PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Metodologi Penelitian |
Kode Mata Kuliah | : | PSU8302 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | ABC |
Dosen | : | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 50 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK SIPIL
Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Metodologi Penelitian |
KODE MATA KULIAH | : PSU8302 |
KELAS | : ABC |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK SIPIL Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN |
|||
Kode: PSU8302 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2235 Darmawan Pontan |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dengan berpegang pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. |
P.1 | Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains alam, dasar-dasar teknik dan spesialisasi teknik sipil untuk memecahkan masalah teknik yang kompleks |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik |
KU.2 | Mampu melakukan investigasi dengan menggunakan metodologi penelitian yang relevan termasuk tinjauan literatur, desain eksperimen, analisis dan interpretasi hasil untuk mendapatkan kesimpulan yang masuk akal secara ilmiah |
KK.1 | Memiliki kemampuan merancang solusi untuk sistem, komponen atau proses teknik sipil yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan dengan mempertimbangkan keselamatan, kesehatan, ekonomi, sumber daya lokal dan lingkungan. |
KK.2 | Mampu memilih dan menerapkan sumber daya dan teknik yang modern serta perangkat IT yang sesuai dengan pendekatan sistematis untuk mensimulasikan, dan memecahkan masalah bidang Teknik Sipil |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu memahami teknik dan rencana penelitian serta rancangan penelitian |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami teknik, metode penelitian dan landasan pemikiran dari penelitian |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 |
|
||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/PSU8302 |
Program Studi : TEKNIK SIPIL | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : PSU8302 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengantar metode Penelitian -Sumber-sumber pengetahuan -Pendekatan (pola pikir kritis) saintifik -ujuan-tujuan sains -Penelitian dasar dan terapan |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
2 |
|
Pengantar metode Penelitian Pengantar metode penelitian dalam sains Melakukan (kegiatan) sains Pembuktian |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
3 |
|
Landasan pemikiran suatu penelitian (input-proses-koreksi-proses-output) |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
4 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
5 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
6 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
7 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
8 |
|
UJIAN TENGAH SEMESTER | 150.00 | TUTUP BUKU |
|
||
9 |
|
Hipotesis -Definisi, manfaat -Masalah Penelitian -Variabel penelitian -Metode Analisis data -Kesimpulan |
|
150.00 | kuliah |
|
|
10 |
|
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang -Pengumpulan data -Data primer -Data sekunder -Pengumpulan data menurut sumber |
|
150.00 | kuliah |
|
|
11 |
|
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang |
|
150.00 | kuliah |
|
|
12 |
|
-Data internal dan Data ekternal -Pembagian data menurut waktu dan pengumpulannya -Data time series -Data cross section |
|
150.00 | kuliah |
|
|
13 |
|
Rancangan Penelitian (lanjutan 3) -Data menurut sifatnya -Data Kualitatif -Data Kuantitatif -Analisis data -Kesimpulan |
|
150.00 | kuliah |
|
|
14 |
|
Teknik penulisan karya ilmiah |
|
150.00 | kuliah |
|
|
15 |
|
Teknik penulisan karya ilmiah |
|
150.00 | kuliah |
|
|
16 |
|
UJIAN AKHIR SEMESTER | 150.00 | UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Metodologi Penelitian | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ; Monday 08:00:00-10:30:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2235 Darmawan Pontan Ketua |
3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 0% | |||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 0% | |||||||
TOTAL | 0% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0% | |||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0% | |||||||
TOTAL | 0% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 6% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 7% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 3% | |||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 2% | |||||||||||
TOTAL | 18% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||
M4 | M5 | M6 | M7 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | M15 | M16 | M1 | M2 | M3 | M8 | ||||
Komponen | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | UAS | TG | TG | TG | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | Bobot |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 20.00% | 27% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 20.00% | 28% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 20.00% | 23% | ||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 20.00% | 22% | ||||||||||||
TOTAL | 1 | 1 | 1 | 2 | 3 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 40 | 3 | 1 | 1 | 40 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | TG TG TG UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | TG TG TG UTS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian
Memahami State of the art penelitian
memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian
Memahami State of the art penelitian
memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian
Menerapkan proses penelitian Performance Indicator: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian Menerapkan proses penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 10 | 20.00 |
A- | 10 | 20.00 |
B+ | 4 | 8.00 |
B | 16 | 32.00 |
B- | 2 | 4.00 |
C+ | 1 | 2.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 2 | 4.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UAS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UAS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UTS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UTS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||
KU1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 151012300010 | UGAHARI ROSE | 79.20 | 79.20 | 79.20 | 79.20 |
2 | 151012300017 | FEBRI ANTONI | 72.80 | 72.80 | 72.80 | 72.80 |
3 | 151012300012 | ADEN SUKANDA | 67.60 | 67.60 | 67.60 | 67.60 |
4 | 151012300013 | INDAH NOVIASTUTI | 74.40 | 74.40 | 74.40 | 74.40 |
5 | 151012310003 | PRIMA NURIYAN SAPUTRA | 79.40 | 79.40 | 79.40 | 79.40 |
6 | 151012310004 | SONIA OKTARIYANTI | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 |
7 | 151012310002 | MOHAMMAD RIDHO | 74.80 | 74.80 | 74.80 | 74.80 |
8 | 151012300001 | SALMAN | 80.40 | 80.40 | 80.40 | 80.40 |
9 | 151012300027 | SYAFRULLAH MAHATMANTONG | 49.00 | 49.00 | 49.00 | 49.00 |
10 | 151012300004 | IVAN FAHREZA WIRATAMA | 74.40 | 74.40 | 74.40 | 74.40 |
11 | 151012300018 | HENOCH LEINDRIO CORNELIS | 70.40 | 70.40 | 70.40 | 70.40 |
12 | 151012300006 | NYOMAN OKA WAHYUDHI | 82.40 | 82.40 | 82.40 | 82.40 |
13 | 151012300014 | YUDHI YUDIANSYAH | 81.40 | 81.40 | 81.40 | 81.40 |
14 | 151012300022 | RIESKE CALISTA VIEGRA EFFENDY | 71.20 | 71.20 | 71.20 | 71.20 |
15 | 151012310005 | YOHANES SANGGA RANDIKA | 66.80 | 66.80 | 66.80 | 66.80 |
16 | 151012310006 | FARHAN HERYO NUGROHO | 78.20 | 78.20 | 78.20 | 78.20 |
17 | 151012310007 | MUHAMMAD FAIZAL | 80.20 | 80.20 | 80.20 | 80.20 |
18 | 151012300008 | RAIS AMIN | 82.60 | 82.60 | 82.60 | 82.60 |
19 | 151012300026 | RIZKY ILHAM MAULANA | 48.40 | 48.40 | 48.40 | 48.40 |
20 | 151012310001 | MARZHEYBA TUMONGLO PATTOLA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
21 | 151012300020 | MUCHSININ | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
22 | 151012300019 | DICKY DARMAWAN | 80.20 | 80.20 | 80.20 | 80.20 |
23 | 151012300023 | YOSEP FERNANDO PUTRA | 72.80 | 72.80 | 72.80 | 72.80 |
24 | 151012300007 | ONTOSENO BAYUAJI | 68.60 | 68.60 | 68.60 | 68.60 |
25 | 151012300025 | HARIS RINOFIANTO | 15.00 | 15.00 | 15.00 | 15.00 |
26 | 151012300002 | GIFSON SIRAIT | 63.40 | 63.40 | 63.40 | 63.40 |
27 | 151012300015 | BENNY CHRISDWICAHYADI | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
28 | 151012310009 | AISYAH NUR AMALINA LESTARI | 73.80 | 73.80 | 73.80 | 73.80 |
29 | 151012310010 | BAMBANG ASMORO | 68.80 | 68.80 | 68.80 | 68.80 |
30 | 151012300005 | MOHAMMAD NABIL BARAK | 79.60 | 79.60 | 79.60 | 79.60 |
31 | 151012310008 | ALLISA KUSUMA DEWI | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
32 | 151012300021 | FERDY DERMAWAN | 77.80 | 77.80 | 77.80 | 77.80 |
33 | 151012300011 | DYAH WIDYA DWI HARTANTY | 74.60 | 74.60 | 74.60 | 74.60 |
34 | 151012300009 | RANI KARDIANI | 77.20 | 77.20 | 77.20 | 77.20 |
35 | 151012210012 | ILHAM AKBAR MULYA WIBAWA | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
36 | 151012210013 | ISMA FAJAR | 79.40 | 79.40 | 79.40 | 79.40 |
37 | 151012310017 | SATRIO INDRAWIBOWO | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 |
38 | 151012310015 | RIKA YUANITA | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
39 | 151012310012 | MOCHAMAD ALFIN RIADY | 44.60 | 44.60 | 44.60 | 44.60 |
40 | 151012310013 | INDRA RIZKY EFENDY | 68.40 | 68.40 | 68.40 | 68.40 |
41 | 151012310011 | MUHAMMAD RIFQON FAHREZZA RAHMAN | 79.60 | 79.60 | 79.60 | 79.60 |
42 | 151012310016 | CHINDY VICTORYA LATUPARISSA | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
43 | 151012310014 | ADI KURNIAWAN | 14.00 | 14.00 | 14.00 | 14.00 |
44 | 151012300024 | PUTU RITA DAHLIA A. | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
45 | 151012310018 | ARISTO YONGHY ROBERTUS | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
46 | 151012310020 | KRISMA ADIJAYA | 72.60 | 72.60 | 72.60 | 72.60 |
47 | 151012310021 | BRILLIANTA CAHYA ARYADI | 15.60 | 15.60 | 15.60 | 15.60 |
48 | 151012310019 | FAUZAN KURNIANTO | 68.40 | 68.40 | 68.40 | 68.40 |
49 | 151012310022 | BIMA DWI HARYUDI | 79.20 | 79.20 | 79.20 | 79.20 |
50 | 151012310023 | HERMAWAN | 15.00 | 15.00 | 15.00 | 15.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.)