PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Pemrograman Mobile |
Kode Mata Kuliah | : | IKP6303 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 1 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Pemrograman Mobile |
KODE MATA KULIAH | : IKP6303 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. |
PORTOFOLIO MATA KULIAH PEMROGRAMAN MOBILE Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: IKP6303 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan dan mendiskusikan konsep serta elemen-elemen mobile programming |
P.1 | P1.CPMK-2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan mengembangkan skrip pemrograman berbasis mobile |
P.1 | P1.CPMK-3 | Mahasiswa mampu merancang, mengidentifikasi dan memperbaiki tampilan aplikasi mobile |
P.1 | P1.CPMK-4 | Mahasiswa mampu membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi penerapan aplikasi mobile |
P.1 | P1.CPMK-5 | Mahasiswa mampu menciptakan, menunjukkan dan mempresentasikan aplikasi mobile |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P.1 | P1.CPMK-1 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 |
|
||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKP6303 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKP6303 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Pemrograman Mobile | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Konsep dasar & Pengenalan Mobile Programming ; Pengertian mobile programming, sejarah mobile, generasi mobile, arsitektur komunikasi mobile phone, klasifikasi service mobile phone, arsitektur umum mobile phone, bahasa pemrograman mobile (Phyton, C, J2ME, Java Android, Kotlin) |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi, Memberi dan menerima umpan balik, Mengetahui contoh-contoh skrip pemrograman berbasis mobile |
|
|
2 |
|
Pengenalan Android ; Sejarah&Konsep Android, Versi Android, Fitur-Fitur Android, Arsitektur Android, Tools Android, Android Studio, AVD, AVD Manager, Konfigurasi Hardware AVD, Konfigurasi API Level AVD, Running AVD, IDE Android Studio, Publishing Apps. |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Menginstall aplikasi Android Studio, Menjalankan AVD |
|
|
3 |
|
Komponen Android ; pengenalan Activity, Activity Life Cycle, Activity Event, Default Activity, Default Layout, Unit of Measure, Android Manifest, Pengenalan Fragment, Method Fragment, Pengenalan Intents, Explicit Intents, Implicit Intents, contoh Activity Fragment dan Intent |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat Acitvity, Fragment & Intent |
|
|
4 |
|
Android User Interface ; Pengenalan user interface Android, Design & Text View, Linier Layout, Relative Layout, Table Layout, Warna, ViewGroups, Basic View, Picker View, Data Picker, List View. |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat object button, text dan list |
|
|
5 |
|
Android Storage ; Pengenalan Storage pada Android, SharedPreference, Internal Storage |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip internal storage Android |
|
|
6 |
|
Android Storage (bagian 2) ; External Storage, Traditional File System, Relational Database Management Sytem (SQLite) |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip external storage Android |
|
|
7 |
|
Summary pertemuan 1-6: Konsep mobile & User Interface Android dan Quiz I |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman | ||
8 |
|
Database Android; Pengenalan SQLite database, SQLiteOpenHelper, SQLite Access, DB Browser untuk SQLite, perintah SQL, Tabel SQLite, CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada SQLite. |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Menerapkan perintah CRUD pada Android Studio |
|
|
9 |
|
Konsep Location-Based Service(LBS), prosedur LBS, Maps API Key, Zoom control, fungsi MoveCamera(), GoogleMap Class, Geocoding, reverse Geocoding, Location sensor |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep peta pada Android |
|
|
10 |
|
Maps dan Fragments: Setting up for Maps, Passing data, GPS Sensor, Network Sensor, XML MAP Toolbar |
|
150.00 | Membuat mekanisme peta navigasi pada Android Studio |
|
|
11 |
|
Pengenalan sensor dan manager, monitoring battery, akses kompas, akses panggilan telepon, akses kamera, kode-kode Java pengaksesan hardware mobile |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Membuat skrip pengaksesan kamera pada Android |
|
|
12 |
|
Konsep dan Tahapan publikasi via Playstore, Android Enterprise Distribution, Testing dan Fragmentation |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi konsep Android, Mempraktekkan langkah-langkah publikasi aplikasi Android |
|
|
13 |
|
Summary Pertemuan 8-12: UI Android, Storage, SQLite, MAPS dan Quiz II |
|
150.00 | Mengumpulkan informasi, Memecahkan masalah pemrograman | ||
14 |
|
Tugas Kelompok: Pembuatan dan Presentasi Aplikasi Mobile |
|
150.00 | Mempresentasikan hasil proyek berkelompok |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Pemrograman Mobile | 3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ; Friday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
LOW | P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.00%) Minggu ke-1 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-1 Assessment: Praktikum (0.50%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.00%) Minggu ke-2 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (0.50%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz 1 (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Akhir Semester (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (3.50%) Minggu ke-6 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (0.50%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-8 Assessment: Quiz 2 (2.50%) Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (1.50%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | Minggu ke-11 Assessment: Quiz 2 (2.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-4 Assessment: Quiz 1 (1.50%) Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-3 Assessment: Quiz 1 (2.50%) Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (0.50%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-9 Assessment: Quiz 2 (1.50%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.50%) Minggu ke-10 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (0.50%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Quiz 2 (1.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (1.00%) |
LOW | P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas Kelompok (20.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 2% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.50% | 3.50% | 6% | |||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 20% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 0% | |||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 0% | |||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | 5.00% | 5% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | 4.00% | 4% | ||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 0% | |||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 0% | |||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 3.50% | 3.50% | 7% | |||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 20% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 20.00% | 20% | |||||||||||||
TOTAL | 20% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
M1 | M2 | M5 | M6 | M8 | M11 | M4 | M3 | M9 | M10 | M12 | M14 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Komponen | UTS | Q1 | PRK-a | UTS | UAS | Q1 | PRK-a | UTS | Q2 | Q1 | PRK-a | Q1 | UAS | UTS | Q2 | PRK-a | UAS | Q2 | PRK-a | Q2 | UAS | PRK-a | UTS | UAS | Q2 | Q1 | PRK-a | UTS | UAS | Q2 | Q1 | PRK-a | PRK-a | UAS | Q2 | UAS | Q2 | PRK-a | UAS | Q2 | PRK-a | TGKEL | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | A28 | A29 | A30 | A31 | A32 | A33 | A34 | A35 | A36 | A37 | A38 | A39 | A40 | A41 | A42 | Bobot |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | 2.00% | 1.00% | 0.50% | 3.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | 4.00% | 2.00% | 1.00% | 1.00% | 8% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | 2.50% | 1.00% | 1.00% | 0.50% | 1.00% | 1.00% | 3.50% | 1.00% | 0.50% | 12% | |||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | 5.00% | 2.50% | 1.50% | 9% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | 2.00% | 4.00% | 1.00% | 7% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | 4.00% | 3.00% | 1.00% | 1.50% | 2.00% | 11.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | 4.00% | 4.00% | 1.00% | 2.50% | 1.00% | 12.5% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | 0.50% | 3.50% | 1.50% | 3.50% | 1.00% | 0.50% | 10.5% | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | 4.00% | 1.00% | 1.00% | 6% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | 20.00% | 20% | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 1 | 0.5 | 4 | 2 | 1 | 1 | 2.5 | 1 | 1 | 0.5 | 1 | 1 | 3.5 | 1 | 0.5 | 5 | 2.5 | 1.5 | 2 | 4 | 1 | 4 | 3 | 1 | 1.5 | 2 | 4 | 4 | 1 | 2.5 | 1 | 0.5 | 3.5 | 1.5 | 3.5 | 1 | 0.5 | 4 | 1 | 1 | 20 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | UTS Q1 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | UTS UAS Q1 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | UTS Q2 Q1 PRK-a Q1 UAS UTS Q2 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | UAS Q2 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | Q2 UAS PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | UTS UAS Q2 Q1 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | UTS UAS Q2 Q1 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | PRK-a UAS Q2 UAS Q2 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | UAS Q2 PRK-a |
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.2 | TGKEL |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-1 | P1.CPMK-1.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya dengan benar, serta keaktifan dalam berpendapat/bertanya di kelas Performance Indicator: Explain the basic concepts of mobile programming, technology and its development correctly, as well as being active in expressing opinions/asking questions in class |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.3 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-2 | P1.CPMK-2.4 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-3 | P1.CPMK-3.1 | Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-4 | P1.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan penerapan fungsi camera dan Map serta keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Accurate application of camera and map functions as well as activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.1 | P1.CPMK-5 | P1.CPMK-5.1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian menjelaskan konsep Android, keaktifan bertanya di dalam kelas, dan ketepatan instalasi Android Studio Performance Indicator: Compatibility in explaining Android concepts, activeness in asking questions in class, and correct installation of Android Studio |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan dan menerapkan tipe storage Performance Indicator: Compatibility of differentiating and applying storage types |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian penerapan perintah CRUD dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriate implementation of CRUD commands and activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian fungsi pengaksesan kamera dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of camera access function and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan objek-objek UI dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness differentiates UI objects and activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian membedakan Acitvity, Fragment dan Intents, serta Keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Appropriateness distinguishes Activeness, Fragments and Intents, as well as Activeness in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan penerapan fungsi camera dan Map serta keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Accurate application of camera and map functions as well as activeness in discussions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Kesesuaian langkah-langkah mempublikasi aplikasi Android dan keaktifan dalam berdiskusi Performance Indicator: Compatibility of steps to publish an Android application and Active in discussion |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 1 | 100.00 |
B- | 0 | 0.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
P1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-5.1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android |
0 | 1 | 0 | 0 | 100.00 |
P1.CPMK-5.2 Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dasar mobile programming, teknologi dan perkembangannya | |||||
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q1 | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan konsep Android serta prosedur penerapannya dalam tools Android Studio | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q1 | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, dan menerapkan berbagai tipe penyimpanan pada OS Android | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q1 | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, membedakan dan mempraktekkan perintah CRUD pada database SQLite | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan perintah pengaksesan sensor / hardware pada Android | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mempraktekkan berbagai objek User Interface Android Studio | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q1 | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat dan membedakan Activity, Fragment serta Intents pada aplikasi mobile | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q1 | 0 | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 (0.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempraktekkan dan mengevaluasi mekanisme peta navigasi Android | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan tahapan publikasi aplikasi Android | |||||
UAS | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Q2 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang, membuat dan menunjukkan hasil proyek aplikasi Android mobile secara berkelompok | |||||
TGKEL | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | |||||||||
P1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.1 Std Mark: 56.00 |
P1.CPMK-5.2 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002100023 | TRI BINTANG PAMUNGKAS | 60.86 | 67.00 | 66.50 | 70.06 | 70.29 | 65.91 | 63.68 | 70.43 | 69.50 | 83.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3022 Dian Pratiwi, S.T., M.T.I.)