PORTOFOLIO MATA KULIAH
|
Nama Mata Kuliah | : | Manajemen Data dan Informasi |
Kode Mata Kuliah | : | IKD6312 |
Tim Dosen | : |
|
Kelas | : | 02 |
Dosen | : | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
Semester | : | Gasal 2023/2024 (Rmd) |
Tahun Akademik | : | 2023/2024 |
Jumlah Mahasiswa | : | 4 mahasiswa |
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI
Universitas Trisakti
Feb 2024
NAMA MATA KULIAH | : Manajemen Data dan Informasi |
KODE MATA KULIAH | : IKD6312 |
KELAS | : TIF-02 |
SEMESTER | : Gasal 2023/2024 (Rmd) |
DOSEN PENGAMPU | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
NAMA DOSEN/TIM DOSEN | :
|
NAMA KOORDINATOR MATA KULIAH | : 3088 Agus Salim, S.T., M.T. |
![]() |
PORTOFOLIO MATA KULIAH MANAJEMEN DATA DAN INFORMASI Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 (Rmd) Program Studi TEKNIK INFORMATIKA Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI |
||
Kode: IKD6312 |
Bobot (sks): 3.00 sks |
Rumpun MK: |
Semester: GASAL |
Penanggungjawab | Nama | Tanda Tangan | Tanggal |
Koordinator MK | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ||
Koordinator Bidang Keahlian/Ilmu | |||
Ketua Program Studi | 2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
S.2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila (S.b) |
P.1 | Mahasiswa mampu menjelaskan cara kerja sistem komputer dan menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu industri. (P.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KU.1 | Mahasiswa mampu menganalisis persoalan komputasi kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. (KU.a) |
KU.2 | Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata. (KU.b) |
KU.3 | Mahasiswa mampu belajar mandiri sepanjang hayat, kreatif inovatif, berkomunikasi, bekerja sama, dan berperan secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim sesuai bidang ilmu dalam berbagai konteks profesional. (KU.c) |
KK.1 | Mahasiswa mampu mengimplementasi kebutuhan komputasi dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai (KK.a) |
KK.2 | Mahasiswa mampu menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin (KK.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KK.4 | Mahasiswa mampu memecahkan masalah di dunia industri dengan pendekatan sistem cerdas menggunakan algoritma kompleks (KK.d) |
KODE | DESKRIPSI CPL |
---|---|
S.1 | Mahasiswa mampu menunjukkan sikap Tri Krama Universitas Trisakti: Takwa Tekun Terampil, Asah Asih Asuh, Satria, Setia Sportif dan berjiwa wirausaha (S.a) |
P.2 | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. (P.b) |
KK.3 | Mahasiswa mampu mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri (KK.c) |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI CPMK |
---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 | Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
P.2 | P2.CPMK-2 | Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan data untuk menghasilakan informasi dan pengetahuan |
P.2 | P2.CPMK-3 | Mahasiswa memahami prinsip-prinsip rekayasa, teknologi informasi dan logika berpikir komputasi |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | Mahasiswa mampu mendesain secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KODE CPL | KODE CPMK | DESKRIPSI Sub CPMK | ||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
S.1 | S1.CPMK-1 |
|
||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-2 |
|
||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 |
|
||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 |
|
![]() |
UNIVERSITAS TRISAKRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
Kode : DU1.2.4-KUR-04.RPS/IKD6312 |
Program Studi : TEKNIK INFORMATIKA | Semester : Gasal 2023/2024 (Rmd);Jenis Mata Kuliah : Wajib Kode Mata Kuliah : IKD6312 SKS : 3.00 | ||||||
Mata Kuliah : Manajemen Data dan Informasi | Dosen :
|
||||||
MK Prasyarat :
|
Sesi Ke | KAD | Bahan Kajian | Metoda Pembelajaran | Waktu Belajar (Menit) | Pengalaman Belajar Mahasiswa | Referensi | Kriteria Penilaian (Indikator) |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 |
|
- Aturan perkuliahan dan penilaian - Pengenalan konsep basis data dan sistem file |
|
150.00 | - Mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai aturan perkuliahan dan penilaian. - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pengenalan konsep basis data dan sistem file |
|
|
2 |
|
Konsep dan Arsitektur DBMS: Pemodelan Data, Arsitektur DBMS, Konsep independensi data |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi mengenai arsitektur DBMS |
|
|
3 |
|
Perancangan Basis Data: Pemodelan Data menggunakan Entity Relationship Model |
|
150.00 | - Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan ER - Mahasiswa melakukan praktikum |
|
|
4 |
|
Studi kasus : Pemodelan data dengan ER model |
|
150.00 | Mahasiswa membuat perancangan dengan ER model |
|
|
5 |
|
Pemodelan data lanjutan (ER Lanjut) Hubungan antar relasi yang berderajat lebih dari dua, Hubungan antar Entitas sebagai kelas dan sub kelas, Hubungan antar Entitas sebagai spesialisasi-generalisasi, Hubungan antar Entitas sebagai kategorisasi |
|
150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemodelan data lanjutan |
|
|
6 |
|
Studi kasus : Pemodelan data lanjut |
|
150.00 | Mahasiswa membuat perancangan pemodelan data dengan ER model |
|
|
7 |
|
Relational Model: Konsep Model Relasional |
|
150.00 | - Mahasiswa mendapatkan materi Model Relasional - Mahasiswa melakukan praktikum |
|
|
8 |
|
Pemetaan Entity Relationship Model menjadi Konsep Model Relasional | 150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang pemetaan ER model ke model Relasional |
|
||
9 |
|
Studi Kasus : pemetaan ER model ke EER model | 150.00 | Mahasiswa melakukan pemetaan data dari ER model ke EER model |
|
||
10 |
|
SQL: Komponen suatu DBMS, Penggunaan DDL pada DBMS untuk membuat basis data | 150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL |
|
||
11 |
|
SQL: Penggunaan DML pada DBMS untuk menghasilkan informasi yang diperlukan | 150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang SQL lanjutan |
|
||
12 |
|
Normalisasi : Tabel Unnormal, Normal 1, Normal 2 dan Normal 3 | 150.00 | Mahasiswa mendapatkan materi tentang normalisasi |
|
||
13 |
|
Studi Kasus : Normalisasi | 150.00 | Mahasiswa melakukan normalisasi DBMS pada data yang diberikan |
|
||
14 |
|
Review materi 8-14 | 150.00 | Mahasiswa mereview materi yang sudah diberikan |
|
![]() |
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI |
|||||
Perkuliahan Pertama | Dosen Menyampaikan | |||||
Mata Kuliah/SKS | Nama Dosen | Hari Tanggal | ||||
Manajemen Data dan Informasi | 3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ; Friday 07:30:00-10:00:00 | Status | |||
Tidak ada perekaman sosialiasi RPS di Kelas | ||||||
Diketahui Program Studi | Dosen Mata Kuliah | Mahasiswa | ||||
2641 Binti Solihah, S.T., M.Kom. Ketua |
3088 Agus Salim, S.T., M.T. | ........ |
Level | CPL | CMPK | Sub CPMK | Minggu Pertemuan dan Assessment |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | Minggu ke-4 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | Minggu ke-3 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-6 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | Minggu ke-8 Assessment: Praktikum (3.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.6 | Minggu ke-12 Assessment: Praktikum (2.00%) Minggu ke-14 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.7 | Minggu ke-10 Assessment: Praktikum (2.00%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Minggu ke-1 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
HEIGHT | P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Minggu ke-2 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-2 Assessment: Ujian Tengah Semester (2.50%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | Minggu ke-8 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-4 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | Minggu ke-5 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-5 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | Minggu ke-3 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-3 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | Minggu ke-9 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-9 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.6 | Minggu ke-7 Assessment: Ujian Akhir Semester (3.00%) Minggu ke-10 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | Minggu ke-6 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-6 Assessment: Ujian Tengah Semester (5.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | Minggu ke-13 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-13 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) Minggu ke-12 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
LOW | KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | Minggu ke-11 Assessment: Tugas (5.00%) Minggu ke-11 Assessment: Ujian Akhir Semester (4.00%) |
UTS | ||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 2.50% | 2.5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | 5.00% | 5% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | 5.00% | 5% | ||||||
TOTAL | 25% |
UAS | ||||||||||
Materi Sesi | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | 3.00% | 3% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.6 | 4.00% | 4% | ||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | 4.00% | 4.00% | 8% | |||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | 4.00% | 4% | ||||||
TOTAL | 22% |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
TOTAL | 0% |
TUGAS | |||||||||||||||||
Materi Sesi | M1 | M2 | M3 | M4 | M5 | M6 | M7 | M8 | M9 | M10 | M11 | M12 | M13 | M14 | TOTAL | ||
CPL | CPMK | Sub CPMK | #A1 | #A2 | #A3 | #A4 | #A5 | #A6 | #A7 | #A8 | #A9 | #A10 | #A11 | #A12 | #A13 | #A14 | |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | 5.00% | 5% | |||||||||||||
TOTAL | 35% |
Materi Sesi | Minggu Ke - | TOTAL | ||||||||||||||||||||||||||||
M4 | M3 | M6 | M8 | M12 | M14 | M10 | M1 | M2 | M5 | M9 | M7 | M13 | M11 | |||||||||||||||||
Komponen | PRK | UTS | PRK | TG | UTS | PRK | TG | UTS | PRK | UAS | PRK | UAS | PRK | PRK | UAS | UTS | TG | UTS | TG | UTS | TG | UAS | UAS | TG | UAS | TG | UAS | |||
CPL | CPMK | Sub CPMK | A1 | A2 | A3 | A4 | A5 | A6 | A7 | A8 | A9 | A10 | A11 | A12 | A13 | A14 | A15 | A16 | A17 | A18 | A19 | A20 | A21 | A22 | A23 | A24 | A25 | A26 | A27 | Bobot |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | 3.00% | 3% | ||||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.6 | 2.00% | 2.00% | 4% | |||||||||||||||||||||||||
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.7 | 2.00% | 2% | ||||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | 2.50% | 2.5% | ||||||||||||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | 5.00% | 2.50% | 7.5% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | 5.00% | 3.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | 5.00% | 3.00% | 8% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.6 | 4.00% | 3.00% | 7% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | 5.00% | 5.00% | 10% | |||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | 4.00% | 5.00% | 4.00% | 13% | ||||||||||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | 5.00% | 4.00% | 9% | |||||||||||||||||||||||||
TOTAL | 2 | 5 | 2 | 5 | 5 | 2 | 5 | 5 | 3 | 3 | 2 | 4 | 2 | 2 | 4 | 2.5 | 5 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 3 | 5 | 4 | 5 | 4 | 100 |
CPL | CMPK | Sub CPMK | Instrument |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.2 | PRK |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.3 | PRK PRK |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.4 | PRK |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.6 | PRK PRK |
S.1 | S1.CPMK-1 | S1.CPMK-1.7 | PRK |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | UTS |
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | TG UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | UAS UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | TG UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | TG UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | TG UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.6 | UAS UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | TG UTS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | TG UAS UAS |
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | TG UAS |
Kategori Penilaian | Range Penilaian | Nilai |
Sangat Baik | >= 80 | 4 |
Baik | 68 - 79,99 | 3 |
Cukup | 56 - 67,99 | 2 |
Kurang | < | 1 |
UTS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.1 | Mahasiswa memahami konsep dasar basis data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
P.2 | P2.CPMK-3 | P2.CPMK-3.2 | Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjawab soal dengan benar Performance Indicator: Students are able to answer questions correctly |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Basis Data Performance Indicator: Students are able to explain the concept of databases |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.2 | Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.4 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.7 | Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
UAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric | ||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.1 | Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.5 | Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.6 | Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.8 | Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data Performance Indicator: Students can design and implement data normalization |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
KK.3 | KK3.CPMK-4 | KK3.CPMK-4.9 | Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange | ||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat pemodelan hubungan antar relasi yang berderajat, kelas, spesialisasi, dan kategorisasi Performance Indicator: Students are able to model relationships between degrees, classes, specializations and categorizations |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang Basis Data dengan ER model Performance Indicator: Students are able to design databases with the ER model |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat solusi atas kasus yang diberikan Performance Indicator: Students are able to create solutions to the cases given |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi model Relasional Performance Indicator: Students are able to design and implement Relational models |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang konsep model Relasional Performance Indicator: Students can design Relational model concepts |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa dapat merancang dan mengimplementasi normalisasi data Performance Indicator: Students can design and implement data normalization |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian | |||||||||||||||||
Indikator Kinerja: Mahasiswa mampu membuat DDL dan DML Performance Indicator: Students are able to create DDL and DML |
Rubrik Penilaian | ||||||||||||||||
Tidak ada rubrik penilaian |
PRAKTIKUM | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
TUGAS | |||||||||||||||||
CPL | CMPK | Sub CPMK | Rubrik / Rubric |
Distribusi nilai akhir mahasiswa dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik seperti pada Tabel 19 dan Gambar 2 berikut.
Nilai | Jumlah | % |
A | 0 | 0.00 |
A- | 0 | 0.00 |
B+ | 0 | 0.00 |
B | 2 | 50.00 |
B- | 2 | 50.00 |
C+ | 0 | 0.00 |
C | 0 | 0.00 |
D | 0 | 0.00 |
Analisis distribusi nilai per Sub CPMK :
Indikator ketercapaian (achieved) adalah apabila 60% jumlah mahasiswa peserta kuliah berada pada kategori Sub CPMK Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
S1.CPMK-1.2 Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
S1.CPMK-1.3 Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
S1.CPMK-1.4 Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
S1.CPMK-1.6 Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
S1.CPMK-1.7 Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.1 Mahasiswa memahami konsep dasar basis data |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
P2.CPMK-3.2 Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.1 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.2 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.4 Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.5 Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.6 Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.7 Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.8 Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
KK3.CPMK-4.9 Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange |
0 | 1 | 1 | 0 | 100.00 |
Kode | Pertanyaan |
---|
Yang termasuk dalam parameter ketercapaian adalah nilai yang berada dalam kuadran : Sangat Baik, Baik, dan Cukup.
Sub CPMK | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | % Ketercapaian |
Mahasiswa mampu membuat SQL dasar pada DBMS untuk kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang Basis Data menggunakan ER model pada kegiatan praktikum secara madiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat ER model menjadi model relasional pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat normalisasi data pada kegiatan praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat Data Manipulation Language untuk Studi Kasus pada Kegiatan Praktikum secara mandiri, bermutu dan terukur | |||||
PRK | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa memahami konsep dasar basis data | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu memahami konsep arsitektur sistem basis data | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasi basis data menggunakan DBMS | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang model basis data relasional secara analisis top down | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Entity Relationship model menjadi model Relasional | |||||
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat dan menjalankan perintah dasar SQL pada DBMS | |||||
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu membuat SQL dengan relasional aljabar | |||||
UTS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang data yang tidak normal menjadi bentuk normal 1, 2 dan 3 | |||||
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan Data Manipulation Language dan Data Definition Languange | |||||
UAS | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
TG | 0 | 1 (50.00 %) | 1 (50.00 %) | 0 | 100 (5,000.00 %) |
Berikut distribusi capaian nilai mahasiswa per Sub CPMK.
No. | NIM | Nama | % Pencapaian | ||||||||||||||
S1.CPMK-1.2 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.3 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.4 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.6 Std Mark: 56.00 |
S1.CPMK-1.7 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.1 Std Mark: 56.00 |
P2.CPMK-3.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.1 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.2 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.4 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.5 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.6 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.7 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.8 Std Mark: 56.00 |
KK3.CPMK-4.9 Std Mark: 56.00 |
|||
1 | 064001900042 | ACHMAD HUDHORI | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 | 72.00 |
2 | 064002000016 | BORIS LUHUNG SWARA | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 | 66.00 |
Kesiapan dosen untuk melakukan tatap muka perkuliahan | |
Jumlah kehadiran dosen dalam tatap muka perkuliahan | |
Keterampilan dan kemampuan dosen untuk menjadi fasilitator belajar yang baik untuk mahasiswa | |
Kesesuaian kompetensi dosen pada mata kuliah yang diampu | |
Kondisi Kesehatan jiwa dan raga dosen | |
Lainnya sebutkan | |
Menyiapkan dan mengupload materi setidaknya sampai dengan tatap muka ke-7 ke LMS/GCR | |
Menyegarkan dan memperbarui handout/materi kuliah yang akan disampaikan | |
Merencanakan dengan cermat jadwal kegiatan/tugas di luar mengajar | |
Memberikan kuliah pengganti sesegera mungkin saat ada kegiatan mendadak yang menyebabkan tidak dapat hadir mengajar | |
Meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan manajemen kelas / metode pembelajaran | |
Mengupayakan peningkatan kesehatan jiwa dan raga | |
Lebih banyak mengikuti forum akademik untuk peningkatan wawasan dan updating perkembangan ilmu pada bidang yang diminati dan menunjang tugas pengajaran | |
Lainnya, sebutkan | |
Motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas | |
Kemampuan literasi | |
Kemampuan numerasi | |
Kemampuan analisis dan sintesis | |
Tipe kepribadian dan gaya belajar mahasiswa yang tidak sesuai dengan gaya mengajar dosen | |
Ketersediaan fasilitas belajar pribadi seperti komputer, jaringan internet, dll di rumah | |
Lainnya, sebutkan | |
Memberikan panduan pengenalan gaya belajar sesuai dengan tipe kepribadian mahasiswa | |
Memberikan pesan-pesan motivasi untuk mahasiswa pada sesi perkuliahan | |
Memberikan lebih banyak tugas membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi | |
Mengenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam kemampuan numerasinya | |
Memberikan lebih banyak latihan dan tugas yang menstimulasi dan menigkatkan kemampuan analisis dan sintesis | |
Mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh kampus, seperti ruang belajar di perpustakaan dan laboratorium | |
Lainnya, sebutkan | |
Kualitas bahan ajar | |
Kuantitas bahan ajar | |
Kelayakan dan kecukupan referensi yang digunakan | |
Metode pembelajaran yang diterapkan di kelas | |
Fasilitas LMS untuk perkuliahan | |
Ruang kelas yang memadai untuk perkuliahan yang nyaman | |
Lainnya, sebutkan | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang cukup JUMLAH DAN RAGAMNYA , seperti handout, modul, artikel ilmiah, video pembelajaran, buku ajar, dll | |
Mengupayakan dan memberikan bahan ajar yang BERKUALITAS | |
Meningkatkan fleksibilitas pada pilihan metode pembelajaran yang digunakan di kelas | |
Menggunakan LMS Trisakti atau GCR dan menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal untuk kemudahan dalam penyampaian bahan kuliah, pengumpulan dan penilaian tugas | |
Melakukan pembelajaran di luar kampus sebagai variasi tatap muka | |
Lainnya, sebutkan | |
Berkas berikut dapat dilampirkan pada portofolio mata kuliah :
1) Daftar hadir mahasiswa
2) Berita acara perkuliahan
3) Soal tugas, UTS
, UAS
, kuiz dll.
4) Contoh hasil tugas mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
5) Contoh hasil kuis mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
6) Contoh hasil UTS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
7) Contoh hasil UAS mahasiswa (nilai terendah
, tengah
, tertinggi
)
Jakarta, 28-02-2024
Dosen Mata Kuliah,
(3088 Agus Salim, S.T., M.T.)