PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | User Interface/User Experience |
Kode Mata Kuliah | : | IKS6320 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 6 mahasiswa |
Program Studi INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : User Interface/User Experience |
KODE MATA KULIAH | : IKS6320 |
KELAS | : TIF-01 |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH USER INTERFACE/USER EXPERIENCE Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKS6320 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menjelaskan teori tentang konsep usability, desain, dan interaksi serta prinsip-prinsip yang digunakan dalam perancangan. |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen/entitas yang ada dalam masalah, interaksi antar komponen, mengusulkan perbaikan sistem, dan mampu menerima masukan dari pihak lain |
KU.3 | KU3.CPMK-3 | Mahasiswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim dalam proyek IT |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi antar muka pengguna yang memperhatikan konteks penggunaan, kebutuhann pemangku kepentingan, state-of-the-art response interaction times, modalitas rancangan yang mempertimbangkan universal access, inclusiveness, assistive technologies, and culture-sensitive design. |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | Mahasiswa mampu merancang aplikasi interaktif menggunakan user-centered design cycle dengan teknik (mode, navigasi, dan rancangan visual) untuk mengoptimalkan kemudahan dan pengalaman pengguna dalam lingkungan industri. |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.2 | P2.CPMK-1 |
|
||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
||||||
KU.3 | KU3.CPMK-3 |
|
||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 |
|
||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKS6320 |
Program Studi : INFORMATIKA | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKS6320 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : User Interface/User Experience | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Metodologi perancangan, Prinsip, Guidelines, dan Theories dan evaluasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan penjelasan aturan perkuliahan,RPS dan metodologi perancangan, Studi kasus |
|
|
2 |
|
Guidelines : navigasi dan data entry, Usability menurut Usia dan gender, membuat instrumen pengukuran |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi , diskusi, dan Implementasi UI untuk Informasi sederhana |
|
|
3 |
|
Kebutuhan fungsional, Prinsip dan Guidelines, perancangan pada User Interface untuk informasi sederhana |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang Guidelines, Principles dan Theories. Mahasiswa membuat desain tampilan informasi yang sesuai tema dan terstruktur |
|
|
4 |
|
Perancangan User interface sesuai guideline untuk data entry tunggal |
|
150.00 | Mahasiswa mengimplementasikan perancangan data entry tunggal, diskusi dan pembahasan |
|
|
5 |
|
Konsep guidelines untuk aplikasi yang mempunyai parent child, penyusunan navigasi/struktur informasi |
|
150.00 | Mahasiswa mengimplementasikan struktur parent child, diskusi dan pembahasan |
|
|
6 |
|
Kebutuhan fungsional untuk Pencarian data sederhana dan detail, konsep prinsip dan guidelines, evaluasi perancangan |
|
150.00 | Mahasiswa merancang pencarian data sederhana dan detail, diskusi dan pembahasan |
|
|
7 |
|
Analisis kebutuhan fungsional, Konsep guidelines untuk halaman pop-up, evaluasi rancangan |
|
150.00 | Mahasiswa membuat mockup halaman pop-up, diskusi dan pembahasan |
|
|
8 |
|
Kebutuhan fungsional dan guidelines untuk halaman pilihan wajib unggah foto, evaluasi perancangan |
|
150.00 | Mahasiswa membuat mockup halaman unggah foto, evaluasi rancangan |
|
|
9 |
|
Kebutuhan fungsional untuk data entry sekuensial, Navigasi/struktur informasi dan evaluasi |
|
150.00 | Mahasiswa membuat rancangan data entry sekuensial, diskusi dan pembahasan |
|
|
10 |
|
Analisis kebutuhan fungsional dan interaksi pengguna untuk halaman grafik, prinsip dan guidelines, evaluasi halaman |
|
150.00 | mahasiswa membuat mockup yang dapat menampilkan grafik, diskusi dan pembahasan |
|
|
11 |
|
Analisis kebutuhan fungsional dan interaksi halaman yang menampilkan grafik. |
|
150.00 | Mahasiswa membuat mockup untuk halaman yang menampilkan grafik, diskusi dan pembahasan |
|
|
12 |
|
Integrasi Modul 1 |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan integrasi modul, diskusi dan pembahasan |
|
|
13 |
|
Integrasi Modul 2 |
|
150.00 | Mahasiswa melakukan integrasi antar modul project lanjutan, diskusi dan pembahasan |
|
|
14 |
|
Manual perancangan perangkat lunak |
|
150.00 | Mahasiswa mempresentasikan project final sesuai modul yang dikerjakan dan menyelesaikan laporan manual proyek Perangkat Lunak |
|
|
PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
User Interface/User Experience | 2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ; Monday 07:30:00-12:00:00 | Status | |||
Visi dan Misi | : | Dosen menyampaikan Visi & Misi, dan menjelaskan keterkaitan Visi & Misi dengan Mata Kuliah yang diampunya kepada mahasiswa | Ya | |||
CPL,CPMK,KAD | : | Dosen menyampaikan keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Matakuliah, dan capaian pembelajaran per sesi | Ya | |||
ASSESSMENT | : | Dosen menyampaikan metode pembelajaran dan model penilaian dan bobot penilaian terkait setiap capaian pembejaran per sesi (kemampuan akhir yang diharapkan), dan kapan penilaian itu akan dilaksanakan | Ya | |||
METODE dan BAHAN AJA | : | Dosen menyampaikan bahan ajar dan sumber bahan ajar untuk setiap sesi | Ya | |||
Peraturan | : | Dosen menyampaikan aturan perkuliahan dan ujian, serta cara mengajukan keberatan penilaian | Ya | |||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
LOW | KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.1 | Minggu ke-2 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-4 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Proyek (5.00%) Minggu ke-1 Assessment: Proyek (2.50%) |
LOW | KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.2 | Minggu ke-7 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-8 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-9 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-10 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-11 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-12 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-13 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (2.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | Minggu ke-10 Assessment: Proyek (2.50%) Minggu ke-11 Assessment: Proyek (2.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.00%) Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-14 Assessment: Proyek (2.50%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 9% | ||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 1.00% | 1% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 2.50% | 3.00% | 5.5% | |||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 0% | |||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M3 | M11 | M7 | M8 | M9 | M4 | M5 | M6 | M10 | M12 | M13 | M14 | |||||||||||||||
Komponen | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | UAS | prj | UAS | prj | UAS | prj | prj | UTS | prj | UTS | prj | UTS | prj | UAS | prj | prj | prj | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | Bobot |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | 2.50% | 2.50% | 2.00% | 7% | ||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | 2.00% | 1.00% | 3% | |||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 3.00% | 2.50% | 5.5% | |||||||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 5.00% | 5.00% | 5.00% | 22.5% | |||||||||||||||||||
KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.2 | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 2.50% | 20% | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | 2.50% | 2.50% | 5% | |||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | 2.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 3.00% | 12% | |||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | 2.00% | 2.00% | 2.00% | 6% | ||||||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | |||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2.5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 2.5 | 2.5 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | UTS UTS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | UTS UTS UAS |
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | UAS UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | UAS UAS |
KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.1 | prj prj prj prj prj prj |
KU.3 | KU3.CPMK-3 | KU3.CPMK-3.2 | prj prj prj prj prj prj prj prj |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | UAS |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.2 | prj prj |
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | UAS |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | UTS UTS UTS UAS |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | UTS UTS UTS |
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | UAS prj |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan usability, dan prinsip perancangan yang meliputi organisasi, navigasi, dan data entry dari sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain usability and design principles which include organization, navigation and data entry of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan usability, dan prinsip perancangan yang meliputi organisasi, navigasi, dan data entry dari sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain usability and design principles which include organization, navigation and data entry of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.2 | Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-1 | P2.CPMK-1.3 | Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-4 | KK2.CPMK-4.3 | Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-5 | KK2.CPMK-5.3 | Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik dengan menerapkan prinsip perancangan pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a good user interface by applying design principles to the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair pada sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to design a user interface with fluid navigation on the sistem being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menerapkan teori desain pada analisis sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to apply design theory to the analysis of the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung pada penerapannya di sistem yang dikembangkan Performance Indicator: Students are able to explain methods for evaluating user experience and Direct Manipulation in their application in the system being developed |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin Performance Indicator: Students are able to do requirement analysis for Software Engineering by considering transdisciplinary knowledge |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna Performance Indicator: Students are able to create evaluation instruments to measure user satisfaction |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale Performance Indicator: Students are able to analyze the results of user experience evaluations using the System Usability Scale method |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram Performance Indicator: Students are able to design usability systems using use cases and activity diagrams |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 1 | 16.67 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 1 | 16.67 |
B- | 1 | 16.67 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P2.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan |
0 | 0 | 2 | 4 | 33.33 |
P2.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik |
0 | 1 | 2 | 3 | 50.00 |
P2.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
KU1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
KU3.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan |
0 | 2 | 2 | 2 | 66.67 |
KU3.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan |
0 | 2 | 2 | 2 | 66.67 |
KK2.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
KK2.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi |
0 | 2 | 2 | 2 | 66.67 |
KK2.CPMK-4.3 Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
KK2.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan |
0 | 1 | 2 | 3 | 50.00 |
KK2.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair |
0 | 0 | 2 | 4 | 33.33 |
KK2.CPMK-5.3 Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram |
2 | 1 | 0 | 3 | 50.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|---|
Q-9 | Dosen menguasai materi dengan baik |
Q-11 | Dosen berkomunkasi/menyampaikan materi dengan baik |
Q-13 | Dosen hadir dan menggunakan waktu kuliah dengan baik |
Q-15 | Dosen mempersiapkan kuliah dengan baik |
Q-17 | Dosen bersikap responsif |
Q-19 | Dosen bersedia berdiskusi |
Q-21 | Dosen memberikan umpan balik |
Q-23 | Dosen memberikan materi dengan jelas |
Q-25 | Beban kuliah sesuai dengan standar kompetensi yang ada di RPP/SAP/JUKNIS |
Q-27 | Dosen mengajar dengan baik |
Q-29 | Media instruksional yang digunakan menarik |
Q-31 | Dengan mengikuti perkuliahan, mahasiswa mengerti materi kuliah |
Q-33 | Kenyamanan ruang kuliah |
Q-35 | Koneksi Internet dalam ruang kelas |
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep usability dan prinsip perancangan | |||||
UTS | 0 | 0 | 2 (33.33 %) | 4 (66.67 %) | 33.33 (555.50 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori Desain dan Navigasi yang baik | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
UTS | 0 | 0 | 2 (33.33 %) | 4 (66.67 %) | 33.33 (555.50 %) |
Mahasiswa mampu menjelaskan metode untuk mengevaluasi user experience dan Manipulasi Langsung | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan terhadap perangkat lunak dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu transdisiplin | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Mahasiswa mampu mempresentasikan ide dan gagasan proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan | |||||
prj | 0 | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 66.67 (1,111.17 %) |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil proyek kelompok dalam bentuk oral dan tulisan | |||||
prj | 0 | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 66.67 (1,111.17 %) |
Mahasiswa mampu membuat instrumen evaluasi untuk mengukur kepuasan pengguna | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan memperbaiki rancangan prototipe user interface sesuai hasil evaluasi | |||||
prj | 0 | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 66.67 (1,111.17 %) |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi pengalaman pengguna dengan metode System Usability Scale | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Mahasiswa mampu merancang user interface yang baik menggunakan prinsip perancangan | |||||
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
UTS | 0 | 0 | 2 (33.33 %) | 4 (66.67 %) | 33.33 (555.50 %) |
Mahasiswa mampu merancang user interface dengan navigasi yang cair | |||||
UTS | 0 | 0 | 2 (33.33 %) | 4 (66.67 %) | 33.33 (555.50 %) |
Mahasiswa mampu merancang system usability menggunakan usecase dan activity diagram | |||||
prj | 0 | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 2 (33.33 %) | 66.67 (1,111.17 %) |
UAS | 2 (33.33 %) | 1 (16.67 %) | 0 | 3 (50.00 %) | 50 (833.33 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||
P2.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KU3.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-4.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-5.3 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064001900005 | SYALOOM JEREMIA TOGAR TUA | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 |
2 | 064002100029 | RIDHO BAIHAQI | 45.00 | 32.14 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 65.00 | 65.00 | 0.00 | 65.00 | 0.00 | 33.75 | 45.00 | 21.67 |
3 | 064002200036 | MUHAMMAD FAHMI | 65.00 | 67.86 | 75.00 | 75.00 | 75.00 | 65.00 | 65.00 | 75.00 | 65.00 | 75.00 | 67.50 | 65.00 | 71.67 |
4 | 064002200038 | GISYELLE ALVANCA DESTHANATA RUMAINUM | 47.00 | 33.57 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 0.00 | 35.25 | 47.00 | 0.00 |
5 | 064002200045 | ALFAREZA GIOVANI | 64.00 | 74.29 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 78.00 | 78.00 | 100.00 | 78.00 | 100.00 | 73.00 | 64.00 | 92.67 |
6 | 064002300037 | NAUFAL FAWWAZ | 54.00 | 67.14 | 100.00 | 100.00 | 100.00 | 70.00 | 70.00 | 100.00 | 70.00 | 100.00 | 65.50 | 54.00 | 90.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2441 Ratna Shofiati, S.Kom., M.Kom.)