Document

PORTOFOLIO MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Struktur Diskrit
Kode Mata Kuliah : IUM6306
Tim Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Kelas : 02
Dosen : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd)
Tahun Akademik : 2023/2024
Jumlah Mahasiswa : 3 mahasiswa

Program Studi TEKNIK INFORMATIKA

Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI

Universitas Trisakti

Feb 2024

PORTOFOLIO MATA KULIAH

NAMA MATA KULIAH : Struktur Diskrit
KODE MATA KULIAH : IUM6306
KELAS : TIF-02
SEMESTER : Gasal 2023/2024 (Rmd)
DOSEN PENGAMPU : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA DOSEN/TIM DOSEN :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH : 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.

1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO

PORTOFOLIO MATA KULIAH
STRUKTUR DISKRIT
Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd)
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Kode:
IUM6306
Bobot (sks):
3.00 sks
Rumpun MK:
Semester:
GASAL
Penanggungjawab Nama Tanda Tangan Tanggal
Koordinator MK 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu
Ketua Program Studi 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

DAFTAR ISI

  1. HALAMAN PENGESAHAN PORTOFOLIO .................................................................................
  2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI .......................................................................
  3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) .......................................................................
    • 3.1. Muatan RPS ......................................................................................................................
    • 3.1. Sosialisasi RPS .................................................................................................................
  4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK .............................................................................................
    • 4.1. Rencana Penilaian CPMK ................................................................................................
    • 4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas) ...........................................................
  5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN .............................................
    • 5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya .....................................................................
    • 5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK .................................................................................
    • 5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb).........................................................................................................................
    • 5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa ..........................................................................
  6. REKOMENDASI TINDAK LANJUT ..............................................................................................
  7. LAMPIRAN: ......................................................................................................................................

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
S.2 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b)
P.1 Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.1 Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
KU.3 Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c)
KK.1 Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a)
KK.2 Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b)
KK.3 Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c)
KK.4 Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d)
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan yang Dibebankan pada Mata Kuliah
KODE DESKRIPSI CPL
S.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a)
P.2 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b)
KU.2 Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b)
Tabel 3. Pemetaan Keterkaitan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dengan CPL
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI CPMK
S.1 S1.CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil
P.2 P2.CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyusun pembuktian dari persoalan yang dihadapi dan menjelaskan penyelesaian masalah tersebut
KU.2 KU2.CPMK-3 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif, sebab-akibat, dan analogi dalam menganalisis permasalahan nyata dan memilih solusi komputasi yang tepat
Tabel 4. Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
KODE CPL KODE CPMK DESKRIPSI Sub CPMK
S.1 S1.CPMK-1
S1.CPMK-1.1 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual
S1.CPMK-1.2 Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual
P.2 P2.CPMK-2
P2.CPMK-2.1 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi
P2.CPMK-2.2 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan
P2.CPMK-2.3 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi
P2.CPMK-2.4 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree
P2.CPMK-2.5 Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean
KU.2 KU2.CPMK-3
KU2.CPMK-3.1 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
KU2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi
KU2.CPMK-3.3 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi
KU2.CPMK-3.4 Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh

3. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

3.1 Muatan RPS

Tabel 5. Format dan Muatan RPS
UNIVERSITAS TRISAKRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IUM6306

Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib     Kode Mata Kuliah : IUM6306     SKS : 3.00
Mata Kuliah : Struktur Diskrit Dosen :
  1. 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.
MK Prasyarat :
    Tidak ada prasyarat;
Sesi Ke KAD Bahan Kajian Metoda Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa Referensi Kriteria Penilaian (Indikator)
1
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual
Logika Proposisi : Aturan formal Pembuktian dengan Tabel Kebenaran
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan Tabel Kebenaran
  • Kenneth H. Rosen(2019) (8th edition)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Tugas - 2.50 %
2
  1. Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi
Logika Proposisi : Hukum-hukum Logika Proporsional dan Pembuktian dengan Hukum Logika Proporsional
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Logika Proposisi. Mahasiswa menyelesaikan problem Logika Proposisi dengan hukum-hukum logika proposisi
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Tugas - 2.50 %
3
  1. Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually
Himpunan : Definisi, Operasi, Representasi
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Himpunan. Mahasiswa menyelesaikan problem himpunan
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
4
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual
Fungsi : Konsep, Operasi, Fungsi Invers dan Komposisi Fungsi, Penerapan pada kehidupan sehari-hari
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Fungsi. Mahasiswa menyelesaikan problem Fungsi
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
5
  1. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual
Matriks : Definisi, Operasi, Matriks Boolean dan operasinya
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Matriks. Mahasiswa menyelesaikan problem Matriks
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
6
  1. Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
Induksi Matematika : Konsep dan pembuktian dengan Induksi Matematika
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Induksi Matematika. Mahasiswa menyelesaikan problem dengan Induksi Matematika
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Tugas - 2.50 %
7
  1. Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
Induksi Matematika (lanjutan)
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa belajar dari contoh penyelesaian problem. Mahasiswa menyelelesaikan problem
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Tengah Semester - 2.50 %
  • Tugas - 2.50 %
8
  1. Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan
Teori Bilangan : Definisi, Sifat, Teori Euclidean, Pembagian Bilangan Terbesar
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Teori Bilangan. Mahasiswa menyelesaikan problem Teori Bilangan.
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
9
  1. Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi
Counting : Definisi, Prinsip Ekslusi-Inklusi, Pigeon Hole, Permutasi
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
  • Tugas - 5.00 %
10
  1. Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi
Counting : Lanjutan Permutasi, Kombinasi, Bilangan Binomial
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Counting. Mahasiswa menyelesaikan problem Counting
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
11
  1. Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi
Relasi : Definisi, Representasi, Sifat, Relasi pada himpunan dan matriks
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Relasi. Mahasiswa menyelesaikan problem Relasi
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
12
  1. Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree
Graf dan Tree : Definisi Graf, Tipe, Terminologi, Definisi Tree, Traversal Tree
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Graf dan Tree. Mahasiswa menyelesaikan problem Graf dan Tree
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 5.00 %
  • Tugas - 5.00 %
13
  1. Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean
Aljabar Boolean : Ekspresi Boolean, Prinsip Dualitas, Fungsi Kanonik dan Konversi Kanonik
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa menyelesaikan problem Aljabar Boolean dengan Fungsi Kanonik
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
14
  1. Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh
Aljabar Boolean : Penyederhanaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh
  • Tutorial
  • Pemecahan Masalah
150.00 Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang Aljabar Boolean. Mahasiswa melakukan penyederhaan fungsi Aljabar dengan Peta Karnaugh
  • Kenneth H. Rosen(2019)
  • Ujian Akhir Semester - 2.50 %
  • Tugas - 5.00 %

3.2 Sosialisasi RPS

Tabel 6. Berita Acara Sosialisasi RPS
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
Perkuliahan Pertama Dosen Menyampaikan
Mata Kuliah/SKS Nama Dosen Hari Tanggal
Struktur Diskrit 2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ; Wednesday 10:10:00-12:40:00 Status
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas
Diketahui Program Studi Dosen Mata Kuliah Mahasiswa
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom.

Ketua
2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom. ........

4. RENCANA PENILAIAN & RUBRIK

4.1. Rencana Penilaian CPMK

Tabel 7. Hubungan CPL, CPMK dan Pertemuan Mingguan
Level CPL CMPK Sub CPMK Minggu Pertemuan dan Assessment
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 Minggu ke-1 Assessment: Tugas (2.50%)
Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 Minggu ke-4 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 Minggu ke-2 Assessment: Tugas (2.50%)
Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 Minggu ke-8 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4 Minggu ke-12 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (5.00%)
HEIGHT P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.5 Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 Minggu ke-6 Assessment: Tugas (2.50%)
Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Tugas (2.50%)
Minggu ke-7 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
LOW KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 Minggu ke-14 Assessment: Tugas (5.00%)
Minggu ke-14 Assessment: Ujian Akhir Semester (2.50%)
Tabel 8. Rincian Bobot Penilain UTS dan Sesi Pertemuan
UTS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 2.50%
2.5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 2.50%
2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 2.50%
2.50%
5%
TOTAL 25%
Tabel 9. Rincian Bobot Penilain UAS dan Sesi Pertemuan
UAS
Materi Sesi M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.5 2.50%
2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 2.50%
2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 2.50%
2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 2.50%
2.5%
TOTAL 25%
Tabel 10. Rincian Bobot Penilain Laporan Praktikum dan Sesi Pertemuan
PRAKTIKUM
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
TOTAL 0%
Tabel 11. Rincian Bobot Penilain Tugas dan Sesi Pertemuan
TUGAS
Materi Sesi M1 M2 M3 M4 M5 M6 M7 M8 M9 M10 M11 M12 M13 M14 TOTAL
CPL CPMK Sub CPMK #A1 #A2 #A3 #A4 #A5 #A6 #A7 #A8 #A9 #A10 #A11 #A12 #A13 #A14
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 2.50%
2.5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 5.00%
5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 2.50%
2.5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 5.00%
5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4 5.00%
5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 2.50%
2.50%
5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 5.00%
5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 5.00%
5%
TOTAL 50%
Tabel 12. Pemetaan Rencana Penilaian Setiap Instrument Penilaian
Materi Sesi Minggu Ke - TOTAL
M1 M3 M4 M5 M2 M8 M11 M12 M13 M6 M7 M9 M10 M14
Komponen TG UTS TG UTS TG UTS TG UTS TG UTS TG UAS TG UAS TG UAS UAS TG UTS TG UTS TG UAS UAS TG UAS
CPL CPMK Sub CPMK A1A2A3A4A5A6A7A8A9A10A11A12A13A14A15A16A17A18A19A20A21A22A23A24A25A26 Bobot
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 2.50%2.50% 5%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 5.00%5.00% 10%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 5.00%5.00% 10%
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 5.00%5.00% 10%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 2.50%2.50% 5%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 5.00%5.00% 10%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 5.00%5.00% 10%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4 5.00%5.00% 10%
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.5 2.50% 2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 2.50%2.50%2.50%2.50% 10%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 5.00%2.50% 7.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 2.50% 2.5%
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 5.00%2.50% 7.5%
TOTAL 2.5 2.5 5 5 5 5 5 5 2.5 2.5 5 5 5 5 5 5 2.5 2.5 2.5 2.5 2.5 5 2.5 2.5 5 2.5 100
Catatan : total presentase semua instrument dan total seluruh sesi harus sama dengan 100%
Tabel 13. Rencana Penilaian dan Instrument Penilaian
CPL CMPK Sub CPMK Instrument
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1 TG UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2 TG UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3 TG UTS
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4 TG UTS
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1 TG UTS
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2 TG UAS
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3 TG UAS
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4 TG UAS
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.5 UAS
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1 TG UTS TG UTS
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2 TG UAS
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3 UAS
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4 TG UAS
Tabel 14. Indikator Penilaian
Kategori Penilaian Range Penilaian Nilai
Sangat Baik >= 80 4
Baik 68 - 79,99 3
Cukup 56 - 67,99 2
Kurang < 1

4.2. Rubrik Penilaian (UTS, UAS, Praktikum, Tugas)

Tabel 15. Rubrik Penilaian UTS
UTS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.1Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.50/Pass 0.25/Fail 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.2Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.50/Pass 0.25/Fail 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.3Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.50/Pass 0.25/Fail 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.00/Fail 0.75/Pass
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
S.1 S1.CPMK-1 S1.CPMK-1.4Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.50/Pass 0.25/Fail 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.00/Fail 0.75/Pass
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara mandiri
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.1Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem dengan tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.1Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Tabel 16. Rubrik Penilaian UAS
UAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.2Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.3Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.4Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
P.2 P2.CPMK-2 P2.CPMK-2.5Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.2Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.3Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
KU.2 KU2.CPMK-3 KU2.CPMK-3.4Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems independently
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve of the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.75/Pass 0.50/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menyelesaikan problem secara tepat
Performance Indicator: Students are able to solve problems correctly
Rubrik Penilaian
0.25/Fail 0.50/Pass 0.75/Pass 0.00/Fail
Mahasiswa dapat menyelesaikan 25% soal dengan tepat
Students can solve 25% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 50% soal dengan tepat
Students can solve 50% of the questions correctly
Mahasiswa dapat menyelesaikan 75% soal dengan tepat
Students can solve 75% of the questions correctly
Mahasiswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat
Students can not solve the questions correctly
Tabel 17. Indikator Penilaian Laporan Praktikum
PRAKTIKUM
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric
Tabel 18. Indikator Penilaian Tugas
TUGAS
CPL CMPK Sub CPMK Rubrik / Rubric

5. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

5.1. Nilai Akhir Mata Kuliah dan Distribusinya

Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.

Tabel 19. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Nilai Jumlah %
A 0 0.00
A- 0 0.00
B+ 0 0.00
B 0 0.00
B- 0 0.00
C+ 3 100.00
C 0 0.00
D 0 0.00
Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa
Gambar 1. Distribusi Nilai Akhir Mahasiswa

5.2. Analisis Distribusi Nilai per CPMK

Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 20. Analisis Distribusi Nilai Per Sub CPMK
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
S1.CPMK-1.1
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual
0 0 1 0 100.00
S1.CPMK-1.2
Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually
0 0 1 0 100.00
S1.CPMK-1.3
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual
0 0 1 0 100.00
S1.CPMK-1.4
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual
0 0 1 0 100.00
P2.CPMK-2.1
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi
0 0 1 0 100.00
P2.CPMK-2.2
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan
0 0 1 0 100.00
P2.CPMK-2.3
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi
0 0 1 0 100.00
P2.CPMK-2.4
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree
0 0 1 0 100.00
P2.CPMK-2.5
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean
0 0 0 1 0.00
KU2.CPMK-3.1
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
0 0 1 0 100.00
KU2.CPMK-3.2
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi
0 0 1 0 100.00
KU2.CPMK-3.3
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi
0 0 0 1 0.00
KU2.CPMK-3.4
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh
0 0 1 0 100.00
Capaian Sub-CPMK
Gambar 2. Grafik Distribusi Nilai Per Sub CPMK

Tidak ada pengukuran Kepuasan Mahasiswa
Gambar 3. Hasil Kuisioner Mahasiswa
KodePertanyaan

5.3. Analisis Distribusi Nilai Per Teknik Penilaian (UTS, UAS, Tugas, Quiz, Laporan Praktikum, dsb)

Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.

Tabel 21. Analisis Ketercapaian Nilai Per Teknik Penilaian
Sub CPMK Sangat Baik Baik Cukup Kurang %
Ketercapaian
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Logika Proposisi secara individual
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Students are able to demonstrate a skilled attitude in solving set problems individually
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Fungsi secara individual
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terampil dalam menyelesaikan problem Matriks secara individual
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Logika Proposisi
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem pada Teori Bilangan
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Relasi
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Graf dan Tree
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu memahami aturan formal untuk menyelesaikan problem Aljabar Boolean
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Induksi Matematika
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UTS001
(100.00 %)
0100
(10,000.00 %)
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Permutasi
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif, induktif untuk menyelesaikan problem Kombinasi
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)
Mahasiswa mampu berpikir secara deduktif dan induktif untuk menyederhanakan fungsi Aljabar Boolean dengan Peta Karnaugh
TG01
(100.00 %)
00100
(10,000.00 %)
UAS0001
(100.00 %)
0
(0.00 %)

Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.1 Perpenilaian
Gambar 4. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.2 Perpenilaian
Gambar 5. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.3 Perpenilaian
Gambar 6. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK S1.CPMK-1.4 Perpenilaian
Gambar 7. Analisis Ketercapaian Sub S1.CPMK-1.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.1 Perpenilaian
Gambar 8. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.2 Perpenilaian
Gambar 9. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.3 Perpenilaian
Gambar 10. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.4 Perpenilaian
Gambar 11. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.4 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK P2.CPMK-2.5 Perpenilaian
Gambar 12. Analisis Ketercapaian Sub P2.CPMK-2.5 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.1 Perpenilaian
Gambar 13. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.1 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.2 Perpenilaian
Gambar 14. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.2 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.3 Perpenilaian
Gambar 15. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.3 Per Teknik Penilaian


Capaian Sub-CPMK KU2.CPMK-3.4 Perpenilaian
Gambar 16. Analisis Ketercapaian Sub KU2.CPMK-3.4 Per Teknik Penilaian

5.4. Analisis Distribusi Nilai per Mahasiswa

Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.

Tabel 22. Analisis Distribusi Pencapaian Nilai Mahasiswa Per Sub CPMK
No. NIM Nama % Pencapaian
S1.CPMK-1.1
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.2
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.3
Std Mark: 56.00
S1.CPMK-1.4
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.1
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.2
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.3
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.4
Std Mark: 56.00
P2.CPMK-2.5
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.1
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.2
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.3
Std Mark: 56.00
KU2.CPMK-3.4
Std Mark: 56.00
1 064002300036 Rafael Gala Herlambang 65.5065.5065.5065.5065.5062.0062.0062.0053.0065.5065.0053.0065.00

6. EVALUASI DAN ANALISIS HASIL PROSES PEMBELAJARAN

Sebutkan faktor dari DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen
Lainnya sebutkan

Apa rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor DOSEN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor dari MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas
Kemampuan literasi
Kemampuan numerasi
Kemampuan analisis dan sintesis
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor MAHASISWA yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium
Lainnya, sebutkan

Sebutkan faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK (silakan pilih lebih dari 1)

Kualitas bahan ajar
Kuantitas bahan ajar
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas
Fasilitas LMS untuk perkuliahan
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman
Lainnya, sebutkan

Apa usulan/rencana tindak lanjut perbaikan dari faktor PENDUKUNG PERKULIAHAN yang mungkin menyebabkan ketidaktercapaian CPMK mata kuliah anda? (silakan pilih lebih dari 1)

Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka
Lainnya, sebutkan


EVALUASI Lainya


TINDAK LANJUT Lainya

7. LAMPIRAN:

Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS, UAS, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah, tengah, tertinggi)
8) Rekapitulasi kuesioner survey kepuasan mahasiswa

Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,




(2553 Syandra Sari, S.Kom., M.Kom.)