Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian
Kode Mata Kuliah : PSU8302
Tim Dosen :
  1. 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
Kelas : ABC
Dosen : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
Semester : Genap 2023/2024 (R)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 50 mahasiswa

Program Studi TEKNIK SIPIL

Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Universitas Trisakti

Aug 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Metodologi Penelitian
KODE MATA KULIAH : PSU8302
KELAS : ABC
SEMESTER : Genap 2023/2024 (R)
DOSEN PENGAMPU : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
METODOLOGI PENELITIAN
Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R)
Program Studi TEKNIK SIPIL
Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
Kode:
PSU8302
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GENAP
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2235 Darmawan Pontan

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dengan berpegang pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.
P.1 Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains alam, dasar-dasar teknik dan spesialisasi teknik sipil untuk memecahkan masalah teknik yang kompleks
KU.1 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik
KU.2 Mampu melakukan investigasi dengan menggunakan metodologi penelitian yang relevan termasuk tinjauan literatur, desain eksperimen, analisis dan interpretasi hasil untuk mendapatkan kesimpulan yang masuk akal secara ilmiah
KK.1 Memiliki kemampuan merancang solusi untuk sistem, komponen atau proses teknik sipil yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan dengan mempertimbangkan keselamatan, kesehatan, ekonomi, sumber daya lokal dan lingkungan.
KK.2 Mampu memilih dan menerapkan sumber daya dan teknik yang modern serta perangkat IT yang sesuai dengan pendekatan sistematis untuk mensimulasikan, dan memecahkan masalah bidang Teknik Sipil
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
KU.1 Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
KU.1 KU1.CPMK-1 Mahasiswa mampu memahami teknik dan rencana penelitian serta rancangan penelitian
KU.1 KU1.CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami teknik, metode penelitian dan landasan pemikiran dari penelitian
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
KU.1 KU1.CPMK-1
KU1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
KU1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
KU.1 KU1.CPMK-2
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
KU1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/PSU8302

Program Studi : TEKNIK SIPIL Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : PSU8302     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Dosen :
  1. 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
Pengantar metode Penelitian -Sumber-sumber pengetahuan -Pendekatan (pola pikir kritis) saintifik -ujuan-tujuan sains -Penelitian dasar dan terapan
  • Diskusi
150.00 Kuliah
  • Tugas - 3.00 %
2
  1. Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
Pengantar metode Penelitian Pengantar metode penelitian dalam sains Melakukan (kegiatan) sains Pembuktian
  • Diskusi
150.00 Kuliah
  • Tugas - 1.00 %
3
  1. Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
Landasan pemikiran suatu penelitian (input-proses-koreksi-proses-output)
  • Diskusi
150.00 Kuliah
  • Tugas - 1.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
7
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 2.00 %
8
  1. Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
UJIAN TENGAH SEMESTER
150.00 TUTUP BUKU
  • Ujian Tengah Semester - 40.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Hipotesis -Definisi, manfaat -Masalah Penelitian -Variabel penelitian -Metode Analisis data -Kesimpulan
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 3.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang -Pengumpulan data -Data primer -Data sekunder -Pengumpulan data menurut sumber
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
11
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
-Data internal dan Data ekternal -Pembagian data menurut waktu dan pengumpulannya -Data time series -Data cross section
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Rancangan Penelitian (lanjutan 3) -Data menurut sifatnya -Data Kualitatif -Data Kuantitatif -Analisis data -Kesimpulan
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
14
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Teknik penulisan karya ilmiah
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 1.00 %
15
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Teknik penulisan karya ilmiah
  • Diskusi
150.00 kuliah
  • Tugas - 2.00 %
16
  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
UJIAN AKHIR SEMESTER
150.00 UJIAN AKHIR SEMESTER
  • Ujian Akhir Semester - 40.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Metodologi Penelitian 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. ; Monday 08:00:00-10:30:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2235 Darmawan Pontan

Ketua
3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%)
HEIGHT KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%)
Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 0%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 0%
TOTAL 0%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1 0%
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2 0%
TOTAL 0%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1 0.50%
0.50%
0.50%
1.00%
1.00%
0.50%
0.50%
0.50%
0.50%
0.50%
6%
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2 0.50%
0.50%
0.50%
1.00%
2.00%
0.50%
0.50%
0.50%
0.50%
0.50%
7%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 2.00%
0.50%
0.50%
3%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 1.00%
0.50%
0.50%
2%
TOTAL 18%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M4 M5 M6 M7 M9 M10 M11 M12 M13 M14 M15 M16 M1 M2 M3 M8
Komponen TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS TG TG TG UTS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16 Bobot
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1 0.50%0.50%0.50%1.00%1.00%0.50%0.50%0.50%0.50%0.50%1.00%20.00% 27%
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2 0.50%0.50%0.50%1.00%2.00%0.50%0.50%0.50%0.50%0.50%1.00%20.00% 28%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 2.00%0.50%0.50%20.00% 23%
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 1.00%0.50%0.50%20.00% 22%
TOTAL 1 1 1 2 3 1 1 1 1 1 2 40 3 1 1 40 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1 TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2 TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1 TG TG TG UTS
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2 TG TG TG UTS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.1Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-2 KU1.CPMK-2.2Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis
Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis
Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian
Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
KU.1 KU1.CPMK-1 KU1.CPMK-1.2Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis
Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian
Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Indikator Kinerja: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian Menerapkan proses penelitian
Performance Indicator: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian Menerapkan proses penelitian
Rubrik Penilaian
Tidak ada rubrik penilaian
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 10 20.00
A- 10 20.00
B+ 4 8.00
B 16 32.00
B- 2 4.00
C+ 1 2.00
C 0 0.00
D 2 4.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
KU1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
10 30 3 7 86.00
KU1.CPMK-1.2
Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
10 30 3 7 86.00
KU1.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
10 30 3 7 86.00
KU1.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
10 30 3 7 86.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian
TG10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
UAS10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian
TG10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
UAS10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian
TG10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
UTS10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian
TG10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)
UTS10
(20.00 %)
30
(60.00 %)
3
(6.00 %)
7
(14.00 %)
86
(172.00 %)

Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU1.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub KU1.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
KU1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
KU1.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
1 151012300010 UGAHARI ROSE 79.2079.2079.2079.20
2 151012300017 FEBRI ANTONI 72.8072.8072.8072.80
3 151012300012 ADEN SUKANDA 67.6067.6067.6067.60
4 151012300013 INDAH NOVIASTUTI 74.4074.4074.4074.40
5 151012310003 PRIMA NURIYAN SAPUTRA 79.4079.4079.4079.40
6 151012310004 SONIA OKTARIYANTI 77.0077.0077.0077.00
7 151012310002 MOHAMMAD RIDHO 74.8074.8074.8074.80
8 151012300001 SALMAN 80.4080.4080.4080.40
9 151012300027 SYAFRULLAH MAHATMANTONG 49.0049.0049.0049.00
10 151012300004 IVAN FAHREZA WIRATAMA 74.4074.4074.4074.40
11 151012300018 HENOCH LEINDRIO CORNELIS 70.4070.4070.4070.40
12 151012300006 NYOMAN OKA WAHYUDHI 82.4082.4082.4082.40
13 151012300014 YUDHI YUDIANSYAH 81.4081.4081.4081.40
14 151012300022 RIESKE CALISTA VIEGRA EFFENDY 71.2071.2071.2071.20
15 151012310005 YOHANES SANGGA RANDIKA 66.8066.8066.8066.80
16 151012310006 FARHAN HERYO NUGROHO 78.2078.2078.2078.20
17 151012310007 MUHAMMAD FAIZAL 80.2080.2080.2080.20
18 151012300008 RAIS AMIN 82.6082.6082.6082.60
19 151012300026 RIZKY ILHAM MAULANA 48.4048.4048.4048.40
20 151012310001 MARZHEYBA TUMONGLO PATTOLA 70.0070.0070.0070.00
21 151012300020 MUCHSININ 70.0070.0070.0070.00
22 151012300019 DICKY DARMAWAN 80.2080.2080.2080.20
23 151012300023 YOSEP FERNANDO PUTRA 72.8072.8072.8072.80
24 151012300007 ONTOSENO BAYUAJI 68.6068.6068.6068.60
25 151012300025 HARIS RINOFIANTO 15.0015.0015.0015.00
26 151012300002 GIFSON SIRAIT 63.4063.4063.4063.40
27 151012300015 BENNY CHRISDWICAHYADI 71.0071.0071.0071.00
28 151012310009 AISYAH NUR AMALINA LESTARI 73.8073.8073.8073.80
29 151012310010 BAMBANG ASMORO 68.8068.8068.8068.80
30 151012300005 MOHAMMAD NABIL BARAK 79.6079.6079.6079.60
31 151012310008 ALLISA KUSUMA DEWI 68.0068.0068.0068.00
32 151012300021 FERDY DERMAWAN 77.8077.8077.8077.80
33 151012300011 DYAH WIDYA DWI HARTANTY 74.6074.6074.6074.60
34 151012300009 RANI KARDIANI 77.2077.2077.2077.20
35 151012210012 ILHAM AKBAR MULYA WIBAWA 81.6081.6081.6081.60
36 151012210013 ISMA FAJAR 79.4079.4079.4079.40
37 151012310017 SATRIO INDRAWIBOWO 69.0069.0069.0069.00
38 151012310015 RIKA YUANITA 73.0073.0073.0073.00
39 151012310012 MOCHAMAD ALFIN RIADY 44.6044.6044.6044.60
40 151012310013 INDRA RIZKY EFENDY 68.4068.4068.4068.40
41 151012310011 MUHAMMAD RIFQON FAHREZZA RAHMAN 79.6079.6079.6079.60
42 151012310016 CHINDY VICTORYA LATUPARISSA 81.6081.6081.6081.60
43 151012310014 ADI KURNIAWAN 14.0014.0014.0014.00
44 151012300024 PUTU RITA DAHLIA A. 80.0080.0080.0080.00
45 151012310018 ARISTO YONGHY ROBERTUS 81.6081.6081.6081.60
46 151012310020 KRISMA ADIJAYA 72.6072.6072.6072.60
47 151012310021 BRILLIANTA CAHYA ARYADI 15.6015.6015.6015.60
48 151012310019 FAUZAN KURNIANTO 68.4068.4068.4068.40
49 151012310022 BIMA DWI HARYUDI 79.2079.2079.2079.20
50 151012310023 HERMAWAN 15.0015.0015.0015.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,




(3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.)