PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Analitik Data Lanjut |
Kode Mata Kuliah | : | ISA6304 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 01 |
Dosen | : | 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 1 mahasiswa |
Program Studi SISTEM INFORMASI
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Analitik Data Lanjut |
KODE MATA KULIAH | : ISA6304 |
KELAS | : SI-01 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 2128 Dr. Dedy Sugiarto |
PORTOFOLIO MATA KULIAH ANALITIK DATA LANJUT Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi SISTEM INFORMASI Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
|||
Kode: ISA6304 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 2128 Dr. Dedy Sugiarto | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Memiliki Sikap Tri Krama : etika dan moral personal: Takwa, Tekun, Terampil ; etika dan moral komunal: Asah, Asih, Asuh ; dan etika dan moral masyarakat: Satria, Setia, Sportif. (CPL12 (S.a)) |
P.1 | Mampu memahami dan menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem beserta alat pemodelan sistem dan menganalisa kebutuhan pengguna dalam membangun sistem informasi untuk mencapai tujuan organisasi. (CPL03 (P.a)) |
KU.1 | Memiliki kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berpresentasi dan memiliki etika profesi bisnis, serta kemampuan belajar sepanjang hayat (life long learning). (CPL11 (KU.a)) |
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.3 | Mampu membuat perencanaan infrastruktur TI, arsitektur jaringan, layanan fisik dan cloud, menganalisa konsep identifikasi, otentikasi, otorisasi akses dalam konteks melindungi orang dan perangkat. (CPL04 (KK.c)) |
KK.4 | Mampu memahami dan menerapkan kode etik dalam penggunaan informasi dan data pada perancangan, implementasi, dan penggunaan suatu sistem. (CPL05 (KK.d)) |
KK.5 | Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. (CPL07 (KK.e)) |
KK.6 | Memiliki kemampuan dalam pengelolaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memahami model sistem, metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi. (CPL-8 (KK.f)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KK.8 | Memiliki kemampuan untuk merencanakan manajemen pengujian, kontrol kualitas Software dan menggambarkan dalam diagram cause & effect. (CPL10 (KK.h)) |
KK.9 | Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. (CPL06 (KK.i)) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
KK.1 | Mampu memahami, menganalisis, menilai konsep dasar dan peran sistem informasi dalam mengelola data yaitu pemfilteran, agregasi dan pengorganisasian dalam analisis dan visualisasi data untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi. (CPL01 (KK.a)) |
KK.2 | Mampu merancang dan menggunakan database, serta mengolah dan menganalisa data dengan alat dan teknik pengolahan data. (CPL02 (KK.b)) |
KK.7 | Memiliki kemampuan dalam melakukan fungsi klasifikasi, klasterisasi, regresi, deteksi anomali, pemfilteran, aggregasi, pembelajaran aturan asosiasi, perangkuman, baik secara deskriptif maupun prediktif di dalam memahami masalah data secara tepat dengan memahami konsep, metode, teknik dan tahapan data mining serta visualisasi data sebagai pengetahuan. (CPL09 (KK.g)) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 | Membuat rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi berdasarkan analitik lanjut / big data |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | Membuat aplikasi analitik data menggunakan python |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | Melakukan analisis regresi, klasifikasi serta visualisasi data dari data numerik/teks dan big data |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
KK.1 | KK1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 |
|
||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 |
|
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/ISA6304 |
Program Studi : SISTEM INFORMASI | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : ISA6304 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Analitik Data Lanjut | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
Pendahuluan analitik data lanjut dan analitik big data, analitik prediktif dan preskriptif, analitik teks |
|
150.00 | Melihat youtube terkait, praktek melalui google colab berdasarkan rujukan jurnal terkait |
|
|
2 |
|
Pengertian data wrangling, membaca data, pemahaman awal data, pembersihan data, transformasi data, filtering data penanganan missing value, grouping, menyimpan data + praktikum modul 1 : pengenalan aplikasi analitik data menggunakan streamlit |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
3 |
|
Tinjau ulang regresi berganda, regresi non linier, contoh kasus regresi linier dan non linier + praktikum modul 2 Streamlit koneksi Database |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
4 |
|
Regresi logistik, konsep dan contoh kasus + praktikum modul 3 Deploy Streamlit Sharing dengan Github |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
5 |
|
Visualisasi data spasial + praktikum modul 4 Visualisasi Data Geospasial |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
6 |
|
Visualisasi data lanjut, matplotlib, seaborn, visualisasi interaktif menggunakan plotly |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
7 |
|
Pengenalan penbuatan aplikasi analitik data berbasis web, python streamlit |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
8 |
|
Teknologi dan tools big data, ingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant, single virtual machine + praktikum modul 5 big menggunakan vagrant dan VirtualBox, single vm |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
9 |
|
Teknologi dan tools big data, ingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant, multiple virtual machine + praktikum modul 6, multiple vm |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
10 |
|
Teknologi dan tools big data, pemrosesan data menggunakan spark + praktikum modul 7 pengenalan pyspark |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
11 |
|
Teknologi dan tools big data, pemrosesan machine learning melalui pyspark + praktikum modul 8 MLlib |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
12 |
|
Pengenalan natural languang processing, data preprocessing + praktikum modul 9 analisis sentiment |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
13 |
|
Analisis sentimen dan pemodelan topik |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
|
14 |
|
Presentasi proyek analitik data , pemodelan prediktif |
|
150.00 | praktek melalui google colaboratory |
|
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
||||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Analitik Data Lanjut | 2128 Dr. Dedy Sugiarto | ; Wednesday 10:10:00-12:40:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. Ketua |
2128 Dr. Dedy Sugiarto | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | Minggu ke-14 Assessment: Tugas (16.25%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | Minggu ke-2 Assessment: Praktikum (3.75%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.3 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (3.75%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (7.50%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.4 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (3.75%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.5 | Minggu ke-5 Assessment: Praktikum (3.75%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.6 | Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.7 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.75%) Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | Minggu ke-9 Assessment: Praktikum (3.75%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (3.75%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.5 | Minggu ke-11 Assessment: Praktikum (3.75%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (3.75%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
HEIGHT | KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.6 | Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | 7.50% | 7.5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.3 | 7.50% | 7.5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.6 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.7 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.5 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.6 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 16.25% | 16.25% | |||||||||||||
TOTAL | 16.25% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||
M14 | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | |||||||||
Komponen | TG | UTS | PRK | PRK | UTS | PRK | PRK | UTS | UTS | PRK | UAS | PRK | PRK | UAS | PRK-a | UAS | PRK | UAS | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | Bobot |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | 16.25% | 16.25% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | 7.50% | 7.5% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | 3.75% | 3.75% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.3 | 3.75% | 7.50% | 11.25% | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.4 | 3.75% | 3.75% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.5 | 3.75% | 3.75% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.6 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.7 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | 3.75% | 5.00% | 8.75% | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | 3.75% | 3.75% | ||||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | 3.75% | 5.00% | 8.75% | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.5 | 3.75% | 5.00% | 3.75% | 5.00% | 17.5% | |||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.6 | 5.00% | 5% | ||||||||||||||||||
TOTAL | 16.25 | 7.5 | 3.75 | 3.75 | 7.5 | 3.75 | 3.75 | 5 | 5 | 3.75 | 5 | 3.75 | 3.75 | 5 | 3.75 | 5 | 3.75 | 5 | 5 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
KK.1 | KK1.CPMK-1 | KK1.CPMK-1.1 | TG |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | UTS |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.2 | PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.3 | PRK UTS |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.4 | PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.5 | PRK |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.6 | UTS |
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.7 | UTS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | PRK UAS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.2 | PRK |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | PRK UAS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.5 | PRK-a UAS PRK UAS |
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.6 | UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.1 | KAD 1 Memahami konsep analitik big data dan contoh penerapan pada berbagai bidang | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.3 | KAD 3 Melakukan analisis multivariat dengan target numerik : regresi berganda | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.6 | KAD 6 Membuat visualisasi data menggunakan python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.2 | KK2.CPMK-2 | KK2.CPMK-2.7 | KAD 7 Membuat aplikasi analitik data berbasis python | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.1 | KAD 8 Menerapkan dasar-dasar komputasi cluster menggunakan a lingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant : single virtual machine | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.3 | KAD 10 Melakukan analitik dan visualisasi big data menggunakan pyspark | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.5 | KAD 12 Melakukan analitik teks, prapemrosesan data teks, word embedding dan vektorisasi teks | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.7 | KK7.CPMK-3 | KK7.CPMK-3.6 | KAD 13 Membuat analisis sentimen dan pemodelan topik | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Ketepatan menjawab soal ujian Performance Indicator: Accuracy in answering test questions |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 0 | 0.00 |
B- | 1 | 100.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KK1.CPMK-1.1 KAD 14 Mempresentasikan aplikasi analitik data lanjut yang berisi rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi |
1 | 0 | 0 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.1 KAD 1 Memahami konsep analitik big data dan contoh penerapan pada berbagai bidang |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.2 KAD 2 Menerapkan data wrangling lanjut |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.3 KAD 3 Melakukan analisis multivariat dengan target numerik : regresi berganda |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.4 KAD 4 Melakukan analisis multivariat dengan target kategorik : regresi logistik |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.5 KAD 5 Melakukan analisis data spasial |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.6 KAD 6 Membuat visualisasi data menggunakan python |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK2.CPMK-2.7 KAD 7 Membuat aplikasi analitik data berbasis python |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.1 KAD 8 Menerapkan dasar-dasar komputasi cluster menggunakan a lingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant : single virtual machine |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.2 KAD 9 Menerapkan dasar-dasar komputasi cluster menggunakan a lingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant : multiple virtual machine |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.3 KAD 10 Melakukan analitik dan visualisasi big data menggunakan pyspark |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.5 KAD 12 Melakukan analitik teks, prapemrosesan data teks, word embedding dan vektorisasi teks |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
KK7.CPMK-3.6 KAD 13 Membuat analisis sentimen dan pemodelan topik |
0 | 0 | 1 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
KAD 14 Mempresentasikan aplikasi analitik data lanjut yang berisi rekomendasi pengambilan keputusan pada proses dan sistem organisasi | |||||
TG | 1 (100.00 %) | 0 | 0 | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 1 Memahami konsep analitik big data dan contoh penerapan pada berbagai bidang | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 2 Menerapkan data wrangling lanjut | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 3 Melakukan analisis multivariat dengan target numerik : regresi berganda | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 4 Melakukan analisis multivariat dengan target kategorik : regresi logistik | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 5 Melakukan analisis data spasial | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 6 Membuat visualisasi data menggunakan python | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 7 Membuat aplikasi analitik data berbasis python | |||||
UTS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 8 Menerapkan dasar-dasar komputasi cluster menggunakan a lingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant : single virtual machine | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 9 Menerapkan dasar-dasar komputasi cluster menggunakan a lingkungan kluster virtual melalui VirtualBox dan Vagrant : multiple virtual machine | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 10 Melakukan analitik dan visualisasi big data menggunakan pyspark | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 12 Melakukan analitik teks, prapemrosesan data teks, word embedding dan vektorisasi teks | |||||
PRK | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
PRK-a | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
KAD 13 Membuat analisis sentimen dan pemodelan topik | |||||
UAS | 0 | 0 | 1 (100.00 %) | 0 | 100 (10,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||
KK1.CPMK-1.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.1 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.2 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.3 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.4 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.5 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.6 Std Mark: 56.00 |
KK2.CPMK-2.7 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.3 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.5 Std Mark: 56.00 |
KK7.CPMK-3.6 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 065002100014 | NYETO LEO T | 100.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 | 60.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(2128 Dr. Dedy Sugiarto)