PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Metodologi Penelitian |
Kode Mata Kuliah | : | PSU8302 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | ABC |
Dosen | : | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
Semester | : | Genap 2023/2024 (R) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 50 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK SIPIL
Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
Universitas Trisakti
Aug 2024
NAMA MATA KULIAH | : Metodologi Penelitian |
KODE MATA KULIAH | : PSU8302 |
KELAS | : ABC |
SEMESTER | : Genap 2023/2024 (R) |
DOSEN PENGAMPU | : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN Tahun Akademik: Genap 2023/2024 (R) Program Studi TEKNIK SIPIL Fakultas TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN |
||
Kode: PSU8302 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GENAP |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2235 Darmawan Pontan |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dengan berpegang pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. |
P.1 | Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains alam, dasar-dasar teknik dan spesialisasi teknik sipil untuk memecahkan masalah teknik yang kompleks |
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik |
KU.2 | Mampu melakukan investigasi dengan menggunakan metodologi penelitian yang relevan termasuk tinjauan literatur, desain eksperimen, analisis dan interpretasi hasil untuk mendapatkan kesimpulan yang masuk akal secara ilmiah |
KK.1 | Memiliki kemampuan merancang solusi untuk sistem, komponen atau proses teknik sipil yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan dengan mempertimbangkan keselamatan, kesehatan, ekonomi, sumber daya lokal dan lingkungan. |
KK.2 | Mampu memilih dan menerapkan sumber daya dan teknik yang modern serta perangkat IT yang sesuai dengan pendekatan sistematis untuk mensimulasikan, dan memecahkan masalah bidang Teknik Sipil |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KU.1 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, meneliti, menganalisis dan mendapatkan kesimpulan yang dibuktikan bersama dengan rekomendasi untuk masalah teknik sipil yang kompleks, menggunakan prinsip-prinsip matematika, ilmu alam dan ilmu teknik |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu memahami teknik dan rencana penelitian serta rancangan penelitian |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu memahami teknik, metode penelitian dan landasan pemikiran dari penelitian |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
KU.1 | KU1.CPMK-1 |
|
||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/PSU8302 |
Program Studi : TEKNIK SIPIL | Semester : Genap 2023/2024 (R);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : PSU8302 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pengantar metode Penelitian -Sumber-sumber pengetahuan -Pendekatan (pola pikir kritis) saintifik -ujuan-tujuan sains -Penelitian dasar dan terapan |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
2 |
|
Pengantar metode Penelitian Pengantar metode penelitian dalam sains Melakukan (kegiatan) sains Pembuktian |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
3 |
|
Landasan pemikiran suatu penelitian (input-proses-koreksi-proses-output) |
|
150.00 | Kuliah |
|
|
4 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
5 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
6 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
7 |
|
Judul Penelitian -Orientasi singkat -Berorientasi jelas Pembatasan masalah -Permasalahn Umum -Pembatasan inti masalah Studi Penedahuluan -Kajian Teoritis -Penelitian Empiris -Peneliitian kecil -Konsultasi |
|
150.00 | kuliah |
|
|
8 |
|
UJIAN TENGAH SEMESTER | 150.00 | TUTUP BUKU |
|
||
9 |
|
Hipotesis -Definisi, manfaat -Masalah Penelitian -Variabel penelitian -Metode Analisis data -Kesimpulan |
|
150.00 | kuliah |
|
|
10 |
|
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang -Pengumpulan data -Data primer -Data sekunder -Pengumpulan data menurut sumber |
|
150.00 | kuliah |
|
|
11 |
|
Rancangan Penelitian Desain Penelitian Sutudi lapangan -Ekperimen lapangan -Ekperimen laboratorium -Desain skala -Peralatan, biaya, waktu dan ruang |
|
150.00 | kuliah |
|
|
12 |
|
-Data internal dan Data ekternal -Pembagian data menurut waktu dan pengumpulannya -Data time series -Data cross section |
|
150.00 | kuliah |
|
|
13 |
|
Rancangan Penelitian (lanjutan 3) -Data menurut sifatnya -Data Kualitatif -Data Kuantitatif -Analisis data -Kesimpulan |
|
150.00 | kuliah |
|
|
14 |
|
Teknik penulisan karya ilmiah |
|
150.00 | kuliah |
|
|
15 |
|
Teknik penulisan karya ilmiah |
|
150.00 | kuliah |
|
|
16 |
|
UJIAN AKHIR SEMESTER | 150.00 | UJIAN AKHIR SEMESTER |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Metodologi Penelitian | 3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ; Monday 08:00:00-10:30:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2235 Darmawan Pontan Ketua |
3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-5 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-7 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-9 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-10 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-11 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-12 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-13 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-14 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-15 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-16 Assessment: Ujian Akhir Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
HEIGHT | KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Minggu ke-1 Assessment: Tugas (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-3 Assessment: Tugas (0.50%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Tengah Semester (20.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 0% | |||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 0% | |||||||
TOTAL | 0% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0% | |||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0% | |||||||
TOTAL | 0% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 6% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 7% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 3% | |||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 2% | |||||||||||
TOTAL | 18% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||
M4 | M5 | M6 | M7 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | M15 | M16 | M1 | M2 | M3 | M8 | ||||
Komponen | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | TG | UAS | TG | TG | TG | UTS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | Bobot |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 20.00% | 27% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 0.50% | 1.00% | 20.00% | 28% | ||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | 2.00% | 0.50% | 0.50% | 20.00% | 23% | ||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | 1.00% | 0.50% | 0.50% | 20.00% | 22% | ||||||||||||
TOTAL | 1 | 1 | 1 | 2 | 3 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 40 | 3 | 1 | 1 | 40 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG TG UAS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | TG TG TG UTS |
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | TG TG TG UTS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-2 | KU1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian
Memahami State of the art penelitian
memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KU.1 | KU1.CPMK-1 | KU1.CPMK-1.2 | Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah
Penulisan manfaat dan tujuan penelitian Performance Indicator: Menjelaskan Hierarki latar belakang dan rumusan masalah Penulisan manfaat dan tujuan penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: MMenjelaskan Tata cara penulisan tesis Performance Indicator: Menjelaskan Tata cara penulisan tesis |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menerapkan bagan alir penelitian
Memahami State of the art penelitian
memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian Performance Indicator: Menerapkan bagan alir penelitian Memahami State of the art penelitian memahami dan menerapkan serta menganalisis Alur dan desain penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian
Menerapkan proses penelitian Performance Indicator: mengembangkan Kerangka berpikir penelitian Menerapkan proses penelitian |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 10 | 20.00 |
A- | 10 | 20.00 |
B+ | 4 | 8.00 |
B | 16 | 32.00 |
B- | 2 | 4.00 |
C+ | 1 | 2.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 2 | 4.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KU1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
KU1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian |
10 | 30 | 3 | 7 | 86.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu memahami konsep rencana penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UAS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep Rancangan Penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UAS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep metode penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UTS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami proses dari alur penelitian | |||||
TG | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
UTS | 10 (20.00 %) | 30 (60.00 %) | 3 (6.00 %) | 7 (14.00 %) | 86 (172.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||
KU1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KU1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 151012300010 | UGAHARI ROSE | 79.20 | 79.20 | 79.20 | 79.20 |
2 | 151012300017 | FEBRI ANTONI | 72.80 | 72.80 | 72.80 | 72.80 |
3 | 151012300012 | ADEN SUKANDA | 67.60 | 67.60 | 67.60 | 67.60 |
4 | 151012300013 | INDAH NOVIASTUTI | 74.40 | 74.40 | 74.40 | 74.40 |
5 | 151012310003 | PRIMA NURIYAN SAPUTRA | 79.40 | 79.40 | 79.40 | 79.40 |
6 | 151012310004 | SONIA OKTARIYANTI | 77.00 | 77.00 | 77.00 | 77.00 |
7 | 151012310002 | MOHAMMAD RIDHO | 74.80 | 74.80 | 74.80 | 74.80 |
8 | 151012300001 | SALMAN | 80.40 | 80.40 | 80.40 | 80.40 |
9 | 151012300027 | SYAFRULLAH MAHATMANTONG | 49.00 | 49.00 | 49.00 | 49.00 |
10 | 151012300004 | IVAN FAHREZA WIRATAMA | 74.40 | 74.40 | 74.40 | 74.40 |
11 | 151012300018 | HENOCH LEINDRIO CORNELIS | 70.40 | 70.40 | 70.40 | 70.40 |
12 | 151012300006 | NYOMAN OKA WAHYUDHI | 82.40 | 82.40 | 82.40 | 82.40 |
13 | 151012300014 | YUDHI YUDIANSYAH | 81.40 | 81.40 | 81.40 | 81.40 |
14 | 151012300022 | RIESKE CALISTA VIEGRA EFFENDY | 71.20 | 71.20 | 71.20 | 71.20 |
15 | 151012310005 | YOHANES SANGGA RANDIKA | 66.80 | 66.80 | 66.80 | 66.80 |
16 | 151012310006 | FARHAN HERYO NUGROHO | 78.20 | 78.20 | 78.20 | 78.20 |
17 | 151012310007 | MUHAMMAD FAIZAL | 80.20 | 80.20 | 80.20 | 80.20 |
18 | 151012300008 | RAIS AMIN | 82.60 | 82.60 | 82.60 | 82.60 |
19 | 151012300026 | RIZKY ILHAM MAULANA | 48.40 | 48.40 | 48.40 | 48.40 |
20 | 151012310001 | MARZHEYBA TUMONGLO PATTOLA | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
21 | 151012300020 | MUCHSININ | 70.00 | 70.00 | 70.00 | 70.00 |
22 | 151012300019 | DICKY DARMAWAN | 80.20 | 80.20 | 80.20 | 80.20 |
23 | 151012300023 | YOSEP FERNANDO PUTRA | 72.80 | 72.80 | 72.80 | 72.80 |
24 | 151012300007 | ONTOSENO BAYUAJI | 68.60 | 68.60 | 68.60 | 68.60 |
25 | 151012300025 | HARIS RINOFIANTO | 15.00 | 15.00 | 15.00 | 15.00 |
26 | 151012300002 | GIFSON SIRAIT | 63.40 | 63.40 | 63.40 | 63.40 |
27 | 151012300015 | BENNY CHRISDWICAHYADI | 71.00 | 71.00 | 71.00 | 71.00 |
28 | 151012310009 | AISYAH NUR AMALINA LESTARI | 73.80 | 73.80 | 73.80 | 73.80 |
29 | 151012310010 | BAMBANG ASMORO | 68.80 | 68.80 | 68.80 | 68.80 |
30 | 151012300005 | MOHAMMAD NABIL BARAK | 79.60 | 79.60 | 79.60 | 79.60 |
31 | 151012310008 | ALLISA KUSUMA DEWI | 68.00 | 68.00 | 68.00 | 68.00 |
32 | 151012300021 | FERDY DERMAWAN | 77.80 | 77.80 | 77.80 | 77.80 |
33 | 151012300011 | DYAH WIDYA DWI HARTANTY | 74.60 | 74.60 | 74.60 | 74.60 |
34 | 151012300009 | RANI KARDIANI | 77.20 | 77.20 | 77.20 | 77.20 |
35 | 151012210012 | ILHAM AKBAR MULYA WIBAWA | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
36 | 151012210013 | ISMA FAJAR | 79.40 | 79.40 | 79.40 | 79.40 |
37 | 151012310017 | SATRIO INDRAWIBOWO | 69.00 | 69.00 | 69.00 | 69.00 |
38 | 151012310015 | RIKA YUANITA | 73.00 | 73.00 | 73.00 | 73.00 |
39 | 151012310012 | MOCHAMAD ALFIN RIADY | 44.60 | 44.60 | 44.60 | 44.60 |
40 | 151012310013 | INDRA RIZKY EFENDY | 68.40 | 68.40 | 68.40 | 68.40 |
41 | 151012310011 | MUHAMMAD RIFQON FAHREZZA RAHMAN | 79.60 | 79.60 | 79.60 | 79.60 |
42 | 151012310016 | CHINDY VICTORYA LATUPARISSA | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
43 | 151012310014 | ADI KURNIAWAN | 14.00 | 14.00 | 14.00 | 14.00 |
44 | 151012300024 | PUTU RITA DAHLIA A. | 80.00 | 80.00 | 80.00 | 80.00 |
45 | 151012310018 | ARISTO YONGHY ROBERTUS | 81.60 | 81.60 | 81.60 | 81.60 |
46 | 151012310020 | KRISMA ADIJAYA | 72.60 | 72.60 | 72.60 | 72.60 |
47 | 151012310021 | BRILLIANTA CAHYA ARYADI | 15.60 | 15.60 | 15.60 | 15.60 |
48 | 151012310019 | FAUZAN KURNIANTO | 68.40 | 68.40 | 68.40 | 68.40 |
49 | 151012310022 | BIMA DWI HARYUDI | 79.20 | 79.20 | 79.20 | 79.20 |
50 | 151012310023 | HERMAWAN | 15.00 | 15.00 | 15.00 | 15.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 11-08-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3505 Dr. Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.Sc.)