 33.33
P2.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
0 1 2 3 50.00
P2.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
2 1 0 3 50.00
KU1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
2 1 0 3 50.00
KU1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
2 1 0 3 50.00
KU3.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
0 2 2 2 66.67
KU3.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
0 2 2 2 66.67
KK2.CPMK-4.1
Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
2 1 0 3 50.00
KK2.CPMK-4.2
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi
0 2 2 2 66.67
KK2.CPMK-4.3
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
2 1 0 3 50.00
KK2.CPMK-5.1
Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
0 1 2 3 50.00
KK2.CPMK-5.2
Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
0 0 2 4 33.33
KK2.CPMK-5.3
Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
2 1 0 3 50.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

KEPUASAN MAHASISWA
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan
Q-9Dosen menguasai materi dengan baik
Q-11Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik
Q-13Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik
Q-15Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik
Q-17Dosen bersikap responsif
Q-19Dosen bersedia berdiskusi
Q-21Dosen memberikan umpan balik
Q-23Dosen memberikan materi dengan jelas
Q-25Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS
Q-27Dosen mengajar dengan baik
Q-29Media instruksional yang digunakan menarik
Q-31Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah
Q-33Kenyamanan ruang kuliah
Q-35Koneksi Internet dalam ruang kelas

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan
UTS002
(33.33 %)
4
(66.67 %)
33.33
(555.50 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
UTS002
(33.33 %)
4
(66.67 %)
33.33
(555.50 %)
Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
prj02
(33.33 %)
2
(33.33 %)
2
(33.33 %)
66.67
(1,111.17 %)
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan
prj02
(33.33 %)
2
(33.33 %)
2
(33.33 %)
66.67
(1,111.17 %)
Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi
prj02
(33.33 %)
2
(33.33 %)
2
(33.33 %)
66.67
(1,111.17 %)
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)
UTS002
(33.33 %)
4
(66.67 %)
33.33
(555.50 %)
Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair
UTS002
(33.33 %)
4
(66.67 %)
33.33
(555.50 %)
Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram
prj02
(33.33 %)
2
(33.33 %)
2
(33.33 %)
66.67
(1,111.17 %)
UAS2
(33.33 %)
1
(16.67 %)
03
(50.00 %)
50
(833.33 %)

Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU3.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub KU3.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.1 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.2 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-4.3 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-4.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.1 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.2 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KK2.CPMK-5.3 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KK2.CPMK-5.3 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
P2.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU3.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-4.3
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.1
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.2
Std Mark: 56.00
KK2.CPMK-5.3
Std Mark: 56.00
1 064001900005 SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA 0.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.00
2 064002100029 RIDHO BAIHAQI 45.0032.140.000.000.0065.0065.000.0065.000.0033.7545.0021.67
3 064002200036 MUHAMMAD FAHMI 65.0067.8675.0075.0075.0065.0065.0075.0065.0075.0067.5065.0071.67
4 064002200038 GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM 47.0033.570.000.000.000.000.000.000.000.0035.2547.000.00
5 064002200045 ALFAREZA GIOVANI 64.0074.29100.00100.00100.0078.0078.00100.0078.00100.0073.0064.0092.67
6 064002300037 NAUFAL FAWWAZ 54.0067.14100.00100.00100.0070.0070.00100.0070.00100.0065.5054.0090.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.)